edisi ii / tahun 2007 - ?· 30 potensi guru bulu tangkis produksi shuttle cocks 31 kiprah santunan...

Download Edisi II / Tahun 2007 - ?· 30 POTENSI Guru Bulu Tangkis Produksi Shuttle Cocks 31 KIPRAH Santunan Untuk…

Post on 01-Apr-2019

233 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Edisi II / Tahun 2007Edisi II / Tahun 2007

Majalah Berita Warga Kota SalatigaMajalah Berita Warga Kota Salatiga

Pro dan Kontra Poligami

Mungkinkah ?Mungkinkah ?

Sekolah Murah Berkualitas,Sekolah Murah Berkualitas,

HATI BERIMANHATI BERIMAN

LensaLensaWakil Wlikota Salatiga John M. Manoppo, SH pada Acara Peringatan 250 Tahun Perjanjian Salatiga (foto atas) serta Menghadiri Acara Festival Kebangsaan (foto bawah).lux/HB

HATI BERIMAN, Edisi II Tahun 2007

Edisi I Tahun 2007

Diterbitkan oleh : KANTOR INFORMASI DAN KOMUNIKASI KOTA SALATIGA Berdasarkan Surat Keputusan Walikota Salatiga Nomor: 9 Tahun 2004. PEMBINA Walikota Salatiga; PENGARAH Sekretaris Daerah; WAKIL PENGARAH Asisten Tatapraja dan Administrasi Sekda; PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB Kepala Kantor Informasi dan Komunikasi Drs. Petrus Resi, M.Si; REDAKTUR PELAKSANA Adi Setiarso, SE; REDAKTUR Wiyarso BA, Bakti Harjanti, S.Sos; KOORDINATOR LIPUTAN Jumiarto, AP; PELIPUT/PENYUNTING Sri Hartono, S.S, Sumarno, S.Ag, Budi Susilo, S.Sos, Ady Indriasari, S.Sos, Lukman Fahmi, S.HI; SETTING&LAY OUT Sumadi, S.S, R. Koko Endarmoko, A.Md; DISTRIBUSI Kuswanto, Koestono, R. Suprapto Sambodo, Muhammad Sidiq. ALAMAT REDAKSI KANTOR INFORMASI & KOMUNIKASI Jl. Letjen. Sukowati No. 51 Salatiga 50731 Telp/Fax. (0298) 326658.

Redaksi menerima sumbangan naskah, tulisan, karikatur. Redaksi berhak mengubah atau mengedit tanpa menghilangkan esensinya. Tulisan/naskah 3-4 halaman folio spasi rangkap dialamatkan ke Redaksi. Bagi yang dimuat, akan mendapat imbalan.

Redaksi

4 KARIKATUR5 DARI REDAKSI Ayo Belajar6 SURAT PEMBACA Sampah, Tanggung

Jawab Siapa ?; Wakil Rakyat Dalam Tata Demokrasi Baru

7 OPINI Sekolah Murah Berkualitas, Mungkinkah?

14 MIMBAR Tradisi Bernama Penerimaan Siswa Baru

16 RAGAM Ringkasan Perda Kota Salatiga Nomor 1 Th. 2007; Peraturan Walikota Salatiga Nomor 3 Th. 2007

20 HUKUM Pro dan Kontra Poligami22 PENDIDIKAN Melongok Sekolah-

Sekolah Pinggiran 2, SMP Negeri 7 Optimalkan Ekstrakurikuler

24 ARTIKEL Menyambut Kehadiran Kembali UPT PTSP Kota Salatiga

26 KESEHATAN Lindungi Remaja dari Bahaya Narkoba

28 TIPS Aneka Kue Cemilan29 BUDAYA 250 Tahun Perjanjian Salatiga30 POTENSI Guru Bulu Tangkis Produksi

Shuttle Cocks31 KIPRAH Santunan Untuk Kematian38 LEGENDA Kembang Harum Ki Ageng

Sutodono39 PROFIL Satriyo Utomo; Pegibol Juara

Olimpiade Astronomi40 RILEKS

Tarif Iklan BW (hitam putih) ukuran: 1 kolom X 60 mm Rp. 100.000; 1 kolom X 120 mm Rp. 200.000; 2 kolom X 60 mm Rp. 200.000; 2 kolom X 120 mm Rp. 300.000; 3 kolom X 120 mm (1/2 halaman) Rp. 600.000; 3 kolom X 180 mm Rp. 900.000; 3 kolom X 240 mm (1 halaman) Rp. 1.200.000. Tarif iklan berwarna 1 kali lipat. Redaksi berhak memberikan diskon sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Pemasangan Iklan

8 Laporan Utama

Ada persoalan klasik yang selalu berulang-ulang setiap kali memasuki pertengahan tahun. Kehadiran tahun ajaran baru yang biasanya jatuh pada bulan Juli selalu ditunggu dengan perasaan harap-harap cemas. Utamanya bagi orang tua yang akan mendaftarkan sekolah bagi anaknya.

5 Opini

A r g u m e n t a s i y a n g menguatkan bahwa sekolah butuh biaya memang masuk akal. K e n d a t i d e m i k i a n , mewujudkan sekolah m u r a h b e r k u a l i t a s bukan hal yang mustahil. Utamanya bagi sekolah y a n g m e n y a n d a n g p r e d i k a t n e g e r i . Bukankah pemerintah telah mengatur bahwa setiap warga negara b e r h a k m e n d a p a t pendidikan.

HATI BERIMANMajalah Berita Warga Kota Salatiga

SALATIGA

C HH AIR YI HR BA AS JT AUS R W PISA T

Daftar Isi

3

HATI BERIMAN, Edisi I Tahun 20074

Karikatur

Ayo Belajar . . . !ahun a jaran b a r u 2 0 0 7 / 2 0 0 8 T

resmi dimulai pada tanggal 16 Juli 2007. Sebagai bangsa yang sadar arti pentingnya pendidikan, kita semua berharap tahun ajaran baru kal i in i disambut dengan penuh optimisme.

Sekolah, ayo sekolah, bagi anak usia sekolah. Belajar, ayo belajar, tanpa mengenal usia, tempat, dan status sos ia l . Hanya dengan pendidikan bangsa ini akan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Sebab, ke depan tantangan h idup in i s e m a k i n b e r a t d a n kompetitif.

Persoalan memang sudah menjadi bagian dari hidup. Termasuk persoalan setiap kali dibuka tahun ajaran baru. Kita tentu sepakat kesalahan masa lalu menjadi bahan evaluasi untuk kebaikan kini dan yang akan datang. Keledai saja tidak mau terperosok ke dalam lobang yang sama, apalagi kita manusia.

Sebagai bahan diskusi dan evaluasi, Majalah Hati Beriman Pemkot Salatiga edisi II menyuguhkan laporan utama dengan tema Tahun Ajaran Baru. Sejumlah sumber berita yang kami nilai memiliki kompetensi di bidang pendidikan telah diwawancarai dan memberikan kontribusi baik opini dan artikel. Seperi Kepala Dinas Pendidikan Kota Dra Endang DW., M.Si, Ketua Dewan Pendidikan Kota Drs. Bambang Suteng Sulasmono, M.Si, Dosen, Kepala Sekolah, Pengamat, dan Wali Siswa.

Kami mengakui, tidak mudah untuk membahas tuntas serta mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan. Terlebih, ada kesan bahwa masing-masing pihak masih mengedepankan kepentingannya. Dibutuhkan rumusan kepentingan yang sama, sehingga semua pihak, baik pemerintah, pengelola sekolah, komite sekolah, orang tua siswa, masyarakat peduli pendidikan dapat berjalan secara sinergis. Tentu saja hal ini membutuhkan komitmen yang besar dan sikap berani berkorban, demi masa depan anak-anak kita para kader bangsa.

Sementara itu, pada rubrik ragam kami paparkan ringkasan Peraturan Daerah Kota Salatiga Nomor 1 Tahun 2007, tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Salatiga Tahun 2007. Sedangkan rubrik lainnya kami sesuaikan dengan informasi pembangunan Kota Salatiga dan informasi terbaru di lingkungan masyarakat dan Pemerintah Kota Salatiga. Semoga apa yang kami sajikan dapat memberi manfaat. Selamat membaca.

Redaksi

HATI BERIMAN, Edisi II Tahun 2007 5

Dari Redaksi

ensana in corporisano, dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Benar, kalau kita mau berolah raga secara teratur. Sehubungan dengan hal itu Saya Mingin menyampaikan salah satu fasilitas olah raga umum yaitu trotoar bagian dalam

Lapangan Pancasila. Saya lihat setiap pagi bagian tersebut sangat kotor dan banyak sampah yang berserakan.

Pemandangan seperti ini benar-benar sangat mengganggu kenyamanan siapapun yang menggunakan fasilitas tersebut, baik untuk olah raga pagi maupun kegiatan yang lainnya.

Sampah tersebut merupakan sampah bekas Pedagang Khaki Lima (PKL-red) yang berjualan di malam hari. Hal ini menjadi tanggung jawab siapa ? Dinas kebersihan Pemda atau kesadaran PKL sendiri untuk membersihkannya.

Mudah-mudahan tulisan ini mendapat tanggapan positif dari yang berkompeten. Mari kita bersama-sama menciptakan Kota Salatiga sebagai Kota Hati Beriman.

Totok MarwotoWarga Karangpete Salatiga

SAMPAH, TANGGUNG JAWAB SIAPA ?

HATI BERIMAN, Edisi II Tahun 2007

Pengirim rubrik surat pembaca yang dimuat berhak mendapatkan imbalan dari Redaksi Majalah Hati Beriman.

aya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Redaktur beserta stafnya, dengan adanya ruangan tertentu (rubrik) surat pembaca, Pembaca dapat berhubungan (berkomunikasi) timbal balik secara langsung dengan majalah Hati Beriman yang kita S

cintai ini. Hanya Surat Pembaca kali ini adalah lain dari pada yang lain.Seperti masalah/persoalan (thema) tersebut diatas WAKIL RAKYAT DALAM TATA

DEMOKRASI BARU (Oleh : Sutrisno Supriyantoro ) sudah dimuat dalam Majalah kita HATI BERIMAN penerbitan (edisi) November Desember 2004 yang baru lalu (2 tahun lebih) dalam rubrik MIMBAR LEGISLATIF ( Dewan Perwakilan Rakyat ). Saya membaca tulisan tersebut berkali-kali tiada bosannya, secara luas dan umum adalah baik, mambanggakan dan juga mengharukan seperti apa yang telah terjadi. Rakyat / kita sudah merasa terwakili karenanya dan patut kita acungkan jempol dan mengucapkan terima kasih kepada Sang Penulis yth.

Pemilihan Umum yang akan datang dalam Negara kita Republik Indonesia masih + 2 tahun, tulisan dalam thema tersebut perlunya hubungan pertalian sangkut pautnya (relevan ) dengan keadaan Pemerintah kita seperti sekarang ini, sekali lagi masih dapat di kaji ulang dan diolah rasakan bersama.

Saya mohon dengan hormat, dengan pertimbangan dan persetujuan Bapak Redaktur dapat kiranya thema baik tersebut dapat dimuat ulang kembali dalam Majalah kita HATI BERIMAN edisi yang akan datang sehingga dapat merata meluas mendapatkan perhatian para Pembaca yang budiman.

Alangkah betapa baik dan indahnya Pemerintah kita dapat tercapai/ terwujud bilamana semuah pihak yang terkait \, Bapak Ibu Saudara Wakil Rakyat kita terutama. Dimanapun berada dalam tata demokrasi baru ini dapat berkenan memperhatikan melaksanakan tugas yang mulia ini seperti urgensi program (rencana yang harus didahulukan, yang harus dipentingkan) antara lain didalam thema tersebut.

Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih.

S. Oetomo DonomihardjoSalatiga

6

Surat Pembaca

WAKIL RAKYAT DALAM TATA DEMOKRASI BARU

etiap kali memasuki tahun ajaran baru selalu berkumandang S

lagu lama yang menceritakan tentang mahalnya biaya sekolah. Betapa tidak, orang tua murid harus menyediakan uang untuk biaya pendaftaran, sumbangan pembangunan institusi, pembelian seragam, LKS/buku, SPP/BP3 dan tetek mbengek lainnya, sesuai dengan kebijakan sekolah. Jika dihitung-hitung, total biaya yang harus dikeluarkan orang tua mencapai jutaan rupiah.

Untuk mendaftarkan anak ke jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak alias