edisi 23 maret 2016 | suluh indonesia

Click here to load reader

Post on 27-Jul-2016

235 views

Category:

Documents

12 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Headline : Ahok Mengaku Tak Bisa Hentikan Transportasi Online

TRANSCRIPT

  • Pengemban Pengamal Pancasila

    Redaksi/Sirkulasi/Iklan:GEDUNG PERS PANCASILA

    Jl. Gelora VII No. 32Palmerah Selatan Jakarta Pusat.

    Tlp: 021-5356272, 5357602Fax: 021-53670771

    No. 55 tahun XRabu, 23 Maret 2016

    www.suluhindonesia.com

    Ahok Mengaku

    Tak Bisa HentikanTransportasi Online

    PALU - Aparat TNI telah meringkusseorang anggota kelompok teroris pimp-inan Santoso dalam Operasi Tinombalapada Senin (22/3) pagi di daerah Napu,Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, saatia berupaya untuk memisahkan diri darikelompoknya.

    Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Su-fahriadi kepada pers di Palu, Selasa,mengatakan anggota Santoso yang ter-tangkap itu berinisial SH.

    Saat tertangkap, kata Rudi, SH dalamkeadaan lapar dan meminta makan kerumah salah seorang warga dan saat itu-lah ia diringkus aparat TNI. SH ini me-mang salah satu DPO terosis Poso. Diaberasal dari Indramayu, kata KapoldaSulteng namun menolak memberikan ket-erangan lebih rinci mengenai kasus ini.

    Anak Buah Santoso Ditangkap

    Tak Ada Lagi Bailout

    Pemilik Bank HarusTanggung Sendiri

    JAKARTA - GubernurDKI Jakarta Basuki TjahajaPurnama mengatakan sejakawal ia tidak ingin melaranglayanan transportasi ber-basis aplikasi daring kare-na penghentiannya adalahwewenang Kemenkominfo.Tapi masa sekarang kitamau menghindari pertum-buhan zaman aplikasi,kata Basuki di Balai KotaJakarta, kemarin.

    Menurut Ahok, panggi-lan Basuki, pemerintah per-lu membuat aturan yang

    Jokowi Minta

    Demo Antitransportasi Online TertibJAKARTA - Meski Pres-

    iden Joko Widodo sudahmengingatkan agar demoberjalan tertib, tetapi naya-tanya demontran yangmerupakan pengemudi tak-si melakukan tindakananarkis. Saya titip saja.Demo itu adalah hak dansilakan dilakukan dengantertib, kata Jokowi usaiarahan kepada para ment-eri, kepala lembaga dan pe-jabat eselon I di auditori-um Kementerian PekerjaanUmum dan PerumahanRakyat di Jakarta, kemarin.

    Ia mengatakan solusi tak-si pelat hitam berbasis aplika-si online akan ditangani olehMenteri Perhubungan.

    Ribuan sopir taksi, Selasaini mogok beroperasi danmelakukan unjuk rasa diJakarta untuk menentangtaksi berbasis aplikasi sepertiUber dan Grab Car karena di-anggap ilegal.

    Usai mengikuti pengarah-an Presiden Jokowi di Ke-menterian Pekerjaan Umumdan Perumahan Rakyat,Menteri Perhubungan Igna-sius Jonan juga meminta para

    sopir taksi tidak anarkistis.Kalau sudah merusak, itu pi-dana. Saya minta diproses hu-kum. Anarkis harus diproseshukum, tegas dia.

    Jonan mengatakan peng-gunaan aplikasi dan teknologiinformasi sebenarnya tidakmasalah dan boleh dilakukanoleh perusahaan taksi, namunyang menjadi masalah adalahtaksi berbasis aplikasi meng-gunakan kendaraan pelat hitamyang tidak terdaftar dan tidakuji kir.

    Ia mengatakan kendaraanumum harus terdaftar untuk

    Suluh Indonesia/antDEMO ANGKUTAN UMUM - Sejumlah pengemudi angkutan umum melakukan unjuk rasa di kawasanSenayan, Jakarta, kemarin. Dalam aksinya mereka menuntut untuk pemerintah segera menutup armadaangkutan plat hitam berbasis aplikasi.

    Suluh Indonesia/adeDEMO PROTES TRANSPORTASI ONLINE - Ratusan sopir taksi, angkot, bajaj terlibat bentrok dengan ojek online di kawasan jalan JenderalSudirman, Jakarta Pusat, kemarin. Mereka menuntut agar Pemerintah menutup layanan transportasi online yang tidak sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

    Keterangan yang dikumpulkan Antaramenyebutkan bahwa kelompok Santososaat ini semakin terkepung dan tidak solidlagi, kekurangan logistik dan kelaparan,sehingga beberapa anggotanya mencobameninggalkan kelompok dan menyerahkandiri kepada aparat keamanan.

    Beberapa waktu lalu, tim gabungan Op-erasi Tinombala menemukan jenazah se-orang lelaki yang sudah membusuk dandiidentifikasi sebagai anggota kelompokSantoso, yang diperkirakan dieksekusioleh Santoso karena ingin memisahkan diridari kelompok radikal yang telah berbaiatuntuk ISIS tersebut.

    Untuk diketahui, sejauh ini, aparatgabungan TNI-Polri terus melakukanoperasi untuk menangkap gembong teror-is Santoso. (ant)

    Anggota Komisi XI DPRMukhamad Misbakhun dalamdiskusi Forum Legislasi berta-juk Mengkaji UU PPSK diGedung DPR, Jakarta, kemarinmengatakan, jadi yang utamadari UU PPSK ini adalah tidakada lagi mekanisme bail out. Iniyang harus dimengerti. Oleh

    karena itu, jangan sampai pe-milik bank yang menggaransi,tapi ketika ada masalah meny-erahkannya ke negara.

    Dia menegaskan ke depanpemilik bank harus menyele-saikan sendiri masalah keuan-gannya. Terserah nantinyapemilik bank, mau merger, mau

    jual sahamnya atau meng-gunakan cara lain. Pemilikbank yang harus menyelesai-kan sendiri, tegasnya.

    Dengan demikian, kataMisbakhun maka tidak adalagi penumpang gelap yangmemanfaatkan situasi krisiskeuangan untuk mencari keun-tungan seperti yang terjadidalam kasus Bantuan Likuidi-tas Bank Indonesia (BLBI)dan Century. Jangan sampaiada penumpang gelap yangingin memanfaatkan situasikrisis. Seperti saat BLBI digel-ontorkan. Masak orang kayayang berhutang tapi diba-yarkan oleh negara denganmenggunakan uang rakyat,kata Misbakhun.

    Namun anggota PartaiGolkar ini justru berharap Un-dang-Undang tersebut tidakpernah digunakan oleh dalamrepublik ini. Saya pribadi ber-harap undang-undang ini tidakpernah dipakai. Karena Un-dang-Undang ini baru bisa di-gunakan ketika keuangannegara dalam kondisi krisis.Dan saya tidak mau Indonesiamengalami krisis keuangankembali seperti dulu, katanya.

    Kepala Kajian Makro danPerdagangan, LPEM Univesi-tas Indonesia, Febrio Kacari-bu mempertanyakan imple-mentasi UU PPSK dalam mem-berikan kepastian hukum ke-pada pelaku ekonomi di lapan-gan. Kritik ini dia tujukan ke-pada pemerintah sebagaipenyelenggara pemerintahan.

    Menurutnya UU ini tidakbisa menjamin pemerintah agarpara pemilik modal tetap men-givestasikan usahanya didalam negeri. Kapital itu ng-gak punya nasionalisme,katanya. (har)

    (ant)

    menjaga keamanan penum-pang, sedangkan uji kir di-lakukan untuk kendaraanumum demi keselamatanpenumpang. Uji kir ini jugamemiliki aturan tertentu.

    Ia mengatakan perusa-haan taksi juga berbentukbadan usaha, termasuk kop-erasi, agar diketahui jumlahpenghasilan dan jumlah pa-jak yang dibayar.

    Jonan meminta Organisa-si Angkutan Darat (Organ-da) mengajak bicara taksiberbasis aplikasi untuk mem-bicarakan soal ini. (ant)

    jelas, bukan menghapus ap-likasi. Misalnya, mobil yangakan difungsikan sebagai an-gkutan umum harus terdaftardan diberi stiker penyedialayanan transportasi itu.

    Dengan terdaftar, mobilyang menjadi kendaraan ber-basis daring dikenai pajak,KIR dan asuransi penum-pang.

    Kendaraan yang tidak ber-pangkalan (pool), tidak mem-bayar pajak dan t idakmenawarkan asuransi bagipenumpang, dapat memasang

    tarif yang lebih murah danAhok menilai hal itu tidak adil.Itu kan enggak benar, eng-gak adil. Kalau kita biarkanbegini, nanti tanggung jawabkepada penumpang gimana?kata Ahok.

    Peraturan ini , menurutAhok, perlu dibuat agar adildan ada di bawah undang-undang.

    Menkominfo Rudiantarapekan lalu mengatakan kemu-ngkinan Uber dan Grab Carakan memiliki wadah usahaguna menaungi bisnis mere-

    ka, salah satu pil ihannyaadalah menjadi koperasi.

    Dia meminta Uber danGrab Car mendirikan layananpelanggan berbasis di Indo-nesia, berikut server mereka.

    Dengan begitu, keamanandan kenyamanan pelangganmenjadi terjamin karena jikaada keluhan pelayanan dapatlangsung menghubungi kan-tor perwakilan di Indonesia.

    Dari sisi penerimaan pajakbagi negara, pendirian kantordi Indonesia akan menjamindibayarnya pajak. (ant)

    PEMERINTAH dan DPR telah mensahkan UUPencegahan Penanganan Krisis Sistem Keuangan.

    Dengan UU tersebut, maka pemilik bank harusmenanggung sendiri ketika lembaga perbankannya

    mengalami krisis keuangan.

  • 2Suluh Indonesia, Rabu 23 Maret 2016K ta

    Suluh Indonesia/antDEMO ANGKOT KWK - Ratusan pengemudi mobil angkutan umum Koperasi Wahana Kalpika (KWK) yang tergabungdalam Forum Komunikasi Masyarakat Penyelenggara Angkutan Umum (FK-MPAU) memarkir kendaraan mereka saatunjuk rasa di kawasan Monas, Jakarta, kemarin. Mereka mendesak Pemprov DKI Jakarta untuk mencabut Surat EdaranBadan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) dan pemberantasan transportasi ilegal.

    Pencabutan izin usaha tersebut dis-ampaikan oleh Basuki melalui akunTwitter resminya @basuki_btpmenanggapi unjuk rasa yang digelaroleh ratusan penge-mudi angkutan umumdi sejumlah wilayahdi ibukota. Seluruhperusahaan taksiyang tidak menindakoknum-oknum demoyang melakukan pen-grusakan, izin usah-anya akan sayacabut, tulis Basukisekitar pukul 14.30WIB.

    Sampai dengansaat ini, tweet ataucuitan Basuki terse-but tercatat disukai(likes) oleh sebanyak830 netizen, disiarkanulang (re-tweet) oleh 2.597 netizen dandikomentari (reply) oleh 2.600 netizen.

    Selain menegaskan akan mencabutizin perusahaan taksi, melalui akun twit-ter-nya, pria yang lebih akrab disapaAhok sehari-hari itu meminta agar parapengunjuk rasa dapat berlaku tertib se-lama menggelar unjuk rasa.

    Gubernur DKI Jakarta Basuki Tja-

    Pengemudi TaksiBentrok dengan

    RatusanSopir Gojek

    JAKARTA - Pengemudi taksi yang ter-pancing melempari Gojek dengan bebatu-an dan barang keras lainnya. Saat ini ked-ua pihak sedang berkumpul di depanIstana Merdeka dan Gojek di jalan GajahMada. Aparat kepolisian menjaga di ked-ua sisi.

    Peserta aksi tolak aplikasi transportasidaring sempat menurunkan paksa parapenumpang taksi dan menghentikan pak-sa sopir taksi yang masih beroperasi.

    Menurut pantauan, di jalan MedanMerdeka Barat, Jakarta Pusat, puluhanpeserta aksi menghentikan beberapa taksiyang melintas, kemudian memaksa penum-pang untuk turun.

    Salah satu penumpang terlihat sebagaiWarga Negara Asing yang baru turun daribandara menuju Jakarta Pusat.

    Taksi yang beroperasi dirusak dandilempari