edisi 2 reguler 2010

12
EXPEDISI MEMBANGUN BUDAYA KRITIS EDISI II NOVEMBER 2011 Dana Besar Sistem Tidak Jelas

Upload: lpm-ekspresi-uny

Post on 22-Mar-2016

265 views

Category:

Documents


10 download

DESCRIPTION

ekspedisi angkatan 2010

TRANSCRIPT

Page 1: edisi 2 reguler 2010

EXPEDISIM E M B A N G U N B U D A Y A K R I T I S

EDIS I I I NOVEMBER 2011

Dana Besar Sistem Tidak Jelas

Page 2: edisi 2 reguler 2010

Pimpinan Proyek Dwiningsih Afriati | Sekretaris Maria M.R. Fernandez | Bendahara Triana Sari Fadhilah | Redaktur Pelaksana Yulinda R Yoshoawini | Redaktur Ade, Dwi, Lynda, Ody, Rohhaji, Suly, Yulinda | Reporter Ade, Dwi, Lynda, Maulida, Ody, Ratih, Rohhaji, Sari, Suly, Yulinda | Redaktur Foto Maulida M. Nugroho | Artistik Rohhaji Nugroho, Irawan S. Adhi | Produksi Irawan S. Adhi | Iklan Ferlynda Putri S. | Sirkulasi Sulyanti | Alamat Gedung Student Center Lt. 2 Karangmalang Yoyakarta 55281 | Email [email protected] | Web ekspresionline.com Redaksi menerima artikel, opini dan surat pembaca. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengubah isi.

editorial

sempil

2 edisi ii | NoVemBer 2011

surat pemBaca

KETIDAKAMANAN kampus me­ru pa kan sa lah satu masalah di Uni­ver si tas Negeri Yogyakarta (UNY). Te lah berulang kali, kasus pen cu ri­an ken da ra an bermotor terjadi. Hal ini me la tar belakangi pihak bi ro krat me ngu pa ya kan sistem ke a ma nan yang lebih baik. Upaya tersebut yaitu dengan pengadaaan sistem par kir e lek tro nik atau yang awam di se but portal. Se karang, kita dapat me li hat ada em pat portal berada di empat titik, di an ta ra nya di ja lan ma suk FMIPA, FIP, dan dua por tal di gerbang utama rektorat. Ke empat por tal itu masih dalam rang ka uji co ba se la ma bulan November­Desember. Se te lah itu, portal­portal lain akan di a da kan di setiap pin tu masuk UNY dan di fung si kan se penuhnya pada tahun 2012.

Pe nga da an portal seperti ini ternyata tidak hanya ter ja di di UNY. Su dah lebih dari satu tahun, Uni­ver si tas Gajah Mada (UGM) ju ga me la ku kan hal yang sama. Ada apa ini? Jika dilihat ke e fek ti fan nya, parkir elektronik memang lebih efektif di ban­ding parkir ma nual. Dengan adanya sistem ini, ken da ra an­ken da ra an yang masuk di ka wa san kam pus dapat dilacak melalui kom pu ter. Namun,

Portal Menjadi Ajang Komersialisasi

keefektifan ter se but juga harus di i ku ti kebijakan yang tidak me ru gi kan bagi pengguna jalan.

Di UGM, mahasiswanya di be ba­ni biaya Kartu Identitas Ken da ra an (KIK) sebesar Rp50.000,­ yang di­ba yar kan per tahun untuk ken da ra an roda dua, sedangkan Rp200.000,­ per ta hun untuk ken da ra an roda em pat. Ji ka mereka tidak me mi li ki KIK, ma ka akan dikenakan bi a ya parkir se be sar Rp1.000,­ untuk se ti­ap ka li ma suk kawasan UGM. Dalam majalah Balkon, edisi Oktober 2011 yang berjudul "Komersialisasi dan Transportasi di UGM" pun mengulas adanya perbedaan pendapat antara mahasiswa dan birokrat.

Se men tara di UNY, Wakil Rektor II UNY Sutrisna Wibawa, M.Pd. me­nga ta kan akan me ren ca na kan pem­ber la ku an karcis masuk UNY un tuk ken da ra an yang tidak ter daf tar dalam kom pu ter UNY. Hal itu me ngin di ka­si kan bah wa sis tem seperti di UGM ju ga akan di te rap kan di UNY. Apakah benar demikian? Se baik nya, UNY tidak menerapkan sistem bayar yang sama seperti UGM, karena ter ke san se per ti a jang ko mer si a li sa si yang akan mem be rat kan pengguna jalan.

Redaksi

Mahasiswa Korban PLPG?

Pelayanan yang baik sudah sepantasnya didapatkan mahasiwa, baik dari sisi akademik maupun non akademik. Kurikulum merupakan salah satu bagian terpenting, sekaligus sebagai parameter keberhasilan studi. Selama hampir 2 tahun kuliah, saya masih dibingungkan dengan sistem kurikulum jurusan. Nah, seperti apa kurikulum di jurusan saya? Saya berharap, semoga ke depan perbaikan kurikulum akan semakin ditingkatkan.

Di Kampus III FIP UNY mulai muncul suara­suara mahasiswa. Para mahasiswa merasa pelayanan akademiknya terganggu, dengan adanya kegiatan Pendidikan Lanjutan Profesi Guru (PLPG) untuk guru SD. Apakah benar mahasiswa korban dari PLPG? Meskipun ada kegiatan PLPG, layanan akademik mahasiswa diharapkan tetap berjalan,

Tahun Ajaran Baru, semuanya serba baru. Mulai dari mahasiswa, sampai dengan perlengkapan yang menunjang perkuliahan. Dari sekian ribu mahasiswa baru UNY, hampir semuanya berkendaraan, terutama sepeda motor. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana ramainya parkiran motor, saat jam­jam kuliah. Ampun sudah…! Penuh sesak. Saya mengalami di parkiran Fakultas Ilmu Sosial (FIS), jika berangkat kuliah agak siang, yang terjadi motor terparkir sembarangan, terpanggang matahari, saling senggol, belum lagi kalau hujan.

Dulu saat saya mengikuti makrab terjadi peploncoan. Senior berhak membentak­bentak junior dengan alasan menguatkan mental. Disamping itu ada beberapa pasal yang aneh yaitu:

Pasal pertama Penegak Kedisiplinan •(PK) atau senior selalu BENAR.Pasal kedua, jika PK salah kembali •ke pasal pertama.

Sebelum peploncoan, diadakan stressing, yaitu maba dibangunkan secara paksa, lalu dikumpulkan di lapangan terbuka, untuk check list tugas yang dibawa. Kemudian, dilajutkan dengan jelajah malam.

Tahun ini, perploncoan mulai dikurangi. Budaya tersebut tidak seharusnya dilestarikan, karena UNY sebagai pencetak lulusan guru. Seperti makrab Elektro, dengan dampingan Pembina dan pemberian pengarahan terhadap para alumni, serta materi kepada maba agar dapat termotivasi untuk kuliah. Selain itu, biaya untuk makrab sendiri dirasa kurang karena harus disisihkan untuk wearpack.

Mirna Bunga RofiyaniPendidikan Mekatronika

tidak lantas perkuliahan ditidakan, karena dosen lebih mementingkan PLPG.

Alex Dwi KurniawanPGSD 2009

Kapasitas Parkir Tak Mencukupi Jumlah Motor

Malam Keakraban

Saya kecewa terhadap pihak Universitas, yang hanya memikirkan bagaimana caranya menerima sebanyak mungkin mahasiswa, tanpa diimbangi fasilitas kampus, terutama tempat parkir. Sebagai sarana transportasi, motor juga layak mendapat fasilitas yang nyaman. Kalau seperti ini motor juga cepat aus.

Puji WidodoIlmu Sejarah 2010

+Bagi yang tak terdaftar harus membayar karcis.

-Yuk! ketik REG (spasi) DAFTAR PORTAL kirim ke 888.

Page 3: edisi 2 reguler 2010

3NoVemBer 2011 | edisi ii

seNtra

Selama enam bulan portal free, selanjutnya ada kemungkinan untuk bayar.

Pro Kontra Pengadaan Portal

De mi ki an di ung kap o leh Ade, pe tu gas Perseroan Terbatas Pa lang Parkir Indonesia. Pem bang un an por tal di

UNY, di mu lai pa da bu lan Ju ni 2011. Ber da sar kan Ran cang an Ke gi a tan dan Pe ngang ga ran Ter pa du (RKPT), pem­ba ngun an por tal dianggarkan dengan dana sebesar Rp1.120.000.000,­. Ji ka u ji co ba di ang gap ber ha sil, da lam pe lak sa­na annya dan di se tu jui o leh se nat ma ka por tal a kan di fung si kan se ca ra pe nuh. Hal ini seperti yang di sam pai kan o leh Wa kil Rek tor II UNY, Sutrisna Wibawa, M. Pd., “Por Gtal mu lai 2012 ber o pe ra­si, de ngan ma sa per co ba an No vem ber­Desem ber 2011.”

Se be lum pem ba ngun an di ber la ku kan di wi la yah kam pus se ca ra ke se lu ru han, di a da kan uji co ba de ngan mem per ke nal­kan sa tu zo na por tal, yang difo kus kan pa da ja lan ak ses ter ha dap wi la yah ge dung rek to rat. “Per ta ma kan rek to rat i ni du lu, sun (zo na­red) per ta ma sam pai Fa kul­tas E ko no mi (FE), te rus nan ti Fakultas Bahasa (FBS) ke li ling itu sun 2, te rus sun ke 3 di FT”, je las Pra wo to S.E, staf

ba gi an U mum Hu kum Ta ta Lak sa na dan Per leng ka pan (UHTP) Bi ro Ad mi­nis tra si U mum dan Keuangan Kasubag Rumah Tangga.

Me nang ga pi uji co ba por tal yang mu­lai ber o pe ra si pa da a wal bu lan November 2011 ini, Sumarjo, H, M.T. , Wa kil De kan II Fa kul tas Tek nik, se be lum nya me ni lai bah wa pem ba ngu nan por tal di UNY sen­di ri su dah ti dak e fi si en. “UNY me mang a kan su lit un tuk pem bangunan portal, dikarenakan UNY dibelah oleh dua jalan yang membuat kacau dan akan sulit jika diapa­apakan. Kalau pertanyaanya efisien atau ti dak maka ya jawabannya kampus ki ta itu ti dak efisien. Apabila diportal, jalan yang membelah dari timur dan dari selatan itu akan memecah kampus kita menjadi 3, FIK, FBS­FT dan pusat. Kalau dibuat jalan melingkar juga kan nggak mungkin”, ungkap Sumarjo.

Sumarjo me nam bah kan bah wa kri te­ri a ke e fek ti fan pem ba ngu nan por tal itu mi ni mal sa tu por tal me wa ki li 50 hek tar lu a san wi la yah. “Ka lau di UNY de ngan lu as wi la yah nya, pa ling eng gak ya dua

por tal cu kup, ya se harusnya satu portal itu melayani 50 hektar luasan dengan mesin”, ujarnya.

Wahyu Andi, ma ha sis wa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 2010, me nga ku sa ngat ter gang gu dengan peng a da an por tal. “Itu sa ngat meng gang gu se ka li, ka lau mi sal iya, ya di ja di in, ka lau eng gak ya nga pa in. La gi pu la itu kan ja lan bu at le wat, ke be tu lan di si ni kan ma ha sis wa­nya ber tam bah ba nyak, ja di itu sa ngat meng gang gu se ka li. Ka lau iya, si lah kan di per ce pat, ka lau eng gak, ya ng gak usah se ka lian. Alang kah baik nya ka lau eng­gak,” tegas Wahyu.

Pembangunan Portal Menelan Biaya 1 Miliar Rupiah Lebih

Prawoto meng ung kap kan bah wa peng a da an por tal te lah di se pa ka ti dan di tu ang kan da lam RKPT ta hun 2011. Da na yang ter can tum da lam RKPT, un tuk peng a da an sis tem dan per a la tan par kir e lek tro nik sa tu pa ket di ang gar kan se be­sar Rp900.000.000,­, di tam bah de ngan pen g a da an me sin pe mo tong ker tas sa­tu pa ket se be sar Rp220.000.000,­. Hal ini di be nar kan oleh Prawoto, “Da na di RKPT me mang se be sar itu, na mun re a li sa si nya un tuk peng a da an par kir elek tro nik a dalah Rp750.000.000,­, se­dang kan pe mo tong ker tas nya a da lah Rp260.000.000,­.” Da lam pe lak sa na­an nya, peng a da an por tal ini ber da sar­kan Ke pu tu san Rektor UNY No mor 411 tahun 2011 Tentang Tim Pokja dan Anggaran Biaya Pengadaan Mesin Pemotong Kertas dan Parkir Elektronik Rektorat UNY Tahun 2011.

Ada kemungkinan pemungutan biaya masuk akan diberlakukan.Bi a ya ini a kan di ke na kan un tuk me re ka yang ti dak ter­daf tar da lam databa se UNY. Hal ini di ung kap kan o leh Sutrisna Wibawa. “Ja di, nan ti se mu a pe mi lik ken da ra an di kam pus a kan di da ta. Se mu a da ta nya a kan ter sim pan da lam da tabase kom pu­ter. Se men ta ra, ba gi yang tak ter daf tar ha rus mem ba yar kar cis,” ung kap nya.

Peng a da an por tal ju ga di tang ga pi o leh ma ha sis wa. Nizar, ma ha sis wa Bio­lo gi 2009 mengungkapkan bahwa peng­a da an por tal ku rang ber fung si. “Ka lau sa ya pri ba di, ka yak nya cu ma bu ang­bu­ang u ang sa ja, ma sa lah nya itu kan ja lan u mum ju ga, nga pa in ki ta ha rus me ma­sang por tal se per ti itu, a tau mung kin

Jumat (21/10) Seorang petugas pengadaan portal tampak sedang memeriksa kelengkapan portal di titik perempatan FMIPA

Maulida I Expedisi

Page 4: edisi 2 reguler 2010

seNtra

4 edisi ii | NoVemBer 2011

ter ins pi ra si sa ma te tang ga se be lah (UGM ­red),” katanya.

Hal yang sa ma ju ga di ung kap kan o leh Sa san, ma ha sis wa ju ru san Sas tra Ing gris 2010, “Ka lau sa ya sih ku rang se tu ju, ka­re na itu mem be rat kan ma ha sis wa ju ga.” Sa san me nam bah kan bah wa fak tor yang mem be rat kan itu pada ke mung ki nan ma ha sis wa un tuk mem ba yar kar cis dan a da nya ta rif yang di te tap kan.

“Ka lau ba yar ya ti dak a pa­a pa, ta­pi pem ba ya ran i tu un tuk pe ning ka tan. Da na i tu di gu na kan un tuk ke man fa a tan ma ha sis wa. Mi sal, ka lau a da ke hi lang an mo tor, ya rek to rat gan ti ba ru,” ung kap Sar yo no, S.Pd, M.Or. D osen FIK ini me ni lai ha rus a da ja mi nan ke a ma nan, se te lah a da nya por tal.

Keamanan dengan Mengurangi Tenaga Parkir

Prawoto meng u ta ra kan bah wa per­lu nya peng a da an por tal di lan da si ke­bu tu han ke a ma nan kam pus. “Me mang yang per ta ma da ri se gi ke a ma nan, ki ta itu ra ta­ra ta se ta hun itu kan 20 ken da ra­an hi lang, se bu lan bi sa 1­2 ken da ra an,” ujar nya. Pra wo to ju ga me nam bah kan as pek ke te r a tu ran men ja di a la san ke dua. Ia me ni lai par kir di da lam kam pus ti dak ter a tur. Se la in itu, peng a da an por tal se­ka li gus ju ga un tuk meng u rang i te na ga par kir. “Par kir nya ya te tep di lo ka si­lo ka si ya ng su dah a da, ta pi kan te na ga nya cu­ma me na ta sa ja, dan nan ti su dah pa kai kar cis, ber ar ti kan ndak hi lang?”, tegas Prawoto.

Me nangga pi hal ter se but, Agus Purwoko, Sat pam kam pus FIP men je­las kan bah wa se ha rus nya ti dak ter ja di peng u rang an te na ga par kir se te lah peng­o pe ra si an por tal ber ja lan. “Ji ka peng u­rang an ma lah mem be ri pe lu ang un tuk pen cu ri an helm­helm ka lau pe tu gas nya di ku rang i, ka re na ku rang ter pan tau. Li hat si kon lu as area du lu lah. Se ha rus nya ya ka lau a rea par kir nya lu as ya ma lah pe rlu di tam bah la gi pe tu gas nya. Mung kin a kan me nam bah kar ya wan ba ru, dengan sis tem outsourching,” jelas Agus.

Ke ti dak e fek ti fan pem bang u nan por tal ju ga di ra sa kan Ba yu Ar di ka, ma ha sis wa Ilmu Se ja rah 2011, “Ku rang efek tif me­nu rut sa ya, ju ga sia­sialah, nggak ter la lu di pa kai, a da pa ger­pa ger dan pin tu­pin tu ger bang nya ju ga kan?”

Siti Nurbaya, M.Hum. Dosen ju ru­san PBSI me nyam pai kan pe ni lai an la in ten tang pem bang u nan por tal yang di­ka it kan dengan ke di si pli nan. “Be gi ni, ter ke san UNY ti dak di si plin, dan ha rus di di si plin kan. Pa da hal, ke di si pli nan ti dak

ha rus di te gak kan de ngan a tu ran ju ga.” jelasnya. Kesan yang terlihat justru lebih seperti unjuk kekuasaan. Hal itu diiyakan oleh Siti Nurbaya.

Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) Tidak Cukup

Ke ti ka di te mui di ru ang ker ja nya, Sutrisna meng a ta kan bah wa sis tem ker ja por tal a kan meng gu na kan da ta yang me­nun ju kan pe mi lik ken da ra an, se hing ga se­mua ke n da ra an yang ma suk ke UNY bi sa ter la cak. “Se la ma ini de ngan me nun ju kan STNK sa ja di ra sa ti dak cu kup,” ung­kap nya. Su trisna me nam bah kan bah wa jam o pe ra si o n al ke se lu ru han por tal a kan mu lai di bu ka pa da pu kul 06.00 WIB sam­pai pu kul 18.00 WIB. Se men ta ra khu sus un tuk pin tu ger bang u ta ma rek to rat, akan di tu tup sam pai pu kul 21.00 WIB.

Ham pir se ba gi a n be sar ma ha sis wa me mang ti dak me nge ta hui se ca ra pas ti sis tem ker ja por tal yang se ring me re ka li hat di tengah jalan itu. “Masih bingung juga, takutnya nanti kayak ada penarikan biaya, semacam untuk Kartu Identitas Kendaraan itu.” ujar Nizar.

Prawoto me ne rang kan, ca ra ker ja por tal di a wa li de ngan peng am bi lan kar cis. Se men ta ra un tuk peng gu na an kar tu a kan mel a lu i pro ses sen sor. Ke dua ben tuk ca­ra itu me ru pa kan pi li han atau op si yang akan di ber la ku kan.

“Se per ti nya pa kai bar co de ka yak yang di UGM mungkin nanti, se ti ap ka li ki ta ku li ah ki ta ba wa kar tu un tuk di tun juk in ke pe tu gas, ba ru se te lah itu bo leh ma suk,” ung kap Arisandi Fardiono, ma ha sis wa Ma na je men Pen di di kan 2010.

Ade meng ung kap kan bah wa sis tem ker ja por tal akan di te rap kan dengan sis­tem kar cis dan member. “Ka lau pe ga wai UNY pa kai mem ber, ma ha sis wa pa kai kar cis, dan un tuk peng gu na an kar cis sen­di ri, se mi sal ti dak bi sa me nun ju kan pa da sa at ke lu ar ja lur por tal, ke mung ki nan a kan di ke na kan den da atau me nun ju kan STNK”, terang Ade.

Ade me nam bah kan bah wa sis tem por tal ya ng ada se ka rang ini be lum bi sa di ja lan kan oleh me sin se ca ra o to ma tis un tuk ke se lu ru han, na mun ma sih mem­bu tuh kan pe tu gas se ba gai o pe ra tor. “Ke­lu ar da ri pe tu gas por tal, nan ti di be ri kan bar code yang ter can tum di da lam ti ket. Bar code-nya akan di­scan, ke mu di an di­ enter oleh pe tu gas dan por tal akan ter bu ka sen di ri. Tan pa izin da ri pe tu gas ti dak akan ter buka,” ungkap Ade.

Kurangnya Sosialisasi Penggunaan PortalTer ka it so si a li sa si pem bang u nan por­

tal di ra sa ku rang. Hal ini dira sa kan oleh sa lah sa tu ci vi tas a ka de mi ka UNY. “Sa ya ti dak ta hu ka lau ada pem bang u nan por­tal di UNY ma lah, ti dak a da so si a li sa si, sa ya ma lah ba ru ta hu se ka rang. Por tal yang se per ti apa to nduk?” tanya Siti Nurbaya.

Nurul Choiriyah, mahasiswa PLS, meng ang gap ke be r a da an por tal ti dak ada kejelasan dalam penanganannya. “Kalau menurutku seumpama mau dimanfaatkan ya cepet dilanjutkan. Nggak cuma terkesan dibiarin gitu aja. Kalau kayak gitu kan malah jadi bahan pertanyaan. Sebenarnya mau dibuat dan digunakan untuk apa? Kapan beroperasinya? kadang ada petugas, kadang tidak. Semua seperti kurang sosialisasi”, tutur Nurul.

Tanggapan lain juga disampaikan oleh Sudarman, Kepala Dukuh Karangmalang. Ia merasa belum tahu pasti pembangunan portal di UNY akan seperti apa jadinya. “Waktu saya ngobrol dengan beberapa karyawan Univ, memang untuk alasan keamanan tapi itu belum sosialisasi,” tutur Sudarman. Ia juga menambahkan bahwa kiranya perlu ada sosialisasi, mengenai pembangunan portal dan imbasnya kepada warga sekitar kampus. “Mau nggak mau kampus itu dengan Karangmalang juga ada ikatan batin, sejarahnya kan lahan­lahannya juga milik warga Karangmalang," terangnya.

Irawan Sapto AdhiAde, Dwi, Lida, Linda, Ratih, Sari, Suly, Yulinda

Prawoto, S.E. bagian UHTP Admistrasi umum dan keuangan UNY saat ditemui di kantornya

Maulida I Expedisi

Page 5: edisi 2 reguler 2010

polliNg

5NoVemBer 2011 | edisi ii

Tahun ini, Uni ver si tas Ne ge ri Yog ya­kar ta (UNY) mulai me ngo pe ra si kan portal. Na mun demikian, sis tem ker­

ja nya be lum ter so si a li sa si dengan je las. Nizar, ma ha sis wa Pen di dik an Bi o lo gi me ne gas kan bah wa hampir se ba gi an be sar ma ha sis wa tidak me nge ta hu i se­ca ra pas ti sistem kerja por tal yang se ring me re ka lihat, masih mem bi ngung kan, un tuk apa pe nga da an portal ter se but. Ter le bih, di kha wa tir kan akan a da nya pe na ri kan biaya.

Untuk me nge ta hu i respon ma ha sis­wa pe ri hal portal di UNY, EXPEDISI me ng a da kan polling. Me to de yang di gu­na kan adalah metode ku an ti ta tif, je nis sam pling ak si den tal, yaitu mem be ri kan ang ket secara lang sung pada res pon den. Tek nik pe ngum pu lan data yang di la ku­kan meng gu na kan angket, ter di ri dari sem bi lan pertanyaan tertutup.

Per hi tu ngan untuk pe ngam bi lan sam­pel meng gu na kan ru mus slovin de ngan sampel error 5%, ber da sar kan respon 395 ma ha sis wa dari 30.163 ma ha sis wa UNY, de ngan pe nye ba ran angket ke se lu ruh fakultas di UNY.

Jika di li hat dari segi ke bu tu han, UNY bu tuh portal atau ti dak, 58,2% ma ha­sis wa me nya ta kan tidak butuh portal,

Ingin Aman Tak Harus Lewat Portal

38,5% me nya ta kan bu tuh, dan si sa nya ti dak men ja wab. Per nya ta an tidak mem­bu tuh kan ter se but, di ka re na kan be be ra pa per nya ta an ten tang ke be ra da an portal yang nan ti nya ha nya akan meng gang gu lalu lintas dan mem bu at ma cet. Hal itu ter buk ti de ngan 32,9% ma ha sis wa yang me nya ta kan se tu ju ter ha dap per nya ta an tersebut; 23,5% sa ngat setuju; 19,7% ragu ­ragu , 17,7% ti dak se tu ju; se men ta ra 5,6% sa ngat ti dak se tu ju, dan si sa nya tidak men ja wab.

Be be ra pa alasan ter se but me mi cu ke ti dak se tu ju an ma ha sis wa de ngan pe­nga da an portal di UNY. Se ba nyak 59,5% ma ha sis wa ti dak se tu ju, sedang 38,5% se tu ju, dan si sa nya tidak men ja wab.

Ke ti dak se tu ju an tersebut di ka re na­kan wi la yah UNY ter la lu sem pit untuk pe nga da an por tal. Se na da dengan per­nya ta an tersebut 34,9% ma ha sis wa mengungkapkan se tu ju; 28,6% sa ngat setuju, se dang kan 18,2% tidak setuju; 13,4% ragu ­ragu ; 3,8% sa ngat ti dak setuju, dan si sa nya tidak men jawab.

Sutrisna, M.Pd., Wakil Rektor II me­ngung kap kan bahwa pe nga da an por tal ter se but de mi ke a ma nan se ka li gus ben tuk pe la ya nan bagi ma ha sis wa, do sen, kar­ya wan, guna dapat me mar kir ken da ra an

de ngan nya man. Se hing ga, me re ka bi sa me ra sa aman. Fak ta ter se but di ra gu kan dan di buk ti kan de ngan suara sebanyak 40,3% respon ma ha sis wa yang me nya­ta kan ragu ­ragu ; 26,3% se tu ju; 14,9% sangat tidak se tu ju; se dang kan 10,4% ti dak se tu ju, dan 7,3% sangat tidak se­tu ju; serta si sa nya tidak menjawab.

Ade, pe tu gas Per se roan Ter ba tas (PT) Palang Parkir Indonesia me ngung kap kan bah wa sis tem kerja portal akan di te rap­kan de ngan sis tem kar cis dan mem ber. Di ma na pegawai UNY meng gu na kan mem-ber, ma ha sis wa meng gu na kan karcis. Untuk peng gu na an karcis, ji ka ti dak dapat me nun ju kan nya pa da sa at ke lu­ar jalur portal, akan di ke na kan den da atau me nun juk kan Su rat Tan da Nomor Kendaraan bermotor (STNK).

Hal ter se but ber lang sung da lam ma sa per co ba an se la ma enam bulan, dan un tuk se lan jut nya, ada kemungkinan bayar.

Me nangga pi pernyataan tersebut, 58,2% ma ha sis wa sangat tidak se tu ju jika ha rus rela me nge lu ar kan untuk se­ke dar masuk UNY; 27,3% tidak setuju; 8,4% ragu ­ragu , serta hanya 2,8% yang se tu ju dan sa ngat setuju, si sa nya tidak menjawab.

Tim Expedisi

Rohh

aji |

Exp

edis

i

Rohhaji | Expedisi

2,5%Sangat Tidak Setuju

7,8%Tidak Setuju

23,5%Ragu-ragu

12,4%Sangat Setuju

52,9%Setuju

0,8%Tidak

Menjawab

Mengikuti UKM Itu Penting

Stanisasi UKM Perlu Diadakan

YaTidak PerluTidak Menjawab

91,4%

4,8%3,8%

REVISI DIAGRAM RUBIK POLLING BULETIN EXPEDISI EDISI I BULAN OKTOBER

Ody | ExpedisiOdy

| Ex

pedi

si

UNY Butuh Portal

Portal Menambah Keamanan

Page 6: edisi 2 reguler 2010

persepsi

6 edisi ii | NoVemBer 2011

Tiga hari berturut ­turut mu la i Hari Senin­Rabu, tanggal 19­21 September 2011 di lak sa na kan Pe mi li han De kan

(Pildek) periode 2011­2015. Pe mi li han di la ku kan pada Ra pat Senat Ter tu tup, yang se be lum nya di da hu lu i Ra pat Se nat Ter bu ka, yang me ru pa kan se rang kai an a gen da Pildek. Wa lau pun na ma nya Ra­pat Senat Ter bu ka, ta pi ke nya ta an nya tidak se ter bu ka yang di ha rap kan oleh se ge nap ci vi tas a ka de mi ka UNY, na mun ha nya ter ba tas ke pa da ta mu un dang an. Se te lah Rapat Se nat Ter bu ka, di a da kan Rapat Senat Ter tu tup yang me ru pa kan a jang ja jak su a ra, un tuk me nen tu kan si a pa Calon Dekan (cadek) yang akan men du du ki bang ku ke pe mim pi nan fa kul­tas. Ra pat ini ha nya di per un tuk kan oleh Senat Fa kul tas dan Rektor UNY.

Be ri ta me nge na i pildek tidak sam­pa i ke te ling a se mu a ma ha sis wa di Universitas ini. Sung guh lucu sekali drama per mai nan ke ku a sa an, yang di la­ku kan oleh Rektor. Mulai dari pem be ku­an Ba dan Ek se ku tif Ma ha sis wa (BEM) Uni ver si tas, hing ga ke pa da pe nge sa han Sta tu ta UNY yang sa ngat “men de sak”. Pem be ku an BEM Uni ver si tas, bu kan ha nya ka re na per ma sa la han Pe mil wa ka la itu, akan te ta pi juga ber tu ju an, a gar pem bu a tan statuta UNY ber ja lan de ngan aman tan pa ada yang meng kri ti si. Ti dak ha nya itu, Rek tor pun ma sih ber ma nu ver de ngan mengulur ­ulur pe nge sa han sta­tu ta ter se but. Mung kin de ngan tu ju an, agar Pil dek ter ke san “men de sak”, se­hing ga de ngan be gi tu, Rektor mem pu­nya i a la san untuk tidak me lak sa na kan

Suara Rektor Penentu Dekan

so si a li sa si secara ter bu ka ke pa da se mu a ci vitas a ka de mi ka UNY, me ngi ngat sa at itu se dang me ngin jak masa li bu ran. Ja di, me mang per mai nan waktu yang ba gus da ri Rek tor agar Pildek ini ber ja lan se­su a i dengan kelicikannya.

Pe ra tu ran atau sis tem yang di gu na kan dalam me nen tu kan pemimpin ­pemimpin di UNY ini mu la i dari Rektor, Wa kil Rek tor, Dekan, Wa kil De kan, Di rek­tur Program Pas ca sar ja na, dan A sis ten Di rek tur Pro gram Pas ca sar ja na, di a tur da lam sta tu ta UNY. Da lam sta tu ta ter­se but, bab 4 ten tang or gan UNY, ba gi an ke du a pasal 16 ayat 2, di tu lis kan bah wa yang me nyu sun sta tu ta dan me ngu sul­kan ke pa da menteri, a da lah we we nang Rektor.

Sistem Pil dek yang di a tur da lam sta tu ta UNY ini me mi li ki be be ra pa ta­ha pan, yaitu pen ja ring an, pe nya ring an, pe mi li han dan pe ngang ka tan. Da lam ta hap pen ja ring an, bakal calon pa ling se di kit harus men da pat kan ti ga orang. Ji ka jum lah pen daf tar hing ga batas pen­daf ta ran yang di ten tu kan panitia ku rang da ri tiga, maka rek tor mem pu nya i ke­we nang an pe nuh me nun juk satu do sen un tuk mendaftarkan diri.

Tahap pe nya ring an me ru pa kan u pa­ya me mi lih tiga o rang ca lon me nu rut per tim bang an Rektor, yang te pat un tuk men ja lan kan tu gas Dekan. Tahap se lan­jut nya a da lah pe mi li han. Se be lum pe mi­li han, ketiga ca lon wajib me nyam pai kan Visi ­Misi dan pro ker arah pe ngem bang an fa kul tas em pat tahun ke de pan, da lam Ra pat Se nat Ter bu ka. Se te lah itu, Rek tor

dan Se nat Fakultas me la ku kan Pil dek da lam Rapat Senat Ter tu tup. Di si ni lah pe ram pa san su a ra oleh rek tor nam pak nya ta, di ma na rektor me mi li ki 35 % hak su a ra da ri total yang me ngu a sa i pil dek, tan pa me la lu i pen ja ring an as pi ra si. Su­dah je las, semua ini ha nya lah se bu ah alat ka mu fla se, untuk me le gal kan ke­o to ri te ran dan ke se we nang an Rektor se ma ta. Se men ta ra senat fa kul tas me­mi li ki 65 % hak suara. Se mi sal, pil dek de ngan total se nat fa kul tas 65 orang, maka masing ­masing orang me mi li ki 1% su a ra. Ban ding kan de ngan su a ra Rektor yang me mi li ki 35% suara. Ji ka se o rang ca lon yang di du kung Rektor, ia cu kup men da pat kan 15 su a ra Se nat Fa kul tas dari 65 orang yang ada.

Ki sah nyata yang ter ja di ber ka i tan de ngan hal ini, a da lah Pil dek di FMIPA UNY de ngan jum lah to tal Se nat Fakultas se ba nyak 27 orang. Maka 35% da ri to­tal su a ra 100% adalah 15 su a ra. Ha sil pe ro le han su a ra saat Pildek FMIPA se­ba ga i berikut, Dr. Ariswan di du kung o leh 13 suara, Dr. Suyanta di du kung 7 suara, sedangkan Dr. Hartono 6 suara, dan hanya 1 suara Senat Fa kul tas yang gugur

Akan te ta pi ka re na in ter ven si Rektor se be sar 35% (=15 suara) yang di se rah­kan pada Dr. Hartono, ma ka su dah da pat di pas ti kan dia menang. Suara Rek tor ter se but ti dak me re pre sen ta si kan as pi ra­si dari ma ha sis wa, dosen dan kar ya wan di Fakultas MIPA, se hing ga pe ro le han su a ra Dr. Hartono se be sar 21 su a ra. Sung guh ironis se ka li, se se o rang yang di pi lih oleh 13 orang dapat di ka lah kan oleh tujuh orang.

Ini a da lah wujud o li gar ki yang nya ta. Ma ha sis wa, dosen dan kar ya wan lah yang pa ling ta hu si a pa yang tepat me mim pin fa kul tas, di ma na da lam ke se ha ri an nya me re ka selalu ber in te rak si de ngan pe­mim pin nya.

Begitu juga de ngan Dekan yang di­pi lih de ngan sis tem ini, akan ta kut ke­pa da Rektor dan me nu rut sa ja de ngan kebijakan ­kebijakan yang di ke lu ar kan oleh Rektor. Ma ka da pat men ja di se bu ah rea li ta Rektor dan Dekan ha nya men ja di budak ­budak par ta i politik yang akan me­ro boh kan In de pen den si pen didikan.

Hasto PrastyoKetua BEM FMIPA 2011

Page 7: edisi 2 reguler 2010

persepsi

iNFo Kampus

7NoVemBer 2011 | edisi ii

Peringatan Porprov Dengan Pertandingan Pencak Silat

Tanggal 23­26 Oktober 2011, diadakan pertandingan Pencak Silat dalam rangka Pekan Olah Raga Provinsi (PorProv). Pertandingan Porprov tahun 2011 ini bertempat di Hall Tenis indoor Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNY. Pertandingan pencak silat ini, hanya untuk kategori dewasa dengan batasan umur antara17 sampai 27 tahun. Acara ini diikuti oleh 153 peserta dari empat Kabupaten dan satu kota se­provinsi Yogyakarta. “Setiap kategori kelas akan diambil masing­masing tiga juara, yaitu juara 1, 2 dan 3 yang akan dipersiapkan untuk mengikuti ajang Pra Pekan Olahraga Nasional (PON),” ungkap Bambang selaku panitia. Lebih lanjut, Bambang menyampaikan harapannya bahwa pemenang dari seleksi PorProv ini, akan dapat mengikuti PraPON dan mengharumkan nama Indonesia.

Suly

Semnas Kebudayaan dari KomunitasBudaya FBS

Kamis (27/10), Komunitas Budaya FBS mengadakan Seminar Nasional (Semnas) Kebudayaan, di Ruang Auditorium UNY. Acara tersebut berlangsung mulai pukul 08.00­13.00 WIB dan dihadiri oleh mahasiswa, dosen, pelajar, juga umum. Acara dengan tema “Menemukan Kembali Esensi Kebudayaan Indonesia dalam Rangka Membentuk Karakter Kebangsaan,” juga dihadiri sastrawan Indonesia yang sekaligus bertindak sebagai pembicara utama, yaitu Taufik Ismail. Jalu Nugraha sebagai peserta mengungkapkan bahwa materi yang disampaikan Taufik tidak sesuai dengan tema yang diusung. Namun, lebih membahas pengajaran bahasa, yaitu membaca dan mengarang. “Tapi, dari peserta yang bertanya, kebanyakan menyinggung tentang budaya, jadi seminar masih bisa nyambung dengan tema,” tambah Jalu.

Ade

“Jika Anda mendapatkan downline, Anda akan naik ke bintang empat, dan mendapatkan uang jutaan rupiah per bulan. Tinggal duduk santai di rumah, Anda sudah bisa menikmati uang hasil kerja Anda.”

Bisnis dengan kerja yang tak ba nyak pe ngor ba nan, cukup du duk san tai di ru mah dan me nik ma ti uang ju taan

ru piah, sering di ke nal de ngan istilah bis nis Multi Level Marketing (MLM). Men deng ar kata MLM, ma ka yang ter­be sit a da lah dua pi li han, yaitu me nu ju ke suk ses an atau menghindar.

Seluruh ahli e ko no mi du nia se pen­da pat bah wa direct selling atau pen­ju a lan lang sung se per ti MLM a da lah cara bis nis pa ling sem pur na, karena me ngu rang i bi a ya promosi, se hing ga dapat lang sung di be ri kan pada pa ra pelaku MLM ter se but. Na mun, cara pe­la ku MLM kon ven si o nal (offline) dalam me re krut ang go ta su dah di luar ke wa ja­ran. Mereka bu kan la gi men ju al produk, me la in kan men ju al dan me ngo bral mimpi dengan no mi nal uang ju ta an, milyaran rupiah, bah kan dari motor, mobil, hingga kapal pesiar.

Bila di ta nya apa tujuan pe la ku MLM me nga jak ber ga bung di bisnis MLM, ma ka ja wa ban me re ka adalah me nga jak un tuk menuju ke suk ses an bersama ­sama . Pa da hal, ke suk se san tidak bi sa di u kur dari nominal keuangan saja.

Pelaku MLM me nye but kan bah wa

Bisnis Jual Mimpibis nis MLM sa ngat mu dah. Ca ra nya a da lah mendaftarkan diri, men ca ri teman, du duk san ta i, kemudian me nik ma ti uang. A nehnya, jika me la lu i bis­nis MLM mu dah men da pat kan uang, la lu ke na pa di Indonesia masih saja di lan da ke­mis ki nan dan ke na pa

korupsi masih me ra ja le la?Dalam prakteknya, men daf tar kan diri

pun juga meng gu na kan modal (uang) yang no mi nal nya ti dak se di kit. Jika tidak sanggup men daf tarkan ka re na biaya yang ma hal, maka pelaku MLM tidak akan ber­di am di ri. Me re ka akan mem ban tu calon downline­nya untuk men da pat kan mo dal agar ber ga bung. Itulah wujud ke pe du li an dari pe la ku MLM. Tapi di ba lik itu, sa at pe la ku mampu me nam bah downline, ma­

ka pe ma su kan nya ber tam­bah. Bantuan ter se but

bi a sa nya ber wu jud saran, yang me ngan jur kan agar

ber hu tang pada si a pa sa ja yang dikenal, meng ga dai kan

barang ­barang apa saja yang di pu nya i, seperti sepeda motor,

perhiasan, sertifikat rumah/tanah bah kan tidak tanggung ­tanggung

untuk menggadaikan ijazah. Saking ne kat nya, surat ta nah

dan su rat motor mi lik orang tua juga i kut di ga dai kan. Ini a da lah cara

yang kotor, ti dak ta hu ma lu. Ca ra inilah yang men ja di kan orang ­orang

a ler gi dengan pe mi ki ran pe la ku MLM, yang ke le wat per ca ya di ri hing ga tak

tahu diri. Bi la hu tang da pat di ba yar, barang yang di ga dai kan da pat di te bus, maka ke a da an akan baik ­baik saja, lalu ba gai ma na jika se ba lik nya?

Ber ga bung dengan bisnis MLM ha­rus di a wa li de ngan ni at yang baik, pu­nya prospek yang cerah, ke sung gu han, dan ta hu dasar ­dasar dalam ber bis nis, bu kan ha nya ni a tan ingin ka ya dengan mu dah dan terkesan mendadak. Ka re na, MLM bukan me to de bis nis kaya men da­dak, me lain kan di bu tuh kan skill un tuk me la ku kan pen ju a lan dan pe ma sa ran. Pa da da sar nya, setiap orang me mi li ki ke ter ba ta san dalam ber bis nis dan ca ra yang berbeda untuk meng ga pa i mim pi dan cita ­citanya.

Ade Rakhma N.S

Rohhaji | Expedisi

Page 8: edisi 2 reguler 2010

tepi

8 edisi ii | NoVemBer 2011

Perawakan tinggi besar. Wa jah nya di hi a si jam bang yang me ngun cup ter pu sat di dagu. Si ang itu, ke ti ka

di sa pa di Unit Pe la ya nan Pen di dik an (UPP 1), dia me nyung ging kan se u las se nyu man. Se ra gam biru hi tam yang di ke na kan o leh nya, me nun juk kan i den ti­tas sa lah satu Unit Ke gi a tan Ma ha sis wa (UKM) yang di ge lu ti nya. “Sa ya tidak ingin men ja di kan fa si li tas sebagai peng­ha lang,” ujar Isdiono.

Fa si li tas minim dan ke a da an e ko no­mi yang a pa a da nya, bu kan lah a la san un tuk ti dak ber pres ta si. Hal ini di buk ti­kan o leh se o rang mahasiswa ber pres ta si (mapres) ting kat fa kul tas, dari Fa kul tas Il mu Pen di dik an(FIP), Isdiono. Un tuk men ja di ma pres bu kan lah hal yang mu­dah, ba nyak per sya ra tan yang ha rus di tem puh. Se per ti yang di ung kap kan oleh Bambang Saptono, M.Si. se la ku Wa kil De kan III, FIP. “Ke is ti me wa an ma pres i tu kri te ri a nya ba nyak. Di a ten­tu a da lah pintar a ka de mik, tentu ha rus mem pu nya i ni la i yang le bih da ri yang la in, ter ka it dengan pe ngu a sa an ten tang bi dang yang di te ku ni da lam prodi, yang di tun ju kan de ngan In deks Pres ta si Ku­mu la tif (IPK). Mem pu nya i ide ­ide kre a tif i no fa tif, ter ma suk dia bi sa pe ro leh un tuk me me cah kan ma sa lah akademik ma u pun pri ba di nya,” ungkap Bambang.

Di lain pihak Dr. Herminarto Sofyan se la ku Wa kil Rektor III (PR III), ju­ga me nga ta kan bah wa stan dar kri te ri a ma pres ti dak ha nya IPK, na mun juga me li hat pres ta si di bidang pe na la ran, mi nat, bakat, olah raga, seni, ke gi a tan eks tra ku li ku ler, ke pri ba di an, ke se ha­tan, dan ke mam pu an ba ha sa inggris minimal 450.

Sejak kecil Isdiono selalu me nga la­mi peng hi na an dan di re meh kan, na mun hal itu tidak mem bu at nya me nye rah pa da ke a da an. Inilah yang di a la mi oleh Isdiono. Ba nyak yang me ra gu kan dia bi sa ma suk ke Per gu ru an Ting gi Ne ge ri (PTN). Isdiono ter ca tat se ba ga i ma ha sis­wa ju ru san PGSD UNY, ang ka tan 2008.

Prestasi Di TengahKeterbatasan FasilitasSetiap hari dia melajukan Jengki hitamnya, dengan tujuan untuk dapat menduduki singgasana, yang bernama kursi mahasiswa.

Na ma ini (Isdiono­red) pas ti lah ti dak a sing la gi di te li nga be be ra pa ma ha sis wa di FIP. Dia a da lah pe nya bet juara per ta­ma ma pres ting kat fakultas di FIP ta hun 2011. Su lung dar i dua ber sau da ra ini a da lah so sok yang lebih se ring ter li hat pen di am, se der ha na, namun hu mo ris. Ke ti ka di te mu i, dirinya ber ba gi se di­kit ce ri ta ten tang per ju a ngan nya un tuk masuk ku li ah di UNY. De ngan ta wa nya yang khas, dia me nu tur kan saat akan ma suk ku li ah. Kala itu un tuk me min ta tan da ta ngan, sebagai sya rat men ca ri bea sis wa, dia di hi na oleh pe tu gas ke­lu ra han, yang me ra gu kan dia mam pu mem ba yar untuk ma suk di per gu ru an ting gi, ka re na dia be ra sal dari ke lu ar ga yang se der ha na. ”Bah kan sa ya wak tu mau ma suk ku li ah sa ma pak du kuh di­ka ta i bahwa di ke lu ra han itu ti dak ada bea sis wa, mas,” u jar nya. Na mun hal itu tidak di hi rau kan oleh Isdiono, ka re na yang pen ting a da lah tanda tan dan un­tuk sya rat bea sis wa, buka hi na an yang di lon tar kan ke pa danya.

Namun dari semua hi na an yang di­tu ju kan pa da nya itu, jus tru be ru bah men ja di se ma ngat untuk mem buk ti kan bah wa hi na an orang ­orang ter ha dap di­ri nya itu sa lah. Isdiono me nga ku bah wa tetangga yang selalu menghina dirinya justru menjadi semangat terbesar untuk me wu jud kan im pian nya.” Jus tru te tang ga sa ya lah pem be ri mo ti va si ter be sar sa ya,” ujar nya de ngan ta wa nya yang khas.

Keterbatasan fasilitasFa si li tas bu kan sya rat mu tlak un tuk

ber pres ta si ba gi orang ma cam Isdiono. Ke ada an ru mah yang ke ti ka i tu be lum ter ja mah lis trik, ti dak me nyu rut kan niat nya un tuk gi gih ber ju ang. Dia te­tap be la jar mes ki pun ha nya meng gu na­kan se bu ah lam pu sen tir y ang ter bu at da ri bo tol mi nu man ber energi, se ba gai pe ne rang ke ti ka dia mem ba ca. Kon di si yang de mi ki an ti dak mem buat nya ter­ting gal da ri te man­te man nya da lam hal aka de mik. Lis trik ba ru me ram bah di

ke diaman nya, se te lah gem pa me lan da Yogyakarta 5 tahun silam. De ngan ge­lak dia ber ki sah ten tang ke nang an ma sa la lu. Ba gai ma na per juangan nya ke ti ka ber u sa ha me wu jud kan im pi an un tuk bi sa me ra sa kan bang ku per ku liah an, me nam pak kan se ma ngat dan op ti mis me di wa jah nya.

Se ti ap ha ri, ke ti ka hen dak be rang kat ku li ah, dia re la me nga yuh se pe da se ja uh 25km, yang mem bu tuh kan wak tu sa tu se te ngah jam, un tuk sam pai kam pus PGSD di UPP II, Mandalakrida. Apa la gi dia be rang kat da ri ru mah nya yang ber­lo ka si di Bantul, sa lah sa tu kabupaten di Yogyakarta ba gi an se la tan. Pa nas dan di ngin yang meng ha lau nya se la ma per ja­la nan, tak me run tuh kan se ma ngat nya un­tuk da pat me ngi ku ti per ku lia han. De ngan se ga la keterbatasan fasilitas, siapa sangka kini, berderet prestasi telah ia raih. Mulai dari mapres tingkat fakultas, mapres PGSD se­Jawa, juara lomba artikel Menpora, dan banyak artikel karyanya yang berhasil dimuat di media masa.

Ody | Expedisi

Isdiono, mahasiswa berprestasi tahun 2011

Page 9: edisi 2 reguler 2010

tepi

9NoVemBer 2011 | edisi ii

Prestasi yang tidak mudah untuk diraih tentunya. Meskipun deretan prestasi telah ia raih, dan pundi­pundi rupiah sudah ia dapatkan dari hasil karyanya, belum terpikirkan olehnya untuk meninggalkan sepeda kesayangannya yang selalu setia menemaninya, berangkat kuliah setiap hari. Isdiono lebih memilih utuk menyimpan hasil jerih payahnya, untuk cita­citanya yang lebih tinggi, yaitu melanjutkan kuliah S2.

Walaupun kesibukannya dalam kuliah sudah menyita banyak waktu, namun rupanya Isdiono tidak mau jika menjadi mahasiswa yang hanya melakukan rutinitas, kuliah dan pulang. Di tengah kesibukan kuliahnya, ternyata ia juga menjabat sebagai ketua di salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) di FIP Karangmalang. Terbayang bagaimana dia menempuh jarak tersebut dengan menggunakan sepeda menuju karangmalang, dengan pertambahan waktu sekitar setengah jam. Sehingga bila ditotal ayau dikalkulasi waktu yang diperlukan menjadi dua jam perjalanan, jika dihitung dari rumahnya.

Sosok Isdiono ketika masa SMA, sempat menekuni kegiatan karate. Namun kini beralih menjadi suka membaca dan menulis, sejak menginjak kuliah semester satu. Dia juga mempunyai niatan untuk membagi ilmunya melaluli UKMF yang diikutinya. Dia ingin membagi ilmu yang ia miliki khususnya dalam bidang menulis.

Deni Hardiyanto, salah seorang

dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) menyampaikan pendapatnya terkait dengan pelayanan fasilitas untuk mapres. "Ya, gini mbak, fakultas itu tidak membeda­bedakan, pelayanan fasilitas yang diberikan itu sama, tapi ketika ada event apa dia (Isdiono­red) diiikutkan, pengiriman mahasiswa kemana dia yang dipilih untuk berangkat. Dosen yang mengampu mata kuliah Teknologi Pendidikan ini juga berpendapat bahwa support fakultas diwujudkan dengan memberikan peluang pada Isdiono.

Reward untuk mapresPrestasi bukan hal yang mudah untuk

diraih, dibutuhkan perjuangan, kerja keras dan proses yang cukup panjang untuk mendapatkannya. Kendati sudah mendapatkan prestasi, belum tentu mendapatkan beasiswa. Menjadi mapres tidak selalu dapat dipastikan mendapat beasiswa. Akan tetapi ada reward tersendiri yang diberikan untuk mapres. Seperti yang diungkapkan Bambang Saptono, M.Si, “kalau beasiswa tidak ada, tapi kalau reward ada,” ujarnya. Bambang Saptono, M.Si, juga menambahkan, “ Kemarin Isdiono dikirim ke Thailand, dalam rangka Student Exchange.” Lebih lanjut Wakil Dekan III, FIP mengujarkan bahwa pengiriman tersebut merupakan salah satu penghargaan dari fakultas, Universitas. “Terus kemarin dikirim ke UI(Universitas Indonesia) untuk ikut keterampilan kepemimpinan se Indonesia yang diikuti oleh beberapa perguruan

tinggi di Indonesia,” tambahnya.Penghargaan yang diberikan kepada

mapres tidaklah selalu berbentuk materi. Walaupun begitu dari Universitas terkadang ada penghargaan berupa materi, karena tidak semua mapres memiliki kemampuan ekonomi yang tinggi. Kadang kala,juga sudah ada beasiswa tersendiri meski pun bukan sebagai mapres, seperti halnya beasiswa PPA, BBM, atau yang lainnya. Menurut Dr. Herminarto sofyan adapun reward yang berbentuk uang itu pun masih dalam jumlah yang kecil.

Hal senada disampaikan oleh Deni. Dirinya mengungkapkan bahwa bentuk reward yang diberikan pada Isdiono bisa berupa kesempatan beasiswa dan diikutkan dalam kegiatan­kegiatan kampus. Lebih lanjut dosen yang mengampu mata kuliah di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) ini, menuturkan tanggapannya mengenai kelayakan pemberian reward untuk mapres. "Ya relatif, satu orang dengan orang lain mempunyai kriteria yang berbeda. Kalau dikatakan layak tidaknya mungkin menurut saya cukup. Menurut orang lain bagi Isdiono tidak cukup. Tapi kampus sendiri mempunyai standar. Beasiswanya ya yang ada dikampus, tidak ada beasiswa khusus yang lain. Sementara, untuk reward-reward yang lain kan juga tetap diberikan,"ujarnya.

Tak ada jaminan setelah lulus untuk mapres

Ma ha sis wa, ba ik ma pres atau pun bukan pastilah mempunyai motivasi­motivasi dan kemampuan yang kuat, sehingga mereka berjuang sekuat tenaga untuk menembus keinginannya. Namun biarpun memiliki berbagai prestasi dan dinobatkan sebagai mapres, belum pasti setelah lulus mendapatkan jaminan dari fakultas ataupun universitas. Isdiono sendiri sebagai mapres, untuk mewujudkan cita­citanya meneruskan studi S2, harus menyisihkan hasil materi dari prestasinya. “Untuk mendapatkan beasiswa S2 kan, syaratnya harus cumlaude sedangkan saya kan belum pasti cumlaude,” ungkap Isdiono. Dr. Herminarto Sofyan menjelaskan bahwa, “ UNY menyediakan untuk 12 orang yang lulus cumlaude, untuk studi lanjut di pasca UNY.” Jadi dia haruslah bersiap­siap jika nantinya tidak lulus dengan predikat cumlaude, dia sudah punya persiapan untuk meneruskan studinya.

Rohhaji NugrohoHoho, Ratih, Sari, Yulinda

Maulida | Expedisi

Kamis (10/11) suasana kampus 2 FIP Mandala yang cenderung sederhana tempat Isdiono berkuliah

Page 10: edisi 2 reguler 2010

reseNsi

10 edisi ii | NoVemBer 2011

"Ayah me nga pa aku ber be da? Chapter: Moon” a da lah se bu ah ki sah per ju ang an hi dup Angel,

ga dis ci lik yang tu na rung u se jak di la­hir kan. I bu nya me ning gal ke ti ka Angel ter la hir dan ayah nya ke mu di an men ja di o rang tua tung gal, yang me ra wat nya de­ngan tu lus. Akan te ta pi, ayah nya, Martin ber u sa ha mem bu at nya hi dup man di ri dengan ke a da an nor mal se per ti anak lainnya. Me re ka ting gal di Semarang dengan di te ma ni ne nek Angel, yang mem­ban tu me ra wat nya.

Martin me mi lih pin dah ke Jakarta se­te lah ibu nya me ning gal. Disana, Martin me mu tus kan me nye ko lahkan Angel, di se ko lah umum yang dekat dengan ru mah­nya. Bu kan la gi se ko lah luar biasa se per ti di Semarang. Awalnya, se ko lah dengan ba ngu nan be sar itu me no lak, na mun ke se ri usan Angel yang i ngin ber se ko lah, mam pu me ner bit kan ra sa i ba dan me lu­luh kan ha ti Ke pa la Se ko lah.

Angel yang di ang gap ca cat ha rus ber ju ang ke ras, un tuk da pat di te ri ma di se ko lah u mum. Ia ha rus meng ha da pi ke nya ta an, bah wa ti dak se mu a o rang mau me ne ri ma ke ha di ran nya. Angel te tap meng e jar pen di di kan, di tengah de ri ta ca ci an dan hi na an di se ki tar nya. Se per ti ha ri per ta ma ma suk se ko lah ba ru, Angel su dah me ne ri ma ulah na kal da ri Agnes, Fifi dan Maria te man se ke las nya. Me re ka lah yang men ja di pe ran an ta go nis da lam no vel ini. Na mun, ia pun me ne­mu kan te man ba ik se per ti Hendra. Ia se la lu me ne ma ni Angel ke ti ka di se ko lah. Mung kin, di a lah sa tu­sa tu nya sa ha bat Angel yang pa ling tu lus. Di se ko lah itu­lah Angel bi sa meng em bang kan ba kat ber ma in pi a no, yang di wa ris kan oleh ibu dan ayahnya.

Ibunda Angel memiliki nama yang sama dengannya. Ia adalah pemain piano handal di salah satu sekolah musik. Di sekolah tersebut Martin bertemu dengan Angel sampai tumbuh benih cinta diantara mereka. Hubungan mereka pun ternyata tidak disetujui oleh orang tua Angel. Meskipun tanpa restu dari orang tua Martin tetap menikahi Angel dengan mengajaknya kawin lari. Tidak hanya sang Ibu, sang Ayah pun tidak kalah handal dalam bermain piano.

Dalam novel ini, penulis (Agnes dan Davonar) melukiskan bagaimana Angel kecil bisa menemukan kesenangannya pada permainan piano. Sementara, Martin

Judul buku : Ayah Mengapa Aku Berbeda? Chapter MoonPenulis : Agnes dan DavonarPenerbit : Inandra / Inti Book PublisherJumlah Halaman : 232 termasuk CoverWaktu Terbit : Juli, 2011

Angel Bocah Tunarungu

terutama tidak pernah mengajarkan anaknya bermain piano. Dan ternyata bakat bermain piano itu di eksplor sendiri oleh Angel selama di sekolah bersama dengan guru musiknya.

Hal yang me na rik da lam no vel ini a da lah ba gai ma na ca ra Angel bi sa me­ma in kan pi a no se men ta ra te ling a nya tak mampu men deng ar. Dan, ba gai ma na ki sah se o rang Martin yang be gi tu sa bar mem bim bing anak nya hing ga tum buh men ja di ga dis tu na rung u yang mem­bang ga kan?

Ada hal yang me na rik, ada pu la hal yang kurang me na rik. Ba ha sa yang di­gu na kan pe nu lis sa ngat bi a sa. Kli maks yang se h a rus nya men ja di da ya ta rik pun ma sih ku rang. Setelah membaca, kli maks da lam no vel ini a da lah ke ti ka Angel ber­ju ang un tuk la tihan piano se men ta ra te man­te man sa tu ke lom pok nya ti dak me nyu kai. Ce ri ta novel ini ku rang mem­bu at pe na sa ran ka re na ha sil a khir nya bi sa di tebak dengan mu dah. Alur ce ri ta yang pe nu lis gu na kan i a lah a lur ma ju. Ta pi ada ba gi an yang men ce ri ta kan flashback ke ti ka Martin me ngi ngat kem ba li ma­

sa­ma sa ke cil nya. Pa da sa at ia ber te mu de ngan Angel (is tri nya) sam pai pa da ia me ni kah dan me mi li ki anak. Ki sah de­mi ki sah yang di te rang kan ju ga ku rang des krip tif, a pa la gi da lam ka rak te ris tik to koh nya se per ti a pa.

Mes ki pun, Agnes dan Davonar me­nu lis ki sah Angel da ri ki sah nya ta yang per nah me re ka jum pai, me re ka ku rang i no va tif da lam pe nyam pai an yang meng­a ki bat kan ce ri ta itu da tar, ti dak se per ti novel me re ka yang lain. Se be lum pe­nu li san novel ini, Agnes dan Davonar ju ga te lah sukses membuat kar ya ba gus dengan ju dul “Surat Kecil Untuk Tuhan”. Novel ini meng isah kan so sok Gita Sesa Wanda Cantika, yang te gar men ja la ni si­sa­si sa hi dup nya digerogoti oleh kan ker di pi pi nya. Jika dibandingkan dengan no vel “Ayah Mengapa Aku Berbeda?” ma ka ce rita dengan tokoh Gita ini ja uh le bih bagus. Selain men da pat kan hi bu ran dan motivasi dari cerita Gita, ki ta pun mem pe roleh informasi ten tang apa itu Rhabdomysocorma. Se men ta ra, ga dis tunarungu dan bisu se per ti Angel itu ba nyak dijumpai di Se ko lah Lu ar Bi a sa di Indonesia. Da lam ha la man co ver no­vel “Ayah Mengapa Aku Berbeda?” ini di tu lis kan bah wa ce ri ta ter se but akan di pen tas kan da lam se buah tea ter pa da bu lan November 2011.

Se karang ini, ba nyak se ka li ce ri ta­ce ri ta dalam novel yang difilm kan a tau di pen taskan dalam teater. Dari hal ini, bi sa di lihat adanya hubungan sim bi o­sis mu tu alisme dari penulis dan pro du­ser per fil man. Novel dari penulis bi sa se ma kin terjual. Sementara, pro du ser per film an bi sa mem per ka ya kar ya film­film me re ka, be gi tu pu la dengan teater. Me na rik me mang jika novel yang me mi­li ki ki sah apik diangkat dalam se bu ah film. Ta pi, untuk novel “Ayah Meng a pa Aku Ber be da” dengan cerita yang da tar a kan di ra sa ku rang pas jika di ang kat da­lam pen tas teater. Akan men ja di ba gus ke ti ka teater itu di adakan adalah ke ti ka pe me ran Angel nantinya bisa me main kan piano. Jadi, se benarnya yang me na rik dalam teater itu nantinya a da lah per ma i­nan pianonya bu kan pa da ce ri ta si Angel yang piatu itu. Apa la gi, se per ti da lam novel dicerita kan bah wa te man­te man Angel me no lak un tuk pen tas ber sa ma­nya, hing ga akhir nya mem bu at Angel pen tas tunggal.

Dwiningsih Afriati

Doc. Istimewa

Page 11: edisi 2 reguler 2010

wacaNa

11NoVemBer 2011 | edisi ii

Se bu ah pi sau yang ta jam bi sa di gu­na kan un tuk meng u pas apel yang ma nis, te ta pi ju ga da pat me lu kai

se se o rang ji ka ti dak di gu na kan dengan ha ti­ha ti. Be gi tu pu la de ngan in ter net. Be ri bu man fa at yang bisa di da pat da ri in ter net, ta pi in ter net ju ga da pat “me­ni kam” peng gu na nya.

Du lu nya, in ter net di cip ta kan un tuk ke per lu an mi li ter Amerika Serikat. Se­men ta ra di Indonesia, ber kem bang nya in ter net ber awal untuk per da gang an. Da ri si ni da pat di li hat bahwa, in ter net dikem bang kan un tuk hal yang baik. Ta pi da lam per kem bang an nya, banyak per ma­sa la han tim bul da ri internet. Am bi lah con toh Prita Mul yasari yang ter se ret kas us a ki bat su rat elektronik, yang di ki­rim kan pa da se jum lah te man nya, be r isi ke lu han nya ter ka it pe la ya nan Rumah Sakit Omni. Be gi tu ju ga dengan ka sus Nazril Ilham alias Ariel Peterpan a ki bat vi deo pa nas nya di Hotel Prodeo, yang di ung gah di internet. Se men ta ra di China ting kat kri mi na li tas re ma ja men ca pai 80% di peng a ru hi oleh in ter net. Hal ini per nah di ung kapkan oleh Wu Heping, ju ru bi cara menteri ke a ma nan Re pu­blik China.

Ka rena ke ta ja m an in ter net, be be ra pa ne ga ra me la ku kan peng a wa san se ca ra ke tat. Di Iran mi sal nya, adanya pe ra tu ran bah wa se tiap blogger (pengguna blog) di wa jib kan untuk mendaftar kan si tus nya ke Ke men tri an Se ni dan Budaya. Bah kan di Kuba, hanya pe ja bat dan or ang­orang yang mem pu nyai hu bu ngan de ngan par­tai ko mu nis yang bi sa meng ak ses in ter net se ca ra be bas. Se le bihnya, ji ka ma sya­ra kat u mum i ngin meng a kses in ter net ha rus mem be li voucher dengan har ga ma hal yang ha nya di se di a kan di ho tel dan

Internet, Pisau Yang Tajamwa rung in ter net. Di Indonesia, a danya un dang­un dang In for­ma si dan Tran sak si E lek­tro nik (ITE) me nun juk­kan bah wa pe me rin tah me la ku kan kon trol ter ha dap peng gu na an in ter net.

Peng on tro lan ini di kha wa tir kan bi sa meng in di ka si kan sa lah sa tu lang kah pe me rin­tah un tuk meng u rang i dam pak ke kri ti san ma sya ra kat. Se per ti yang di la ku kan oleh Korea Utara yang me­wa ji b kan war ga nya un tuk mang ak ses in ter net me la lui si tus pri ba di nya, Uriminzokkiri .com. Da lam si tus ini me nam pil kan ke­gi a tan dan sem bo yan­sem bo yan pen g­ua sa nya se ka rang , Kim Jong II “great man”, se ba gai wu jud pen ci tra an.

Akan te ta pi, ada hal la in yang se la­yak nya pa tut di per hi tung kan da ri in ter­net. Sa ra na komunikasi inter na si onal ti dak da pat d i tam pik se ba gai man fa at in ter net. Facebook, twitter, dan yahoo a da lah con toh pro gram yang me nya ji kan so cial networking. Se la in itu, in ter net bi s a me nye di akan in for masi yang leng­kap, de ngan me to de pen ca ri an yang mu­dah. Ting gal ke tik ka ta kun ci nya, ma ka akan mun cul in for ma si yang di ingin kan. Internet juga mem per mu dah du nia pen­di di kan. Mo del belajar meng gu na kan in­ter net atau E-learning bi sa me nye di a kan ma te ri be la jar un tuk pe s er ta di di k yang bi a sa nya ha nya di da pat di da lam se ko­

lah sa ja. In ter net juga mam pu men ce tak ju ta wan­ju ta wan mu da. Se ba gai con toh Blake Ross, pem bu at program Mozilla Firefox, yang sejak usia 19 tahun mu lai ber ke cim pung di dunia ma ya. Hing ga usia 25 tahun, to tal keu n tung an nya se­ba nyak 150 juta dolar.

Se ba gai la ya nan yang mu dah dan mu­rah, In ternet akan mem be ri kan man fa at yang be sar a pabila di gu na kan dengan ba ik. Sebaliknya ji ka di gu na kan un tuk ni at bu ruk, ma ka in ter net a da lah se­bu ah mu si bah. Per kem bang an in ter net memang mem ba wa dam pak po si tif dan ne ga tif, ti dak se la yak nya per kem bang an itu di ham bat, akan te ta pi di arah kan un­tuk hal yang ba ik. Me nger ti ba gai ma na peng gu na an in ter net yang ba ik me ru pa­kan kun ci meng gu na kan inter net.

Ferlynda Putri S

Ody

| Ex

pedi

si

Page 12: edisi 2 reguler 2010

eKsprespedia

12 edisi ii | NoVemBer 2011

Sam pah plas tik mem bu tuh kan wak tu ber ta hun­ta hun un tuk ter u rai da lam ta nah. Sam pah plas tik ti dak ha nya

me nyum bat sa lu ran pem bu a ngan, te ta pi juga mampu mem bu nuh biota laut dan ung gas yang me ne lan nya.

BioplastikBioplastik da pat di ja di kan al ter na tif.

Bio plas tik di pro duk si dengan ba han da sar pa ti sa gu atau le mak sawit yang ter go long ba han or ga nik, se hing ga dapat te ru ra i oleh ling kung an dan ti dak men ce ma ri tanah. Se la in itu, sam pah bio plas tik da­pat di ma kan mi kro or ga nis me dan han cur da lam waktu 80 hari.

Namun, peng gu na an dan pembuatan bio plas tik ini be lum ter la lu ko mer si al. Hal ini di se bab kan ting gi nya biaya produksi, yang ber ki sar an ta ra em pat sam pa i enam kali li pat bi a ya plastik konvensional.

Plastik HijauBiodegradable ter ma suk salah satu

ka te go ri plastik yang da pat han cur te ru ra i da lam hi tung an pekan. Plas tik je nis ini, ji ka di bu ang di ta nah, 60 per sen plas­

Plastik Tak Selamanya Baiktik da pat be ru bah men ja di bio mas sa, da lam waktu 90 hari.

Jenis plastik lain nya a da­lah Oxodegradable. Jenis plas tik ini di tan da i de ngan ja­ja ran gambar kan tong plas tik di ser ta i ma sa u rai nya, yang di klaim da lam kurun wak tu an ta ra 10 minggu sampai 2 tahun.

Namun, hal ter se but be­lum se pe nuh nya be nar. Alat uji pun be lum ada di Indonesia. Hing ga ki ni be lum ada pe nga wa san pe­me rin tah dan stan dar nya masih dalam pe nyu su nan.

Tiga Metode KlasikAda tiga me to de, dalam peng gu na­

an plas tik, se ba ga i u pa ya men du kung ‘Gerakan Hijau’. Per ta ma, me ngu rang i peng gu na an plas tik. Ke dua, meng gu na­kan kem ba li. Ketiga, men da ur u lang. Pada u mum nya, plas tik da pat di da ur u lang an ta ra 5­6 kali. Le bih da ri itu tidak baik ba gi ke se ha tan dan ling kung an.

Kode Kemasan Plastik

PETE 1 dan HDPE 2, aman di gu­na kan, di an jur kan un tuk ti dak di pa ka i u lang. V 3, se baik nya di hin da ri, ka re na re ak si ki mi a nya meng ga nggu hor mon. LDPE 4 dan PP 5, aman di pa ka i u lang. PS 6, me le pas kan styrene, yang di du ga me ru pa kan zat karsinogen.

Polycarbonat (PC),di sim bol kan OTHER 7 ter su sun dari bisfenol­A yang meng gang gu hormon. Jenis PLA, SAN, dan ABS, aman di gu na kan.

Yulinda R. YoshoawiniDikutip dari berbagai sumber

Doc. Istimewa