ed psak no. 50 22 mei 2010 (revisi 2010) t f a r d e d r ... ?· imbalan kontijensi dalam...

Download ED PSAK No. 50 22 Mei 2010 (revisi 2010) T f A r D E D r ... ?· imbalan kontijensi dalam kombinasi…

Post on 09-Mar-2019

212 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

ED PSAK No. 50(revisi 2010)

IKATAN AKUNTAN INDONESIA

22 Mei 2010

ExposurE DraftpErnyataan stanDar akuntansi kEuangan

instrumEn kEuangan: pEnyajian

ExPO

SUrE

DrA

fT

Exposure draft ini dikeluarkan olehDewan Standar Akuntansi Keuangan

Tanggapan atas exposure draft ini diharapkan dapat diterima paling lambat tanggal 30 Agustus 2010 oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan

ED PSAK No.

50

Hak cipta 2010, Ikatan Akuntan Indonesia

PErNyAtAANStANDAr AKUNtANSI KEUANgAN

INStrUMEN KEUANgAN: PENyAjIAN

Dikeluarkan olehDewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan IndonesiaJalan Sindanglaya No. 1MentengJakarta 10310Telp: (021) 3190-4232Fax : (021) 724-5078 Email: iai-info@iaiglobal.or.id, dsak@iaiglobal.or.id

(revisi 2010)

Mei 2010

iiiHak Cipta 2010 Ikatan akuntan IndonesIa

Instrumen keuangan: Penyajian ed Psak no. 50 (revisi 2010)

Exposure draft ini diterbitkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan hanya untuk ditanggapi dan dikomentari. Saran - saran dan masukan untuk menyempurnakan draft ini masih dimungkinkan sebelum diterbitkannya Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan

Tanggapan tertulis atas draft ini paling lambat diterima pada 30 Agustus 2010. Tanggapan dikirimkan ke:

Dewan Standar Akuntansi KeuanganIkatan Akuntan IndonesiaJl. Sindanglaya No.1,Menteng,Jakarta 10310

fax: 021 724-5078E-mail: iai-info@iaiglobal.or.id, dsak@iaiglobal.or.id

Hak Cipta 2009 Ikatan Akuntan Indonesia

Exposure Draft (ED) ini dibuat dengan tujuan untuk pe-nyiapan tanggapan dan komentar yang akan dikirimkan ke Dewan Standar Akuntansi Keuangan. Penggandaan ED ini oleh individu/organisasi/lembaga dianjurkan dan diizinkan untuk penggunaan di atas dan tidak untuk di-perjualbelikan.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan, Ikatan Akuntan Indonesia, Jl Sindanglaya No.1, Menteng, Jakarta 10310. Tel. 62-21 3190-4232, fax: 62-21 724-5078E-mail: iai-info@iaiglobal.or.id, dsak@iaiglobal.or.id

iv Hak Cipta 2010 Ikatan akuntan IndonesIa

Instrumen keuangan: Penyajian ed Psak no. 50 (revisi 2010)

PengantarDewan Standar Akuntansi Keuangan telah menyetujui ED PSAK 50 (revisi 2010): Instrumen Keuangan: Penyajian dalam rapatnya pada tanggal 22 Mei 2010 untuk disebarluaskan dan ditanggapi oleh perusahaan, regulator, perguruan tinggi, pengurus dan anggota IAI, dan pihak lainnya.

Tanggapan akan sangat berguna jika memaparkan permasalahan secara jelas dan alternatif saran yang didukung dengan alasan.

ED PSAK 50 (revisi 2010): Instrumen Keuangan: Penyajian merevisi PSAK 50 (revisi 2006): Instrumen Keuangan: Penyajian dan Pengungkapan. Pengungkapan instrumen keuangan akan diatur dalam ED PSAK 60: Instrumen Keuangan: Pengungkapan.

ED PSAK 50 (revisi 2010) ini disebarluaskan dalam bentuk buku, sisipan dokumen dalam majalah Akuntan Indonesia, dan situs web IAI:www.iaiglobal.or.id

Jakarta, 1 Juni 2010Dewan Standar Akuntansi Keuangan

Rosita Uli Sinaga KetuaRoy Iman Wirahardja Wakil KetuaEtty Retno Wulandari AnggotaMerliyana Syamsul AnggotaMeidyah Indreswari AnggotaSetiyono Miharjo AnggotaSaptoto Agustomo AnggotaJumadi AnggotaFerdinand D. Purba AnggotaIrsan Gunawan AnggotaBudi Susanto AnggotaLudovicus Sensi Wondabio AnggotaEddy R. Rasyid AnggotaLiauw She Jin AnggotaSylvia Veronica Siregar AnggotaFadilah Kartikasasi AnggotaG.A. Indira AnggotaTeguh Supangkat Anggota

vHak Cipta 2010 Ikatan akuntan IndonesIa

Instrumen keuangan: Penyajian ed Psak no. 50 (revisi 2010)

Permintaan Tanggapan

Penerbitan ED PSAK 50 (revisi 2010): Instrumen Keuangan: Penyajian bertujuan untuk meminta tanggapan atas semua pengaturan dan paragraf dalam ED PSAK 50 (revisi 2010) tersebut.

Untuk memberikan panduan dalam memberikan tanggapan, berikut ini hal yang diharapkan masukannya:

1. Ketentuan transisi dan tanggal efektif

Entitas harus menerapkan pernyataan ini secara prospektif untuk periode tahunan yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2012. Penerapan dini diperbolehkan.

Apakah anda setuju dengan ketentuan transisi dan tanggal efektif ED PSAK 50 (revisi 2010)?

2. Instrumenkeuanganyangmempunyaifituropsi jual(puttable instrument) dan instrumen dengan kewajiban bagian aset neto secara pro rata saat likuidasi

Instrumen keuangan yang mempunyai fitur opsi jual mencakup kewajiban kontraktual bagi penerbit untuk membeli kembali atau menebus instrumen tersebut dan menerima kas atau aset keuangan lain pada saat melakukan eksekusi opsi jual tersebut. Instrumen keuangan yang mempunyai fitur opsi jual diklasifikasikan sebagai instrumen ekuitas jika memenuhi syarat di paragraf 13 dan 14.

Apakah Anda akan menemui kesulitan untuk menerapkan syarat bagi instrumen keuangan yang mempunyai fitur opsi jual sebagai instrumen ekuitas?

Beberapa jenis instrumen keuangan mencakup kewajiban kontraktual bagi penerbitnya untuk menyerahkan kepada pihak lain suatu bagian pro rata dari aset netonya hanya pada saat likuidasi. Instrumen keuangan dengan fitur tersebut diklasifikasikan sebagai instrumen keuangan jika memenuhi syarat di paragraf 15 dan 16.

Apakah Anda akan menemui kesulitan untuk menerapkan syarat bagi instrumen dengan kewajiban bagian aset neto secara pro rata saat likuidasi sebagai instrumen ekuitas?

vi Hak Cipta 2010 Ikatan akuntan IndonesIa

Instrumen keuangan: Penyajian ed Psak no. 50 (revisi 2010)

Ikhtisar ringkas

Secara umum perbedaan antara ED PSAK 50 (revisi 2010): Instrumen Keuangan: Penyajian dengan PSAK 50 (revisi 2006): Instrumen Keuangan: Penyajian dan Pengungkapan adalah sebagai berikut:

Perihal ED PSAK 50 (revisi 2010): Intrumen Keuangan: Penyajian

PSAK 50 (revisi 2006): Intrumen Keuangan:

Penyajian dan Pengungkapan

ruang lingkup

Termasuk kontrak untuk imbalan kontijensi dalam kombinasi bisnis.

Tidak termasuk kontrak untuk imbalan kontijensi dalam kom-binasi bisnis.

Definisi

Terdapat definisi puttable instrument).

Tidak ada puttable instrument.

Definisi aset keuangan termasuk suatu kontrak derivatif yang diselesaikan dengan instrumen ekuitas entitas (tidak termasuk kontrak untuk menyerahkan instrumen ekuitas di masa depan, puttable instruments, dan kontrak untuk menyerahkan bagian pro rata aset neto saat likuidasi).

Definisi aset keuangan termasuk suatu kontrak derivatif yang diselesaikan dengan instrumen ekuitas entitas (tidak termasuk kontrak untuk menyerahkan instrumen ekuitas entitas di masa depan).

Definisi liabilitas keuangan termasuk suatu kontrak derivatif yang diselesaikan dengan instrumen ekuitas entitas (termasuk rights, opsi, dan waran pro-rata untuk semua pemilik, tetapi tidak termasuk kontrak untuk menerima atau menyerahkan instrumen ekuitas entitas di masa depan, puttable instruments, dan kontrak untuk menyerahkan bagian pro rata aset neto saat likuidasi).

Definisi liabilitas keuangan termasuk suatu kontrak derivatif yang diselesaikan dengan instru-men ekuitas entitas (tidak ter-masuk kontrak untuk menerima atau menyerahkan instrumen ekuitas entitas di masa depan).

viiHak Cipta 2010 Ikatan akuntan IndonesIa

Instrumen keuangan: Penyajian ed Psak no. 50 (revisi 2010)

Perihal ED PSAK 50 (revisi 2010) PSAK 50 (revisi 2006)

Instrumen Keuangan

Instrumen keuangan diklasifikasikan sebagai instrumen ekuitas jika:- Tidak memiliki kewajiban

kontraktual untuk menyerahkan aset keuangan, atau mempertukarkan aset keuangan atau liabilitas keuangan yang berpotensi tidak menguntungkan; dan

- Jika diselesaikan dengan instrumen ekuitas entitas, instrumen keuangan tersebut merupakan nonderivatif dengan kewajiban untuk menyerahkan instrumen ekuitas dengan jumlah bervariasi, atau derivatif yang diselesaikan dengan instrumen ekuitas entitas (termasuk termasuk rights, opsi, dan waran pro rata kepada semua pemilik, tetapi tidak termasuk kontrak untuk menerima atau menyerahkan instrumen ekuitas entitas di masa depan, puttable instruments, dan kontrak untuk menyerahkan bagian pro rata aset neto saat likuidasi).

I n s t r u m e n k e u a n g a n diklasifikasikan sebagai instrumen ekuitas jika:- T i d a k m e m i l i k i

kewajiban kontraktual u n t u k m e n y e r a h k a n a s e t k e u a n g a n , a t a u mempertukarkan aset keuangan atau liabilitas keuangan yang berpotensi tidak menguntungkan; dan

- Jika diselesaikan dengan instrumen ekuitas entitas, i n s t r u m e n k e u a n g a n t e r s e b u t m e r u p a k a n n o n d e r i v a t i f d e n g a n k e w a j i b a n u n t u k menyerahkan instrumen ekuitas dengan jumlah bervariasi, atau derivatif yang diselesaikan dengan instrumen ekuitas entitas (tidak termasuk kontrak untuk menerima atau menyerahkan instrumen ekuitas entitas di masa depan).

viii Hak Cipta 2010 Ikatan akuntan IndonesIa

Instrumen keuangan: Penyajian ed Psak no. 50 (revisi 2010)

Perihal ED PSAK 50 (revisi 2010) PSAK 50 (revisi 2006)

Puttable instrument

Puttable instruments diklasifikasikan sebagain instrumen ekuitas jika memenuhi syarat tertentu.

Tidak diatur

Kewajiban menyerahkan bagian aset neto secara pro rata saat likuidasi

Instrumen dengan kewajiban menyerahkan bagian aset neto secara pro rata saat likuidasi diklasifikasikan sebagai instrumen ekuitas jika memenuhi syarat tertentu.

Tidak diatur

Reklasifikasidari liabilitas keuangan ke instrumen ekuitas

Puttabale instruments dan instrumen dengan kewajiban menyerahkan bagian aset neto secara pro rata saat likuidasi direklasifikasi dari liabilitas keuangan ke instrumen ekuitas ketika semua syarat terpenuhi, dan sebaliknya.

Tidak d