ecopreneurship dan inovasi hijau untuk ... ... inovasi hijau yang terdiri atas inovasi produk dan...

Click here to load reader

Post on 22-Jan-2021

13 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • i

    ECOPRENEURSHIP DAN INOVASI HIJAU UNTUK MENGUATKAN KEUNGGULAN BERSAING

    DAN SUKSES PRODUK BARU SPA DI BALI

    NI WAYAN EKAWATI NIM 1390871008

    PROGRAM DOKTOR PROGRAM STUDI ILMU MANAJEMEN

    PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS UDAYANA

    DENPASAR 2016

  • ii

    ECOPRENEURSHIP DAN INOVASI HIJAU UNTUK MENGUATKAN KEUNGGULAN BERSAING

    DAN SUKSES PRODUK BARU SPA DI BALI

    Disertasi untuk Memperoleh Gelar Doktor Pada Program Doktor, Program Studi Ilmu Manajemen,

    Program Pascasarjana Universitas Udayana

    NI WAYAN EKAWATI NIM 1390871008

    PROGRAM DOKTOR PROGRAM STUDI ILMU MANAJEMEN

    PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS UDAYANA

    DENPASAR 2016

  • iii

    Lembar Pengesahan

    DISERTASI INI TELAH DISETUJUI

    PADA TANGGAL 10 AGUSTUS 2016

    Promotor

    Prof. Dr. I Ketut Rahyuda, SE, MSIE NIP. 19500130 198303 1 001

    Kopromotor I Kopromotor II

    Prof. Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, SE, MS Dr. I P G Sukaatmadja, SE, MP NIP 19620717 198601 2 001 NIP 19600707 198703 1 020

    Mengetahui,

    Ketua Program Direktur Doktor Ilmu Manajemen Program Pascasarjana Program Pascasarjana Universitas Udayana Universitas Udayana

    Prof. Dr. I Ketut Rahyuda, SE, MSIE Prof. Dr. dr. A.A.Raka Sudewi, Sp.S(K) NIP. 19500130 198303 1 001 NIP. 19590215 198510 2 001

  • iv

    Disertasi ini Telah Diuji pada Ujian Tertutup

    Tanggal: 15 JUNI 2016

    Panitia Penguji Disertasi

    Berdasarkan SK Rektor Universitas Udayana

    Nomor: 2403/UN 14.4/HK/2016

    Tanggal: 30 MEI 2016

    Ketua: Prof.Dr.I Ketut Rahyuda, SE, MSIE

    Anggota:

    1. Prof. Dr. Made Sukarsa, SE, MS

    2. Prof. Dr. I Made Wardana, SE, MP

    3. Prof. Dr. Ni Wayan Sri Suprapti, SE, M.Si

    4. Prof. Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, SE, MS

    5. Dr. I P G Sukaatmadja, SE, MP

    6. Dr. I Gusti Ayu Ketut Giantari, SE, M.Si

    7. Prof. Dr. Djumilah Zain, SE

  • v

    SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

    Nama : Ni Wayan Ekawati

    NIM : 1390871008

    Program Studi : Ilmu Manajemen, Program Doktor, Program Pascasarjana

    Universitas Udayana.

    Judul Disertasi : Ecopreneurship dan Inovasi Hijau Untuk Menguatkan

    Keunggulan Bersaing dan Sukses Produk Baru Spa Bali.

    Dengan ini menyatakan bahwa karya ilmiah disertasi ini bebas plagiat.

    Apabila di kemudian hari terbukti plagiat dalam karya ilmiah ini, maka saya bersedia

    menerima sanksi sesuai Peraturan Mendiknas RI No. 17 Tahun 2010 dan Peraturan

    Perundang-undangan yang berlaku.

    Denpasar, 2016

    Yang membuat pernyataan,

    Ni Wayan Ekawati

  • vi

    UCAPAN TERIMA KASIH

    Salam Sejahtera,

    Syukur yang sedalam-dalamnya penulis panjatkan kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa atas segala kesempatan dan berkahnya, penulis dapat menyelesaikan disertasi berjudul “Ecopreneurship dan Inovasi Hijau Untuk Menguatkan Keunggulan Bersaing dan Sukses Produk Baru Spa Bali .”

    Penulis menyadari menyelesaikan disertasi ini sangat banyak bimbingan, bantuan dan dorongan dari berbagai pihak. Perkenankan penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

    Yang terhormat Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD (KEMD), selaku Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K), selaku Direktur Program Pascasarjana Universitas Udayana, Prof. Dr. Made Budiarsa, selaku Asisten Direktur I, dan Prof. Made Sudiana Mahendra, Ph.D, selaku Asisten Direktur II pada Program Pascasarjana Universitas Udayana. Prof. Dr. I Ketut Rahyuda, SE, MSIE, selaku Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Udayana dan Dr. I Putu Gde Sukaatmadja, SE, MP, selaku Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Udayana.

    Secara khusus diucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. I Ketut Rahyuda, SE,MSIE, sebagai Promotor yang telah meluangkan waktu dengan penuh perhatian dan kesabaran memberikan ilmu serta pengetahuannya untuk membimbing, menasehati, memotivasi, dan sekaligus mensukseskan penulis hingga menyelesaikan pendidikan dan penelitian pada Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Udayana, Prof. Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, SE, MS, dan Dr. I Putu Gde Sukaatmadja, SE, MP, sebagai Ko-promotor yang telah membimbing dan mengarahkan disertasi ini menjadi lebih baik.

    Kepada para penguji Prof. Dr. I Ketut Rahyuda, SE, MSIE, Prof. Dr. Made Sukarsa, SE, MS, Prof. Dr. I Made Wardana, SE, MP, Prof. Dr. Ni Wayan Sri Suprapti, SE, MSi, Prof. Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, SE, MS, Dr. I Putu Gde Sukaatmadja, SE, MP, Dr. I Gusti Ayu Ketut Giantari, SE, MSi, dan Prof. Dr. Djumilah Zain, SE yang telah telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk memberikan masukan membangun sehingga disertasi ini menjadi lebih baik.

    Seluruh Bapak dan Ibu dosen beserta staf sekretariat Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Udayana yang telah memberikan dukungan dan motivasi selama perkuliahan hingga disertasi ini terselesaikan dengan baik. Rekan- rekan mahasiswa/i Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Udayana khususnya angkatan 2013 atas segala dukungan dan kerjasamanya yang baik selama perkuliahan hingga saat ini, serta rekan lainnya atas segala dukungannya.

    Terima kasih kepada Dr. Mahaendra Yasa, SE, MSi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana atas izin yang diberikan kepada penulis untuk mengikuti program Doktor. Terima kasih kepada Dr. I Gusti Ayu Ketut Giantari, SE, MSi, sebagai Ketua Jurusan Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana atas segala motivasi dan kerjasamanya. Terima kasih juga kepada seluruh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana atas

  • vii

    dukungannya selama penulis mengikuti studi. Bersama ini pula penulis sampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Nengah Sujana, selaku Ketua Persatuan Kosmetik (Perkosmi) Bali dan seluruh produsen produk Spa Bali, yang sudah sangat banyak memberikan data dan informasi berkaitan dengan penelitian yang penulis lakukan hingga selesai.

    Demikian pula penulis sampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada Ayahanda Drs. I Wayan Sangka dan Ibunda Ni Wayan Darpi yang telah mengasuh dan membesarkan penulis, memberikan nilai-nilai kehidupan, dan membimbing penulis dengan baik. Adinda tercinta Kandidat Doktor I Nengah Sinarta, M.Eng, atas segala dukungan dan bantuannya. Suami tercinta I Gusti Ngurah Raka Sugiartha, SE, serta anak-anak I Gusti Ngurah Hesa Respati Haditama, I Gusti Ayu Dwira Angganita dan I Gusti Ngurah Rae Arjun Arisara tersayang, yang dengan penuh pengorbanan telah memberikan kesempatan, ruang, dan waktu kepada penulis untuk berkonsentrasi menyelesaikan studi dan disertasi ini. Akhirnya, penulis sampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu atas segala dukungan yang diberikan dan kerjasamanya yang diberikan kepada penulis.

    Semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan wara nugraha-Nya kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan penyelesaian disertasi ini.

    Denpasar, 2016

    Penulis

  • viii

    ABSTRAK

    ECOPRENEURSHIP DAN INOVASI HIJAU UNTUK MENGUATKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN SUKSES PRODUK BARU SPA DI BALI

    Kegiatan wirausaha selain diakui mampu memberikan pengaruh positif pada perkembangan perekonomian juga dianggap memiliki pengaruh negatif yang menjadi kekhawatiran banyak pihak. Menghindari pengaruh negatif terhadap kerusakan alam menuntut para wirausaha untuk peduli lingkungan dengan menerapkan bisnis yang selalu berupaya menjaga lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh antara ecopreneurship dan inovasi hijau terhadap keunggulan bersaing untuk mencapai sukses produk baru pada produsen produk Spa di Bali. Selain itu juga menjelaskan peran keunggulan bersaing sebagai mediasi hubungan antara ecopreneurship terhadap sukses produk baru dan peran keunggulan bersaing memediasi hubungan antara inovasi hijau terhadap sukses produk baru.

    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hubungan- hubungan tersebut serta peran mediasinya. Populasinya adalah seluruh produsen produk Spa Bali, dengan individu sebagai unit analisis yang terdiri atas pemilik dan para manajer berjumlah 44 sebagai sampel. Analisis data menggunakan analisis Parsial Least Square (PLS versi 3).

    Hasil studi menunjukkan terdapat pengaruh positif signifikan antara ecopreneurship terhadap keunggulan bersaing dan sukses produk baru, inovasi hijau tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing, namun inovasi hijau berpengaruh signifikan terhadap sukses produk baru. Keunggulan bersaing berpengaruh positif signifikan terhadap sukses produk baru. Keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi berperan ganda yaitu berperan sebagai mediasi sebagian pengaruh antara ecopreneurship terhadap sukses produk baru, juga keunggulan bersaing berperan tidak memediasi pengaruh antara inovasi hijau terhadap sukses produk baru. Kebaruan (novelty) pada penelitian ini yaitu melakukan pengembangan model sebelumnya dengan menambah variabel baru yaitu variabel ecopreneurship, yang diikuti dengan pengembangan indikator penelitian.

    Implikasi penelitian ini secara teoritis adalah mengarahkan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan penerapan ecopreneurship dan inovasi hijau pada sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Inovasi hijau yang terdiri atas inovasi produk dan inovasi proses tidak mutlak sebagai penentu keunggulan bersaing saat ini.