ebook rahasia menulis kreatif

Click here to load reader

Post on 17-Nov-2015

1.144 views

Category:

Documents

669 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Rahasia menulis kreatif

TRANSCRIPT

  • iPB

  • iiiii

    "Terima kasih telah membeli buku ini. Dengan tidak membajak buku ini berarti kamu telah menghargai waktu dan tenaga yang digunakan untuk menulis buku ini. :) "

  • iiiii

    CONTENTS

    Pengantar........................................................................... v

    Bagian1:PersiapanSebelumMenulis.........................1 MenggaliIde.............................................................4 MengubahIdeMenjadiPremis............................14 MenciptakanKarakter(BagianPertama)...........24 MenciptakanKarakter(BagianKedua)..............35 StrukturTigaBabak...............................................42 ACT1.......................................................................51 ACT2.......................................................................61 ACT3.......................................................................69 MerangkumACT1sampaidenganACT3........78 FinalCheck..............................................................82

    Bagian2:DasarDasarMenulisKreatif......................85 PointofView...........................................................87 FirstLines................................................................98 ShowingandTelling............................................105 MenggunakanMetafora......................................114

  • viv

    Voice.......................................................................122 MenambahkanKomedidalamTulisan.............130

    Bab3:SetelahPenulisan..............................................137 Editing....................................................................139 MenembusPenerbit.............................................147 MenjualdanMempromosikanBuku................158 MenembusProductionHouse............................164

    Penutup:HidupSebagaiPenulis...............................167

  • viv

    Pengantar

    Untuk menjadi seorang penulis yang baik, kitaharus punya guru yang baik. Saya beruntungdalam karir saya selama 10 tahun menjadi penulisselalumendapatkanguruguruhebat.MulaidariyangmemangbergurulangsungkepadaSalmanAristoatauASLaksana,maupunguruguruhebatyangsayahanyabacabukunyasepertiSydFielddanBlakeSnyder.Ilmuyangsayadapatkandarimereka,sayacampurkan,sayasarikanmenjadikompassayadalammenulisapapun.

    Semakin lama saya menjadi penulis, posisi sayaperlahanlahan berganti, dari murid menjadi guru.Saya semakin seringmengisi seminar penulis kreatifyang diikuti oleh orangorang haus ilmu penulisan.Diseminar,pertanyaanituselalumuncul:bagaimanasihcaranyamenulis?Terusterang,sayabingungmenjawabnya.Karenauntukmenjawabpertanyaansederhana tersebut dengan baik, saya bisa menghabiskanbergelasgelas kopi, duduk berharihari menjelaskan,darimulaimencari ide sampai denganmengedit tulisan.Tidakadajawabansingkat.

  • viivi

    Maka,ideitudatangsuatuhari:sayainginmembuat buku panduanmenulis.Namun, dilema datangdalamdirisaya,sayamerasabelumcukupcihuiuntukmenulis sebuah buku panduan. Saya yakin masihbanyak orang lain yang ilmu menulisnya lebih jagodibandingkansaya.Maka,sayamengubahcaraberpikirsaya,bukuinitidaksertamertauntukmengajarkanilmumenulis,tetapiuntukmembagirahasiasayadalammenuliskaryakarya saya. Dengan demikian mudahmudahansaya bisamengurangi kesanmengguruidan lebih kearahberbagirahasia.Aman.

    Di buku ini saya akanmembeberkan teknikmenulis yang saya pelajari selama ini. Saya juga akanceritapengalamansayasebagaipenulis,dariberbagai!"#$"!# %"&'!(&")# *+"),# $*-.*/,# +0*/"-)1# 2&!,# 3"%0"/#sampai skenario komik. Di babbab akhir saya jugaakan memberikan sudut pandang dari sisi industri:saya pernah menjabat tiga tahun sebagai pemimpinredaksi dari penerbit Bukune.Maka, setelah setahunditulis dan beratusratus gelas kopi, buku ini punlahir.

    Jadi,siapayangcocokuntukmembacabukuini?Pertamatama, tentu kalian para calon penulis

    bercerita,terutamanovel.Bukuinisangatcocokuntukkalianyangbelumpernahmenerbitkanbuku.Bukuini

  • viivi

    cocokuntukkaliankarenahampirsemuametodeyangadadidalambukuiniadalahberdasarkanpengalamandan pembelajaran saya dalam menciptakan bukuseperti itu. Sebaliknya, buku ini tidak cocok untuk!"#$"%& '(%)#$*& +)!)& %,%-.!*$ sepertiBertanam CabedalamPot.

    Babbabawaltentangmenemukanide,menciptakan karakter, dan penulisan alur tiga babak adalahteknikyangsayaadaptasidarihasilpembelajaransaya!*/4"5)# .*/(&)+# +0*/"-)1# 2&!6# 71/81%9$1/81%# :"/;#+":"#;(/"0"/#4(;"#3"/:"0#5"-)#2&!#.1.(&*-6#

  • ixviii

    Sebagai calon penulis, sudah menjadi tugas kalianuntukmemilihperaturan apa yang kalianmau ikuti.Anggapsajabukuinisebagaibukuyangmemberikanaturanaturan dalam menulis, lalu kalian dengansenang hati bebas untuk melanggarnya. Tidak adayangbenardidalamseni,yangadahanyalahapayangpalingmembuatkamunyamandalamberkarya.

    Selanjutnya saya harus jelaskan: tidak ada rahasiadalammenuliskreatif.Yap.Tidakada.Apayangsayatulisdidalamebookinisesungguhnyabisakamutemukanteorinya melalui guru lain, atau melalui internet,atau jikakamuniat,ketokobukudanmembelibukupanduan yang ditulis orang lain. Namun, beda darisumberlainlaintersebut,bukuinimenawarkanrahasiasayadalammenulis.Sayaakanmengajakkalian,caloncalon penulis andal, untuk melihat bagaimana sayamenerapkan teknikteknik menulis, yang sebenarnyasudahbanyakbisadiaksesdimanamana,dalamkaryayang saya hasilkan. Siapa tahu, kalian bisa melihatbagaimanaproseskreatifsayabekerja,danmengambilpelajaranuntukkalianpakaidalamkaryakaliansendiri.

    Agarmembacanyaenak,sayaakanmembagibukuinimenjaditigabagianyangbisakaliansimaksatupersatu.

  • ixviii

    1.Bagiansatu:persiapansebelummenulis.2.Bagiandua:dasardasarmenuliskreatif.3.Bagiantiga:setelahmenulis.

    Kalian bisa membaca dan mengikutinya secara3*-(-(8"/# +"!3)!*/(&)+# /1?* @"8"(# +0*/"-)1# 2&!A,#dengan mempraktikkan apa yang kalian baca babdemibabkekaryayangsedangkaliankerjakan.Bukuini dirancang agar kalian bisa memulainya dari nol(bahkansebelumkalianpunyaidecerita)hinggakaliansiapmengantarkannaskahkepenerbitatauproductionhouse. Kalian juga bisa mulai membaca langsung kebagian yangmenurut kalianmenarik, walaupun sayamerekomendasikan agar kalianmembaca secara berurutankarenatiapbabakansalingberkaitan.

    Sekarang, duduk dengan manis dan mari kitamulaiperjalananini.

  • 1x

  • 1x

    BAGIAN1:

    PersiapanSebelum

    Menulis

  • 32

    Banyakcalonpenulisyangdalammembuatkaryanya langsung menulis, tanpa mempersiapkanapapunterlebihdahulu.Biasanyakejadiannyasepertiini: seorang calon penulis lagi di mobil, tibatibamendapatkan ide untuk membuat novel, lalu langsungpulangkerumahmembukalaptop.Diamenulisdan menulis, hingga akhirnya sampai halaman tigapuluh. Dia terdiam dan bertanya kepada dirinyasendiri, Selanjutnya gue apain ya, nih cerita? Diapunmenyimpannaskahnovelini,berkatakepadadirimerekabahwanovelnyamentok.Selanjutnya,terjadilagi,idedatangditempatyangtidakterduga,laludiamembuka laptop,mencobamenulis danmentok lagidi halaman tiga puluhan. Begitu terus sampai akhirzaman.

    Adalagicalonpenulisskenarioyanginginmenulisskenario,tetapi bingung kenapa di tengahtengah penulisan, karakternya menjadi tidak seru. Mereka bingungkenapadibelakangceritayangtadinyadiapikirmenjadiasyik,kok ternyata terasamembosankan.Mereka punmencari ide baru, danmenulis skenariobaru.Namun,halyangsamaterulangkembali.

    Pernahmengalamihalsepertiini?Kebanyakancalonpenulistidakmenyadaribahwa

    persiapanuntukmenulisharussamakerasnyadengan

  • 32

    prosesmenulisnya.Sayamengibaratkanmenulisnovel"8"(# !*/(&)+# +0*/"-)1# 2&!# )8(# +*.*-8)# &"-)# !"-"81/6#B)5"0# "5"# +*+*1-"/;# :"/;# 3)+"# 2/)+#!"-"81/# 5*/;"/#baikjikadiatidaklatihanterlebihdahulu.Persiapannyabahkan lebih lama dibandingkan waktu yang diabutuhkanuntukmaraton itu sendiri. Beberapapelaribahkanbisamempersiapkandirilebihdarienambulanhanyauntuk!"#padasaatmaratondimulai.

    Sama dengan menulis. Proses pembuatan novel"8"(# +0*/"-)1# 2&!# :"/;# 3")0# %"-(+# 5)8"/5")# 5*/;"/#persiapannyayanglebihlamadibandingkanmembuat/1?* "8"(# +0*/"-)1#2&!# 8*-+*3(86# C0*/"-)1#2&!#:"/;#+":"#8(&)+#!)+"&/:",#5"-)#2&!#CintaBrontosaurushinggaMalamMingguMikoMoviemenghabiskanwaktuyangsangat lama di dalam persiapan menulisnya. FilmCinta Brontosaurus menghabiskan enam bulan untukmempersiapkandirimenulis skenarionya, darimulaipengendapanidesampaidenganmenulishalamanpertama.Sedangkan,prosespenulisanskenarionyahanyamembutuhkanwaktutigabulan.

    Dibagianpertamabukuini,kalianakanmempelajariapayangharusdilakukansebelummenulis.Darimulaimenggaliide,sampaidenganmembuatstrukturceritayangbaik.Sayaakanmencobamemandukalian,paracalonpenulis,untukmempersiapkanceritayang

  • 54

    baik, sebelum akhirnya mulai membuka laptop danmenulismasterpiecekalian.

    MENGGALIIDE

    Baiklah,mungkinkamudaridulusukamembaca3(0(6#D(/;0)/#0"!(#5"-)#5(&(#+(0"#!*/1/81/#2&!6#Lalu, lamalama tercetus keinginan untuk menjadipenulis.Kamuingindatangketokobukudanmelihatbukubertuliskannamamudisampulnya.Kamuingindenganbanggamembawagebetanketokobuku,lalumelewati tumpukanbukumu,danberkata soknggaktahu,Eh,inibukugueya?.Kamumungkininginbisamemamerkanbukukamudiacarakeluarga.Pertanyaanpertamapuntimbul:bagaimanacaramemulainya?

    Pertanyaan yang sama juga dipikirkan banyakorang. Bagaimanamungkin seorang penulis bisa kepikiranuntukmembuatsebuahceritayangadadibuku"8"(#2&!#:"/;# 0)8"# 81/81/E#D*-*0"#!*/*!(0"/# )5*nyadarimana,sih?Nah,kitaakanmemulaiperjalananpanjangmenulis cerita kita dari tempat semua ceritabermula:ide.

  • 54

    Sayaakanmemberitahulangsungtothepoint:idesangatsulitdicari.Kami,parapenulis,bahkanmenamakankesulitanmencari ide sebagaiwhite paper syndrome,yaitusindromkertasputih.Sindrominiterjadiketika kami membuka halaman kosong di MicrosoftWord, laluhanyamelihatkursornyaberkedapkediptanpatahuharusmenuli