dunia migas_ pengetahuan perpipaan

Download Dunia Migas_ Pengetahuan Perpipaan

Post on 24-Dec-2015

39 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Dunia Migas_ Pengetahuan Perpipaan

TRANSCRIPT

  • 9/24/2014 Dunia Migas: Pengetahuan Perpipaan

    http://sungaibataleke.blogspot.com/2010/10/pengetahuan-perpipaan.html 1/47

    DuniaMigas

    Kamis, 21 Oktober 2010

    Pengetahuan Perpipaan

    Pengetahuan PerpipaanJenis Pipa :Dari sekian jenis pembuatan pipa secara umum dapat dikelompokkan menjadidua bagian yaitu :1. Jenis pipa tanpa sambungan (pembuatan pipa tanpa sambungan pengelasan)2. Jenis pipa dengan sambungan (pembuatan pipa dengan pengelasan)

    Bahan-bahan pipa secara umum :Bahan-bahan pipa yg dimaksud disini adalah struktur bahan baru pipa tersebutyg dapat dibagi secara umum sebagai berikut:1. Carbon steel2. Carbon Moly3. Galvanees4. Ferro Nikel5. Stainless Steel6. PVC (Paralon)7. Chrom Moly

    Sedang bahan-bahan pipa secara khusus dapat dikelompokkan sebagai berikut :1. Vibre Glass2. Aluminium (Aluminium)3. Wrought Iron (besi tanpa tempa)4. Cooper (Tembaga)5. Red Brass (kuningan merah)6. Nickel cooper = Monel ( timah tembaga)7. Nickel chrom iron = inconel (besi timah chrom)

    Komponen perpipaan :Komponen perpipaan harus dibuat berdasarkan spesifikasi standar yg terdaftardalam simbol dan kode yg telah dibuat atau dipilih sebelumnya.Komponen perpipaan yg dimaksud disini meliputi :1. Pipes (pipa-pipa)2. Flanges ( flens-flens)3. Fittings (sambungan)4. Valves (katup-katup)

    Join this sitewith Google Friend Connect

    Members (10)

    Already a member? Sign in

    Pengikut

    2010 (4)

    Oktober (4)

    Komposisi minyak bumi

    Pengetahuan Perpipaan

    Pengenalan senyawaHidrokarbon

    Mari membangun kreatifitas

    Arsip Blog

    Zulkarnain_rifqi

    Lahir di desa Epil kecamatan laisKab Muba 32 tahun yg lalu sekarangjd kuli di perusahaan Oil and gas

    Lihat profil lengkapku

    Mengenai Saya

    2 Lainnya Blog Berikut Buat Blog Masuk

    http://1.bp.blogspot.com/_OJSQydNhUYM/TMBfs8RUuTI/AAAAAAAAABA/_nKZe-Q1rwo/s1600/sep_02.jpghttp://www.blogger.com/profile/08441289913351340207https://www.blogger.com/next-blog?navBar=true&blogID=147908901861073424http://www.blogger.com/home#createhttp://www.blogger.com/http://www.blogger.com/

  • 9/24/2014 Dunia Migas: Pengetahuan Perpipaan

    http://sungaibataleke.blogspot.com/2010/10/pengetahuan-perpipaan.html 2/47

    5. Boltings (baut-baut)6. Gasket7. Specials items

    Pemilihan bahan :

    Pemilihan bahan perpipaan haruslah disesuaikan dengan pembuatan teknikperpipaan dan hal ini dapat dilihat pada ASTM serta ANSI dalam pembagiansebagai berikut

    1. Perpipaan untuk pembangkit tenaga2. Perpipaan untuk industri bahan migas3. Perpipaan untuk penyulingan minyak mentah4. Perpipaan untuk pengangkutan minyak5. Perpipaan untuk proses pendinginan6. Perpipaan untuk tenaga nuklir7. Perpipaan untuk distribusi dan transmisi gas

    Selain dari penggunaan instalasi atau konstruksi seperti diterangkan diatas perlupula diketahui Jenis aliran temperatur, sifat korosi, Faktor gaya serta kebutuhanlainnya dari aliran serta pipanya.

    Macam Sambungan Perpipaan :

    Sambungan perpipaan dapat dikelompokkan sebagai berikut :1. Sambungan dengan menggunakan pengelasan2. Sambungan dengan menggunakan ulir

    Selain sambungan seperti diatas terdapat pula penyambungan khusus denganmenggunakan pengeleman (perekatan) serta pengkleman (untuk pipa plsatik danpipa vibre glass).Pada pengilangan umumnya pipa bertekanan rendah dan pipa dibawah 2" sajalahyg menggunakan sambungan ulir.

    Tipe sambungan cabang:

    Tipe sambungan cabang (branch connection)dapat dikelompokkan sbb:1. Sambungan langsung (stub in)2. Sambungan dengan menggunakan fittings (alat penyambung)3. Sambungan dengan menggunakan flanges (flens-flens)

    Tipe sambungan cabang dapat pula ditentukan pada spesifikasi yg telah dibuatsebelum mendesain atau dapat pula dihitung berdasarkan perhitungan kekuatan,kebutuhan, dengan tidak melupakan faktor efektifitasnya. Sambungan cabang itusendiri merupakan sambungan antara pipa dengan pipa, misal sambungan antaraheader dengan cabang yg lain apakah memerlukan alat bantu penyambunglainnya atau dapat dihubungkan secara langsung, hal ini tergantung kebutuhanserta perhitungan kekuatan.

    Diameter, Ketebalan, Schedule :

    Spesifikasi umum dapat dilihat pada ASTM (American Society of TestingMaterials).Dimana disitu diterangkan mengenai Diameter, Ketebalan sertaschedule pipa. Diameter Luar (Outside Diameter), ditetapkan sama walaupunketebalan (thickness)berbeda untuk tiap schedule. Diameter dalam (InsideDiameter), ditetapkan berbeda untuk setiap schedule. Diameter Nominal adalahdiameter pipa yg dipilih untuk pemasangan ataupun perdagangan (commodity).Ketebalan dan schedule, sangatlah berhubungan, hal ini karena ketebalan pipatergantung daripada schedule pipa itu sendiri.

    Schedule pipa ini dapat dikelompokkan sebagai berikut :1. Schedule 5, 10 , 20, 30, 40, 60, 80, 100, 120, 160.2. Schedule standard3. Schedule Extra strong (XS)4. Schedule double Extra Strong (XXS)5. Schedule special

    Perbedaan-perbedaan schedule ini dibuat guna :1. Menahan internal pressure dari aliran

  • 9/24/2014 Dunia Migas: Pengetahuan Perpipaan

    http://sungaibataleke.blogspot.com/2010/10/pengetahuan-perpipaan.html 3/47

    2. Kekuatan dari material itu sendiri (Strength of material)3. Mengatasi karat4. Mengatasi kegetasan pipa.Untuk melihat ukuran diameter, ketebalan, dan schedule dapat dipelajari tabel-tabel

    Alat-alat khusus:Alat-alat khusus dalam bab ini hanya membicarakan mengenai saringan(strainer) dan alat perangkap uap (steam Trap)

    Saringan (strainer)

    saringan (strainer) gunanya adalah sebagai alat penyaring kotoran baik yg berupapadat, cair atau gas. Alat penyaring ini digunakan pada jalur pipa gunamenyaring kotoran pada aliran sehingga aliaran yg akan diproses atau hasilproses lebih baik mutunya.

    Tipe-tipe alat penyaring ini dapat dibagi menjadi :1. Tipe T. Tipe ini digunakan secara umum untuk memperluas ruang danmeredusir tekanan pada jalur pipa2. Tipe Y3. Tipe sementara4. Tipe datar

    Perangkap Uap (steam Trap):Steam Trap merupakan alat yg digunakan untuk menyingkirkan air dari uap,dimana air ini tidak ada gunaya bahkan akan memberikan hambatan pada aliranuap atau dapat menimbulkan kerugian lainnya. Perangkap uap ini ditempatkanpada tempat terendah dari suatu jalur perpipaan atau dipasang pada kantung pipayg disebut Drip Leg

    Cara Kerja:1. Steam Trap pada daerah jalur pipa yg terendah dimana disitu dianggap airmungkin telah menggantungkan pada kantung pipa (Drip Leg)2. Steam trap ini akan mengosongkan air ke sistem uap yg mempunyai tekananlebih rendah3. Sistem perangkap yg tertutup didalam pengosongan air menggunakan katup-katup pada sisi perangkap tersebut.4. Gunakan saringan seandainya sistem perangkap ini belum menggunakannya.Pasang katup uji untuk pembuangannya selama pengetesan aliran (start up).

    VENT dan DRAIN

    Vent adalah suatu alat pembuangan gas, udara atau uap air. sedangkan drainadalah suatu alat pembuangan zat cair. Pada sistem pembuangan yg terdapatpada pipa atau equipment, Vent dan Drain dalam cara kerjanya dapat dibagi duabagian yaitu : bekerja dan tidak bekerja.

    Untuk Vent dan Drain yg dikelompokkan bekerja, dimaksudkan bahwa peralatanini digunakan pada pipa atau equipment dalam keadaan bekerja dalam jangkawaktu lama atau terus menerus. Vent dan Drain dikelompokkan tidak bekerjahanya digunakan pada waktu tertentu saja, misalnya pada saat pengetesan, startup atau shut down. Untuk Vent dan Drain pemasangannya haruslah disetujuipiping engineering group terlebih dahulu, baik mengenai pemakaiannya maupunpenempatannya. Selain itu harus pula diperhatikan pemasangan sumbat padakatupnya seperti plug atau blind flange.

    Untuk hal yg khusus yaitu aliran yg mempunyai tingkat bahaya tinggi,penempatannya dan penggunaannya harus benar-benar diperhitungkan sertadikontrol pelaksanaannya.

    Cara Penempatan Lokasi Vent dan Drain

    Penempatan vent dan drain haruslah benar-benar diperhitungkan sehinggapenggunaannya benar-benar efektif serta aman. Jangan sampai pemasangan ventdan drain ini terbalik, akan hal ini akan berakibat fatal, misalnya untuk aliranberacun atau mudah terbakar.

    Penempatan vent pada pipa atau equipment diusahakan pada tempat yg paling

  • 9/24/2014 Dunia Migas: Pengetahuan Perpipaan

    http://sungaibataleke.blogspot.com/2010/10/pengetahuan-perpipaan.html 4/47

    tinggi karena fungsinya sebagai pembuangan ke udara. Begitu pula padapenempatan drain haruslah pada tempat yg rendah sesuai fungsinya sebagaipembuangan cairan atau pembersihan cairan serta pembuangan kotoran padajalur pipa atau equipment.

    Jenis-Jenis, komponen dan perlengkapan

    Jenis-jenis pipa, hose dan cubing pada dasarnya terdiri dari :1. Spiral welding pipe (pipa las spiral)2. SMLS pipe (pipa tanpa sambungan)3. Welded Pipe4. SAW pipe5. FBW pipe6. C & W pipe7. EFW pipe8. ERW pipe9. Lined Pipe10. Hose11. Tubing (cubing)12. Pipe Niple (pipa nipel)

    Jenis-jenis flens (flanges) terdiri dari :1. Blind flange (flens buta)2. Weld neck flange (flens las di leher)3. Weld neck orifice flange (flens orifis las di leher)4. Slip on flange (flange sambungan langsung)5. So. red flange (flens memperkecil sambungan sock)6. SW red flange ( flens memperkecil sambungan sock di las)7. Socket weld flange (flens sambungan sock di las)8. Threaded flange (flens sambungan ulir)9. Stub flange ( flens tonggak)10. ST red flange (flens memperkecil ST)11. LPA joint flange (flens sambungan LPA)12. Socket type flange( flange tipe sock)13. Weld neck red flange (flens memperkecil las dileher)

    Jenis-jenis katup :

    1. Gate Valve (katup pintu)= Fungsi untuk membuka & menutup sepenuhnya2. Ball valve (katup bola)= Fungsi untuk membuka & menutup dan mangaturaliranfluida secara lebih cepat3. Globe valve (katup dunia) = Fungsi untuk mengatur besar kecilnya aliran &tekanan4. Check Valve (katup cek