doa kontemplatif

Download Doa kontemplatif

Post on 11-Apr-2017

40 views

Category:

Healthcare

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PENERAPAN DOA KONTEMPLATIF DENGAN OPTIMALISASI KONSENTRASI ALFA UNTUK MENINGKATAN PERILAKU POSITIF SISWA (Kegiatan di setiap 5 menit jam pelajaran pertama dan terakhir sebagai suplemen Kurikulum 2013)Oleh : Sukanta, S.Pd., M.Si

A. PENDAHULUAN

Tuntutan K13 dari aspek spiritual, social, pengetahuan, dan keterampilan Fenomena perilaku siswa (aktif dan lulusan) dari produk K13 Hasil akademik (hasil rata-rata UN 2016) dari K13 menurun dibanding tahun lalu, padahal produk/lulusan pertama K13 Kegiatan real yang sudah menerapkan doa kontemplatif Manfaat doa kontemplatif berdasar penelitian (ajaran agama tertentu) Bagaimana penerapannya di dunia pendidikan

B. ISI Apa itu doa kontemplatif, caranya bagaimana, aplikasinya bagaimana Bagaimana praktek konsentrasi alfa untuk melakukan doa kontempaltif Apa tantangannya penerapan di sekolah Studi literature yang menunjukkan efek/manfaat doa kontempaltif yang sudah ada Mengapa harus dilakukan di jam pelajaran terakhir C. PENUTUP Kesimpulan Saran

http://kbbi.web.id/kontemplasikontempalsi : renungan dan sebagainya dengan kebulatan pikiran atau perhatian penuhMengakses Alpha Theta Dalam 1 menit

Siapa bilang untuk mencapai Kondisi Gelombang Otak Alpha Theta itu sulit..??Mencapai Kondisi gelombang otak Alpha & Theta bagi sebagian besar orang dirasa sangat sulit dan untuk itu perlu tekhnik-tekhnik khusus yang rumit. Apalagi mengakses kondisi Alpha theta dg mata terbuka. Lebih sulit lagi katanya... Padahal dalam pengalaman pelatihan yg saya adakan. Siswa sdh mampu mengakses kondisi alpha theta dg mata terbuka hanya dlm waktu di bawah 5 menit, bahkan dalam hitungan detik....

Hmm..Memang segalanya jadi mungkin dan jadi mudah bila sudah tahu ilmunya....Mau tahu rahasianya..?Kasih tahu ndak ya.?Kasih tahu ndak ya.?he..he..he...Kalau Mau Tahu, Klik ini aja deh : Rahasia Berkomunikasi Dengan Alam Bawah Sadar & Kecerdasan Universal.

Apa sih manfaat mempunyai kompetensi mengakses Gelombang Otak Alfa Theta...??Berikut ini saya kutip beberapa Manfaat memasuki Kondisi Alfa Theta :1. Mempercepat proses penyembuhan.2. Aktivasi keajaiban alam bawah sadar.3. Masuk ke dalam kondisi Meditatif & mengakses kecerdasan tak terbatas dari dimensi Kesadaran Murni..4. Memunculkan fenomena & kemampuan-kemampuan metafisik & Supranatural : TELEPATI, ESP, CLAIRVOYANCE, CLAIRAUDIENCE, TRAWANGAN, ASTRAL PROJECTION, MERAGA SUKMA, AKTIVASI MONEY MAGNET, MEMPERDERAS REJEKI, DLL....5. Masuk ke dalam zona Kuantum Ikhlas, melakukan perjalanan spiritual ke dalam diri untuk mengenal diri yang sejati. Meraih kedamaian & kebahagiaan yang sejati....6. Memasuki dimensi Spiritual untuk lebih mendekat kepada Tuhan Pencipta alam semesta...7. dll.........Nah, silahkan ditambahkan sendiri manfaatnya...

SALAM AJAIB...www.naqsdna.com | www.keajaibanhati.com

Nb.Jadwal Workshop terdekat : Surabaya, minggu 27 mei 2012. Jadwal selengkapnya Klik di sini...

Gelombang pada OTAK dan manfaatnyaOtak anda hanya mempunyai daya 5-10 watt. Akan tetapi Ketika daya listrik ini difokuskan seperti sinar laser, ia mampu menembus rintangan yang sulit sekalipun. Gelombang Otak Alpha /Theta bahkan dapat membuat anda lebih cerdas.

PENYEMBUHAN AJAIBSaya yakin anda sudah pernah mendengar kata Endorphin, bahan biokimIa alami yang dihasilkan otak pada saat anda sedang melakukan olahraga. Ia dapat membuat anda bersemangat. Baca artikel mengenai endorfin di sini..

Tetapi tahukah anda, bahwa Endorphin juga dapat dihasilkan ketika kondisi gelombang otak berada pada gelombang Alpha/Theta, dan juga dapat meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat anda?

Para ilmuwan percaya bahwa bagian otak yang menghasilkan Endorphin berada pada area yang sama yang terlibat dalam proses belajar dan mengingat. Hasil penelitian di North Western University membuktikan bahwa ketika seseorang sedang mempelajari sesuatu, otak menghadiahkan dirinya dengan menghasilkan Endorphin. Hal ini diyakini sebagai penyebab mengapa hal-hal baru lebih gampang untuk diingat dan diulang kembali.

Dengan kata lain, belajar dan mengingat, akan lebih mudah dilakukan apabila terdapat cukup banyak Endorphin dalam otak anda, suatu kondisi yang dapat terjadi apabila otak berada pada gelombang Alpha/Theta.

Ada keuntungan lain yang dapat anda peroleh apabila anda fokus pada konfigurasi gelombang otak Alpha/Theta ini, yaitu anda akan lebih mudah untuk mengubah citra diri/gambaran mental negatif diri anda, menjadi citra diri/mental positif diri anda yang baru.

Selain dua hal diatas, Alpha/Theta juga sangat baik untuk relaksasi. Ketika anda relaks secara mental, maka seluruh badan anda juga relaks. Hal ini akan meningkatkan volume darah dan oksigen ke otak yang menyebabkan diri anda menjadi lebih peka dan perhatian. Kedua hal ini berkontribusi dalam belajar dan mengingat, dan juga mampu menciptakan perasaan semangat dan atau bahagia.

Tubuh kita melakukan sebagian besar aktivitas penyembuhan secara alami saat kita berada di alfa, theta dan delta. Kabar baiknya adalah bahwa kita dapat belajar untuk secara sadar memasuki alpha dan theta dan mengarahkan penyembuhan diri kita dengan citra mental dan sugesti.

Jika Anda belajar dengan cepat untuk masuk ke kondisi alfa, Anda dapat melakukan visualisasi sedikitnya dua menit, tiga atau empat, atau lebih kali sehari. Ini sangat cocok untuk mengatasi gejala alergi, pilek, sakit kepala, kecemasan, fobia, dll. Kebanyakan orang bisa belajar dengan cepat memasuki kondisi alfa dalam beberapa hari. Namun dengan tekhnik yang kami berikan di sini... anda akan mampu mengakses kondisi Alpha dan Theta dalam hitungan detik saja.

Pada Umumnya masuk ke theta dari keadaan sadar membutuhkan latihan lebih, tapi memang layak untuk diusahakan. Kebanyakan "keajaiban penyembuhan" terjadi dalam keadaan theta. Meskipun kita telah sering berada dalam keadaan theta, setiap malam ketika kita bermimpi, kita perlu belajar untuk masuk kedalam mimpi kita secara sadar, agar dapat mengakses kekuatan terdalam dari penyembuhan.

Sebenarnya, selama dalam kondisi theta dan delta, setiap malam, tubuh kita melakukan banyak perbaikan dan penyembuhan. Sering kali, kita memiliki masalah /penyakit yang tidak mengalami penyembuhan maka kita perlu membuka kekuatan alami penyembuhan tubuh kita, untuk itu secara sadar memasuki kondisi theta adalah cara terbaik untuk melakukannya.

GELOMBANG OTAKOtak kita setiap saat menghasilkan impuls-impuls listrik. Aliran listrik ini, yang lebih dikenal sebagai gelombang otak, diukur dengan dua cara yaitu amplitudo dan frekuensi. Amplitudo adalah besarnya daya impuls listrik yang diukur dalam satuan micro volt. Frekuensi adalah kecepatan emisi listrik yang diukur dalam cycle per detik, atau hertz. Frekuensi impuls menentukan jenis gelombang otak yaitu beta, alfa, theta, dan delta. Jenis atau kombinasi dan jenis gelombang otak menentukan kondisi kesadaran pada suatu saat.

Pandangan keliru yang selama ini ada dalam benak banyak orang adalah otak hanya menghasilkan satu jenis gelombang pada suatu saat. Saat kita aktif berpikir kita berada pada gelombang beta. Kalau kita rileks kita berada di alfa. Kalau sedang ngelamun, kita di theta. Dan, kalau tidur lelap kita berada di delta. Pandangan itu salah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada suatu saat, pada umumnya, otak kita menghasilkan empat jenis gelombang secara bersamaan, namun dengan kadar yang berbeda. Dalam kondisi tertentu, misalnya meditasi, kita dapat secara sadar mengatur jenis gelombang otak mana yang ingin kita hasilkan.

Setiap orang punya pola gelombang otak yang unik dan selalu konsisten. Keunikan itu tampak pada komposisi ke empat jenis gelombang pada saat tertentu. Komposisi gelombang otak itu menentukan tingkat kesadaran seseorang. Meskipun pola gelombang otak ini unik, tidak berarti akan selalu sama sepanjang waktu. Kita dapat secara sadar, dengan teknik tertentu, mengembangkan komposisi gelombang otak agar bermanfaat bagi diri kita.

Gelombang BetaBeta adalah gelombang otak yang frekuensinya paling tinggi. Beta dihasilkan oleh proses berpikir secara sadar. Beta terbagi menjadi tiga bagian, yaitu beta rendah 12-15 Hz, beta 16-20 Hz, dan beta tinggi 21-40 Hz. Kita menggunakan beta untuk berpikir, berinteraksi, dan menjalani kehidupan sehari-hari.

Meskipun beta sering kali menghilang saat kita memfokuskan pikiran, beta tetap dibutuhkan agar kita dapat menyadari dan ia di luar diri kita. Bersama dengan gelombang lainnya, beta sangat dibutuhkan dalam proses kreatif. Tanpa beta, semua kreativitas yang merupakan hasil pikiran bawah sadar akan tetap terkunci di bawah sadar, tanpa bisa terangkat ke permukaan dan disadari oleh pikiran.

Walaupun beta merupakan satu komponen yang sangat penting dalam kondisi kesadaran kita, bila kita beroperasi semata-mata hanya dengan jenis gelombang ini, tanpa didukung oleh frekuensi yang lebih rendah, maka akan menghasilkan satu kehidupan yang dipenuhi dengan kekhawatiran, ketegangan, dan proses berpikir yang tidak fokus.

Gelombang AlfaAlfa adalah jenis gelombang yang frekuensinya sedikit lebih lambat dibandingkan beta, yaitu 8-12 Hz. Alfa berhubungan dengan kondisi pikiran yang rileks dan santai. Dalam kondisi alfa, pikiran dapat melihat gambaran mental secara sangat jelas dan dapat merasakan sensasi dengan lima indra dan apa yang terjadi atau dilihat dalam pikiran. Alfa adalah pintu gerbang bawah sadar.

Pada tahun 60-an dan 70-an, alfa sangat populer dan diklaim sebagai gelombang otak paling penting, yang merupakan kunci untuk mencapai kesadaran yang lebih tinggi. Penelitian dengan menggunakan mind technology modern yang dilakukan oleh banyak pakar terkemuka, antara lain Maxwell Cade dan Anna Wise, membuktikan, bahwa alfa bukanlah jenis gelombang terpenting.

Manfaat alfa yang utama dan paling penting adalah sebagai jembatan penghubun