doa doa seru

Post on 02-Nov-2015

165 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

doa muslim sehari-hari

TRANSCRIPT

Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasa membaca doa:

Allahummagh-firlii khothii-atii, wa jahlii, wa isrofii fii amrii, wa maa anta alamu bihi minni. Allahummagh-firlii jiddi wa hazlii, wa khotho-i wa amdii, wa kullu dzalika indii(Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan)[1]PenjelasanDoa ini adalah doa yang mencakup segala macam istighfar (memohon ampunan pada Allah). Karena doa ini sifatnya umum mencakup semuanya dan disertai dengan perincian dengan lafazh yang tegas.

Makna doa ini adalah Ya Allah, ampunilah dosaku seluruhnya (dosa kecil maupun dosa besar). Ampunilah dosa yang muncul karena kejahilan diriku, karena sikap melampaui batas dalam segala hal. Ya Allah, ampunilah dosaku semuanya yang kuketahui maupun tidak kuketahui, yang diperbuat dalam keadaan serius atau bercanda, dan yang diperbuat di kala keliru (tidak sengaja) dan di kala sengaja. Aku mengakui semua dosa-dosa ini, Ya Allah.

Sedangkan kalimat doa yang terakhir wa kullu dzalika indii, maksudnya adalah pengakuan kepada Allah bahwa kita adalah hamba yang penuh dosa. Kita mengakui semua dosa itu sehingga timbullah rasa hina di hadapan Allah, maka kita pun mohon ampun pada-Nya. Hal ini menunjukkan pada kita bahwa pengakuan seorang hamba terhadap dirinya bahwa ia penuh kekurangan, ini adalah salah satu sebab diterima taubat dan diampuninya dosa.Renungkanlah DoaAda satu pelajaran dari sini yang perlu diperhatikan. Doa ini menunjukkan bahwa sudah seharusnya seseorang ketika berdoa merenungkan maksud doa yang ia panjatkan karena ini memberikan pengaruh amat besar pada jiwa. Hal ini akan menimbulkan kekhusyuan, rasa tunduk dan hina di hadapan Ar Rahman. Inilah yang menunjukkan sempurnanya ibadah seseorang dalam beribadah kepada Allah.

Pelajaran PentingSyaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin rahimahullah memberikan faedah berharga mengenai doa:

[1] Hendaknya seseorang menghadirkan segala apa yang ingin ia minta.

[2] Ketika berdoa berarti kita sedang berinteraksi dengan Allah. Ketika seseorang merinci atau banyak meminta kepada Allah ketika interaksi tersebut, itu membuat Allah lebih menyukainya dibanding dengan hanya ringkas saja dalam meminta.

[3] Semakin banyak seseorang berdoa, berarti ia semakin dekat dengan Allah.

[4] Semakin banyak seseorang berdoa (memohon), itu tanda bahwa ia semakin butuh pada Allah Taala. (Tafsir Surat Ali Imron 1/116)

[Disarikan dari Syarh Ad Duaa, Hamir bin Abdul Humaid bin Miqdam, doa no. 84][2]Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihaat.Imm BukhrdanImm Muslimmeriwayatkan dariAbu Bakra-iddqraiyallhuanhu, beliau berkata kepada Rasulullhallallhu alaihi wa sallam, Ajarkanlah kepadaku suatu doa untuk aku baca di dalam altku.

Maka, beliau menjawab, Bacalah:

, /Allhumma inni alamtu nafs ulman kar, wa l yaghfiru unba illa anta, faghfirl maghfiratan min indik, waramn innaka antal Ghafrur Ram/

Artinya:

Ya Allh, sungguh aku telah banyak menlimi diriku, dan tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Maka, ampunilah aku dengan ampunan/maghfirah dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

(lihatFul-Br[2/369] danSyarh Muslim li an-Nawaw[8/296])

abat Periwayat adNama asli Ab Bakr a-iddq adalahAbdullh bin Umn. Beliau juga disebut denganAtiq. Ada tiga pendapat yang menjelaskan nama ini:

1. Karena Nabiallallhu alaihi wa sallambersabda, Barangsiapa ingin melihat seorang yang dibebaskan (atiq) dari neraka, lihatlah Ab Bakr. (HR. Tirmii, lihata-aah[1574]).

2. Karena ibunya menamai beliau dengan nama itu. Ini adalah pendapatMs bin alah.

3. Karena keelokan wajahnya, sebagaimana pendapatal-Lai bin Saad.Ibnu Qutaibahberkata, Beliau diberi julukan dengannya oleh Nabiallallhu alaihi wa sallamkarena keelokan wajahnya.

Tentang beliau: Beliau adalah lelaki yang pertama kali masuk Islam.

Beliau termasuk di antara sepuluh orang Sahabat yang dijamin masuk surga. Lima orang diantara mereka masuk Islam di tangan Abu Bakar, yaitu:Umn, alah, Zubair, Abdurrahmn bin Auf, dan Saad bin Ab Waqqa.

Jumlah ad Nabiallallhu alaihi wa sallamyang diriwayatkan olehnya adalah142 hadits. Di antaranyadelapan belas adtercantum di dalamahain(Bukhr dan Muslim). Yang disepakati oleh Bukhr dan Muslim adaenam ad. Yang dibawakan oleh Bukhr sajaada sebelas ad dan yang dibawakan oleh Muslim saja adasatu ad.

(lihatKasyful Musykil min ad aiainolehImm Ibnul Jauzi, 1/11)

Kandungan PelajaranImm Ibnul Jauzimenerangkan,

lim adalahmeletakkan sesuatu bukan pada tempatnya. Ada pula yang menjelaskan bahwa lim artinyabertindak di luar kekuasaan. Dua batasan ini ada pada diri orang yang bermaksiat. Keliman terhadap diri yaitu denganmemperturutkan hawa nafsuyang dapat mengakibatkanhukumanatasnya, atau menyebabkanberkurangnya pahala, atau membuat dirinyakehilangan suatu keutamaan. (lihatKaysful Musykil, 1/12)

Imm Ibnul Jauziberkomentar,

ad ini mengandung salah satu doa yang paling indah karena di dalamnya terkandungpengakuan tentang keliman diri dan pengakuan dosa. Dosa-dosa itu bagaikan penghalang curahan nikmat. Dengan mengakuinya, akan bisa menghilangkan penghalang itu sehingga terangkatlah sesuatu yang menghalanginya. (lihatKaysful Musykil, 1/13).

Beliau juga menjelaskan,

Doa ini termasuk bacaan yangdianjurkan untukdibaca di dalam alt sebelum salam, karena keaan riwayatnya. Dibolehkan bagi orang yang sedang alt untuk membaca doa yang diambil dari al-Qur`n atau yang bersumber dari ad yang a dari Nabiallallhu alaihi wa sallam, dan tidak boleh baginya berdoa dengan membaca doa lain yang hanya ucapan manusia biasa. (lihatKaysful Musykil, 1/13).

Doa-doa Dalam Al-Quran (2)Posted on 29 December 2008 by syafii

Al-Quran sebagai kalam Allah dan pedoman hidup bagi setiap muslim, mengandung banyak doa-doa. Sebagian doa-doa tersebut adalah:11. Doa Mohon Keselamatan

Artinya: Ya Tuhan, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zhalim, dan selamatkanlah kami dengan curahan rahmat-Mu dari tipu daya orang- orang yang kafir. (Qs. Ynus: 85-86).

Penjelasan:Doa ini dibaca oleh kelompok minoritas yang beriman kepada Nabi Musa a.s., setelah mereka menyaksikan kemukjizatannya dihadapan Firaun. Ketika itu, kaum Nabi Musa as yang terdiri dari pemuda-pemuda dalam keadaan takut, bahwa Firaun dan pemuka-pemukanya akan menyiksa mereka. Maka pada waktu itu pula Nabi Musa as memerintahkan kepada kaumnya agar tidak takut dan menyerahkan sepenuhnya kepada Allah Swt., seraya berdoa dengan lafazh doa diatas. Bisa dilihat dalam Surah Ynus ayat 83-86.

12. Doa Mohon Perlindungan

Artinya: Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi. (QS. Hd: 47).

Penjelasan:Doa ini merupakan doanya Nabi Nuh a.s., yaitu ketika kaumnya termasuk anaknya (kanan) ikut dihancurkan oleh Allah Swt. melalui banjir besar. Nabi Nuh a.s. perotes kepada Allah Swt., kenapa anaknya (kanan) ikut dihancurkan padahal dia adalah bagian dari keluargaku, dan Engkau sendiri berjanji akan menyelamatkan keluargaku dan menenggelamkan kaumku. (QS. Hd ayat 45).Kemudian Allah memberikan jawaban: bahwa dia (Kanan) bukan termasuk keluargamu yang dijanjikan akan diselamatkan, karena dia tidak shalih dan beriman kepada Allah. Padahal yang akan diselamatkan dari banjir besar adalah mereka-mereka yang beriman kepada Allah.(Hd ayat 46).Setelah diperingatkan Allah, Nabi Nuh a.s. berdoa dengan lafazh doa diatas. Kemudian Allah mengabulkan doanya. (QS. Hd ayat 48).

13. Doa Keluarga Maslahah

Artinya: Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami berikanlah ampunan kepadaku dan kepada kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat). (QS. Ibrhm: 41-42).

Penjelasan:Doa diatas baik sekali dibaca dalam berbagai kesempatan, agar diri kita dan keluarga kita serta turunan kita senantiasa taat dan rajin beribadah kepada Allah Swt., khususnya ibadah shalat yang telah diwajibkan.Dalam Al-Quran dikisahkan, bahwa doa tersebut dibaca oleh Nabi Ibrahim a.s., ketika ia baru saja memohon agar kota Mekkah dijadikan kota tentram, aman dan anak turunannaya diselematkan dari menyembah berhala. Lebih detail tentang kisah nabi ibrahim bisa dilihat dalam Al-Ouran Surah Ibhm ayat 35-42.

14. Doa Mohon Tempat yang Baik

Artinya: Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong. (Al-Isr: 80).

Penjelasan:Doa di atas dibaca bukan hanya dikhususkan ketika kita akan pergi. Tetapi dalam berbagai keadaan yang sering kali berubah sangat dianjurkan untuk dibacanya seperti akan melaksanakan pemilihan umum untuk memilih pemimpin. Doa di atas dibaca agar kita mendapatkan pemimpin yang jujur dan bijaksana. Baik juga doa di atas dibaca ketika kita akan meninggalkan tempat yang kita huni (dunia), memohon agar ditempatkan pada tempat yang layak setelah meninggal. Demikian Al-Qurthubi menjelaskan dalam tafsirnya.

15. Doa Mohon diberi Kemudahan

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini. (QS. Al-Kahfi: 10).

Penjelasan:Doa diatas ba