diagram-diagram lainnya - · pdf filesebagai tambahan dari diagram-diagram yang telah...

Click here to load reader

Post on 03-Mar-2019

240 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

DIAGRAM-DIAGRAMLAINNYA

10.1 PENDAHULUAN

Sebagai tambahan dari diagram-diagram yang telah dijelaskan pada bab-babsebelumnya, diagram-diagram lainnya digunakan pada analisa sistem terstrukturdan desain termasuk diagram Jackson, gambaran E-R Chen, dan diagram Leighton.Perangkat-perangkat ini akan dijelaskan pada bagian-bagiannya.

10.2 . NOTASI JACKSON

Dengan menggunakan notasi Jackson, kita dapat menampilkan macam-macamprogram, struktur data, atau sisteminformasi yaitudalam hal hirarki sistemdan dasar-dasarnya sena susunan bagian-bagiannya. Komponen-komponen dasar tersebuttidak dapat diuraikan lebih lanjut sena tidak mempunyai bagian-bagian lainnya.

Ada dua tipe notasi untuk menggambarkan susunan komponen-komponen:notasi grafik yang disebut dengan diagram Jackson, atau diagram struktur; dan notasiyang non-grafik yang disebut dengan Struktur Text atau Schematic Logic. DiagramJackson dan notasi-notasi struktur text untukderet, iterasi dan seleksi diberikan padagambar 10.1 sampai 10.3.

92

Deret mempunyai dua atau lebih bagian yang dapat terjadi secara bersamaan.Contohnya pada gambar 10.1menunjukkan diagram Jackson dan notasi struktur textuntuk sebuah komponen deret A yang terdiri dari B yang diikuti dengan C, dan D.Dengan perkataan lain, B, C, dan D adalah komponen-komponen dari A.

Diagram Jackson Struktur Text

ASeqB;C;D.,

A end

(a) (b)

Gambar 10.1 Penggambaran komponen deret

Komponen dari sebuahiterasi mempunyai sebuahbagian yang terjadi beberapakali atau nol kali untuk setiap kejadian. Pada gambar 10.2 tanda asteris di atas Bmenandakan bahwa komponen Amempunyai iterasi yaitu B; artinya, B dilaksanakannol atau beberapa kali untuk setiap kejadian A secara berulang-ulang. Notasi strukturdari komponen A diberikan dalam tiga bentuk berbeda (i)-(iii) seperti pada gambar1O.2b.

Diagram Jackson

(a)Struktur Text

Aitr~;A end(i)

A itr while < kondisi >~;A end(ii)

A itr until < kondisi >~;A end(iii)

Gambar 10.2 Gambaran komponen iterasi

93

Suatu komponen seleksi mempunyai dua atau lebih bagian, dengan satu, danhanya satu, sekali terjadi untuk setiap kejadian dari komponen seleksi. Pada gambar1003dibertkansebumgambarandartdiagrnmdannotasistrukturtextdnfikomp61\@1\seleksi A. A mempunyai bagian-bagian B, C,danD. Lingkaran dalam kotak B, C,danD menunjukkan bahwa A adalah sebuah seleksi sedangkan B, C, dan D adalahkomponen-komponennya. Ada juga kemungkinan untuk menunjukkan kondisi darisuatu seleksi dalam sebuah struktur text biasa untuk keadaan seperti pada bagian (i)dan (iii) dari gambar lO.3b. Kasus khusus dari seleksi adalah "Seleksi Nol". Artinya"tidak melakukan apa-apa" dan digambarkan dengan _ . Padacontohgambar 10.4diperlihatkan A hanya mempunyai satu komponen seleksi, B.

Diagram Jackson

A selp;a altC;A altD',A end

(i)

A sel (kondisi 1)p;A sel (kondisi2)c;A sel (else)0;A end(iii)

(b)

Struktur Text

A selp;A altC;A altD',A end(ii)

Gambar 10.3 Gambaran komponen seleksi

Gambar 10.4 Contoh sebuah seleksi nol

94

Contoh iterasi dalam sebuah diagram Jackson adalah struktur sebuah textbookdalam sebuah tabel yang berisi ukuran buku, dan indeks yang merupakan komponen-komponen yang berurutan sedangkan bab adalah bagian iterasi dari bentuk buku(gambar to.5).

Gambar to.5 Contoh iterasi dalam diagram Jackson

Susunan komponen-komponen dalam hirarki diperlihatkan pada gambar 10.6.Pada gambar tersebut, A adalah suatu komponen deret, sedangkan B, C,dan D adalahbagian-bagian dari A. C adalah komponen seleksi;E dan F adalah bagian-bagiannya.E dan F adalah komponen-komponen iterasi. F juga merupakan suatu komponenderet dengan H dan K adalah bagian-bagiannya.

Gambar to.6 Struktur dasar dalam diagram Jackson.

Contoh yang benar-benar nyata dari notasi Jackson diberikan pada gambarto.7. Pada gambar tersebut suatu sistem informasi penjualan dilukiskan sebagaiseorang juru tulis yang sedang memproses pesanan-pesanan penjualan.

Get order record adalah sebuah komponen iterasi yang mempunyai kompo-nen-komponen deret : edit custumer information, get ordered product information,check ordered quantity, dan process shippable order. Valid orderdan special order

95

request adalah komponen-komponen seleksi dari get ordered product information.Begitu juga dengan process fulfilled order, process partly fulfilled order, danprocess unfulfilled order merupakan komponen seleksi dari checkorderedquantity.Akhimya,process shippable order adalah komponen seleksidengan elemen-elemenprepaid order dan unpaid order.

10.3 MODEL RELASI -KESATUAN (MODEL E-R CHEN)Model E-R atau model kesatuan-relasi Chen adalah bentuk logika yang dipakai

analisa dan desain database sepeni gambaran sistem-sistem informasi.Model tersebut mempunyai tiga buah elemen :

. kesatuan

. relasi

. gambaran dari kesatuan dan relasi atau atribut dan nitai.

96

SALESINFORMATION

SYSTEM

r--0\

Getorderrecord

Editcustomer

information

Get ordered

productinformation

Validorder

Spedalorder

request

Checkorderedquality

Processshippable

order

Processfulfulled

order

Process part! yunfulfilled

order

Prepaidorder

Unpaidorder

Processunfulfilled

order

GAMBAR 10.7 Struktur penggunaan notasi Jackson

10.3.1 Kesatuan.

Suatu kesatuan adalah orang, tempat, kejadian, atau konsep tentang informasimana yang dicatat. Contohnya, pada sebuah tempat penyimpanan, kesatuan-kesatu-annya adalah penyalur, barang, pengapalan, dan kesukaan; kesatuan-kesatuan padasebuah bank adalah pelanggan, pegawai, rekening bank, pinjaman, dan sebagainya.Kumpulan dari beberapa kesatuan dapat membentuk suatu tipe kesatuan, meskipunsuatu kesatuan tidak hams termasuk ke dalam satu tipe saja. Dalam suatu diagram E-R, suatu tipe kesatuan digambarkan dengan sebuah empat persegi panjang (beberapapengarang lebih suka menulisnya dalam bentuk garis panjang).

10.3.2 Relasi.

Suatu relasi-dalam pengertian mata rantai-dapat terjadi di antara kesatuan-kesatuan. Relasi juga diklasifikasikan ke dalam tipe-tipe yang berbeda dan tipe-tiperelasi ini digambarkan dalam bentuk belah ketupat pada suatu diagram E-R dengangaris-garis yang menghubungkan tipe-tipe yang berhubungan.

Contoh sederhana yang menunjukkan simbol-simbol kesatuan dan relasidiberikan pada gambar 10.8. Pada gambar tersebut, dua persegi panjang, disebutMAN dan WOMAN menggambarkan kesatuan-kesatuan, dan bentuk belah ketupatmenggambarkan relasi, LOVE.

WOMAN

Gambar 10.8 Simbol-simbol kesatuan dan relasi

EmployeeProject

Gambar 10.9 Contoh model kesatuan-relasi (E-R model)

98

Relasi pada diagram E-R dapat berupa satu ke satu, satu ke beberapa, danbeberapa ke beberapa. Sebagai contoh pada gambar 10.9 diagram-diagram WORKdan PROJ-MANAGER sebagai dua relasi yang berbeda di antara dua tipe kesatuan,EMPLOYEE dan PROJECf. M, N, dan I pada gambar tersebut menunjukkan bahwaada N proyek; M pegawai yang bekerja untuk proyek-proyek tersebut, dan setiapproyek hanya mempunyai seorang manajer. Juga seorang dapat saja menjadi manajerdari beberapa proyek. Dengan demikian relasi PROJ-MANAGER antara kesatuan-kesatuan EMPLOYEE dan PROJECf adalah satu ke beberapa.

Sedangkan relasi WORK antara kesatuan-kesatuan EMPLOYEE dan PROJ-ECf adalah beberapa ke beberapa, artinya setiap proyek dapat terdiri atas beberapapegawai dan setiap pegawai dapat bergabung dengan lebih dari satu proyek. Padacontoh yang diberikan lewat gambar 10.10, tipe relasinya adalah MARRIAGE,dengan pemetaan satu ke satu antara WOMAN dan MAN atau antara kesatuanPERSON.

WOMAN MAN

PERSON (b)

Gambar 10.10 Pemetaan satu ke satu

Adalah mungkin umtuk mendefinisikan sebuah tipe relasi di antara lebih daridua tipe kesatuan. Pada gambar 10.11, kesatuan-kesatuan PART, PROJECT, danSUPPLIER dihubungkan lewat relasi beberapa ke beberapa : PART-SUPP-PROJ.

Project

M

Part Supplier

Gambar 10.11 Contoh hubungan entitas dari model ER.

99

10.3.3 Penjelasan dari entitas dan hubungannya

Setiap kesatuan mempunyai beberapa sifat dasar yang menentukan jeniskesatuan itu. Seorang pelanggan daTisuatu bank dapat diuraikan dengan beberapaketerangan sepeni nomer pelanggan, nama, alamat, tanggal, dan sebagainya. Begitujuga sebuah rumah dapat diuraikan dengan ukurannya, warna, usia, dan alamat.Setiap kesatuan mempunyai sarana yang dapat mengekspresikan bentuk pasanganatribut-nilai.

Sebagai contoh, pemyataan "SOC-SEC-NO daTiEMPLOYEE R adalah 316-88-6972" mempunyai atribut SEC-NO dan 316-88-6972 adalah nilai untuk EM-PLOYEE. Nilai dapat diklasifikasikan ke dalam tipe-tipe nilai yang berbeda sepertiSOC-SEC-NO, AGE, COLOR, dan QUANTITY. Dalam notasi E-R, ripe nilaidigambarkan dalam bentuk lingkaran, dan atribut dilukiskan dalam bentuk anakpanah yang menunjukkan arah suatu tipe kesatuan ke tipe nilai yang dituju (gambar10.2).Seperti halnya dengan kesatuan-kesatuan, relasijuga dapat mempunyai atributdan tipe nilai seperti pada gambar 10.13.

Social Security Number

Social Security Number

EMPLOYEE

Name

Phone number

Phone number

Gambar 10.12 Contoh atribut kesatuan dan tipe nilai

100

EmployeeM N

Project

Starting date Project support

20%30%05%

Starting date Percentage of support

Gambar 10.13 contoh atribut relasi dan tipe nilai

Pada contoh gambar 10.13, STARTING-DATE dari seorang pegawai dalamsebuah proyek t.ergantungkepada kedua EMPLOYEE dan PROJECf, tetapi tidakk

View more