designer - pengantar desain interior

19
Pengantar Desain Interior Thalia Sabrina Ariestaningrum 1603144163 Kota Bandung 2015

Upload: thalia-ariestaningrum

Post on 12-Aug-2015

66 views

Category:

Design


9 download

TRANSCRIPT

Page 1: Designer - Pengantar Desain Interior

Pengantar Desain Interior

Thalia Sabrina Ariestaningrum1603144163

Kota Bandung2015

Page 2: Designer - Pengantar Desain Interior

Hans Jorgensen Wegner

Page 3: Designer - Pengantar Desain Interior

BiografiHans Wegner lahir pada tahun 1914: Tønder,

Denmark di mana ia menyelesaikan pendidikan awal dan dilatih sebagai pembuat lemari. Pada tahun 1936, pada usia 22 ia menghadiri Sekolah Seni dan Kerajinan di Kopenhagen, kemudian kembali sebagai tutor.

Dia bekerja sebagai asisten Erik Moller dan Arne Jacobsen sampai 1943, membantu desain mereka untuk Balai Kota Århus, dan menambahkan beberapa perabot sendiri. Pada tahun 1943 ia membuka kantor sendiri dan memproduksi dengan kursi Cina, dengan nama kursi "Putaran" pada 1949, kursi ini akan memberikan dasar bagi banyak kursi di kemudian hari.

Page 4: Designer - Pengantar Desain Interior

Majalah interior, di Amerika, menempatkan kursi Putaran di sampul pada tahun 1950 dan menyebutnya 'kursi paling indah di dunia,' membuat Wegner tenaran di internasional dan memicu pasar ekspor yang menguntungkan. Ini dikenal hanya sebagai ketua dan mulai membuat penampilan profil tinggi seperti di televisi 1961 yaitu debat presiden antara Nixon dan Kennedy.

Desain Wegner mengatakan, "banyak orang asing yang bertanya bagaimana kita membuat gaya Denmark. Dan aku menjawab bahwa itu agak proses yang berkesinambungan pemurnian, dan bagi saya penyederhanaan, untuk ditebang untuk yang paling sederhana mungkin unsur empat kaki, kursi dan gabungan atas rel dan arm rest”.

Page 5: Designer - Pengantar Desain Interior

Sementara "Ketua" adalah mungkin ikon kepala karir Wegner, dan bentuk yang ia mengunjungi sering kembali, dia bertanggung jawab untuk sejumlah desain lainnya. Dia dan Johannes Hansen memamerkan sebuah proyek bersama di cabinetmakers menunjukkan setiap tahun 1941-66, Wegner mengklaim bahwa itu adalah "lebih seperti permainan, kita harus memiliki sesuatu untuk menampilkan setiap musim gugur."

Desain kursi sendiri dari orang-orang dekade, diproduksi terutama hari ini oleh PP Mobler, dibuat dengan modern, ide patung yang mereka bisa berdiri sendiri, bukan sebagai bagian dari satu set furnitur.

Page 6: Designer - Pengantar Desain Interior

The Peacock kursi dari 1947, dengan slatted kembali keluar untuk membangkitkan bulu-bulu burung, terinspirasi oleh tradisional "Windsor" kursi. Nya 1949 Folding Chair digantung di dinding, dan kursi Shell nya dari tahun yang sama bereksperimen dengan melengkung kayu dalam tiga dimensi untuk membentuk kursi.

Multi-tujuan valet Chair, yang dirancang pada tahun 1953, memiliki unsur-unsur untuk menggantung atau menyimpan setiap potongan Suit Mans. Sandaran diukir untuk digunakan sebagai gantungan baju, celana dapat digantung di rel di tepi kursi dan segala sesuatu yang lain dapat disimpan dalam ruang penyimpanan di bawah kursi.

Page 7: Designer - Pengantar Desain Interior

Pada awal 1960-an ia keluar dengan beberapa variasi di kursi Banteng yang datang dengan atau tanpa tanduk, dan merupakan contoh yang baik dari garis Wegner ahlinya bisa berjalan antara keanggunan dan main-main. "Kita harus berhati-hati," ia pernah berkata, "bahwa segala sesuatu tidak mendapatkan begitu amat sangat serius Kita harus bermain, tapi kami harus bermain serius" Dalam tahun kemudian ia melanjutkan untuk merancang kursi dan juga bekerja sama dengan pencahayaan, seperti lampu Kutub dibuat pada tahun 1976 dengan putrinya Marianne.

Sebuah pengrajin benar, Wegner menyatakan bahwa, "tidak ada kursi yag baik jika tidak dibuat dengan benar dan bersungguh-sungguh."

Page 8: Designer - Pengantar Desain Interior

Terkenal di dunia untuk campuran berbagai bahan alami dalam desain klasik, Hans Wegner telah menerima banyak penghargaan internasional untuk karyanya, di antaranya: "Triennale" 1951, 1954 dan 1957; "Royal Society of Arts" London 1959; "Kutipan of Merit" Pratt Institute, New York tahun 1959 dan "International Design award", New York, 1957.

Page 9: Designer - Pengantar Desain Interior

Pada bulan Juni 1997 Wegner dianugerahi Doktor Honary oleh The Royal College of Art di London.

Hans J. Wegner meninggal di Kopenhagen 26 Januari 2007 pada usia 92. Dia meninggalkan seorang istri dan dua anak perempuan.

Page 10: Designer - Pengantar Desain Interior

J16 Rocking Chair, 1944

Page 11: Designer - Pengantar Desain Interior

Chinese Chair (no.1), 1944.

The Chinese Chair terinspirasi oleh potret pedagang Denmark duduk di kursi tradisional Ming.

Page 12: Designer - Pengantar Desain Interior

Chinese Chair (no.4), 1945

The Chinese Chair 4 adalah distilasi bersih dari bentuk aslinya. Ini menggabungkan banyak elemen Denmark jelas seperti dukungan kursi mengambang (pada model kain). Juga hadir rel melengkung dan direncanakan kembali yang muncul di banyak kursi Wegner berikutnya, termasuk kursi Wishbone bawah

Page 13: Designer - Pengantar Desain Interior

Peacock Chair, 1947The Peacock Chair

terinspirasi oleh kursi tradisional Windsor.

Wegner berlebihan membuat melengkung dibagian punggung, namun lapang kursi gelondongan kembali diratakan di daerah perkiraan tulang belikat seseorang, hasil visual yang membangkitkan bulu seekor burung

Page 14: Designer - Pengantar Desain Interior

Folding Chair, 1949Ringan dengan

kursi tebu, menggambarkan kursi lipat bersejarah.

Wegner menciptakan hook sehingga kursi bisa digantung di dinding untuk menghemat ruang

Page 15: Designer - Pengantar Desain Interior

Wishbone Chair, 1949

Wishbone Chair adalah kolaborasi pertama antara Wegner dan pembuat Carl Hansen, yang telah menghasilkan sejak 1950. Wishbone Chair adalah yang terakhir dan yang paling berbeda dari seri. Inspirasi terlihat jelas, tapi bentuk aslinya adalah kursi.

Kaki belakang yang membungkuk ke kurva yang mengecil untuk bergabung rel kembali melingkar bengkok. Bengkel tukang kayu itu sulit tetapi menghasilkan kuat, tetapi kursi itu ringan.

Page 16: Designer - Pengantar Desain Interior

Flag Halyard Chair, 1950

Sementara Wegner sering menarik dari bentuk sejarah ia juga menciptakan bentuk tanpa preseden.

The Flag Halyard Chair terinspirasi oleh perjalanan ke pantai, di mana Wegner diukir formulir di pasir

Page 17: Designer - Pengantar Desain Interior

Valet chair, 1953Kursi ini memiliki

unsur-unsur untuk menggantung atau menyimpan setiap potongan jas pria. Sandaran diukir untuk digunakan sebagai gantungan baju, celana dapat digantung di rel di tepi kursi dan segala sesuatu yang lain dapat disimpan dalam ruang penyimpanan di bawah kursi.

Page 18: Designer - Pengantar Desain Interior

Ox Chair, 1960yang datang

dengan atau tanpa tanduk, menunjukkan sisi yang lebih ringan dari desain Wegner.

"Kita harus berhati-hati," ia pernah berkata, "bahwa segala sesuatu tidak mendapatkan begitu amat sangat serius Kita harus bermain, tapi kami harus bermain serius”.

Page 19: Designer - Pengantar Desain Interior

Shell Chair, 1963Pada tahun 1938

Wegner telah memasuki Organik Perabotan Rumah kompetisi di Museum of Modern Art di NYC.