dasar busana jenis fashion

Download Dasar Busana Jenis Fashion

Post on 28-Nov-2015

80 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

about dasar busana

TRANSCRIPT

MengenalJenis SepatuOpen Toe ShoesSeperti namanya, ujung sepatu ini terbuka sehingga jari kaki seperti ibu jari dan jari telunjuk terlihat. Bagian belakang pada umumnya tertutup, sehingga baik digunakan pada acara formal atau informal. Keuntungan menggunakan sepatu ini adalah kaki tidak berkeringat sehingga lebih nyaman.Pump ShoesPump shoes mengartikan sepatu labu. Disebut demikian, karena ujung sepatu ini menyerupai buah labu, berbentuk setengah bundar. Sepatu jenis ini cocok bila dikombinasikan dengan rok mini.Sling Back ShoesJenis ini dicirikan dengan adanya tali yang melilit di pergelangan kaki. Sering juga disebut sepatu sandal. Cocok digunakan dengan rok model A-line sehingga dapat memberi kesan feminim pada penampilan anda.Wedge HeelSepatu ini dapat diperuntukkan bagi anda yang merasa tidak nyaman dengan sepatu berhak kecil. Wedge Heel memaksudkan jenis sepatu dengan hak yang mempunyai ukuran yang sama dari depan sampai belakang dan menyatu dengan sol sepatu. Hak sepatu ini tidak mudah patah dan cocok bagi anda yang memiliki berat badan lebih.Kitten HeelMaksud sepatu ini adalah sepatu dengan hak rendah. Lebih cocok bila digunakan dalam acara-acara kasual.StilettoDengan bagian depan yang runcing dan hak yang tinggi runcing, sepatu ini cocok bila anda menggunakan gaun dalam acara pesta karena dapat menimbulkan kesan feminim dan seksi.SelopDisebut juga dengan slipper. Selop dengan bagian belakang terbuka dan menyerupai sandal ini dapat digunakan bila anda ingin tampil santai tetapi ingin tetap berkesan sopan.BootsSepatu yang tertutup keseluruhan. Boots ada yang hanya sampai pergelangan kaki, sampai setengah betis dan ada yang sampai selutut. Seperti koboi, sepatu ini sangat cocok bila digunakan denganjeans.SportsSering disebut dengan sepatu kets. Sepatu yang biasa digunakan saat berolahraga PlatformIstilah platform bukanlah untuk jenis hak yang digunakan tetapi untuk bagian sol. Sepatu platform memiliki ciri sol yang tebal di bagian depan sepatu. Pengguna sepatu platform akan terlihat lebih ramping, tinggi dan tidak mudah lelah karena desain sol depan yang lebih tebal.

Ballet Flat ShoesJika Anda termasuk pribadi casual, simpel, dan lebih mengutamakan kenyamanan saat menggunakan sepatu, sepatu ballet flat bisa jadi pilihan pas untuk Anda. Sepatu yang terinspirasi dari model sepatu ballet yang feminimin ini, cocok digunakan untuk segala acara, baik itu ke kampus, mall, bahkan ke kantor sekalipun.

Jenis - Jenis RokBagian dari busana yang dipakai mulai dari batas pinggang sampai bawah (panjangnya bervariasi) dinamakan Rok.Rokini merupakan busana yang diperuntukkan bagi para wanita. Dengan menggunakan rok tersebut maka akan memiliki kesan feminin dan anggun.Memang pada saat ini model rok sangat banyak sekali, tapi tahukah anda bahwa rok mempunyai bentuk dasarnya yang terdiri dari tiga jenis :1. Rok Suai atau lurus, yaitu rok yang mempunyai model sederhana hanya terdapat garis kupnat saja (bila diperlukan) tanpa ada lipit, kerut dll.

2. Rok Kerut, yaitu rok yang menggunakan kerutan pada bagian muka, belakang, atau samping rok tersebut.

3. Rok Lingkar, yaitu rok yang menggunakan pola satu lingkaran penuh sehingga tampak lebar.

Dari ketiga dasar rok tersebut, maka berkembanglah pula model rok dengan berbagai macam variasi, misalnya : Rok Lipit, merupakan model rok yang menggunakan lipit - lipit baik secara permanen atau tidak.

Rok Pias, merupakan rok yang terdiri dari beberapa potongan atau bagian, dengan pola dasar yang digunakan yaitu pola rok suai.

Rok Pelpum, merupakan model rok yang menggunakan rumbai - rumbai yang terletak pada pinggang dan panjangnya tidak melampaui garis panggul.

Warp Around Skirt, Rok yang digunakan dengan cara dibelitkan pada panggul atau pinggang. Mempunyai bentuk rok satu pias suai, lingkaran atau kerut, dengan penutup melampaui garis tengah muka.

Rok Drapery, model rok yang mempunyai model dari lilitan kain yang menjuntai atau yang nelengkung.

Rok Susun atau Double dress, model rok yang bertumpuk - tumpuk.

MACAM -MACAM MODEL ROK

Rok merupakan bagian pakaian yang dipakai mulai dari pinggangmelewati panggul sampai ke bawah sesuai dengan keinginan. Biasanyarok dipakai sebagai pasangan blus. Desain rok cukup bervariasi baikdilihat dari ukuran panjang rok maupun dari siluet rok.

Berdasarkan ukuran panjangnya, rok dapat dibagi atas :

1. Rok microyaitu rok yang panjangnya sampai batas pangkal paha.2. Rok miniyaitu rok yang panjangnya sampai pertengahan paha atau10 cm di atas lutut.3. Rok kiniyaitu rok yang panjangnya sampai batas lutut.4. Rok midiyaitu rok yang panjangnya sampai pertengahan betis.5. Rok maxiyaitu rok yang panjangnya sampai mata kaki.6. Rok flooryaitu rok yang panjangnya sampai menyentuh lantai.

Berdasarkan siluet/bentuk rok, desain rok dapat dibedakan atas :

1. Rok dari pola dasar, merupakan rok yang modelnya seperti pada poladasar tanpa ada lipit atau kerut. Rok biasanya menggunakanretsleting pada bagian tengah muka atau tengah belakang.2. Rok spandan semi span, rok span merupakan rok yang bagian sisibawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihatkecil ke bawah, sedangkan rok semi span merupakan rok yangbagian sisinya lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnyadengan bagian panggul.3. Rok pias, nama dari rok pias tergantung jumlah pias atau potonganyang dibuat, misalnya rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 danseterusnya.4. Rok kerutyaitu rok yang dibuat dengan model ada kerutan mulai daribatas pinggang atau panggul sehingga bagian bawah lebar.5. Rok kembang atau rok klok, yaitu rok yang bagian bawahnya lebar.Rok ini dikenal dengan rok kembang, rok lingkaran dan rok lingkaran.6. Rok lipit, rok lipit ada 3 yaitu rok lipit pipih, rok lipit hadap dan rok lipitsungkup. Rok lipit pipih yaitu rok yang lipitannya dibuat searah sepertirok sekolah murid SD. Rok lipit hadap yaitu rok yang lipitnya dibuatberhadapan, baik pada bagian tengah muka, tengah belakang ataudiatur beberapa lipitan pada sekeliling rok. Sedangkan rok lipitsungkup yaitu rok yang lipitnya dibuat berlawanan arah. Misalnya lipityang satu dibuat kekanan dan yang satu lagi dibuat arah ke kiri. Lipitini juga sama dengan lipit pada bagian dalam atau bagian burukbahan pada lipit hadap.7. Rok bertingkatyaitu rok yang dibuat beberapa tingkat. Rok ini adayang dibuat 2 atau 3 tingkat yang diatur panjangnya. Umumnyabentuk rok ini sering dijumpai pada busana anak-anak. Tapi tahun ini rok ini juga sedang trend dipakai oleh orang dewasa dan busana muslim.

CONTOH MODEL ROK YANG SEDANG TREND

ROK A-LINEcocok untuk tubuh berbentuk buah pir karena akan menyeimbangkan bagian yang bermasalah

ROK BERTINGKATcocok untuk tubuh berbentuk lurus, pilihlah rok bertingkat dengan panjang tepat dilutut

ROK PENSILcocok untuk yang bertubuh kecil

ROK TULIProk tulip merampingkan lutut dan mempercantik betis, cocok untuk yang bertubuh besar tapi berbentuk

http://anaarisanti.blogspot.com/2011/07/macam-macam-model-rok.htmlhttp://ucizota.blogspot.com/2011/03/jenis-jenis-rok.html

http://fashioncihuy.blogspot.com/2012/12/v-behaviorurldefaultvmlo.html

Dress

1. Sundresses adalah gaun yang dikenakan saat cuaca lebih hangat seperti musim semi atau musim panas. Ini adalah lebih santai dan biasanya memiliki kecocokan longgar. Sundresses biasanya terbuat dari katun dan bahan ringan. Namun, sundresses biasanya tanpa lengan dan kerah. Pada dasarnya gaun matahari sepatutnya nyaman dan longgar yang memungkinkan paparan sinar matahari sederhana pada kulit sekaligus menjaga Anda merasa dingin.2. Sheath adalah gaun sarung adalah pakaian wanita yang sesuai tubuh erat. Hal ini biasanya panjang lutut atau jatuh ke paha lebih rendah. Gaun pelindung dapat memiliki tali spaghetti atau menjadi strapless.3. Bubble adalah gaun gelembung memiliki rok bengkak luas dengan semua jenis atas korset. Hal ini biasanya longgar di tengah dan penyadap di bagian bawah gaun itu. Gaun gelembung baru-baru ini menjadi lebih populer di kalangan remaja dan dewasa muda. Jika gaun itu memiliki rok gembung, maka biasanya gaun gelembung.4. Cocktail adalah sebuah gaun koktail adalah gaun wanita yang semi formal dan dipakai di pesta koktail. Panjang gaun itu dapat bervariasi. Gaun koktail pendek akan memiliki panjang di atas lutut, mirip dengan gaun mini.Biasanya, gaun koktail adalah gaun yang Anda kenakan saat Anda pergi di malam hari. Hitam adalah warna populer untuk gaun koktail.5. Little Black Dress adalah Gaun hitam kecil mirip dengan gaya koktail. Mereka biasanya sangat pendek dengan warna-warna netral. Mereka memiliki gaya netral, yang membuatnya dalam gaya selama bertahun-tahun. Ini biasanya dipakai di pesta koktail, clubbing, atau malam keluar.6. Military adalah gaun Militer menyerupai pakaian perempuan dalam tentara dan militer. Hal ini telah menjadi modis pakaian santai atau bekerja. Gaun militer diidentifikasi memiliki kerah, kancing depan, dan beberapa kantong. Banyak dari atas tombol di bagian depan. Mereka biasanya memiliki lengan pendek dan panjang di atas lutut.7. One Shoulder adalah gaun one shoulder adalah pakaian wanita yang memiliki satu harus tali. Dengan pakaian ini, orang harus terkena, sementara yang lain harus ditutupi. Ini dapat memiliki lengan pendek atau panjang, tetapi biasanya tanpa lengan. Ketika mereka memiliki lengan, hanya satu lengan tertutup.8. Clubbing or Party adalah gaun pesta atau clubbing adalah gaun wanita yang dipakai saat keluar rumah di malam hari untuk bar, klub, atau pesta koktail. Gaun ini cocok banyak kategori.

Sundresses

Gaun yang dikenakan saat cuaca lebih hangat seperti musim semi atau musim panas. Ini adalah lebih santai dan biasanya memiliki kecocokan longgar. Sundresses biasanya terbuat dari katun dan bahan ringan. Tidak ada gaya yang sangat spesifik untuk sundresses. Merek