daftar isi - fpunram web view misal : ada 5 varietas padi (ir 64, ir 70, ir 26, cisedane, dan kuning

Download DAFTAR ISI - fpunram Web view Misal : ada 5 varietas padi (IR 64, IR 70, IR 26, Cisedane, dan Kuning

Post on 16-Jan-2020

0 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

DAFTAR ISI

I. PENDAHULUAN

A. Kompetensi Dasar:

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan berbagai macam perancangan persilangan dan teknik analisis datanya, dapat menyelesaikan perhitungan-perhingan yang berhubungan dengan program perbaikan sifat tanaman secara benar baik secara manual maupun menggunakan komputer, dan dapat menerapkan pada persoalan yang berhubungan dengan program pemuliaan tanaman.

B. Indikator

1. Menjelaskan pengertian teknik analisis dan rancangan persilangan

2. Menjelaskan arti penting dalam bidang pemuliaan tanaman

3. Menjelaskan hubungannya dengan bidang pemuliaan tanaman

C. Sub Materi Pokok :

1. Pengertian teknik analisis dan rancangan persilangan

2. Arti penting dalam bidang pemuliaan tanaman

3. Hubungannya dengan bidang pemuliaan tanaman

1.1. Pengertian Teknik Analisis Dan Rancangan Persilangan

Mata kuliah Teknik Analisis dan Rancangan Persilangan merupakan mata kuliah keahlian ciri khusus Program Studi Pemuliaan Tanaman. Untuk bisa memahami mata kuliah ini dengan baik, maka mahasiswa diharapkan sudah menempuh mata kuliah penunjang terutama yaitu Statistika, Perancangan Percobaan, Pengantar Pemuliaan Tanaman, dan Genetika Dasar. Mata kuliah ini menunjang mata kuliah lain terutama Teknik Pemuliaan Khusus, Pemuliaan Tanaman Lanjutan, Pemuliaan Ketahanan Hama dan Penyakit, dan Pemuliaan Tanaman Lahan Kering.

Pada mata kuliah Teknik Analisis dan Rancangan Persilangan akan dibahas tentang berbagai macam perancangan persilangan dan berbagai teknik analisis data yang terkait dengan genetika dan program pemuliaan tanaman yang mendasarkan pada kaidah-kaidah statistika dalam rangka mengefisienkan dan mengefektifkan kegiatan-kegiatan program pemuliaan tanaman. Pokok-pokok bahasan yang akan dipelajari selama satu semester meliputi : 1. Ruang lingkup dan arti penting teknik analisis dan rancangan persilangan; 2. Dasar-dasar statistika yang terkait dengan pemuliaan tanaman terutama tentang statistika diskripsi, analisis keragaman dan analisis korelasi dan regresi; 3. Heritabilitas terutama menyangkut pengertian, faktor-faktor yang mempengaruhi, metode estimasi, dan interpretasinyanya; 4. Rancangan persilangan dari Comstock dan Robinson (NCI, NCII, dan NCIII); 5. Analisis dialel (I, II, III, dan IV); 6. Korelasi dan regresi genotip yang membahas tentang penerapan korelasi dalam seleksi tidak langsung, macam-macam korelasi, metode estimasi dan cara interpretasi korelasi Genotip; 7. Program seleksi yang membahas koefisien kemajuan genetik, pendugaan kemajuan, intensitas, dan deferensial seleksi; dan 8. Interaksi Genotip dan lingkungan untuk pendugaan adaptasi genotip terhadap lingkungan.

2.1. Arti Penting Dalam Bidang Pemuliaan Tanaman

Program pemuliaan merupakan suatu rangkaian tahapan kegiatan yang membutuhkan tenaga, waktu, dan biaya yang cukup besar dalam rangka menciptakan suatu varietas unggul baru yang lebih baik dari varietas yang sudah ada. Agar pelaksanaan program pemuliaan lebih terencana, efisien dan efektif perlu adanya adanya suatu perencanaan yang matang dalam penentuan tujuan program pemuliaan terutama tipe varietas unggul baru yang akan dirakit, sifat-sifat tanaman apa saja yang akan diperbaiki, ketersediaan plasma nutfah sebagai bahan perakitan varietas unggul baru, perlu tidaknya suatu persilangan atau hibridisasi, tipe persilangan yang akan dikerjakan, pemilihan metode yang tepat, identifikasi faktor-faktor mendukung dan yang menghambat. Teknik analisis dan rancangan persilangan dapat membantu mengatasi masalah-masalah tersebut terutama dalam hal perancangan program pemuliaan yang akan dijalankan dan evaluasi serta analisis hasil kegiatan-kegiatan dalam tahapan-tahapan program pemuliaan tanaman.

2.3. Hubungannya dengan Bidang Pemuliaan Tanaman

Teknik analisis dan rancangan persilangan juga dapat membantu pemulia dalam masalah-masalah yang sering dihadapi di lapangan. Masalah-masalah yang sering muncul dalam program pemuliaan tanaman yaitu teknik untuk memilih individu, famili atau grup individu yang mempunyai karakter yang diinginkan untuk memperoleh varietas yang lebih baik dari yang telah ada karena sifat atau karakter tanaman yang diinginkan ditentukan oleh satu atau lebih gen. Penampilan suatu gen dipengaruhi oleh lingkungan dan menjadi lebih rumit jika terdapat interaksi antara genotip dan lingkungan. Genotip merupakan kumpulan gen-gen yang terdapat pada individu-individu, sedangkan lingkungan adalah faktor bukan genotip yang mempengaruhi nilai penampakan (fenotip).

Pemulia memilih individu atau grup individu mendasarkan pada fenotipnya, sedangkan yang diinginkan sebetulnya adalah superioritas genotipnya. Oleh karena itu perlu teknik-teknik khusus agar tanaman yang dipilih adalah tanaman yang unggul tidak hanya fenotipnya tetapi lebih penting unggul genotipnya. Pemulia akan tertarik jika keragaman populasi disebabkan oleh adanya perbedaan genetik antara individu-individu atau famili-famili dalam populasi, sehingga kemajuan seleksi dapat ditingkatkan karena frekuensi gen terhadap sifat yang diperbaiki akan semakin meningkat. Dengan teknik analisis dan rancangan persilangan akan memudahkan pemulia dalam menjalankan program pemuliaan, sehingga program pemuliaan yang merupakan pekerjaan besar dapat dilaksanakan dengan efisien dan efektif.

II. DASAR-DASAR STATISTIKA

A. Kompetensi Dasar:

Setelah meyelesaikan pokok bahasan ini mahasiswa dapat menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan statistika diskripsi, uji keragaman dan uji beda nyata, korelasi dan regresi sederhana secara benar.

B. Indikator

1. Menghitung Statistika deskripsi

2. Menghitung Analisis keragaman

3. Menganalisis dengan Uji F dan Uji-t

4. Menghitung dan mengaplikasikan Korellasi dan regresi sederhana

C. Sub Materi Pokok :

1. Peranan Statistika dalam Pemuliaan Tanaman

2. Statistika Diskripsi

3. Analisis Keragaman

4. Analisis Korelasi dan Regressi

2. 1. Peranan Statistika dalam Pemuliaan Tanaman

Statistika mempunyai peranan yang penting dalam program perbaikan tanaman melalui program pemuliaan tanaman. Statistika merupakan suatu alat yang digunakan oleh pemulia tanaman untuk mendapatkan atau menimbulkan data, menata data, analisis, interpretasi, dan menyimpulkan hasil interpretasi datanya. Statistika juga merupakan suatu alat untuk memecahkan masalah-masalah yang ada dalam perbaikan sifat melalui program pemuliaan. Pemulia sering menghadapi materi atau bahan pemuliaan terutama berupa galur atau populasi yang besar yang harus dievaluasi dalam waktu yang bersamaan. Perbaikan tanaman harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga diperoleh pendugaan ragam genetik dengan ketelitian yang besar supaya dapat memberikan hasil seperti yang diprogramkan. Selain itu pemulia sering mempunyai benih masing-masing galur atau varietas dalam jumlah yang berbeda. Pemulia sering melakukan percobaan dengan jumlah galur dan ulangan yang sama di semua lokasi yang didasarkan pada jumlah benih yang paling sedikit atau pemulia melaksanakan percobaan dengan jumlah galur yang berbeda pada setiap lokasi atau dengan jumlah ulangan per galur berbeda demikian juga jumlah galur per lokasi berbeda.

Dalam program pemuliaan tanaman, pemulia mempunyai tugas untuk memilih individu, famili atau grup individu yang mempunyai karakter yang diinginkan untuk memperoleh varietas yang lebih baik dari yang telah ada. Sifat atau karakter tanaman yang diinginkan ditentukan oleh satu atau lebih gen. Penampilan suatu gen dipengaruhi oleh lingkungan dan menjadi lebih rumit jika terdapat interaksi antara genotip dan lingkungan. Genotip merupakan kumpulan gen-gen yang terdapat pada individu-individu, sedangkan lingkungan adalah faktor bukan genotip yang mempengaruhi nilai penampakan (fenotip). Pemulia tanaman lebih tertarik untuk mengkaji seberapa besar pengaruh genotip terhadap fenotip. Pemulia akan tertarik jika keragaman populasi disebabkan oleh adanya perbedaan genetik antara individu-individu atau famili-famili dalam populasi, sehingga kemajuan seleksi dapat ditingkatkan karena frekuensi gen terhadap sifat yang diperbaiki akan semakin meningkat. Pemulia harus bisa memisahkan pengaruh lingkungan dari faktor genetik dengan jalan menghomogenkan faktor lingkungan, sehingga keragaman fenotip yang dapat diamati atau diukur lebih dominan disebabkan oleh faktor genetik. Dengan bantuan statistika, maka masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan, misalnya dengan metode kuadrat terkecil atau menggunakan rancangan perkawinan tertentu.

Dua hal yang menjadi fokus dalam statistika yaitu nilai tengah atau tendensi sentral atau rata-rata dan keragaman. Nilai tengah merupakan wakil nilai suatu populasi atau sampel, sedangkan keragaman merupakan perbedaan-perbedaan nilai pengamatan atau pengukuran antara individu yang satu dengan lainnya dalam suatu sampel atau populasi akibat berbagai sebab. Dalam program pemuliaan, setiap analisisnya juga bermuara pada nilai tengah dan keragaman ini juga. Misalnya untuk mengkaji adanya kemajuan seleksi, maka nilai respon seleksinya diperoleh dari selisih nilai tengah populasi yang telah diperbaiki dengan populasi asalnya. Kajian keragaman dalam program pemuliaan tanaman lebih difokuskan pada ragam yang disebabkan oleh faktor genetik terutama faktor genetik aditifnya. Dasar-dasar Statistika yang sering digunakan dalam program pemuliaan tanaman adalah Statistika Diskripsi, Analisis Keragaman, dan Analisis Korelasi-Regresi.

2.2. Statistika Diskripsi

Analisis statistika ini sering digunakan dalam mencandra atau mendiskripsi suatu tanaman baik yang berupa varietas liar, varietas lokal, galur, varietas unggul, varietas hasil introduksi atau jenis l

Recommended

View more >