cover renstra gni 2010-2014

152

Upload: others

Post on 15-Oct-2021

6 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: COVER RENSTRA GNI 2010-2014
Page 2: COVER RENSTRA GNI 2010-2014
Page 3: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

iii! (Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014(

(

Renstra Direktorat Jenderal Kebudayaan Tahun 2010-2014 merupakan dasar dan

pedoman bagi Unit Eselon II dan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal

Kebudayaan, dan sebagai acuan dalam menyusun (1) Rencana Kerja Pemerintah (RKP);

(2) Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL); (3) Laporan Tahunan;

dan (4) Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

Renstra ini perlu dipahami dan dimanfaatkan oleh seluruh jajaran Direktorat Jenderal

Kebudayaan serta para pemangku kepentingan dalam menyusun perencanaan,

pelaksanaan, dan evaluasi program pembangunan bidang kebudayaan secara

terintegrasi, sinergis, dan berkesinambungan. Namun demikian, kami menyadari masih

banyak kekurangan di dalam penyusunan Renstra ini, untuk itu kami mohon masukan dan

saran untuk perbaikan Renstra ini ke depan, karena sifat dari Renstra adalah dinamis.

Jakarta, 6 Februari 2013

Plt. Direktur Jenderal Kebudayaan

Kacung Marijan

(

Page 4: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !1!

!

Bab$1!

PENDAHULUAN)))))!

!

)

1.1.

) ) LATAR)BELAKANG)

)

Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejalan dengan pembukaan UUD itu, batang tubuh konstitusi tersebut di antaranya Pasal 20, Pasal 21, Pasal 28 C ayat (1), Pasal 31, dan Pasal 32, juga mengamanatkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional dan memajukan kebudayaan nasional untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang.

Pembangunan kebudayaan Indonesia harus mampu mendukung misi pemerintah dalam menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan, serta pelestarian dan pengelolaan kebudayaan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan

Page 5: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

2! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

kehidupan lokal, nasional, dan global. Dalam hal ini, pembangunan kebudayaan juga memberikan penekanan pada membangun manusia Indonesia yang memiliki karakter sejsuai jati diri bangsa Indonesia.

Pembangunan kebudayaan dilaksanakan dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2010-2014 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005-2025. Berdasarkan RPJPN tersebut, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) telah menyusun Rencana Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang (RPPNJP) 2005-2025, seperti yang tertuang di dalam Permendiknas Nomor 32 Tahun 2005.

RPPNJP telah dijabarkan ke dalam empat tema pembangunan pendidikan, yaitu tema pembangunan I (2005-2009) dengan fokus pada peningkatan kapasitas dan modernisasi; tema pembangunan II (2010-2015) dengan fokus pada penguatan pelayanan; tema pembangunan III (2015-2020) dengan fokus pada penguatan daya saing regional; dan tema pembangunan IV (2020-2025) dengan fokus pada penguatan daya saing internasional. Tema pembangunan dan penetapan tahapan tersebut selanjutnya perlu disesuaikan dengan RPJPN 2005-2025 dan RPJMN 2010-2014 serta perkembangan kondisi yang akan datang.RPJMN Tahun 2010-2014 ditujukan untuk lebih memantapkan pembangunan Indonesia di segala bidang dengan menekankan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) termasuk pengembangan kemampuan ilmu dan teknologi serta penguatan daya saing perekonomian. RPJMN Tahun 2010-2014 tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2010-2014.

Pembangunan kebudayaan tercakup dalam pembangunan bidang sosial budaya dan kehidupan beragama yang terkait erat dengan pengembangan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia, sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005 – 2025, yang mengamanatkan bahwa pembangunan bidang sosial budaya dan kehidupan beragama diarahkan pada pencapaian sasaran untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab; dan mewujudkan bangsa yang berdaya saing untuk mencapai masyarakat yang lebih makmur dan sejahtera. Dalam pembangunan kebudayaan, terciptanya kondisi masyarakat yang berakhlak mulia, bermoral, dan beretika sangat penting bagi terciptanya suasana kehidupan masyarakat yang penuh toleransi, tenggang rasa, dan harmonis. Disamping itu, kesadaran akan budaya memberikan arah bagi

Page 6: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !3!

!

perwujudan identitas nasional yang sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan menciptakan iklim kondusif serta harmonis sehingga nilai-nilai kearifan lokal akan mampu merespon modernisasi secara positif dan produktif sejalan dengan nilai-nilai kebangsaan.

Sebagai penjabaran lebih lanjut dari rencana dan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan tersebut, dan juga dalam rangka membuat pencapaian yang ideal, Kemendiknas menyusun Renstra 2010-2014. Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2010-2014 menjadi pedoman bagi semua tingkatan pengelola pendidikan dan kebudayaan di pusat dan daerah dalam merencanakan dan melaksanakan serta mengevaluasi program dan kegiatan pembangunan pendidikan dan kebudayaan.Bidang kebudayaan menyusun Renstra 2010-2014 yang mendukung dan melengkapi Renstra Kemendikbud pada periode tahun yang sama.

Renstra bidang kebudayaan 2010-2014 memuat visi dan misi pembangunan kebudayaan yang sejalan dan mendukung visi dan misi Kemendikbud. Renstra ini juga memuat strategi, arah kebijakan dan program-program prioritas dari bidang kebudayaan. Keseluruhan strategi, arah kebijakan, dan program tersebut dalam rangka merespon kondisi umum internal dan eksternal, permasalahan, dan tantangan yang ada. Selain itu, Renstra juga menjadi acuan dalam rangka pembaharuan pendidikan dan kebudayaan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Tahun 2012 bidang kebudayaan, yang sebelumnya merupakan direktorat di bawah Kemenparekraf, diintegrasikan kembali di bawah Kemendikbud. Paradigma strategi bidang kebudayaan, seperti tercakap dalam Renstra 2010-2014, adalah mengintegrasikan fungsi kebudayaan fungsi kebudayaan dengan pendidikan. Dalam hal ini, integrasi bukan sekedar menggabungkan (menempelkan) fungsi kebudayaan, tetapi menyatukan ‘merging’ fungsi kebudayaan dan pendidikan. Integrasi harus berangkat dari tujuan untuk mempercepat upaya untuk membangun insan Indonesia yang berpengetahuan dan berbudaya (beradab).

Page 7: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

4! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

Pengintegrasian kebudayaan dalam pendidikan

Sebagai bentuk integrasi kebudayaan ke dalam bidang pendidikan diperlukan peningkatan pelayanan kebudayaan melalui:

a. Pengayaan bahan pustaka bidang kebudayaan di bidang pendidikan;

b. Pembenahan bahan pembelajaran sejarah dan kebudayaan di bidang pendidikan;

c. Pemenuhan media pembelajaran dan apresiasi peserta didik dalam kesenian Indonesia;

d. Penguatan kurikulum bidang kebudayaan dalam pembelajaran sejarah/PPKN;

e. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan dalam bidang kebudayaan.

Untuk memperkuat integrasi fungsi kebudayaan dalam pendidikan perlu penguatan budaya di masyarakat melalui pemberian fasilitasi sarana untuk Sanggar/Komunitas Adat/Sasana Sarasehan, Pemberdayaan lembaga kepercayaan dan komunitas adat sebagai upaya untuk menguatkan kantong-kantong budaya di daerah, kegiatan berupa pemberian fasilitasi dahulu belum mempunyai standar dan kriteria yang jelas, untuk itu diperlukan pembuatan POS dan akreditasi dari lembaga kepercayaan dan komunitas adat yang akan difasilitasi.

Dalam kerangka pelaksanaan Tugas pokok dan Fungsi bidang kebudayaan tersebut, maka sejalan dengan integrasi Kebudayaan dalam bidang Pendidikan khususnya menjadi Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, maka perlu disusun Rencana Strategis pembangunan Bidnag Kebudayaan yang akan menjadi dasar pihak dan arahan pelaksanaan pembangunan bidnag Kebudayaan di tahun 2010 – 2014.

)

Page 8: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !5!

!

1.2.

DEFINISI)BUDAYA,)KEBUDAYAAN,))

DAN)SISTEM)KEBUDAYAAN)

)

1.2.1. BUDAYA

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya: Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri."Citra yang memaksa" itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti "individualisme kasar" di Amerika, "keselarasan individu dengan alam" di Jepang dan "kepatuhan kolektif" di Cina.

Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

Page 9: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

6! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1.2.2. KEBUDAYAAN

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai KEBUDAYAAN adalah keseluruhan gagasan, peri laku, dan hasil karya manusia yang dikembangkan melalui proses belajar dan adaptasi terhadap l ingkungannya yang berfungsi sebagai pedoman untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Page 10: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !7!

!

1.2.3. SISTEM KEBUDAYAAN DI INDONESIA

Apabila mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat (Pusat Bahasa, 2008:1320), istilah sistem dapat dimaknai sebagai “perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas.” Sedangkan dalam Kamus Oxford 7th Edition (2005:1557), system didefinisikan sebagai “an organized set of ideas or theories or a particular way of doing something.” Dari kedua pengertian tersebut di atas, selanjutnya dapat ditarik ke dalam definisi yang lebih sederhana. Sistem di sini akan dimaknai sebagai seperangkat gagasan atau unsur-unsur tentang sesuatu yang saling berkelindan yang mempengaruhi sesuatu.

Ketika istilah ‘sistem’ disandingkan dengan istilah ‘kebudayaan’, sistem kebudayaan bisa diartikan sebagai: seperangkat unsur-unsur kebudayaan yang saling berkaitan dan mempengaruhi antara yang satu dengan yang lainnya. Lebih lanjut, sistem kebudayaan Indonesia dapat dipahami sebagai seperangkat unsur-unsur kebudayaan yang berada dalam batas wilayah negara Indonesia yang saling berkaitan dan mempengaruhi antara yang satu dengan yang lainnya. Sistem Kebudayaan adalah keseluruhan proses dan hasil interaksi sistemik dari budaya keagamaan, budaya kebangsaan, budaya kesukuan, budaya tempatan, serta budaya global, yang terkait satu sama lain dan dinamis menuju ke arah kemajuan peradaban bangsa.

Sistem Kebudayaan di Indonesia dipengaruhi oleh budaya dunia, budaya kesukuan, budaya tempatan, budaya kebangsaan, dan budaya keagamaan – yang masing-masing memiliki komponen, seperti halnya nampak pada Gambar 2.1. Adapun unsur-unsur kebudayaan Indonesia terdiri atas sepuluh unsur yaitu (1) sistem kepercayaan; (2) organisasi sosial; (3) komunikasi; (4) mata pencaharian; (5) pendidikan; (6) kesehatan; (7) kesenian; (8) pengetahuan dan teknologi; (9) tata boga; dan (10) tata busana.

Sistem Kebudayaan adalah keseluruhan proses dan hasil interaksi sistemik dari budaya keagamaan, budaya kebangsaan, budaya kesukuan, budaya

tempatan, serta budaya global, yang terkait satu sama lain dan dinamis menuju ke arah kemajuan peradaban

bangsa.!

Page 11: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

8! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

Gambar 1.1. Sistem Kebudayaan di Indonesia

Budaya Dunia

Peristiwa-peristiwa yang terjadi di luar “wilayah kebudayaan” Indonesia, tidak dapat dipungkiri – banyak mempengaruhi dinamika kebudayaan nasional, seperti perubahan-perubahan karakter budaya dan relasi-relasi sosial-budaya yang terjadi di dalam (di lingkup nasional). Peristiwa-peristiwa yang demikian itu, dalam hal ini dipandang sebagai satu rangkaian fenomena kebudayaan sebagai akibat dari apa yang dikenal sebagai globalisasi, yang merupakan salah satu ciri dari modernisasi. Singkatnya globalisasi merupakan proses interaksi (bahkan kontestasi) dari berbagai unsur antarkebudayaan di seluruh dunia. Maka dari itu, elemen-elemen inti dalam globalisasi yang dianggap mempengaruhi dan membentuk kebudayaan nasional telah diidentifikasi ke dalam beberapa domain, yaitu ekonomi, politik, sosial-budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, masalah lingkungan, masalah kesehatan, hingga persoalan etika.

Page 12: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !9!

!

Budaya Sukubangsa

Dalam sistem kebudayaan di Indonesia, fakta sosial memperlihatkan bahwa bangsa Indonesia bersatu dan terdiri atas ratusan kelompok sukubangsa yang berbeda. Pluralitas ini bisa dibuktikan apabila kita berangkat dari asumsi bahwa satu kebudayaan atau satu sukubangsa memiliki satu ragam bahasa, maka hasil penelitian para linguis yang menyatakan bahwa di Indonesia terdapat tidak kurang dari 800 bahasa, secara tidak langsung menyatakan juga bahwa di Indonesia terdapat 800 sukubangsa dengan kebudayaannya masing-masing. Oleh sebab itu, memotret kebudayaan Indonesia sama dengan memotret pluralitas kultural, atau keberagaman budaya. Ciri inilah yang kemudian menjadi penting, yang tentu saja tidak banyak dimiliki oleh negara-negara lain di dunia, sehingga dengan demikian sistem kebudayaan di Indonesia disokong oleh ratusan jenis sukubangsa dengan karakter dan corak kebudayaannya masing-masing, dan lebih dari itu, hal ini jugalah yang menjadi pembeda antara sistem kebudayaan di Indonesia dengan sistem kebudayaan bangsa lain di dunia.

Budaya Tempatan

Penanda utama budaya sukubangsa yang mudah diidentifikasi adalah bahasa dan lokasi geografisnya. Ragam sukubangsa di Indonesia antara lain: suku Jawa, Sunda, Banjar, Batak, Dayak, Buton, Bugis, Tionghoa, Minangkabau, dan sebagainya. Sementara budaya tempatan merupakan kebudayaan yang dilahirkan berdasarkan lokasi di mana sebuah masyarakat itu hidup. Hal ini dikenal sebagai ‘wilayah budaya’ atau culture area seperti budaya pesisiran, budaya pegunungan, budaya perkotaan, budaya pedesaan, dan sebagainya. Sejumlah gaya ungkap kesenian, seperti halnya sastra yang terkait dengan bahasa, juga dapat dilihat sebagai variabel identitas budaya. Dapat disebutkan misalnya betapa teknik dan gaya tari secara kuat menandai identitas suatu sukubangsa. Demikian juga ungkapan musikalnya, baik dilihat dari sistem nada maupun teknik produksi bunyi dan kekhasan-kekhasan melodiknya. Selain itu, seni rupa yang juga diwujudkan dalam bentuk tekstil khas, dapat secara kuat merujuk kepada identitas etnik pemiliknya.

Terkait dengan semua itu ada teknologi yang melekat pada hasil-hasil budaya yang khas itu. Contoh mencolok yang dapat disebutkan adalah teknik membuat kapal kayu pada orang Bugis: papan-papan disusun membentuk badan kapal dan baru kemudian dibubuhkan kerangka luarnya. Bahkan perekat yang digunakan orang Bugis adalah getah dari pohon tertentu yang tumbuh di hutan, sebagaimana yang terdapat di Bulukumba. Teknik yang

Page 13: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

10! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

sama ternyata diterapkan di manapun orang Bugis bermukim, seperti antara lain di Sape (Kabupaten Bima, Pulau Sumbawa), dan Labuan Bajo. Suku-suku bangsa tertentu yang mempunyai fokus budaya berupa pembuatan kain tenunnya yang khas seringkali juga mengenal teknik-teknik tertentu untuk memproduksi zat pewarna dari sumber-sumber alami setempat, baik tumbuhan, hewani, maupun mineral. Aspek-aspek teknologi lain yang sering dimiliki oleh suatu sukubangsa adalah dalam hal pembuatan lingkungan binaan, khususnya rumah. Teknologi arsitektural itu berkenaan dengan penyiapan dan pengolahan bahan, sampai ke penataan strukturalnya. Hal serupa juga bisa didapati dalam hal pembuatan instrument-instrumen musik yang seringkali mempunyai keunikan etniknya tersendiri.

Organisasi sosial adalah aspek lain yang dapat menunjukkan kekhasan dari suatu suku bangsa. Bentuk-bentuk khusus ikatan kekeluargaan, dari keluarga inti sampai keluarga luas, serta perunutan garis keturunan (melalui ayah atau ibu, atau kombinasi) mempunyai variasi yang cukup luas di antara suku-suku bangsa di Indonesia. Di samping itu semua, suku-suku bangsa tertentu mengenal golongan-golongan sosial khusus yang ditentukan oleh jenis-jenis keahlian atau pekerjaan yang dimiliki. Orang Bugis misalnya, mengenal golongan bissu yang mempunyai keahlian khusus berkenaan dengan hubungan dengan alam gaib dan antara lain terkait dengan penyembuhan dan upacara-upacara ritual kerajaan. Mereka sebagai kelompok mempunyai kedudukan sosial yang tinggi. Peran dan keahlian semacam itu juga terdapat pada suku-suku bangsa lain tertentu, seperti para balian pada suku-suku Dayak, para datu pada masyarakat Batak, dan lain-lain, meski pada dua yang disebut terakhir itu kualifikasi khusus mereka itu lebih dilihat sebagai bersifat individual dan tidak dikaitkan sebagai penanda golongan sosial. Suatu aspek tata sosial yang bisa menunjukkan kekhususan pada berbagai kebudayaan etnik adalah juga terkait dengan dengan tata laku serta hak dan kewajiban dari golongan-golongan yang diperbedakan, seperti para orang tua yang diperbedakan hak, kewajiban dan kedudukannya dari para remaja dan anak-anak; juga kaum laki-laki yang diperbedakan dengan kaum perempuan; dan pada masyarakta etnik tertentu terdapat pembedaan berdasarkan keturunan antara ‘bangsawan’ dan orang kebanyakan. Sarana pembedaan antara golongan sosial itu seringkali dinyatakan melalui pembedaan busana dan bahasa, disamping hal-hal lain juga, seperti hak untuk memiliki bagian-bagian tertentu pada rumahnya, hak untuk memiliki dan menyantuni bentuk-bentuk seni pertunjukkan tertentu, dan lain-lain yang semua itu tentunya memerlukan pengkajian yang mendalam, khususnya sebelum semua

Page 14: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !11!

!

pembedaan itu hilang karena dianggap ‘tak sesuai lagi dengan kemajuan zaman’.

Adanya berbagai sukubangsa yang banyak di dalam tubuh bangsa Indonesia adalah suatu fakta dasar yang menyebabkan bangsa Indonesia ini perlu mengusung motto Bhinneka Tunggal Ika. Di samping itu, pengenalan dan pemahaman akan substansi keaneka-ragaman itu juga memberikan peluang untuk merasakan adanya kedalaman historis dari kebersamaan dalam persatuan ini. Masing-masing sukubangsa pun mempunyai sejarah budayanya yang panjang. Proses pembentukan budaya suku-suku bangsa itu telah terjadi ratusan bahkan mungkin ribuan tahun. Kesadaran akan ini semualah yang membuat bangsa baru, bangsa Indonesia ini, merasa mempunyai kedalaman sejarah. Di samping kebermaknaan historis itu, keseluruhan perbendaharaan budaya suku-suku bangsa itu dapat pula dilihat sebagai “sumber kekayaan” yang senantiasa dapat digali untuk mencari unsur-unsurnya yang bisa berfungsi memperkaya kebudayaan nasional.

Budaya Kebangsaan

Dalam sistem kebudayaan di Indonesia terdapat budaya kebangsaan. Ada satu hal yang perlu dijelaskan sebenarnya tentang budaya kebangsaan, yakni bahwa budaya kebangsaan berbeda dengan budaya Indonesia. Budaya Indonesia selayaknya dipahami sebagai keseluruhan gagasan, perilaku, dan hasil perilaku yang digunakan untuk beradaptasi dan diperoleh melalui proses belajar dalam kehidupan bermasyarakat bangsa Indonesia atau dalam wilayah Indonesia. Namun di sini, pendek kata, budaya kebangsaan yang dimaksud adalah keseluruhan gagasan, perilaku, dan hasil perilaku yang digunakan untuk beradaptasi dan diperoleh melalui proses belajar dalam kehidupan bermasyarakat suatu bangsa.

Kebudayaan kebangsaan dalam sistem budaya Indonesia tentu saja secara historis tidak mungkin lepas dari momen lahirnya bangsa Indonesia (sejak kemunculan kesadaran akan pentingnya nasionalitas oleh kaum intelektual dan kaum muda pada awal abad ke-20) karena, nasionalitas suatu bangsa muncul setelah terbentuknya sebuah nasion dengan kedaulatan yang sah. Dari sini kemudian, Indonesia disadari atau tidak sebagai negara berdaulat menyerap hal-hal baru (baca: gagasan-gagasan baru) untuk menata bagaimana membentuk dan mengelola sebuah negara. Jika membayangkan gagasan nasionalitas merupakan salah satu lokus dari kebudayaan nasional, dan gagasan tentang nasion itu diadopsi dari model berpikir Barat, maka dengan demikian ‘budaya nasional’ adalah bagian dari sistem kebudayaan

Page 15: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

12! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

Indonesia. Dan, kenyataan itu merepresentasikan Indonesia seperti yang ditesiskan sebagai imagined community oleh Benedict Anderson sekitar 20 tahun lalu, di mana masyarakat Indonesia yang begitu plural dapat melangsungkan kehidupan berbangsa dan bernegara selama lebih dari 65 tahun.

Budaya Keagamaan

Salah satu pembentuk sistem kebudayaan di Indonesia adalah budaya keagamaan. Budaya keagamaan dapat pula dikatakan sebagai tradisi keagamaan. Sejarah peradaban dunia menunjukkan bahwa agama-agama di penjuru bumi ini muncul dan berkembang seiring dengan pemahamanan dan penghayatan manusia atas dunianya, atas lingkungannya. Artinya, diasumsikan bahwa agama berkembang selaras dengan perkembangan kemampuan manusia berpikir. Pengalaman-pengalaman metafisis dialamai dan kemudian diyakini oleh manusia maupun sekelompok manusia tertentu. Agama disebut sebagai salah satu unsur pembentuk sistem kebudayaan lantaran hampir selalu sebuah kelompok sosial atau kebudayaan memiliki corak ekspresi religiositas tertentu.

Ahli-ahli sosiologi dan antropologi, melihat fenomena agama sebagai fenomena sosial dan kultural, sehingga agama menjadi satu elemen penting yang memberi corak dari sebuah masyarakat, sebuah kebudayaan. Dalam perspektif persebaran kebudayaan (difusi) maupun akulturasi (hibridisasi unsur budaya), sistem kebudayaan yang berlaku di Indonesia harus mengakui pula bahwa kemunculan agama-agama besar di dunia banyak mempengaruhi perkembangan peradaban kebudayaan di Indonesia, mulai dari agama yang bersifat politheisme hingga monotheisme. Kemampuan sistem budaya kita dalam mengadopsi unsur budaya agama, dan tentu saja beradaptasi dengan unsur-unsur baru merupakan cerminan sifat sistem kebudayaan di Indonesia yang bersifat akulturatif.

Page 16: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !13!

!

1.3.

KONSEP)MEMBANGUN)RUMAH)BUDAYA)

)

Pembangunan nasional kebudayaan diwujudkan dengan mempertimbangkan 5 (lima) pilar pembangunan yaitu: (1) jati diri dan karakter bangsa; (2) karya dan warisan budaya (benda dan takbenda); (3) diplomasi budaya, (4) kelembagaan dan SDM kebudayaan, dan (5) sarana dan prasarana budaya.

Page 17: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

14! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1.3.1. PEMBANGUNAN JATI DIRI DAN KARAKTER BANGSA

Jati Diri

Berbeda dari binatang, manusia memiliki kesadaran. Kesadaran manusia bukan hanya terbatas pada kesadaran akan fakta (fact) belaka, melainkan juga merambah luas ke kawasan nilai (value). Oleh karena itu, hidup manusia bukan hanya tenggelam dalam kepungan fakta, melainkan dapat bertransendensi menjangkau ke alam nilai-nilai. Itulah mengapa, setiap tindakan manusia yang waras (baik tindakan ”batiniah” maupun tindakan ”lahiriah”), pastilah bermakna, karena setiap tindakan manusia bukan hanya merupakan gerakan mekanisktik seperti mesin atau instingtif seperti hewan belaka, melainkan dilandasi atau dijiwai oleh nilai-nilai tertentu yang diyakininya, baik yang diakui dan dirumuskan secara tegas-tegas atau pun yang hanya diyakini secara diam-diam. Jadi, nilai-nilailah yang secara normatif merupakan acuan bagi perilaku kehidupan bangsa.

Apabila subjeknya bangsa Indonesia, maka acuan perilaku bangsa Indonesia ialah nilai-nilai luhur yang telah disepakati dan dirumuskan oleh para pendiri bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Nilai-nilai luhur yang dimaksud ialah seperangkat nilai yang terdiri atas nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan atau kebangsaan, kerakyatan, dan keadilan yang diyakini kebenarannya, kebaikannya, keindahannya, dan kegunaannya bagi kehidupan bersama sebagai bangsa yang menegara.

Jikalau nilai-nilai luhur itu merupakan ideal-ideal yang diidamkan Bangsa Indonesia dan sekaligus menjadi referensi bagi perilaku dalam mengarungi kehidupan, yang apabila semuanya berlangsung secara konsisten dan konsekuen, maka akan tampaklah identitas atau ”jati diri” bangsa Indonesia. Jati diri bangsa Indonesia itu tidak lain merupakan sifat dan perilaku khas bangsa Indonesia yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur yang terdiri atas nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan atau kebangsaan, kerakyatan, dan keadilan yang diyakini kebenarannya, kebaikannya, keindahannya, dan kegunaannya bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Page 18: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !15!

!

Karakter

Kata ”karakter” berasal dari bahasa Yunani “karakter” yang berarti ”tanda” (mark), ”tanda khusus”, atau ”ciri khas”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ”karakter” berarti: sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain; tabiat; watak. Menurut The Encyclopaedia of the Social Sciences, istilah karakter secara umum menunjuk organisasi sifat khas yang membedakan satu individu dari individu yang lain. Dalam arti yang paling luas, istilah karakter itu berpadanan arti dengan individualitas; namun dalam diskusi praktis, istilah tersebut terutama berlaku untuk kelompok sifat yang memiliki makna sosial dan moral. Dalam Collier’s Encyclopedia dikatakan bahwa istilah karakter, apabila ditelusur ke belakang, ternyata sudah digunakan kira-kira abad ke-5 SM. Pada masa itu istilah karakter digunakan untuk menunjuk ”tanda khas” atau ”ciri khas” dari individu yang berkaitan dengan ideal-ideal dan perilaku sebagaimana diputuskan dengan mempertimbangkan nilai-nilai dan kekuatan kehendak. Sementara itu, dalam Ensiklopedi Indonesia, istilah karakter dirujuk dan dipadankan dengan istilah watak, yang dimaknai sebagai keseluruhan dari segala macam perasaan dan kemauan; menampak keluar sebagai kebiasaan, cara bereaksi terhadap dunia luar, dan pada ideal-ideal yang diidam-idamkannya. Watak seseorang berdasarkan insting, bakat kemauan, dan bakat perasaan orang yang bersangkutan. Bagaimana watak seseorang terbentuk bergantung kepada pengalamannya.

Dari nukilan atas sumber-sumber di atas dapat dicatat sejumlah kata kunci yang penting berkenaan dengan istilah karakter. Secara etimologis, istilah karakter sendiri berarti ”ciri khas”. Disebut ciri khas, karena ”barang sesuatu” atau hal yang ditunjuk tersebut berbeda dari yang lain. Makna etimologis saja tentu belum cukup untuk menggambarkan konsep yang dikandung oleh istilah karakter. Secara terminologis, istilah karakter mengandung sejumlah komponen makna yang penting, di antaranya:

(1) organisasi sifat yang khas (berbeda dari yang lain);

(2) memiliki makna sosial (dalam kaitannya dengan hidup bersama dalam suatu masyarakat atau komunitas tertentu);

(3) memiliki makna moral (berkenaan dengan perbuatan apa yang dianggap ”baik” atau ”buruk/jahat”);

(4) bekerjanya kehendak (berkenaan dengan tekad dan keteguhan hati);

Page 19: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

16! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

(5) cara bereaksi atau bertindak atau berperilaku dalam menghadapi kehidupan yang senantiasa berada dalam ketegangan antara kenyataan faktual (realitas telanjang sebagaimana dihadapi dalam keseharian) atau das Sein dan ideal-ideal yang diidamkannya (nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi) atau das Sollen.

Tampak bahwa secara teoritik, istilah karakter ternyata tidak dengan mudah dirumuskan dengan sederhana dan dalam satu tarikan nafas belaka. Di samping itu, istilah karakter acapkali juga dikacaukan dengan temperamen, kepribadian, dan moralitas. Meskipun harus diakui, ketiga istilah itu memang selalu bersinggungan dengan karakter, bahkan dapat dikatakan ketiganya merupakan semacam komponen atau dimensi karakter.

Memang tidak mudah menyederhanakan makna yang dikandung istilah karakter, namun dalam keperluan perencanaan ini, konsep karakter harus dirumuskan sebagai suatu ”definisi operasional” agar diperolah ”kiblat” atau ”pegangan”. Karakter ialah sekumpulan sifat khas yang tampak dalam sikap mental, integritas kepribadian, dan tindakan moral seseorang dalam menghadapi kenyataan hidup dengan segala tantangan dan problematikanya. Rumusan ini menunjuk kepada subjek individual, karena pada dasarnya karakter sesungguhnya berkenaan dengan individu. Namun dalam konteks perencanaan ini, yang hendak dikaji ialah karakter bangsa. Dengan menyebut karakter bangsa, yakni bangsa Indonesia, berarti diam-diam sudah diandaikan bahwa suatu bangsa dianggap sebagai suatu entitas komunitas yang nyata. Kalau demikian, maka yang dimaksud dengan karakter bangsa Indonesia ialah sekumpulan sifat khas bangsa Indonesia yang tampak dalam sikap mental, integritas kepribadian, dan tindakan moral seseorang dalam menghadapi kenyataan hidup dengan segala tantangan dan problematikanya.

Pembangunan kebudayaan pada intinya ialah pembangunan manusia. Membangun manusia berarti bukan hanya membangun dimensi keragaan atau jasmaniahnya belaka, melainkan sekaligus membangun dimensi kejiwaan atau batiniahnya. Membangun dimensi kejiwaan atau batiniah manusia, berarti membangunan dimensi sikap mental, integritas kepribadian, dan moralitas manusia dalam menghadapi kenyataan hidup dengan segala tantangan dan problematikanya. Dan, dalam konteks keindonesiaan, secara lebih spesifik lagi ialah membangun dimensi sikap mental, integritas kepribadian, dan moralitas bangsa dalam mengadapi tantangan dan problematika hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pembangunan dimensi sikap mental, integritas kepribadian, dan moralitas bangsa, tidak lain adalah pembangunan jati diri dan karakter bangsa. Oleh

Page 20: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !17!

!

karena itu, pembangunan jati diri dan karakter bangsa merupakan salah satu pilar penting, bahkan paling penting, bagi pembangunan kebudayaan secara keseluruhan.

Pembangunan jati diri dan karakter bangsa amat penting bagi pencapaian cita-cita luhur atau visi utama Bangsa Indonesia yang telah bertekad melepaskan diri dari belenggu penjajahan dan mendirikan negara dan pemerintahan sendiri, yakni ingin menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Untuk itu, didirikanlah negara Republik Indonesia dan dibentuklah Pemerintah Indonesia yang tugas pokoknya ialah (1) melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, (2) memajukan kesejahteraan umum, (3) mencerdaskan kehidupan bangsa, dan (4) ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan nilai-nilai perdamaian abadi dan keadilan sosial. Inilah misi utama didirikannya negara, yang direpresantasikan dalam tugas pokok pemerintahan negara. Para penyenggara negara, yakni aparatur negara dari pusat hingga daerah atau unit terkecil pemerintahan negara, beserta seluruh komponen bangsa, yang nota bene merupakan warga negara Indonesia, manusia Indonesia, dituntut memiliki jati diri dan karakter yang mampu menopang upaya pencapaian visi dan misi negara tersebut.

Karakter bangsa harus dibangun dengan sunggguh-sungguh dan pembangunan itu harus merupakan usaha sadar yang terencara, terarah, dan sistematik agar karakter bangsa dapat mencerminkan jati diri bangsa Indonesia, yakni sifat dan perilaku khas Bangsa Indonesia yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur yang terdiri atas nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan atau kebangsaan, kerakyatan, dan keadilan yang diyakini kebenarannya, kebaikannya, keindahannya, dan kegunaannya bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dapat berlangsung secara seksama dan menghantarkan Bangsa Indonesia menuju kepada kehidupan yang sungguh-sungguh merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Karakter bangsa seharusnya menjadi arus utama (mainstream) dalam pembangunan nasional kebudayaan, artinya dalam setiap upaya pembangunan harus selalu memikirkan keterkaitan dan dampaknya terhadap pengembangan karakter. Dengan demikian, dapat diharapkan karakter yang terbentuk nantinya akan mengarah ke hal yang bernilai positif. Jati diri dan karakter bangsa di sini berada pada tataran ide, maksudnya tidak berbentuk secara nyata atau empiris, tetapi hanya dapat dirasakan dampaknya. Jika karakter bangsa ini memang baik, maka hal itu akan terasa dalam kehidupan

Page 21: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

18! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

berbangsa dan bernegara sehari-hari, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, karakter bangsa ini merupakan hal yang vital bagi pembangunan nasional kebudayaan (Pemerintah Republik Indonesia, 2010: 1-2).

Page 22: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !19!

!

1.3.2. PELESTARIAN KARYA DAN WARISAN BUDAYA (BENDA DAN TAKBENDA)

Pelestarian karya dan warisan budaya karya penting untuk dilakukan seiring dengan pembangunan nasional kebudayaan. Dalam hal ini, kebudayaan yang dilihat dari konteks ‘hasil’, baik yang bersifat benda maupun takbenda, harus dilestarikan. Hal ini salah satunya dengan melakukan pengembangan dari hasil kebudayaan itu sendiri. Oleh karena, dalam pelestarian karya dan warisan budaya diperlukan suatu kreativitas untuk menjadikan sebuah karya budaya dapat berkembang secara dinamis dan kreatif. Untuk itu diperlukan sebuah pembinaan bagi para pelaku kebudayaan agar kebudayaan di Indonesia dapat berkembang terlebih apabila pengembangan kebudayaan dilakukan sesuai dengan paradigma pembangunan nasional kebudayaan.

Karya budaya selanjutnya dapat dilihat dalam konteks kebudayaan baik dari masa lampau maupun artefak untuk kebudayaan di masa depan. Karya budaya sebagai hasil dari masa lampau, merupakan bagian dari sejarah dan warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan yaitu melalui upaya-upaya pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan. Di sisi lain, karya budaya sebagai hasil kebudayaan untuk masa depan, dalam hal ini adalah mengembangkan kebudayaan melalui strategi tertentu, untuk membentuk ketahanan budaya bangsa Indonesia, dan lebih jauh dapat menciptakan sebuah ‘landmark’ atau peninggalan bagi generasi Indonesia pada masa mendatang, yaitu berupa hasil kebudayaan yang ada dan/atau diciptakan pada masa kini – yang nantinya akan menjadi peninggalan sejarah dan warisan budaya bagi generasi mendatang.

Inovasi karya budaya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan karya budaya. Diperlukan tingkat kreativitas tertentu dari para pelaku kebudayaan sehingga mampu menciptakan kreasi dan inovasi hasil-hasil kebudayaan. Sedangkan warisan budaya adalah hasil keseluruhan budaya dari perilaku belajar atau berpola dari masyarakat tertentu yang diwarisi dari generasi sebelumnya dan kemudian ditambahkan (dimodifikasi) yang selanjutnya diwariskan ke generasi berikutnya (Kroeber dan Kluckhon, 1952). warisan budaya selanjutnya dibedakan menjadi bendawi (tangible cultural heritage) dan nonbendawi (intangible cultural heritage).

Yang termasuk tangible cultural heritage menurut Convention for The Safeguarding of The Intangible Cultural Heritage pasal 1 adalah:

Page 23: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

20! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1. Bangunan: hasil karya arsitektur, karya monumental atau karya seni, karya patung dan lukisan yang monumental, elemen atau struktur yang bersifat arkeologis, prasasti, gua hunian dan kombinasi yang memiliki nilai universal luar biasa dilihat dari sudut pandang sejarah, seni dan ilmu pengetahuan;

2. Kumpulan/kelompok bangunan: merupakan kumpulan bangunan yang terhubung atau terpisah yang karena arsitektur, homogenitas atau tempatnya dalam landsekap memiliki nilai universal luar biasa dipandang dari sudut sejarah, seni dan ilmu pengetahuan; dan

3. Situs: yaitu lokasi/tempat karya manusia atau karya alam dan manusia dan kawasan yang termasuk situs arkeologis, memiliki nilai universal luar biasa dilihat dari sudut pandang sejarah, estetika, etnologi atau antropologi.

Yang termasuk intangible cultural heritage menurut Convention for The Safeguarding of The Intangible Cultural Heritage pasal 2 ayat 1 adalah:

1. Tradisi dan ekspresi lisan termasuk bahasa sebagai wahana warisan budaya tak benda;

2. Seni pertunjukan;

3. Adat istiadat masyarakat, ritus, dan perayan-perayaan;

4. Pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam san semesta; dan

5. Kemahiran kerajinan tradisional.

Page 24: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !21!

!

1.3.3. PENGUATAN DIPLOMASI BUDAYA

Diplomasi kebudayaan atau diplomasi budaya adalah fenomena lama.1 Dalam beberapa literatur diplomasi budaya disebutkan sebagai Cultural Techniques in Foreign Policy. Akan tetapi, kajian lebih lanjut mengenai hubungan diplomasi kebudayaan terhadap politik luar negeri negara-negara sedang berkembang adalah hal yang baru.

Secara konvensional, pengertian diplomasi adalah sebagai usaha suatu negara-bangsa untuk memperjuangkan kepentingan nasional di kalangan masyarakat internasional.2 Dalam hal ini diplomasi diartikan tidak sekedar sebagai perundingan, melainkan upaya hubungan luar negeri.3 Diplomasi kebudayaan dapat diartikan sebagai usaha suatu negara untuk memperjuangkan kepentingan nasionalnya melalui dimensi kebudayaan, baik secara mikro seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, olah raga, dan kesenian, ataupun secara makro sesuai dengan ciri-ciri khas utama, misalnya propaganda dan lain-lain, yang dalam pengertian konvensional dapat dianggap sebagai bukan politik, ekonomi, ataupun militer. Beberapa literatur menyebutnya propaganda.4

Tujuan utama dari diplomasi kebudayaan adalah untuk mempengaruhi pendapat umum (masyarakat negara lain) guna mendukung suatu kebijaksanaan politik luar negeri tertentu. Pola umum yang biasanya terjadi dalam hubungan diplomasi kebudayaan adalah antara masyarakat (suatu negara tertentu) dan masyarakat lain (negara lain). Adapun pendapat umum yang dimaksud di sini adalah guna mempengaruhi policy pemerintah dari masyarakat yang bersangkutan.

Sasaran utama diplomasi kebudayaan adalah pendapat umum, baik pada level nasional, dari suatu masyarakat negara-bangsa tertentu, maupun internasional, dengan harapan pendapat umum tersebut dapat mempengaruhi para pengambil keputusan pada pemerintah atau organisasi internasional. Sarana diplomasi kebudayaan adalah segala macam alat komunikasi, baik media elektronik maupun cetak, yang dianggap dapat menyampaikan isi atau misi politik luar negeri tertentu, termasuk di dalamnya sarana diplomatik maupun militer. Materi ataupun isi diplomasi kebudayaan

!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1 Lihat Charles O. Lerche Jr. & Abdul A. Said, et. al., The Concept of International Politics (New Jersey:

Prentice Hlml Inc, 1964), hlm. 86-87. Di Kementerian Luar Negeri RI istilah tersebut disebut sebagai Diplomasi Publik.

2 Lihat K.J. Holsti, International Politics, A Framework for Analysis, Third Edition, (New Delhi: Prentice Hlml of India, 1984), hlmn. 82-83.

3 Lihat juga Roy S.L., Diplomasi, terjemahan Harwanto & Mirsawati (Jakarta: Rajawali Press, 1991). 4 Lihat K.J. Holsti, op.cit.

Page 25: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

22! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

adalah segala hal yang secara makro maupun mikro dianggap sebagai pendayagunaan aspek budaya (dalam politik luar negeri), antara lain kesenian, pariwisata, olah raga, tradisi, teknologi sampai dengan pertukaran ahli dan sebagainya.

Diplomasi merupakan cara, dengan peraturan dan tata karma tertentu, yang digunakan suatu negara guna mencapai kepentingan nasional negara tersebut dalam hubunganya dengan negara lain atau dengan masyarakat internasional. Dengan demikian, dalam hubungan internasional, diplomasi tidak bisa dipisahkan dan bertalian erat dengan politik luar negeri dan juga dengan politik internasional.

Secara konvensional, dalam bentuknya yang paling tajam, diplomasi berupa perundingan yang dilakukan oleh para pejabat resmi negara sebagai pihak-pihak yang mewakili kepentingan nasional masing-masing negara. Dalam perkembangannya kemudian, pelaku-pelaku diplomasi bukan hanya pejabat negara, melainkan juga kalangan swasta atau individu-individu yang mewakili kepentingan nasional negaranya dengan sepengetahuan atau persetujuan pemerintah. Karena pertimbangan tersebut, dalam dunia internasional, sekarang ini dikenal istilah-istilah “first track diplomacy”, “second track diplomacy”, bahkan “third track diplomacy”, dan “fourth diplomacy”. Dalam konteks itu, kita mengenal apa yang disebut “diplomasi kebudayaan”; kalau dahulu efektifitas diplomasi memerlukan dukungan politik atau ekonomi atau kekuatan militer yang riil, namun sekarang ini kekuatan politik, ekonomi, dan militer dalam hal-hal tertentu akan bersifat “counter productive”, tidak akan membantu tercapainya hasil yang dituju.5 Bahkan negara-negara super power seperti Amerika Serikat yang memiliki kekuatan ekonomi dan militer, kadang kala mengesampingkan penggunaan kekuatan ekonomi dan militernya dengan lebih menonjolkan penggunaan bidang kebudayaan. Presiden John F. Kennedy pernah dalam beberapa massa pada tahun 1960-1963 secara intensif menggunakan segi-segi kebudayaan guna menopang diplomasinya, yaitu dengan mengirimkan sukarelawan yang memiliki keahlian di bidang pendidikan dan olahraga serta seni, terutama seni musik, ke banyak negara-negara berkembang, termasuk ke Indonesia, yang terkenal dengan nama “Peace Corps”.

!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!5 Lihat, misalnya, Stanley Hoffmann, World Disorder; Troubled Peace in the Post Cold War Era, New York:

Rowman & Littlefield Publisher Inc., 1998, hlm. 25-26. Menyebutkan bahwa sejak awal tahun 1960-an adanya tendensi yang berupa ketidak-efektifan penggunaan kekuatan militer Amerika Serikat dalam pelaksanaan politik luar negerinya terhadap negara-negara berkembang, dan perlunya mempertimbangkan faktor-faktor lain, termasuk faktor kebudayaan.

Page 26: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !23!

!

Dari pembahasan sekilas di atas, kita perlu membedakan kegiatan kebudayaan ke luar negeri yang merupakan bagian dari pelaksanaan politik luar negeri, dengan kegiatan kebudayaan yang merupakan bagian dari bidang kepariwisataan yang tidak secara langsung merupakan bagian dari pelaksanaan politik luar negeri. Hal ini dikarenakan kepariwisataan lebih banyak berkaitan dengan kegiatan ekonomi makro, dan lebih difokuskan untuk membangun citra (public opinions) dalam hubungan internasional.

Dari uraian di atas, ada beberapa hal yang dapat ditegaskan di sini. Pertama, penerapan diplomasi kebudayaan, bagaimanapun juga bentuknya, harus integral dengan kebijaksanaan politik luar negeri yang dikoordinasi penuh oleh Kementerian Dalam Negeri. Kedua, untuk menjaga efektifitas dan menghindarkan campur aduk, kegiatan diplomasi kebudayaan perlu dibedakan dengan kegiatan kepariwisataan, walaupun keduanya harus saling mendukung. Ketiga, kegiatan diplomasi kebudayaan harus integral dan sinergi dengan program-program bidang-bidang lainnya, khususnya program yang dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri, baik hal itu merupakan kegiatan “second track diplomacy” atau pun “third track diplomacy”. Keempat, pelaksanaan diplomasi kebudayaan memerlukan dukungan kewibawaan politik, atau kekuatan ekonomi, atau bahkan postur kekuatan militer yang memadai, disamping memerlukan continuity atau sustainability pelaksanaannya oleh pemerintah yang mungkin silih berganti. Kelima, diplomasi kebudayaan sering sangat efektif dan relevan dilaksanakan oleh negara-negara maju, misalnya Uni Soviet dengan kemahiran warganya dalam tari ballet yang amat jarang dilakukan, atau di mana political efficacy pengiriman para matador maupun para penari dan penyanyi dari Spanyol ke negara-negara lain.

Adapun pelaku-pelaku diplomasi kebudayaan dapat dibedakan dari pelaku diplomasi yang lain, karena mereka bukan saja dari pihak pemerintah/resmi namun juga dari non-pemerintah, bahkan perorangan. Sebab, sasaran diplomasi kebudayaan ini adalah seluruh masyarakat negara, bukan sekedar pemerintahnya saja. Skema pelaku diplomasi kebudayaan dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Page 27: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

24! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

Gambar 1.2. Skema Pelaku dan Sasaran Diplomasi Kebudayaan

Yang membedakan tindakan diplomasi kebudayaan dengan diplomasi non-kebudayaan adalah ciri pelaku dan sasarannya. Diplomasi kebudayaan dilakukan oleh pemerintah maupun non-pemerintah, dan sasaran utamanya adalah masyarakat suatu negara-bangsa (dan bukan semata-mata langsung terhadap pemerintahnya). Oleh karena itu karakteristik konsep-konsep diplomasi kebudayaan amat didasarkan pada ciri-ciri pola komunikasinya dan bukan pada bidang operasi atau bidang-bidang disiplin yang dilibatkannya.

Page 28: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !25!

!

Secara umum, konsep-konsep diplomasi kebudayaan, adalah sebagai berikut:

Page 29: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

26! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1.3.4. PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN DAN SDM KEBUDAYAAN

Kelembagaan

Ada berbagai definisi kelembagaan yang disampaikan oleh ahli dari berbagai bidang, seperti:

“... aturan di dalam suatu kelompok masyarakat atau organisasi yang menfasilitasi koordinasi antar anggotanya untuk membantu mereka dengan harapansetiap orang dapat bekerjasama atau berhubungan satu dengan yang lain mencapai tujuan bersama yang diinginkan.” (Ruttan dan Hayami, 1984)

“... aturan dan rambu-rambu sebagai panduan yang dipakai oleh para anggota suatu kelompok masyarakat untuk mengatur hubungan yang saling mengikat atau saling tergantung satu sama lain. Penataan institusi (institutional arrangements) dapat ditentukan oleh beberapa unsur: aturan operasional untuk pengaturan pemanfaatan sumber daya, aturan kolektif untuk menentukan, menegakan hukum atau aturan itu sendiri dan untuk merubah aturan operasional serta mengatur hubungan kewenangan organisasi.” (Ostrom, 1985; 1986)

“... suatu himpunan atau tatanan norma–norma dan tingkah laku yang bisa berlaku dalam suatu periode tertentu untuk melayani tujuan kolektif yang akan menjadi nilai bersama. Institusi ditekankan pada norma-norma prilaku, nilai budaya dan adat istiadat.” (Uphoff, 1986)

“... sekumpulan batasan atau faktor pengendali yang mengatur hubungan perilaku antar anggota atau antar kelompok. Dengan definisi ini kebanyakan organisasi umumnya adalah institusi karena organisasi umumnya mempunyai aturan yang mengatur hubungan antar anggota maupuna dengan orang lain di luar organisasi itu.” (Nabli dan Nugent, 1989)

“... aturan main di dalam suatu kelompok sosial dan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi, sosial dan politik. Institusi dapat berupa aturan formal atau dalam bentuk kode etik informal yang disepakati bersama. North membedakan antara institusi dari organisasi dan mengatakan bahwa institusi adalah aturan main sedangkan organisasi adalah pemainnya.” (North, 1990)

“... mencakup penataan institusi (institutional arrangement) untuk memadukan organisasi dan institusi. Penataan institusi adalah suatu penataan hubungan antara unit-unit ekonomi yang mengatur cara unit-unit ini

Page 30: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !27!

!

apakah dapat bekerjasama dan atau berkompetisi. Dalam pendekatan ini organisasi adalah suatu pertanyaan mengenai aktor atau pelaku ekonomi di mana ada kontrak atau transaski yang dilakukan dan tujuan utama kontrak adalah mengurangi biaya transaksi.” (Williamson, 1985)

Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa kelembagaan mencakup perilaku yang dibentuk oleh norma dan nilai, dan struktur yang berperan sebagai aspek statis yang menjamin keberlangsungan suatu kelembagaan. Keberadaan kelembagaan bisa ada di daerah atau di tingkat masyarakat, uniti manajemen dari suatu projek, lini cabang dari pemerintah pusat, dsb. Kelembagaan juga bisa menjadi bagian sektor publik atau swasta dan mungkin merupakan perluasan dari fungsi-fungsi administratif pemerintah.

Dari berbagai definisi mengenai kelembagaan dan mengkaitkannya dengan kebudayaan, maka kelembagaan kebudayaan adalah suatu bentuk kesatuan unsur ‘formal’ (kesepakatan) beserta jaringannya yang dikembangkan secara terorganisasi, yang secara berkesinambungan mempengaruhi sistem pengelolaan sumber daya budaya guna menghasilkan perubahan ke arah pencapaian tujuan pembangunan kebudayaan nasional.

a) Lembaga sebagai institusi penting dalam pembangunan kebudayaan nasional

Dalam aspek kelembagaan tercakup aturan main, etika, kode etik, sikap dan tingkah laku seseorang atau suatu organisasi atau suatu sistem. Aspek kelembagaan juga difungsikan untuk mencari cara pemecahan masalah dalam pembangunan dan mendukung proses pembangunan yang lebih baik melalui suatu kebijakan sebagai upaya, cara dan pendekatan pemerintah untuk mencapai tujuan pembangunan yang sudah dirumuskan. Kebijakan dan kelembagaan (institusi) sulit dipisahkan, seperti dua sisi sekeping mata uang. Kebijakan yang bagus tetapi dilandasi kelembagaan yang jelek tidak akan membawa proses pembangunan mencapai hasil secara maksimal. Demikian juga sebaliknya, kelembagaan yang bagus tetapi kebijakannya tidak mendukung juga membuat tujuan pembangunan sulit dicapai sesuai harapan.

Page 31: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

28! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

Pengalaman menunjukkan bahwa kegagalan pembangunan seringkali bersumber dari kegagalan negara dan pemerintah dalam membuat dan mengimplementasikan kebijakan yang benar serta mengabaikan pembangunan kelembagaan yang seharusnya menjadi dasar dari seluruh proses pembangunan. Ringkasnya kegagalan terjadi karena tata kelola pemerintahan yang buruk serta ketidakmampuan yang sangat mendasar dari lembaga konvensional yang berorientasi disiplin adalah kegagalannya dalam memahami dan menjawab fakta-fakta mendasar dan ketidak-mampuan untuk menyesuaikannya dengan perkembangan zaman.

Kelembagaan dan kebijakan selalu menjadi isu penting dalam pembangunan kebudayaan. Selama ini pemerintah cenderung lebih menekankan pada pembangunan ekonomi dengan mengutamakan pembangunan infrastruktur fisik, teknologi, ekonomi dan politik. Sangat sedikit diperhatikan pembangunan infrastuktur kelembagaan (institusi) kebudayaan. Di lain pihak kebijakan pemerintah cenderung tidak konsisten selalu berubah dan sulit dilaksanakan secara utuh. Kegagalan pembangunan kebudayaan bersumber dari dua persoalan fundamental yaitu kegagalan kebijakan dan kegagalan kelembagaan.

b) Peran kelembagaan dalam mengubah paradigma penyelenggaraan pemerintahan konvensional menuju tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dalam pembangunan kebudayaan

Di samping tuntutan kebutuhan perubahan dari dalam berupa reformasi di dalam tata pemerintahan yang telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir, terutama dalam rangka menghadapi arus globalisasi dalam segala aspek kehidupan saat ini - telah mengharuskan semua kelembagaan, baik yang ada pada jajaran pemerintahan, badan usaha swasta maupun masyarakat di Indonesia juga harus melakukan perubahan paradigma (shifting paradigm) dalam manajemen penyelenggaraan kelembagaan termasuk tata pemerintahan terkait dengan pembangunan kebudayaan.

Lebih lanjut dikedepankan bahwa dalam konsepsi penyelenggaraan pemerintahan pembangunan kebudayaan yang baik, diharapkan masing-masing pihak yang mempertaruhkan kemampuannya untuk mencapai kualitas ekspresi budaya yang lebih baik. Sehingga di dalam

Page 32: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !29!

!

kelembagaan kebudayaan, masing-masing pihak harus memiliki paling tidak sembilan butir sifat maupun wawasan sebagai berikut:

1. Partisipatif; dalam arti semua anggota/ warga masyarakat mampu memberikan suaranya dalam pengambilan keputusan, langsung ataupun melalui lembaga perantara yang diakui mewakili kepentingannya. Partisipasi yang luas dibangun atas kebebasan berorganisasi dan menyampaikan pendapatnya secara konstruktif.

2. Penegakan dan kepatuhan pada peraturan perundangan; dalam arti hukum harus ditegakkan atas dasar keadilan tanpa memandang golongan dan perbedaan yang ada.

3. Transparansi; dalam arti adanya aliran informasi yang bebas, serta adanya kelembagaan dan informasi yang langsung dapat diakses oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Disamping itu, informasi juga harus cukup tersedia untuk dimengerti dan dipantau oleh semua fihak yang berkepentingan.

4. Daya tanggap (responsiveness); dalam arti adanya kemampuan kelembagaan dari pemerintah untuk memproses dan melayani keluhan dan pendapat semua anggota masyarakat.

5. Orientasi pada konsesus; di sini kepemerintahan yang baik dituntut harus dapat menjembatani perbedaan kepentingan antar warga masyarakat untuk mencapai konsesus yang luas dan mampu mengakomodasi kepentingan kelompok serta mencari kemungkinan dalam penentuan kibijakan dan prosedur yang dapat diterima.

6. Bersikap adil; dalam arti harus diupayakan bahwa semua warga masyarakat mempunyai kesempatan untuk meperbaiki dan memelihara kesejahteraannya.

7. Efektivitas dan efisiensi; di sini berarti setiap kinerja kelembagaan yang ada dan prosesnya mampu membuahkan hasil yang memadahi untuk memenuhi kebutuhan dengan pemanfaatan sumberdaya secara bijaksana (best use).

Page 33: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

30! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

8. Akuntabilitas dan pertanggungjawaban; harus selalu diupayakan bahwa pengambilan keputusan pada institusi pemerintah, sektor swasta dan organisasi kemasyarakatan bisa dipertanggung-jawabkan kepada publik dan segenap stakeholders. Kadar dan takaran akuntabilitas ini memang berbeda antara satu organisasi dengan organisasi yang lain serta tergantung juga pada apakah kebijakan itu diambil untuk keperluan internal atau eksternal.

9. Visi strategik: di sini berarti bahwa pemimpin dan publik harus sama sama memiliki perspektif yang luas dan jauh kedepan tentang pemerintahan yang baik, pengembangan manusia dan kebersamaan serta mempunyai kepekaan atas apa yang diperlukan untuk pembangunan dan perkembangan bersama.

Berdasarkan hal tersebut di atas, arti penting kelembagaan sebagai pilar di dalam pembangunan kebudayaan adalah sebagai aspek penting dalam merubah paradigma penyelenggaraan pemerintahan. Di dalam penyelenggaraan pemerintahan yang paling dibutuhkan terkait dengan pembangunan kebudayaan adalah perubahan dalam cara berfikir maupun bertindak, yaitu pembangunan kebudayaan tidak hanya bertumpu pada pemerintah saja atau secara sentralistik, namun juga melibatkan pemerintah daerah (kabupaten/kota), industri, dan masyarakat budaya.

Pemerintah dituntut untuk menciptakan iklim yang konduktif dalam pembangunan kebudayaan, meliputi nilai dan ekspresi budaya melalui koordinasi dan sinergi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pengembangan kelembagaan yang sehat dan efisien yang berdasarkan pada unsur-unsur Good Governance itu sendiri.

c) Peran kelembagaan dalam membangun kemitraan antar pelaku budaya meliputi publik, industri , dan masyarakat (Public – Private - Community Partnership) .

Kemitraan pemerintah-swasta merupakan salah satu cara penyediaan infrastruktur dan pelayanan publik, dimana pemerintah tetap bertanggung jawab dan akuntabel bagi penyediaan jasa publik dan tetap menjaga kelangsungan kepentingan publik. Konsep Public Private Partnership yang dipopulerkan oleh Osborne dan Gabler (1992) dalam Reinventing Government merupakan suatu konsep kerjasama

Page 34: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !31!

!

yang disusun antara pemerintah dan swasta atas dasar prinsip komplementaritas dan saling menguntungkan, yang bertujuan bagi penyediaan infrastruktur dan fasilitas publik yang efektif dan efisien. Sedangkan prinsip Public-Private Partnership adalah:

1. Terdapat dua pelaku yang terlibat, yakni pemerintah dan swasta;

2. Keduanya bekerjasama sebagai mitra, dalam hal ini tidak ada pihak yang bersifat membawahi pihak lain;

3. Adanya tujuan bersama berdasarkan komitmen yang hendak dicapai; dan

4. Setiap tujuan bersama berdasarkan komitmen tanggungjawab sendiri.

Koordinasi dan sinergi pengembangan kebudayaan tidak saja dalam kerangka kerjasama dan dukungan lintas sektor atau departemental, namun lebih jauh adalah koordinasi dan kerjasama antar daerah bahkan antar stakeholders dengan unsur industri dan masyarakat sebagai pelaku penting kebudayaan. Pendekatan melalui pola-pola kemitraan lintas sektor dan daerah, maupun di lingkup industri dan masyarakat dalam upaya pembangunan kebudayaan merupakan salah satu model yang perlu dibangun dan dirumuskan implementasinya. Sehingga perlu dirumuskan konsep dan pola kemitraan strategis dalam pembangunan kebudayaan.

SDM Kebudayaan

Peranan SDM dalam bidang Kebudayaan yang berbasis ekonomi kreatif sangat diperlukan untuk dapat melestarikan dan membangkit-kan kembali nilai kebudayaan yang ada di masyarakat sehingga dapat menjadi komoditas ekonomi yang dapat diperjualbelikan di pasar nasional maupun internasional.

Pengertian SDM Kebudayaan berasal dari kata SDM dan kebudayaan. SDM diartikan sebagai potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai mahluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian

Page 35: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

32! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

praktis sehari-hari, SDM dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi (Wikipedia). Selanjutnya SDM juga dapat berarti semua orang yang terdapat dalam suatu masyarakat ekonomi yang siap menyumbangkan tenaga mereka di berbagai pekerjaan.

Sedangkan kebudayaan berasal dari kata budaya yang diartikan sebagai keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar (Koentjaraningrat).

Sehingga SDM kebudayaan dapat diartikan sebagai semua individu, dengan seluruh potensi dalam dirinya, yang menuangkan gagasan, tindakan dan hasil karya budaya, dalam usaha menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.

Dari definisi di atas, keterlibatan manusia dalam kebudayaan dapat dikelompokkan/diklasifikasikan sebagai berikut:

!

SDM WARISAN BUDAYA (HERITAGE)

• Publik: Pengelola warisan budaya di dalam lembaga publik seperti BPCB, BPNB dan BALAR (Koordinator Situs dan Prasasti, Peneliti Situs dan Prasasti, Peneliti Pamong Budaya, Pengolah Data Situs dan Prasasti, Penulis Naskah Sejarah, Dokumentasi Dan Publikasi Situs Dan Prasasti)

• Swasta: Pengelola dan anggota Asosiasi atau LSM yang bergerak di bidang pelestarian warisan budaya seperti Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI)

!

SDM PERMUSEUMAN

• Publik: Pengelola museum publik , pemandu museum, kurator, arkhivaris/juru arsip, konservator

• Swasta: Pengelola dan anggota Asosiasi atau LSM yang bergerak di bidang permuseuman

!

Page 36: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !33!

!

Untuk klasifikasi SDM Kebudayaan adalah sebagai berikut :

a. SDM Warisan Budaya (Heritage);

b. SDM Permuseuman;

c. SDM Kesenian meliputi Seni Rupa (seni patung, seni lukis, seni kriya), Seni Pertunjukkan (seni teater, seni tari dan seni musik), Seni Sastra serta Seni Media;

d. SDM Perfilman.

Berdasarkan klasifikasi tersebut dapat dijelaskan lebih lanjut secara rinci:

a. SDM Warisan Budaya: Pelaku budaya yang bergerak dalam sistem pengelolaan dan warisan peninggalan budaya masyarakat serta hasil-hasil karya budaya warisan dari masa lalu yang dapat memberikan gambaran perjalanan budaya bangsa, baik yang bersifat kasat mata maupun tidak kasat mata (intangible) seperti bangunan peninggalan sejarah (candi, arca, dll), batik dan peninggalan sejarah di bawah air.

SDM KESENIAN

• PELAKU SENI RUPA • PELAKU SENI PATUNG • PELAKU SENI LUKIS • PELAKU SENI KRIYA • PELAKU SENI PERTUNJUKKAN • PELAKU SENI TEATER • PELAKU SENI TARI • PELAKU SENI MUSIK • PELAKU SENI SASTRA • PELAKU SENI MEDIA

!

!

!

SDM PERFILMAN

• Publik: pengelola Lembaga Sensor Film • Swasta: penyunting film , sutradara, penulis skenario,

artis, ahli rias (make up), kamerawan, animator dan soundtrack maker.

Page 37: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

34! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

SDM Warisan budaya di sektor publik yaitu SDM pengelola warisan budaya di dalam lembaga publik seperti Koordinator Situs dan Prasasti, Peneliti Situs dan Prasasti, Peneliti Pamong Budaya, Pengolah Data Situs dan Prasasti, Penulis Naskah Sejarah, Dokumentasi Dan Publikasi Situs Dan Prasasti, serta pengelola warisan budaya di dalam lembaga publik seperti BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya), BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) dan BALAR (Balai Arkeologi). Sedangkan SDM Warisan Budaya di sektor swasta yaitu pengelola dan anggota Asosiasi atau LSM yang bergerak di bidang pelestarian warisan budaya seperti Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI)

b. SDM Permuseuman: pelaku budaya yang bergerak dalam bidang pengelolaan museum dan bertanggungjawab terhadap pengembangan museum.

SDM permuseuman di sektor publik yaitu SDM pengelola museum negara seperti pemandu museum, kurator, arkhivaris/juru arsip, pustakawan dan konservator. Sedangkan SDM Permuseuman di sektor swasta yaitu asosiasi atau LSM Permuseuman seperti BARAHMUS (Badan Musyawarah Musea), dan MMI (Masyarakat Museum Indonesia).

c. SDM Kesenian: Pelaku budaya yang membuat suatu karya dari perilaku ekspresif manusia menjadi suatu produk kesenian yang mengandung unsur kreativitas dan keindahan serta memiliki daya jual.

SDM Kesenian meliputi:

1) SDM Seni Rupa yang terdiri dari SDM Seni Kriya, SDM Seni Patung dan SDM Seni Lukis.

a. SDM Seni Kriya: pelaku budaya yang memiliki kemampuan dan ketrampilan mengembangkan seni kerajinan, sehingga mampu menciptakan produk yang berorientasi pada kegunaan untuk kehidupan sehari-hari dan presentasi produk estetik. Pelaku Seni Kriya adalah seniman kerajinan dan kriya desain.

b. SDM Seni Patung: pelaku budaya yang membuat karya seni rupa melalui cipta, rasa dan karsa dengan bentuk patung,

Page 38: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !35!

!

yaitu berbentuk tiga dimensional. Pelaku Seni Patung adalah seniman dari sanggar seni patung, pematung personal dan komunitas / asosiasi seniman patung.

c. SDM Seni Lukis: pelaku budaya yang mempertunjukkan karya dalam bentuk visualisasi dan tekstur gambar. Pelaku Seni Lukis adalah seniman lukis dari berbagai aliran yang termasuk dalam komunitas sanggar seni, pelukis individual seperti pelukis jalanan dan pelukis dari lembaga/asosiasi seni rupa.

2) SDM Seni Pertunjukkan: pelaku budaya yang menghasilkan karya yang merupakan hasil kolaborasi dari banyak seniman. SDM Seni Pertunjukkan terdiri dari:

a. SDM Seni Musik: pelaku seni musik yang mempertunjukkan seni audio atau audio visual berbentuk musik. Pelaku seni musik terdiri dari pelaku musik diatonis (di luar musik daerah/lokal/musik barat) dan pelaku seni musik pentatonis (musik-musik daerah/lokal).

b. SDM Seni Tari: pelaku seni tari yang mempertunjukkan unsur-unsur gerak yang ritmis. Pelaku seni tari terbagi dalam pelaku tari daerah, pelaku tari Indonesia (modern), dan pelaku tari barat.

c. SDM Seni Teater: pelaku seni teater atau seni drama mempertunjukkan perpaduan berbagai unsur dan media seni, baik gerak tari, maupun musik audio, namun lebih mementingkan cerita.

3) SDM Seni Sastra: pelaku seni budaya yang memahami bahasa bukan sebagai makna atau konsep, melainkan sebagai materi, sebagai tubuh. Pelaku seni sastra terdiri dari penulis cerpen, hikayat, novel pada era tahun 1970an hingga saat ini, termasuk di dalamnya penulis di dunia cyber.

4) SDM Seni Media: pelaku seni yang memanfaatkan media teknologi sebagai alat penciptaan kreasi seni dan budaya, seperti video, kamera digital, games, computer dan piranti lunak, ponsel serta internet. Pelaku seni media yang dapat di identifikasi sebagai SDM

Page 39: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

36! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

kebudayaan adalah desainer grafis/periklanan/advertising, fotografer dan berbagai komunitas seni media baru seperti Biosampler (Bandung) yang menggunakan pengolah suara dan gambar dari computer dan overhead projector sebagai pemicu partisipasi penonton untuk memasuki dunia music DJ dan clubbing alternative di ruang publik.

5) SDM Perfilman: pelaku budaya yang bekerja secara tim dalam membuat sebuah proses produksi film. Profesi yang terlibat di dalamnya yaitu produser, penulis skenario, sutradara, asisten sutradara, aktor atau aktris, ahli rias (make up), ahli properti, dan soundtrack maker. SDM perlu menjadi salah satu pilar utama pembangunan nasional kebudayaan Indonesia karena:

a. Para pelaku budaya adalah sumber daya manusia yang mempunyai kekuatan modal insani (human capital) yaitu pengetahuan, keterampilan, kemampuan melahirkan inovasi, dan kemampuan anggota organisasi melakukan tugasnya, termasuk didalamnya nilai, kultur, dan filosofi. Juga termasuk pengetahuan, kebijakan (wisdom), keahlian, dan kemampuan perorangan untuk mewujudkan tugas dan tujuan; merupakan milik perorangan dan tidak bisa dimiliki oleh organisasi.

b. Pembangunan SDM selalu melekat pada setiap pembangunan bidang lainnya, oleh karena Keberhasilan pembangunan berbagai bidang selalu membutuhkan sumber daya manusia di dalamnya. Pembangunan SDM merupakan proses pnyelenggaraan secara menyeluruh, tertarah dan terpadu di berbagai bidang. Dengan demikian dapat ditingkatkan kualitas manusia serta pendayagunaan jumlah penduduk yang besar sebagai salah satu modal dasar pembangunan.

c. SDM mampu mengubah kekuatan potensial menjadi kekuatan riil, baik sebagai individu maupun kelompok, SDM merupakan potensi kekuatan, fisik, mental, spiritual, dan intelektual.

Page 40: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !37!

!

1.3.5. PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA BUDAYA

Sarana budaya dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat berupa syarat atau upaya dan dapat dipakai sebagai alat atau media dalam mencapai maksud atau tujuan pembangunan kebudayaan. Sedangkan prasarana budaya diartikan sebagai segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses pembangunan kebudayaan.

Dalam kaitannya dengan pembangunan kebudayaan Indonesia, sarana dan prasarana budaya lebih diarahkan pada ketersediaan fasilitas penunjang terselenggaranya kegiatan budaya, seperti gedung kesenian, balai budaya, museum, galeri seni, dan gedung pertunjukan.

Gambar 1.3. Unsur-unsur sarana dan prasarana budaya

Sumber: Sistem Informasi Budaya Propinsi DIY dan Dinas Kebudayaan Propinsi DIY.

Page 41: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

38! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

Sarana dan prasarana budaya sebagai pilar penting pembangunan kebudayaan dapat dilihat berdasarkan fungsi dari sarana dan prasarana budaya tersebut, yakni:

1) Sarana dan prasarana budaya merupakan media dalam mewujudkan kelestarian kebudayaan Indonesia

Keragaman seni-budaya dan tradisi telah menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang kaya dengan berbagai bentuk ekspresi budaya dan pengetahuan tradisional, seperti seni rupa, seni pertunjukan, seni media, cerita rakyat, permainan tradisional, tekstil tradisional, pasar tradisional, dan upacara tradisional. Keragaman seni, budaya, dan tradisi yang merupakan hasil karya budaya ini perlu untuk dipelihara, dilindungi dan dikembangkan oleh masyarakat. Pengembangan seni, budaya, dan tradisi memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan apresiasi masyarakat dari generasi ke generasi terhadap keragaman budaya, yang adaptif terhadap pengaruh budaya global yang positif untuk kemajuan bangsa. Sarana dan prasarana budaya disini berfungsi sebagai wadah bagi mewujudkan kelestarian dari beraneka ragam budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia tersebut.

Museum sebagai salah satu sarana dan prasarana budaya merupakan media dalam mewadahi upaya pelestarian terhadap berbagai jenis kebudayaan yang bersifat materiil yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang dapat berupa artefak peninggalan budaya. Sementara itu, taman budaya, galeri seni, dan gedung pertunjukan merupakan media bagi masyarakat Indonesia (seniman) untuk mengekspresikan bakat dan menampilkan hasil karya yang dihasilkan.

2) Sarana dan prasarana budaya merupakan penunjang utama terselenggaranya proses pembangunan kebudayaan

Dalam konteks pembangunan kebudayaan Indonesia, salah satu penunjang kemajuan perkembangan kebudayaan yang dapat diamati secara kasat mata adalah ketersediaan sarana dan prasarana budaya. Sarana dan prasarana budaya merupakan wadah bagi warga masyarakat di Indonesia dalam mengekspresikan dan juga mengapresiasi budaya Indonesia yang beraneka ragam. Dapat digambarkan bahwa faktor sarana dan prasarana budaya dalam

Page 42: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !39!

!

kebudayaan sebagai sebuah infrastruktur merupakan hal yang vital dan bersifat komplementer dengan eksistensi dan kemajuan kebudayaan itu sendiri. Banyaknya aspek-aspek pendukung yang saling kait-mengait menunjukkan sifat kebudayaan yang multisektor dan multidimensi.

Ketersediaan sarana dan prasarana budaya dalam konteks pembangunan Kebudayaan Nasional di satu sisi tidak dapat ditawar-tawar lagi, khususnya untuk kemajuan pembangunan kebudayaan nasional, tetapi di sisi yang lain juga mengingatkan bahwa pembangunan sarana dan prasarana budaya itu sendiri harus selaras dengan perkembangan sektor lainnya. Dalam konteks ini ketersediaan, kualitas, dan fungsional menjadi kata kunci untuk mengedepankan pembangunan sarana dan prasarana budaya.

Page 43: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

40! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1.4.

PARADIGMA)PEMBANGUNAN)KEBUDAYAAN)

)

1.4.1. PEMBANGUNAN KEBUDAYAAN YANG MENEGUHKAN KARAKTER DAN JATI DIRI BANGSA SERTA BERBASIS PADA PRINSIP KEBINEKATUNGGALIKAAN

Dalam merumuskan kebijakan pembangunan dan kemudian melaksanakan-nya, sebuah bangsa seharusnya berpatokan kepada jati diri bangsa yang dimilikinya. Jati diri itu adalah sumber rujukan utama bagi kehidupan bangsa dan negara tersebut dalam mencapai cita-cita bangsanya. Sumber itu terbentuk sebagai hasil pergulatan panjang bangsa itu dalam mereguk pahit manisnya pengalaman kesejarahan bangsa tersebut, lalu dirumuskan menjadi jati diri bangsa. Dengan merujuk kepada nilai-nilai yang terkandung dalam jati diri itu, bangsa tersebut menata kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya mereka. Oleh karena itu, apapun yang dihasilkan dan dipertontonkan oleh sebuah bangsa sebenarnya tidak lebih dan tidak kurang adalah cerminan dari jati diri bangsa itu sendiri. Oleh karena itu tidak heran jika di mata orang luar corak praktik kehidupan suatu bangsa sering dimaknai sebagai identitas dan karakter bangsa tersebut yang berakar dari jati diri bangsa bersangkutan.

Pembangunan Nasional bidang Kebudayaan perlu diarahkan pada harapan pencapaian-pencapaian kebudayaan yang dapat membangkitkan jati diri, karakter, dan harga diri bangsa. Membangkitkan jati diri bangsa artinya membuat jati diri bangsa lebih dikenal dan dihargai oleh masyarakat internasional. Membangkitkan harga diri bangsa artinya membuat bangsa Indonesia menjadi lebih disegani dan dihormati oleh masyarakat internasional.

Sebagai sebuah bangsa, Indonesia juga berusaha untuk berpijak kukuh pada jati diri bangsa yang berakar pada nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara dan UUD 1945. Pergulatan panjang sejarah bangsa ini telah menjadikan Pancasila dan UUD 1945 disepakati untuk menjadi pedoman dan muara bagi dinamika kehidupan bangsa dalam menuju cita-cita kemerdekaan.

Page 44: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !41!

!

Namun demikian, semenjak proklamasi kemerdekaan pada tahun 1945, berbagai gelombang pasang yang menerpa perjalanan sejarah kehidupan sosial, politik dan ekonomi, telah menyeret bangsa Indonesia untuk lengah dan kurang kukuh berpegang pada nilai-nilai jati diri bangsa itu. Pada masa hangat-hangatnya perang dingin antara Blok Barat dan Timur, negeri ini pernah hanyut ke arah jalan yang ditempuh oleh blok Timur yang sosialistik, sedangkan pada periode berikutnya terbawa ke arah pembangunan ala Blok Barat yang kapitalistik. Meskipun dalam kedua periode tersebut secara resmi negara tetap “mendeklarasikan” bahwa Pancasila sebagai ideologi negara, tetapi dalam praktik nilai-nilai Pancasila tersebut ditaruh di belakang kepentingan politik para penguasa.

Perang dingin antara Blok Barat dan Timur telah berlalu, oleh karena itu sudah tidak relevan lagi untuk menoleh kepada kedua blok tersebut untuk dijadikan rujukan dalam kebijakan pembangunan bangsa. Bangsa Indonesia harus kembali merujuk kepada jati diri bangsa yang pernah dilupakan itu. Memang tidak mudah karena sementara itu ancaman dari sudut lain sudah menunjukkan taringnya untuk menghadang perjalanan bangsa ini dalam menggapai cita-cita kemerdekaannya. Proses globalisasi dengan sistem nilainya telah merasuk dalam kehidupan bangsa. Nilai-nilai yang dibawa oleh proses ini menjadi tantangan besar yang harus segera diantisipasi oleh bangsa Indonesia. Kemajuan tekonologi komunikasi dan transportasi telah menyebabkan proses globalisasi begitu cepat mempengaruhi jalan kehidupan bangsa. Bangsa Indonesia tidak perlu menghindar dan mengasingkan diri dari proses itu, karena berbagai aspek kehidupan yang dibawa oleh proses itu dapat memperkaya kehidupan bangsa. Namun yang diperlukan adalah upaya untuk menemukan berbagai kiat yang dapat dijadikan senjata ampuh untuk menghadapi tantangan global itu. Proses globalisasi dapat dilihat sebagai sebuah peluang emas untuk mencapai cita-cita kemerdekaan bangsa. Agar tidak tersesat dalam perjalanannya, peluang itu sepatutnya diukur dari sudut nilai-nilai jati diri bangsa yang sudah menjadi kesepatakan bangsa.

Dalam kerangka pikir tersebut proses pembangunan yang dilakukan, sepatutnya berakar pada nilai-nilai jati dari bangsa itu, karena dengan pilihan tersebut, kebijakan pembangunanpun sebenarnya secara langsung berkaitan erat dengan upaya untuk melakukan revitalisasi dan pemberdaya-kan jati diri bangsa yang sempat dikesampingkan itu.

Page 45: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

42! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

Oleh sebab itu, penyusunan Cetak Biru Pembangunan Nasional Kebudayaan perlu dilakukan atas dasar kebhinekatunggalikaan dengan tujuan pelestarian kebhinekatunggalikaan itu sendiri. Berbasis prinsip kebhinekatunggalikaan artinya berbagai kebijakan, strategi dan kegiatan pembangunan kebudayaan dilakukan dengan memperhatikan keanekaragaman budaya yang ada. Pelestarian kebudayaan artinya kebijakan, strategi, dan indikasi program pembangunan yang disusun akan dapat membuat kebudayaan-kebudayaan yang telah ada dapat hidup dan lebih berkembang lagi.

Bangsa Indonesia dibangun di atas pilar kemajemukan. Lebih dari 500 kelompok etnik yang mendukung berdirinya bangsa ini, dan masing-masing kelompok etnik itu memiliki sistem nilai dan kebudayaan masing-masing. Sebagai sebuah bangsa yang tingkat pluralitasnya cukup tinggi, disadari sepenuhnya bahwa praktik diskriminatif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara akan membawa bangsa ini ke arah kebangkrutan. Dalam living values seharusnya kehidupan yang plural itu diakui, dilindungi, dan diberdayakan untuk kepentingan pembangunan bangsa itu sendiri. Dalam konteks tersebut konsep mayoritas dan minoritas tidak sepatutnya menjadi alat legitimasi bagi praktik-praktik diskriminatif. Semua kelompok etnik dan kelompok sosial lainnya, tanpa dilihat dari besar kecilnya jumlah masing-masing kelompok adalah peletak dasar bagi berdirinya bangunan Negara Republik Indonesia. Kebhinnekatunggalikaan adalah pilar yang harus dijaga dan dirawat dalam rangka tercapainya cita-cita kemerdekaan.

Akan tetapi, kebijakan Otonomi Daerah (OTDA) yang muncul sesudah kejatuhan rezim Orde Baru terlihat mulai mengganggu pilar Kebhinneka-tunggalikaan tersebut. OTDA banyak untuk “memerdekakan” dirinya dari kewibawaan negara. Kecenderungan daerah untuk melakukan reinvensi jati diri dan revitalisasi paham-paham kedaerahan (regionalisme) terkesan semakin kuat dari waktu ke waktu. Jika kecenderungan ini tidak ditangani dan dipahami secara keliru dengan mengkonsepsikan sebagai upaya daerah secara hati-hati, praktik kedaerahan itu dapat mengarah kepada pemahaman yang bertentangan dengan prinsip persatuan dan kesatuan bangsa. Akibatnya adalah akan tumbuh suburnya chauvinisme kedaerahan yang ditandai oleh munculnya berbagai kelompok sosial dan Peraturan Daerah, yang dalam berbagai hal bertentangan dengan semangat kebhinneka-tunggalikaan itu.

Page 46: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !43!

!

Dalam perkembangan global yang sedang berlangsung pesat saat ini, pluralitas bangsa akan terlihat lebih rumit, terutama dengan semakin menguatnya multikulturalisme dalam kehidupan bangsa. Meskipun nilai-nilai budaya yang berakar dari kelompok etnik akan tetap eksis secara dinamis, tetapi interpretasi terhadap nilai-nilai tradisional itu akan menjadi beragam dalam praktik kehidupan. Hal itu terutama disebabkan semakin beragamnya input gagasan yang terbawa oleh proses globalisasi.

Dengan tantangan seperti itu sudah dapat dibayangkan bagaimana rumitnya kehidupan bangsa Indonesia tanpa diikat oleh semangat kebhinneka-tunggalikaan. Semangat itu hanya dapat dipelihara nyala apinya jika praktik kehidupan sosial politik selaras dengan nilai-nilai yang dikandung dalam Pancasila dan UUD 1945. Ibarat sepiring gado-gado, sayuran tradisional Indonesia itu, hanya dapat disebut sebagai “gado-gado” jika sudah disiram dengan bumbu kacang. Kalau tidak, itu hanyalah tumpukan berbagai jenis sayuran. Namun ketika tumpukan sayuran itu disiram dengan bumbu kacang, jadilah dia gado-gado tanpa melenyapkan eksistensi dan karakteristik masing-masing sayur yang ada di dalamnya. Begitu pula dengan bangsa Indonesia yang merupakan bangsa “gado-gado”. Dengan Pancasila dan UUD 1945 sebagai “bumbu kacangnya”, tidak akan pernah ada kekuatan yang mampu untuk melenyapkan kehadirin kelompok etnik dan sosial yang menjadi pendukungnya, bagaimanapun kecilnya jumlah kelompok itu.

Page 47: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

44! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1.4.2. PEMBANGUNAN KEBUDAYAAN YANG BERPIHAK KEPADA KEADILAN DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

Pembangunan Nasional bidang Kebudayaan perlu dilakukan berdasarkan atas keadilan sosial. Artinya, keadilan sosial harus dijadikan salah satu kriteria utama dalam menetapkan kebijakan, strategi dan kegiatan pembangunan kebudayaan. Berbasis kesejahteraan sosial artinya kebijakan, strategi, dan kegiatan pembangunan kebudayaan tersebut ditujukan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial seluas-luasnya, dan tidak menimbulkan kesenjangan yang lebih besar dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya antarwilayah, antargolongan, kelompok, dan lapisan sosial.

Perubahan paradigma dalam pembangunan ternyata tidak kunjung mampu membawa bangsa ini ke arah semakin membaiknya tingkat kesejahteraan rakyat. Jumlah penduduk yang meningkat dari tahun ke tahun, tidak diimbangi oleh ketersediaan lapangan kerja yang memadai. Keadaan ini telah menyebabkan semakin membengkaknya jumlah penduduk miskin. Lebih dari 13 persen dari total penduduk Indonesia masih berada di bawah garis kemiskinan. Persebaran penduduk yang tidak merata, dengan 57 persen total penduduk Indonesia tinggal di pulau Jawa, sedangkan Jawa hanya 1/7 dari total jumlah daratan Indonesia, juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemiskinan penduduk itu.

Dengan fakta sosial itu, tingkat kesenjangan ekonomi dan kesejahteraan antarpenduduk juga semakin melebar. Pembangunan yang dilaksanakan sejak kemerdekaan hanya membuka kesempatan kepada sejumlah kecil kelompok elit, untuk meningkatkan kehidupan ekonominya, sedangkan mayoritas penduduk masih hidup dalam keadaan yang memprihatinkan. Akibatnya, sebagian mereka yang kurang beruntung itu mencoba mengatasi problematika ekonomi dengan menjadi tenaga kerja Indonesia di luar negeri, terutama di Negara-negara Timur Tengah dan Malaysia. Namun, umumnya mereka bekerja di sektor domestik, sebagai pembantu rumah tangga atau tenaga kerja di bidang konstruksi.

Kebijakan OTDA yang pada awalnya dipandang akan menjadi resep ampuh bagi upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, malahan menjadi lahan empuk bagi kepentingan ekonomi dan politik para elit daerah dan

Page 48: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !45!

!

kelompoknya. Tidak heran jika kemudian sejumlah pengamat menyebutkan bahwa penyakit Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme yang dulunya hanya milik kaum elit di tingkat pusat telah berpindah tempat ke daerah. Lembaga Legislatif yang dulunya pengekor yang taat kebijakan pemerintah, pada Era Reformasi juga mendapatkan kesempatan untuk dapat duduk sejajar dengan eksekutif. Akan tetapi, akhirnya mereka pun tidak mampu untuk menjaga kewibawaannya. Praktik KKN telah menjadi bagian dari kehidupan mereka. Akhirnya sejumlah pejabat daerah dan anggota legislatif dijebloskan ke penjara akibat dari praktik KKN itu.

Sementara itu, kecenderungan menurunnya mutual trust dalam kehidupan sosial dan menukiknya kredibilitas para pemimpin, baik ditingkat lokal, regional maupun nasional, semakin menunjukkan wajahnya. Tingkat kepercayaan rakyat kepada Lembaga Legislatif, eksekutif dan aparat hukum jauh menurun. Sementara itu sikap toleran dengan berbagai perbedaan yang ada juga menurun dalam dinamika kehidupan sosial. Meletusnya berbagai konflik sosial dan kekerasan dalam masyarakat adalah bentuk nyata dari semakin menurunnya saling percaya itu. Aparat keamanan dan hukum yang seharusnya dapat meredam gejala konflik sosial itu ternyata sering tidak mampu mengatasinya, bahkan dalam berbagai kasus malahan turut terlibat konfik antarsesama.

Seiring dengan itu, masyarakat juga mudah terbawa ke arah kehidupan yang materialistis dan hedonis. Jabatan-jabatan publik yang seharusnya menjadi sarana untuk melayani masyarakat telah bersalin rupa menjadi sarana komersialisasi dan komodisasi. Mentalitas nrabas (Koentjaraningrat, 1969) dan kehidupan yang berbau feodalisme dan munafik (Muchtar Lubis, 1981) tetap mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia. Kritik tajam yang disampaikan rakyat melalui berbagai saluran politik ternyata tidak kunjung dapat merubah mentalitas para anggota legislatif dan eksekutif tersebut ke arah yang lebih baik.

Dengan sekelumit catatan tentang kenyataan kehidupan bangsa seperti itu, banyak yang berpandangan bahwa bangsa ini telah meninggalkan jati dirinya yang genuine dan tidak mampu mengemban dan mengembangkan karakter bangsa seperti yang menjadi mimpi pada awal kemerdekaan. Oleh karena itu, pembangunan yang berpihak kepada keadilan dan kesejahteraan rakyat sepatutnya menjadi usaha yang dilakukan secara sungguh-sungguh, terencana, dan berkelanjutan. Dengan upaya itu arah

Page 49: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

46! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

untuk menuju cita-cita kemerdekaan bangsa secara sistematis, terukur, dan berkelanjutan dapat dilaksanakan.

Page 50: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !47!

!

1.4.3. PEMBANGUNAN KEBUDAYAAN AKULTURATIF (HIBRIDA), DINAMIS, DAN KREATIF

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih dan berkembang dari waktu ke waktu telah mempercepat proses globalisasi dalam kehidupan bangsa Indonesia. Proses itu telah dirasakan denyutnya dalam jantung kehidupan bangsa Indonesia dan telah turut pula mewarnai kehidupan. Berbagai gagasan baru yang dibawa oleh proses itu telah turut mempengaruhi corak kehidupan masyarakat Indonesia. Proses tersebut telah membawa kepada terjadinya homogenisasi dari berbagai unsur kebudayaan Indonesia. Eksistensi sejumlah unsur-unsur budaya tradisional yang dimiliki berbagai kelompok etnik Indonesia mulai menghilang dan ditinggalkan, tetapi sebagian unsur-unsur kebudayaan yang lain menjadi semakin menguat, terutama dengan adanya upaya revitalisasi yang dilakukan. Namun demikian, tidak dapat pula dihindari jika dalam proses itu terdapat pula kecenderungan untuk memadukan unsur-unsur kebudayaan tradisional dengan unsur kebudayaan yang diadopsi dari luar kebudayaan sendiri sehingga membentuk kebudayan baru yang khas. Proses hibridisasi ini terutama berlangsung pada lingkup budaya popular (popular culture) seperti musik, makanan, pakaian, dan gaya hidup. Nilai-nilai budaya dari gagasan-gagasan baru yang diadopsi dari luar kebudayaan bangsa itu, sering diselaraskan dengan nilai-nilai setempat dan sejauh tidak bertentangan dengan nilai-nilai setempat proses hibridisasi itu tidak memunculkan masalah baru bagi pembangunan bangsa.

Gagasan-gagasan global seperti demokrasi, hak-hak asasi manusia dan pelestarian lingkungan yang diadopsi dari luar, memerlukan penyelasaran dan penyesuaian dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal bangsa Indonesia. Adopsi sistem demokrasi barat secara mentah-mentah ternyata telah memunculkan berbagai masalah baru dalam masyarakat. Belum mantapnya pemahaman masyarakat terhadap konsep demokrasi itu telah menggiring kepada munculnya konflik sosial dalam kehidupan. Begitu pula dengan konsep HAM dan pelestarian lingkungan.

Indonesia memang memerlukan pengayaan gagasan dalam menata kehidupan masa depan bangsa. Akan tetapi, gagasan yang diadopsi dari luar itu seharusnya diselaraskan dengan nilai-nilai budaya Indonesia, terutama nilai-nilai yang berakar dari Pancasila dan UUD 1945. Hibridisasi

Page 51: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

48! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

kebudayaan memang tidak dapat ditolak dalam proses pembangunan, tetapi sepatutnya dapat dilakukan secara hati-hati agar tidak merugikan bangsa di masa depan dalam meniti tercapainya mimpi-mimpi kemerdekaannya.

Pembangunan Nasional bidang Kebudayaan perlu dilakukan dengan mengutamakan kelestarian budaya-budaya lokal dan nasional, dan menyatukan unsur-unsur budaya asing dengan budaya-budaya tersebut secara arif dan cerdas. Kebijakan, strategi, dan kegiatan pembangunan kebudayaan di samping memberikan kesempatan dan ruang yang lebih luas untuk tumbuh dan berkembangnya budaya lokal dan nasional, juga perlu memberikan kesempatan dan ruang untuk terjadinya interaksi antara budaya lokal dan nasional dengan budaya asing atau budaya global, yang akan memperkaya dan memacu perkembangan budaya lokal dan nasional, serta menghasilkan corak-corak budaya baru yang akan memperkaya masing-masing budaya tersebut.

Bangsa ini telah berjuang ratusan tahun untuk memerdekakan dirinya dari cengkeraman penjajahan dan perjuangan itu bukan hanya sekadar dapat membebaskan diri dari genggaman kolonialisme dan menjadi raja di negeri sendiri, akan tetapi lebih dari itu. Memang dalam sejumlah aspek kehidupan bangsa Indonesia telah menjadi raja di negeri sendiri. Akan tetapi, mimpi bersama untuk mewujudkan bangsa yang merdeka, sejahtera, adil, dan makmur belum juga tercapai, bahkan arah untuk menuju tercapainya mimpi itu masih belum jelas dan kabur.

Mimpi bangsa Indonesia untuk menjadi suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat telah tercapai tetapi bagaimana kemerdekaan dan kedaulatan itu diisi, secara gamblang tercermin dari nilai-nilai ideologi Negara Pancasila dan UUD 1945. Puncak dari nilai itu adalah mewujudkan suatu bangsa yang adil dan sejahtera atau sejahtera yang berkeadilan. Sejalan dengan konsep ini, negara mempunyai kebijakan yang memberikan peluang luas dan sama bagi semua warga negara untuk mengupayakan kehidupan yang sejahtera dan berkeadilan itu tanpa diwarnai oleh praktik-praktik kehidupan yang diskriminatif. Dalam proses mencapai kondisi yang berkeadilan itu Indonesia harus belajar banyak dari pengalaman selama ini di mana praktik diskriminasi dalam kehidupan masih berlangsung sampai saat ini.

Page 52: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !49!

!

Seiring dengan itu, tantangan baru yang datang dari luar, terutama dari negara-negara maju sebagai akibat proses globalisasi, menjadi agenda baru yang perlu untuk mendapatkan perhatian serius. Pilihan bangsa Indonesia untuk membuka diri terhadap dunia luar, baik secara langsung maupun tidak, akan menjadi tantangan dan sekaligus peluang bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita menjadi bangsa yang sejehtera dan berkeadilan. Indonesia pasti mampu membangun kebudayaan yang dinamis dan kreatif yang akan menjadi suatu benteng yang tangguh bagi merespon tantangan luar itu. Kekayaan kebudayaan bangsa yang berasal dari potensi yang berakar dari nilai-nilai budaya etnik, menjadi aset bangsa yang dapat dijadikan peluang untuk membangun kebudayaan bangsa yang inovatif dan kreatif. Oleh karena itu, bangsa Indonesia tidak perlu khawatir akan tantangan yang datang dari luar itu, karena tantangan itu juga merupakan peluang dan kesempatan luas bagi usaha membangun kesejahteraan bangsa.

Untuk itu upaya membangun kebudayaan yang dinamis dan kreatif harus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan dengan kebijakan dan strategi yang tepat. Tantangan besar yang dihadapi bangsa bukan hanya dari musuh yang datang dari luar, tetapi adalah musuh yang datang dari dalam aliran darah bangsa Indonesia sendiri. Musuh dari dalam umumnya jauh lebih berat untuk ditaklukkan daripada musuh yang datang dari luar.

Pembangunan Nasional bidang Kebudayaan perlu dilakukan secara aktif, terus-menerus, dengan penuh kreativitas. Artinya, kebijakan, strategi, dan kegiatan pembangunan harus selalu dapat mendorong munculnya gagasan-gagasan baru, kreasi-kreasi baru, yang kemudian akan mempercepat perkembangan-perkembangan budaya ke arah yang lebih baik.

Page 53: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

50! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1.4.4. PEMBANGUNAN KEBUDAYAAN YANG KOMPREHENSIF

Proses atau dinamika kultural merasuk ke dalam sebagian besar masyarakat di muka bumi pada berbagai aras: nilai, perilaku maupun institusi. Ketiga aras inilah yang membuat kita harus melangkah pada paradigma atau asas orientasi kebudayaan nasional yang lebih komprehensif atau menyeluruh. Dari ketiga aras tersebut ketika dipahami dari sudut pandang kebudayaan saat ini, maka tantangannya yang paling mendasar adalah terletak pada globalisasi yang melahirkan dua gejala umum dalam masyarakat, yaitu homogenisasi dan hegemonisasi.

Homogenisasi. Unsur penting modernisasi yang berlangsung sejak Revolusi Industri kira-kira tiga abad lalu ialah peningkatan produktivitas melalui efisiensi penggunaan sumberdaya dan proses kerja. Salah satu cara peningkatan produktivitas itu adalah penyeragaman dan standardisasi produk dan proses produksi. Seragam dan baku berarti efisien. Efisiensi berarti jaminan peningkatan kegiatan produksi secara massal. Dalam praktek sosial, mekanisme berproduksi ini menimbulkan dorongan ke arah homogenisasi dalam kehidupan manusia.

Salah satu ungkapannya muncul pada aras nilai, yaitu dalam cara manusia memandang dan memberi penilaian terhadap fenomena dalam kehidupannya. Tidak sulit ditemui, dalam berbagai bidang kehidupan modern ini, cara berpikir yang mengutamakan keseragaman produk dan proses produksi. Homogenisasi kehidupan modern ini semakin mendalam ketika memperoleh pembenaran dari faham positivisme. Yang penting bagi manusia adalah berusaha menyelesaikan persoalan hidup yang “kasat indera.” Faham ini mendorong manusia untuk mencari tahu apa yang terjadi, mengapa dan bagaimana itu terjadi. Apakah memang seharusnya begitu, tidak perlu dipermasalahkan. Dengan kata lain, yang penting adalah masalah “positif” yang senyatanya ada. Akibatnya, masalah-masalah normatif, seperti keadilan (fairness maupun justice) diabaikan.

Pada aras perilaku. Penyebaran gagasan dan lembaga-lembaga baru melalui modernisasi sosial-ekonomi sejak dua abad lalu menghasilkan model perilaku yang cenderung seragam. Cara manusia mengerjakan pekerjaan sehari-hari, mencari nafkah, membelanjakan hasil-kerjanya, menghibur-diri, mendidik keturunannya dan berbagai kegiatan lain, di

Page 54: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !51!

!

berbagai wilayah berbeda di dunia di masa kini cenderung seragam. Kebhinekaan atau keanekaragaman tergerus. Akibatnya, perilaku yang “menyimpang” dari “pakem” atau pola baku dicurigai.

Selain itu, muncul fenomena “the victims of group think.” Orang didorong untuk menyesuaikan diri dengan “arus-besar” kebudayaan. Manusia cenderung menjadi “Pak Turut” atau “beo.” Dalam dunia komersial, manusia cenderung menjadi konsumen yang digiring untuk mengkonsumsi barang dan jasa produksi massal yang dihasilkan melalui sistem pasar yang beroperasi secara seragam, baku dan, bahkan, hegemonik.

Pada aras institusi. Tidak perlu penelaahan terlalu mendalam untuk mengetahui betapa mendalam pengaruh homogenisasi dalam kelembagaan yang mengatur kehidupan domestik bangsa ini dewasa ini. Kebhinekaan yang mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia diingkari dengan pembuatan aturan main dan kebijakan nasional yang serba seragam. Contoh paling mencolok adalah program “revolusi hijau” sejak akhir 1960-an, yaitu pembangunan pertanian pangan yang mengutamakan penanaman padi di tanah sawah basah. Homogenisasi kebijakan pertanian, atau lebih tepat disebut “mono-kulturisasi,” dan hal ini terbukti berdampak buruk pada merosotnya varietas tanaman pangan. Contoh lain adalah kecenderungan untuk menekankan cara pandang dan cara berpikir serba tunggal, dengan rujukan yang disebut sebagai aseli milik bangsa sendiri, tanpa boleh mencari inspirasi dari pengalaman orang lain.

Pengaruh Barat dalam wujud faham “modernis” dan “positivis” seperti itu lebih jelas nampak dalam tradisi baru “standarisasi” pengukuran. Dalam kehidupan modern yang mengglobal ini, pemerintah nasional kehilangan wewenang dan wibawa untuk menentukan patokan-baku untuk berbagai bidang kegiatan penting. Standar itu ditentukan oleh suatu institusi yang berada di luar jangkauan pemerintah nasional. Tetapi, patokan-baku itu, antara lain, yang akan dipakai untuk menilai kinerja pemerintah berbagai negara. Untuk menentukan seberapa besar kapasitas suatu perguruan tinggi untuk melakukan pendidikan dan penelitian, diperlukan badan internasional non-pemerintah.

Hegemonisasi. Persoalan yang tidak kalah merepotkan adalah bahwa yang dijadikan sebagai rujukan penyeragaman dan pembakuan itu berasal dari pengalaman “Barat,” atau lebih tepat, pengalaman bangsa-bangsa “Anglo-Saxon.” Dengan mudah kita bisa temukan bahwa banyak dari nilai,

Page 55: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

52! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

perilaku dan institusi yang sekarang disebut “modern” itu pada mulanya berkembang di kalangan masyarakat Eropa Barat-Laut itu dan kemudian disebarkan melalui berbagai cara ke seluruh dunia. Dalam sejarah ini dikenal sebagai modernisasi. Begitulah, kultur Anglo-Saxon menjadi “hegemon.” Aktor dominan yang mengendalikan para aktor lain yang “bersedia”, bahkan “suka-rela,” untuk dipengaruhi dan dikendalikan. Seperti halnya homogenisasi, mekanisme proses hegemonisasi juga berlangsung pada aras nilai, perilaku dan institusi.

Hampir semua patokan-baku yang dipakai dalam evaluasi kinerja ekonomi, sosial, politik dan kultural suatu bangsa berasal dari pemikiran dan pengalaman “Barat” itu. Terutama, yang bersifat “neo-liberal,” yang mengutamakan prinsip-prinsip invidual, transaksional dan material. Cara berpikir ini juga mengutamakan institusi sosial istimewa, yaitu pasar. Menurut cara berpiikir ini, barang, jasa atau kegiatan yang berharga adalah yang melalui proses pasar. Ini yang disebut sebagai komoditi. Yang tidak melalui proses pasar, yang tidak bisa dijadikan komoditi, atau yang tidak bisa “dikomodifikasi”, tidak dianggap bernilai, atau dianggap bernilai rendah.

Supaya proses pasar itu berlangsung lancar, sehingga proses transaksi berlangsung efisien, negara harus menyerahkan banyak wewenang pentingnya kepada pasar. Misalnya, banyak Negara telah menyerahkan wewenang untuk menjamin lapangan kerja demi kesejahteraan rakyatnya kepada pasar. Layanan informasi mengenai pekerjaan dan proses rekrutmen dilakukan melalui mekanisme pasar, bukan secara publik oleh birokrasi pemerintah. Demikianlah, pasar menjadi institusi utama dalam kehidupan sebagian besar masyarakat di dunia.

Uraian ringkas ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa secara kultural tantangan paling besar dalam kebudayaan kita adalah munculnya nilai, perilaku dan institusi yang sebagian besar berasal dari pengalaman “Barat” dan melalui berbagai mekanisme sosial disebarkan ke seluruh dunia secara seragam (kita sebut “homogenisasi”) dan dipaksakan menjadi rujukan baku bagi semua penduduk bumi (hegemonisasi). Pengalaman bangsa Indonesia menjalani modernisasi sosial-ekonomi sejak awal abad XX menunjukkan bahwa tantangan homogenisasi dan hegemonisasi menghasilkan fenomena marjinalisasi, powerlessness (ketidak-berdayaan), dan kemerosotan jati diri. Banyak bukti menunjukkan

Page 56: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !53!

!

kelangkaan sumbangan bangsa Indonesia terhadap penciptaan budaya baru, seperti teknologi baru, material baru, jenis jasa baru atau teknik manajemen baru. Sangat sedikit hasil karya ilmuwan atau seniman Indonesia yang muncul dalam jurnal internasional atau dalam pameran internasional. Dari sini, dengan demikian, kita membutuhkan sebuah asas pembangunan kebudayaan yang komprehensif karena meliputi hampir semua aspek kehidupan.

Pembangunan Nasional bidang Kebudayaan perlu dilakukan pengubahan cara pandang terhadap kebudayaan itu sendiri, yang mana selama ini kebudayaan masih dipandang secara sempit. Kebudayaan dalam kacamata awam dilihat hanya terbatas pada kesenian saja, karena populernya terminologi ”seni-budaya” dalam masyarakat yang saling berkelindan secara ’terberi’ (taken for granted). Padahal, kebudayaan harusnya dimengerti sebagai ”kehidupan” atau merasuki seluruh aspek yang di situ melibatkan manusia sebagai subjeknya. Dengan demikian, kebudayaan harus dilihat sebagai dinamika sosial yang lebih menyeluruh dan mendalam, tidak hanya sebatas pada kesenian, apatah lagi seni tradisional.

Page 57: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

54! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1.4.5. PEMBANGUNAN KEBUDAYAAN YANG TERBUKA TERHADAP KEBUDAYAAN LUAR/INTERNASIONAL

Penjelasan mengenai asas kebudayaan yang komprehensif di atas memiliki benang merahnya pada persoalan bahwa selama ini kebudayan kita dalam pengembangannya dianggap selalu berorientasi ke dalam, alias hampir selalu memperhatikan segala hal yang ada di dalam, tidak berani mencoba berorientasi keluar. Akhirnya bangsa ini banyak mengalami ketidak-berdayaan seperti uraian di atas. Ketidakberdayaan dalam kebudayaan dan masyarakat kita ini diakibatkan oleh besarnya tantangan yang tidak mampu dihadapi. Salah satu ungkapannya meruyaknya pelanggaran hak cipta. Bersama dengan “plagiarisme,” ini adalah masalah kebudayaan yang sangat berat. Sikap tidak-berdaya, juga bisa ditengarai menjadi dasar semakin banyaknya fenomena “amok” yang muncul berujud tindak penuh kekerasan tanpa nalar yang jelas. Sebaliknya, ketidak-berdayaan juga memunculkan kecenderungan “nativis,” yang inward-looking, yaitu mencari solusi yang aman dan nyaman dalam apa saja yang “native.” Kecenderungan menggunakan klenik dan berbagai tradisi occultist untuk menemukan penyelesaikan atau jawaban instan terhadap persoalan hidup, merupakan salah satu contoh yang kesohor.

Ungkapan lain akibat ketidakmampuan mengatasi tantangan yang terlalu berat itu adalah sikap yang bersedia mengadopsi nilai, perilaku atau institusi apa saja, yang berasal dari latar belakang budaya hegemonik yang tersaji melalui media-massa. Akibatnya, jati-diri kultural terlupakan atau tidak bisa dikenali karena mungkin tidak dianggap fungsional. Uraian di atas mendukung argumen bahwa sebagian dari persoalan kebudayaan yang dihadapi bangsa Indonesia masa kini adalah akibat dari tantangan dari luar. Bagaimana posisi Indonesia di dunia? Kita bisa menggambarkan posisi itu melalui penggambaran bagaimana citra tentang Indonesia di masayarakat internasional. Betapapun lemahnya citra sebagai ukuran penilaian, sampai sekarang banyak pelaku internasional menggunakan citra sebagai tolok ukur untuk bersikap terhadap bangsa yang dicitrakan. Kegiatan membuat peringkat oleh “ratings agencies,” misalnya, sangat mengandalkan data tantang citra responden terhadap suatu negara.

Page 58: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !55!

!

Kalau demikian halnya, yaitu kalau persoalan itu berasal dari ketidak-mampuan menghadapi tantangan dari luar, maka penyelesaiannya harus dengan melibatkan tindakan di luar negeri. Sebagian dari solusinya harus dicari di medan yang lebih luas, medan hubungan antarbangsa. Si katak harus keluar dari tempurung. Dari posisi “umumnya tidak dikenal” dan “kalau toh dikenal, citranya negatif” menuju ke posisi “terkenal secara positif.” Apa yang harus dilakukan? Bagaimana menumbuhkan nilai dan perilaku yang tersirat dalam ungkapan “Sekali layar terkembang, pantang surut kebelakang”? Institusi apa yang harus disiapkan atau diperbaiki untuk tujuan itu? Secara realistis, harus diakui bahwa Indonesia tidak cukup memiliki “hard power,” yaitu kemampuan memperoleh yang kita inginkan melalui daya-paksa. Namun demikian, kita bisa meyakini bahwa “soft-power”, yaitu “kemampuan memperoleh yang kita inginkan melalui daya-tarik”, sama efektifnya dengan “hard-power”, dan Indonesia memiliki banyak unsur-unsur pembentuk “soft-power” yang komponen terpentingnya adalah daya-tarik kultural.

Dengan demikian, di sini yang kita perlukan kemudian adalah institusi yang mampu melakukan proyeksi kebudayaan Indonesia ke arena internasional. Sarana yang lazim dalam kegiatan seperti ini adalah perangkat diplomasi yang dijalankan pemerintah maupun swasta. Diplomasi kebudayaan oleh pemerintah maupun kegiatan “branding” oleh bisnis bisa dimanfaatkan untuk mendukung atau sebagai bagian dari strategi mengembangkan kebudayaan. Sebaliknya, kebudayaan bisa menjadi sarana, atau bahkan ujung tombak, diplomasi Indonesia, yang dijalankan pemerintah maupun swasta. Pembangunan Nasional bidang Kebudayaan ke depan harus berpijak pada orientasi-orientasi pembangunan yang menatap dunia internasional. Tujuan-tujuan praktis seperti penyelamatan aset-aset kebudayaan tentu saja melibatkan Indonesia pada dunia internasional, seperti ratifikasi konvensi-konvensi global mengenai warisan budaya. Selain itu, aspek pendanaan atau fasilitasi pengembangan kebudayaan secara luas, juga tidak dapat dilakukan tanpa bantuan dari pihak asing, terutama dalam memantapkan tehnologi maupun pendekatan-pendekatannya. Dengan demikian, dirasa sangat mendesak dalam kerangka Pembangunan Nasional bidang Kebudayaan nantinya untuk mengatur bagaimana pengembangan atau pembangunan kebudayaan menginjak dalam skala yang lebih luas, lebih internasional.

Page 59: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

56! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1.5.

LANDASAN)HUKUM)

)

Sebagai bidang yang terintegrasi di dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka landasan hukum Renstra Ditjen Kebudayaan ini merujuk kepada landasan hukum sebagai berikut.

a. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

b. Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara;

c. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

d. Undang-Undang No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara;

e. Undang-Undang No. 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara;

f. Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional;

g. Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;

h. Undang-Undang No. 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025;

i. Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;

j. Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;

k. Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaaan;

l. Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

m. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman;

Page 60: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!! !57!

!

n. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya;

o. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 5 Tahun 2010 tentang

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun

2010-2014;

p. Peraturan Presiden Nomor 77 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua atas

Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 tentang Pembentukan dan

Organisasi Kementerian Negara;

q. Permendikbud Nomor 1 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja

Kemdikbud;

r. Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2010-2014.

)

Page 61: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

58! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1.6.

ORGANISASI)DITJEN)KEBUDAYAAN)

)

Direktorat Jenderal Kebudayaan mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis di bidang kebudayaan. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana diatas, Direktorat Jenderal Kebudayaan menyelenggarakan fungsi:

a. perumusan kebijakan di bidang kebudayaan;

b. pelaksanaan kebijakan di bidang kebudayaan;

c. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang kebudayaan;

d. pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang kebudayaan; dan

e. pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Kebudayaan

Direktorat Jenderal Kebudayaan terdiri atas:

a. Sekretariat Direktorat Jenderal;

b. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman;

c. Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman;

d. Direktorat Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi;

e. Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya; dan

f. Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya.

Page 62: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!?!2014! 59!

!

Stru

ktur

Org

anis

asi D

irekt

orat

Jend

eral

Keb

uday

aan

- Kem

endi

kbud

!

Page 63: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

60! Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!–!2014!

!

1.7. )KERANGKA)PIKIR)PEMBANGUNAN)

KEBUDAYAAN

Page 64: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Kebudayaan!2010!?!2014! 61!

!

Page 65: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (61(

(

Bab$2!

KONDISI'UMUM''BIDANG'KEBUDAYAAN'(

(

(

(

2.1. KONDISI INTERNAL LINGKUNGAN KEBUDAYAAN

2.1.1. PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN PERMUSEUMAN

Kesadaran akan pentingnya pengelolaan dan pelestarian warisan budaya kini telah semakin tinggi. Pengelolaan terhadap warisan budaya baik benda maupun tak benda saat ini harus mampu menyentuh semua elemen bangsa baik pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun masyarakat umum. Karena pada dasarnya warisan budaya itu tidak hanya milik Negara atau pemerintah tetapi juga milik masyarakat. Untuk pelestarian cagar budaya di Indonesia sendiri terdapat UPT milik pemerintah yang mengurusi hal tersebut yakni Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Berikut adalah tabel persebaran BPCB di Indonesia :

Page 66: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

62! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

NO! NAMA! ALAMAT!

1( BPCB!Aceh( Jl.(Banda(Aceh(?(Meulaboh(Km(7,5((Jeune,(Aceh(Besar(Nanggroe(Aceh(Darussalam(Telp.(+62(651(45306(Fax.(+62(651(45171(

2( BPCB!Jambi! Jl.(Samarinda,(Kota(Baru,((Jambi(36137,(Jambi(Telp.(+62(741(40126(Fax.(+62(741(42093(

3( BPCB!Batusangkar!! Jl.(Sultan(Alam(Bagagarsyah(Batusangkar(27211(Sumatera(Barat(Telp.+62(752(71451((Fax.(+62(752(71953(

4( BPCB!Serang! Jl.(Letnan(Djidun((Komplek(Perkantoran(Serang((Serang(42116(Banten(Telp.(+62(254(203428,((Fax.(+62(254(201575(

5( BPCB!!Jawa!Tengah! Jl.(Menisrenggo(Km.1((Prambanan(57454(Telp.(+62(274(496015(Fax.(+62(274(496413(

6( BPCB!Yogyakarta! Jl.(Bogem(Kalasan(Sleman(Yogyakarta(55571(D.I.(Yogyakarta(Telp.(+62(274(496419(Fax.(+62(274(496019(

7( Balai!Konservasi!Borobudur!

Jl.(Badrawati(Borobudur((Magelang(56563(Jawa(Tengah(Telp.(+62(293(788175,788225(Fax.(+62(293(788367(

Page 67: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (63(

(

NO! NAMA! ALAMAT!

8( BPCB!Mojokerto! Jl.(Raya(Majapahit(141(?(143((Trowulan,(Mojokerto(61362(Telp.(+62(321(495516(Fax(+62(321(495515(

9( BPCB!Gianyar! Jl.(Raya(Tampak(Siring(Bedulu(Gianyar(80581(Bali((Telp.(+62(361(942347(Fax.(+62(361(942354(

10( BPCB!Makassar( Jl.(Ujung(Pandang(No.(1(Kompleks(Benteng((Ujung(Pandang((Telp.(+62(411(321701(Fax.(+62(411(321702(

11( BPCB!Gorontalo( Jl.(Arif(Rahman(Hakim(No.(7(Gorontalo(96128(Gorontalo(Telp.(+62(435(831381(Fax(?(

12( BPCB!Samarinda( Jl.(Awang(Long(20((Samarinda(75121(Kalimantan(Timur(Telp.(+62(541(737771(Fax(+62(541737771(

13( BPCB!Ternate( Jl.(Raya(Pertamina(No.253((Kota(Ternate(Maluku(Utara(((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((Telp.(+62(3127052(Fax(?(

14( Balai!Pelestarian!Situs!Manusia!Purba!Sangiran!

Jln.(Sangiran(Km.4(Kec.(KaliJambe(57275(Sragen(Jawa(Tengah(Telp.(+62(2716811495((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((

((((Fax.(+62(2716811497(E?mail:([email protected](

Page 68: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

64! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

Berikut adalah data kondisi eksisting mengenai keberadaan Cagar Budaya di Indonesia:

! Distribusi Peninggalan Purbakala di seluruh Indonesia

Sumber: Direktorat Peninggalan Purbakala, 2011

! Jumah Cagar budaya di seluruh Indonesia dan proporsinya

No Kategori Jumlah Prosentase

1 Situs 11,616 18 %

2 Benda Bergerak 53,228 81%

3 Jumlah 64,844

4 Ditetapkan Cagar Budaya 749 1 %

! Jumah distribusi museum di seluruh Indonesia

No Wilayah Jumlah

1 Wilayah Sumatra 40

2 Wilayah Jawa dan Bali 177

3 Wilayah Kalimantan 12

(?((((

(2,000((

(4,000((

(6,000((

(8,000((

(10,000((

(12,000((

(14,000((Nanggroe(Aceh(Darussalam(

Sumatera(Utara(

Sumatera(Ba

rat(

Riau(

Kepu

lauan(Riau(

Jambi(

Sumatera(Selatan(

Kepu

lauan(Ba

ngka(Belitu

ng(

Bengkulu(

Lampu

ng(

DKI(Ja

karta(

Banten

((Jawa(Ba

rat(

Jawa(Tengah(

Yogyakarta,(D

.I.(

Jawa(Timur(

Kalim

antan(Ba

rat(

Kalim

antan(Tengah(

Kalim

antan(Selatan(

Kalim

antan(Timur(

Sulawesi(Selatan(

Sulawesi(Barat(

Sulawesi(Ten

ggara(

Sulawesi(Ten

gah(

Sulawesi(U

tara(

Goron

talo(

Bali(

Nusa(Tenggara(Barat(

Nusa(Tenggara(Tim

ur(

Maluku(

Maluku(Utara(

Papu

a(Papu

a(Ba

rat(

Cagar(Budaya(

Page 69: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (65(

(

4 Wilayah Sulawesi 21

5 Wlayah Papua 4

6 Wilayah lainnya 15

Sumber: Direktorat Museum, 2011

Page 70: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

66! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

Page 71: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (67(

(

2.1.2. PEMBINAAN KESENIAN DAN PERFILMAN

Kesenian telah menjadi bagian hidup dari suatu masyarakat atau bangsa. Terlebih bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang sudah tentu memiliki beragam kesenian yang mencerminkan kebudayaan daerahnya masing-masing.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak komunitas seni hingga sanggar-sanggar seni serta Sekolah Seni yang menjadi sarana generasi muda dalam mempelajari kesenian Indonesia. Berikut beberapa daftar sekolah seni yang terdapat di Indonesia:

No Nama Sekolah Seni

1 Sekolah Tinggi Seni Indonesia Padang Panjang (STSI)

2 Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung

3 Institut Kesenian Jakarta

4 Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta

5 Institut Seni Indonesia Yogyakarta

6 Universitas Negeri Yogyakarta, Jurusan Pendidikan Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa

7 Institut Seni Indonesia Denpasar

8 Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom

9 Sekolah Tinggi Musik Bandung

10 SMK I Yogyakarta

Industri perfilman telah menjadi bagian yang penting dalam pembangunan bangsa, yang tidak melulu terkait dengan pengembangan dan revitalisasi seni dan budaya (tradisi) nasional, namun sekaligus pengembangan citra (representasi jati diri) bangsa dalam kancah pergaulan lintas-budaya dan

Page 72: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

68! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

bangsa melalui karya seni film. Berikut adalah komponen perfilman yang ada di Indonesia:

KOMPONEN(PERFILMAN(INDONESIA( JUMLAH(

LEMBAGA(PERFILMAN(

Jakarta(( 11(

14(Yogyakarta( 1(

Jawa(Tengah( 1(

Bali( 1(

RUMAH(PRODUKSI(

Jakarta(( 136(

138(Semarang( 1(

Bandung(( 1(

INSAN(PERFILMAN(

Produser(( 14(

318(

Sutradara(( 50(

Penulis(scenario(

13(

Actor/aktris( 194(

Penata(musik( 5(

Penata(artistik( 2(

(http://perfilman.pnri.go.id)(

Page 73: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (69(

(

2.1.3. PEMBINAAN KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YME DAN TRADISI

Indonesia merupakan negara yang majemuk. Kemajemukan tersebut tidak hanya terlihat dari beragamnya budaya tetapi juga beragamnya kepercayaan yang dianut masyarakat Indonesia serta tradisi yang dimiliki bangsa Indonesia.

Indonesia sebagai negara hukum dan berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa harus menjunjung tinggi supremasi hukum serta meyakini bahwa nilai-nilai religius merupakan salah satu sumber inspirasi bagi negara dalam menjalankan kewajibannya. Salah satu ciri negara hukum adalah mengakui dan menjamin adanya Hak Asasi Manusia. Salah satu Hak Asasi Manusia yang paling dasar serta penting untuk dijamin keberadaannya ialah hak untuk beragama. Selain agama yang diakui oleh pemerintah, terdapat pula kepercayaan/penghayat kepercayaan terhadap Tuhan YME yang hingga saat ini masih dijalankan oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Kepercayaan-kepercayaan tersebut masih terbawa oleh kepercayaan animisme-dinamisme yang hingga saat ini praktek ritualnya masih dijalankan oleh beberapa masyarakat di Indonesia.

Di Indonesia terdapat sekitar 245 organisasi/kelompok penghayat kepercayaan terhadap Tuhan YME yang terdaftar. Sementara jumlah keseluruhan anggota/penganut penghayat kepercayaan terhadap Tuhan YME mencapai 400 ribu jiwa lebih. Contoh dan penyebaran penghayat kepercayaan yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut:

1. Agama Bali (lebih sering disebut sebagai Hindu Bali atau Hindu Dharma)

2. Sunda Wiwitan (Kanekes, Banten)

3. Agama Djawa Sunda (Kuningan, Jawa Barat)

4. Buhun (Jawa Barat)

5. Kejawen (Jawa Tengah dan Jawa Timur)

6. Parmalim (Sumatera Utara)

7. Kaharingan (Kalimantan)

8. Tonaas Walian (Minahasa, Sulawesi Utara)

9. Tolottang (Sulawesi Selatan)

10. Wetu Telu (Lombok)

11. Naurus (pulau Seram, Maluku)

12. Aliran Mulajadi Nabolon

13. Marapu (Sumba)

Page 74: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

70! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

14. Purwoduksino

15. Budi Luhur

16. Pahkampetan

17. Bolim

18. Basora

19. Samawi

20. Sirnagalih

Pembinaan kelompok-kelompok penghayat kepercayaan terhadap Tuhan YME ini berada di bawah Direktorat Pembinaan Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi.

2.1.4. PEMBINAAN SEJARAH DAN NILAI BUDAYA

a. Aspek Pembinaan Sejarah

Upaya pelestarian nilai sejarah dan nilai tradisional secara operasional dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), yang tersebar di 11 (sebelas) lokasi di Indonesia.

Berdasarkan TUSI BPNB pembinaan tersebut mencakup:

1) Kajian, inventarisasi dan dokumentasi

2) Pengemasan hasil kajian/inventarisasi melalui penerbitan majalah dan jurnal ilmiah

3) Pengembangan hasil kajian melalui sosialisasi, lawatan, pergelaran, seminar/dialog/workshop, dll

4) Pelayanan publik: perpustakaan, konsultasi & advokasi, objek/ sasaran kunjungan, praktek kerja lapangan, dan dunia maya

Berikut adalah daftar BPNB yang terdapat di Indonesia:

Page 75: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (71(

(

No.! Nama!BPNB! Alamat!

1! BPNB!Aceh! Jl.(Twk(Hasyim(Banta(Muda(No.17((Banda(Aceh(?(Nanggroe(Aceh(Darussalam(Telp.(+62(651(24216(Fax.(+62(651(23226(E?Mail(:(bpsnt.nad(AT)budpar.go.id(

Website:(http://www.bpsnt?bandaaceh.com/(

2! BPNB!Tanjung!Pinang(

Jl.(Pramuka(No.(7((

Tanjung(Pinang(?(Kepulauan(Riau(Telp(+62(771(20946(Fax.(+62(771(22753(Email:(bpsnt.tp(AT)budpar.go.id(

3! BPNB!Padang( Jl.(Raya(Belimbing(No.16A(Kuranji(

(Padang(?(Sumatera(Barat(Telp.(+62(751(496181(Fax.(+62(751(496181(Email:(bpsnt.padang(AT)budpar.go.id(

4( BPNB!Bandung( Jawa(Barat(Telp.(+62(22(7804942,(7834206(Fax.(+62(22(7804942((Email:(bpsnt.bandung(AT)budpar.go.id(

5! BPNB!Yogyakarta( Jl.(Brigjen(Katamso(No.(139(Yogyakarta("(55152(D.I.(Yogyakarta(Telp.(+62(274(37324,(379308(Fax.(+62(274(381555(Email:(bpsnt.yogyakarta(AT)budpar.go.id(

6! BPNB!Denpasar( Jl.(Raya(Dalung,(Abian(Base(No.107(Denpasar(?(Bali(Telp.(+62(361(439547(Fax.(+62(361(439546(Email:(bpsnt.denpasar(AT)budpar.go.id(

7! BPNB!Pontianak!

(

(

Jl.(Letjen(Sutoyo(Pontianak("(Kalimantan(Barat(Telp.(+62(561(737906,(Fax.(+62(561(760(707(Website:(http://www.bksnt?pontianak.or.id(Email:(bpsnt.pontianak(AT)budpar.go.id(

8! BPNB!Manado( Jl.(Brigjen(Katamso(Lingkungan(V(Manado(?(Sulawesi(Utara(Telp.(+62(431(864926(Fax.(+62(431(864926(Email:(bpsnt.manado(AT)budpar.go.id(

Page 76: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

72! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

No.! Nama!BPNB! Alamat!

9! BKNB!Makassar( Jl.(Sultan(Alauddin(Km.7(Tala(Salapang(Makassar(Sulawesi(Selatan(Telp.(+62(411(883748(Fax.(+62(411(865166(Email:(bpsnt.makassar(AT)budpar.go.id(

10! BPNB!Ambon( Jl.(Ir.(Patuhena,(Wailela,(Rumah(Tiga(?(Ambon(Telp.(+62(911(322718(Fax.(+62(911(322717(Email:(bpsnt.maluku(AT)budpar.go.id(

11! BPNB!Jayapura( Jl.(Isele(Waena(Kampung(Jayapura("(Papua(Telp.(+62(967(571089(Fax.(+62(967(573383(Email:(bpsnt.jayapura(AT)budpar.go.id(

Page 77: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (73(

(

Page 78: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

74! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

b. Aspek Pembangunan Nilai Budaya Bangsa

Persoalan kebudayaan merupakan bagian penting dalam proses pembangunan. Kebudayaan terkait dengan persoalan karakter dan mental bangsa yang menentukan keberhasilan pembangunan di Indonesia. Oleh karena itu, pada tahun 2010 telah diterbitkan “7 pokok Pembangunan Karakter Bangsa”, dan disosialisasikan kepada publik, yang mencakup :

1. Bangga sebagai Bangsa Indonesia;

2. Bersatu dan Bergotong royong;

3. Menghargai Kemajemukan;

4. Mencintai Perdamaian (Anti Kekerasan);

5. Pantang Menyerah dan Mengejar Prestasi;

6. Demokratis;

7. Berpikir Positif.

Lebih lanjut dalam kurun waktu tahun 2011 telah dirintis program-program internalisasi nilai dalam rangka pembangunan karakter bangsa melalui kegiatan antara lain :

1) Sosialisasi dan pembekalan pengembangan karakter bangsa kepada Guru dan Kepala Sekokah,

2) Sosialisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui media (nonton bareng film inspiratif)

2.1.5. INTERNALISASI NILAI DAN DIPLOMASI BUDAYA

Secara konvensional, pengertian diplomasi adalah sebagai usaha suatu negara-bangsa untuk memperjuangkan kepentingan nasional di kalangan masyarakat internasional.1 Dalam hal ini diplomasi diartikan tidak sekedar sebagai perundingan, melainkan upaya hubungan luar negeri.2 Diplomasi kebudayaan dapat diartikan sebagai usaha suatu negara untuk memperjuangkan kepentingan nasionalnya melalui dimensi kebudayaan, baik

(((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((1 Lihat K.J. Holsti, International Politics, A Framework for Analysis, Third Edition, (New Delhi: Prentice Hlml of

India, 1984), hlmn. 82-83. 2 Lihat juga Roy S.L., Diplomasi, terjemahan Harwanto & Mirsawati (Jakarta: Rajawali Press, 1991).

Page 79: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (75(

(

secara mikro seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, olah raga, dan kesenian, ataupun secara makro sesuai dengan ciri-ciri khas utama, misalnya propaganda dan lain-lain, yang dalam pengertian konvensional dapat dianggap sebagai bukan politik, ekonomi, ataupun militer. Beberapa literatur menyebutnya propaganda.3

Tujuan utama dari diplomasi kebudayaan adalah untuk mempengaruhi pendapat umum (masyarakat negara lain) guna mendukung suatu kebijaksanaan politik luar negeri tertentu. Pola umum yang biasanya terjadi dalam hubungan diplomasi kebudayaan adalah antara masyarakat (suatu negara tertentu) dan masyarakat lain (negara lain). Adapun pendapat umum yang dimaksud di sini adalah guna mempengaruhi policy pemerintah dari masyarakat yang bersangkutan.

Sasaran utama diplomasi kebudayaan adalah pendapat umum, baik pada level nasional, dari suatu masyarakat negara-bangsa tertentu, maupun internasional, dengan harapan pendapat umum tersebut dapat mempengaruhi para pengambil keputusan pada pemerintah atau organisasi internasional. Sarana diplomasi kebudayaan adalah segala macam alat komunikasi, baik media elektronik maupun cetak, yang dianggap dapat menyampaikan isi atau misi politik luar negeri tertentu, termasuk di dalamnya sarana diplomatik maupun militer. Materi ataupun isi diplomasi kebudayaan adalah segala hal yang secara makro maupun mikro dianggap sebagai pendayagunaan aspek budaya (dalam politik luar negeri), antara lain kesenian, pariwisata, olah raga, tradisi, teknologi sampai dengan pertukaran ahli dan sebagainya.

Diplomasi merupakan cara, dengan peraturan dan tata karma tertentu, yang digunakan suatu negara guna mencapai kepentingan nasional negara tersebut dalam hubunganya dengan negara lain atau dengan masyarakat internasional. Dengan demikian, dalam hubungan internasional, diplomasi tidak bisa dipisahkan dan bertalian erat dengan politik luar negeri dan juga dengan politik internasional.

Diplomasi budaya yang telah dilakukan Indonesia untuk mendukung nilai-nilai budaya Indonesia salah satunya adalah turut serta dalam proses penetapan nominasi warisan budaya dunia tak benda yang terakhir diadakan di Paris pada tanggal 3-8 Desember 2012 lalu. Kehadiran Indonesia dalam sidang UNESCO ICH ke-7 di Paris adalah dalam rangka mengajukan naskah nominasi

(((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((3 Lihat K.J. Holsti, op.cit.

Page 80: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

76! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

warisan budaya tak benda, yaitu Naskah Nominasi Noken sebagai warisan budaya tak benda yang berasal dari Papua Indonesia. Indonesia membawa naskah nominasi Noken sebagai warisan budaya takbenda yang masuk ke dalam Urgent Safeguarding List atau daftar yang memerlukan perlindungan mendesak. Pada sidang tersebut, Noken berhasil ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda oleh badan penasihat UNESCO.

Dalam draft keputusan penetapan, disebutkan kurang lebihnya bahwa Noken membutuhkan perlindungan mendesak dikarenakan hampir terputusnya transfer ilmu dari generasi ke generasi, tersainginya noken tradisional yang berasal dari kulit kayu dengan noken kreasi yang terbuat dari benang wol dan bahan sintetis lainnya serta persaingan antara noken dengan tas-tas modern dan impor. Noken merupakan tas tradisional yang tersebar di seluruh tanah Papua dan Papua Barat serta memiliki keunikan tersendiri di masing-masing daerah di Papua dan Papua Barat. Kedepannya Indonesia akan melakukan pengusulan nominasi warisan budaya dunia tak benda untuk tari tor-tor, jamu, dan dangdut.

2.2. KONDISI EKSTERNAL LINGKUNGAN

KEBUDAYAAN

Lingkungan kebudayaan nasional tidak dapat dilepaskan dari gejala kebudayaan yang terjadi di luar lingkungan nasional. Dengan kata lain kebduayaan nasional berrelasi dengan globalisasi yang merupakan istilah lain dari diffusi kebudayaan atau proses menyebarnya berbagai (atau sebagian) unsur dari suatu kebudayaan ke kebudayaan yang lain. Hal ini juga dapat dimengerti sebagai masuknya, terlibatnya, dan atau terjalinnya budaya lokal ke dalam suatu tatanan atau sistem jaringan budaya global yang kemudian mampu mengkondisikan peningkatan keterhubungan (interconnectedness) antar-masyarakat di berbagai penjuru dunia.

Globalisasi mulanya dan dari sejarah kemunculannya disebabkan oleh beberapa hal, antara lain adalah:

1) Migrasi penduduk,

Page 81: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (77(

(

2) Kemajuan teknologi transportasi,

3) Kolonialisme,

4) Industrialisasi,

5) Media massa dan teknologi informasi,

6) Ekspansi pasar atau perdagangan lintasnegara, dan

7) Pariwisata.

Globalisasi membawa dampak terhadap perkembangan ekonomi, politik, sosial, iptek dan lingkungan yang pada gilirannya akan me-munculkan apa yang disebut sebagai “global culture” (kebudayaan global). Lebih lanjut, adanya globalisasi ini kemudian merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi pembangunan kebudayaan nasional.

Para ilmuan sosial, budaya, politik, dan ekonomi menyebut gejala tersebut sebagai the emergence of “global culture” yang mana fenomena ini dikendalikan atau digerakkan oleh suatu sistem nilai politik ekonomi internasional (Smith, 2001:430). Dalam kondisi demikian unsur-unsur kebudayaan yang beragam itu kemudian menjadi basis atau fondasi dalam pembentukan varian serta memunculkan ekspresi-ekspresi kebudayaan “baru” yang berciri campuran/hybrid atau akulturatif dalam suatu masyarakat. Ekspresi kebudayaan semacam ini dikatakan oleh Abdullah (2006) sebagai akibat nyata dari globalisasi yang telah melahirkan diferensiasi kebudayaan yang luas dan tampak dari porses pembentukan gaya hidup dan identitas.

Persoalan identitas menjadi salah satu isu utama dalam konteks globalisasi tersebut. Identitas baik secara personal (individu) maupun kolektif (masyarakat) tidak lagi dapat dinyatakan secara tegas, bahwa si A adalah bagian dari sukubangsa A di lokasi tertentu, sementara si B merupakan anggota dari sukubangsa B, dan seterusnya. Para ilmuan sosial yang beraliran pascakolonialisme seperti Madan Sarup dan Arjun Appadurai menyodorkan formulasi gagasan mengenai hal ini. Mereka berpendapat bahwa identitas di zaman ini tidak lagi dibatasi oleh ciri-ciri kultural, politik, maupun geografis yang ketat, melainkan menjadi relatif bebas dan tidak terikat, yang mana identitas tersebut telah melebur ke dalam berbagai pilihan masing-masing individu.

Dalam konteks masyarakat Indonesia yang kini tengah memasuki era globalisasi tahap ke tiga—seperti yang pernah dikatakan oleh Alvin Toffler dalam bukunya The Third Wave—kondisi sosial dan kebudayaan yang terjadi dalam masyarakat oleh Marshall Goldsmith (1998, dalam Abdullah, 2006:166) disebutkan terdapat tiga ciri yang terbentuk akibat proses ekspansi pasar, yaitu (1) diversitas (perbedaan), (2) terbentuknya nilai-nilai yang berlaku umum, dan (3) mulai menghilangnya humanitas

Page 82: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

78! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

(perikemanusiaan). Untuk lebih jelasnya mengenai pengaruh globalisasi terhadap aspek ekonomi, politik, sosial, iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi), kebudayaan, dan masalah lingkungan, akan diuraikan sebagai berikut:

Globalisasi Dalam Aspek Ekonomi

Globalisasi pada ranah ekonomi dapat dimengerti sebagai suatu perubahan yang bersifat mendasar atau struktural pada sistem ekonomi dalam skala global. Secara umum, globalisasi ekonomi akan berdampak pada berkembangnya ideologi ekonomi “baru” yang kapitalistik di mana melahirkan liberalisasi dan privatisasi.

Globalisasi ekonomi juga disebut sebagai rantai utama terjadinya perubahan dalam kehidupan sosial dalam seting atau rekayasa tertentu, yang mana perubahan sosial ini dikehendaki sebagai perubahan yang berdampak secara positif bagi para pemilik modal atau sekelompok orang. Globalisasi ekonomi di sini memberikan ruang terbuka bagi pasar serta peluang usaha bagi individu maupun masyarakat dalam konsep tanpa batas.

Lodge dalam Managing Globalization in the Age Of Interdependence (1995) mengemukakan bahwa globalisasi merupakan suatu proses ketika masyarakat di dunia menjadi semakin terhubungkan (inter-connected) satu sama lainnya dalam berbagai aspek kehidupan. Hubungan ini dapat pada ranah budaya, ekonomi, politik, teknologi, maupun lingkungan. Sehubungan dengan itu, maka dalam konteks globalisasi ekonomi, dunia diasumsikan sebagai sebuah pasar global yang satu sama lain terhubung, atau organis. Cakupan dalam pengertian “pasar” tersebut bukan hanya untuk barang dan jasa, tetapi juga berlaku untuk modal dan teknologi. Kendati harus diakui bahwa peran pemerintah masih saja tetap ada di banyak negara, secara bertahap telah beralih kepada mekanisme pasar (market-driven).

Tambunan (2004) menyatakan terdapat empat sektor yang terpengaruh secara langsung oleh globalisasi ekonomi ini, yaitu ekspor, impor, investasi, dan tenaga kerja yang memiliki dampak positif dan negatif. Apabila dapat diantisipasi dengan baik, globalisasi dapat berpengaruh positif, namun sebaliknya apabila tidak mampu diantisipasi dengan baik, maka globalisasi berpeluang menciptakan dampak negatif.

Menurut Tanri Abeng perwujudan nyata dari globalisasi ekonomi antara lain terjadi dalam bentuk-bentuk berikut:

Page 83: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (79(

(

1) Globalisasi produksi, di mana perusahaan berproduksi di berbagai negara dengan sasaran agar biaya produksi menjadi lebih rendah. Hal ini dilakukan baik karena upah buruh rendah, tarif bea masuk lebih murah, infrastruktur yang memadai ataupun karena iklim yang kondusif untuk menjalankan usaha dan politik. Dunia dalam hal ini menjadi lokasi manufaktur global. Di sisi lain, kehadiran tenaga kerja asing merupakan gejala terjadinya globalisasi tenaga kerja.

2) Globalisasi pembiayaan. Perusahaan global mempunyai akses untuk melakukan investasi (baik dalam bentuk portofolio atau pun langsung) di semua negara di dunia. Sebagai contoh, PT Telkom dalam memperbanyak satuan sambungan telepon, atau PT Jasa Marga dalam memperluas jaringan jalan tol, telah memanfaatkan sistem pembiayaan dengan pola BOT (build-operate-transfer) bersama mitra usaha dari manca negara.

3) Globalisasi tenaga kerja. Perusahaan multi nasional akan mampu memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai kelasnya, seperti penggunaan staf profesional diambil dari tenaga kerja yang telah memiliki pengalaman internasional atau buruh kasar yang biasa diperoleh dari negara berkembang. Dengan globalisasi maka human movement akan semakin mudah dan bebas.

4) Globalisasi jaringan informasi. Masyarakat suatu negara dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari negara-negara di dunia karena kemajuan teknologi, antara lain melalui TV, radio, media cetak dan lain-lain. Jaringan komunikasi yang semakin maju telah membantu sehubungan dengan perluasan pasar ke berbagai belahan dunia untuk barang yang sama.

5) Globalisasi perdagangan. Hal ini terwujud dalam bentuk penurunan dan penyeragaman tarif serta penghapusan berbagai hambatan nontarif. Dengan demikian kegiatan perdagangan dan persaingan menjadi semakin cepat, ketat, dan adil.

Globalisasi ekonomi juga membawa dampak positif bagi perekonomian, yaitu antara lain:

1) Produksi global dapat dit ingkatkan. Pandangan ini sesuai dengan teori 'Keuntungan Komparatif' dari David Ricardo. Melalui spesialisasi dan perdagangan faktor-faktor produksi dunia dapat digunakan dengan lebih efesien, output dunia bertambah dan masyarakat akan memperoleh keuntungan dari spesialisasi dan perdagangan dalam bentuk pendapatan yang

Page 84: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

80! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

meningkat, yang selanjutnya dapat meningkatkan pembelanjaan dan tabungan.

2) Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara. Perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat dari berbagai negara mengimpor lebih banyak barang dari luar negeri. Hal ini menyebabkan konsumen mempunyai pilihan barang yang lebih banyak. Selain itu, konsumen juga dapat menikmati barang yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah.

3) Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri. Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang jauh lebih luas dari pasar dalam negeri.

4) Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik. Modal dapat diperoleh dari investasi asing yang dapat nikmati oleh negara-negara berkembang yang umumnya telah memiliki masalah kekurangan modal dan tenaga ahli, serta tenaga terdidik yang berpengalaman.

5) Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi. Pembangunan sektor industri dan berbagai sektor lainnya bukan saja dikembangkan oleh perusahaan asing, tetapi terutamanya melalui investasi yang dilakukan oleh perusahaan swasta domestik.

Di samping dampak positif, globalisasi ekonomi juga membawa dampak negatif, yaitu sebagai berikut:

1) Menghambat pertumbuhan sektor industri . Salah satu efek dari globalisasi adalah perkembangan sistem perdagangan luar negeri yang lebih bebas. Perkembangan ini menyebabkan negara-negara berkembang tidak dapat lagi menggunakan tarif yang tingi untuk memberikan proteksi kepada industri yang baru berkembang (infant industry). Dengan demikian, perdagangan luar negeri yang lebih bebas menimbulkan hambatan kepada negara berkembang untuk memajukan sektor industri domestik yang lebih cepat. Selain itu, ketergantungan kepada industri-industri yang dimiliki perusahaan multi nasional semakin meningkat.

2) Memperburuk neraca pembayaran. Globalisasi cenderung menaik-kan barang-barang impor. Sebaliknya, apabila suatu negara tidak mampu bersaing, maka ekspor tidak berkembang. Keadaan ini dapat memperburuk kondisi neraca pembayaran. Efek buruk lain dari globaliassi terhadap neraca pembayaran adalah pembayaran neto pendapatan faktor produksi dari luar

Page 85: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (81(

(

negeri cenderung mengalami defisit. Investasi asing yang bertambah banyak menyebabkan aliran pembayaran keuntungan (pendapatan) investasi ke luar negeri semakin meningkat.

3) Sektor keuangan semakin tidak stabil . Salah satu efek penting dari globalisasi adalah pengaliran investasi (modal) portofolio yang semakin besar. Investasi ini terutama meliputi partisipasi dana luar negeri ke pasar saham. Ketika pasar saham sedang meningkat, dana ini akan mengalir masuk, neraca pembayaran bertambah bak dan nilai uang akan bertambah baik. Sebaliknya, ketika harga-harga saham di pasar saham menurun, dana dalam negeri akan mengalir ke luar negeri, neraca pembayaran cenderung menjadi bertambah buruk dan nilai mata uang domestik merosot. Ketidakstabilan di sektor keuangan ini dapat menimbulkan efek buruk kepada kestabilan kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

4) Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Apabila hal-hal yang dinyatakan di atas berlaku dalam suatu negara, maka dalam jangka pendek pertumbuhan ekonominya menjadi tidak stabil. Dalam jangka panjang pertumbuhan yang seperti ini akan mengurangi lajunya pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional dan kesempatan kerja akan semakin lambat pertumbuhannya dan masalah pengangguran tidak dapat diatasi atau malah semakin memburuk.

Globalisasi Dalam Aspek Polit ik

Menurut Held dalam Steger (2006), di dalam ranah politik, globalisasi akan memunculkan demokrasi (pemerintah demokratis) berbasis gagasan kosmopolitan barat, peraturan hukum internasional, jaringan hubungan luas antar lembaga pemerintah dan non pemerintah.

Sebagai dampak dari adanya demokrasi, mengemuka juga permasalahan hak asasi manusia dan kesetaraan gender yang merupakan prinsip-prinsip demokrasi dan telah tercantum dalam peraturan hukum internasional (Millennium Development Goals, The Universal Declaration of Human Right dan The Solemn Declaration of Gender Equity). Oleh karena itu, maka secara umum aspek-aspek globalisasi politik meliputi: (a) demokratisasi, (b) hak asasi manusia (HAM), dan (c) kesetaraan gender.

Adapun implikasi globalisasi politik adalah munculnya interdepensi antarbangsa di mana banyak pemerintah yang menyesuaikan sistem perpolitikannya dengan

Page 86: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

82! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

pendekatan transnasional. Ada dua cara untuk melakukannya: pertama, dengan cara mengintegrasikan sistem politik dalam negeri ke dalam sistem politik transnasional, atau kedua, dengan mengatur persamaan-persamaan yang ada dalam sistem nasional ke dalam entitas politik transnasional (Bamyeh, 2000). Metode pertama menggunakan sistem politik lokal sebagai dasar integrasi, sedangkan yang kedua menggunakan standar global sebagai bentuk dari sistem politik.

Dampak positif dari globalisasi politik yaitu dengan adanya demokrasi, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan djalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara yang semakin meningkat.

Sementara, dampak negatif dari globalisasi politik antara lain:

1) Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat suatu negara bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya perubahan idealisme negara tersebut.

2) Globalisasi politik ini menjadikan negara mengalami pelemahan negara. Kelompok pendukung negara mulai melokal. Komunitas perdagangan menjadi mengecil dan digantikan oleh kepentingan lokal dan menjadi inisiatif warga negara.

3) Akibat globalisasi, ada beberapa masalah yang dulu dianggap lokal menjadi masalah global. Isu masalah ini sangat sensitif dan krusial, sehingga sering kali mengundang intervensi dari suatu negara ke negara lain.

Globalisasi Dalam Aspek Sosial

Dalam wilayah sosial dan budaya, dampak dari era globalisasi menampakkan diri dalam perubahan-perubahan yang signifikan kehidupan sehari-hari di masyarakat, seperti misalnya: fenomena (a) gaya hidup atau lifestyle dan (b) masyarakat yang saling berjejaring atau network society.

Sebagaimana disebut di atas bahwa globalisasi sosial memunculkan fenomena empirik pada perubahan pola serta model gaya hidup dan jejaring sosial. Fenomena ini munculnya tidak hanya pada masyarakat perkotaan, yang selama ini dianggap sebagai masyarakat yang paling cepat berubah atau progresif. Melainkan juga globalisasi ini melanda pada masyarakat pedesaan. Hal ini terkait dengan kemajuan

Page 87: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (83(

(

teknologi dan informasi, utamanya telepon, jejaring internet, media massa, dan juga televisi. Dari fenomena empirik itu dapat kita lihat setidaknya ada dua hal yang berubah, yaitu perubahan pada tataran ide atau mindset dan perilaku dalam masyarakat.

Pada tata ide, masyarakat yang dulunya memiliki pandangan bahwa segala sesuatu yang dulunya sangat sukar diakses dan kalaupun dapat diakses maka membutuhkan waktu yang relatif lama, sementara saat ini semua seakan menjadi mudah dan cepat, lagi murah. Misal pada informasi atau berita. Dengan perubahan pemikiran itu, maka sebagian besar masyarakat kita memiliki pandangan bahwa masing-masing individu maupun kelompok sudah seharusnya memiliki telepon seluler. Era telepon seluler, dengan variasi teknologinya mulai dari telepon seluler biasa hingga varian smartphone, membuat masyarakat berubah pola hidupnya. Semua serba cepat, dan dengan demikian secara otomatis individu-individu maupun kelompok sosial tersebut memiliki jejaring yang lebih luas dengan pelbagai fitur dan fasilitasnya, yang mana hal ini tidak memedulikan dimana dia atau mereka berada. Ini merupakan contoh dari model network society di era globalisasi. Hal lain berkenaan dengan itu, adalah berubahnya gaya hidup.

Dengan perkembangan kecanggihan teknologi telepon seluler yang kini sangat tampak ditenteng hampir semua orang kemanapun dia pergi, dapat dimaknai secara fungsional maupun simbolik. Secara fungsional telepon seluler merupakan kebutuhan interaksi sosial, namun ia sekaligus bermaka secara simbolis. Ketika telepon seluler menjadi simbol, atau perlambang akan sesuatu, maka ia masuk ke ranah gaya hidup atau life style. Jenis telepon seluler tertentu yang digunakan oleh sebagian masyarkat di sini dapat menjadi penanda kelas maupun status sosial individu maupun kelompok masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ia juga melambangkan zeitgeist atau semangat jaman, atau semangat bahwa pengguna telepon seluler secara sosial maupun kultural merupakan bagian dari “dunia global” atau kebudayaan global itu sendiri.

Globalisasi Dalam Aspek Iptek

Globalisasi iptek adalah sebuah istilah yang merujuk pada gejala sosial yang memiliki hubungan dengan peningkatan “keterkaitan” dan “ketergantungan” antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui informasi dan teknologi. Secara umum, globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) berdampak oleh perkembangan (a) teknologi informasi (relativitas ruang dan waktu) dan (b) teknologi digital. Mickletwaith

Page 88: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

84! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

dan Wooldridge (2000) mengkaji masalah tiga mesin globalisasi (three engines globalization). Ketiga mesin tersebut adalah teknologi, modal, dan manajemen.

Ciri-ciri era globalisasi iptek, adalah sebagai berikut:

1) Semakin tingginya peradaban yang ditopang oleh keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2) Penyerbuan komunikasi dan informasi yang menembus batas-batas budaya.

3) Tingginya laju transformasi sosial.

4) Terjadinya perubahan gaya hidup (lifestyle).

5) Semakin tajamnya gap antara negara industri dengan negara berkembang.

Dampak positif dari globalisasi iptek, antara lain adalah:

1) Perubahan tata nilai dan sikap,

2) Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan

3) Tingkat kehidupan yang lebih baik.

Sementara, dampak negatif dari globalisasi iptek, diantaranya:

1) Bergesernya minat generasi muda terhadap kesenian tradisional,

2) Sikap individualistik,

3) Perubahan kebiasaan yang sebenarnya bertentangan dengan budaya, dan

4) Arus informasi besar-besaran dan tidak terkontrol.

Lebih lanjut, menurut Friedman (1999) faktor pendorong globalisasi iptek adalah sebagai berikut:

1) Secara potensial, teknologi komunikasi dapat menjangkau seluruh permukaan bumi hanya dalam tempo sekejap.

2) Jumlah pesan dan arus lalu lintas informasi telah berlipat ganda secara geometrik.

3) Kompleksitas teknologinya sendiri semakin canggih (sophisticated), baik piranti lunak maupun piranti kerasnya.

Globalisasi Dalam Aspek Masalah Lingkungan

Page 89: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (85(

(

Perubahan iklim global (global climate change), umumnya berasal dari pemanasan global (global warming) yaitu adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Hal ini terjadi karena pada hampir setiap aspek kehidupan terdapat keadaan dan atau berbagai aktivitas yang bersifat tidak ramah terhadap lingkungan hidup bahkan terjadi berbagai kerusakan dan pencemaran lingkungan yang jika dibiarkan dapat mengancam keberlangsungan hidup. Ciri-ciri dari global warming, yaitu: iklim yang tidak stabil, peningkatan permukaan air laut, peningkatan suhu global, dan sebagainya.

Menurut Mike Hulme, seorang pakar iklim, perubahan iklim bukanlah sebuah masalah yang menunggu untuk dipecahkan. Perubahan iklim lebih merupakan soal fenomena lingkungan, budaya, dan politik, yang mendesak kita untuk menajamkan kembali corak berpikir tentang cara kita menjalankan kehidupan. Perubahan iklim adalah fenomena yang mungkin baru akan terjadi berpuluh tahun lagi, tetapi ia memaksa kita untuk memikirkannya sekarang juga (Satyasuryaman dan Patria, 2010:71). Perubahan iklim atau global climate change telah menjadi isu sentral sejak abad ke-21. Isu perubahan iklim ini muncul karena berbagai penyebab dan dampak dari gejala degradasi lingkungan di penjuru bumi yang kemudian menjadi persoalan cukup kompleks serta pelik terutama ketika dihadapkan dengan kehidupan masyarkat modern (Puntenney, 2009:311)

Permasalahan lingkungan global selanjutnya menginspirasi berbagai gerakan ramah lingkungan (eco-environment) yang kini tengah berkembang di berbagai belahan dunia. Dengan demikian, globalisasi dan persoalan lingkungan mengerucut pada isu-isu (a) perubahan iklim global (global climate change) dan (b) eco-environment atau pelestarian lingkungan. Dalam hal ini, implikasi logis dari persoalan yang melanda di berbagai belahan dunia tersebut kemudian membuat fenomena globalisasi menjadi penting karena memberikan kemudahan sarana dan informasi terkait dengan penelitian, pengendalian, dan pelestarian lingkungan. Sebagai contoh penggunaan energi ramah lingkungan atau energi hijau, yaitu energi yang dapat diperbaharui dan tidak mencemari lingkungan.

Lingkungan merupakan peninggalan dari generasi terdahulunya, yaitu sebagai ‘common heritage of mankind’ dan permasalahan lingkungan telah menjadi masalah global karena tidak hanya berdampak pada suatu kawasan/negara, melainkan seluruh dunia. Permasalahan dan atau kerusakan lingkungan yang ada pada saat ini tidak mungkin hanya terselesaikan oleh suatu negara atau beberapa negara (Baslar 106 dalam Global Environment Politic).

Page 90: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

86! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

Globalisasi lingkungan ialah bagaimana menemukenali penanggulangan yang tepat bagi tiap-tiap permasalahan lingkungan, serta menjadikan sumber daya manusia dan kelembagaan yang ada berperan serta dalam menjaga dan menanggulangi dampak tersebut (Dahl, 1998). Globalisasi berdampak pada tersedianya informasi mengenai kondisi lingkungan (iklim, daratan, dan lautan) yang diperlukan oleh para pemangku kepentingan sebagai pemenuhan kebutuhan informasi untuk menganalisa dan mengelola lingkungan. Sedangkan pola hidup masyarakat dan lingkungan perlu dipandang sebagai satu kesatuan yang secara tidak langsung akan berdampak pada aspek ekonomi dan aspek sosial (The International Jacques Maritain Institute International Seminar Of Globalization, 1998).

Globalisasi Dalam Aspek Kebudayaan

Selain terjadi pada ranah ekonomi, politik, dan iptek, proses globalisasi juga sangat jelas terjadi pada ranah kebudayaan. Jika kebudayaan diartikan sebagai pandangan hidup, nilai-nilai, serta norma-norma yang menjadi pembimbing warga suatu masyarakat dalam beradaptasi dengan lingkungannya, maka globalisasi pada ranah kebudayaan dapat berupa semakin dipengaruhinya pandangan hidup, nilai-nilai, dan norma-norma kehidupan masyarakat lokal oleh budaya global. Meskipun demikian, budaya-budaya lokal bukanlah entitas-entitas yang secara pasif menerima budaya global. Dengan berbagai cara dan siasat, budaya lokal secara aktif menyeleksi, memilih unsur-unsur budaya global dan kemudian menyesuaikannya dengan kebutuhan masyarakat dan budaya setempat, sehingga muncul fenomena glokalisasi atau pelokalan budaya global, yakni pengubahan-pengubahan atau penafsiran ulang unsur-unsur budaya global oleh masyarakat lokal, agar unsur budaya global tersebut sesuai dengan kondisi dan situasi budaya dan masyarakat lokal.

Glokalisasi dapat terjadi pada pandangan hidup atau ideologi global, sebagaimana yang terjadi pada ide-ide mengenai demokrasi, kebebasan dan hak-hak asasi manusia yang tidak selalu diterima oleh masyarakat Indonesia sebagaimana adanya. Pandangan hidup atau ideologi tersebut ditafsir ulang, agar sesuai dengan situasi dan kondisi lokal, namun juga tidak menjadi sama sekali berbeda dengan yang aslinya. Glokalisasi juga dapat terjadi pada nilai-nilai, sebagaimana yang terjadi pada nilai-nila materialisme dan konsumerisme. Materialisme dan konsumerisme sebagai seperangkat nilai-nilai tidak diterima begitu saja oleh masyarakat Indonesia. Nilai-nilai tersebut ditafsir ulang dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat Indonesia.

Glokalisasi gaya hidup terlihat dengan jelas dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup masyarakat global yang rasional tidak diambil-alih begitu saja, tetapi disesuaikan

Page 91: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (87(

(

deng-an situasi dan kondisi lokal, sehingga semangat kekeluargaan dan gotong-royong yang dianggap sebagai salah satu ciri masyarakat dan budaya Indonesia tidak sepenuhnya hilang dari tengah kehidupan masyarakat.

Budaya Global

Budaya global dapat diartikan sebagai seperangkat pandangan hidup, nilai-nilai serta norma-norma yang sudah diakui dan diterima oleh masyarakat global, masyarakat umum di dunia. Budaya global muncul sebagai hasil dari interaksi antarmasyarakat dan antarkebudayaan, melalui jaringan teknologi transportasi dan komunikasi yang terus-menerus mengalami penyempurnaan.

Budaya global menjadi pesaing budaya nasional dan budaya lokal, karena budaya ini tidak lebih sulit diakses daripada dua budaya ini. Melalui teknologi komunikasi yang semakin maju orang dapat mengakses budaya global dengan cepat, bahkan lebih cepat dan lebih mudah daripada mengakses budaya nasional dan budaya lokal.

Budaya global juga menjadi pesaing budaya nasional dan lokal karena seringkali dipandang lebih menarik daripada dua budaya ini, karena, pertama, budaya global dapat memberikan identitas sosial baru kepada penganutnya; sebuah identitas sosial yang melampaui batas identitas bangsa. Kedua, dengan identitas baru ini seseorang dapat membangun jejaring sosial baru yang lebih luas dengan mudah. Ketiga, jejaring sosial yang melampaui batas bangsa ini memberikan kebanggaan tersendiri, dan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu yang tidak dapat dipenuhi oleh budaya nasional dan budaya lokal.

Di sisi yang lain, budaya global juga dapat dipandang sebagai sumber pengetahuan untuk memperluas wawasan pandangan hidup dan sumber inspirasi untuk menghasilkan karya-karya budaya baru. Sumber budaya global—yang bagaikan samudra yang sangat luas dan dalam—merupakan sumber yang sangat kaya dan tidak akan pernah habis isinya. Dalam posisi ini budaya global tidak lagi menjadi pesaing budaya nasional dan budaya lokal, tetapi menjadi mitra dua budaya ini untuk memperluas wawasan pengetahuan, pandangan hidup, dan memperkaya gaya hidup.

Budaya global yang didukung oleh teknologi transportasi dan komunikasi yang kokoh dan luas harus selalu diperhitungkan dalam proses pembangunan kebudayaan, karena pengaruh budaya ini tidak mungkin ditolak. Di lain pihak, proses merasuknya

Page 92: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

88! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

budaya ini dalam kehidupan bangsa juga tidak dibiarkan lepas tanpa kendali, karena dapat menimbulkan dampak negatif yang sulit diperbaiki. Pembangunan kebudayaan perlu memiliki strategi yang tepat untuk menyikapi budaya global yang dari satu sisi terlihat sebagai pesaing, sebagai ancaman, sedang dari sisi yang lain terlihat sebagai mitra dan sumber inspirasi pembangunan kebudayaan yang sangat luas dan bermanfaat.

Douglas Kellner dalam “Theorizing Globalization” (Sociological Theory, November 2002:287) mengatakan bahwa globalisasi pada dasarnya bermula dari revolusi teknologi-informasi dan komunikasi (televisi, kemutahiran iklan, internet, maskapai, dan sebagainya) yang terus terjadi dari waktu ke waktu dan hal ini tentu saja berdampak pada perubahan dalam masyarakat di mana saja. Berikut merupakan contoh konkret dari persoalan global culture ini:

1. Dari yang awalnya serba terbatas dalam hal akses, menjadi “masyarakat berjejaring” (network society) yang terhubung satu sama lain di dunia ini dengan mudahnya.

2. Logika masyarakat yang awalnya sederhana kemudian banyak terpengaruh oleh logika kapitalisme global, sehingga mengubah orientasi nilai-nilai kulturalnya.

3. Nilai-nilai kultural yang lahir dan beralih seperti pada persoalan selera (pilihan-pilihan konsumsi pada produk-produk bercitra global) dan bahasa (dominasi bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari).

4. Peralihan nilai-nilai tersebut kemudian berdampak pada lahirnya budaya homogen atau budaya satu warna, di mana masyarakat mempunyai selera makanan (McDonaldization, kopi Starbuck), tontonan hiburan (MTV culture), dan ukuran-ukuran dalam hidup (kecantikan, kesehatan, kesejahteraan, dan sebagainya) yang relatif seragam.

Pembahasan mengenai wilayah-wilayah sentral yang terimbas dampak globalisasi di atas, seperti ekonomi, politik, sosial, masalah lingkungan, hingga ranah teknologi informasi, sebenarnya mengarah pada satu bentuk atau corak baru dalam kebudayaan global. Budaya global hadir di tengah-tengah masyarakat kita sebagai satu muara dari berbagai isu yang muncul dalam berbagai ranah globalisasi tersebut. Misalnya saja, munculnya distro-distro atau gerai kaus dengan desain seperti laiknya produk-produk dari merek-merek ternama sebagai ajang perlawanan terhadap dominasi tatanan ekonomi dari produk korporasi besar, seperti Nike (Amerika), Adidas (Jerman), Reebok (Inggris), atau yang lain. Sikap atau perlawanan semacam ini

Page 93: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (89(

(

merupakan salah satu imbas dari apa yang dinamakan budaya global tadi, yang sifatnya lebih lokal, baik itu cakupan pasar maupun besaran produksinya.

Dari contoh tersebut kemudian wacana budaya global ternyata dapat juga menyentuh pada tataran identitas, sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa identitas masyarakat telah melampaui identifikasi berdasarkan bangsa atau negaranya. Di sini definisi identitas secara sederhana dapat dimengerti sebagai suatu yang mencirikan individu maupun kelompok yang tampak maupun tidak untuk membedakan dirinya dengan yang lain. Dalam konteks ini, budaya global menyerang pada area “identitas kebudayaan”, di mana terjadi kontestasi atau tarik-menarik antar beberapa kutub (kekuatan) kebudayaan (seperti misalnya budaya lokal dengan budaya global) yang di satu sisi menghendaki corak homogen, sementara di sisi lain ingin melahirkan perlawanan-perlawanan terhadap hal-hal yang dianggap mapan, seperti pada contoh munculnya kaus-kaus distro yang diproduksi secara terbatas di atas. Hal inilah yang lantas melahirkan diskursus tentang glokalisasi kebudayaan.

Meskipun demikian, masing-masing entitas budaya sebagai bagian dari fenomena kebudayaan mampu memunculkan coraknya sendiri-sendiri dan memiliki daya tahan masing-masing agar tetap hidup. Sehubungan dengan itu, maka dalam persebaran unsur-unsur yang menyebabkan terjadinya budaya global muncullah satu bentuk budaya baru, yakni budaya campuran atau hybrid culture. Percampuran berbagai atau beberapa unsur budaya di sini akan melahirkan wajah-wajah atau entitas-entitas baru dalam suatu kebudayaan.

Etika Global

Globalisasi kebudayaan telah melahirkan sejumlah etika pergaulan antarbangsa yang disepakati bersama. Etika pergaulan yang mengikat dan mengatur hubungan antarbangsa ini merupakan etika global, yang meskipun tidak bersifat universal, namun selalu menjadi kerangka acuan bersama dalam pergaulan antarbangsa. Etika global ini berkena-an antara lain dengan kegiatan ekonomi, politik, kelestarian lingkungan, kebudayaan dan kemanusiaan.

Etika global yang berkenaan dengan kebudayaan, misalnya menetapkan komitment pada budaya “non-violence and respect for life”; budaya “solidarity and a just economic order”; budaya “tolerance and a life of truthfulness”, dan budaya “equal rights and partnership between men and women”. Selain itu, masih ada lagi sejumlah etika global yang lain, yang berkenaan misalnya dengan penelitian antarbudaya dan antar-agama, pendidikan antarbudaya dan antaragama, dan sebagainya.

Page 94: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

90! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

Seiring dengan proses globalisasi yang semakin menguat, etika global sebagai kerangka acuan bertindak dan mengambil kebijakan dalam pergaulan internasional semakin terasa kuat pengaruhnya. Etika global menjadi salah satu unsur budaya asing yang tidak dapat diabaikan dalam perumusan rencana pembangunan kebudayaan yang berskala nasional. Etika global perlu dijadikan salah satu acuan penyusunan rencana tersebut, agar pembangunan kebudayaan dapat berjalan sesuai dengan tuntutan situasi dan kondisi bangsa Indonesia, tanpa harus berlawanan dengan perangkat etika yang telah disepakati oleh masyarakat global. The Principles of Global Ethics:4

1. Commitment to a Culture of Non-violence and Respect for Life

2. Commitment to a Culture of Solidarity and a Just Economic Order

3. Commitment to a Culture of Tolerance and a Life of Truthfulness

4. Commitment to a Culture of Equal Rights and Partnership Between Men and Women

Globalisasi dan Dinamika Kebudayaan Indonesia

Kebudayaan di Indonesia merupakan entitas yang terus menerus dalam proses perubahan, yang bervariasi dalam kecepatannya menurut waktu dan tempatnya. Dinamika kebudayaan di Indonesia tidak pernah sama antara daerah satu dengan daerah yang lain, antara kurun waktu yang satu dengan kurun waktu yang lain. Proses pembentukan dan perubah-an terus berlangsung karena adanya (a) dinamika internal, sebagai ha-sil dari interaksi antarunsur kebudayaan dan antara unsur-unsur kebudayaan tersebut dengan lingkungan alam dan (b) adanya pengaruh-pengaruh eksternal yang terjadi karena semakin meningkatnya kemaju-an sistem komunikasi dan transportasi lokal, regional, nasional maupun global.

Interaksi antarunsur budaya tertentu, seperti sistem kepercayaan dan agama dengan sistem politik, telah menimbulkan perubahan-perubah-an, persaingan antarkelompok, dan konflik-konflik ideologis, yang dapat membawa masyarakat pada konflik fisik yang lebih serius, yang dapat menimbulkan dampak-dampak negatif tertentu dalam masyarakat dan kebudayaan.

Interaksi antara unsur kesenian dan unsur ekonomi telah memunculkan bentuk-bentuk kesenian baru yang mendorong terjadinya perubahan ekonomi di kalangan pelaku dan kelompok-kelompok kesenian, dan mempercepat proses perubahan

(((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((4(( Declaration toward a Global Ethic , Parliament of the World’s Religions, 4

September 1993, Chicago, U.S.A.(

Page 95: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (91(

(

ekonomi di kalangan lapisan dan go-longan sosial tertentu, yang kemudian mendorong terjadinya perubahan pada bidang-bidang kehidupan yang lebih luas.

Interaksi antara unsur pendidikan dengan unsur komunikasi telah memungkinkan terjadinya berbagai perubahan dalam sistem pendidikan dan sistem komunikasi itu sendiri, menuju ke arah yang lebih baik. Dengan memanfaatkan berbagai teknologi dan strategi komunikasi yang baru sistem pendidikan di berbagai jenjang telah mengalami pening-katan dalam kualitasnya, yang kemudian mendorong timbulnya sistem komunikasi yang lebih baik dalam masyarakat.

Interaksi antara manusia Indonesia dengan lingkungannya melalui perangkat budayanya telah mendorong terjadinya perubahan-perubahan yang penting. Berbagai bencana telah mengubah secara fundamental pola kehidupan dan budaya masyarakat korban bencana tersebut, lantaran mereka harus berpindah tempat tinggal dan berganti mata-pencaharian.

Perubahan iklim juga telah mendorong sebagian masyarakat Indonesia untuk menyesuaikan pola kehidupan mereka dengan perubahan-perubahan iklim yang terjadi. Di antaranya adalah dengan mengganti matapencaharian, atau mengubah pola kegiatan ekonomi yang selama ini diikuti agar dapat tetap bertahan hidup sebagaimana yang terlihat dalam pola bertani.

Masuknya unsur-unsur budaya asing, baik itu berupa ideologi baru, gaya hidup baru, teknologi baru, telah memicu terjadinya perubahan-perubahan dalam kehidupan dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada umumnya. Sebagian perubahan ini telah menimbulkan (a) dampak-dampak sosial-budaya yang negatif, sebagian lagi telah menim-bulkan (b) dampak-dampak sosial-budaya yang positif.

Ideologi-ideologi baru, baik yang liberal maupun konservatif, telah membuat perbedaan gaya hidup masyarakat semakin bervariasi dengan perbedaan-perbedaan yang semakin mencolok, bahkan terlihat sangat berlawanan. Pada sementara kalangan masyarakat, perbedaan ini telah menimbulkan kecemburuan sosial, yang dapat menjadi lahan subur bagi munculnya konflik antargolongan atau antarkelompok.

Berbagai jenis teknologi baru, yang tidak selalu dapat diakses oleh setiap individu, juga telah menimbulkan kesenjangan-kesenjangan baru, yang menguatkan perbedaan-perbedaan ekonomi, sosial, dan budaya di antara kelompok-kelompok, lapisan, dan golongan sosial yang ada. Kesenjangan gaya hidup yang semakin lebar ini akan menjadi kondisi yang memperkuat persaingan dan konflik antarwarga masyarakat.

Page 96: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

92! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

Di samping terjadinya perubahan-perubahan yang menimbulkan dampak negatif dalam kehidupan masyarakat dan kebudayaan, perubahan-perubahan yang positif juga terjadi. Berbagai jenis teknologi transportasi dan komunikasi yang baru telah membuat interaksi sosial di antara warga masyarakat meningkat dan mendorong terjadinya integrasi sosial yang lebih kuat.

Teknologi baru juga telah mendorong munculnya kreasi-kreasi baru di berbagai bidang kehidupan. Dengan hadirnya alat-alat musik modern, muncul kreasi-kreasi musik Jawa baru dengan basis musik tradisional, yang melahirkan musik-musik “campuran”, musik “hybrid”, yang sangat populer. Pertunjukan seni tradisional juga menjadi terlihat lebih menarik dengan bantuan teknologi pencahayaan yang modern.

2.3. PERMASALAHAN DAN TANTANGAN

PEMBANGUNAN KEBUDAYAAN 2010-2014

Persoalan kebudayaan merupakan bagian penting dalam proses pembangunan. Kebudayaan terkait dengan persoalan karakter dan mental bangsa yang menentukan keberhasilan pembangunan di Indonesia. Apabila mental dan karakter bangsa yang cenderung destruktif dan koruptif tentunya tujuan pembangunan akan sulit terlaksana, begitu pula sebaliknya. Di sisi lain pembangunan multisektor lainnya juga membutuhkan peranan kebudayaan untuk mendukung suksesnya program-program yang akan dijalankan. Seringkali timbul permasalahan, ketidakberhasilan sasaran program yang dijalankan di daerah disebabkan oleh kurangnya dukungan dari faktor budaya masyarakat tertentu. Untuk itu, pembahasan tentang permasalahan dan tantangan pembangunan kebudayaan diperlukan untuk mempermudah penanganan selanjutnya.

2.3.1. PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN PERMUSEUMAN

Menurut Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya disebutkan bahwa cagar budaya merupakan kekayaan budaya bangsa sebagai wujud pemikiran dan perilaku kehidupan manusia yang penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Walaupun sudah banyak

Page 97: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (93(

(

badan badan yang mengurusi cagar budaya seperti yang sudah dijelaskan di bagian kondisi internal namun masih banyak permasalahan dan tantangan yang ditemukan. Selain cagar budaya bidang permuseuman di Indonesia juga memiliki permasalahan dan tantangan yang harus diselesaikan, antara lain:

Permasalahan dan Tantangan:

1. Kebijakan dalam pelestarian cagar budaya masih terbatas dan belum mencakup semua aspek yang menjadi turunan peraturan perundang-undangan (UU.11/ 2010 tentang Cagar Budaya), serta kebutuhan dan kondisi di lapangan.

2. Masih rendahnya penegakan hukum di bidang pelindungan cagar budaya

3. Masih rendahnya usaha pendokumentasian cagar budaya

4. Kurangnya SDM untuk dokumentasi cagar budaya

5. Masih lemahnya sistem registrasi cagar budaya

6. Masih terbatasnya kondisi Museum, serta kualitas pengelolaan dan penyajian benda koleksi/ interpretasi koleksi museum di Indonesia untuk memiliki kualitas dan skala pelayanan internasional.

7. Masih terbatasnya minat dan apresiasi masyarakat terhadap Museum dan koleksinya.

8. Masih terbatasnya pemanfaatan museum sebagai sarana pendidikan, rekreasi dan pengembangan kebudayaan dalam arti luas.

9. Masih terbatasnya kualitas SDM dalam pengelolaan permuseuman baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

2.3.2. PEMBINAAN KESENIAN DAN PERFILMAN

Pembinaan kesenian dan perfilman indonesia saat ini memang sangat dibutuhkan. Di Indonesia juga sudah banyak komunitas-komunitas seni dan komponen perfilman yang muncul. Komponen pengembangan perfilman mencakup didalamnya : aspek produksi, aspek distribusi, aspek promosi dan apresiasi, serta SDM dan kelembagaan bidang perfilman. Meskipun demikian masih banyak permasalahan dan tantangan

Page 98: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

94! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

yang muncul ketika membicarakan tentang kesenian dan perfilman antara lain sebagai berikut;

Permasalahan dan Tantangan:

1) Arus globalisasi dan menguatnya pengaruh budaya pop luar negeri terhadap apresiasi masyarakat terhadap kesenian.

2) Masih terbatasnya data base kesenian tradisional

3) Masih terbatasnya pelindungan terhadap kesenian tradisional

4) Masih terbatasnya apresiasi masyarakat terhadap kesenian tradisional maupun kesenian Indonesia pada umumnya

5) Masih terbatasnya ruang-ruang publik dan inkubator pengembangan kesenian di daerah untuk mendorong perkembangan dan apresiasi kesenian tradisional/ lokal di daerah.

6) Masih terbatasnya produksi film yang mengangkat tema pendidikan, pembangunan karakter bangsa dan penguatan ketahanan budaya/ kearifan lokal sebagai kekuatan bangsa Indonesia.

7) Masih rendahnya minat dan apresiasi masyarakat terhadap film-film yang bertema pendidikan dan film lokal.

8) Masih terbatasnya ide dan scenario untuk pembuatan film yang bertemakan pendidikan, pembangunan karakter bangsa dan penguatan ketahanan budaya/ kearifan lokal sebagai kekuatan bangsa Indonesia.

9) Masih terbatasnya akses masyarakat terhadap film sebagai media hiburan dan pendidikan

10) Masih terbatasnya ruang pertunjukan film secara nasional, khususnya di daerah.

11) Eksistensi komunitas film dan perannya dalam pengembangan perfilman nasional.

12) Terbatasnya SDM dan institusi pendidikan di bidang perfilman

13) Terbatasnya database perfilman dan tata kelola arsip film

Page 99: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (95(

(

2.3.3. PEMBINAAN KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YME DAN TRADISI

Badan Pusat Statistik pada tahun 2010 mencatat di Indonesia terdapat kurang lebih 1128 suku bangsa tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang berbeda. Di Indonesia juga terdapat 245 aliran kepercayaan yang terdaftar, sementara keseluruhan penghayat mencapai 400 ribu jiwa lebih, menjadikan bangsa Indonesia kaya akan keragaman budaya.

Kekayaan ragam budaya Indonesia tidak dibarengi dengan toleransi antar umat beragama. Sampai saat ini konflik yang berlatarkan SARA masih muncul di Indonesia dan cenderung meningkat. Untuk itu pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merencanakan pembinaan kepercayaan terhadap tuhan YME dan pembinaan tradisi. Namun masih ada beberapa permasalahan dan tantangan yang dihadapi antara lain;

Permasalahan dan Tantangan:

1) Masih rendahnya kesadaran dan toleransi akan keberagaman budaya dan kepercayaan

2) Masih tingginya konflik kekerasan di masyarakat terkait dengan SARA

3) Lunturnya pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal

4) Menurunnya solidaritas, sportivitas, dan kegotongroyongan di kalangan masyarakat

5) Masih terbatasnya pengetahuan masyarakat mengenai pengetahuan tradisional dan folklor

6) Masih terbatasnya penggalian dan kajian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal

7) Belum optimalnya peran lembaga kepercayaan di dalam masyarakat dalam penguatan ketahanan budaya lokal.

Page 100: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

96! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

2.3.4. PEMBINAAN SEJARAH DAN NILAI BUDAYA

Nilai budaya merupakan nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkup organisasi, lingkungan masyarakat, yang mengakar pada suatu kebiasaan, kepercayaan, simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dan lainnya sebagai acuan prilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi. Sedangkan sejarah merupakan sesuatu yang terjadi di masa lampau. Sejarah dapat memberikan gambaran dan menjadi pedoman bagi suatu bangsa untuk melangkah dari kehidupan masa kini ke masa yang akan datang. Untuk itu pembinaan sejarah dan nilai budaya sangat penting. Di Indonesia sendiri terdapat badan yang menangani pembinaan sejarah yang telah tersebar di 11 propinsi. Sedangkan pada tahun 2010 Pembangunan Nilai Budaya Bangsa( telah menerbitkan “7 pokok Pembangunan Karakter Bangsa”. Meskipun demikian, masih banyak permasalahan dan tantangan yang harus di hadapi antara lain;

Permasalahan dan Tantangan:

1) Kecenderungan krisis jati diri (identitas) nasional

2) Menurunnya pemahaman terhadap nilai-nilai luhur Pancasila

3) Merosotnya keadaban dan krisis sosial (meningkatnya kekerasan, KKN, dikriminatif, vandalistik, mentalitas instan, manipulatif, primordialistik, konsumtif)

4) Rendahnya toleransi antarumat beragama dan berkepercayaan

5) Rendahnya kesadaran akan keberagaman budaya

6) Lunturnya pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal dan penghormatan terhadap tradisi lokal

7) Rendahnya daya juang dan etos kerja

8) Masih terbatasnya informasi dan publikasi terhadap nilai-nilai kesejarahan di berbagai daerah, dan pemanfaatannya dalam pengembangan ketahanan budaya dan pembangunan jatidiri dan karakter bangsa

Page 101: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( (97(

(

9) Masih terbatasnya pemahaman dan apresiasi masyarakat terhadap nilai-nilai sejarah dan budaya nasional

10) Masih terbatasnya media dan ruang apresiasi dalam mendukung peningkatan apresiasi nilai-nilai sejarah dan budaya nasional

11) Arus globalisasi dan menguatnya dominasi nilai-nilai global/ universal yang dapat melunturkan nilai-nilai kearifan lokal dan kohesi masyarakat.

2.3.5. INTERNALISASI NILAI DAN DIPLOMASI BUDAYA

Internalisasi nilai-nilai adalah sebuah proses atau cara menanamkan nilai-nilai normatif yang menentukan tingkah laku yang diinginkan bagi suatu sistem yang mendidik sesuai dengan tuntunan. Sedangkan diplomasi budaya dari uraian kondisi internal diatas dapat di simpulkan bahwa diplomasi budaya adalah usaha-usaha suatu negara dalam upaya memperjuangkan kepentingan nasional melalui dimensi kebudayaan, termasuk di dalamnya adalah pemanfaatan bidang-bidang ideologi, teknologi, politik, ekonomi, militer, sosial, kesenian dan lain-lain dalam percaturan masyarakat internasional.

Permasalahan dan Tantangan:

1) Rendahnya pemahaman dan aktualisasi nilai-nilai kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari

2) Rendahnya pemanfaatan nilai-nilai budaya dalam penciptaan karya budaya baru

3) Rendahnya pemahaman dan aktualisasi nilai-nilai kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari

4) Rendahnya internalisasi nilai-nilai kebangsaan dalam pembangunan jati diri dan karakter bangsa

5) Rendahnya kuantitas dan kualitas diplomasi dan hubungan kerjasama di bidang kebudayaan

6) Maish terbatasnya representasi budaya Indonesia di luar negeri

7) Masih terbatasnya apresiasi terhadap kekayaan warisan budaya Indonesia dan para pelaku seni budaya

8) Masih terbatasnya pengakuan warisan budaya Indonesia baik di tingkat nasional dan/atau di tingkat dunia

9) Masih terbatasnya SDM Kebudayaan di bidang diplomasi budaya

Page 102: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

98! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

10) Masih terbatasnya kerjasama dengan para pelaku seni budaya dalam rangka mempromosikan kebudayaan Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri

11) Masih terbatasnya kerja sama antara pemerintah, akademisi, dan masyarakat dalam pengembangan kebudayaan Indonesia

Page 103: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014( 98(

(

Bab 3

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN DITJEN KEBUDAYAAN

Visi dan Misi adalah suatu konsep perencanaan yang di sertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang di rencanakan untuk mencapai suatu tujuan. Visi adalah suatu pernyataan tentang gambaran keadaan clan karakteristik yang ingin di capai oleh suatu lembaga pada masa yang akan datang. Sementara misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Direktorat Jenderal Kebudayaan memiliki Visi dan Misi untuk menunjang kehidupan bangsa seperti yang dijabarkan berikut ini.

3.1 VISI DAN MISI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN

KEBUDAYAAN

Dalam rangka mewujudkan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa dan sejalan dengan visi pendidikan dan kebudayaan, Kemdikbud mempunyai visi 2025 untuk menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif (Insan Kamil/Insan Paripurna).

Page 104: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

99! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

Yang dimaksud dengan insan Indonesia cerdas adalah insan yang cerdas komprehensif, yaitu cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis. Tabel 3.1 berikut memberikan deskripsi lengkap yang dimaksud dengan insan cerdas dan kompetitif.

Tabel 3.1

Makna Insan Indonesia Cerdas dan Kompetit if

Makna Insan Indonesia Cerdas Makna Insan

Indonesia Kompetit if Cerdas spiritual

! Beraktualisasi diri melalui olah hati/kalbu untuk menumbuhkan dan memperkuat keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia termasuk budi pekerti luhur dan kepribadian unggul.

! Berkepribadian unggul dan gandrung akan keunggulan

! Bersemangat juang tinggi

! Jujur ! Mandiri ! Pantang menyerah ! Pembangun dan

pembina jejaring ! Bersahabat

dengan perubahan

! Inovatif dan menjadi agen perubahan

! Produktif ! Sadar mutu ! Berorientasi global ! Pembelajaran

sepanjang hayat ! Menjadi Rahmat

bagi Alam Semesta

Cerdas emosional dan sosial

! Beraktualisasi diri melalui olah rasa untuk meningkatkan sensitivitas dan apresiativitas akan kehalusan dan keindahan seni, nilai-nilai budaya, serta kompetensi untuk mengekspresikannya.

! Beraktualisasi diri melalui

interaksi social yang (a) membina dan memupuk hubungan timbal balik; (b) demokratis; (c) empatik dan simpatik; (d) menjunjung tinggi hak asasi manusia; (e) ceria dan percaya diri; (d) menghargai kebhinekaan dalam bermasyarakat dan bernegara; (e) berwawasan kebangsaan dengan kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara.

Visi Kemdikbud 2025: MENGHASILKAN INSAN INDONESIA CERDAS DAN KOMPETITIF

(Insan Kamil/Insan Paripurna)(

Page 105: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014( 100(

(

Cerdas intelektual

! Beraktualisasi diri melalui olah pikir untuk memperoleh kompetensi dan kemandirian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

! Aktualisasi insan intelektual yang kritis, kreatif, inovatif, dan imajinatif.

Cerdas kinestetis

! Beraktualisasi diri melalui olah raga untuk mewujudkan insan yang sehat, bugar, berdaya-tahan, sigap, terampil, dan trengginas.

! Aktualisasi insan adiraga.

Dengan terintegrasinya pendidikan dan kebudayaan, keseluruhan gagasan, perilaku, dan hasil karya manusia yang dikembangkan melalui proses pembelajaran dalam pendidikan dan adaptasi terhadap lingkungannya dapat berfungsi sebagai pedoman untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Keseluruhan proses dan hasil interaksi sistemik dari proses pendidikan, budaya keagamaan, budaya kebangsaan, budaya kesukuan, budaya tempatan, serta budaya global, yang terkait satu sama lain dan dinamis menuju ke arah kemajuan peradaban bangsa.

Selain itu, cita-cita dalam pembangunan pendidikan nasional lebih menekankan pada pendidikan transformatif, yaitu menjadikan pendidikan sebagai motor penggerak perubahan dari masyarakat berkembang menuju masyarakat maju. Pembentukan masyarakat maju selalu diikuti oleh proses transformasi struktural, yang menandai suatu perubahan dari masyarakat yang potensi kemanusiannya kurang berkembang menuju masyarakat maju dan berkembang yang mengaktualisasikan potensi kemanusiannya secara optimal.

Adapun pembangunan kebudayaan diprioritaskan pada Peningkatan Kesadaran dan Pemahaman Jati Diri dan Karakter Bangsa; Peningkatan Apresiasi Masyarakat Terhadap Keragaman, serta Kreatifitas Nilai Budaya, tradisi, kepercayaan,sejarah, Seni, dan Film; Peningkatan Kualitas Pengelolaan, Pelindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Warisan Budaya; Peningkatan Internalisasi dan Diplomasi Budaya; Pengembangan Sumberdaya Budaya; Peningkatan Sarana dan Prasarana Kebudayaan. Bahkan, pada era global sekarang, transformasi itu berjalan dengan

Page 106: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

101! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

sangat cepat yang kemudian mengantarkan masyarakat Indonesia pada masyarakat berbasis pengetahuan tanpa menghilangkan jati diri bangsa.

Usaha mencapai Visi 2025 tersebut dibagi menjadi empat tema pembangunan pendidikan nasional seperti dijelaskan pada Bab I. Tema pembangunan yang kedua (2010-2014) difokuskan pada penguatan layanan pendidikan dan kebudayaan. Sejalan dengan fokus tersebut, maka Visi Kemdikbud 2014 adalah sebagai berikut:

Yang dimaksud dengan layanan prima pendidikan dan kebudayaan adalah layanan yang:

(1) tersedia secara merata di seluruh pelosok nusantara;

(2) terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat;

(3) berkualitas/bermutu dan relevan dengan kebutuhan kehidupan bermasyarakat, dunia usaha, dan dunia industri;

(4) setara bagi warga negara Indonesia dalam memperoleh pendidikan berkualitas dengan memperhatikan keberagaman latar belakang sosial-budaya, ekonomi, geografi, gender dan sebagainya; dan

(5) menjamin kepastian bagi warga negara Indonesia untuk dapat mengenyam pendidikan dan menyesuaikan diri dengan tuntutan masyarakat, dunia usaha, dan dunia industri.

(6) melestarikan dan memperkukuh kebudayaan Indonesia.

Untuk mencapai visi Kemdikbud 2014, maka Misi Kemdikbud 2010-2014 dikemas dalam ”Misi 6K” sebagai berikut.

Visi Kemdikbud 2014:

“TERSELENGGARANYA LAYANAN PRIMA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNTUK MEMBENTUK INSAN INDONESIA YANG

CERDAS DAN BERADAB”

Page 107: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014( 102(

(

KODE MISI

M1 Meningkatkan Ketersediaan Layanan Pendidikan dan Kebudayaan

M2 Memperluas Keterjangkauan Layanan Pendidikan

M3 Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan dan Kebudayaan

M4 Mewujudkan Kesetaraan dalam Memperoleh Layanan Pendidikan

M5 Menjamin Kepastian/Keterjaminan Memperoleh Layanan Pendidikan

M6 Mewujudkan Kelestarian dan Memperkukuh Kebudayaan Indonesia

Page 108: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

103! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

3.2. VISI DAN MISI PEMBANGUNAN BIDANG

KEBUDAYAAN

3.2.1. VISI PEMBANGUNAN BIDANG KEBUDAYAAN

Pembangunan Kebudayaan di Indonesia memiliki Visi:

“MEMPERKUKUH KEBUDAYAAN INDONESIA YANG MULTIKULTUR,

BERMARTABAT, DAN MENJADI KEBANGGAAN MASYARAKAT DAN

DUNIA“.

Hal-hal yang dapat dijelaskan dari visi tersebut adalah sebagai berikut:

MEMPERKUKUH : Memperkuat identitas kebudayaan dan jati diri bangsa

KEBUDAYAAN INDONESIA :

Keseluruhan gagasan, perilaku, dan hasil karya manusia yang dikembangkan melalui proses belajar dan adaptasi terhadap lingkungannya yang berfungsi sebagai pedoman untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia

MULTIKULTUR :

Gagasan, cara pandang, kebijakan, penyikapan, tindakan masyarakat serta negara terhadap kesadaran pluralitas keagamaan dan kebudayaan untuk mengembangkan semangat kebangsaan

BERMARTABAT : Mampu mengangkat citra dan posisi bangsa dalam konteks pergaulan dunia

MENJADI KEBANGGAAN MASYARAKAT DAN DUNIA

: Mendapatkan pengakuan dan penghargaan baik oleh masyarakat Indonesia sendiri maupun dunia internasional

Page 109: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014( 104(

(

3.2.2. MISI BIDANG KEBUDAYAAN

Berdasarkan Visi Pembangunan Kebudayaan yang telah dijelaskan sebelumnya, maka Misi Pembangunan Kebudayaan diuraikan sebagai berikut:

M1. Melestarikan cagar budaya dan mengembangkan permuseuman secara berkelanjutan;

M2. Membina kesenian dan perfilman untuk meningkatkan inspirasi dan apresiasi masyarakat terhadap seni dan film sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa;

M3. Membina kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan memperkuat tradisi dalam keragaman budaya;

M4. Meningkatkan pemahaman sejarah dan nilai budaya dalam memperkuat ketahanan budaya bangsa;

M5. Internalisasi nilai untuk membentuk jati diri dan karakter bangsa serta memperkuat diplomasi budaya;

M6. Mengembangkan penelitian kebudayaan guna memperkaya kebudayaan di Indonesia;

M7. Mengembangkan sumber daya kebudayaan yang berkualitas;

M8. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang responsif, transparan dan akuntabel.

Page 110: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

105! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

3.3. TUJUAN DAN SASARAN STRATEGIS BIDANG

KEBUDAYAAN TAHUN 2010-2014

3.3.1. TUJUAN STRATEGIS TAHUN 2010-2014

Mendasarkan pada Visi dan Misi Pembangunan Bidang Kebudayaan diatas,

maka Tujuan Strategisnya mencakup:

MIS

I

M1. Melestarikan cagar budaya dan mengembangkan permuseuman secara berkelanjutan

M2. Membina kesenian dan perfilman untuk meningkat kan inspirasi dan apresiasi terhadap seni dan film sesuai dgn nilainilai budaya bangsa

M3. Membina kepercayaan thd tuhan yme dan memperkuat tradisi dalam keragaman budaya

M4. Meningkatkan pemahaman sejarah dan nilai budaya dalam memperkuat ketahanan budaya bangsa

M5. internalIsasi nilai untuk membentuk jati diri dan karakter bangsa serta memperkuat diplomasi budaya

M6. menciptakan tata kelola pemerintahan yang responsif, transparan dan akuntabel

TUJU

AN S

TRAT

EG

IS

T1. Peningkatan pelestarian cagar budaya indonesia, kualitas museum di indonesia, dan apresiasi masyarakat terhadap cagar budaya dan museum

T.2. Peningkatan kualitas dan kuantitas pelaku seni dan film, inspirasi dan penciptaan kreatifitas dalam membuat karya seni dan film, serta apresiasi masyarakat terhadap seni dan film

T3. Peningkatan kesa-daran masyarakat dan penghargaan terhadap keragaman budaya, kapasitas dan peran komunitas adat dan pelaku tradisi, serta kapasitas pengelolaan pengetahuan tradisional & ekspresi bud. Tradisional

T4. Peningkatan inventarisasi, penulisan pemetaan, dan dokumentasi sejarah dan nilai budaya, re-aktualisasi dan adaptasi nilai sejarah dan nilai budaya, serta apresiasi masyarakat tehadap sejarah dan nilai budaya

T5. Peningkatan internalisasi nilai-nilai budaya dalam rangka penguatan jati diri bangsa, apresiasi dan pengakuan terhadap budaya bangsa, serta hubungan lintas budaya antar bangsa

T6. Peningkatan kualitas kinerja organisasi, serta kualitas perencanaan, pemantauan dan evaluasi program dan kegiatan

Page 111: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014( 106(

(

3.3.2. SASARAN STRATEGIS TAHUN 2010-2014

Mendasarkan pada Tujuan Strategis Pembangunan Bidang Kebudayaan di

atas, maka sasarannya mencakup:

TUJU

AN

T1. T2. T3. T4. T5. T6.

SAS

ARAN

STR

ATE

GIS

1.1. Meningkatnya cagar budaya

yang teregistrasi

dan dilestarikan

2.1. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pelaku seni

dan film

3.1. Meningkatnya

aktualisasi dan apresiasi

tradisi

4.1. Meningkatnya inventarisasi,

penu-lisan, pemetaan, dan

dokumentasi sejarah dan nilai budaya

5.1. Meningkatnya pengemasan

dan penanaman

nilainilai budaya/

kebangsaan

6.1. Meningkatnya

kualitas pelaksanaan

sistem akuntabilitas

kinerja instansi

pemerintah

1.2. Meningkatnya museum yang

terakreditasi dan

direvitalisasi

2.2. Meningkatn

ya karya seni dan

film

3.2. Meningkatnya

kesadaran tentang

harmonisasi dan toleransi

keragaman budaya

4.2. Meningkatnya

aktualisasi adaptasi

sejarah dan nilai budaya

dlm kehidupan bermasyarakat

5.2. Meningkatnya

diseminasi internasilasi

6.2. Meningkatnya

pelayanan publik dan tata kelola

1.3. Meningkatnya

pemahaman dan apresiasi

masyarakat terhadap

cagar budaya dan museum

2.3. Meningkatn

ya pemahaman dan apre

siasi masyarakat

thd karya seni dan

film

3.3. Meningkatnya

aktualisasi dan apresiasi

nilai-nilai kepercayaan

terhadap Tuhan YME

4.3. Meningkatnya

apresiasi masyarakat

terhadap sejarah dan nilai budaya

5.3. Meningkatnya kekayaan dan

warisan budaya yang tercatat sbg

warisan nasional &

warisan dunia

6.3. Meningkatnya

kualitas manajemen

sdm

1.4. Meningkatnya kemanfaatan cagar budaya dan museum

terhadap kesejahteraan

masyarakat

3.4. Meningkatnya kuantitas dan kualitas peran

kepercayaan terhadap

Tuhan YME, komunitas

adat, & pelaku tradisi

5.4. Meningkatnya

kerjasama dan kemitraan

lintas budaya antar bangsa

Page 112: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

107! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

TUJU

AN

T1. T2. T3. T4. T5. T6.

3.5. Meningkatnya perlindungan

& pemanfaatan pengetahuan

tradisional dan ekspresi budaya

tradisional

Page 113: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014( 108(

(

Sasaran Pembangunan Kebudayaan lebih lanjut dapat dijabarkan secara kuantitatif

sebagai berikut:

a. Sasaran Strategis untuk Mencapai Tujuan Strategis (T1)

KODE SASARAN STRATEGIS

S1.1 Jumlah total Cagar Budaya yang diregistrasi dan yang ditetapkan secara nasional hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah sebanyak 22.500 Cagar Budaya

S1.2 Jumlah total Cagar Budaya yang dilestarikan hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah sebanyak 13.500 Cagar Budaya

S1.3 Jumlah total penciptaan tenaga kerja dari pemanfaatan Cagar Budaya dan Museum hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah sebesar 3.000 orang

S1.4 Jumlah total masyarakat yang mengapresiasi keberadaan Cagar Budaya dan Museum hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah sebesar 7.500.000 orang

S1.5 Jumlah total museum yang direvitalisasi hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah sebanyak 84 museum

S1.6 Jumlah total museum yang diakreditasi hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah sebanyak 210 museum

S1.7 Jumlah total koleksi museum yang dikelola hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah sebanyak 22.500 koleksi

Page 114: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

109! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

b. Sasaran Strategis (S) untuk Mencapai Tujuan Strategis (T2)

KODE SASARAN STRATEGIS

S2.1 Sekurang-kurangnya hingga akhir tahun 2014, pelaku, organisasi dan komunitas seni dan film yang berkarya adalah sebesar 750 orang/organisasi/komunitas

S2.2 Jumlah total karya seni yang direvitalisasi hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah 45 karya seni

S2.3 Karya seni yang terdokumentasi hingga akhir tahun 2014 adalah sebanyak 900 karya seni

S2.4 Fasilitasi pameran, pergelaran, festival dan lomba seni hingga akhir tahun 2014 adalah sebanyak 120 event

S2.5 Jumlah rancangan skenario film yang berbasis nilai sejarah, budaya dan kearifan lokal hingga akhir tahun 2014 adalah sebanyak 30 naskah

S2.6 Fasilitasi produksi karya film yang mengangkat nilai sejarah, budaya dan kearifan lokal hingga akhir tahun 2014 adalah sebanyak 30 karya

S2.7 Jumlah masyarakat yang mengapresiasi seni hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah sebanyak 6.000.000 orang

S2.8 Sekurang-kurangya 65% durasi waktu tayang film nasional yang diberikan hingga akhir tahun 2014

S2.9 Sekurang-kurangnya 21 naskah rumusan kebijakan norma, standar, prosedur dan kriteria yang dibuat hingga akhir tahun 2014

Page 115: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014( 110(

(

c. Sasaran Strategis (S) untuk Mencapai Tujuan Strategis (T3)

KODE SASARAN STRATEGIS

S3.1 Sekurang-kurangnya 150 karya budaya mengenai pengetahuan tradisional dan ekspresi budaya tradisional yang terlindungi hingga akhir tahun 2014

S3.2 Sekurang-kurangnya 45 karya budaya tradisional yang diaktualisasikan hingga akhir tahun 2014

S3.3 Jumlah peserta pemberdayaan kepercayaan dan tradisi hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah sebanyak 9.000 orang

S3.4 Jumlah organisasi yang difasilitasi hingga akhir tahun 2014 sekurang-kurangnya adalah 377 paket

d. Sasaran Strategis (S) untuk Mencapai Tujuan Strategis (T4)

KODE SASARAN STRATEGIS

S4.1 Jumlah buku sejarah dan nilai budaya yang ditulis sekurang-kurangnya 30 buah

S4.2 Sekurang-kurangnya 24 Dokumen Sumber Sejarah dan Nilai Budaya terdokumentasi

S4.3 Sekurang-kurangnya 33 Nilai Sejarah dan Nilai Budaya di Aktualisasikan kedalam Masyarakat

S4.4 Jumlah Peserta Apresiasi Sejarah dan Nilai Budaya meningkat 50% tiap tahunnya

S4.5 Sekurang-kurangnya dihasilkan 30 buah dokumentasi dan publikasi pada 2014

Page 116: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

111! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

e. Sasaran Strategis (S) untuk Mencapai Tujuan Strategis (T5)

KODE SASARAN STRATEGIS

S5.1 Sekurang-kurangnya 48 kekayaan budaya didokumentasikan dan ditetapkan

S5.2 Jumlah warisan Budaya Nasional dan Warisan Budaya Dunia yang dilestarikan dan dikelola sejumlah 180

S5.3 Sekurang-kurangnya 95 kegiatan diplomasi budaya dilaksanakan

S5.4 Jumlah peserta deseminasi dan internalisasi sebanyak 9.000 orang

Page 117: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014( 112(

(

f . Sasaran Strategis (S) untuk Mencapai Tujuan Strategis (T6)

KODE SASARAN STRATEGIS

S6.1 Sekurang-kurangnya 20 paket layanan bidang hukum sampai tahun 2014

S6.2 Sekurang-kurangnya muncul 30 paket layanan bidang perencanaan dan evaluasi program sampai tahun 2014

S6.3 Sekurang-kurangnya 24 paket bidang keuangan sampai tahun 2014

S6.4 Jumlah layanan kepegawaian sekurang kurangnya sebanyak 21 paket

S6.5 Jumlah layanan bidang kerjasama antar instansi sekurang kurangnya sebanyak 18 paket

S6.6 Sekurang-kurangnya 30 paket bidang kehumasan ada ditahun 2014

S6.7 Jumlah layanan perkantoran sekurang kurangnya sebanyak 36 paket

S6.6 Sekurang-kurangnya 600 paket bidang pengelola data dan komunikasi ada ditahun 2014

S6.8 Jumlah peralatan dan fasilitas perkantoran sekurang kurangnya sebanyak 150 paket

Page 118: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

Renstra!Direktorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!7!2014! !113!

!

Bab 4

STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN BIDANG KEBUDAYAAN TAHUN 2010-2014

Strategi dan arah kebijakan adalah jabaran dan turunan dari visi, misi, dan rencana pencapaian bidang kebudayaan. Kebijakan bidang kebudayaan dan strategi yang diambil harus mendukung arah kebijakan pembangunan nasional, antara lain: peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat, menguatkan demokrasi, dan meningkatkan citra positif Indonesia di luar negeri. Strategi dan arah kebijakan bidang kebudayaan diproritaskan untuk peningkatan budaya dan kualitas bangsa, membangun budaya demokrasi, menguatkan kualitas pendidikan, dan meningkatkan pengelolaan aset-aset cagar budaya untuk pendidikan dan turisme. Strategi dan arah kebijakan ini juga payung dari program dan kegiatan bidang kebudayaan yang terdiri atas: program dan kegiatan rutin sesuai tugas dan fungsi; program dan kegiatan prioritas dalam rangka pengelolaan aset-aset budaya; program dan kegiatan pengembangan kebudayaan; serta program dan kegiatan internalisasi nilai-nilai budaya dalam rangka membangun masyarakat dengan jati diri bangsa Indonesia.

Uraian dari strategi dan arah kebijakan berikut ditampilkan sesuai dengan Tujuan Strategis Pembangunan Bidang Kebudayaan yang telah dirumuskan pada Bab sebelumnya.

Page 119: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

114!Renstra!D

irektorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!8!2014!

!

Tabel. 4.1

. TUJU

AN S

TRATEG

IS, S

TRATEG

I, DAN

ARAH

KEB

IJAKAN

PEM

BAN

GU

NAN

BID

ANG

KEB

UD

AYAAN

NO

. TU

JUAN

STR

ATEG

IS

STR

ATEG

I AR

AH K

EB

IJAKAN

1.

Peningkatan pelestarian cagar budaya indonesia, kualitas m

useum di

indonesia, dan apresiasi masyarakat

terhadap cagar budaya dan museum

1.1

. Pengembangan kualitas

perlindungan, pengembangan, dan

pemanfaatan serta pengelolaan

cagar budaya

a) Peningkatan registrasi dan kualitas perlindungan cagar budaya ( situs, kaw

asan cagar budaya, dan Kesejarahan).

b) Peningkatan pengembangan dan pem

anfaatan Cagar Budaya sebagai sarana pendidikan, rekreasi dan pengem

bangan kebudayaan dalam arti luas

c) Peningkatan kualitas SDM

dan organisasi pengelola Cagar Budaya

1.2

. Pengembangan dan peningkatan

kualitas fisik fasilitas/ ruang dan bangunan, penyajian dan intrepretasi, pengelolaan dan pelayanan M

useum di Indonesia

a) Peningkatan revitalisasi museum

(fisik bangunan dan sarana prasarana pendukung)

b) Peningkatan kualitas penyajian koleksi dan interpretasi

c) Peningkatan kualitas SDM

pengelola Museum

1.3

. Pengembangan dan peningkatan

apresiasi masyarakat terhadap

cagar budaya dan museum

a) Pengem

bangan dan peningkatan promosi

Museum

sebagai sarana edukasi, rekreasi dan pengem

bangan kebudayaan dalam arti luas

b) Pengem

bangan dan peningkatan event apresiasi cagar budaya dan m

useum

c) Pengem

bangan Integrasi program kunjungan

museum

dalam kegiatan pendidikan/ kurikulum

sekolah

Page 120: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

115!Renstra!D

irektorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!8!2014!

! NO

. TU

JUAN

STR

ATEG

IS

STR

ATEG

I AR

AH K

EB

IJAKAN

2.

Peningkatan kualitas dan kuantitas pelaku seni dan film

, inspirasi dan penciptaan kreatifitas dalam

mem

buat karya seni dan film

, serta apresiasi m

asyarakat terhadap seni dan film

2.1

. Pengembangan dan peningkatan

kreativitas dan inovasi produk/ karya seni dan perfilm

an

a) Peningkatan pendataan, kajian dan revitalisasi kesenian tradisional yang ham

pir punah

b) Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana pelatihan, pengem

bangan, dan pagelaran seni budaya di kota besar dan ibukota kabupaten.

c) Peningkatan fasilitasi dan dukungan pem

berdayaan komunitas seni budaya di

masyarakat.

d) Peningkatan pengem

bangan dan pemanfaatan

hasil-hasil kajian sejarah tradisional dan kearifan lokal untuk pengem

bangan seni budaya dan perfilm

an.

e) Peningkatan Kualitas Pendidik bidang seni dan perfilm

an

f) Pengem

bangan kerjasama/ kem

itraan dengan institusi internasional untuk akselerasi kualitas SD

M bidang seni dan film

g) Peningkatan Kualitas Sarana dan prasarana pendidikan bidnag seni dan film

2.2

. Pengembangan prom

osi dan apresiasi karya seni dan film

a)

Peningkatan promosi dan apresiasi terhadap

karya seni budaya dan perfilman di dalam

dan luar negeri.

Page 121: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

116!Renstra!D

irektorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!8!2014!

! NO

. TU

JUAN

STR

ATEG

IS

STR

ATEG

I AR

AH K

EB

IJAKAN

b) Peningkatan akses inform

asi terhadap pagelaran seni dan perfilm

an nasional

c) Pengem

bangan ruang-ruang publik untuk apresiasi seni dan film

di daerah

3.

Peningkatan kesadaran m

asyarakat dan penghargaan terhadap keragam

an budaya, kapasitas dan peran kom

unitas adat dan pelaku tradisi, serta kapasitas pengelolaan pengetahuan tradisional &

ekspresi budaya tradisional

3.1

. Pengembangan basis data dan

akses informasi terhadap

kekayaan pengetahuan tradisional dan ekpresi budaya tradisional

a) Peningkatan revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai tradisi.

b) Peningkatan pem

berdayaan komunitas adat.

c) Peningkatan pengem

bangan kajian kearifan lokal dalam

mendukung pem

bentukan jati diri dan pem

bangunan karakter bangsa.

d) Peningkatan pem

anfaatan hasil-hasil kajian nilai tradisi dan kearifan lokal dalam

kehidupan berm

asyarakat.

3.2

. Pengembangan kepedulian

(awareness) dan apresiasi

terhadap kekayaan pengetahuan tradisional dan ekpresi budaya tradisional

a) Peningkatan peran serta seluruh pem

angku kepentingan dalam

pelestarian keragaman budaya

b) Pengem

bangan event budaya dalam kerangka

pelestarian kekayaan pengetahuan tradisional dan ekpresi budaya tradisional

Page 122: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

117!Renstra!D

irektorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!8!2014!

! NO

. TU

JUAN

STR

ATEG

IS

STR

ATEG

I AR

AH K

EB

IJAKAN

4.

Peningkatan inventarisasi, penulisan pem

etaan, dan dokumentasi sejarah

dan nilai budaya, re-aktualisasi dan adaptasi nilai sejarah dan nilai budaya, serta apresiasi m

asyarakat tehadap sejarah dan nilai budaya

4.1

. Pengembangan basis data dan

akses informasi terhadap

kekayaan nilai sejarah dan budaya bangsa

a) Penguatan basis data, sum

ber informasi dan

referensi tentang sejarah dan nilai budaya.

b) Peningkatan pengem

bangan kajian sejarah dan nilai budaya dalam

mendukung pem

bentukan jati diri dan pem

bangunan karakter bangsa.

4.2

. Pengembangan kepedulian

(awareness) dan apresiasi

terhadap kekayaan nilai sejarah, budaya bangsa Indonesia

a) Peningkatan revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai sejarah dan budaya.

b) Peningkatan pem

berdayaan komunitas pem

erhati sejarah dan budaya.

5.

Peningkatan internalisasi nilai-nilai budaya dalam

rangka penguatan jati diri bangsa, apresiasi dan pengakuan terhadap budaya bangsa, serta hubungan lintas budaya antar bangsa

5.1

. Peningkatan ketahanan budaya dan penguatan jatidiri dan karakter bangsa

a) Peningkatan internalisasi nilai-nilai budaya yang m

endukung pembentukan jadi diri dan

pembangunan karakter bangsa.

b) Peningkatan peran seluruh pem

angku kepentingan dalam

penguatan ketahanan budaya bangsa

5.2

. Pengembangan dan peningkatan

diplomasi budaya

c) Pengem

bangan dan peningkatan promosi dan

eksistensi budaya Indonesia di mancanegara

d) Peningkatan peran dan kontribusi Indonesia dalam

forum

dunia/ internasional di bidang kebudayaan

e) Peningkatan diplom

asi dalam m

ewujudkan

pengakuan intrenasional terhadap kekayaan w

arisan budaya Indonesia

Page 123: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

!

118!Renstra!D

irektorat!Jenderal!Kebudayaan!2010!8!2014!

! NO

. TU

JUAN

STR

ATEG

IS

STR

ATEG

I AR

AH K

EB

IJAKAN

6.

Peningkatan kualitas kinerja organisasi, serta kualitas perencanaan, pem

antauan dan evaluasi program dan

kegiatan

6.1

. Peningkatan layanan

publik dan

tata kelola organisasi a) Peningkatan basis data dan inform

asi kebudayaan

b) Peningkatan sistem

m

anajemen

program

yang m

endukung layanan publik dan organisasi lebih baik

c) Peningkatan pem

antauan dan evaluasi program

yang mendukung layanan publik dan tata kelola

organisasi

6.2

. Peningkatan kualitas SDM

a) Peningkatan pengem

bangan kapasitas SDM

untuk m

endukung kinerja organisasi

b) Peningkatan kerjasam

a lintas

lembaga

untuk m

endukung perw

ujudanorganisasi yang

efektif dan efesien, serta good governance

Page 124: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014( 119(

(

Bab 5

PROGRAM PEMBANGUNAN PADA DIREKTORAT JENDERAL KEBUDAYAAN TAHUN 2010-2014

5.1.$PROGRAM$PELESTARIAN$BUDAYA$

2.1.1. LINGKUP PROGRAM PELESTARIAN BUDAYA

Program-program Pembangunan Bidang Kebudayaan di dalam Renstra Direktorat Jenderal Kebudayaan ini melingkupi:

1) Pelestarian Cagar Budaya Dan Permuseuman; 2) Pembinaan Kesenian Dan Perfilman; 3) Pembinaan Kepercayaan terhadap TuhanYME dan Tradisi; 4) Pembinaan Sejarah Dan Nilai Budaya; 5) Internalisasi Nilai Dan Diplomasi Budaya; 6) Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya

Kemdikbud 7) Pengelolaan Permuseuman 8) Pelestarian Nilai Budaya 9) Pelestarian dan pengelolaan Cagar Budaya

Page 125: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

120! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014(

(

Page 126: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014( 121(

(

2.1.2. INDIKATOR KINERJA UTAMA

No INDIKATOR KINERJA UTAMA

2011 2012 2013 2014

1 Jumlah Cagar Budaya yang dilestarikan

3.758 6.470 8.470 9.470

2 Jumlah pengunjung pada Museum yang direvitalisasi

1.575.000 3.000.000 4.000.000 5.000.000

3 Jumlah sekolah yang difasilitasi sarana budaya

- 1.400 2.400 3.200

4 Jumlah Fasilitasi Film yang berkarakter

- 20 35 45

5 Jumlah komunitas budaya yang difasilitasi

- 200 500 600

6 Jumlah orang yang mengapresiasi sejarah dan karya budaya

- 12.500.000 15.000.000 17.500.000

7. Jumlah Rumah Budaya di Luar Negeri

- - 8 10

8. Jumlah Warisan Budaya Nasional yang ditetapkan

3 - 20 40

Page 127: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

122! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014(

(

5.2.$PROGRAM$PELESTARIAN$CAGAR$BUDAYA$DAN$

PERMUSEUMAN$

Program ini bertujuan untuk peningkatan pelestarian cagar budaya indonesia, kualitas museum di Indonesia, dan apresiasi masyarakat terhadap cagar budaya dan museum. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan kualitas perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan serta pengelolaan cagar budaya;

2. Peningkatan kualitas pameran, pengelolaan dan pelayanan Museum di Indonesia

3. Peningkatan jumlah apresiasi masyarakat terhadap cagar budaya dan museum

Program Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman dapat dicapai melalui kegiatan berikut:

1. Penyusunan naskah rumusan kebijakan pelestarian cagar budaya dan permuseuman;

2. Penyelenggaraan bimbingan teknis;

3. Revitalisasi museum;

4. Penyelenggaraan event apresiasi cagar budaya dan museum;

5. Registrasi cagar budaya;

6. Pembangunan museum;

7. Pengelolaan cagar budaya;

8. Revitalisasi cagar budaya;

9. Pendokumentasian koleksi museum;

10. Pemantauan dan evaluasi;

DIREKTORAT PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN

PERMUSEUMAN

SUBDIREKTORAT PROGRAM DAN

EVALUASI

SUBDIREKTORAT REGISTRASI NASIONAL

SUBDIREKTORAT PELINDUNGAN

SUBDIREKTORAT PEMANFAATAN

DAN PENGEMBANGAN

SUBDIREKTORAT EKSPLORASI DAN

DOKUMENTASI

Page 128: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014( 123(

(

11. Eksplorasi cagar budaya bawah air;

12. Penyusunan naskah norma, standar, prosedur, dan kriteria pelestarian cagar budaya dan museum.

Keberhasilan dari program ini dapat diukur dari ketercapaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) seperti yang disajikan pada berikut:

No KEGIATAN/ IKK SATUAN 2010 2011 2012 2013 2014

1 PENINGKATAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA

1.1 Jumlah Naskah Rumusan Kebijakan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman

Dokumen - - 10 8 8

1.2 Jumlah Cagar Budaya yang didaftar dan ditetapkan secara nasional

Cagar Budaya - - 1000 500 1000

1.3 Jumlah Cagar Budaya yang didokumentasikan

Cagar Budaya - - 5.000 2.500 3.500

1.4 Jumlah Cagar Budaya Bawah Air yang dieksplorasiI

Cagar Budaya - - 3 - 4

1.5 Jumlah Museum yang Direvitalisasi Museum - - 17 9 22

1.6 Jumlah Koleksi Museum Yang Didokumentasi

Koleksi - - 50.000 10.000 15.000

1.7 Jumlah Dokumen Perencanaan Evaluasi

Dokumen - - 3 7 7

Page 129: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

124! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014(

(

$$$$$5.3.$$ PROGRAM$PEMBINAAN$KESENIAN$$

DAN$PERFILMAN$$

Program ini bertujuan peningkatan kualitas dan kuantitas pelaku seni dan film, inspirasi dan penciptaan kreatifitas dalam membuat karya seni dan film, serta apresiasi masyarakat terhadap seni dan film. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan kreativitas dan apresiasi masyarakat terhadap karya seni dan film 2. Peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan seni dan film 3. Peningkatan kuantitas pelaku seni dan film dalam membuat karya budaya

Program Pembinaan Kesenian dan Perfilman dapat dicapai melalui kegiatan berikut:

1. Penyusunan naskah rumusan kebijakan, norma, standar, prosedur, dan kriteria pembinaan kesenian dan perfilman;

2. Revitalisasi taman budaya;

3. Apresiasi kesenian dan perfilman;

4. Revitalisasi karya seni;

5. Pendokumentasian karya seni dan film;

6. Fasilitasi kesenian dan perfilman;

7. Fasilitasi produksi film pendek dan dokumenter;

8. Fasilitasi kesenian di sekolah;

9. Bimbingan teknis;

10. Pemantauan dan evaluasi.

DIREKTORAT PEMBINAAN

KESENIAN DAN PERFILMAN

SUBDIREKTORAT PROGRAM DAN

EVALUASI

SUBDIREKTORAT PEMBINAAN SENI

PERTUNJUKAN

SUBDIREKTORAT PEMBINAAN SENI

RUPA

SUBDIREKTORAT LITERASI DAN

APRESIASI FILM

SUBDIREKTORAT DOKUMENTASI

DAN PUBLIKASI

Page 130: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014( 125(

(

Keberhasilan dari program ini dapat diukur dari ketercapaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) seperti yang disajikan pada berikut:

No KEGIATAN/ IKK SATUAN 2010 2011 2012 2013 2014

2 PEMBINAAN KESENIAN DAN PERFILMAN

2.1 Jumlah Naskah Rumusan Kebijakan, Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Pembinaan Kesenian dan Perfilman

Naskah - - 6 2 2

2.2 Taman Budaya yang Direvitalisasi

Taman Budaya - - - 10 15

Skenario Film yang Berbasis Nilai Sejarah, Budaya, dan Kearifan lokal

Skenario - - 1 - 2

2.3 Kegiatan Kesenian dan Perfilman yang Diapresiasi Masyarakat

Even - - 12 24 30

2.4 Karya Seni yang Direvitalisasi

Karya Seni - - 2 2 5

2.5 Karya Seni dan Film yang Terdokumentasi Dokumen - - 7 2 5

2.6 Fasilitasi Kesenian dan Perfilman Laporan - - 65 141 150

2.7 Fasilitasi Produksi Karya Film Pendek dan Dokumenter yang Difasilitasi

Karya Film - - 20 36 10

2.8 Fasilitasi Kesenian di Sekolah Set - - 1.400 2.400 3.500

2.9 Jumlah Dokumen Perencanaan dan Evaluasi

Dokumen - - 7 7 7

Page 131: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

126! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014(

(

5.4.$PROGRAM$PEMBINAAN$KEPERCAYAAN$TERHADAP$

TUHAN$YME$DAN$TRADISI$$

Program ini bertujuan peningkatan kesadaran masyarakat dan penghargaan terhadap keragaman budaya, kapasitas dan peran komunitas adat dan pelaku tradisi, serta kapasitas pengelolaan pengetahuan tradisional & ekspresi budaya tradisional. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan kesadaran dan pemahaman multikultur dan penguatan kearifan lokal

2. Peningkatan peran stakeholder dalam keragaman budaya dan kearifan lokal

Pembinaan Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi dapat dicapai melalui kegiatan berikut:

1. Penyusunan naskah rumusan kebijakan pembinaan kepercayaan dan pelestarian nilai kepercayaan dan tradisi;

2. Inventarisasi lembaga budaya yang terinventarisasi;

3. Pendokumentasian kepercayaan dan tradisi;

4. Fasilitasi komunitas budaya yang difasilitasi;

5. Apresiasi pengetahuan dan ekspresi budaya kepercayaan dan tradisi;

6. Pemberdayaan kepercayaan dan tradisi;

7. Perencanaan dan evaluasi.

DIREKTORAT PEMBINAAN

KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YME DAN TRADISI

SUBDIREKTORAT PROGRAM DAN

EVALUASI

SUBDIREKTORAT KELEMBAGAAN KEPERCAYAAN

SUBDIREKTORAT KOMUNITAS

KEPERCAYAAN

SUBDIREKTORAT PRANATA SOSIAL

DAN LINGKUNGAN BUDAYA

SUBDIREKTORAT PENGETAHUAN

TRADISIONAL DAN FOLKLOR

Page 132: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014( 127(

(

Keberhasilan dari program ini dapat diukur dari ketercapaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) seperti yang disajikan pada berikut:

No KEGIATAN/ IKK SATUAN 2010 2011 2012 2013 2014

3 PEMBINAAN KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA

3.1 Jumlah Naskah Rumusan Kebijakan Pembinaan Kepercayaan dan Pelestarian Nilai Kepercayaan dan Tradisi

Dokumen - - 2 3 4

3.2 Jumlah Organisasi Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Komunitas tradisi yang Difasilitasi

Karya Budaya - - 200 500 600

3.3 Jumlah Pengetahuan Tradisional yang terdokumentasi dan dipublikasi

PT-EBT - - 1 146 155

3.4 Jumlah Ekspresi Budaya Tradisional yang didokumentasi dan dipublikasi

Dokumen - - 2 10 12

3.5 Jumlah Desa-desa adat yang direvitalisasi

Desa Adat - - 4 9 10

3.6 Jumlah Dokumen Perencanaan dan Evaluasi

Dokumen - - 2 7 7

Page 133: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

128! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014(

(

5.5.$PROGRAM$PEMBINAAN$SEJARAH$DAN$NILAI$BUDAYA$$

Program ini bertujuan peningkatan inventarisasi, penulisan pemetaan, dan dokumentasi sejarah dan nilai budaya, reaktualisasi dan adaptasi sejarah dan nilai budaya, serta apresiasi masyarakat tehadap sejarah dan nilai budaya. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:Peningkatan kesadaran dan pemahaman sejarah serta penguatan jati diri dan karakter bangsa

Program Pembinaan Sejarah dan Nilai Budaya dapat dicapai melalui kegiatan berikut:

1. Penyusunan naskah rumusan dan kebijakan pengembangan sejarah dan nilai budaya;

2. Pembuatan buku sejarah dan nilai budaya;

3. Apresiasi sejarah dan nilai budaya;

4. Penyusunan buku hasil verifikasi dan perumusan nilai;

5. Pendokumentasian sejarah dan nilai budaya;

6. Fasilitasi even sejarah dan nilai budaya;

7. Bimbingan teknis;

8. Penyusunan atlas sejarah;

9. Pemantauan dan evaluasi;

10. Penyusunan naskah norma, standar, prosedur, dan kriteria pengembangan sejarah dan nilai budaya.

DIREKTORAT SEJARAH DAN NILAI BUDAYA

SUBDIREKTORAT PROGRAM DAN

EVALUASI SUBDIREKTORAT

SEJARAH SUBDIREKTORAT PEMETAAN DAN

KLASIFIKASI NILAI

SUBDIREKTORAT VERIFIKASI DAN

PERUMUSAN NILAI

SUBDIREKTORAT DOKUMENTASI

DAN PUBLIKASI

Page 134: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014( 129(

(

Keberhasilan dari program ini dapat diukur dari ketercapaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) seperti yang disajikan pada berikut:

No KEGIATAN/ IKK SATUAN 2010 2011 2012 2013 2014

4 PENGEMBANGAN SEJARAH DAN NILAI BUDAYA

4.1 Jumlah Naskah Rumusan Kebijakan, Naskah Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Pengembangan Sejarah dan Nilai Budaya

Naskah - - 5 3 2

4.2 Jumlah Buku Sejarah dan Nilai Budaya yang Ditulis

Buku - - 6 7 7

4.3 Buku Hasil Verifikasi dan Perumusan Nilai Buku - - - 2 2

4.9 Jumlah Atlas Sejarah dan Nilai Budaya yang Disusun

Atlas - - - 1 1

4.5 Jumlah Dokumen Sumber Sejarah dan Nilai Budaya yang terdokumentasi

Dokumen - - - 7 7

4.6 Jumlah Apresiasi Masyarakat Terhadap Sejarah dan Nilai Budaya

Peserta - - 16.000 64.420 65.000

4.7 Jumlah Fasilitasi Even Sejarah dan Nilai Budaya

Even - - 6 44 40

4.8 Jumlah Peserta Bimbingan Teknis Peserta - - - 96 96

4.9 Jumlah Rumah Budaya Nusantara yang Difasilitasi

Rumah Budaya - - - 33 33

4.10 Jumlah Dokumen Perencanaan dan Evaluasi

Dokumen - - 7 7 7

Page 135: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

130! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014(

(

5.6.$PROGRAM$INTERNALISASI$NILAI$DAN$$

DIPLOMASI$BUDAYA$$

Program ini bertujuan peningkatan internalisasi nilai-nilai budaya dalam rangka penguatan jati diri bangsa, apresiasi dan pengakuan terhadap budaya bangsa, serta hubungan lintas budaya antar bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan ketahanan budaya dan apresiasi budaya 2. Peningkatan Nilai nilai dan pengemasan budaya 3. Peningkatan Hubungan budaya antar bangsa.

Program Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya dapat dicapai melalui kegiatan berikut:

1. Penyusunan naskah rumusan dan kebijakan pengembangan internalisasi nilai dan diplomasi budaya;

2. Internalisasi nilai budaya;

3. Warisan budaya nasional yang dikelola;

4. Warisan budaya nasional yang dinominasikan;

5. Rumah budaya yang difasilitasi;

6. Even diplomasi budaya yang difasilitasi;

7. Kekayaan budaya yang ditetapkan;

8. Pemantauan dan evaluasi;

9. Penyusunan naskah norma, standar, prosedur, dan kriteria pengembangan internalisasi nilai dan diplomasi budaya.

DIREKTORAT INTERNALISASI NILAI

DAN DIPLOMASI BUDAYA

SUBDIREKTORAT PROGRAM DAN

EVALUASI

SUBDIREKTORAT INTERNALISASI

NILAI

SUBDIREKTORAT KEKAYAAN

BUDAYA

SUBDIREKTORAT WARISAN BUDAYA NASIONAL DAN

DUNIA

SUBDIREKTORAT DIPLOMASI

BUDAYA

Page 136: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014( 131(

(

Keberhasilan dari program ini dapat diukur dari ketercapaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) seperti yang disajikan pada berikut:

No KEGIATAN/ IKK SATUAN 2010 2011 2012 2013 2014

5 INTERNALISASI NILAI DAN DIPLOMASI BUDAYA

5.1 Jumlah Naskah Rumusan Kebjiakan Pengembangan Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya

Naskah - - 2 5 5

5.2 Jumlah Peserta Internalisasi Nilai Budaya

Peserta - - 2.450 2.050.940 2.060.000

5.3 Jumlah Warisan Budaya Nasional dan Dunia yang Dikelola

Warisan Budaya - - 1 10 10

5.4 Jumlah Warisan Budaya Nasional yang Dinominasikan

Warisan Budaya - - 34 11 13

5.5 Jumlah Rumah Budaya yang Difasilitasi

Rumah Budaya - - 5 8 10

5.6 Jumlah Even Diplomasi Budaya yang Difasilitasi

Even - - 12 55 60

5.7 Jumlah Kekayaan Budaya yang Dicatat

Kekayaan Budaya - - 100 1.000 500

5.8 Jumlah Kekayaan Budaya yang Ditetapkan

Kekayaan Budaya - - - 20 40

5.9 Jumlah Dokumen Perencanaan dan Evaluasi

Dokumen - - 2 7 7

$

Page 137: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

132! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014(

(

5.7$$ PROGRAM$DUKUNGAN$MANAJEMEN$DAN$$

PELAKSANAAN$TUGAS$$TEKNIS$LAINNYA$DI$BIDANG$KEBUDAYAAN$

Program ini bertujuan peningkatan kualitas kinerja organisasi, serta kualitas perencanaan, pemantauan dan evaluasi program dan kegiatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan layanan publik dan tata kelola organisasi 2. Peningkatan kualitas SDM

Keberhasilan dari program ini dapat diukur dari ketercapaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) seperti yang disajikan pada berikut:

No KEGIATAN/ IKK SATUAN 2010 2011 2012 2013 2014

6 DUKUNGAN MANAJEMEN DAN DUKUNGAN TEKNIS LAINNYA

6.1 Layanan Bidang Hukum Peraturan - - - 7 7

6.2 Layanan Bidang Perencanaan Dan Evaluasi Program

Laporan - - 4 10 10

6.3 Layanan Bidang Keuangan Laporan - - 1 6 7

6.4 Layanan Kepegawaian Laporan - - 2 10 10

6.5 Layanan Bidang Kerjasama Antar Instansi

Laporan - - 2 4 4

6.6 Layanan Bidang Kehumasan Laporan - - 7 9 9

Page 138: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014( 133(

(

6.7 Jumlah Layanan Perkantoran Bulan - - 12 12 12

6.8 Jumlah Peralatan dan Faslitas Perkantoran Unit - - - 32 25

6.9 Pelayanan Data Dan Statistik Kebudayaan Laporan - - 4 6 6

$$

$$ $ $

$$$$$

$$$$$$$

Page 139: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

134! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014(

(

5.8$$ PROGRAM$PENGELOLAAN$PERMUSEUMAN$

Program ini bertujuan peningkatan kualitas museum beserta koleksi yang dikelola dipresentasikan, serta meningkatkan apresiasi masyarakat luas terhadap keberadaan Museum.Keberhasilan dari program ini dapat diukur dari ketercapaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) seperti yang disajikan pada berikut:

No KEGIATAN/ IKK SATUAN 2010 2011 2012 2013 2014

7 PENGELOLAAN PERMUSEUMAN

7.1 Jumlah Koleksi Museum Yang Dikelola

Koleksi Museum - - - 15.218 15.218

7.2 Koleksi Museum yang Direinventarisasi

Koleksi Museum - - - 3.750 3.750

7.3 Luas Pengembangan dan Penataan Museum Nasional

M2 - - - 15.100 23.850

7.4 Jumlah Museum UPT Yang Direvitalisasi

Museum - - - 4 4

7.5 Jumlah Masyarakat yang Mengapresiasi Museum dan Museum UPT

Orang - - - 138.349 138.349

$

Page 140: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014( 135(

(

5.9$$ PROGRAM$PELESTARIAN$DAN$PENGELOLAAN$

PENINGGALAN$PURBAKALA$

Program ini bertujuan peningkatan kualitas pelestarian dan pengelolaan cagar budaya yang berada di daerah, khususnya yang dikelola oleh UPT (Unit Pelaksana Teknis).Keberhasilan dari program ini dapat diukur dari ketercapaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) seperti yang disajikan pada berikut:

No KEGIATAN/ IKK SATUAN 2010 2011 2012 2013 2014

8 PELESTARIAN DAN PENGELOLAAN PENINGGALAN PURBAKALA

8.1 Jumlah Cagar Budaya yang dilestarikan

Cagar Budaya - - 69 2.960 2.960

8.2 Jumlah Inventarisasi dan Pendaftaran Peninggalan Purbakala

Cagar Budaya - - - 1.928 1.928

8.3 Jumlah Naskah Hasil Kajian Pelestarian Cagar Budaya

Naskah - - - 107 107

8.4 Jumlah Peserta Internalisasi Cagar Budaya

Peserta - - - 68.814 68.814

Page 141: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

136! Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(7(2014(

(

5.10$$ PROGRAM$PELESTARIAN$SEJARAH$$

DAN$NILAI$BUDAYA$

Program ini bertujuan peningkatan kualitas pelestarian sejarah dan nilai budaya yang berada di daerah, khususnya yang dikelola oleh UPT (Unit Pelaksana Teknis).Keberhasilan dari program ini dapat diukur dari ketercapaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) seperti yang disajikan pada berikut:

No KEGIATAN/ IKK SATUAN 2010 2011 2012 2013 2014

9 PELESTARIAN SEJARAH DAN NILAI BUDAYA

9.1 Jumlah Kajian Tentang Aspek-Aspek Tradisi, Kepercayaan, Kesenian, Perfilman, dan Kesejarahan

Naskah - - - 185 200

9.2 Jumlah Karya Budaya Yang Diinventarisasi

Karya Budaya - - 50 845 845

9.3 Jumlah Peserta Internalisasi Nilai Budaya

peserta - - - 18.367 18.367

Page 142: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( 137(

(

Bab$6!

KERANGKA''IMPLEMENTASI'(

(

(

(

(

(

Guna mendukung keberhasilan yang mengukur implementasi program-program kebudayaan, perlu diatur beberapa hal pendukung sebagai berikut: (i) Strategi Pendanaan Pembangunan bidang Kebudayaan; (ii) Sistem Koordinasi, Tata kelola, dan Pengawasan Internal; iii) Sistem Pemantauan dan Evaluasi; serta (iv) Sistem dan Teknologi Informasi Terpadu.

6.1 '

STRATEGI'PENDANAAN'PEMBANGUNAN''BIDANG'KEBUDAYAAN'

6.1.1. SKENARIO PENDANAAN KEBUDAYAAN

Skenario pendanaan pembangunan bidang kebudayaan dalam kurun waktu 2010-2014 mengacu pada amanat UUD RI 1945 serta melanjutkan fungsi dan tujuan kebudayaan yang ditetapkan pemerintah untuk tahun 2005-2025, yaitu insentif dan disinsentif bagi peningkatan akses, mutu, dan tata kelola kebudayaan. Pelaksanaan fungsi pendanaan kebudayaan tersebut bertujuan untuk mewujudkan pelayanan kebudayaan sesuai dengan standar nasional

Page 143: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

138! (Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

yang dicerminkan dalam struktur pendanaan dan anggaran serta pembagian tanggung jawab pendanaan antara pemerintah dan pemerintah daerah.

Perkiraan pendanaan fungsi kebudayaan didasarkan pada angka perkiraan baseline tahun 2009 dan memperhatikan kemampuan keuangan negara. Untuk mencapai sasaran Renstra Pembangunan Kebudayaan diperlukan peran serta Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, masyarakat, orang tua, dan dunia usaha untuk berpartisipasi dalam pemenuhan pendanaan kebudayaan.

6.2 '

Koordinasi,'Tata'Kelola,'dan'Pengawasan'Internal'

Untuk mencapai tujuan pembangunan yang dituangkan dalam Renstra perlu dilakukan koordinasi secara nasional, regional, dan/atau antarlembaga dan antarinstansi terkait, penataan sistem tata kelola, dan pengawasan internal di lingkungan Kemdikbud.

6.2.1. KOORDINASI PERENCANAAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Koordinasi penyusunan dan pelaksanaan Renstra Kebudayaan secara nasional dilakukan melalui forum Rembuk Nasional, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pusat, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional, rapat kerja perencanaan nasional, dan perencanaan kebudayaan lintas Kementerian. Pihak yang dilibatkan dalam forum koordinasi perencanaan kebudayaan antara lain adalah Kemdikbud, Kementerian Agama, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian lain yang terkait, Kementerian Keuangan, Bappenas, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupatan dan Kota, serta Perguruan Tinggi.

Page 144: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( 139(

(

6.2.2. TATA KELOLA

Implementasi Renstra Kementerian Kebudayaan 2010-2014 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Provinsi, Dinas Kebudayaan Kabupaten, dan Kota, dan K/L lain terkait menuntut pengembangan sistem tata kelola tersendiri. Perlu dilakukan penataan terhadap tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan program dan kegiatan yang ditetapkan untuk mewujudkan sasaran indikator kinerja kebudayaan. Pengembangan sistem tata kelola implementasi Renstra mencakup kegiatan penyusunan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) dalam penyusunan dokumen perencanaan berbasis kinerja, sosialisasi, dan pengendalian pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam Renstra.

6.2.3. PENGENDALIAN DAN PENGAWASAN

Pengendalian terhadap implementasi Renstra dilakukan melalui pengawasan internal yang merupakan tanggung jawab dari unit utama yang membidangi pengawasan yaitu Inspektorat Jenderal untuk tingkat Kementerian, dan Badan Pengawas Daerah (Bawasda) untuk Dinas Pendidikan di Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Sistem pengawasan internal yang efektif dilakukan melalui pengendalian operasional dan finansial, manajemen risiko, sistem informasi manajemen, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Tugas utama unit pengawasan internal adalah mengevaluasi, menilai dan menganalisis semua aktivitas pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan kebudayaan terhadap semua peraturan yang berlaku untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas publik. Pengawasan internal bertujuan untuk memastikan sistem tata kelola implementasi Renstra sesuai dengan sistem tata kelola Kementerian dan pemerintah daerah. Dalam menjalankan tugasnya unit pengawasan internal melakukan audit reguler dan audit khusus di semua unit kerja yang mengimplementasikan program dan kegiatan Renstra Kebudayaan.

Pada umumnya pengawasan internal di dalam sektor publik dilaksanakan oleh dua pihak, yaitu (i) atasan langsung; dan (ii) unit pengawasan independen. Pengawasan atasan langsung termasuk yang dilakukan oleh unit pengawasan Kementerian.

Page 145: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

140! (Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

Sementara itu, unit pengawasan independen adalah seperti Badan Pemeriksaan Keuangan Pembangunan (BPKP) yang bertanggung jawab kepada Presiden, dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang bertanggung jawab kepada DPR-RI.

6.3 '

SISTEM'PEMANTAUAN''DAN'EVALUASI'

6.3.1. TUJUAN PEMANTAUAN DAN EVALUASI

Sistem pemantauan dan evaluasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari implementsi Renstra. Pemantauan dan evaluasi bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian dan kesesuaian antara rencana yang telah ditetapkan dalam Renstra Kebudayaan 2010-2014 dengan hasil yang dicapai berdasarkan kebijakan yang dilaksanakan secara berkala melalui kegiatan dan/atau program kebudayaan di setiap satuan, jenjang, dan jenisnya.

6.3.2. PRINSIP-PRINSIP PEMANTAUAN DAN EVALUASI

Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut (1) kejelasan tujuan dan hasil yang diperoleh dari pemantauan dan evaluasi; (2) pelaksanaan dilakukan secara objektif; (3) dilakukan oleh petugas yang memahami konsep, teori, dan proses serta berpengalaman dalam melaksanakan pemantauan dan evaluasi agar hasilnya sahih dan andal; (4) pelaksanaan dilakukan secara terbuka (transparan) sehingga pihak yang berkepentingan dapat mengetahui hasil pelaporan melalui berbagai cara; (5) melibatkan berbagai pihak yang dipandang perlu dan berkepentingan secara proaktif (partisipatif); (6) pelaksanaan dapat dipertanggungjawabkan secara internal dan eksternal (akuntabel); (7) mencakup seluruh objek agar dapat menggambarkan secara utuh kondisi dan situasi sasaran pemantauan dan evaluasi (komprehensif); (8) pelaksanaan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan pada saat yang tepat agar tidak kehilangan momentum yang sedang terjadi; (9) dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan; (10) berbasis indikator kinerja; dan (11) pelaksanaan dilakukan secara efektif dan efisien, artinya target pemantauan dan evaluasi dicapai

Page 146: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( 141(

(

dengan menggunakan sumber daya yang ketersediaannya terbatas dan sesuai dengan yang direncanakan.

Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi mencakup berbagai aspek sebagai berikut (1) penjaminan mutu, relevansi, dan daya saing; (2) pemerataan dan perluasan akses pendidikan menengah dan tinggi; (3) peningkatan tata kelola, akuntabilitas, dan kemitraan kebudayaan. Pemantauan dan evaluasi dapat dilakukan oleh pemerintah, BSNP, LPMP, Dinas Kebudayaan Provinsi, Dinas Kebudayaan Kabupaten dan Kota, Dinas Kebudayaan Kecamatan, dan Satuan Pendidikan.

6.3.3. RUANG LINGKUP PEMANTAUAN DAN EVALUASI

Implementasi pemantauan dan evaluasi yang sudah bejalan di lingkungan Kemdikbud meliputi: (a) pemantauan dan pengendalian program bulanan dan triwulanan, (b) evaluasi tematik yang berkaitan dengan kebijakan Kemdikbud, (c) evaluasi kinerja tahunan melalui sistem AKIP, (d) evaluasi kinerja tengah periode Renstra melalui pencapaian kinerja Kemdikbud, (e) evaluasi akhir masa Renstra.

6.3.4. PEMANTAUAN DAN EVALUASI OLEH PEMERINTAH

Sesuai dengan PP 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan, pemantauan dan evaluasi dilaksanakan oleh pemerintah dan pemerintah daerah serta institusi lain yang berkompeten. Mekanisme pemantauan dan pelaporan triwulanan pelaksanaan rencana pembangunan kebudayaan dapat dilihat pada Gambar 6.1.

Page 147: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

142! (Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

Gambar 6.1. Mekanisme pemantauan dan pelaporan triwulanan pelaksanaan rencana pembangunan Kebudayaan.

Selain itu, hasil pemantauan dan evaluasi juga dapat digunakan sebagai masukan bagi BSNP dan lembaga sertifikasi kompetensi untuk meningkatkan kinerja badan-badan tersebut dalam melaksanakan standardisasi, akreditasi, penjaminan dan pengawasan mutu, pemantauan, serta evaluasi program dan kegiatan.

Kepala SKPDProvinsi

Kepala SKPDKabupaten/ Kota

PPTK

Bupati/ Walikotau.p. Bappeda

Gubernuru.p. Bappeda ! Men.PPN

5 hari setelah triwulan berakhir

Presiden RI

Form C

Menteri/ Ka. Lemb

Ka. Unit Kerja K/L

Form A

Form B

10 hari setelah triwulan berakhir

Form C

5 hari setelah triwulan berakhir

Form C

5 hari setelah triwulan berakhir

14 hari setelah triwulan berakhir

Form C ! Men.DN

14 hari setelah triwulan berakhir

! Men.KeuForm C

Ka. Unit Org.

Form A

Form B

Ka. Unit Kerja

10 hari setelahtriwulan berakhir

Keterangan: 1. Gubernur melakukan pemantauan pelaksanaan dekonsentrasi dan tugas pembantuan yang meliputi pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan kewenangannya, 2. Bupati/Walikota melakukan pemantauan pelaksanaan tugas pembantuan yang meliputi pelaksanaan program dankegiatan sesuai dengan tugas dan kewenangannya, 3. Kepala SKPD Provinsi melakukan pemantauan pelaksanaan dekonsentrasi dan tugas pembantuan yang meliputi pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan kewenangannya, 4. Kepala SKPD Kabupaten/Kota melakukan pemantauan pelaksanaan tugas pembantuan yang meliputi pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan kewenangannya

PPTK

Form A

Form B

Ka. Unit Kerja5 hari setelah

triwulan berakhir

! Men.PANForm A

Form A Form A

Page 148: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(( 143(

(

6.3.5. PEMANTAUAN DAN EVALUASI RENSTRA OLEH SKPD PROVINSI,

KABUPATEN, DAN KOTA, SERTA SATUAN KEBUDAYAAN

Pemantauan dan evaluasi Renstra dilakukan secara berjenjang sebagai berikut.

a. Pemantauan dan Evaluasi oleh Dinas Kebudayaan Tingkat Provinsi

Pemantauan dan evaluasi oleh pemerintah provinsi digunakan untuk (a) mengukur tingkat pencapaian target pembangunan kebudayaan provinsi; (b) memperbaiki kinerja aparatur Pemda Kabupaten dan Kota, Kecamatan, dan satuan kebudayaan; (c) meningkatkan kemampuan dan kesanggupan aparatur pemda provinsi dalam melaksanakan tugas pemantauan dan evaluasi.

b. Pemantauan dan Evaluasi oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten dan Kota

Pemantauan dan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten dan kota bertujuan untuk (a) mengukur tingkat pencapaian target pembangunan kebudayaan pada kabupaten dan kota tersebut sesuai dengan Renstra SKPD kabupaten dan kota kurun waktu 2010-2014; (b) memperbaiki kinerja aparatur pemda kecamatan dan satuan kebudayaan agar kapabilitas dan kapasitas dalam penyelenggaraan kebudayaan makin meningkat; (c) meningkatkan kemampuan dan kesanggupan aparatur pemda kabupaten dan kota dalam melaksanakan tugas pemantauan dan evaluasi.

c. Pemantauan dan Evaluasi oleh Satuan Kebudayaan

Fungsi pemantauan dan evaluasi dalam satuan kebudayaan adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pada satuan kebudayaan yang bersangkutan secara berkala, yang hasilnya dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja.

Page 149: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

144! (Renstra(Direktorat(Jenderal(Kebudayaan(2010(–(2014(

(

Page 150: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

LAM

PIRA

N

2010

2011

2012

2013

2014

2010

2011

2012

2013

2014

IKU

10.

1JU

MLA

H C

AGAR

BU

DAY

A YA

NG

DIL

ESTA

RIK

AN-

--

6,47

08,

470

9,47

0-

-12

2,70

0,00

0

12

5,15

0,74

1

12

8,15

0,74

1

IKU

10.

2JU

MLA

H P

ENG

UN

JUN

G P

ADA

MU

SEU

M Y

ANG

D

IREV

ITAL

ISAS

I-

--

3,00

0,00

04,

000,

000

5,00

0,00

0-

-52

,000

,000

55

,593

,928

67

,000

,000

IKU

10.

3JU

MLA

H S

EKO

LAH

YAN

G D

IFAS

ILIT

ASI S

ARAN

A BU

DAY

A-

--

1,40

02,

400

3,20

0-

-24

2,00

0,00

0

19

5,29

4,40

0

35

0,00

0,00

0

IKU

10.

4JU

MLA

H F

ASIL

ITAS

I FIL

M Y

ANG

BER

KAR

AKTE

R-

--

2035

45-

-24

,500

,000

30

,500

,000

35

,000

,000

IK

U 1

0.5

JUM

LAH

KO

MU

NIT

AS B

UD

AYA

YAN

G D

IFAS

ILIT

ASI

--

-20

050

060

0-

-46

,500

,000

10

0,00

0,00

0

15

0,00

0,00

0

IK

U 1

0.6

JUM

LAH

OR

ANG

YAN

G M

ENG

APR

ESIA

SI S

EJAR

AH D

AN

KAR

YA B

UD

AYA

--

-12

,500

,000

15,0

00,0

0017

,500

,000

123,

500,

000

201,

218,

538

195,

867,

197

IKU

10.

7JU

MLA

H R

UM

AH B

UD

AYA

DI L

UAR

NEG

ERI

--

--

810

--

-40

,000

,000

60

,000

,000

IK

U 1

0.8

JUM

LAH

WAR

ISAN

BU

DAY

A N

ASIO

NAL

YAN

G D

ITET

APKA

N-

--

-20

40-

--

5,00

0,00

0

6,00

0,00

0

IKK

10.1

.1JU

MLA

H N

ASKA

H R

UM

USA

N K

EBIJ

AKAN

NO

RM

A, S

TAN

DAR

, PR

OSE

DU

R, D

AN K

RIT

ERIA

PEL

ESTA

RIA

N C

AGAR

BU

DAY

A D

AN P

ERM

USE

UM

AN

--

-10

8

8

-

-3,

800,

000

3,

259,

500

3,

500,

000

IKK

10.1

.2JU

MLA

H C

AGAR

BU

DAY

A YA

NG

DID

AFTA

R D

AN

DIT

ETAP

KAN

SEC

ARA

NAS

ION

AL-

--

1,00

0

50

0

1,00

0

-

-15

,000

,000

22

,665

,103

20

,000

,000

IKK

10.1

.3JU

MLA

H C

AGAR

BU

DAY

A YA

NG

DID

OKU

MEN

TASI

KAN

--

-5,

000

2,50

0

3,

500

--

250,

000

495,

350

600,

000

IKK

10.1

.4JU

MLA

H C

AGAR

BU

DAY

A BA

WAH

AIR

YAN

G D

IEKS

PLO

RAS

I-

--

3

-

4

-

-72

6,47

4

-

4,00

0,00

0

IKK

10.1

.5JU

MLA

H M

USE

UM

YAN

G D

IREV

ITAL

ISAS

I-

--

17

9

22

-

-22

,000

,000

38

,000

,000

55

,000

,000

IK

K 10

.1.6

JUM

LAH

KO

LEKS

I MU

SEU

M Y

ANG

DID

OKU

MEN

TASI

--

-50

,000

10

,000

15

,000

-

-1,

400,

000

89

5,35

0

1,

000,

000

IK

K 10

.1.7

JUM

LAH

DO

KUM

EN P

EREN

CAN

AAN

DAN

EVA

LUAS

I-

--

3

7

7

-

-1,

340,

589

1,

768,

950

3,

000,

000

IK

K 10

.2.1

JUM

LAH

NAS

KAH

RU

MU

SAN

KEB

IJAK

AN

NO

RM

A,ST

AND

AR,P

RO

SED

UR

DAN

KR

ITER

IA P

EMBI

NAA

N

KESE

NIA

N D

AN P

ERFI

LMAN

--

-6

22

--

7,20

0,00

0

500,

000

500,

000

IKK

10.2

.2TA

MAN

BU

DAY

A YA

NG

DIR

EVIT

ALIS

ASI

--

--

1015

--

25,0

00,0

00

30,0

00,0

00

IKK

10.2

.3SK

ENAR

IO F

ILM

YAN

G B

ERBA

SIS

NIL

AI S

EJAR

AH, B

UD

AYA,

D

AN K

EAR

IFAN

LO

KAL

--

-1

2-

-2,

000,

000

4,

000,

000

IKK

10.2

.4KE

GIA

TAN

KES

ENIA

N D

AN P

ERFI

LMAN

YAN

G D

IAPR

ESIA

SI

MAS

YAR

AKAT

-

--

1224

30-

-51

,000

,000

87

,400

,000

90

,000

,000

IKK

10.2

.5KA

RYA

SEN

I YAN

G D

IREV

ITAL

ISAS

I-

--

22

5-

-3,

500,

000

3,

000,

000

7,

500,

000

IK

K 10

.2.6

KAR

YA S

ENI D

AN F

ILM

YAN

G T

ERD

OKU

MEN

TASI

--

-7

25

--

11,5

00,0

00

2,50

0,00

0

7,50

0,00

0

IKK

10.2

.7FA

SILI

TASI

KES

ENIA

N D

AN P

ERFI

LMAN

--

-65

141

150

--

50,8

00,0

00

36,0

00,0

00

40,0

00,0

00

IKK

10.2

.8FA

SILI

TASI

PR

OD

UKS

I KAR

YA F

ILM

PEN

DEK

DAN

D

OKU

MEN

TER

YAN

G M

ENG

ANG

KAT

NIL

AI-N

ILAI

BU

DAY

A,

KEAR

IFAN

LO

KAL,

DAN

PEM

BAN

GU

NAN

KAR

AKTE

R B

ANG

SA

--

-20

3610

--

24,5

00,0

00

30,5

00,0

00

35,0

00,0

00

IKK

10.2

.9FA

SILI

TASI

SAR

ANA

KESE

NIA

N D

I SEK

OLA

H-

--

1400

2400

3500

--

242,

000,

000

195,

294,

400

350,

000,

000

IKK

10.2

.10

JUM

LAH

DO

KUM

EN P

EREN

CAN

AAN

DAN

EVA

LUAS

I -

--

77

7-

-1,

500,

000

2,

139,

490

2,

500,

000

ALO

KASI

ANG

GAR

AN (R

IBUA

N RP

)

PRO

GR

AM

PELE

STAR

IAN

BU

DAY

A

10

INDI

KATO

R KI

NERJ

A UT

AMA

(IKU)

DAN

INDI

KATO

R KI

NERJ

A KE

GIA

TAN

(IKK)

PRO

GRA

M P

ELES

TARI

AN B

UDAY

A

KOND

ISI

AWAL

(2

009)

INDI

KATO

RPR

OG

RAM

/

KE

GIA

TAN

KODE

TARG

ET P

ENCA

PAIA

N

10.2

PELE

SATA

RIA

N

CAG

AR B

UD

AYA

DAN

PE

RM

USE

UM

AN

10.1

PEM

BIN

AAN

KE

SEN

IAN

DAN

PE

RFI

LMAN

Page 151: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

2010

2011

2012

2013

2014

2010

2011

2012

2013

2014

ALO

KASI

ANG

GAR

AN (R

IBUA

N RP

)KO

NDIS

I AW

AL

(200

9)IN

DIKA

TOR

PRO

GRA

M/

KEG

IATA

NKO

DETA

RGET

PEN

CAPA

IAN

IKK

10. 3

.1JU

MLA

H N

ASKA

H R

UM

USA

N K

EBIJ

AKAN

N

OR

MA,

STAN

DAR

,PR

OSE

DU

R D

AN K

RIT

ERIA

PEM

BIN

AAN

KE

PER

CAY

AAN

TER

HAD

AP T

UH

AN Y

ME

DAN

TR

ADIS

I

--

-2

34

2,00

0,00

01,

100,

000

2,00

0,00

0

IKK

10. 3

.2JU

MLA

H O

RG

ANIS

ASI K

EPER

CAY

AAN

TER

HAD

AP T

UH

AN

YAN

G M

AHA

ESA

DAN

KO

MU

NIT

AS T

RAD

ISI Y

ANG

D

IFAS

ILIT

ASI

--

-20

050

060

0-

-46

,500

,000

100,

000,

000

150,

000,

000

IKK

10. 3

.3JU

MLA

H P

ENG

ETAH

UAN

TR

ADIS

ION

AL Y

ANG

TE

RD

OKU

MEN

TASI

DAN

TER

PUBL

IKAS

I-

--

114

615

5-

-7,

000,

000

6,50

0,00

010

,000

,000

IKK

10. 3

.4JU

MLA

H E

KSPR

ESI B

UD

AYA

TRAD

ISIO

NAL

YAN

G

DID

OKU

MEN

TASI

DAN

PU

BLIK

ASI

--

-2

1012

--

8,45

0,00

011

,457

,491

15,0

00,0

00

IKK

10. 3

.5 J

UM

LAH

DES

A D

ESA

ADAT

YAN

G D

IREV

ITAL

ISAS

I-

--

49

10-

-10

,000

,000

9,00

0,00

012

,000

,000

IKK

10. 3

.6 J

UM

LAH

DO

KUM

EN P

EREN

CAN

AAN

DAN

EVA

LUAS

I-

--

27

7-

-2,

000,

000

2,00

0,00

03,

000,

000

IKK

10.4

.1JU

MLA

H N

ASKA

H R

UM

USA

N K

EBIJ

AKAN

NO

RM

A, S

TAN

DAR

, PR

OSE

DU

R, D

AN K

RIT

ERIA

PEN

GEM

BAN

GAN

SEJ

ARAH

DAN

N

ILAI

BU

DAY

A

--

-5

32

--

2,50

0,00

095

0,00

070

0,00

0

IKK

10.4

.2JU

MLA

H B

UKU

SEJ

ARAH

DAN

NIL

AI B

UD

AYA

YAN

G D

ITU

LIS

--

-6

77

--

14,5

00,0

006,

401,

114

7,00

0,00

0

IKK

10.4

.3JU

MLA

H B

UKU

HAS

IL V

ERIF

IKAS

I NIL

AI B

UD

AYA

--

--

22

--

-2,

000,

000

2,00

0,00

0IK

K 10

.4.4

JUM

LAH

ATL

AS S

EJAR

AH D

AN N

ILAI

BU

DAY

A YA

NG

D

ISU

SUN

--

--

11

--

-1,

576,

965

1,75

0,00

0

IKK

10.4

.5JU

MLA

H D

OKU

MEN

SU

MBE

R S

EJAR

AH D

AN N

ILAI

BU

DAY

A YA

NG

TER

DO

KUM

ENTA

SI-

--

-7

7-

--

7,47

4,04

68,

000,

000

IKK

10.4

.6JU

MLA

H A

PRES

IASI

MAS

YAR

AKAT

TER

HAD

AP S

EJAR

AH

DAN

NIL

AI B

UD

AYA

--

-16

,000

64,4

2065

,000

--

20,5

00,0

0044

,600

,000

47,0

00,0

00

IKK

10.4

.7JU

MLA

H F

ASIL

ITAS

I EVE

N S

EJAR

AH D

AN N

ILAI

BU

DAY

A-

--

644

40-

-7,

000,

000

13,7

30,6

2912

,000

,000

IKK

10.4

.8JU

MLA

H P

ESER

TA B

IMBI

NG

AN T

EKN

IS S

EJAR

AH D

AN N

ILAI

BU

DAY

A-

--

-96

96-

--

1,11

0,00

01,

200,

000

IKK

10.4

.9JU

MLA

H R

UM

AH B

UD

AYA

NU

SAN

TAR

A YA

NG

DIF

ASIL

ITAS

I-

--

-33

33-

--

66,0

00,0

0066

,000

,000

IKK

10.4

.10

JUM

LAH

DO

KUM

EN P

EREN

CAN

AAN

DAN

EVA

LUAS

I-

--

77

7-

-1,

500,

000

927,

462

1,00

0,00

0IK

K 10

.5.1

JUM

LAH

NAS

KAH

RU

MU

SAN

KEB

IJAK

AN N

OR

MA,

STA

ND

AR,

PRO

SED

UR

, DAN

KR

ITER

IA P

ENG

EMBA

NG

AN

INTE

RN

ALIS

ASI N

ILAI

DAN

DIP

LOM

ASI B

UD

AYA

--

-2

55

--

1,50

0,00

02,

150,

000

2,00

0,00

0

IKK

10.5

.2JU

MLA

H P

ESER

TA IN

TER

NAL

ISAS

I NIL

AI B

UD

AYA

--

-2,

450

2,05

0,94

02,

060,

000

--

47,0

50,0

0010

,700

,000

12,0

00,0

00

IKK

10.5

.3JU

MLA

H W

ARIS

AN B

UD

AYA

NAS

ION

AL D

AN D

UN

IA Y

ANG

D

IKEL

OLA

--

-1

1010

--

1,50

0,00

08,

600,

000

9,00

0,00

0

IKK

10.5

.4JU

MLA

H W

ARIS

AN B

UD

AYA

NAS

ION

AL Y

ANG

D

INO

MIN

ASIK

AN-

--

3411

13-

-8,

250,

000

5,30

0,00

06,

000,

000

IKK

10.5

.5JU

MLA

H R

UM

AH B

UD

AYA

YAN

G D

IFAS

ILIT

ASI

--

-5

810

8,00

0,00

040

,000

,000

60,0

00,0

00IK

K 10

.5.6

JUM

LAH

EVE

N D

IPLO

MAS

I BU

DAY

A YA

NG

DIF

ASIL

ITAS

I-

--

1255

60-

-46

,000

,000

90,0

00,0

0010

0,00

0,00

0IK

K 10

.5.7

JUM

LAH

KEK

AYAA

N B

UD

AYA

YAN

G D

ICAT

AT-

--

100

1,00

050

0-

-5,

000,

000

7,00

0,00

07,

000,

000

IKK

10.5

.8JU

MLA

H K

EKAY

AAN

BU

DAY

A YA

NG

DIT

ETAP

KAN

--

--

2040

--

-5,

000,

000

6,00

0,00

0IK

K 10

.5.9

JUM

LAH

DO

KUM

EN P

EREN

CAN

AAN

DAN

EVA

LUAS

I -

--

27

7-

-1,

500,

000

2,00

0,00

02,

100,

000

10.3

10.4

PEN

GEM

BAN

GAN

SE

JAR

AH D

AN

NIL

AI B

UD

AYA

PEN

GEM

BAN

GAN

IN

TER

NAL

ISAS

I N

ILAI

DAN

D

IPLO

MAS

I BU

DAY

A

10.5

PEM

BIN

AAN

KE

PER

CAY

AAN

TE

RH

ADAP

TU

HAN

YM

E D

AN

TRAD

ISI

Page 152: COVER RENSTRA GNI 2010-2014

2010

2011

2012

2013

2014

2010

2011

2012

2013

2014

ALO

KASI

ANG

GAR

AN (R

IBUA

N RP

)KO

NDIS

I AW

AL

(200

9)IN

DIKA

TOR

PRO

GRA

M/

KEG

IATA

NKO

DETA

RGET

PEN

CAPA

IAN

IKK

10.6

.1JU

MLA

H D

OKU

MEN

LAY

ANAN

BID

ANG

HU

KUM

--

-

7

7-

-9,

657,

356

7,

000,

000

IKK

10.6

.2JU

MLA

H D

OKU

MEN

LAY

ANAN

BID

ANG

PER

ENC

ANAA

N D

AN

PEN

GAN

GG

ARAN

--

-4

10

10

--

9,00

0,00

0

6,78

2,20

3

9,20

0,00

0

IKK

10.6

.3JU

MLA

H D

OKU

MEN

LAY

ANAN

BID

ANG

KEP

EGAW

AIAN

DAN

O

RG

ANIS

ASI

--

-2

10

10

--

13,5

00,0

00

7,78

7,27

7

8,10

0,00

0

IKK

10.6

.4JU

MLA

H D

OKU

MEN

LAY

ANAN

BID

ANG

KEU

ANG

AN-

--

1

6

7-

-2,

000,

000

3,

175,

712

5,

647,

000

IK

K 10

.6.5

JUM

LAH

FAS

ILIT

ASI K

ERJA

SAM

A AN

TAR

INST

ANSI

--

-2

4

4

--

8,00

0,00

0

11,5

00,0

00

13,5

00,0

00

IKK

10.6

.6JU

MLA

H D

OKU

MEN

LAY

ANAN

KEH

UM

ASAN

--

-7

9

9

--

44,0

00,0

00

57,7

07,4

23

15,8

73,3

37

IKK

10.6

.7JU

MLA

H D

OKU

MEN

LAY

ANAN

DAT

A D

AN S

TATI

STIK

KE

BUD

AYAA

N-

--

4

6

6-

-23

,500

,000

43

,000

,000

48

,000

,000

IKK

10.6

.8JU

MLA

H L

AYAN

AN P

ERKA

NTO

RAN

--

-12

12

12

--

12,5

00,0

00

13,6

99,7

24

21

,956

,640

IKK

10.6

.9JU

MLA

H P

ERAL

ATAN

DAN

FAS

ILIT

AS P

ERKA

NTO

RAN

--

--

32

25

--

-45

6,80

0

63

5,00

0

IK

K 10

.7.1

JUM

LAH

KO

LEKS

I MU

SEU

M Y

ANG

DIK

ELO

LA-

--

-

1

5,21

8 15

218

--

-4,

810,

410

4,81

0,41

0

IKK

10.7

.2JU

MLA

H K

OLE

KSI M

USE

UM

YAN

G D

IREI

NVE

NTA

RIS

ASI

--

--

3

,750

37

50-

--

177,

750

177,

750

IKK

10.7

.3LU

AS P

ENG

EMBA

NG

AN D

AN P

ENAT

AAN

MU

SEU

M

NAS

ION

AL-

--

-

1

5,10

0 23

850

--

20,0

00,0

00

80

,626

,197

170,

000,

000

IKK

10.7

.4JU

MLA

H M

USE

UM

UPT

YAN

G D

IREV

ITAL

ISAS

I-

--

-

4

4-

--

12,8

53,9

28

12

,853

,928

IKK

10.7

.5JU

MLA

H M

ASYA

RAK

AT Y

ANG

MEN

GAP

RES

IASI

MU

SEU

M

NAS

ION

AL D

AN M

USE

UM

UPT

-

--

-

13

8,34

9 13

8349

5,00

0,00

0

50

,867

,197

50,8

67,1

97

IKK

10.8

.1JU

MLA

H C

AGAR

BU

DAY

A YA

NG

DIL

ESTA

RIK

AN

--

-

69

2

,960

29

60-

-12

2,70

0,00

0

125,

150,

741

12

5,15

0,74

1

IKK

10.8

.2JU

MLA

H IN

VEN

TAR

ISAS

I DAN

PEN

DAF

TAR

AN

PEN

ING

GAL

AN P

UR

BAKA

LA-

--

-

1,9

28

1928

--

-2,

313,

041

2,31

3,04

1

IKK

10.8

.3JU

MLA

H K

AJIA

N P

ELES

TAR

IAN

CAG

AR B

UD

AYA

--

--

107

10

7-

--

9,89

5,14

5

9,

895,

145

IKK

10.8

.4JU

MLA

H P

ESER

TA IN

TER

NAL

ISAS

I CAG

AR B

UD

AYA

--

--

68,

814

6881

4-

--

14,9

82,4

73

14

,982

,473

IKK

10.9

.1JU

MLA

H K

AJIA

N T

ENTA

NG

ASP

EK-A

SPEK

TR

ADIS

I, KE

PER

CAY

AAN

, KES

ENIA

N, P

ERFI

LMAN

, DAN

KE

SEJA

RAH

AN

--

--

185

200

--

-13

,639

,423

15,6

39,4

23

IKK

10.9

.2JU

MLA

H P

ESER

TA IN

TER

NAL

ISAS

I SEJ

ARAH

DAN

NIL

AI

BUD

AYA

--

--

18,

367

1836

7-

--

28,0

09,8

05

35

,009

,246

IKK

10.9

.3JU

MLA

H IN

VEN

TAR

ISAS

I PEL

IND

UN

GAN

KAR

YA B

UD

AYA

--

-50

845

845

--

1,70

0,00

0

3,

755,

162

3,75

5,16

2

10.6

DU

KUN

GAN

M

ANAJ

EMEN

DAN

PE

LAKS

ANAA

N

TUG

AS T

EKN

IS

LAIN

NYA

DIT

JEN

KE

BUD

AYAA

N

10.7

PENG

ELOL

AAN

PERM

USEU

MAN

10.8

PELE

STAR

IAN

DAN

PENG

ELOL

AAN

PENI

NGGA

LAN

PURB

AKAL

A10

.9PE

LEST

ARIA

N SE

JARA

H DA

N NI

LAI

TRAD

ISIO

NAL