cover jurnal oke - news - sosiologi fisipol...

2
9 772252 570105 ISSN 2252-570X jurnalsosiougm

Upload: hatuyen

Post on 08-Jun-2019

230 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

9 772252 570105

ISSN 2252-570X

jurnalsosiougm

1. Penulisan artikel terdiri dari 4.000-8.000 kata, merupakan karya sendiri, dapat dipertanggung-jawabkan secara akademis dan relevan bagi pengembangan kajian sosiologi serta masyarakat Indonesia.

2. Artikel harus disertai abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Abstrak berkisar antara 150-200 kata, terdiri dari satu paragraf yang menggambarkan isi keseluruhan tulisan secara utuh, dan lengkap. Sertakan pula 3-5 kata kunci.

3. Penulis wajib menyertakan biodata singkat dalam setiap artikel, berupa Nama, email dan lembaga afiliasinya.

4. Artikel dikirim dalam bentuk file elektronik ditujukan ke alamat [email protected], [email protected] dengan subjek : JPS Nama Penulis_Judul. Cantumkan pula alamat lengkap dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Batas waktu pengiriman artikel: tanggal 31 Februari dan 31 Juli setiap tahunnya.

5. Dengan mempublikasikan melalui jurnal ini, penulis menyerahkan hak mengkopi (copyright) artikel secara utuh (abstrak, tabel, gambar, ilustrasi) kepada Redaksi Jurnal Pemikiran Sosiologi, Jurusan Sosiologi, FISIPOL UGM, termasuk hak menerbitkan kembali dalam berbagai bentuk media.

6. Penulisan rujukan, kutipan di dalam teks, catatan kaki, referensi/daftar pustaka menggunakan format ASA (American Sociological Associations).

Buku dengan satu penulisSeidman, Steven. 1983. Contested Knowledge: Social Theory in the Postmodern Era. Cambridge: Blackwell. Buku dengan dua penulisBerger, Peter and Briggite Berger. 1975. Sociology: A Biographical Approach. New York: Basic Books. Bab dalam bukuWidhyharto, Derajad. 2011.” Silent Prevention: Konsensus Generasi Muda Tanpa Narkoba”Pp. 331-347 in Pemuda Pasca Orba: Potret Kontemporer Pemuda Indonesia, Edited by Najib Azca, Subando and Lalu Wildan. Yogyakarta: Youth Studies Centre Fisipol UGM. Di dalam teks, rujukan hanya menyantumkan nama belakang penulis, tahun publikasi dan nomor halaman, jika perlu. Jika nama penulis termasuk di dalam teks, ikuti dengan tahun publikasi di dalam kurung:Ketika Nugroho (2003) melakukan penelitian…Jika nama penulis tidak ada dalam teks, letakkan nama belakang penulis dan tahun publikasi di dalam kurung:Ketika penelitian selesai dilakukan…(Rahadianto 2010)Jika nomor halaman ikut dimasukkan setelah tahun publikasi cantumkan setelah tanda titik dua:

…Connell (1997:10)Kalau ada tiga penulis, tuliskan ketiga nama belakang penulis di awal rujukan teks; setelah itu rujukan cukup menyebut nama penulis pertama dan et.al.; jika lebih dari tiga penulis, cantumkan nama belakang penulis pertama dan et.al.:(Berger, Berger and Kellner 1973) (Nilan et al. 2006)Nukilan/kutipan di dalam teks harus dimulai dan diakhiri dengan tanda kutip; rujukan dicantumkan setelah tanda kutip penutup dan diakhiri titik.“In any recent introductory textbook, whether written in the United States or on the other side of the world” (Waters and Crook 1993: 1).

7. Hindari penulisan catatan kaki, kecuali memang dibutuhkan penjelasan tambahan di luar konteks tulisan. Catatan kaki ditulis dengan huruf yang minimal. Susun catatan kaki berurutan berdasarkan nomor, letaknya di bawah pada halaman yang sama. Cantumkan rujukan jika perlu.

8. Di akhir tulisan, seluruh rujukan yang ada di dalam tulisan harus dicantumkan dan ditulis berurutan menurut abjad dari nama belakang penulis utama.

l

l

l

l

l

l

l

l

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL