cover -.08507131011

Download COVER -.08507131011

Post on 19-Jan-2016

5 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

rtffgthuj76o7k7gw34554rgh3ewedwafetg

TRANSCRIPT

  • iALAT PENGATUR LAMPU DAN PEMBALIK TELUR OTOMATISPADA BOK PENETASAN TELUR BERBASIS MIKROKONTROLERATmega 16 DILENGKAPI UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY

    PROYEK AKHIRDiajukan Kepada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

    Untuk Memenuhi Sebagian PersyaratanGuna Memperoleh Gelar Ahli Madya.

    OLEHICHSAN DWI NUGROHO

    NIM.08507131011

    PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA D3FAKULTAS TEKNIK

    UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA2012

  • ii

  • iii

  • iv

  • vABSTRAK

    ALAT PENGATUR LAMPU DAN PEMBALIK OTOMATIS PADA BOKPENETASAN TELUR BERBASIS ATmega 16 DILENGKAPI UPS

    Oleh : Ichsan Dwi NugrohoNim : 08507131011

    Pembuatan proyek akhir ini bertujuan untuk mendapatkan suatu perangkatberupa alat pengatur lampu dan pembalik telur otomatis pada bok penetasan telurdengan UPS secara digital, yang penggunaanya jauh lebih praktis daripada yangmasih konvensional. Perangkat ini dikendalikan oleh sebuah IC mikrokontrolerATmega 16 yang dihubungkan pada sensor suhu LM35 sebagai pembacaan suhu,counter waktu pembalikan telur dan ditampilkan pada penampil LCD danindikator LED.

    Alat ini dibuat dalam beberapa tahapan yaitu, (1) Identifikasi Kebutuhan,(2) Analisis Kebutuhan, (3) Perancangan Perangkat Keras, (4) PerancanganPerangkat Lunak, (5) Pembuatan dan (6) Pengujian Alat. Prinsip yang digunakandalam perancangan alat ini adalah prinsip dari keluaran panas cahaya lampu yangditerima oleh sensor LM35 dan diproses oleh ATmega 16 untuk kemudiandigunakan sebagai pengatur terang dan redup lampu, selain itu juga dari prinsippengaturan sinyal digital yang digunakan sebagai timming untuk mekanikpembalikan telur secara otomatis.

    Setelah dilakukan percobaan dan dianalisis maka dapat diketahui bahwaperangkat keras telah berhasil dibuat menggunakan sistem minimummikrokontroler ATmega 16 dengan outputan dari sensor LM35, timming dansaklar power guna memberi inputan pada rangkaian dimmer, pada mekanik motorDC untuk memutar rak telur 180O searah jarum jam maupun berlawanan arahjarum jam dan UPS, setelah diuji coba sistem hardware sudah mendukung sesuaialat yang dibuat. Software telah berhasil dibuat menggunakan pemrogramanbahasa C yang dicompile menggunakan CodeVision AVR. Secara keseluruhanpemrograman software ini sudah dapat bekerja sesuai dalam pemrogramanpengaturan input dan output dari sensor LM35 untuk kondisi redup terang lampu,scanning suhu dalam bok, pengaturan timming pembalikan dan juga tampilanpada LCD. Unjuk kerja Alat pengatur lampu dan pembalik otomatis pada bokpenetasan telur berbasis ATmega 16 dilengkapi UPS, secara keseluruhan telahberhasil baik dan sesuai dengan fungsi yang telah ditetapkan, yaitu melakukanproses scanning / pembacaan suhu dan waktu, mengatur nyala lampu, melakukanpembalikan otomatis dan juga sistem tetap hidup saat listrik padam walaupunhanya beberapa menit saja.

    Kata kunci : bok penetasan telur, sensor LM35, ATmega 16, motor DC, UPS,dimmer, LCD

  • vi

    LEMBAR PERSEMBAHANLaporan Proyek Akhir ini penulis persembahkan pada :

    1. Tuhan yang Maha Esa yang selalu memberikan rahmat dan hidayah-NYAkepada para hamba-NYA.

    2. Orang tua ku yang telah memberikan segala doa dan semangatnya buat kuuntuk selalu berusaha. Dan trimakasih telah merawat ku hingga sebesar initanpa beliau aku takkan ada disini.

    3. Kakak ku tercinta yang selalu memberikan dukungan baik moril maupunmaterial sehingga membuatku menjadi seseorang yang lebih dewasa.

    4. Seluruh keluarga yang telah memberikan dukungan kepada ku.5. Teman-temanku dirumah yang selalu memberi keceriaan kepadaku, tak

    peduli dalam suka maupun duka.6. Sigit, Ragil, Ito, Sabdo, Arip, Restu, Farid, Abdul, Ucil, Dodo, UJ and

    semua yang tak dapat kusebutkan satu per satu. Thanks for kalian, tanpakalian semua mungkin laporan ini takkan pernah terselesaikan dan buatsemangat canda tawa kalian semua thanks before, after and ever.

    7. Buat adek ku tersayang yang selalu mendukung dan menyemangati ku,untuk terus maju dan berusaha tanpa kenal lelah.

    8. Si Jupe dan Si Mio yang selalu menemani siang malam, tak kenalpanas maupun hujan.

    9. Semua pihak yang telah ikut memberi dukungan kepadaku. Thanks for all

  • vii

    MOTTO

    Sesungguhnya semua urusan (perintah) apabila Allah menghendaki segalasesuatunya,

    Allah hanya berkata Jadi maka jadilah.(Q.S Yaasiin :82)

    Selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan tak lupa selalu bekerja keraskunci untuk mejadi orang yang sukses.

    ( Ricardo Dos Santos KAKA )

    Ilmu Pengetahuan tanpa Agama adalah Pincang.(Albert Einstein)

    Jauhilah hal-hal yang menurutmu tidak penting bagimu,Karena dengan menjauhi hal-hal tidak penting akan mendekatkan mu ke hal yang

    lebih penting..( Mario Teguh )

    Keajaiban akan datang jika kita percaya kalau keajaiban ada.( Hitam Putih )

  • viii

    KATA PENGANTAR

    Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT dan juga junjunganbesar kami Rasulallah Muhammad SAW, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan hasil pekerjaan Tugas Akhir denganjudul Alat Pengatur Lampu dan Pembalik Telur Otomatis Pada Bok PenetasanTelur Berbasis Mikrokontroler ATmega16 dengan UPS (UninterruptiblePower Supply) Sebagai Catu Daya Cadangan setelah sekian lama berpusing-pusing dalam pengerjaannya.

    Tugas Akhir ini disusun untuk memenuhi persyaratan Akademik DiplomaTeknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta untukmemenuhi sebagian persyaratan guna memperoleh Gelar Ahli Madya. Melaluikegiatan ini mahasiswa dapat melihat langsung mengimplementasikan hal-halyang sudah didapat dalam perkuliahan kedalam sebuah bentuk real/produk.

    Dan tak lupa penulis sampaikan penghargaan dan rasa terima kasih kepadasemua pihak yang telah membantu pikiran dan tenaga kepada penulis dalammelaksanakan Tugas akhir dan dalam penyusunan laporan Tugas Akhir inisehingga dapat terselesaikan dengan baik, khususnya kepada :

  • ix

    1. Allah SWT, yang telah memberikan pelajaran-pelajaran hidup danmengajarkan penulis untuk tak lupa berdoa, selalu bekerja keras, ulet, rajindan tak lekas menyerah dengan apa yang akan dihadapi.

    2. Nabi Muhammad SAW, yang telah memberi sauri tauladan kepada seluruhumatnya agar tak pantang menyerah dalam menghadapi situasi apapun.

    3. Orang tua dan keluarga yang telah membesarkan penulis dengan segalakasih sayang. Serta semua yang telah mereka berikan, bantuan yang tidakternilai harganya.

    4. Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, MA selaku Rektor Universitas NegeriYogyakarta.

    5. Dr. Moch. Bruri Triyono, M.Pd selaku Dekan Fakultas Teknik UniversitasNegeri Yogyakarta.

    6. Bapak Muhammad Munir, M.Pd. selaku Ketua Jurusan Pendidikan TeknikElektronika Fakultas Teknik UNY

    7. Bapak Drs. Djoko Santoso. M.Pd selaku Ketua Program Studi dan selakudosen pembimbing Tugas Akhir, yang telah memberikan arahan dannasehat nasehatnya dalam pembuatan proyek akhir ini.

    8. Bapak Achmad Fatchi. M.Pd selaku dosen penguji, terimakasih waktunyatelah menyempatkan untuk menguji.

    9. Ibu Umi Rochayati M.T sebagai sekretaris terimakasih atas koreksilaporannya dan waktu bagi penulis melakukan ujian susulan.

    10. Para Dosen, Teknisi dan Staf Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika yangtelah memberikan bantuan sehingga terselesaikannya proyek akhir ini.

  • x11. Teman-teman seperjuangan ELKA B 08 yang telah membantu gunaterselesainya Tugas Akhir ini.

    12. Untuk adek, terimakasih atas semangat dan dukungannya.13. Untuk semua pihak umumnya yang telah membantu guna terselesainya

    laporan Tugas Akhir ini.Dalam penulisan laporan ini penulis menyadari akan adanya kekurangan-

    kekurangan akibat dari keterbatasan pengetahuan penulis. Untuk itu kamimengharapkan kritik dan saran membangun dari semua pihak agar dapat lebihbaik di masa yang akan datang.

    Dan akhirnya penulis mengharapkan semoga laporan ini bermanfaat bagisemua pihak.

    Yogyakarta, November 2011

    Penulis

  • xi

    DAFTAR ISI

    HalamanHALAMAN JUDUL ......................................................................................... iHALAMAN PERSETUJUAN ........................................................................... iiHALAMAN PENGESAHAN............................................................................ iiiHALAMAN PERNYATAAN ........................................................................... ivABSTRAK ........................................................................................................ vHALAMAN PERSEMBAHAN......................................................................... viMOTTO ............................................................................................................viiKATA PENGANTAR .................................................................................... viiiDAFTAR ISI ..................................................................................................... xiDAFTAR TABEL .......................................................................................... xvDAFTAR GAMBAR...................................................................................... xviiDAFTAR LAMPIRAN................................................................................. xixBAB I PENDAHULUAN .......................................................................... 1

    A. Latar Belakang Masalah.............................................................. 1B. Identifikasi Masalah .................................................................... 3C. Batasan Masalah ......................................................................... 3D. Rumusan Masalah....................................................................... 4E. Tujuan......................................................................................... 4F.