contoh soal uasbn pai 2011

30
Contoh Soal UASBN PAI 2011 P5 DOKUMEN NEGARA SANGAT RAHASIA UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010 LEMBAR SOAL Mata Uji : Pendidikan Agama Islam Tingkat Satuan Pendidikan : SMA dan SMK Program/Jurusan : Semua Program dan Jurusan Kode Soal : P – 5 Satuan Pendidikan : Hari/Tanggal : , Maret 2010 Waktu : 08.00 – 09.00 (90 menit) PETUNJUK UMUM 1. Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (LJUSBN) Pendidikan Agama yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk. 2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUSBN. 3. Jagalah LJUSBN agar tidak rusak, sobek ataupun terlipat. 4. Jumlah soal sebanyak 50 butir dengan 4 (empat) pilihan jawaban.

Upload: miftatomlinson

Post on 30-Jan-2016

341 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

UASBN PAI

TRANSCRIPT

Page 1: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

Contoh Soal UASBN PAI 2011

P5

 DOKUMEN NEGARASANGAT RAHASIA

 

     UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

TAHUN PELAJARAN 2009/2010 

LEMBAR SOAL 

Mata Uji                                      : Pendidikan Agama IslamTingkat Satuan Pendidikan   : SMA dan SMKProgram/Jurusan                     : Semua Program dan JurusanKode Soal                                  : P – 5Satuan Pendidikan                  : Hari/Tanggal                             :              ,   Maret 2010Waktu                                         : 08.00 – 09.00 (90 menit)

PETUNJUK UMUM

 1.    Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (LJUSBN) Pendidikan Agama yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk.2.    Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUSBN.3.    Jagalah LJUSBN agar tidak rusak, sobek ataupun terlipat. 4.    Jumlah soal sebanyak 50 butir dengan 4 (empat) pilihan jawaban.5.    Periksa dan bacalah setiap butir soal sebelum Anda menjawabnya.6.    Pilih jawaban yang benar dengan menghitamkan salah satu bulatan yang tersedia. 7.    Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.8.    Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.9.    Lembar soal tidak boleh dicoret-coret. 10. Setiap bentuk kecurangan adalah pelanggaran. 

***********************     

Page 2: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

          

SOAL-SOAL PILIHAN GANDA 

 1.  Allah SWT akan menciptakan manusia sebagai Khalifah di bumi. Simaklah ayat Al-Qur’an di bawah ini ((Audio No.1)

Potongan ayat yang benar untuk melengkapi ayat diatas, adalah....

            Kunci : C 2.  Perhatikanlah QS. Al-Mukminun : 13 di bawah ini !

   Hukum tajwid yang terdapat pada potongan ayat yang di beri garis di bawahnya, adalah .…     

A. mad thabi’i, idgham bigunnah, dan mad aridl lissukunB. mad thabi’i, idgham bilagunnah, dan mad aridl lissukun

C. mad thabi’i, idgham bigunnah, mad badal dan aridl lissukun

D. mad thabi’i, idgham bigunnah, mad wajib dan aridl lissukun

E. mad badal, idgham bighunnah, mad thabi’i dan aridl lissukun

Kunci : A                          Karena ada fa bertemu dengan ya mati, ada tanwin bertemu dengan                           mim, dan ada mat asli di akhir kalimat3.  Perhatikanlah QS. Al Mukminun : 14 di bawah ini :

Page 3: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

  Arti dari potongan QS. Al-Mukminun : 14 yang di beri garis dibawahnya, adalah. ...

A.   kemudian menjadi segumpal darahB.   maka Kami bungkus dengan dagingC.   lalu kami jadikan daging itu tulang belulangD.   Maha suci Allah pencipta yang paling baikE.   kemudian Kami jadikan ia makhluk yang lainKunci : E 4.    Allah SWT telah menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi. Ia diberi segala potensi agar dapat memelihara, memproses dan memanfaatkan dunia ini untuk kepentingan diri, keluarga dan seluruh umat manusia. Hal ini melahirkan berbagai macam status dan kedudukan, salah satunya adalah  sebagai seorang pelajar. Tugas utama yang patut  dikerjakan  sebagai pelajar  adalah....

A. belajar, bekerja dan berdoa secara maksimal B. membantu dan meringankan tugas orang tua

C. banyak membantu orang yang membutuhkan

D. menguasai segala bentuk ilmu pengetahuan

E. memiliki segala macam bentuk ketrampilan

Kunci : A                        Belajar, bekerja dan doa merupakan ikhtiyar yang padu.5.    Simaklah baik-baik  ayat Al-Qur’an di bawah ini ! ((audio no. 2)

Potongan ayat untuk melengkapi titik-titik pada QS Ali-Imran:159 di atas, adalah.... z

Kunci : E 6.      Simaklah QS. Asy-Syura : 38 dibawah ini ! ( Audio no.3)Surat tersebut mempunyai arti dibawah ini, manakah diantara arti ayat tersebut yang paling tepat.... 1)    dan mereka menafkahkan sebagian rezeki2)    yang Kami berikan kepada mereka. (Q.S. Asy-Syura: 38)3)    sedang urusan mereka ( diputuskan) dengan musyawarah antara mereka4)    dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya  

Page 4: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

5)    dan mendirikan salat  Rangkaian terjema’ahan QS. Asy-Syura : 38 di atas, yang benar, adalah .... ... .A.   nomor 4, 5, 3, 1, 2B.   nomor 1, 2, 3, 4, 5C.   nomor 5, 4, 3, 2, 1D.   nomor 4, 5, 1, 2, 3E.   nomor 4, 3, 2, 1, 5Kunci : A 7.     Bermusyawarah dengan baik dan benar merupakan modal dasar dalam memelihara dan mengembangkan ajaran Islam. Ajaran Islam melarang bermusyawarah dengan kekerasan, karena itulah prinsip musyawarah dalam Islam sangat penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini yang termasuk contoh perilaku mengutamakan musyawarah, adalah ….A.     hanya mau mendengarkan pendapat orang yang dekatB.     mengabaikan argumentasi yang dipaparkan lawan bicaraC.     bersikukuh dengan pendapat sendiri sekalipun tidak benarD.     suka menghargai pendapat orang dalam musyawarahE.     memilih melakukan voting dalam setiap keputusan Kunci : D            Salah satu dari etika dalam musyawarah adalah menghargai dan             memperhatikan pembicaraan orang lain. 8.         Perhatikanlah bacaan QS. Yunus :101, dibawah ini !

Potongan ayat yang benar, adalah ... .

Kunci : E 9.         Perhatikanlah tayangan vidio ini (vidio 1)Vidio tersebut sesuai dengan bacaan Q.S Al-Baqarah ayat 164, yang mempunyai arti dibawah ini ...A.   dan silih bergantinya malam dan siang dalam kehidupan B.   sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi C.   bahtera yang berlayar di laut membawa yang berguna D.   dan Allah menurunkan segala bentuk kehidupanE.   dia-lah Allah dzat yang Maha Menghidupkan bumiKunci : B

Page 5: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

 10. Dalam QS. Yunus : 101, Allah SWT memerintahkan para Nabi untuk menyeru kepada umat manusia agar bekerja keras dan berfikir tentang apa yang telah diciptakan Allah SWT. Terutama tentang penciptaan langit dan bumi, yang semata-mata untuk menambah keyakinan dan keimanannya akan segala kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.Sikap yang sesuai dengan kandungan QS. Yunus :101, adalah ... .A.     mendalami salah satu bidang ilmu pengetahuan yang yang sesuai dengan minatB.     memperbanyak membaca buku dan melakukan penelitian-penelitianC.     aktif dalam kajian ilmu pengetahuan alam semesta dan kajian ilmiahD.     bersikap kritis dan mendalami pengetahuan alam sehingga yakin kepada AllahE.     aktif dalam berbagai macam oraganisasi keilmuan dan lingkungan alamKunci : D           Sesuai dengan ayat alqur’an, tentang perintah berfikir kritis11. Mengimani keberadaan Allah SWT merupakan sesuatu yang paling mendasar dalam aqidah Islamiyah. Oleh karena itu, setiap muslim wajib memahami dan menghayati sifat-sifat Allah SWT dalam Al Asma’ul Husna dengan baik dan benar. Salah satu Al Asma’ul Husna adalah اللطيف (Al Lathiif) yang berarti ... .A.  Maha KuasaB.  Maha GagahC. Maha LembutD. Maha PengampunE.  Maha PemberiKunci : C 12. Dalam QS. Al-Baqarah : 177 telah dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan kebajikan itu adalah beriman kepada Allah, kepada Malaikat dan beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT.Berikut ini yang tidak termasuk hikmah beriman kepada malaikat, adalah .... ... .

A.  terhindar dari sikap iri hati dan sombong B.  malaikat bertugas mengawasi sikap manusia C.  menghindari keinginan untuk melakukan dosaD.  mengingat akan adanya balasan dari Allah SWTE.  memperkuat keimanan kepada Allah dan malaikatKunci : B            Malaikat bertugas mengawasi manusia itu, tidak termasuk hikmah beriman kepada malaikat (tugas dan peran manusia)13. Al-Qur’an merupakan wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril yang menjadi pedoman hidup untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Salah satu bukti bahwa Al-Qur’an benar-benar merupakan wahyu Allah SWT, adalah ....A.     diterbitkan dalam bentuk kitab yang lengkapB.     tersebar keseluruh penjuru negara di duniaC.     diterjema’ahkan kedalam berbagai bahasaD.     terpelihara dari berbagai pemalsuan dan kesalahanE.     dialih bahasakan kedalam berbagai bahasa di duniaKunci : D 14.  Umat manusia wajib beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT karena Kitab-kitab tersebut memiliki fungsi sebagai pedoman hidup, baik untuk diri sendiri, bermasyarakat,  berbangsa dan bernegara. Adapun hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT dalam kehidupan pribadi, adalah … .

Page 6: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

A. terus melakukan kajian yang menyeluruh terhadap isi kitab Allah SWTB. selalu diadakan kajian  sesuai dengan nalar dan rasio umat manusia

C. menjadikan kitab suci sebagai asas berpikir, berperilaku dan bertindak

D. selalu dipahami sesuai asas kemanfaatan, keinginan diri, dan tafsir hak asasi

E. didekati sesuai kaedah dan metode yang telah disepakati Ulama Jazirah Arab 

Kunci : C15.  Islam mengajarkan bahwa semua Rasul pada dasarnya adalah utusan Allah SWT. Keyakinan kepada Rasul-rasul Allah SWT mengandung arti, adalah ....A.     meyakini dan mengimani keberadaannyaB.     meyakini dan ikut mengamalkan ajarannyaC.    meyakini dan sekaligus menjadi pengikutnyaD.    meyakini bahwa ajarannya masih murni E.     meyakini bahwa ajarannya masih berlaku Kunci : B 16.  Allah SWT mengutus seorang Nabi dan Rasul yang berasal dari jenis manusia, sehingga memiliki kebiasaan yang sama, misalnya makan, minum, tidur, berumah tangga, mempunyai kerabat dan handai taulan. Hal ini menunjukkan, bahwa ... . A.   para Nabi dan Rasul merupakan hamba Allah SWTB.   beriman kepada Rasul Allah SWT meyakini adanya C.   Rasul yang wajib diketahui oleh seorang muslim ada 25  D.   semua Rasul mengajarkan tentang tauhid kepada Allah SWTE.   Allah SWT mengutus para Rasul sebagai pembawa khabar Kunci : A 17.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !1)    bertindak penuh tanggung jawab2)    berserah diri kepada nasibnya sendiri3)    berusaha untuk kepentingan dirinya sendiri4)    senantiasa berpandangan hidup secara optimis5)    melaksanakan kehidupan yang baik di masyarakatPernyataan yang termasuk tanda-tanda beriman kepada Hari Akhir, adalah ... .   A.   1, 2, dan 3B.   2, 3 dan 4C.   3, 4, dan 5D.   1, 3 dan 5E.   1, 4 dan 5Kunci : E 18.  Beriman kepada Hari Akhir  merupakan rukun  Islam yang ke lima. Setiap muslim wajib beriman kepada adanya Hari Akhir. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk perilaku sebagai pencerminan keimanan terhadap Hari Akhir, adalah ... A.   rajin mengikuti kegiatan kepemudaanB.   berbuat baik terhadap tetangga sekitarC.   berbicara dengan baik atau diamD.   senantiasa beriman dan beramal salehE.   menyantuni dan memelihara anak yatim

Page 7: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

           Kunci : D                      Senantiasa beriman dan beramal tidak termasuk perilaku iman pada hari akhir19. Al-Qur’an telah menggambarkan kiamat dengan begitu dahsyat. matahari dan bulan bertabrakan, gunung-gunung hancur, langit terbelah, bumi digoncangkan dan mengeluarkan segala isinya, air laut meluap, angin bertiup sekencang-kencangnya dan gunung-gunung beterbangan, semua gedung hancur, manusia dan binatang berhamburan tak tentu arah, karena tidak ada tempat berlindung. Berikut ini yang tidak termasuk hikmah beriman kepada Hari Akhir, adalah ....

A. meyakini segala sesuatu di dunia ini pasti binasaB. meyakini alam ini beserta isinya pasti akan hancur

C. meyakini segala sesuatu pasti binasa kecuali Allah SWT

D. meyakini bahwa alam, manusia dan binatang semua binasa

E. meyakini segala sesuatu yang pasti binasa kecuali Malaikat

Kunci : C 20. Perhatikan tayangan vidio ini adalah merupakan usaha sesuai dengan kemampuan masing-masing. ( Vidio 2) Apabila seseorang telah berusaha dan berdo’a kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh, maka yang dapat dilakukan selanjutnya adalah ....

A. menunggu saja takdir dari Allah SWTB. senantiasa tawakkal atas hasil usahanya

C. ikhtiar lahir dan batin secara terpadu

D. yakin bahwa Allah SWT akan menghargai

E. menyerahkan nasib dan keberuntungannya

            Kunci : B 21. Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini !1)     dicintai oleh Allah SWT 2)     disenangi oleh semua makhluk3)     dianugerahi ketentraman hidup4)     usahanya tidak pernah gagal5)     dianugerahi rezeki yang memadaiPernyataan yang termasuk hikmah beriman kepada qadha dan qadar berdasarkan Al-Qur’an adalah ....A.   1, 2, dan 3B.   2, 3 dan 4C.   3, 4, dan 5D.   1, 3 dan 5E.   2, 3,dan 5Kunci : A 22. Seorang anak mendapat musibah yaitu wafatnya orang tua tercinta. Dengan wafat orang tuanya itu, ia menjerit-jerit secara histeris bahkan sampai jatuh pingsan  tidak sadarkan diri. Dia tidak mempedulikan nasehat dari keluarga nya juga orang-orang yang datang melayat

Page 8: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

agar dia tetap tabah, bersabar dan tawakal dalam menghadapi musibah ini. Peristiwa  wafat tersebut dalam pandangan agama Islam, disebut ....A.                   qudratullahB.                   takdir mahrumC.                   takdir mafhumD.                   takdir mubramE.                   takdir muallaq            Kunci : D 23. Perhatikan beberapa pernyataan di bawah ini !1)    Ahmad yang selalu optimis bahwa ia akan lulus ujian karena kasih sayang Allah2)    Prita yang selalu berdoa karena Allah akan mengabulkan doanya3)    Imran merasa bahwa kerjanya sudah maksimal tapi ternyata belum mendapatkan  hasil yang sempurna4)    Abd Rojak yang dalam kehidupannya tidak yakin Allah SWT akan menolong dia, karena dia bodoh dan miskin5)    Mimin yang sudah mulai bosan berdoa, karena cita-citanya selalu tidak tercapaiDari pernyataan diatas, yang termasuk perilaku husnuzzhan terhadap Allah, adalah ....A.   1 dan 2B.   1 dan 3C.   1 dan 4D.   1 dan 5E.   2 dan 5Kunci : A24. Perhatikan dengan cermat contoh sikap dan perilaku orang-orang di bawah ini !1). Muhaimin selalu mengatakan bahwa orang-orang  sekarang sulit dipercaya, karena hanya mementingkan dirinya sendiri2). Syarifudin menganggap bahwa lembaga kehakiman sudah tidak bersih lagi, karena adanya korupsi dan jual beli perkara3). Mintarsih sering menceritakan tentang amal ibadahnya  kepada  orang lain, sehingga orang menganggap dia membutuhkan pujian4).  Nurhasnah kalau dia bercerita  pasti menarik dan memukau orang karena gayanya yang khas seperti pendongeng5). Abdullah adalah, orang yang selalu memandang orang dari segi positifnya, tanpa ada rasa curiga meskipun  orang lain berbuat  jahat pada dirinya Dari pernyataan di atas, yang bersikap husnuzzhan terhadap sesama, adalah ....A.   MuhaiminB.   SyarifudinC.   MintarsihD.   NurhasanahE.   AbdullahKunci : E 25. Maman bertaubat dengan cara menyesali dan tidak lagi mengulangi perbuatannya. Mahmudin bertaubat dengan cara menangis, memukuli tubuhnya dan mengasingkan diri. Sofyan bertobat dengan cara melakukan shalat sunnat sepanjang malam dan kemudian berdoa.  Aisyah bertaubat dengan cara beristigfar, menyesali segala perbutan dosanya dan berjanji untuk tidak mengulanginya. Sedangkan Fauziah bertaubat dengan cara menutup diri dan menjauhkan diri dari keramaian dunia. Kelima orang tersebut yang melakukan taubat dengan benar, adalah ....

Page 9: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

A.     MamanB.     MahmudinC.     AisyahD.     SofyanE.     Fauziyah        Kunci : C        Aisyah bertaubat dengan cara beristigfar, menyesali segala perbutan dosanya dan berjanji untuk tidak mengulanginya adalah perbuatan yang sesuai dengan tuntunan    atau yang di contohkan oleh Rasul26. Mamat anak yang suka minta maaf atau mohon ampun apabila bersalah, Jajang berusaha mengingat kesalahan atau perbuatan dosanya yang telah diperbuatnya dimasa lalu, Sabrina sering menangis sampai meneteskan air matanya karena takut atas azab dan siksa Allah SWT diakhirat kelak. Dari cerita tersebut, menggambarkan bahwa mereka terbiasa berperilaku ….A.     qana’ahB.     bersyukurC.     bersabarD.     bertawakalE.     bertaubatKunci : E27. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan di bawah ini !1).  Berharap mendapatkan yang terbaik dari hasil usahanya2).  Bermuka masam karena keinginannya tidak terpenuhi3).  Malu mengakui keberadaan orang tuanya karena miskin 4).  Berharap dapat meningkatkan prestasi belajarnya dengan baik5).  Mendo’akan kedua orang tuanya dengan sungguh-sungguh      Dari pernyataan diatas, yang termasuk perilaku raja’, adalah ....A.   1, 3, 5                                                 D. 1, 4, 5B.   2, 3, 4                                                 E. 2, 4, 5C.   1, 2, 5Kunci : D 28. Perhatikan gambar ini ( Image no 1) adalah merupakan taubat memohon ampun kepada Allah atas kesalahan yang dilakukan. Sedangkan raja adalah... .A.     berharap mendapatkan kebaikan dari AllahB.     menyesali segala perbuatan salah dan dosaC.     berjanji tidak mengulangi perbuatan dosaD.     memohon untuk dikabulkan segala do’anyaE.     senantiasa berserah diri hanya kepada Allah SWT

  Kunci : C

29. Ahmad berwudhu dengan menggunakan air secukupnya dan Maksum membelanjakan uang jajannya dengan seperlunya, bahkan dapat menabung di Sekolahnya. Sedangkan Salam memberitahukan kepada temannya, agar menggunakan segala karunia Allah SWT tidak berlebihan. Sikap tersebut, adalah untuk mencegah perbuatan ….A.                                                                           tabzirB.                                                                           fitnahC.                                                                           syirikD.                                                                           israfE.                                                                           ghibah      Kunci : E

Page 10: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

 30. Ibu Saidah, tetangga sebelah rumah tidak pernah memberikan makanan kepada tetangga dekatnya, Pak Bejo biasanya membuang makanannya ketempat sampah, sedangkan Pak Ramli apabila membeli barang kebutuhan pokoknya melebihi dari yang dibutuhkannya, sehingga banyak yang terbuang. Perbuatan demikian, disebut ….A.                                                                   kikirB.                                                                   tabzirC.                                                                   syirikD.                                                                   isyrafE.                                                                   fitnahKunci : B 31. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !      1).  Anggun menuduh orang tanpa bukti      2).  Maya suka menyuruh orang untuk beramal      3).  Hamidah suka menerima nasihat orang lain     4).   Rabiah suka mengatakan yang sebenarnya     5).   Salbiah suka menyebarkan kejelekan orang lain

Dari pernyataan di atas yang melakukan fitnah, adalah ….A.   Anggun dan MayaB.   Anggun dan HamidahC.   Anggun dan RabiahD.   Anggun dan SalbiahE.   Maya dan SalbiahKunci : C32. Perintah shalat dalam Al-Qur’an diterangkan secara global. Kaifiat yang rinci dijelaskan oleh Hadits. Hal ini menunjukkan fungsi hadits terhadap Al-Qur’an sebagai... .A.     Taklifi B.     TafshiliC.     TahkimD.     TarjihE.     Taukid   Kunci : B33. Islam banyak menggariskan ketentuan umum (global) dalam aspek sosial kemasyarakatan dan tata kelola negara. Hal ini menjadikan Islam dapat terus memandu perkembangan zaman. Sumber  Hukum  Islam selain Al-Qur’an dan Hadits adalah Ijtihad, sedangkan Ijtihad tersebut dilakukan oleh para ulama, apabila ....A.   orang-orang  Islam sudah tidak mempedulikan ajaran Islam lagiB.   timbul masalah yang baru dan belum jelas status hukumnyaC.   dalam masyarakat tidak ada masalah yang susah dipecahkanD.   semangat orang Islam untuk berjuang membela agama rendahE.   kehidupan orang Islam selalu tertindas karena peperanganKunci : B 34. Perhatikan gambar dibawah ini (image 1), Merupakan suatu  transaksi   jual beli dianggap sah apabila telah memenuhi syarat dan rukunnya. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk syarat jual beli, adalah ....

A. yang diperjualbelikan adalah barang yang suci B. alat tukar yang digunakan dan harga yang jelas

Page 11: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

C. barang yang diperjualbelikan ada manfaatnya

D. penjual dan pembeli sudah baligh dan berakal

E. jual beli harus menguntungkan para pedagang

Kunci : E 35. Di sebabkan kesulitan modal, seseorang dapat meminjam uang dengan perjanjian memberikan tambahan tertentu pada waktu pengembaliannya. Usahanya  berjalan lancar, tapi keuntungannya habis digunakan untuk mengembalikan pinjaman sesuai perjanjian, akibatnya kesulitannya tidak teratasi. Hal ini disebabkan faktor ....A.    praktik riba dalam usahanyaB.    usahanya tidak maksimalC.    salah kelola dalam usahaD.    keuntungan habis dikonsumsiE.    sering ditipu oleh pembeli       Kunci : A36. Ajaran Islam tidak melarang suatu transaksi ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, dan  Islam juga tidak melarang dilakukannya syirkah, baik syirkah inan maupun syirkah abdan. Perbedaan syirkah inan dengan syirkah abdan, adalah ....A.   syirkah inan adalah persyerikatan dalam urusan harta, sementara syirkah abdan adalah persyarikatan dalam hal pekerjaan.B.   syirkah inan adalah persyerikatan dalam urusan pekerjaan, sementara syirkah abdan adalah persyarikatan dalam hal harta.C.   syirkah inan dilakukan dengan ikatan perjanjian, sementara syirkah abdan tidak.D.   syirkah inan dilakukan bila sama-sama mempunyai modal yang sangat banyak, sedangkan syirkah abdan dilakukan dengan modal yang sedikit.E.   syirkah inan bergerak dalam bidang usaha barang, sedangkan syirkah abdan bergerak dalam bidang jasa.Kunci : A 37. Praktik transaksi ekonomi semakin beragam sesuai dengan perubahan dan perkembangan zaman. Agar tidak menimbulkan sifat egois dan menyimpang dari ajaran Islam, ada azas perekonomian yang menjadi salah satu rambu-rambu transaksi ekonomi menurut syari’at Islam, yaitu ....A.     para pemilik modal harus membuka usaha bersama demi keuntunganB.     dengan modal yang kecil diusahakan mendapatkan keuntungan yang besarC.     transaksi ekonomi dilakukan berdasarkan prinsip tolong-menolong dan adilD.     bila ada unsur barang haram harus  diinfakkan untuk menjaga perekonomianE.     semua transaksi ekonomi harus dicantumkan perjanjian dalam hal pembiayaanKunci : C 38. Pernikahan merupakan ikatan suci. Sebab itu, hubungan antara kedua lawan jenis sebelum pernikahan, juga memiliki aturan tersendiri, tidak seperti layaknya binatang. Pernikahan dianggap sah apabila telah memenuhi syarat dan rukun yang telah ditetapkan dalam syari’at Islam. Berikut ini yang tidak termasuk rukun nikah adalah ... .A.  pengantin laki-lakiB.  pengantin perempuanC.  petugas dari KUAD.  dua orang saksi yang adil

Page 12: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

E.  wali dan ijab kabulKunci : A 39. Perhatikan gambar dibawah ini (image 2) adalah merupakan gambar seorang laki laki haram menikah dengan wanita sepersusuannya. Berikut ini yang tidak termasuk muhrim dalam hubungan sepersusuan, adalah ....A. peremuan yang menyusuinyaB. dengan saudara perempuannyaC.ibu dari wanita yang menyusuinyaD.anak perempuan dari wanita yang menyusuinyaE. saudara perempuan dari wanita yang menyusuinyaKunci : B 40. Talak  yang  menyebabkan hilangnya hak seorang suami untuk rujuk dengan istrinya; sehingga harus mengadakan akad baru, setelah istrinya menikah dengan orang lain atau laki-laki yang lain. Talak yang demikian, disebut ....A.   talak satu                                                      B.   talak duaC.   talak raj’i                                                       D.   talak bain sugraE.   talak bain kubraKunci : E 41. Menikah  itu merupakan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya, karena dengan menikah akan memperoleh berbagai hikmah dan manfa’at yang tak terhingga. Di bawah ini yang tidak termasuk hikmah pernikahan, adalah ....A.   menentramkan batin sajaB.   menjauhkan diri dari perbuatan maksiatC.   memperluas tali silaturahmiD.   memenuhi kebutuhan jasmaniE.   melahirkan generasi penerusKunci : D 42. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !1.   Mengeluarkan zakat2.   Menentukan ahli waris3.   Melaksanakan wasiat4.   Membayar hutang5.   Menyisihkan untuk anak angkat6.   Membayar biaya pengurusan jenazahDari pernyataan di atas yang termasuk hak hak yang harus dilaksanakan oleh ahli waris sebelum harta waris (tirkah) dibagikan kepada ahli waris, adalah….A.   1,3,5 dan 6B.   1,2,3 dan 5C.   1,2,4 dan 6D.   1,2,4 dan 5E.   1,3,4 dan 6Kunci : E 

Page 13: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

43. Ahmad adalah putra almarhum Bapak Haji Imron, karena itu Ahmad berhak memperoleh harta warisan, akan tetapi Ahmad dapat saja terhalang untuk mendapatkan harta warisan dari ayahnya itu. Hal yang bisa menyebabkan Ahmad tidak mendapatkan harta waris, adalah ....A.  tidak menganut agama IslamB.  senantiasa berbuat maksiatC.  telah membunuh ibu kandungnyaD.  tidak ada di rumah karena merantauE.  sring menyakiti kedua orang tuanya Kunci : C 44. Ibu Hj Salimah wafat dengan meninggalkan harta warisan. Setelah dikeluarkan hak-haknya, seperti membayar utang, zakat dan wasiat, harta waris tersebut tinggal yang tersisa berjumlah Rp 12.000.000,- Ahli warisnya terdiri dari dua orang anak laki-laki sekandung, dua orang anak perempuan , dan suami. Bagian yang diterima seorang anak perempuan adalah ... .A.   Rp  1.000.000,- B.   Rp. 1.500.000,-C.   Rp. 4.000.000,-D.   Rp. 6.000.000,-E.   Rp. 8.000.000,-Kunci : C 45. Keluarga   Haji Achmad telah melakukan pembagian warisan sesuai ketentuan hukum Islam, sehingga semua pihak dapat menerima dengan ikhlas dan penuh kepuasan. Waris berdasarkan ketentuan ndon Islam banyak sekali hikmahnya. Pernyataan dibawah ini, yang tidak termasuk hikmah pembagian waris, adalah ….A.  memelihara kelanjutan harta benda dari satu generasi kepada generasi lainB.  membawa keteraturan dan ketertiban dalam pengurusan harta bendaC.  timbulnya perpecahan keluarga akibat pembagian yang tidak adilD.  memelihara harta peninggalan dengan baik dan menjadi amal jariyahE.  memperhatikan anak yatim karena terjamin oleh peninggalan orang tuanyaKunci : C 46. Perhatikan tayangan vidio ini (vidio 3) adalah merupakani cara telah di lakukan oleh Rasulullah SAW dan para Sahabat-Nya untuk mengajak penduduk Makkah memeluk Islam, namun sedikit sekali yang mengikuti ajakan tersebut. Strategi dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah, adalah ....A.     keteladananB.     kekuatannyaC.     kekayaannyaD.     kedermawannyaE.     kewibawaannyaKunci : A 47. Perhatikan pernyataan-pernyataan, dibawah ini !1)  Ajaran dalam Islam tidak memberatkan2)  Da’wah Islam dilakukan dengan bijaksana3)  Adanya dukungan dari raja-raja Hindu di Nusantara4)  Untuk masuk Islam mudah, tidak dengan upacara khusus5)  Kesuburan wilayah Nusantara dan letaknya yang strategis6)  Dukungan raja-raja yang telah lebih dulu masuk Islam

Page 14: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

 Faktor-faktor yang membuat Islam mudah diterima dan berkembang dengan cepat di Nusantara, adalah ....A.     nomor 1, 2, 3 dan 5B.     nomor 1, 2, 3 dan 6C.     nomor 1, 2, 4 dan 5D.     nomor 1, 3, 4 dan 5E.     nomor 1, 2, 4 dan 6               Kunci : E 48. Mempelajari sejarah perkembangan Islam di Indonesia banyak mendatangkan hikmah. Berikut ini adalah hikmah perkembangan Islam di Indonesia, kecuali….A.  mengajarkan ajaran tentang persamaan derajat B.  memperkuat rasa nasionalisme IndonesiaC.  menciptakan rasa persaudaraan antar sukuD.  mendorong rakyat ndonesia bersikap rasionalE.  menciptakan persaingan antar suku di NusantaraKunci : E 49. Sebuah kota di Eropa yang dijadikan pusat penerbitan majalah Al-Urwatul Wusqo pada tahun 1844 oleh Bapak Kebangkitan Islam, Jamalluddin al-Afghany (1839-1897) adalah....A.     AndalusiaB.     ParisC.     RomaD.     LondonE.    Den HaagKunci : C 50. Manakah pernyataan berikut ini yang merupakan hikmah perkembangan Islam di dunia ?A.  Melahirkan kelompok radikal dalam umat Islam

B.  Menjadi penyebab runtuhnya komunisme di dunia

C. Menjadi perekat persatuan semua negara di dunia

D. Menumbuhkan permusuhan dengan negara Barat

E.  Membuktikan Islam sebagai rahmatan lil’alamin

Kunci : B

 

***

Page 15: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

21. Seorang muslim yang hidupnya dilandasi dengan keimanan yang benar terhadap qada dan qadar, maka akan menjadikan hidupnya menjadi orang yang ... .A. adil dan jujurB. disiplin dan kreatifC. sabar dan tawakkalD. penuh toleransi E. dermawan dan sederhana

22. Perhatikan pernyataan berikut !1). Ingin pandai maka harus belajar2). Kelahiran seseorang merupakan ketentuan Allah SWT3). Seseorang yang ingin kaya maka dia harus giat bekerja4). Ajal seseorang sudah ditetapkan oleh Allah SWT5). Kesuksesan seseorang tergantung pada usaha yang dia lakukan6). Jenis kelamin laki-laki maupun perempuan merupakan ketentuan dari Allah SWTDari pernyataan tersebut, yang merupakan contoh takdir mu’allaq adalah ... .A. 1), 2) dan 3) B. 1), 3) dan 5) C. 2), 4) dan 6) D. 3), 4) dan 5)E. 4), 5) dan 6)

23. Pada bulan November 2010 gunung merapi meletus dan banyak menelan korban termasuk keluarga Pak Shaleh, walaupun keluarganya jadi korban dia tetap rajin shalat karena menganggap bencana tersebut merupakan peringatan dari Allah terhadap ulah manusia. Hal tersebut menunjukkan bahwa Pak Shaleh memiliki sikap … . A. sabarB. ikhlas C. suudzan D. husnudzanE. tawakal

24. Lathifah dan Hanifah adalah dua orang sahabat, Lathifah dilahirkan dari keluarga kaya, sedangkan Hanifah dari keluarga dhuafa’. Walaupun begitu Lathifah tidak malu bersahabat dengan Hanifah dan tidak pernah berfikir bahwa temannya itu mau bersahabat hanya karena kekayaannya. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Lathifah memiliki sifat ... .A. sabarB. ikhlasC. tawakkal

Page 16: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

D. istiqomahE. husnuzan

25. Dalam kehidupan ini kita banyak menyaksikan perbuatan tercela seperti kekerasan dalam rumah tangga, perzinaan, pembunuhan, dan korupsi. Orang-orang yang melakukan perbuatan tercela atau perbuatan dosa pasti akan mendapat balasan dari Allah SWT. Mereka tidak akan memperoleh ketenangan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Meskipun memiliki banyak harta namun tidak akan memberikan manfaat dalam hidupnya. Satu-satunya cara untuk mendapatkan kebahagiaan dan ampunan Allah SWT ialah dengan bertaubat dengan cara ... .A. menyesali perbuatan, memohon ampunan, menutup dengan perbuatan baikB. menjalani hukuman, tidak akan mengulangi, mohon ampunan pada Allah SWTC. memohon ampunan, menjaga diri dari dosa, memperbanyak amal salehD. sholat taubat, berusaha berbuat baik, meninggalkan perbuatan burukE. memohon ampunan, menjalani hukuman, memperbaiki perilaku yang buruk

26. Perhatikanlah pernyataan berikut ini!1). Selalu menjaga pola hidup serba boleh2). Mengembangkan perilaku akhlakul karimah3). Senantiasa melakukan puasa senin kamis4). Sangat menghargai dan menghormati orang tua5). Selalu berfikir ulang apabila akan berbuat maksiatPernyataan di atas yang termasuk kebiasaan berperilaku taubat adalah nomor ... .A. 1), 2) dan 4)B. 2), 3) dan 4)C. 1), 4) dan 5)D. 2), 3) dan 5)E. 1), 3) dan 5)

27. Seorang mukmin jika selalu bersikap raja’ maka dalam kehidupannya akan selalu mendapatkan … .A. kesenangan duniawi tanpa ukhrowiB. semangat hidup untuk majuC. sikap pesimis yang menjerumuskanD. ketenteraman dan kedamaianE. semangat untuk persaingan

28. Pak Karto adalah seorang pengusaha rental mobil yang sukses, tetapi pada suatu saat ia mengalami kegagalan ada yang mengalami kecelakaan dan ada mobil yang di bawa pergi orang. Dengan kondisi ini ia mengalami kebingungan dan akhirnya putus asa. Peristiwa tersebut

Page 17: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

menunjukkan bahwa Pak Karto tidak memiliki sikap ... .A. syukurB. ikhlasC. raja’D. tawadhuE. khauf

29. Sintya adalah seorang siswi sekolah lanjutan tingkat atas. Dia anak orang kaya, hingga dalam berpakaian dan berhias selalu tampak berlebihan. Dari penampilannya membuat dirinya tidak disukai teman-temannya karena berpakaian dan berhias secara berlebihan akan membuat seseorang ... .A. dicela oleh orang lainB. lebih menarikC. lebih cantikD. lebih percaya diriE. dikucilkan orang lain

30. Bu Karmila, tetangga sebelah rumah Amat jarang memberikan kue atau makanan kepada tetangganya. Pak Bejo biasa membuang makanan yang sudah hampir busuk ke tempat sampahnya. Pak Kamli kalau membeli barang-barang kebutuhan pokoknya melebihi yang dia butuhkan, sehinga banyak yang terbuang. Akibat perbuatannya mereka pantas disebut orang kikir dan orang yang suka menghambur-hamburkan hartanya.Dibawah ini termasuk cara menghindari perilaku tabzir, kecuali ….A. suka berderma kepada tetanggaB. berbelanja sesuai dengan kebutuhanC. membiasakan hidup cermat dan hematD. membiasakan hidup menabungE. berbelanja sesuai dengan kemauan

31. Pak Ahmad membeli motor baru dari uang hasil panen sawahnya. Pak Tono merasa iri, dan mengatakan pada tetangganya kalau uang yang dipakai Pak Ahmad membeli motor adalah uang hasil menipu sehingga para tetangga menganggap Pak Ahmad seorang penipu, perbuatan Pak Tono menyebarkan berita bohong tersebut termasuk perbuatan … .A. hasad B. fitnahC. nifak D. ghibah E. riya'

32. Al Qur’an, Al Hadits dan Ijtihad merupakan sumber hukum Islam yang masing-masing memiliki kedudukan penting dalam kehidupan umat Islam. Salah satu kedudukan Al Qur’an dalam sistem hukum Islam ialah sebagai ... .A. pedoman hidup umat IslamB. pelengkap terhadap syari’at IslamC. penuntun dalam pelaksanaan ibadah

Page 18: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

D. pembanding terhadap masalah hukumE. hukum dasar agama Islam

33. Transplantasi atau cangkok organ tubuh manusia sudah sering dilakukan dalam ilmu kedokteran seperti cangkok kornea mata, yang diambil dari donor orang yang sudah meninggal. Menurut Islam, merusak tubuh mayat merupakan perbuatan yang dilarang, namun demikian para ulama membolehkannya karena sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Kesepakatan ulama ini menjadi dasar hukum yang bersumber pada ... .A. ijtihadB. istihsanC. ijma’D. qiyasE. maslahah.

34. Menabung di bank konvensional apabila dilihat dari adanya riba dalam hukum taklifi termasuk … .A. al-ijabB. an-nadbC. at-tahrimD. al-ibahahE. al-karaha

35. Pak Hasan adalah seorang pedagang kambing, ia akan menjual kambingnya ke pasar dengan harga Rp.1.250.000,- Setelah sampai di pasar para pembeli sudah pulang, sehingga ia tidak jadi menjual kambingnya. Dari peristiwa di atas menunjukkan bahwa proses jual beli tersebut belum dapat berlangsung karena ada rukun jual beli yang belum terpenuhi yaitu ... .A. akad dan pembeliB. penjual dan pembeliC. barang yang dijual belikan dan pembeliD. akad dan barang yang dijualbelikanE. waktu dan tempat jual beli serta akad

36. Seseorang membeli suatu barang, ia belum menerima barang tersebut dari penjualnya. Penjual dan pembeli tersebut berpisah sebelum serah terima barang itu. Jual beli tersebut dinamakan ... .A. ijonB. khiyarC. takafulD. riba yadE. syirkah

37. Badan usaha yang anggotanya terdiri dari beberapa orang, masing-masing memiliki saham dan berhak mendapat keuntungan maupun kerugiannya. Kerjasama demikian dinamakan … .A. wadi'ahB. mudharabah

Page 19: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

C. mukharabahD. syirkah 'abdanE. syirkah 'inan

38. Berikut ini yang termasuk rukun pernikahan adalah ... .A. Petugas Pencatat Nikah KUA B. calon mempelai perempunanC. ayah calon mempelai laki-lakiD. keluarga calon pengantin laki-lakiE. umur calon mempelai perempuan minimal 17 tahun

39. Sebelum prosesi pernikahan dilaksanakan, terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak (calon suami dan istri). Ketentuan tersebut adalah syarat sah pernikahan. Hal ini dimaksudkan bahwa dalam ajaran Islam, tidak semua wanita boleh dinikahi. Manakah kasus berikut yang termasuk pernikahan yang dilarang?A. Abdullah menikah dengan saudara sepersusuannyaB. Harun menikah dengan saudara sepupu dari BapaknyaC. Ahmad menikahi adik iparnya setelah isterinya meninggalD. Mahmud menikah dengan pembantu orangtuanyaE. Ibrahim menikah dengan seseorang yang usianya lebih tua

40. Perceraian merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Namun demikian perceraian dapat ditempuh sebagai jalan terakhir untuk mengatasi masalah keluarga yang memerlukan jalan keluar dengan cerai atau talak. Apabila seorang suami menjatuhkan talak pada isterinya yang sedang hamil, maka iddahnya ... .A. empat bulan sepuluh hariB. tiga kali suci atau tiga kali kotorC. sampai melahirkan bayinyaD. tidak ada masa iddahE. tiga bulan penuh.

41. Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini!1). Dicatatkan oleh Pejabat Pencatan Nikah2). Bila tidak dicatatkan, tidak memiliki kekuatan hukum3). Memiliki pengahasilan yang cukup untuk memberi nafkah4). Berusia 19 tahun untuk laki-laki dan 16 tahun untuk perempuan5). Mendapat izin dari atasan bila calon pengantin seorang pegawaiDari pernyatan di atas, yang termasuk ketentuan pernikahan menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, adalah nomor ... .A. 1), 2), dan 3)B. 1), 3), dan 4)

Page 20: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

C. 1), 2), dan 4)D. 1), 2), dan 5)E. 1), 4), dan 5)

42. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !1) Hubungan keturunan(Nasabiyah) dan kekerabatan (qorabah)2) Hubungan semenda atau perkawinan (Azzaujiyah atau sababiyah)3) Hubungan persahabatan yang saling berhutang budi. 4) Pernah memerdekakan budak5) Hubungan keislaman (jihah al-Islam)Dari pernyataan-pernyataan tersebut yang termasuk penyebab seseorang mendapat harta waris adalah … .A. 1), 2), dan 4)B. 1), 2), dan 5)C. 1), 3), dan 4)D. 1), 3,) dan 5)E. 1), 4), dan 5)

43. Ahli waris yang terdiri dari anak perempuan tunggal, suami, istri, bapak dan ibu adalah merupakan kelompok ahli waris ... .A. zawil furudB. zawil arhamC. furudul muqadarohD. ashabah binafsihiE. ashabah bighairihi

44. Pak H. Harun wafat dengan meninggalkan ahli waris, yaitu ibu, bapak, istri dan 2 anak laki laki. Adapun harta waris yang ditinggalkannya sebesar Rp 120.000.000, Dari uraian diatas, bagian dari ‐seorang anak laki laki, adalah ... .A. Rp. 15.000.000,‐B. Rp. 20.000.000,‐C. Rp. 30.000.000,‐D. Rp. 32.500.000,‐E. Rp. 65.000.000,‐

Page 21: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

45. Pembagian warisan dalam Islam menyertakan wanita sebagai ahli waris, hal ini menunjukkan bahwa hikmah melaksanakan mawaris adalah ... .A. menegakkan keadilanB. menjaga kemaslahatan masyarakatC. mengangkat martabat dan hak wanita D. membagi harta warisan secara demokratisE. menunjukkan ketaatan kepada Allah SWT

46. Dakwah Rasulullah pada periode Madinah menitik beratkan pada pembentukan masyarakat Islam secara menyeluruh dalam berbagai bidang, baik bidang politik, sosial budaya, ekonomi, dan sebagainya. Rasulullah SAW pada periode Madinah meletakkan dasar-dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut Rasulullah SAW melakukan langkah-langkah dan strategi awal yakni ... .A. membangun infra struktur B. memperkuat pemerintahan C. menetapkan undang-undangD. membangun angkatan perangE. mendirikan masjid

47. Rasulullah SAW berdiri sebagai penghormatan, saat rombongan membawa jenazah lewat. Sahabat protes “Wahai Rasulullah dia itu orang Yahudi” ? Rasulullah SAW menjawab “Bukankah dia manusia? “ Bahkan di lain kesempatan ketika Rasulullah SAW ditanya tentang memberi bantuan kepada non Muslim, “Apakah kami boleh memberi bantuan kepada orang-orang Yahudi ?” Tanya sahabat kepada Rasulullah SAW. “Boleh, sebab mereka juga makhluk Allah, dan Allah akan menerima sedekah kita”. Jawab Rasulullah SAW sambil merasa bangga atas inisiatif para sahabatnya. Adapun sikap yang ditunjukkan oleh Rasulullah SAW terhadap para sahabatnya itu, adalah contoh dari sikap ... .A. otokrasiB. birokrasiC. toleransiD. intervensiE. demokrasi

48. Ajaran Agama Islam masuk ke Indonesia ada yang menyatakan pada abad ke-7 dan abad ke-13. Terlepas dari semua itu yang terpenting adalah faktor-faktornya yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepatnya di Indonesia. Faktor tersebut diantaranya adalah … .A. dukungan para penguasa saat ituB. sempitnya wilayah Negara IndonesiaC. kesadaran bangsa Indonesia sendiriD. masuknya para pedagang dari GujaratE. orang asing bebas masuk Indonesia

49. Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peranan umat Islam dalam memperjuangkan kemerdekaan. Di bawah ini adalah Kerajaan Islam dengan rajanya Raden Patah di Jawa adalah ... .A. Kerajaan Mataram

Page 22: Contoh Soal Uasbn Pai 2011

B. Kerajaan CirebonC. Kerajaan PajangD. Kerajaan DemakE. Kerajaan Banten

50. Umat Islam telah berhasil mencapai kemajuan pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada abad pertengahan, yaitu antara abad delapan hingga abad tigabelas masehi. Pada saat itu bangsa Barat kususnya Eropa masih dalam kegelapan dan kemunduran. Puncak kemajuan dan kejayaan umat Islam dicapai pada masa pemerintahan khalifah Harun Al Rasyid dan Al Makmun. Bukti kemajuan ini antara lain ...A. membangun angkatan bersenjata yang kuat dan modernB. mendirikan Bait Al Hikmah sebagai pusat penerjemahan dan observatorium C. mendirikan Istana kekhalifahan dengan arsitektur IslamD. menterjemahkan Al Qur’an ke dalam berbagai bahasa di duniaE. megembangkan sistem adminsitrasi pemerintahan yang demokratis