contoh proposal kp

Download Contoh Proposal KP

Post on 08-Dec-2015

278 views

Category:

Documents

15 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Contoh Proposal KP

TRANSCRIPT

LATAR BELAKANGTeknik Geodesi dan Geomatika Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu program studi dalam kesatuan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB yang memiliki titik berat keilmuan dalam perkembangan teknologi penentuan posisi di permukaan Bumi. Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika ITB sebagai bagian dari sistem pendidikan tinggi di Indonesia yang memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana dengan kualitas yang mampu bersaing di dunia kerja ataupun dunia usaha di masa yang akan datang. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika ITB membekali setiap mahasiswanya dengan teori dan praktek dalam kegiatan perkuliahan yang diberikan selama tahun ajaran yang telah ditentukan.

Selama masa perkuliahan yang telah dijalani dalam waktu yang mendekati 6 semester, sebagian besar ilmu dalam Teknik Geodesi dan Geomatika ITB yang didapatkan hanya bersifat teoritis. Akan tetapi pengaplikasian dan pengimplementasian ilmu-ilmu teoritis tersebut dirasa perlu untuk mengetahui kondisi permasalahan yang ada secara nyata. Upaya untuk melengkapi kebutuhan ilmu yang disertai dengan pengalaman dan praktek dapat dilakukan dalam tahap Sarjana Muda yang tertuang dalam Kerja Praktek. Kerja praktek memiliki penekanan dalam hal studi kasus. Dalam studi kasus, mahasiswa yang melakukan kerja praktek dapat belajar mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan dari keadaan yang nyata yang dikaitkan dengan ilmu dan teoritis yang diperoleh selama perkuliahan atau studi literatur.

Dengan demikian, kerja praktek ini diharapkan dapat menjadi tahap awal upaya pemenuhan kebutuhan ilmu dan pengalaman mahasiswa untuk mempersiapkan diri di dunia pekerjaan di bidang Geodesi dan Geomatika yang nyata di masa mendatang.

TUJUANAda pun tujuan-tujuan yang akan dan dapat dicapai dengan adanya kerja praktek 2012 ini, yaitu:

Untuk Mahasiswa: Sebagai pelaksanaan mata kuliah wajib GD-4091 Kerja Praktek;

Dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu teoritis Teknik Geodesi dan Geomatika yang selama ini telah didapatkan selama masa perkuliahan dan studi literatur;

Dapat mendapatkan pengalaman kerja nyata dari dunia kerja langsung sekaligus memperluas wawasan mahasiswa tentang dunia kerja yang sesungguhnya;

Menambah ilmu dan wawasan yang berguna bagi peserta untuk memasuki dunia kerja dan dunia usaha kelak;

Dapat mengetahui dan menerapkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan/dilakukan oleh bagian Teknik Geodesi dan Geomatika, khususnya pada perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi/pertambangan, lebih spesifiknya yaitu pada perusahaan PT Arutmin Indonesia.

Untuk Perusahaan:Mendapatkan masukan-masukan dari mahasiswa peserta kerja praktek yang mungkin dapat berguna dalam pemecahan masalah yang dihadapi oleh PT Arutmin Indonesia sesuai bidang keilmuan Teknik Geodesi dan Geomatika yang dimiliki oleh mahasiswa peserta kerja praktek;

Sebagai salah satu sarana pertimbangan bagi PT Arutmin Indonesia dalam hal

penilaian kualitas mahasiswa yang pada akhirnya berhubungan dengan penerimaan tenaga kerja baru yang baru lulus (fresh graduate).DESKRIPSI KERJAStudi KasusPeserta kerja praktek akan mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan dari keadaan nyata di bidang Geodesi dan Geomatika yang sesuai dengan kebutuhan PT Arutmin Indonesia yang kemudian dikaitkan dengan ilmu-ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan atau studi literatur.

Pemecahan MasalahPeserta kerja praktek akan melakukan analisis permasalahan yang terdapat di dalam PT Arutmin Indonesia untuk mencari solusi terbaik atas masalah yang terkait dengan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang selama ini didapatkan dalam perkuliahan atau pun studi literatur. Analisis yang lebih dalam akan dituangkan dalam bentuk laporan kerja praktek yang diharapkan dapat membantu pihak PT Arutmin Indonesia dalam memecahkan permasalahan yang terkait dengan keilmuan Geodesi dan Geomatika tersebut.

Materi dan PermasalahanMateri yang kami ajukan dalam kerja praktek kali ini adalah pekerjaan yang berkaitan dengan bidang Teknik Geodesi dan Geomatika dalam perusahaan PT Arutmin Indonesia. Untuk permasalahan lebih khususnya, akan kami serahkan kepada pihak PT Arutmin Indonesia, tergantung permasalahan/pekerjaan yang sedang berjalan atau akan kami jalankan.

Waktu dan TempatWaktu yang kami ajukan untuk melaksanakan kerja praktek pada PT Arutmin Indonesia adalah pada Bulan Juli 2012, yang lama waktu pelaksanaannya akan dilakukan selama sekitar satu bulan. Lokasi atau tempat pelaksanaan kerja praktek akan kami serahkan juga kepada pihak PT Arutmin Indonesia, tergantung lokasi proyek yang sedang berjalan atau akan kami jalankan.

Peserta Kerja PraktekMahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika ITB yang ingin menjadi peserta kerja praktek

2012 pada PT Arutmin Indonesia terdiri dari 3 mahasiswa, yaitu:

1. Rahman Adhitiaputra (NIM. 15109009)

2. Fauzan Azmi Lubis (NIM. 15109053)

3. Rifkizel (NIM. 15109087)

PROPOSAL KERJA PRAKTEK 2012

Diajukan Kepada:

PT ARUTMIN INDONESIA

Peserta:

RAHMAN ADHITIAPUTRA 15109009

RIFKIZEL 15109087

T E K N I K G E O D E S I D A N G E O M A T I K A

F A K U L T A S I L M U D A N T E K N O L O G I K E B U M I A N I N S T I T U T T E K N O L O G I B A N D U N G

2 0 1 2

Kerja Praktek 2012 Teknik Geodesi dan Geomatika ITB

Kerja Praktek 2012 Teknik Geodesi dan Geomatika ITB

Kerja Praktek 2012 Teknik Geodesi dan Geomatika ITB

Kerja Praktek 2012 Teknik Geodesi dan Geomatika ITB

PENUTUP

Dalam dunia pendidikan, keseimbangan antara ilmu teoritis dengan praktek langsung di lapangan sangatlah dibutuhkan. Sehingga kami mengharapkan kerja praktek ini dapat menjadi tahap awal upaya pemenuhan ilmu dan pengalaman mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjalani dunia pekerjaan di bidang Teknik Geodesi dan Geomatika dalam perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi/pertambangan.

Oleh karena itu, besar harapan kami sebagai mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika ITB

untuk dapat bergabung dan mendapatakan bimbingan dalam melaksanakan kerja praktek

2012 pada perusahaan PT Arutmin Indonesia. Kami juga akan berusaha semaksimal mungkin ketika kami melaksanakan kegiatan kerja praktek 2012 ini di PT Arutmin Indonesia. Demikian proposal kerja praktek ini kami ajukan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 25 Juni 2012

Hormat Kami,

Rahman Adhitiaputra Fauzan Azmi Lubis Rifkizel

NIM. 15109009 NIM. 15109053 NIM. 15109087

Mengetahui,

Ketua Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika ITB

Dr. Ir. Kosasih Prijatna, M. Sc.

NIP. 196007021988101001

Catatan:

Bersama proposal ini, kami lampirkan Nilai Akademis calon peserta kerja praktek, Curriculum Vitae, dan Surat

Pengantar dari Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika Institut Teknologi Bandung.

Kerja Praktek 2012 Teknik Geodesi dan Geomatika ITB