contoh narasi

Download Contoh Narasi

If you can't read please download the document

Post on 08-Dec-2015

251 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Narasi SOP

TRANSCRIPT

STANDAR PROSEDUR OPERASI (SPO)BIDANG ANGGARAN, KEUANGAN & AKUNTANSIVersi:

Tgl Berlaku:

Disiapkan oleh:

Disetujui oleh:

1. Kegiatan Penyusunan Program Kerja

1.1. Menyusun Usulan Rencana Jangka Panjang (RJP)1. Tim Program Kerja melakukan evaluasi kinerja 5 tahun sebelumnya2. Tim Program Kerja melakukan analisis SWOT atas Yayasan Pendidikan Jambi3. Tim Program Kerja menyusun Tujuan Stratejik dan Indikator Kinerja yang akan dicapai untuk periode 5 tahun yang akan datang4. Tim Program Kerja menyusun Strategi dan Rencana Kerja yang akan dilaksanakan untuk periode 5 tahun yang akan datang5. Tim Program Kerja mereviu dokumen berikut:a. Usulan Rencana Kerja Univesitas Batanghari untuk periode 5 tahun yang akan datangb. Usulan Rencana Kerja SMP Lab STKIP untuk periode 5 tahun yang akan datang.Rencana Kerja yang diusulkan adalah Rencana Kerja yang akan dilaksanakan menggunakan anggaran yang dibebankan kepada Yayasan Pendidikan Jambi.6. Tim Program Kerja menyusun Proyeksi Laporan Keuangan untuk periode 5 tahun yang akan datangSeluruh tahap kegiatan 1-5 mengacu pada dokumen berikut ini:

a. Visi Misi b. RJP periode 5 tahun sebelumnyac. Laporan Tahunan periode 5 tahun terakhird. Dokumen Sumber lainnya, seperti hasil survey/penelitian.7. Tim Program Kerja melakukan kompilasi Usulan RJP Yayasan Pendidikan Jambi untuk periode 5 tahun yang akan datang, yang terdiri atas dokumen berikut:a. Laporan Realisasi dan Evaluasi Kinerja periode 5 Tahun sebelumnyaa. Laporan Analisis SWOT b. Daftar Tujuan Stratejik dan Indikator Kinerja c. Daftar Srategi dan Rencana Kerja d. Proyeksi Laporan Keuangan periode 5 Tahun yang akan datang8. Tim Program Kerja menyerahkan Usulan RJP kepada Ketua untuk direviu9. Tim Program Kerja mengarsipkan dokumen berikut berdasarkan tanggal, yaitu:

a. Visi Misi b. RJP periode 5 tahun sebelumnyac. Laporan Tahunan periode 5 tahun terakhird. Dokumen Sumber lainnya, seperti hasil survey/penelitian.e. Copy Usulan RJP Yayasan Pendidikan Jambi periode 5 tahun yang akan datang

1.2. Mereviu Usulan Rencana Jangka Panjang (RJP)1. Ketua mereviu Usulan RJP Yayasan Pendidikan Jambi2. Ketua menyerahkan Usulan RJP Yayasan Pendidikan Jambi kepada Ketua Umum untuk disetujui

1.3. Menyetujui Usulan Rencana Jangka Panjang (RJP)1. Ketua Umum menyetujui Usulan RJP Yayasan Pendidikan Jambi

1.4. Membahas dan Mengesahkan Usulan Rencana Jangka Panjang (RJP)1. Ketua Umum mengadakan rapat untuk membahas dan mengesahkan Usulan RJP Yayasan Pendidikan Jambi. Rapat tersebut dihadiri oleh:

a. Perwakilan dari Universitas Batanghari

b. Perwakilan dari SMP LAB.STKIP

c. Bendahara Yayasan

d. Ketua Yayasan

e. Ketua Umum Yayasan

f. Badan Pembina Yayasan

g. Badan Pengawas Yayasan

Rapat pembahasan dan pengesahan tersebut menghasilkan RJP Yayasan Pendidikan Jambi yang telah disahkan.

2. Tim Program Kerja mengarsipkan RJP Yayasan Pendidikan Jambi yang telah disahkan berdasarkan tanggal.

3. RJP Yayasan Pendidikan Jambi yang telah disahkan akan menjadi dasar penyusunan Strategi dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Yayasan Pendidikan Jambi.

1.5. Menyusun Usulan Strategi dan Rencana Kerja Tahunan (RKT)1. Tim Program Kerja mereviu dokumen berikut:

a. Usulan Rencana Kerja Tahunan Universitas Batanghari

b. Usulan Rencana Kerja Tahunan SMP Lab STKIPRencana Kerja yang diusulkan adalah Rencana Kerja yang akan dilaksanakan menggunakan anggaran tahunan yang dibebankan kepada Yayasan Pendidikan Jambi.2. Tim Program Kerja menyusun Usulan Strategi dan RKT berdasarkan dokumen berikut ini:a. RJP Yayasan Pendidikan Jambi periode terkinib. Usulan Rencana Kerja Tahunan Universitas Batangharic. Usulan Rencana Kerja Tahunan SMP Lab STKIP.3. Tim Program Kerja menyerahkan Usulan Strategi dan RKT beserta lampirannya (Usulan RKT Universitas Batanghari dan SMP Lab STKIP) kepada Ketua untuk direviu4. Tim Program Kerja mengarsipkan dokumen berikut berdasarkan tanggal, yaitu:a. RJP Yayasan Pendidikan Jambi periode terkini

1.6. Mereviu Usulan Strategi dan Rencana Kerja Tahunan (RKT)1. Ketua mereviu Usulan Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambi beserta lampirannya (Usulan RKT Universitas Batanghari dan SMP Lab STKIP)2. Ketua menyerahkan Usulan Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambi kepada Ketua Umum untuk disetujui

1.7. Menyetujui Usulan Strategi dan Rencana Kerja Tahunan (RKT)1. Ketua Umum menyetujui Usulan Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambi beserta lampirannya (Usulan RKT Universitas Batanghari dan SMP Lab STKIP)

1.8. Membahas dan Mengesahkan Usulan Strategi dan Rencana Kerja Tahunan (RKT)

1. Ketua Umum mengadakan rapat untuk membahas dan mengesahkan Usulan Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambi. Rapat tersebut dihadiri oleh:

a. Perwakilan dari Universitas Batanghari

b. Perwakilan dari SMP LAB.STKIP

c. Bendahara Yayasan

d. Ketua Yayasan

e. Ketua Umum Yayasan

f. Badan Pembina Yayasan

g. Badan Pengawas Yayasan

Rapat pembahasan dan pengesahan tersebut menghasilkan Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambi beserta lampirannya (RKT Universitas Batanghari dan SMP Lab STKIP) yang telah disahkan.

2. Tim Program Kerja memutakhirkan Sistem Anggaran berdasarkan Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambi yang telah disahkan

3. Tim Program Kerja menyerahkan Copy RKT Univesitas Batanghari yang telah disahkan kepada Universitas Batanghari

4. Tim Program Kerja menyerahkan Copy RKT SMP Lab STKIP yang telah disahkan kepada SMP Lab STKIP

5. Tim Program Kerja mengarsipkan dokumen berikut berdasarkan tanggal:

a. Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambib. RKT Universitas Batanghari

c. RKT SMP Lab STKIPa. Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambi yang telah disahkan akan menjadi dasar penyusunan Anggaran Tahunan Yayasan Pendidikan Jambi sesuai prosedur Kegiatan Penganggaran (M.2)

2.1 Kegiatan Penyusunan Anggaran

2.1.1 Menyusun Usulan Anggaran Tahunan1. Bendahara mereviu dokumen berikut:

a. Usulan Anggaran Tahunan Universitas Batanghari dan membandingkannya dengan Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran Universitas Batanghari.

b. Usulan Anggaran Tahunan SMP LAB.STKIP dan membandingkannya dengan Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran SMP LAB.STKIP.

c. Bendahara menyusun Usulan Anggaran Tahunan Yayasan Pendidikan Jambi menggunakan Sistem Anggaran, berdasarkan Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambi

2. Bendahara menyusun Kompilasi Usulan Anggaran Tahunan menggunakan Sistem Anggaran. Kompilasi Usulan Anggaran Tahunan terdiri atas:a. Usulan Anggaran Tahunan Yayasan Pendidikan Jambib. Usulan Anggaran Universitas Batangharic. Usulan Anggaran SMP LAB. STKIP3. Bendahara menyerahkan Kompilasi Usulan Anggaran Tahunan kepada Ketua untuk direviu. 4. Bendahara mengarsipkan dokumen berikut berdasarkan tanggal, yaitu:a. Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambi b. Usulan Anggaran Tahunan Universitas Batanghari

c. Usulan Anggaran Tahunan SMP LAB. STKIP

d. Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran Universitas Batangharie. Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran SMP LAB. STKIP.

2.1.2 Mereviu Kompilasi Usulan Anggaran Tahunan

1. Ketua mereviu Kompilasi Usulan Anggaran Tahunan.2. Ketua menyerahkan Kompilasi Usulan Anggaran Tahunan kepada Ketua Umum untuk disetujui.

2.1.3 Menyetujui Kompilasi Usulan Anggaran Tahunan

1. Ketua Umum menyetujui Kompilasi Usulan Anggaran Tahunan.

2.1.4 Membahas dan Mengesahkan Kompilasi Usulan Anggaran Tahunan

1. Ketua Umum mengadakan rapat untuk membahas dan mengesahkan Kompilasi Usulan Anggaran Tahunan. Rapat tersebut dihadiri oleh:

b. Perwakilan dari Universitas Batanghari

c. Perwakilan dari SMP LAB.STKIP

d. Bendahara Yayasan

e. Ketua Yayasan

f. Ketua Umum Yayasan

g. Badan Pembina Yayasan

h. Badan Pengawas Yayasan

Rapat pembahasan dan pengesahan tersebut menghasilkan Kompilasi Anggaran Tahunan yang telah disahkan. 2. Bendahara memuktahirkan Sistem Anggaran berdasarkan Kompilasi Anggaran Tahunan yang telah disahkan.

3. Bendahara menyerahkan Copy Anggaran Tahunan Universitas Batanghari yang telah disahkan kepada Universitas Batanghari.

4. Bendahara menyerahkan Copy Anggaran Tahunan SMP LAB. STKIP yang telah disahkan kepada SMP LAB. STKIP.

5. Bendahara mengarsipkan Kompilasi Anggaran Tahunan yang telah disahkan berdasarkan tanggal.

6. Kompilasi Anggaran Tahunan yang telah disahkan akan menjadi dasar pelaksanaan/penggunaan anggaran sesuai prosedur kegiatan berikut:

a. Kegiatan Penerimaan Kas/Bank (M.3)

b. Kegiatan Pengeluaran Kas/Bank (M.4)

c. Kegiatan Pengajuan Uang Muka (M.5.1)

2.2 Kegiatan Pengawasan dan Evaluasi Anggaran

2.2.1 Menyusun Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran1. Bendahara mereviu dokumen berikut:

a. Laporan Keuangan dan Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran SMP LAB STKIP.b. Laporan Keuangan dan Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran Universitas Batanghari.2. Bendahara menyusun Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran Yayasan Pendidikan Jambi dengan mengacu pada dokumen berikut ini:a. Laporan Keuangan Yayasan Pendidikan Jambi

b. Strategi dan RKT Yayasan Pendidikan Jambi

c. Kompilasi Anggaran Tahunan3. Bendahara menyusun Kompilasi Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran menggunakan Sistem Anggaran. Kompilasi Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran terdiri atas:a. Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran Yayasan Pendidikan Jambi.b. Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran SMP LAB STKIP.c. Laporan Realisasi & Evaluasi Anggaran Universitas Batanghari.4. Bendahara kemudian mengarsipkan kembali dokumen berikut ini:a. Laporan Keuangan Yayasan Pendidika