contoh memo

Download Contoh Memo

Post on 08-Dec-2015

115 views

Category:

Documents

11 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

contoh memo

TRANSCRIPT

Contoh Memo :

Amplop berjendela

Amplop Kancing

Amplop Biasa

Amplop Bisnis

Amplop Kartu

Contoh Kop Surat Untuk Berbagai KeperluanDiposkan pada: November 25, 2013 Oleh: Chy Rohmanah Pada Kategori: Bisnis Advertisement Contoh kop surat resmi perusahaan, sekolah, dan berbagai keperluan umum serta lamaran kerja yang menarik akan diperlukan untuk menunjang profesionalisme. Dalam surat resmi dan profesional biasanya memuat bagian utama surat yaitu kop surat, pembuka, perihal, dan penutup. Dalam tulisan ini kita akan membahas kop atau kepala surat yang akan membuat isi surat terlihat lebih profesional.Fungsi kop surat pada umumnya adalah untuk menegaskan tujuan surat tersebut adalah resmi dan memiliki maksud serta tujuan yang formal. Contohnya adalah surat resmi untuk perusahaan, surat dari yayasan, dan surat lamaran kerja. Surat dalam penulisan yang baik tentu akan membuat penerima menjadi antusias dan memahami bahwa keseriusan kita dalam menyampaikan isi surat tersebut.Bagian Kop SuratSeperti contoh cv yang baik, Kop surat setidaknya memiliki 5 bagian yang harus dimuat agar tidak membingungkan penerima surat tersebut.1. Nama Lembaga/Yayasan/Institusi/Nama Perorangan dan atau identitas lainnya yang dibutuhkan atau informasi pengirim.2. Alamat Perusahaan atau pengirim3. No Telepon, email, dan alamat jelas4. Kode pos5. Logo perusahaanBagian ini juga di pakai dalam berbagai contoh surat kuasa yang bersifat resmi dan legal, selain itu bagian ini juga menjadi bagian umum pada surat yang resmi lainnya.Format Kop SuratDalam dunia industri dan tata niaga sebenarnya format kop surat ini dapat disesuaikan dengan selera dan tampilan yang baik. Namun dalam beberapa hal, ada beberapa item yang harus diperhatikan dalam menulis kop yang baik. Logo Perusahaan/Instansi/Organisasi/Yayasan/Lembaga Lainnya untuk memastikan bahwa surat lebih profesional dan resmi. Nama perusahaan lebih baik semuanya huruf besar Penulisan telepon sebaiknya jangan menggunakan singkatan seperti tlp atau telp. Gunakan alamat email yang aktif dan valid. Nama dan alamat serta informasi lainnya dapat diletakkan di kiri, tengah, atau kanan sesuai dengan selera anda.Setelah memperhatikan bagian dan format yang baik, selanjutnya adalah bagaimana contoh kop surat untuk berbagai institusi yang baik dan benar serta contoh kop yang umum dipakai untuk segala macam organisasi atau lembaga lainnya.Contoh Kop Surat PerusahaanContoh kop surat perusahaan atau resmi memang harus tampil baik dan benar, tampilan kepala surat ini memang penting dan menandakan bahwa isi dan tujuan anda menulis surat tersebut memang resmi dan penting.

Contoh Kop Surat PerusahaanSelain untuk perusahaan ada berbagai contoh kop surat penting lainnya untuk berbagai institusi yang ada di Indonesia, namun secara garis besar contoh dan format kop ini tidak jauh berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.Contoh Kop Surat SekolahContoh kop surat sekolah untuk keperluan komunikasi antar sekolah atau antara sekolah dengan murid dan wali siswa. Berikut adalah gambar contoh format kop untuk sekolah.

Contoh kop surat sekolahContoh Surat Kop Resmi dan UmumSelain kedua contoh kop surat perusahaan dan sekolah di atas, berikut adalah format kop atau kepala surat yang mungkin dapat membantu anda dalam berbagai kegiatan serta keperluan bisnis.Contoh 1PEMERINTAH KABUPATEN SAMARINDADinas Pendidikkan & KebudayaanSDN 25 SAMARINDAJl. Merdeka Raya No 17 Komplek MetarataSamarinda KalimantanTelepon : 0421-7683912; Fax : 0421-7683913Email:sdnno23@gmail.comContoh 2.PT Aneka Makmur TerangGeneral Trading & InvestmentJl. Merdeka Raya No 17 Komplek MetarataSamarinda KalimantanTelepon : 0421-7683912; Fax : 0421-7683913Email:sdnno23@gmail.comContoh 3.Ayuninda SetiawatiJl. Merdeka Raya No 17 Komplek MetarataSamarinda KalimantanTelepon : 0421-7683912; BB: Bd3123fEmail:sdnno23@gmail.comPenulisan dan format dalam setiap kepala surat tentu dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda, dalam prakteknya format yang baik adalah bagaimana anda memuat informasi tersebut secara benar dan akurat. Selain itu jangan membuat kop yang terlalu mencolok dengan tambahan berbagai gambar yang tidak penting, usahakan hanya gambar atau logo perusahaan saja pada kop surat ini.

Format atau Bentuk Surat merupakan salah satu unsur yang harus diperhatikan dalam menulis surat. Karena syarat untuk memenuhi ketentuan surat yang baik salah satu diantaranya adalah menggunakan format atau bentuk surat yang ada. Nah, melanjutkan artikel kemarin yang berkaitan dengan Surat, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan membahas Format atau Bentuk Surat. Semoga bermanfaat, Check this out!!!

Ada 5 Format atau Bentuk Surat yang biasanya kita pelajari di sekolah, ke lima format atau bentuk surat tersebutlah yang sering digunakan. Ingat, format dan bentuk surat di bawah ini digunakan untuk surat resmi saja. Untuk lebih memahami ke lima format atau bentuk surat di bawah ini, sobat harus tahu terlebih dahulu mengenai Bagian-bagian Surat yang sudah dijelaskan kemarin. Tanpa mengetahui bagian-bagian surat, memahami format atau bentuk surat di bawah ini akan terasa sulit.

Ke lima format atau bentuk surat tersebut adalah:

1. Full Block StyleFormat surat full block style dianggap sebagai format surat paling formal dari format atau bentuk surat yang lain. Dalam surat yang berbentuk full block style setiap baris dalam surat tersebut menggunakan rata kiri. Walaupun tidak ada peraturan yang resmi tentang penggunaan format full block style tetapi format full block style biasanya digunakan dalam surat permintaan, pengumuman, persetujuaan, lamaran pekerjaan.

Perhatikan format full block style berikut:

2. Block StyleFormat block style atau juga bisa disebut format surat simpel merupakan format surat yang susunannya hampir sama dengan full block style yaitu menggunakan rata kiri. Hanya penulisan tanggal, nama terang pengirim surat ditulis di sebelah kanan surat.

Perhatikan format block style berikut:

3. Semi Block StyleFormat surat semi block style seperti pada format surat yang lain digunakan untuk surat resmi yang kedudukannya kurang formal jika dibandingkan dengan full block style. Berbeda dengan full block styel dan block style, setiap paragraf isi pada surat berformat semi blok style menjorok ke dalam.

Perhatikan format semi block style berikut:

4. Intended StyleFormat atau bentuk surat intended style ini hampir sama dengan block style, satu yang membedakan adalah penulisan alamat dalam yang menyerupai tangga.

Perhatikan format intended style berikut:

5. Hanging StyleSedangkan format atau bentuk surat hanging style membedakan diri dengan block style dengan menuliskan alenia pertama pada setiap paragraf di isi surat tidak menjorok ke dalam sedangkan alenia selanjutnya pada menjorok ke dalam.

Perhatikan format hanging style berikut:

Pahami ke lima format atau bentuk surat di atas, pelajari perbedaan di setiap format-format tersebut. Buatlah contoh surat menggunakan ke lima format atau bentuk surat tersebut akan membantu sobat untuk memahami lebih dalam mengenai format atau bentuk-bentuk surat.

Semoga artikel tentang Format atau Bentuk Surat tersebut di atas bisa berguna bagi sobat sekalian. Dan jika sobat menemukan kesalahan baik dari segi penulisan maupun penjelasan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Mari Belajar Bersama!!! Terima kasih ^^