contoh kti tentang penggunaan handphone dikalangan siswa kelas xi ips sma negeri 1 grati tahun...

24
Penggunaan Handphone Dikalangan Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 GRATI Tahun Ajaran 2011-2012. Dalam Tugas: Karya Tulis Ilmiah Pembimbing: Dwi Hariyanti S.Pd Disusun Oleh: 1. Wildan Jaka Pratama (40) 2. Yunita Handayani (42) 3. M. Nur Arifin (43) Kelas XI IS4 UPT DinasPendidiandanKebudayaan SMAN 1 GRATI Jl.RayaSumurwaru No.32 Telp.(0343)481017 Nguling-Pasuruan 2011-2012

Upload: ariev-oneheart

Post on 29-Jul-2015

4.020 views

Category:

Documents


5 download

TRANSCRIPT

Penggunaan Handphone Dikalangan Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 GRATI Tahun Ajaran 2011-2012. Dalam Tugas: Karya Tulis Ilmiah Pembimbing: Dwi Hariyanti S.Pd

Disusun Oleh: 1. Wildan Jaka Pratama 2. Yunita Handayani 3. M. Nur Arifin (40) (42) (43)

Kelas XI IS4

UPT DinasPendidiandanKebudayaan SMAN 1 GRATI Jl.RayaSumurwaru No.32 Telp.(0343)481017 Nguling-Pasuruan 2011-2012

Lembar Pengesahan

Karya Tulis Ilmiah yang berjudul : Penggunaan Handphone di kalangan Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grati Tahun Ajaran 2011-2012.

Telah dibaca dan disetujui pada: Grati, 29 Mei 2012

Oleh

Kepala Sekolah

Pembimbing

Drs. NUR HASSAN, M.Pd NIP : 19570415 198403 1 012

DWI HARIYANTI,S.Pd NIP : 19721022 200902 2 001

KATA PENGANTARPuji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat, karunia, dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini dengan judulPenggunaan Handphone Dikalangan Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 GRATI Tahun Ajaran 2011-2012. Penulisan karya tulis ini dapat diselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, ijinkanlah kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada : 1. Bpk Drs. Nur Hassan, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 1 GRATI. 2. Ibu Dwi Hariyanti S.pd selaku guru pembimbing kami dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. 3. Teman-teman dan semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan dan pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini. Kami menyadari bahwa dalam pembuatan karya tulis ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dan positif dari pembaca demi kesempurnaan penyusunan dan pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini.

Penyusun Nguling, 29 Mei 2012

Terima Kasih

DAFTAR ISI Halaman Judul Lembar Pengesahan.....i Kata Pengantar.ii Daftar Isi..iii Abstrak.iv Bab I Pendahuluan 1.1 Latar Belakang 1.2 Rumusan Masalah 1.3 Tujuan Penelitian 1.4 Manfaat Penelitian Bab II Landasan Teori 2.1 Pengertian Handphone 2.1.1 Sejarah Handphone 2.1.2 Fungsi Dari Handphone 2.1.3 Dampak Dari Penggunaan Handphone 2.2 Profil SMAN 1 Grati Bab III Metode Penelitian 3.1 Jenis Penelitian 3.2 Sumber Data. 3.3 Tehnik Pengumpulan Data 3.4 Tehnik Pengolahan Data Bab IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan 4.1 Gambaran Lokasi Penelitian 4.2 Hasil Angket. 4.3 Pembahasan Bab V Penutup 5.1 Kesimpulan 5.2 Saran Daftar pustaka Lembar instrumen penelitian Profil penulis Lembar Konsultasi

ABSTRAKPratama, Wildan Jaka, dkk. Penggunaan Handphone Dikalangan Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grati Tahun Ajaran 2011-2012. SMAN 1 Grati : Karya Tulis Ilmiah. Pembimbing : Dwi Hariyanti S.pd.Handphone adalah alat komunikasi, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Alat ini merupakan komunikasi lisan atau tulisan yang dapat menyimpan pesan dan sangat praktis untuk dipergunakan sebagai alat komunikasi karena biasa dibawa kemana saja. Handphone atau Telepon seluler atau yang lebih dikenal dengan ponsel dari dulu sampai sekarang telah mengalami perubahan baik teknologinya yang dulu hanya dapat untuk berbicara sekarang sudah dapat dipakai untuk bertukar data atau bahkan untuk memotret, sedangkan dari bentuk fisiknya mulai dari berat dan besar hingga yang seukuran korek api. Penggunaan Handphone DikalanganSiswaKelas XI IPS SMAN 1 GRATI sangatlah banyak. Terbukti dari hasil angket yang kami sebarkan siswa banyak yang mempunyai handphone. Disini orang tua sangat berperan penting dalam mengawasi tumbuh kembang setiap anak-anaknya dalam menggunakan handphone. Selain sebagai alat komunikasi handphone juga bisa menyebabkan seseorang kecanduan. Hal itu bisa terjadi apabila si pengguna handphone itu sendiri menggunakannya secara terus-menerus.

Dari hasil angket yang peneliti dapatkan, kami mendapatkan hasil yang cukup baik. Bahwa dari 15% jumlah siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2011-2012 banyak dari mereka yang mempunyai handphone sebagai kebutuhan hidup dimasa kini. Dari hasil angket yang kami dapatkan 24 responden menyebutkan bahwa handphone itu penting peranannya bagi mereka. Banyak dari mereka juga sudah menggunakan handphone dengan baik. Disarankan Bagi orang tua : Mengantisipasi anaknya dalam menggunakan handpone, Memotivasi anaknya agar semangat berprestasi. Bagi siswa : Memotivasi dirinya agar lebih giat belajar di sekolah, Menggunakan handpone dengan sebaik-baiknya, Menghindari sisi negative dalam menggunaka handpone, Memperluas ilmu pengetahuan akan hadirnya handpone

BAB I

BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar BelakangGlobalisasi yang terjadi saat ini mengakibatkan perkembangan teknologi maju dengan begitu pesat. Tidak terkecuali dengan telepon genggam atau yang sering disebut dengan Handphone. Dari tahun ketahun tampilan dan model Handphone bervariasi. Dari Handphone yang dulunya berwarna hitam putih saja. Tapi sekarang Handphone semakin berkembang pesat hingga ditambahkan vasilitas berkamera, video, pemutar music, bertombol qwerty, layar sentuh dan lain-lain. Mereknya pun bermacam-macam tipenya. Mulai dari Nokia, Blackberry, Samsung, bahkan Handphone produksi Negara China yang sekarang sudah marak dipasaran karena harganya relative murah. Permintaan pasar yang begitu besarnya, menyebabkan Handphone tidak pernah pudar. Bahkan semakin marak dan semakin banyak permintaannya. Handphone merupakan alat telekomunikasi canggih untuk berkomunikasi tidak menggunakan sambungan kabel melainkan melalui sinyal satellite. Tetapi dalam kalangan siswa SMA, penggunaan Handphone mempunyai sisi positif dan sisi negatif. Bahkan sekarang banyak siswa yang sudah menyalahgunakan penggunaan Hp. Ini kami sebagai peneliti ingin mengupas dalam Karya Tulis Ilmiah ini masalah Penggunaan Handphone Dikalangan Siswa kelas XI IPS SMA NEGERI 1 GRATI Tahun Pelajaran 2011-2012.

1.2

Rumusan MasalahBerdasarkan penjelasan yang dikemukakan latar belakang diatas, penggunaan Handphone dikalangan Siswa SMAN 1 GRATI begitu pentingnya karena Handphone sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari penggunanya. Oleh karena itu masalah yang menjadi kajian utama dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana penggunaan Handphone dikalangan siswa kelas XI IPS SMAN 1 GRATI. 2.

1.3

Tujuan PenelitianKarya Tulis Ilmiah ini dibuat berdasarkan permasalahan yang dikemukakan diatas bertujuan untuk :

1. Mengetahui penggunaan Handphone dikalangan siswa kelas XI IPS SMAN 1 GRATI. 2. Mengetahui sikap orang terhadap pengunaan HP di kalangan siswa SMA Negeri 1 Grati.

1.4

Manfaat PenelitianSelain Karya Tulis Ilmiah ini mempunyai tujuan, dalam Karya Tulis Ilmiah ini juga mempunyai manfaat sebagai berikut : 1. Memberikan pengetahuan baru bagi siswa kelas XI IPS SMAN 1 GRATI mengenai teknologi. 2. Membantu siswa dalam melaksanakan pembelajaran. 3. Mendukung partisipasi siswa agar berprestasi dalam sekolah.

BAB II LANDASAN TEORI

2.1

Pengertian HandphoneHandphone adalah alat komunikasi, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Alat ini merupakan komunikasi lisan atau tulisan yang dapat menyimpan pesan dan sangat praktis untuk dipergunakan sebagai alat komunikasi karena biasa dibawa kemana saja. Handphone atau Telepon seluler atau yang lebih dikenal dengan ponsel dari dulu sampai sekarang telah mengalami perubahan baik teknologinya yang dulu hanya dapat untuk berbicara sekarang sudah dapat dipakai untuk bertukar data atau bahkan untuk memotret, sedangkan dari bentuk fisiknya mulai dari berat dan besar hingga yang seukuran korek api. Dari semua perkembangan tersebut tetap saja dipertahankan teknologi dasarnya yaitu bagaimana ponsel menerima sinyal dan mengirim sinyal.Teknologi seluler merupakan gabungan teknologi dari beberapa penemuan teknologi-teknologi sebelumnya. Antara lain dari penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876, sedangkan radio oleh Nikolai Tesla (1880) yang kemudian pada tahun 1894 secara formal dikenalkan orang Italia bernama Guglielmo Marconi.

2.1.1 Sejarah HandphonePenemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel. Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta). Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia. Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang

switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman.

2.1.2 Fungsi Dari HandphoneSelain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multi fungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital,game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat. Dewasa ini, peranan ponsel sudah menjadi sebuah kebutuhan Primer Seharihari, berikut kategori ponsel berdasarkan Fungsi : Ponsel Bisnis Ponsel jenis ini ditujukan untuk anda yang menginginkan perangkat bisnis dalam genggaman anda, biasanya ponsel yang telah memiliki kemampuan ini tergolong ponsel pintar "smartphone". Beragai aplikasi bisnis terdapat dalam ponsel ini dan dapat membuat pekerjaan kantor anda dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah ponsel. Ponsel Hiburan Ponsel Jenis ini merupakan ponsel berjenis multimedia, dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan musik, seni, foto, sosial dan lainnya dapat anda atasi dengan sebuah ponsel. Banyak Ponsel jenis ini yang memiliki varian nya tersendiri, seperti Ponsel Musik, Ponsel Kamera, dan Ponsel Internet Sosial. Ponsel Fashion Ponsel jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya, dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan "seadanya". Tetapi dibalik itu semua, sebuah Ponsel Fashion dapat berharga berkali kali lipat dari harga ponsel tercanggih. Dewasa ini dapat ditemukan ponsel yang berharga lebih mahal dari harga sebuah kendaraan bahkan lebih mahal dari harga sebuah rumah. Ponsel Standar Ponsel jenis ini diperuntukan untuk anda yang menginginkan ponsel yang simpel, fitur yang disematkan dalam ponsel ini merupakan fitur inti, tanpa teknologi baru yang disematkan.

2.1.3 Dampak Dari Penggunaan HandphoneDampak positif penggunaan ponsel antara lain: a. Semakin mudah dan cepatnya manusia dalam berkomunikas.i b. Semakin murah dalam berkomunikasi. c. Mudah berkomunikasi dalam jarak jauh. d. Semakin berkembangnya bisnis ponsel. e. Semakin berkembangnya bisnis yang menghubungkan dengan teknologi ponsel. Dampak negatif penggunaan ponsel antara lain: a. Semakin melunturnya nilai moral dan sopan santun. b. Adanya kejahatan dan penipuan dalam SMS. c. Kejahatan dalam penyalahgunaan kamera dan foto dalam ponsel.Disinyalir bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan dapat menimbulkan kanker otak dan resiko tumor otak. d. Dampak kultural yakni bahwa ponsel tidak hanya sebagai teknologi komunikasi namun juga sebagai hal yang mencerminkan ikatan emosional dan budaya yang melambangkan status sosial manusia sehingga manusia selalu melihat ponsel sebagai ukuran status manusia dan berlomba untuk selalu mendapat serta mengganti ponsel dengan tipe yang terbaru. e. Dengan ponsel masyarakat kini lebih cenderung menjadi masyarakat yang malas karena hanya dengan ponsel dapat melakukan berbagai aktivitas komunikasi sehingga proses interaksi secara langsung atau tatap muka dengan orang lain jarang dilakukan.

2.2

Profil SMAN 1 GRATISMAN 1 GRATI merupakan sekolah menengah atas yang didirikan 27 tahun yang lalu di daerah sumurwaru. SMAN 1 GRATI dulunya yang mempunyai lahan gersang dan panas ini karena tidak adanya tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di daerah itu, jini menjadi sekolah yang sangat indah, sejuk, asri dan nyaman. Hal ini disebabkan karena ketekunan para warga sekolah yang mampu membangun keadaan sekolah yang indah. SMAN 1 GRATI kini sudah menjadi sekolah ADIWIYATA yang artinya sekolah yang berwawasan dan perduli terhadap lingkungan.Setelah mencapai predikat ADIWIYATA sekarang SMAN 1 GRATI mencoba menjadi sekolah ADIWIYATA TINGAKAT MANDIRI. Kerja keras dalam menjaga keindahan dan kelestarian lingkungan sekolah sangat diharapkan untuk tercapainya ADIWIYATA TINGKAT MANDIRI. Untuk kegiatan yang mencakup tentang lingkungan, setiap 1 tahun sekali SMAN 1 GRATI banyak melakukan penanaman pohon di daerah yang kering dan lahan kritis, seprti di Alas Tlogo, dan di daerah sekitar grati. Dan dalam menjaga kelestarian laut, SMAN 1 GRATI melakukan kegiatan menanam pohon mangrove di daerah Penunggul bersama Bpk Karim.

Selain mampu menjaga kelestarian lingkungan SMAN1 GRATI mempunya banyak prestasi baik dalam segala bidang. Terbukti pada piagam-piagam dan trophi yang SMAN 1 GRATI miliki. Tak cukup itu saja, SMAN 1 GRATI sekarang sudah menjadi sekolah RSBI yang merupakan RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL. Adapun Visi dan Misi SMAN 1 GRATI adalah sebagai berikut:

Visi :Terciptanya Insan Agamis, Potensial, Mandiri Dan Berprestasi Tingkat Nasional Dan Internasional Serta Terciptanya Lingkungan Sekolah Yang Sehat, Aman, Tertib, Rapi Dan Indah.

Misi:1.Menyiapkan Program Pembelajaran Dan Bimbingan Secara Efektif Dan Berkelanjutan, Sehingga Setiap Siswa Berkembang Secara Optimal. 2.Menumbuhkan Motivasi Dan Semangat Berprestasi Secara Intensif Dalam Bidang Intrakurikuler Dan Ekstrakurikuler Baik Dibidang Sains, Teknologi, Seni Dan Olah Raga Secara Optimal. 3.Melaksakan Kajian Keagamaan Dan Nilai Budaya Secara Intensif Guna Menumbuhkan Penghayatan Dan Pemahaman Ajaran Agama Dan Nilai-Nilai Budaya Bangsa, Sehingga Menjadi Sumber Pijakan Yang Arif Dalam Bertindak Dan Bersikap. 4.Menerapkan Menejemen Parisipasif Dengan Melibatkan Seluruh Warga Sekolah Dan Kelompok Kepentingan Yang Terkait Dengan Sekolah ( Stake Holder ). 5.Membentuk Insan Yang Cerdas, Kreatif Dan Berakhlak Mulia Serta Berprestasi Ditingkat Nasional Maupun Internasioanal. 6.Menciptakan Lingkungan Sekolah Yang Sehat, Aman, Nyaman, Tertib, Rapi Dan Indah.

BAB III METODE PENELITIAN 3.1 JenisPenelitianPenelitian dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini, peneliti menggunakan penelitian lapangan atau deskriptif dalam mencari data menggunakan angket sebagai penyebaran data.

3.2

Sumber Dataa. Populasi Penelitian Dalam penelitian ini yang perlu dilakukan adalah memilih dan menggunakan siswa XI IPS SMAN 1 GRATI tahun ajaran 2011-2012 menjadi populasi penelitian yang terbagi atas 4 kelas yaitu : 1) 2) 3) 4) Kelas XI IPS 1 = 44siswa Kelas XI IPS 2 = 44siswa Kelas XI IPS 3 = 42siswa Kelas XI IPS 4 = 43 siswa Total = 173 siswa

b. Sample Penelitian yang peneliti lakukan mengambil 15% dari populasi siswa kelas XI IPS yang menjadi sampel data. 15% x173= 25.95 ( 24 siswa ) 24 : 4 = 6 ( 6 siswa tiap 1 kelas IPS ) Dari hasil perhitungan diatas peneliti mengambil 6 siswa tiap kelas yang terbagi menjadi 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang dibagi rata dalam penyebaran angket.

3.3

Teknik Pengumpulan DataDalampenelitian kami menyebarkanangketsebanyak 24 yang dibagi rata pada setiap kelas XI IPS tahun ajaran 2011-2012. Setelah angket kami sebar, angket dikumpulkan sesuai dengan jawaban responden.

3.4

TeknikPengolahan DataTeknik pengolahan data yang kami lakukan yaitu hasil dari pengumpulan angketangket yang telah diisi oleh jawaban responden tersebut, kami jadikan sumber dalam penyempurnaan data yang kami lakukan.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1

Gambaran Lokasi PenelitianSMAN 1 GRATI merupakan sekolah menengah atas yang didirikan 27 tahun yang lalu di daerah sumurwaru. SMAN 1 GRATI dulunya yang mempunyai lahan gersang dan panas ini karena tidak adanya tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di daerah itu, jini menjadi sekolah yang sangat indah, sejuk, asri dan nyaman. Hal ini disebabkan karena ketekunan para warga sekolah yang mampu membangun keadaan sekolah yang indah. SMAN 1 GRATI kini sudah menjadi sekolah ADIWIYATA yang artinya sekolah yang berwawasan dan perduli terhadap lingkungan.Setelah mencapai predikat ADIWIYATA sekarang SMAN 1 GRATI mencoba menjadi sekolah ADIWIYATA TINGAKAT MANDIRI. Kerja keras dalam menjaga keindahan dan kelestarian lingkungan sekolah sangat diharapkan untuk tercapainya ADIWIYATA TINGKAT MANDIRI.

4.2

Hasil AngketNO

PERTANYAAN

JAWABANYa Tidak0 24 23 23

PERSEN (%)Ya Tidak

1. 2. 3.

4. 5. 6.

Apakah anda mempunyai handphone ? Apakah menurut anda Handphone itu penting ? Apakah anda menggunakan handphone dengan baik ? Apakah anda pernah mengisi handphone dengan hal yang bersifat negatif ? Apakah anda mengetahui dampak dari Handphone ? Apakah orang tua anda, melarang anda menggunakan Handphone ?

Dari hasil angket yang peneliti dapatkan, kami mendapatkan hasil yang cukup baik. Bahwa dari 15% jumlah siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2011-2012 banyak dari mereka yang mempunyai Handphone sebagai kebutuhan hidup dimasa kini. Dari hasil angket yang kami dapatkan 24 responden menyebutkan bahwa handphone itu penting peranannya bagi mereka. Banyak dari mereka juga sudah menggunakan handphone dengan baik. Tetapi meskipun begitu mereka juga ada yang mengisi Handphonenya dengan hal-hal yang bersifat negatif. Mereka mengetahui dampak dari penggunaan Handphone itu sendiri apa. Peran orang tua dalam mengawasi anaknya dalam

menggunaan handphone cukup baik. Seperti melarang anaknya menggunakan Handphone. Tetapi tidak sedikit pula orang tua yang tidak melarang anaknya untuk menggunakan Handphone.

4.3

PembahasanDari hasil angket yang kami terima, bahwa Penggunaan Handphone Dikalangan Siswa Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2011-2012 sangatlah bermacam-macam. Adapun juga pembahasan tujuan yang sudah dikemukakan sebelumnya. 1. Penggunaan handphone dikalangan siswa kelas XI IPS SMAN 1 GRATI. Penggunaan Handphone Dikalangan Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 GRATI sangatlah banyak.Terbukti dari hasil angket yang kami sebarkan siswa banyak yang mempunyai handphone. Mereka juga menyebutkan bahwa fungsi dari handphone adalah sebagai alat komunikasi. Karena perkembangan yang semakin modern ini. Hadirnya handphone tak pernah surut.Semakin hari peminat handphone sangatlah banyak. Baik mereka dari kalangan atas maupun kalangan menengah kebawah. 2. Peran orang tua dalam mengawasi anaknya yang mempunyai handphone. Disini orang tua sangat berperan penting dalam mengawasi tumbuh kembang setiap anak-anaknya dalam menggunakan handphone.Dari hasil angket yang kami dapatkan sebagian dari mereka dilarang menggunakan handphone oleh orang tuanya.Banyak alasan orang tua melarang anaknya untuk tidak menggunakan handphone.Tetapi tak banyak juga dari orang tua mereka yang melarang mereka untuk menggunakan handphone.

BAB V PENUTUP

5.1

KesimpulanHandphone adalah alat komunikasi, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Alat ini merupakan komunikasi lisan atau tulisan yang dapat menyimpan pesan dan sangat praktis untuk dipergunakan sebagai alat komunikasi karena biasa dibawa kemana saja.Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC.Penggunaan Handphone DikalanganSiswaKelas XI IPS SMAN 1 GRATI sangatlah banyak.Terbukti dari hasil angket yang kami sebarkan siswa banyak yang mempunyai handphone.Disini orang tua sangat berperan penting dalam mengawasi tumbuh kembang setiap anak-anaknya dalam menggunakan handphone.Selain sebagai alat komunikasi handphone juga bisa menyebabkan seseorang kecanduan. Hal itu bisa terjadi apabila si pengguna handphone itu sendiri menggunakannya secara terusmenerus.

5.2

SaranBagi orang tua : -. Mengantisipasi anaknya dalam menggunakan handphone - Memotivasi anaknya agar semangat berprestasi Bagi siswa : - Memotivasi dirinya agar lebih giat belajar di sekolah - Menggunakan handphone dengan sebaik-baiknya - Menghindari sisi negative dalam menggunaka handphone - Memperluas ilmu pengetahuan akan hadirnya handphone

DAFTAR PUSTAKAHTTP//WWW.GOOGLE.COM

Lampiran 1

Lembar Angket instrumen penelitian

Angket Penggunaan Handphone Dikalangan Siswa Kelas IX IPS Tahun Ajaran 2011 2012 Beri tanda silang( X ) pada jawaban yang anda pilih!

1.Apakah anda mempunyai Handphone ? a. Ya b. Tidak 2.Apakah menurut anda Handphone itu penting ? a. Ya b. Tidak 3.Apakah anda sudah menggunakan Handpone dengan baik ? a. Ya b. Tidak 4.Apakah anda pernah mengisi Handphone dengan hal yang bersifat negative ? a. Ya b. Tidak 5.Apakah anda mengetahui dampak dari Handphone ? a. Ya b. Tidak 6.Apakah orang tua anda, melarang anda menggunakan Handphone ? a. Ya b. Tidak

Lampiran 2

PROFIL PENULISPENULIS 1 Nama Nama Panggilan Tempat Tanggal Lahir Alamat Rumah Zodiak Hoby Makanan Favorit : Wildan Jaka Pratama : Jaka : Pasuruan, 16 Agustus 1995 :Dsn.Gunungan rw.13 rt.02 Nguling-Pasuruan : Leo : Bermain Gitar : Nasi Putih

Idola Cita-cita PENULIS 2 Nama Nama Panggilan Tempat Tanggal Lahir Alamat Rumah Zodiak Hoby Makanan Favorit Idola Cita-cita PENULIS 3 Nama Nama Panggilan Tempat Tanggal Lahir Alamat Rumah Zodiak Hoby Makanan Favorit Idola Cita-cita

: Guns n Roses : Menjadi Orang sukses

: Yunita Handayani : Yunita : Pasuruan, 20 Juni 1995 : Dsn.susuan rw.03 rt.02 Nguling-Pasuruan : Gemini ( Si Kembar) : Tidur, Makan, Nonton TV, Jalan-jalan, Online : Mie Goreng : Ungu Band : Menjadi Dosen Ekonomi

: Muhammad Nur Arifin : Arifin : Pasuruan 21 Oktober 1995 : Dsn.Batuan rw.015 rt.013 Desa Randuati-Nguling : Libra : Melukis dan Bermain komputer : Pastel dan Shushi :Bill Gates : Menjadi Insinyur