contoh kp absensi

Download Contoh kp absensi

Post on 16-Apr-2017

115 views

Category:

Internet

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

BAB I PENDAHULUAN1.1. Latar Belakang1.2. Batasan Masalah1.3. Rumusan Masalah1.4. Tujuan Penelitian1.5. Manfaat Penelitian1.6. Sistematika Penulisan BAB II LANDASAN TEORI2.1 Konsep Dasar Sistem2.2 Konsep Dasar Informasi2.3 Konsep Dasar Sistem Informasi2.4 Rekayasa Perangkat Lunak2.5 UML (Unified Modelling Language)2.6 Konsep Database Management System2.7 Sekilas Tentang Delphi2.8 Konsep Pemrograman Berorientasi Objek2.9 Bagan Alir2.10 Entity Relationship Diagram (ERD)2.11 Barcode2.12 Penelitian Dengan Menggunakan Metode Barcode2.13 SQL2.14 Rational Rose

BAB III METODOLOGI PENELITIAN3.1 Metode Pengumpulan Data3.2 Metode Pengembangan Sistem

BAB IPENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang MasalahPerkembangan dunia teknologi informasi saat ini semakin cepat memasukiberbagai bidang, sehingga kini semakin banyak perusahaan yang berusahameningkatkan usahanya terutama dalam bidang bisnis yang sangat berkaitan eratdengan teknologi informasi itu sendiri. Hal ini didukung oleh pernyataan bahwaKegunaan komputer pada aplikasi bisnis adalah untuk menyediakan informasidengan cepat dan tepat. Informasi ini ibarat darah yang mengalir di dalam tubuhsuatu perusahaan. Jika di dalam suatu perusahaan, informasi tersebut terhenti atauterhambat, maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh (Jogiyanto, 1999:96).Salah satu perkembangan teknologi informasi yang penting adalahsemakin dibutuhkannya penggunaan alat pengolah data yang berfungsi untukmenghasilkan informasi yang dibutuhkan. Perusahaan-perusahaan yang inginmengembangkan usaha dan mencapai sukses harus mengikuti era informasidengan menggunakan alat pendukung pengolah data yaitu komputer. Hal inididukung oleh pernyataan yang diutarakan bahwa komputer digunakan untukmengelola sumber daya yang luas dari perusahaan-perusahaan yang memandangseluruh dunia sebagai pasar mereka dimana pada eksekutif perusahaan melakukaninvestasi pada teknologi informasi dengan tujuan mencapai skala ekonimis dandapat mengembangkan produk yang dapat dijual di seluruh dunia (Mcleod,1998:92).

Dengan adanya komputer sebagai alat pengolah data, maka semua bidangdalam suatu perusahaan ataupun instansi dapat dikomputerisasikan, dalam hal inibidang-bidang yang dianggap penting dan utama karena hal ini dapat mendukungkeberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya.Dalam kajian ini penulis ingin memberikan suatu solusi denganmerancang dan mengaplikasikan suatu alur kerja sistem absensi berdasarkansistem absensi manual yang sudah ada pada PT. Kemenangan Jaya yang masihkurang efektif dan efisien, dan membuat sistem basis data yang akan digunakandalam aplikasi absensi yang terkomputerisasi, user Interface untuk mengelolabasis data tersebut, dan aplikasi absensi yang terkomputerisasi dengan baik antarasistem basis data, user interface, dan user itu sendiri dengan penambahan metodebarcode untuk memberikan solusi optimal yang telah terkomputerisasi, kecepatandan ketepatan pengolahan data, dan mengurangi tingkat kesalahan pada waktuproses pengabsenan berlangsung (http://www.wikipedia.com/barcode). Olehsebab itu dengan berdasarkan alasan ini penulis mencoba mengambil tema dalampenulisan skripsi ini dengan judul : Pengembangan Aplikasi Sistem AbsensiKaryawan Dengan Metode Barcode Pada PT. Kemenangan Jaya.

1.2 Rumusan MasalahPT. Kemenangan Jaya yang bergerak dibidang retail berkeinginan untukmemiliki suatu sistem informasi absensi karyawan yang dapat menggantikansistem absensi yang telah ada namun masih berjalan secara manual. Keinginan initimbul karena perusahaan ini mengalami kesulitan dalam mengolah data informasi

absensi sehingga mengakibatkan semakin banyaknya hardcopy arsip danmenyulitkan ketika pihak manajemen personalia perusahaan bermaksud untukmerekap dan melakukan pendataan ulang data dan daftar hadir karyawan yangtelah berlangsung selama 1 tahun lamanya.Proses pengabsensian yang telah ada di PT. Kemenangan Jaya dapatdikatakan masih kurang efisien dan efektif karena semua masih dilakukan secaramanual, mulai dari pendataan dan penghitungan jam hadir, jam keluar, lamawaktu kerja, sampai dengan keterangan tidak masuk karyawan. Sedangkan didepartemen personalia, pengaksesan ini belum memiliki sesuatu sistem informasipegawai yang baik. Semua hal tersebut sering mengakibatkan hasil yang kurangteliti dan memakan waktu yang lama. Masalah yang utama yang timbuldikarenakan adanya faktor kelelahan mental akibat hanya ada seorang staff yangbertanggung jawab dalam perhitungan jam kerja.Penggunaan metode barcode pada aplikasi sistem absensi karyawan inijuga akan membuat sistem absensi ini menjadi lebih efektif dan efisien karenasetiap pegawai hanya akan menempelkan kartu ID karyawan pada perangkatbarcode scanner yang telah tersedia dimana penghitungan jam hadir dan jamkeluar karyawan akan masuk pada database, kemudian hasil inputan nomor indukkaryawan atau barcode akan menjadi acuan jam kedatangan karyawan tersebut.Dalam pembuatan skripsi ini, penulis akan memberikan suatu solusitentang :1. Bagaimana sistem absensi ini dapat membantu proses pencatatan datadan daftar hadir karyawan.2. Bagaimana memberikan report harian, bulanan, dan tahunan data dandaftar hadir karyawan.

1.3 Batasan MasalahAplikasi sistem absensi dengan metode barcode pada PerusahaanKemenangan Jaya akan memberikan suatu report pencatatan atau log secaraharian, bulanan, dan tahunan tentang data dan daftar hadir karyawan, waktukedatangan, waktu pulang. Aplikasi absensi ini hanya akan mencatat hal-hal yangberkaitan dengan data dan daftar kehadiran karyawan, dan tidak melakukanpengaturan terhadap penentuan waktu kedatangan dan kepulangan karyawan.Aplikasi ini tidak akan melakukan penghitungan penggajian karyawanberdasarkan lamanya waktu kerja karyawan dan aplikasi ini juga tidak terhubungdengan database perusahaan, karena aplikasi ini merupakan suatu aplikasitambahan yang berdiri sendiri sehingga tidak akan mengganggu dan mengacaukandatabase pusat yang terhubung dengan data keseluruhan dan keterangan aktifitasperusahaan.Pendeteksian absensi pada aplikasi ini terbatas pada metode dan teknologiyang digunakan, yakni barcode dan tidak menggunakan teknologi pendeteksianyang lain seperti fingerprint scan atau yang lainnya.

1.4 Tujuan PembuatanTujuan dari diadakannya penelitian, perancangan, dan pembuatan aplikasiabsensi dengan sistem barcode dalam menunjang penulisan skripsi ini adalahuntuk :1. Menyusun suatu sistem informasi yang berbasis komputer secarasistematis, terstruktur, terarah dan lengkap dengan demikian sisteminformasi yang dibuat benar-benar berguna dan mengefisienkanpekerjaan dalam perusahaan.2. Memberikan suatu solusi dengan merancang, memberikan hasil report,dan mengimplementasikan Aplikasi absensi yang telah dibuat danakan digunakan di Perusahaan Kemenangan Jaya sebagai penunjangproses pendataan kehadiran karyawan yang ada dan dilakukan padaperusahaan tersebut.

1.5 Manfaat PenulisanManfaat yang akan didapat dari penulisan skripsi dalam pembuatan danpengaplikasian sistem absensi dengan barcode ini adalah sebagai berikut :1. Membantu Perusahaan Kemenangan Jaya untuk mengubah sistemabsensi yang telah berjalan secara manual menjadi suatu sistemabsensi yang terkomputerisasi.2. Membantu Perusahaan Kemenangan Jaya dalam meningkatkankinerja dan etos kerja serta kedisiplinan kerja kepada parakaryawannya.3. Membantu pendataan dan daftar hadir karyawan perusahaan denganmemberikan suatu solusi optimal yang telah terkomputerisasi danberbasis data dengan penggunaan metode barcode.4. Sistem aplikasi absensi ini akan mampu untuk melakukan beberapafasilitas dan fungsi seperti : Mempunyai password yang bergunauntuk melindungi pemakaian sistem oleh orang yang tidakberwenang, sistem mempunyai fasilitas pengendali error yaitu berupapesan kesalahan atau proses yang akan muncul dalamsistem.pengabsensian, mampu menyimpan data-data mengenai datapribadi dan data absensi karyawan, dan sistem dapat melakukanpencarian data5. Memberikan suatu report secara berkala tentang data dan daftarkehadiran karyawan sebagai bahan acuan peningkatan etos dankedisiplinan karyawan dalam perusahaan6. Memberikan input perbaikan guna meningkatkan sistem yang sudahada agar lebih optimal.

1.6 Metode PenelitianMetode yang digunakan dalam perancangan dan pengembangan sistemaplikasi absensi karyawan ini adalah dengan menggunakan beberapa metode,antara lain :1. Metode InterviewKoentjaraningrat (1985:167) mengartikan interview sebagai sebuahtindakan pengumpulan informasi dengan cara mengajukan sejumlahpertanyaan secara lisan dan dijawab secara lisan pula yang akandigunakan dalam tahap analisa.2. Metode Pengembangan SistemMetode pengembangan sistem yang digunakan dalam penulisanskripsi ini adalah dengan menggunakan model pengembangan sistemspiral.Model Spiral yang diusulkan oleh Boehm (1988), menggambarkansebuah tahapan proses pengembangan perangkat lunak, yang terdiridari enam wilayah tugas (Pressman, 1997:47), yaitu antara lain :A. Komunikasi PelangganTugas-tugas yang dibutuhkan untuk membangun komunikasiyang efektif di antara pengembang dan pelanggan.B. PerencanaanTugas-tugas yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sumber daya,ketepatan waktu, dan proyek informasi lain yang berhubungan.C. Analisis ResikoTugas-tugas yang dibutuhkan untuk menaksir resiko-resiko, baikmanajemen maupun teknis.D. PerekayasaanTugas-tugas yang dibutuhkan untuk membangun satu atau lebihrepresentasi dari aplikasi tersebut. Penulis menggunakan notasi UMLsebagai case tool dalam perekayasaan sistem.E. Konstruksi dan PeluncuranTugas-tugas yang dibutuhkan untuk mengkonstruksi, menguji,memasang, dan memberikan pelayanan kepada pemakai. Jika seluruhobyek yang dibutuhkan telah selesai didesain maka tahap selanjutnyaadalah mengkonstruksikan obyek-obyek yang telah selesai didesainke dalam kode bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yangpenulis gunakan ialah Borland Delphi 5 sebagai pembuatan aplikasisistemnya dan menggunakan aplikasi perancangan database MS SQLServer 2000