contoh jurnal

CONTOH KARANGAN TENTANG LIBURAN Pada waktu liburan sekolah yang lalu saya dan keluarga berlibur ke rumah nenek di anyer,kami pergi dari Jakarta dengan menggunakakan mobil. Kami dari Jakarta pergi jam 08.00. di perjalanan kami terjebak macet maklum kota Jakarta. Banyak mobil di jalan membuat perjalanan tersendat. Kemudian kami terus melanjutkan perjalanan dan tiba di serang pukul 12.00. kami di sana langsung sholat dan makan bareng di sana. Saya menikmati suasana di rumah nenek yang penuh kekeluargaan. Kami pun beristirahat untuk di sana. Saya senang di rumah nenek, rumah nenek dekat dengan pantai sehingga kami kadang-kadang berjalan-jalan ke pantai. pantai di sana sangat indah. Pasir putih nya terhampar luas dan birunya air laut sungguh indah. Bahkan kami juga di sana melihat sunset sangat indah sekali. Saying sekali kami Cuma seminggu di sana kami sekeluarga harus pulang. Meski berat terasa untuk pergi.karena libur sekolah sudah habis maka kami harus pergi.saya selalu senang pergi kerumah nenek dan semoga kami sekeluarga masih bisa berkunjung ke rumah nenek.

Upload: maulana

Post on 15-Dec-2015

225 views

Category:

Documents

1 download

DESCRIPTION

Jurnal

TRANSCRIPT

Page 1: contoh jurnal

CONTOH KARANGAN TENTANG LIBURAN

Pada waktu liburan sekolah yang lalu saya dan keluarga berlibur ke rumah nenek di anyer,kami pergi dari Jakarta dengan menggunakakan mobil. Kami dari Jakarta pergi jam 08.00. di perjalanan kami terjebak macet maklum kota Jakarta. Banyak mobil di jalan membuat perjalanan tersendat. Kemudian kami terus melanjutkan perjalanan dan tiba di serang pukul 12.00. kami di sana langsung sholat dan makan bareng di sana. Saya menikmati suasana di rumah nenek yang penuh kekeluargaan. Kami pun beristirahat untuk  di sana.            Saya senang di rumah nenek, rumah nenek dekat dengan pantai sehingga kami kadang-kadang berjalan-jalan ke pantai. pantai di sana sangat indah. Pasir putih nya terhampar luas dan birunya air laut sungguh indah. Bahkan kami juga di sana melihat sunset sangat indah sekali.            Saying sekali kami Cuma seminggu di sana kami sekeluarga harus pulang. Meski berat terasa untuk pergi.karena libur sekolah sudah habis maka kami harus pergi.saya selalu senang pergi kerumah nenek dan semoga kami sekeluarga masih bisa berkunjung ke rumah nenek.

Page 2: contoh jurnal

Berlibur ke Pantai pangandaran

Setelah mengikuti ujian akhir yang lalu, aku bersama teman-temanku berlibur ke Pantai Pangandaran untuk melepas penat kami. Pada waktu itu, aku dan 10 orang teman sekelasku pergi ke pantai dengan mengendarai sepeda motor. Jarak antara pantai dengan rumah kami tidaklah jauh, hanya berjarak 10 km saja.

Kami berangkat pukul sembilan pagi dari salah satu rumah temanku. Kami sengaja tidak membawa bekal dari rumah karena kami pikir itu akan sangat merepotkan, sehingga di tengah perjalanan kami mampir ke sebuah rumah makan padang untuk membeli bekal berupa nasi dan lauk.

Setelah 2 jam di perjalanan, akhirnya kami tiba di pantai. Aku dan teman-temanku langsung memarkirkan kendaraan kami dan menuju pinggiran pantai. Ketika kakiku menyentuh air laut, aku merasa sangat senang karena aku merasakan stress yang terkumpul di kepala lenyap seketika. Kemudian aku diajak temanku untuk berganti pakaian dan berenang di laut.

Kami pun bersenang-senang waktu itu dan melakukan banyak hal seperti, berenang, menaiki kapal boat dan diving melihat terumbu karang. akhirnya hilang sudah penat kami akan ujian yang telah kami lalui. karena keasyikan bermain, tak terasa hari sudah siang dan terik. Kami pun mencari sebuah tempat yang teduh untuk beristirahat sejenak dan menikmati bekal kami.

Kami semua makan bersama di bawah batang pohon yang rindang. Sungguh hangat suasana pada saat itu, kami pun menghabiskan semua bekal yang telah kami beli hingga tak tersisa sedikitpun, Setelah makan bersama, aku dan teman-teman melanjutkan kegembiraan kami dengan menyewa sebuah bola dan memainkannya di pantai. Tak ada waku yang sangat menyenangkan kecuali waktu itu, kami sangat menikmati liburan kami kali ini.

Setelah hari semakin sore, kami mandi dan bersiap untuk kembali ke rumah. Namun sebelum pergi kami sempat mengabdikan momen kami bersama dalam sebuah poto. Pukul 5 sore kami segera pulang menuju rumah kami masing-masing. Liburan kali ini sangatlah berkesan bagiku karena aku bisa berkumpul dengan teman-teman ku dan melepas penat kami bersama di Pantai Pangandaran yang indah.

Pergi ke Ciater

Pada hari Rabu, aku pergi ke Ciater aku pergi bersama nenekku. Aku di sana menaiki bis, di bis banyak

yang berjualan. Ketika aku dan nenekku sudah sampai aku berganti pakaian lalu merendam di air

panas.

Setelah berendam di air panas, aku merasa mengantuk, lalu aku keluar dari tempat air panas dan

makan makanan ringan, rasanya sangat melelahkan. Lalu nenekku mengajakku untuk berjalan-jalan

mengelilingi Ciater lalu ku dengar suara adzan dzuhur berbunyi.

Page 3: contoh jurnal

Lalu akupun segera mengambil mukena dan pergi ke masjid bersama nenekku. Setelah sampai masjid

aku dan nenenkku ke tempat wudhu lalu aku dan nenekku memulai shalat. Setelah shalat aku dan

nenekku pulang ke Depok . Aku sangat senang sekali pergi ke Ciater.

Pergi ke Taman Safari

Pada hari Sabtu aku pergi ke Taman Safari bersama teman-teman dan keluargaku. Aku sangat senang

sekali melihat hotel yang tinggi sekali. Aku berangkat naik bis di sana aku menonton TV.

Aku tiba di Taman Safari. Di sana aku berkeliling dengan mobil untuk melihat binatang-binatang, ada

singa, harimau, jerapah, dan masih banyak lagi. Aku di sana senang sekali melihat berbagai jenis

binatang.

Setelah itu adzanpun tiba, aku dan teman-teman wudhu untuk shalat dzuhur bersama teman-teman

dan keluargaku. Setelah shalat aku berenang, aku ganti bajunya di kamar mandi, aku pun berenang

dengan teman-temanku. Sesudah berenang akupun pulang naik bis lagi.

Dari Inova Imroatu :

Pergi ke Semarang

Pada liburan sekolah aku ke Semarang. Aku berangkat ke Semarang jam 21.00. Aku berangkat

bersama nenek dan kakek. Pada hari itu aku naik kereta api. Aku tidur di kereta pas sudah sampai aku

dijemput sama om saudaraku yang sudah menungguku.

Siang hari kemudian aku main dengan adik sepupuku. Aku main sepeda, sesudah main sepeda aku

manjat pohon, aku mandi sore bersama kakakku. Sehabis mandi aku main perosotan terus aku lomba-

lombaan bangun pagi. aku bangun pagi jam 04.00 pagi sama adik sepupuku terus sama kakakku.

Aku terus pergi ke rumah Cina. Aku kesama bersama temanku, kakak, sepupuku. Terus siangnya aku

main komputer , sorenya main layang-layang bersama kakak sepupuku. Setelah banyak main,

malamnya aku tidur bersama kakakku. Aku pun akhirnya pulang lagi ke Purwakarta.

Sebuah Pengalaman yang Mengesankan

Ketika  bangun  pada hari  Senin  pagi, aku  sangat terkejut  karena   melihat jam di kamar telah

menunjukkan  pukul  06.30 WIB. Aku  langsung  bangun  dan  menuju  ke kamar  mandi. Sampai  di

kamar  mandi  tiba-tiba aku  terpeleset dan hampir saja mencederaiku.

Setelah mandi, aku berpakaian sekolah, sarapan pagi lalu berangkat sekolah dengan menggunakan

sepeda motor. Sesampainya di sekolah kulihat tasku untuk mengambil topi. Betapa terkejutnya aku,

ternyata topiku tidak ada di dalam tas. Karena hari itu hari senin (ada upacara bendera) aku pulang ke

rumah untuk mengambil topi. Selesai mengambil topi aku kembali lagi ke sekolah dengan menaiki

sepeda motor. Tiba-tiba di jalan motorku mogok, setelah diperiksa ternyata bensinnya habis. Terpaksa

kudorong motor untuk mencari tempat penjualan bensin eceran. Untunglah tempat penjualan bensin

itu tidak jauh. Aku membeli satu liter bensin dan langsung tancap gas menuju ke sekolah.

Page 4: contoh jurnal

Setibanya di sekolah ternyata murid-murid sudah berkumpul di lapangan. Upacara hampir saja

dimulai. Aku pun tergesa-gesa berlari menuju ke lapangan upacara. Ketika upacara dimulai kepala

sekolah langsung memberi pengarahan tentang tata tertib sekolah. Tiba-tiba datanglah seorang guru

untuk memeriksa kerapian murid-muridnya, dan sialnya rambutku dinilai panjang oleh guru. Dengan

leluasa serta tak kuasa kumenolak gunting yang ada digengaman guru mencabik-cabik rambutku.

Dengan rambutku yang tak karuan, aku langsung masuk ke kelas untuk mengikuti pelajaran.

Rupaya pelajaran tersebut mempunyai pekerjaan rumah (PR) dan aku lupa mengerjakan tugas

tersebut lalu dihukum oleh guru untuk membuat tugas itu sebanyak tiga kali. Aku langsung

mengerjakan tugas itu. Sebelum aku mengerjakannya jam pelajaran pun habis lalu aku disuruh

menulis beberapa kali lipat lagi oleh guru. Ketika sedang mengerjakan tugas itu, teman-teman ribut di

kelas karena jam pelajarannya kosong. Dengan senangnya teman-teman pun bermain di kelas

sehingga aku pun merasa terganggu. Aku menegurnya supaya tidak ribut lagi, ternyata mereka tidak

senang dan tidak terima atas teguranku.

PENGALAMAN PULANG KE KAMPUNG

Pengalaman pulang ke kampung pada musim cuti sekolah Pada masa cuti sekolah yang lalu,saya telah pulang ke kampung bersama keluarga saya. Kampung saya terletak di Tasikmalaya. Kami bercuti di kampung selama tiga hari. Setelah kami sekeluarga menyediakan barang-barang yang perlu dibawa,kami pun bertolak ke kampung halaman dengan gembira.

Perjalanan ke kampung mengambil waktu tiga jam. Kami bercerita di kereta sementara berada dalam perjalanan ke kampung. Pada pukul satu petang,saya dan keluarga saya telah tiba di rumah kakek dan nenek. Kakek dan nenek menyambut kedatangan kami dengan tangan terbuka. Nenek menghidangkan kue-kue yang dibuat olehnya kepada kami. Kue-kue yang dibuat oleh nenek enak sekali. Selepas makan,kami berehat sambil berbual-bual di bawah sebatang pokok yang terletak di hadapan rumah mereka.

Pada waktu senja,kami baru masuk ke rumah mereka. Pada hari kedua,kakek membawa kami sekeluarga pergi ke sungai yang berhampiran dengan rumahnya. Kami telah meyediakan pancingan dan umpan. Kakek mengajar saya dan kedua-dua adik lelakiku tentang cara-cara memancing ikan. Oleh itu,kami dapat memancing banyak ikan yang besar dengan senang. Selepas itu,kami membawa ikan-ikan yang dipancing ke rumah kakek dan nenek untuk digoreng gebagai lauk-pauk pada waktu petang. Pada hari ketiga,kakek membawa kami pergi ke gerai buah-buahannya.Terdapat banyak buah-buahan yang dijual oleh kakek seperti durian,anggur,nanas,tembikai,mangga dan sebagainya.Kami membantu kakek menyusun dan menjual buah-buahan.

Pengalaman Liburan sekolahPengalaman menyenangkan saya di saat liburan sekolah ,saya dan teman teman saya

pergi berlibur ke rumah orang tua teman saya yang terletak di padalarang. Kami ingin segera

Page 5: contoh jurnal

sampai di tujuan tersebut dan kami pun memutuskan untuk pergi kesana menggunakan sebuah angkutan kota yang di sebut kereta api agar cepat sampai tujuan .

Saat perjalanan menuju rumah teman saya, saya membeli oleh-oleh dulu untuk orang tua teman saya. Sore itu saat kami sampai di tujuan ,kami pun langsung menuju rumah teman saya dan saat masuk ke rumah nya kami langsung bersalaman kepada orang tua teman saya yang sudah menunggu di rumah nya dan kami pun langsung memberikan oleh oleh yang tadi di beli di perjalanan. Kami pun istirahat dulu sejenak dan meminun segelas teh yang di seduh dengan air dingin.

Setelah cukup beristirahat ,kami langsung menuju ke persawahan milik teman saya dan disana saya dan teman teman saya menikmati pemandangan alam yang indah menakjubkan. Karena udara nya masih sejuk dan hamparan sawah pun masih luas dan sungai sungai pun air nya masih mengalir jernih. Kami pun tidak sia sia karena telah di ajak oleh seorang teman saya untuk berlibur ke kampung halaman nya itu. Saat sore menjelang maghrib tiba ,kami bergegas untuk kembali pulang .dan kami tidak lupa untuk berpamitan kepada orang tua teman saya ..

pengalaman liburan sekolah

Pada liburan sekolah semester ganjil ini saya tidak libur ke mana-mana. Saya hanya sekedar berkumpyul-kumpul denga keluarga saja.Disitu kami saling bercanda tawa.Saya cukup senang dengan liburan kali ini,meslipun hanya sekedar berkumpul dengan keluarga saja.

Waktu pun berjalan seiring liburan hampir habis.Dan pada waktu itu,di rumah saya tidak ada ke giatan apa-apa.Pastinya liburan iti sangat membosankan.Tetapi di saat kebosanan itu datang,saya di hibur dengan saudara sepupu saya.meskipun Cuma di hibur gito doang lumyan lah buat ngilangi bosen.

Pada waktu liburan mau srlesai,saya di suruh nyokap buat pegi ke Jombang yang pasti ke rumah nenek.di sutu amat sangat sepi,yaaaaa lumayan bosen juga sich.... tapi untung ada temen-temen aku waktu sd meskipun ketemu Cuma bentar tapi gak papa dech buat ngilangin bosen.pada intinya liburan kali ini cukup seru dech