ciri khusus binatang

Download Ciri Khusus Binatang

Post on 02-Jan-2016

121 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Ciri Khusus Binatang::

:

:Dibuat oleh: Zhafran Hisyam

Sekolah: SD IT ALAZHAR

Kelas: II-B1. KUCING

Pernahkan kamu mendengar langkah kaki kucing? Tidak, bukan? Mengapa ya?Karena, kucing memiliki dua ciri khusus. Pertama adalah kakinya. Kaki kucing memiliki lapisan empuk dan tebal yang berguna untuk menyembunyikan kukunya.

Pada saat berjalan kukunya ditarik masuk sehingga tidak bersuara, sehingga musuh tidak mendengar ketika didekatinya.Perhatikan pula posisi kuku ketika sedang diam dan pada saat siap untuk menerkam! Pada waktu santai, kuku ditarik masuk ke dalam bantalan di kaki. Namun dalam keadaan siap menerkam, kukunya ditegangkan dan dikeluarkan dari posisi istirahat.

Ciri kedua adalah matanya. Pernahkan kamu melihat mata kucing dalam gelap? Matanya bersinar? Ya, betul! Hal ini karena mata kucing sangat tajam sehingga bisa melihat dalam gelap.

Kucing bergigi taring tajam karena pemakan daging. Kucing memiliki cakar yang tajam dan kuat untuk menangkap dan membunuh mangsanya. Kucing memiliki alat keseimbangan yang terdapat di dalam daun telinganya, sehingga jika jatuh dari ketinggian kucing tetap dapat mendarat dengan cara berdiri.

2. CECAK

Cicak termasuk hewan melata. Ciri-ciri khusus cicak antara lain:

a. Cicak dapat merayap di dinding tanpa terpeleset. Hal ini karena cicak memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. Dengan alur yang dimiliki, memungkinkan cicak dapat menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset.

b. Cicak mempunyai kemampuan memutuskan ekornya yang disebut autotomi. Hal ini dilakukan cicak untuk melindungi diri dari musuhnya. Cicak akan memutuskan ekor, kemudian ekor tersebut akan bergerak-gerak untuk mengalihkan perhatian musuh. Sementara itu, cicak dengan ekor yang putus akan leluasa untuk meloloskan diri.

c. Untuk memperoleh makanan, cicak mempunyai ciri khusus berupa lidah yang panjang dan lengket. Bentuk lidah ini digunakan untuk menangkap mangsa berupa serangga yang terbang.

3. BEBEK

Ciri khusus yang menarik pada hewan berikutnya adalah bebek. Hewan ini memiliki berbagai ciri khusus yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya.

Ciri-ciri khusus bebek antara lain:

a. Bebek hidup di darat, namun untuk mencari makan, bebek biasanya berada di air. Adapun ciri khusus yang dimiliki bebek untuk mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya.

b. Bebek mencari makan di air, baik kolam atau danau yang dangkal. Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulu bebek dilapisi oleh minyak. Sehingga pada saat bebek sampai di darat ia hanya tinggal mengibas-ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar. Jika bulu tubuhnya tidak dilapisi oleh minyak, air yang menempel akan terus menyerap ke dalam bulu tubuh bebek.

c. Bebek mempunyai kaki yang berselaput di antara jari kakinya. Jika kita perhatikan, bebek dapat berenang di air karena kakinya memiliki semacam selaput renang.

4. Beruang KutubBoneka Salju Raksasa: Beruang Kutub

Jika kalian melihat seekor beruang kutub, yang merupakan salah satu binatang terbesar di dunia ini, kalian barangkali akan mengiranya sebagai boneka salju. Boneka salju raksasa ini berbobot sekitar 800 Kg dan tingginya sekitar 2,5 meter. Beruang kutub mempunyai ciri-ciri menakjubkan yang memungkinkan mereka hidup di kutub utara. Meskipun beriklim kutub, banyak es dan badai salju, karena kebesaran Allah, lapisan lemak tebal yang berada di bawah kulit beruang kutub melindunginya dari kedinginan. Bulunya tebal, lebat, panjang dan halus. Jika beruang kutub hidup di gurun, ia tidak dapat bertahan dalam iklim panas gurun semenitpun.Beruang kutub tidak suka tidur di musim dingin. Hanya beruang betina, terutama yang sedang hamil, akan tidur panjang di musim dingin. Beruang kutub sangat pandai berenang dan menyelam. Ketika berenang, mereka menggunakan kaki depannya. Selain itu, di dalam air, mereka dapat menutup lubang hidung, dan tetap membuka matanya, kemudian kakinya yang berselaput, mirip dengan bebek, menjadikannya perenang yang mahir.Lapisan lemak setebal 10 cm di bawah kulit mereka menjadi penahan panas. Oleh karena itu, di air sedingin es, mereka dapat berenang sejauh 2000 km dengan kecepatan 10-11 kilometer per jam.

Tahukah kalian mengapa warna beruang kutub putih atau putih kecoklatan? Jika kita perhatikan, susah diketahui ada beruang putih di antara salju yang menutupi sungai-sungai dan lempengan es kutub utara yang membentang ribuan kilometer. Bayangkan bagaimana sulitnya mereka bersembunyi jika warna kulitnya hitam seperti burung gagak atau berwarna-warni seperti burung betet yang hidup di hutan tropis.

Beruang kutub mempunyai indra penciuman yang sangat tajam sehingga mereka mengetahui adanya bau anjing laut yang bersembunyi di bawah lapisan salju setebal 1,5 m. Ketika berburu, mereka juga menggunakan berbagai taktik. Sekarang bayangkan beruang kutub dengan bulu putih saljunya. Apakah kalian mengira seseorang akan mudah melihatnya jika ia menelungkup di atas salju? Jika kalian hanya memperhitungkan bulunya yang putih, kalian pasti menjawab tidak. Tapi ingat bahwa beruang kutub mempunyai hidung yang berwarna hitam. Di atas salju yang berwarna putih, hidung ini membuat penyamarannya tidak sempurna. Tapi beruang kutub melakukan sesuatu yang cerdik untuk mengatasi hal itu. Ia menutupi hidungnya dengan kaki depannya yang putih. Sekarang penyamarannya sempurna dan ia menunggu mangsa yang mendekatinya.

5. Elang

Ciri-ciri burung elang yaituparuhnya pendek, tajam, kuat, besar, setengah melingkar, tidak bergigi, dan runcing (paruh elang yang sedemikian rupa bisa mencabik-cabik mangsanya). Terdapat juga sebagian elang yang menangkap ikan sebagi makanan utama mereka, memiliki indra penglihatan yang tajam dan mampu terbang hingga ribuan meter. Apakah fungsi utama indra penglihatan yang tajam dari burung elang tersebut? Dan bagaimana hal ini bisa terjadi?

Elang dapat melihat benda secara rinci di tanah yang jauh di bawah. Elang juga mampu terbang hingga ketinggian ribuan meter. Mata elang bersudut pandang 300 derajat dan mampu memperbesar penampakan benda enam hingga delapan kali dari penampakan awalnya. Pada ketinggian 4.300 meter, elang dapat melihat 30.000 hektar daerah di sekelilingnya.

Pada ketinggian 1.500 meter, elang dapat melihat gerakan atau perbedaan warna benda untuk menentu-kan letak mangsanya. Nah bagaimana hal ini dapat terjadi? Elang memiliki banyak sekali sel kerucut yang peka cahaya pada retina matanya. Sel-sel tersebut mengumpulkan cahaya dan mengirimkannya ke otak. Sebagai perbandingan, jumlah sel kerucut mata manusia tidak sebanyak yang dimiliki elang.

6. Burung Merak

Merak biru atau Merak india, yang dalam nama ilmiahnya Pavo cristatus adalah salah satu burung dari tiga spesies burung merak. Merak biru mempunyai bulu berwarna biru gelap mengilap. Burung jantan dewasa berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 230cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang berwarna hijau metalik. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak biru membentuk kipas. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulu-bulunya tidak mengilap, berwarna coklat kehijauan dengan garis-garis hitam dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Burung muda seperti betina.

Merak jantan adalah poligami spesies, mempunyai pasangan lebih dari satu. Pada musim berbiak, burung jantan memamerkan bulu ekornya di depan burung betina. Bulu-bulu penutup ekor dibuka membentuk kipas dengan bintik berbentuk mata berwarna biru. Burung betina biasanya menetaskan tiga sampai enam butir telur.

Merak biru adalah burung nasional negara India. Spesies ini juga memegang peranan penting dalam mitologi Buddha, Hindu dan kebudayaan-kebudayaan lainnya.

7. Burung hantu

Burung hantu adalah kelompok burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Seluruhnya

Burung hantu dikenal karena matanya besar dan menghadap ke depan, tak seperti umumnya jenis burung lain yang matanya menghadap ke samping. Bersama paruh yang bengkok tajam dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah, tampilan "wajah" burung hantu ini demikian mengesankan dan kadang-kadang menyeramkan. Apalagi leher burung ini demikian lentur sehingga wajahnya dapat berputar 180 derajat ke belakang.

Umumnya burung hantu berbulu burik, kecoklatan atau abu-abu dengan bercak-bercak hitam dan putih. Dipadukan dengan perilakunya yang kerap mematung dan tidak banyak bergerak, menjadikan burung ini tidak mudah kelihatan; begitu pun ketika tidur di siang hari di bawah lindungan daun-daun.

Ekor burung hantu umumnya pendek, namun sayapnya besar dan lebar. Rentang sayapnya mencapai sekitar tiga kali panjang tubuhnya.

Kebanyakan jenis burung hantu berburu di malam hari, meski sebagiannya berburu ketika hari remang-remang di waktu subuh dan sore (krepuskular) dan ada pula beberapa yang berburu di siang hari.

Mata yang menghadap ke depan, sehingga memungkinkan mengukur jarak dengan tepat; paruh yang kuat dan tajam; kaki yang cekatan dan mampu mencengkeram dengan kuat; dan kemampuan terbang tanpa berisik, merupakan modal dasar bagi kemampuan berburu dalam gelapnya malam. Beberapa jenis bahkan dapat memperkirakan jarak dan posisi mangsa dalam kegelapan total, hanya berdasarkan indera pendengaran dibantu oleh bulu-bulu wajahnya untuk mengarahkan suara.

8. KelelawarKita jarang melihat kelelawar terbang pada siang hari, karena hewan ini hidup pada malam hari. Kelewar termasuk hewan mamalia (atau disebut mamalia yang bisa terbang), yaitu hewan yang menyusui anaknya dan berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan ini sangat unik, karena kemampuannya dalam terbang dan mencari makan pada malam hari.