cek gaya belajar

Download Cek gaya belajar

Post on 25-May-2015

2.394 views

Category:

Education

3 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Cara mengecek gaya belajar anda..By : AlBaghir..

TRANSCRIPT

  • 1. Abdul Rochim AlBaghir 0857 1936 1536

2.

  • Belajar adalah proses sepanjang masa, kita tidak mungkin hidup tanpa belajar. Akan tetapi, banyak sekali di antara kita yang kadang mengalami kesulitan dalam belajar. Mungkin karena malas atau karena kita tidak tahu bagaimana gaya yang pas buat kita dalam belajar.
  • Melalui tes sederhana ini, kita diajak untuk menemukan gaya belajar yang pas buat kita. Semoga setelah menemukan gaya belajar yang sesuai, kita tidak lagi terbebani dalam belajar, karena belajar itu asyik. Asyik karena sesuai dengan gaya belajar kita.

3.

  • Kuesioner ini bertujuan untuk mendeteksi GAYA BELAJAR yang dominan pada Siswa
  • Baca setiap pertanyaan dengan tenang, pahami dan pilih salah satu jawaban dengan cepat.
  • Pilihan Jawaban:
  • Sangat Setuju, Setuju, Ragu, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju.

4. 5.

  • Ketika guru mejelaskan perintahnya saya lebih memahaminya

6. 2.Saya lebih suka belajar dengan cara melalukan sesuatu di dalam kelas. 7. 3.Saya bekerja lebih produktif jika bekerja sama dengan orang lain 8. 4.Saya belajar lebih baik ketika belajar berkelompok 9. 5.Di kelas, saya belajar lebih baik ketika bekerja sama dengan orang lain. 10. 6.Saya belajar lebih baik jika membaca yang guru tulis di papan tulis. 11. 7.Ketika seseorang menjelaskan kepada saya bagaimana melakukan sesuatu dalam kelas, saya belajar lebih baik. 12. 8.Ketika saya melakukan berbagai hal dalam kelas, saya belajar lebih baik. 13. 9.Saya ingat dengan lebih baik hal yang telah saya dengar daripada hal yang saya baca. 14. 10.Jika saya membaca sejumlah petunjuk, saya dapat mengingatnya dengan lebih baik. 15. 11.Saya belajar lebih baik ketika saya membuat contoh atau modelnya. 16. 12.Saya memahami lebih baik jika membaca petunjuknya. 17. 13.Ketika saya belajar sendirian, saya dapat mengingat berbagai hal dengan lebih baik. 18. 14.Saya belajar lebih banyak ketika untuk mengerjakan tugas dalam kelas. 19. 15. Saya senang melakukan percobaan dalam kelas. 20. 16.Saya senang belajar dalam kelas bila sambilmembuat gambar. 21. 17.Saya belajar lebih baik jika guru berceramah 22. 18.Ketika guru mejelaskan perintahnya saya lebih memahaminya 23. 19.Ketika saya bekerja sendirian, saya belajar lebih baik. 24. 20.Saya lebih memahami segala sesuatu dalam kelas ketika saya berpartisipasi dalam permainan peran 25. 21.Saya menikmati pekerjaan dan tugas-tugas saya ketika sambil mendengarkan seseorang. 26. 22.Saya menikmatipekerjaan dan tugas jika bekerja dengan dua atau tiga teman dalam kelas. 27. 23.Ketika saya mengembangkansesuatu, saya teringat pada hal yang saya pelajari dengan baik. 28. 24.Saya lebih suka belajar dengan orang lain. 29. 25.Saya menikmati penyelesaian tugas dalam kelas. 30. 26.Saya belajar dengan sangat baik dalam kelas ketika saya dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di dalamnya. 31. 27.Di kelas, saya bekerja lebih baik jika bekerja sendirian. 32. 28.Saya lebih suka menyelesaikan tugas sendirian. 33. 29.Saya memperlajari lebih lanjut jika saya membaca buku daripada mendengarkan ceramah. 34. 30.Saya lebih suka bekerja sendirian. 35. Keterangan: ++= Gaya belajar utama += Gaya belajar pendukung-= Gaya belajar yang tidak disarankan untuk dipakai 36.

  • Kamu akan belajar dengan baik dengan melihat kata-kata dalam buku, di papan tulis, dan dalam buku catatan.Kamu akan mengingat dan memahami informasi dan petunjuk dengan lebih baik jika kamu membacanya.
  • Kamu tidak memerlukan penjelasan lisan sebanyak penjelasan yang diterima peserta didik dengan gaya auditory dan kamu seringkali dapat belajar sendiri, dengan sebuah buku.Kamu harus membuat catatan dan arah ucapan pembicara jika kamu ingin mengingat informasi yang kamu dapat

37.

  • Kamu belajar paling baik bila kamu memiliki kesempatan untuk melakukan "hands-on" dengan bahan.Artinya, bekerja dalam percobaan di laboratorium, penanganan dan membuat model, dan menyentuh dan bekerja dengan bahan yang memberikanmu situasi belajar yang paling sukses.
  • Menulis catatan atau instruksi dapat membantumu mengingat informasi, dan keterlibatan secara fisik dalam kegiatan dapat membantumu memahami informasi baru.

38.

  • Kamu belajar dari mendengarkan kata-kata lisan dan dari penjelasan lisan.Kamu mungkin dapat mengingat informasi dengan cara membaca dengan keras atau memindahkan bibirmu saat kamu membaca, terutama bila kamu sedang belajar materi yang baru.
  • Kamu mendapatkan keuntungan saat mendengarkan kaset, ceramah, dan diskusi kelas. Kamu juga mendapatkan keuntungan saat membuat rekaman untuk didengarkan, saat mengajarkan siswa lain, dan saat berdiskusi dengan gurumu.

39.

  • Kamu belajar paling baik dengan pengalaman, dengan terlibat secara fisik dalam pengalaman-pengalaman di dalam kelas.Kamu dapat mengingat informasi dengan baik ketika kamu berpartisipasi aktif dalam kegiatan2, kunjungan lapangan, dan bermain-peran di kelas.
  • Kombinasi rangsangan--misalnya, sebuah rekaman dikombinasikan dengan kegiatan--akan membantumu untuk memahami materi baru.

40.

  • Kamu akan belajar lebih mudah saat kamu belajar dengan setidaknya satu siswa lainnya, dan kamu akan lebih berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik ketika kamu bekerja dengan orang lain.
  • Kamu menghargai interaksi kelompok dan pekerjaan kelas dengan siswa lain, dan kamu akan mengingat informasi dengan lebih baik ketika kamu bekerja dengan dua atau tiga teman sekelas.Rangsangan yang kamu dapat dari kerja kelompok akam membantumu mempelajari dan memahami informasi baru.

41.

  • Kamu belajar dengan paling baik saat kamu bekerja sendiri.Kamu akan berpikir lebih baik bila kamu belajar sendiri, dan kamu mengingat informasi yang kamu pelajari sendiri.Kamu memahami materi baru dengan paling baik saat kamu mempelajarinya sendiri, dan kamu akan membuat kemajuan yang lebih baik dalam belajar ketika kamu bekerja sendiri.

42.

Recommended

View more >