cara membuat blog keren di blogspot 2015

13
BAGAIMANA CARA MEMBUAT SENDIRI AKUN BLOG BARU DI BLOGSPOT Untuk membuat sebuah akun di blogspot sangatlah mudah. Bahkan anak SD saja sudah banyak yang mengetahui cara ini, jadi saya yakin saudara pun tidak akan mengalami kesulitan di sini. 1. Silahkan kunjungi alamat www.blogger.com dan masukkan username dan password dari akun Gmail anda. 2. Dalam halaman dasbor anda akan melihat gambar anda, dan di bawah gambar itu ada sebuah tombol "Blog Baru". Klik pada tombol itu untuk memulai membuat blog anda. 3. Anda akan melihat sebuah formulir yang harus diisi untuk membuat blog baru anda. Di dalam formulir ini anda diminta mengisi Judul Blog, Alamat Blog, dan Template Dasar.

Upload: pudji-haryanto

Post on 08-Nov-2015

34 views

Category:

Documents


5 download

TRANSCRIPT

  • BAGAIMANA CARA MEMBUAT SENDIRI AKUN BLOG BARU DI BLOGSPOT

    Untuk membuat sebuah akun di blogspot sangatlah mudah. Bahkan anak SD saja sudah banyak yang mengetahui cara ini, jadi saya yakin saudara pun tidak akan mengalami kesulitan di sini.

    1. Silahkan kunjungi alamat www.blogger.com dan masukkan username dan password dari akun Gmail anda.

    2. Dalam halaman dasbor anda akan melihat gambar anda, dan di bawah gambar itu ada sebuah tombol "Blog Baru". Klik pada tombol itu untuk memulai membuat blog anda.

    3. Anda akan melihat sebuah formulir yang harus diisi untuk membuat blog baru anda. Di

    dalam formulir ini anda diminta mengisi Judul Blog, Alamat Blog, dan Template Dasar.

  • 4. Panduan untuk anda: o Pastikan Judul, dan Alamat Subdomain yang anda pilih mengandung kata kunci

    yang anda targetkan. Atau sembarang saja jika anda berniat mengganti subdomain blogspot anda dengan domain sendiri nantinya (entah itu .com, .org, .net, dll).

    o Untuk bisnis online sangat disarankan untuk mengganti nama domain agar terlihat lebih profesional dan tentunya menunjang SEO jika nama domain anda bisa tepat sama dengan kata kunci yang anda kejar. (Biayanya cuma Rp.100.000/tahun)

    5. Setelah anda selesai di formulir ini silahkan klik tombol BUAT BLOG, dan selesai Sampai di sini anda sudah tahu cara membuat blog baru. Tapi blog saudara masihlah blog yang sangat standar dan belum ada isinya. Saudara akan sangat sulit bersaing di Google ataupun di pasar bisnis online jika hanya mengandalkan blog alakadarnya ini. Jadi anda harus tahu bagaimana cara membuat blog anda terlihat lebih menarik.

    CARA MEMBUAT TAMPILAN BLOG BARU ANDA LEBIH KEREN DAN ELEGAN

    Sekarang blog anda sudah jadi, tapi tampilannya masih sangat standar sekali. Jadi ada baiknya saudara melakukan penggantian template agar tampilan blognya menjadi lebih keren dan lebih profesional. Untuk melakukan ini saudara bisa mengunjungi http://btemplates.com/. Anda akan melihat bahwa pada situs btemplates ini ada banyak sekali template yang menarik untuk anda gunakan. Tapi sebelum anda memilih yang mana yang akan anda gunakan untuk membuat blog menjadi lebih keren; ada baiknya anda mengklik dulu link DEMO untuk melihat bagaimana tampilan online dari template ini.

    Anda akan diperlihatkan tampilan dari template yang sudah diterapkan pada sebuah blog. Jika anda menyukainya, maka silahkan mengklik tombol DOWNLOAD yang ada pada navbar paling atas (lihat gambar di bawah)

  • Anda akan diarahkan ke halaman detail template dan di sana ada sebuah link download. Silahkan klik pada link tersebut untuk mengunduh template blog anda anggap bisa membuat blog anda terlihat lebih profesional.

    Akan muncul kotak dialog untuk konfirmasi download anda, klik OK

    Tunggu sampai pengunduhan file ZIP anda selesai. Jika sudah selesai; ekstraksi file

  • ZIP tadi. Anda akan memperoleh sebuah folder yang di dalamnya ada file XML. File inilah yang akan anda upload pada blog baru yang tadi anda buat di blogspot. Pada contoh di bawah ada 2 file XML, yaitu versi dengan slideshow dan tanpa slideshow.

    Sekarang anda sudah mempunyai sebuah template yang keren dan modis yang bisa dipasangkan pada blog yang baru anda buat ini. Tapi bagaimana cara memasang templatenya? Sederhana saja....Masuklah ke menu TEMPLATE dari blog anda dan cari tombol CADANGKAN DAN PULIHKAN di kanan atas layar anda.

    Akan muncul kotak pop-up. Silahkan klik browse dan buka file XML yang sebelumnya sudah anda ekstraksi dari file ZIP. Setelah anda memilih filenya silahkan klik UNGGAH

    Tunggu sampai unggahan selesai, dan anda akan melihat tampilan dari blog anda sudah berubah sesuai dengan tampilan template blog keren yang sebelumnya anda pilih dan unggah. Jadi sampai di sini anda sudah tahu cara membuat blog anda tampil keren dan profesional. Hanya saja blog yang keren itu akan percuma jika tidak ada orang yang bisa menemukannya. Yang perlu anda pelajari berikutnya adalah bagaimana cara membuat blog anda

  • menjadi search engine friendly atau SEO ready. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam membuat blog anda karena SEO inilah yang akan membuat blog anda bisa masuk ke halaman pencarian di mesin pencari seperti Google.

    BELAJAR CARA MEMBUAT BLOG ANDA MENJADI LEBIH SEO FRIENDLY Sekarang anda sudah paham bagaimana cara membuat blog dan mengganti tampilannya. Dengan kata lain anda sudah memounyai sebuah blog dan blog itu sudah terlihat keren. Tapi apakah blog anda sudah bisa bersaing di Google? Tentunya bisa saja dicoba, tapi akan jauh lebih mudah jika anda melakukan optimasi SEO terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan SEO itu? SEO dalah usaha untuk membuat blog anda bisa muncul di halaman pencarian Google saat seseorang mencari sesuatu yang berkenaan dengan blog anda. SEO ini ada onpage dan juga ada Offpage. Onpage adalah segala sesuatu yang perlu kita lakukan pada blog kita, sedangkan offpage adalah yang perlu kita lakukan di luar mengedit blog kita. Jadi kita di sini cuma bisa melakukan onpagenya saja.... Perlu diingat bahwa anda tidak perlu melakukan ini pada template-template yang sudah diklaim sebagai SEO friendly.

    Cara Membuat Title Tag Blog Anda Menjadi SEO Friendly Untuk membuat blog anda menjadi lebih SEO Friendly, maka ini adalah sesuatu yang perlu anda lakukan. Tapi sebelum anda melakukannya perhatikan dulu apakah title tag anda sudah benar atau belum benar? Bagaimana cara mengetahuinya? Mudah saja:

    Bukalah homepage dari blog anda dan lihat bagian tab dari blog anda apakah menampilkan judul blog anda?

    Jika sudah, sekarang buka satu artikel anda dan lihat tab browser anda, apakah menampilkan judul artikel anda? Jika judul blog sudah ditampilkan di halaman homepage, dan judul artikel sudah ditampilkan di halaman artikel maka itu sudah cukup baik.... Lihat gambar di bawah ini

    Sebaliknya, jika tampilan judul blog anda belum seperti di atas, maka coba gantikan kode .... yang ada di dalam menu TEMPLATE > EDIT HTML agar terlihat seperti di bawah ini:

  • Jika sudah selesai, tekan tombol jingga SIMPAN TEMPLATE. Cara Membuat Meta Description Blog Lebih SEO Friendly Untuk membuat meta description dari blog anda menjadi lebih SEO Friendly lakukan langkah-langkah di bawah ini:

    Buka menu SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN dan lihat bagian paling atas halaman

    Klik EDIT pada TAG META Deskripsi Pilih Ya Masukkan 150 karakter yang anda anggap mengandung kata kunci yang anda incar

    dan paling tepat menggambarkan isi dari halaman muka blog anda, karena ini adalah tempat memasukkan meta description untuk homepage.

    Klik Simpan Perubahan, maka anda sudah mengaktifkan meta description pada blogspot anda.

    Editan Ringan Pada Heading Blogspot Anda Setelah anda mengedit 2 hal di atas; kembalilah ke menu TEMPLATE > EDIT HTML

    dan klik pointer kursor anda di antara kode-kode yang ditampilkan setelah itu tekan CTRL+F.

    Masukkan kode

  • TIPS DASAR MEMBANGUN POPULARITAS BLOG
  • 8. UNDO dan REDO, di mana anda bisa membatalkan atau mengulangi suatu tindakan 9. FONT FAMILY adalah tombol untuk mengubah jenis huruf yang digunakan dalam

    pengetikan 10. FONT SIZE adalah tombol yang digunakan untuk mengubah ukuran dari huruf 11. FORMAT adalah tombol untuk mengubah suatu text menjadi judul poin pembahasan,

    atau judul subpoin pembahasan, atau judul dari subsubpoin pembahasan. Sangat direkomendasikan menggunakan fitur ini untuk membuat artikel blog menjadi SEO friendly.

    12. BOLD adalah tombol untuk membuat huruf menjadi cetak tebal. Untuk membuat blog anda lebih SEO, maka sebaiknya pemunculan pertama kata kunci di dalam artikel yang anda buat dicetak tebal

    13. ITALIC adalah tombol untuk membuat cetak miring, selain bold anda juga bisa menggunakan ini dan poin SEOnya sama saja

    14. UNDERLINED adalah tombol untuk memberi garis bawah 15. STRIKETHROUGH adalah tombol untuk memberi coretan pada tulisan 16. FONT COLOR adalah tombol untuk mengubah warna teks 17. FONT HIGHLIGHTS berfungsi untuk memberi sorotan berwarna pada suatu bagian di

    dalam artikel yang dianggap penting 18. LINK dipergunakan untuk membuat tautan di dalam artikel anda 19. MASUKKAN GAMBAR tentu saja untuk memasang gambar di dalam postingan 20. MASUKKAN VIDEO untuk mengunggah sebuah video ke dalam postingan anda 21. JUMPBREAK digunakan untuk memotong tampilan artikel saat ditampilkan di halaman

    muka blog anda. Cukup klik pada suatu titik di dalam artikel anda lalu klik icon jumpbreak ini, maka yang berada di bawah titik yang anda tentukan tadi tidak akan ditayangkan di halaman muka.

    22. RATA TEKS, digunakan untuk mengatur tulisan rata kiri, tengah, kanan, atau imbang. 23. ORDERED LIST untuk memberi penomoran pada poin-poin artikel. 24. UNORDERED LIST untuk memberi penandaan pada poin-poin artikel. 25. QUOTE untuk memberi tampilan khusus pada frasa atau kalimat atau paragraf yang

    kita anggap sebagai kutipan 26. REMOVE FORMATTING, untuk membersihkan semua style atau editan yang sudah

    kita terapkan pada suatu bagian di dalam artikel 27. CHECK SPELLING, jika anda mau mengecek pengejaan. Sepertinya ini untuk bahasa

    inggris saja 28. LEBEL, untuk memberi label kepada tulisan anda sebagai sistem pengelompokan

    artikel 29. JADWAL, bisa anda gunakan untuk menentukan waktu artikel akan terbit secara

    otomatis suatu saat di waktu yang akan datang 30. TAUTAN PERMANEN bisa anda gunakan untuk membuat URL yang anda inginkan

    untuk artikel anda 31. LOKASI untuk memasukkan keterangan tempat di mana anda saat menulis artikel

    tersebut 32. DESKRIPSI PENELUSURAN, ini adalah tempat memasukkan meta description ke

    dalam artikel. Masukkan penjelasan singkat dari isi artikel anda (max.150 karakter) dan pastikan mengandung kata kunci....

  • 33. PILIHAN adalah tombol yang berisi opsi HTML untuk mode tulis dan baris baru ketikan anda. Kalau anda bingung, maka abaikan saja. Selesai! Sekarang pengetahuan dasar cara membuat blog dengan benar. Silahkan kembangkan blog yang baru anda buat ini, atau silahkan juga membuat blog yang lainnya. Tapi perlu dicatat bahwa materi ini hanyalah pembukaan saja dari pengetahuan blogging dan SEO, masih ada banyak hal untuk saudara pelajari di dunia blogging ini.

    Cara Membuat Blog di Blogspot atau Blogger Gratis Untuk cara membuat blog di Blogspot gratis, silahkan menuju blogger.com dan login menggunakan akun Google. Jika belum memiliki akun Google (akun Gmail), silahkan menuju tutorial Cara Membuat Email Baru Lengkap Gambar. Setelah anda mempunyai akun gmail atau akun google, silahkan kunjungi www.blogger.com dan kita akan melihat halaman login seperti gambar berikut.

    Halaman Login Setelah login kita akan menghadapi pilihan untuk menggunakan identitas, kita dapat memilih profil Google plus atau menggunakan profil Blogspot. Lebih di sarankan memilih profil Google plus.

  • Memilih Profil Langsung tekan tombol Lanjutkan ke Blogger . Setelah itu kita akan melihat halaman membuat blog di blogspot seperti gambar berikut. Pada halaman ini kita akan melihat daftar blog yang telah dibuat, karena kita baru akan memulai dalam membuat blog maka kita belum melihat daftar blog tersebut, untuk memulai membuat blog silahkan klik tombol Blog Baru .

    Memulai Blog Baru

  • Memberi Nama dan Alamat Blog di Blogspot/blogger Setelah kita klik tombol Blog Baru kita akan melihat sebuah halaman baru untuk memulai dengan menambahkan nama dan memilih nama domain. Untuk tips trik dalam memilih nama domain silahkan anda kunjungi tutorial Tips Cara Memilih Nama Domain Blog atau Website . Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar membuat blog di blogspot berikut:

    Halaman Membuat Blog Keterangan nomor pada gambar

    Nomor 1 adalah tempat kita untuk memberi judul atau nama blog Nomor 2 adalah tempat kita untuk memberi alamat blog kita Nomor 3 adalah tempat kita untuk memilih template blog kita, kita bisa merubah-nya

    nanti pada halaman template, jadi untuk sementara pilih saja yang standar Nomor 4 merupakan keterangan alamat blog yang kita ketik tersedia atau tidak,

    pastikan alamat blog tersedia. Nomor 5 adalah tombol untuk mengakhiri , tekan tombol ini jika anda sudah merasa

    puas dengan nama dan alamat yang anda pilih.

  • Memulai Post Mengenal Dashboard di Blogspot/blogger Sekarang blog kita sudah dibuat tetapi belum selesai sepenuhnya. Ada beberapa pengaturan yang perlu kita lakukan pada blog yang baru dibuat, agar membuat blog di Blogspot kita semakin SEO, seperti merubah template dan menambah halaman. Sekarang kita berada di dashboard Blogspot di mana kita akan melihat backend blog dan bisa pergi ke pengaturan dan membuat perubahan untuk meningkatkan visibilitas blog. Berikut adalah screenshot dashboard beserta penjelasan:

    dashboard blogspot Keterangan nomor pada gambar

    Nomor 1 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat blog baru Nomor 2 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat post baru

  • Nomor 3 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin melihat blog secara live Nomor 4 merupakan daftar shortcut menuju pengaturan, post, dan lain-lain Nomor 5 merupakan area artikel dari blog yang kita ikuti atau follow Nomor 6 merupakan area identitas atau profil kita di google, dalam area ini kita bisa

    login dan logut. Setelah kita mengenal fungsi dari dashboard blogspot/blogger, silahkan anda klik menu Ikhtisar untuk melihat daftar menu dalam memulai membuat post, halaman, sampai mengatur adsense pada blog kita. jika anda ingin membuat blog gratis di wordpress silahkan kunjungi tutorial Cara Membuat Blog di WordPress Gratis Lengkap . Sekian tutorial cara membuat blog di blogspot lengkap gambar, segera praktek-kan karena membuat blog di blogspot itu mudah dan tutorial diatas sudah dibuat dengan sederhana namun padat. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan dalam komentar dibawah. Pada kesempatan berikutnya akan dibahas tentang bagaimana cara membuat post sampai merubah template agar lebih SEO.