c4 skenario 7 blok 14

Click here to load reader

Post on 21-Dec-2015

26 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

C4 skenario 7 blok 14

TRANSCRIPT

Slide 1

FRAKTUR PADA LENGAN BAWAHC4 Angie 102012267Budi Hartono 102013079Ni Nengah Okta V 102013111Deti Nurdianti 102013243Thomas Aquinas 102013251Yunita Eliana 102013350Mariella Valerie 102013433Kevin Hartono 102013444Skenario 7Seorang laki-laki berusia 30 tahun dibawa ke UGD RS dengan keluhan nyeri pada lengan kanannya setelah terjatuh dari sepeda motornya 1 hari yang lalu. Setelah kecelakaan tersebut keluarga pasien membawanya ke dukun patah tulang untuk diurut. Saat dibawa ke UGD, pasien mengeluh lengan kanannya sangat nyeri dan tangan kanannya terasa baal. Pada pemeriksaan fisik, TTV dalam batas normal, regio antebrachii dekstra 1/3 tengah tampak edema, hyperemia, deformitas. Pada palpasi, nyeri tekan (+), teraba krepitasi, pulsasi a. radialis melemah, jari-jari tangan kanan masih dapat digerakan, akan tetapi terasa sangat nyeri apabila diekstensikan.Anamnesis Identitas pasien,Keluhan utama,Keluhan penyerta,Riwayat penyakit sekarang,Riwayat penyakit dahulu,Riwayat kesehatan keluarga,Riwayat pribadi, sosial-ekonomi-budaya.

Pemeriksaan Pemeriksaan fisik- Tanda-tanda vital- Cedera pembuluh darah- Tendon- Tulang- Benda asing

Pemeriksaan penunjang- Radiografi - Tomografi- CT scan- Ultrasonografi dan scan tulang dengan radioisotopFraktur dan Klasifikasi Fraktur Fraktur adalah terputusnya keutuhan tulang yang umumnya disebabkan karena trauma.Klasifikasi fraktur:- Fraktur patahan dahan (greenstick)- Fraktur kominutif- Fraktur komplikata- Fraktur compound (fraktur terbuka)- Fraktur simple (fraktur tertutup)- Fraktur patologis

Etiologi Fraktur sering disebabkan karena trauma (terutama pada anak-anak dan dewasa muda), Jatuh dan cedera olahraga adalah penyebab umum fraktur traumatik.Fraktur stres, yang juga disebut fraktur keletihan (fatigue fracture), biasanya menyertai peningkatan yang cepat tingkat latihan atlet, atau permulaan aktivitas fisik baru, (pada pelari jarak jauh).Patofisiologi Perdarahan biasanya terjadi di sekitar tempat patah dan ke dalam jaringan lunak di sekitar tulang tersebut.Bekuan fibrin (hematoma fraktur) terbentuk di tempat patah dan berfungsi sebagai jala untuk melekatnya sel-sel baru. Aktivitas osteoblas segera terstimulasi dan terbentuk tulang baru imatur, yang disebut kalus. Bekuan fibrin segera direabsorbsi dan sel tulang baru secara perlahan mengalami re-modeling untuk membentuk tulang sejati. Tulang sejati menggantikan kalus dan secara perlahan mengalami kalsifikasiPenyembuhan memerlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan (fraktur pada anak sembuh lebih cepat). Penyembuhan dapat terganggu atau terlambat apabila hematoma fraktur atau kalus rusak sebelum tulang sejati terbentuk, atau apabila sel tulang baru rusak selama kalsifikasi den pengerasan.

Gejala KlinisNyeri.Pembengkakkan di sekitar daerah fraktur.Gangguan sensasi atau kesemutan dapat terjadi, yang menandakan kerusakan saraf.Krepitus (suara gemeretak) dapat terdengar saat tulang digerakkan karena ujung patahan tulang bergeser satu sama lainAdanya perubahan warna kulit dan terjadi memar.Komplikasi Komplikasi dini- Kehilangan darah,- Infeksi,- Emboli paru,- Gagal ginjal,- Sindrom kompartemen.

Komplikasi lanjut- Non-union, delay union, dan malunion menimbulkan deformitas atau hilangnya fungsi.-Pertumbuhan terhambat,Artritis,Distrofi simpatik (refleks) pascatraumaPembahasan KasusKompartemen sindrom adalah suatu kelainan yang potensial menimbulkan kedaruratan, di mana terjadi peningkatan tekanan interstitial dalam sebuah ruang tertutup.

Sindrom kompartemen ditandai oleh kerusakan atau destruksi saraf dan pembuluh darah yang disebabkan oleh pembengkakan dan edema di daerah fraktur. Penatalaksanaan Kompartemen SindromMedika mentosa- Karena terdapat nyeri yang hebat, dapat diberi obat golongan analgesik-opioid yang memiliki sifat seperti opium, diantaranya adalah morfin, kodein, tebain, dan papaverin.- Pemberian 10 mg/70 kgBB morfin subkutan dapat menimbulkan anelgesia pada pasien dengan nyeri yang bersifat sedang hingga berat, misalnya nyeri pascabedah. - Pemberian 60 mg morfin peroral memberi efek analgetik sedikit lebih lemah dan masa kerja lebih panjang. Non medika mentosa Pemasangan gips- Gips merupakan fiksasi eksternal yang sering dipakai, yang terbuat dari plaster of paris, fiber glass, dan plastic yang disediakan dalam bentuk verban yang dipakai untuk immobilisasi bagian-bagian tubuh yang dilaksanakan. - Tujuan pemasangan gips adalah untuk immobilisasi kasus dislokasi sendi atau patah tulang fiksasi, immobilisasi kasus penyakit tulang, koreksi cacat tulang (misalnya patah tulang, dislokasi, scoliosis), mencegah patah tulang, sebagai pembalut darurat, menyokong jaringan cedera selama proses penyembuhan, memberikan tenaga traksi.

Jenis pemasangan gips Gips sirkuler, dipasang biasanya pada keadaan yang memerlukan immobilisasi atau fiksasi yang lebih stabil.Gips Spalk, hanya merupakan proteksi.Gips plaster, gips ini dapat kering setelah 12-48 jam tergantung dari ukurannya.Gips silinder kering dalam waktu 12-24 jam, tapi badan gips biasanya mencapai 48 jam baru kering.Gips plastic kering 8-10 jam. Dalam udara kering (tidak lembab) akan lebih cepat dan efisien dalam proses pengeringan gips.

Prognosis Baik jika penanganan fraktur lebih cepat,Baik bila fraktur ringan dan ditangani dengan baik.Kesimpulan Dari kasus, diketahui bahwa pasien datang dengan keluhan nyeri dan terasa baal pada lengan kanannya. Dijelaskan bahwa Kompartemen sindrom terjadi karena peningkatan tekanan interstitial dalam sebuah ruang tertutup, dan juga individu mungkin tidak dapat mengerakkan jari tangan atau jari kakinya.(HIPOTESIS TERBUKTI)