by : zaenuri , s.p.d.i

Download By :  zaenuri ,  S.P.d.I

Post on 20-Mar-2016

60 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

ORGANISASI MUHAMMADIYAH. By : zaenuri , S.P.d.I. A. Muhammadiyah Sebagai Persyarikatan. Organisasi berasal dari bahasa Yunani Organum , yang berarti anggota , badan , atau lembaga. Unsur-unsur yang ada dalam organisasi : manusia lebih dari satu , kerja sama , dan tujuan bersama. - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

  • By : zaenuri, S.P.d.I

  • Organisasi berasal dari bahasa Yunani Organum, yang berarti anggota, badan, atau lembaga. Unsur-unsur yang ada dalam organisasi: manusia lebih dari satu, kerja sama, dan tujuan bersama. Jadi, organisasi adalah sekelompok manusia yang melakukan kerjasama dalam rangka mencapai tujuan yang sama.

  • Secara etimologi berasal daribahasa arab, Syaarak-yusyaariku, syarikah, yang berarti kerja sama. Secara istilah persyarikatan adalah suatu bentuk organisasi dimana anggota-anggotanya secara bersama-sama menjadi pemilik dan penguasa dari anggotanya. Oleh karena itu mereka juga mempunyai hak, kekuasaan, dan kewajiban yang sama terhadap organisasinya.

  • Maksud Muhammadiyah sebagai PersyarikatanSetiap anggota organisasi yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan ini mempunyai kekuasaan dan hak bersama dalam Muhammadiyah, yaitu hak menyampaikan pendapat, hak suara, serta hak memilih, dan dipilih.

    Kekuasaan dan hak bersama ini diatur dalam Anggaran Dasar (AD) pasal 8 dan Anggaran Rumah Tangga (ART) pasal 4. *

  • lanjutanHak-hak anggota ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah pada hakikatnya tidak lebih dari sebuah organisasi atau perkumpulan. Sebagaimana lazimnya sebuah organisasi maka Muhammadiyah hanyalah alat untuk memperjuangkan tujuan yang dicita-citakan. Fungsi organisasi ini adalah demi tegaknya kemulian dan kejayaan Islam secara hakiki (izzu al-Islam waal-muslimin).

  • Bagi Muhammadiyah, berorganisasi bisa dikatakan sebagai wajib hukumnya. Sebab organisasi adalah alat perjuangan untuk menciptakan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya dengan cara yang sistematis.

    Dalam sebuah organisasi apa pun yang menjadi agenda kegiatan, amal usaha, dan lain-lainnya, telah melalui musyawarah, perencanaan, pemrograman, dan pelaksanaan.

  • Surat Ali Imron ayat 104,Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh, kepada yang maruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.

    Al- Quran surat Al-ShafSesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berjuang di jalan allah, seakan-akan mereka seperti sebuah bangunan yang kokoh. Surat al-Syura ayat 38Hendaklah mereka memusyawarahkan urusan-urusan di antara mereka. Surat Ali-Imron ayat 159Dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu, kemudian apabila kamu telah membulatkan tekat, maka bertawakallah kepada Allah Perkataan Ali Ibn Thalib raKebenaran tanpa di kelola dengan benar akan terkalahkan oleh kebatilan yang di tata dengan rapi

    Kaidah FiqhSesuatu kewajiban tidak akan sempurna, kecuali dilengkap dengan sesuatu yang lain, maka mempergunakan sesuatu yang lain itu hukumnya wajib.

  • judulPembukaan(sapaan dan salam kepada objek pidato)Isi (isi pidato secara terperinci)Penutup( tempat, tanggal, dan subjek pidato)

  • Menentukan Topik dan Tujuan pidatoTopik dan tujuan pidato ditentukan berdasarkan acara atau kegiatan yang sedang berlangsung. Oleh karena itu untuk menentukan topik dan tujuan pidato kamu dapat menggunakan pertanyaan sebagai berikut:

  • contoh1Saya diminta untuk berpidato dalam acara apa?

    Acara ulang tahun sekolah

    2Hal-hal penting apa yang harus disampaikan?

    Tema ulang tahun kali iniAcara-acara yang akan dilaksanakanPihak-pihak yang turut berperan

    3

    Apa kapasitas saya untuk berpidato?

    Sebagai ketua osis

    4Apa tujuan yang hendak dicapai?

    Tujuan menyelenggarakan ulang tahun sekolah kali ini untuk menumbuhkan kreativitas siswa yang inovatif, kreatif, dan produktif

    6Topik apa yang paling tepat untuk acara tersebutTopik yang tepat yaitu, menumbuhkan kreatifitas siswa sehinggamengharumkan nama sekolah

    Cerdas Berfikir Bahasa dan Sastra Indonesia SMA kls X di susun oleh SUYONO

    No pertanyaanLangkah-langkah persiapan

  • Menyusun kerangka isi pidatoKerangka pidato dapat disusun setelah topik dan tujuan pidato ditetapkan. Misalnya dalam kapasitas sebagai ketua OSIS, kamu akan menyampaikan pidato dalam acara ualng tahun sekolah dengan topik Pentingnya Belajar Mengembangkan Kreativitas Generasi Muda Pidato itu ditunjukkan kepada semua siswa agar mereka menyadari pentingnya belajar mengembangkan kreativitas diri. Lebih lanjut setelah mendengarkan pidato itu, siswa SMA lebih bersemangat dalam mengikuti berbagai kegiatan yang kreatif di sekolah. Dengan topik dan tujua tersebut, kerangka pidato yang dikembangkan ialah sebagai berikutTopik : Pentingnya Belajar Mengembangkan Kreativitas Generasi Muda Tujuan : semua siswa menyadari pentingnya mengembangkan kreativitas bagi diri merekaKerangka pidato: pembukaan : 1). Pengertian kreativitas : 2). Ruang lingkup pidato inti : 1). Cara mengembangkan kreativitas generasi muda a) mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif, musalnya ikut dalam penelitian ilmiah remaja b) menyalurkan kegemaran secara positif misalnya olahraga, musik, seni, 2). Bukti-bukti bahwa kreativitas penting bagi generasi muda a) banyak generasi muda yang dapat mencukupi hidupnya sendiri berkat kreativitas yang dibangunnya b) generasi muda berprestasi baik disekolah maupun di luar sekolahpenutup: Dengan belajar mengmbangkan kreativitas, kamu dapat membuktikan bahwa kamu cukup mampu menghidupi diri dan berprestasi setinggi mungkin

    Cerdas Berfikir Bahasa dan Sastra Indonesia SMA kls X di susun oleh SUYONO

  • Naskah pidato sekurang-kurangnya terdiri dari empat paragrafParagraf pertama menjelaskan apa pengertian dari tema yang kamu angkatParagraf kedua menjelaskan ruang lingkup isi pidatomuParagraf ketiga berbicara mengenai cara-cara yang akan dilakukanParagraf empat berbicara mengenai bukti-bukti yang kamu temukan

  • LKS halaman 46-47

  • Ehm.Waktunya makan siang

    *