buletin an-naba' fsi fkui maret 2016

8
Dekat Bersahabat Dekat Denganmu. Dunia dan Akhirat. Penulis: Faris Jaisyi Umam Ketua FSI BEM IKM FKUI 2016 Penasihat: Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K) Penanggung Jawab: Faris Jaisyi Umam, Salma Alsakina Tim Buletin: Raditya Dewangga, El Alsha Andini, Nisrina, Mohammad Rizki, Syifa Salsabilla, Tamara Ey Firsty, Desy Atmadika Rahim, Muhammad Aji Muharrom, Faris Jaisyi Umam Diterbitkan oleh: Departemen Media Sosial FSI BEM IKM FKUI 2016 ARTIKEL UTAMA P ersahabatan yang dijalin karena Allah akan memberikan kebaikan bagi siapapun yang melakukannya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah disebutkan bahwa ada suatu golongan manusia yang dinaungi oleh Allah pada hari akhir nanti, mereka adalah orang-orang yang menjalin persahabatan dalam cinta kepada Allah. Di sisi lain, orang- orang yang menjalin persahabatan dalam keburukan akan saling menyalahkan satu sama lain atas apa yang diperbuat. Demikianlah Islam memandang tinggi nilai persahabatan. Maret 2016

Upload: buletin-an-naba

Post on 27-Jul-2016

242 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

Sudah tahu bagaimana Islam memandang tinggi persahabatan? Yakin, persahabatan yang kamu jalin adalah karena-Nya? Lalu bagaimana caranya menjalin persahabatan atas dasar cinta karena Allah?

TRANSCRIPT

Page 1: Buletin An-Naba' FSI FKUI Maret 2016

Dekat Bersahabat Dekat Denganmu. Dunia dan Akhirat.

Penulis: Faris Jaisyi Umam

Ketua FSI BEM IKM FKUI 2016

Penasihat: Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K)Penanggung Jawab: Faris Jaisyi Umam, Salma AlsakinaTim Buletin: Raditya Dewangga, El Alsha Andini, Nisrina, Mohammad Rizki, Syifa Salsabilla, Tamara Ey Firsty, Desy Atmadika Rahim, Muhammad Aji Muharrom, Faris Jaisyi Umam

Diterbitkan oleh: Departemen Media Sosial FSI BEM IKM FKUI 2016

ARTIK

EL UT

AMA

Persahabatan yang dijalin karena Allah akan memberikan kebaikan bagi siapapun yang melakukannya. Dalam

sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah disebutkan bahwa ada suatu golongan manusia yang dinaungi oleh Allah pada hari akhir nanti, mereka adalah orang-orang yang menjalin persahabatan dalam cinta kepada Allah. Di sisi lain, orang-orang yang menjalin persahabatan dalam keburukan akan saling menyalahkan satu sama lain atas apa yang diperbuat.

Demikianlah Islam memandang tinggi nilai persahabatan.

Maret2016

Page 2: Buletin An-Naba' FSI FKUI Maret 2016

Bersahabat tidak hanya berarti menjadikan orang lain sebagai teman.

Lebih dari itu, sahabat yang baik dan senantiasa melakukan kebaikan dapat memberikan manfaat bagi mereka.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa Rasulullah mengumpamakan memiliki sahabat yang taat bagaikan bersahabat dengan pengusaha minyak wangi. Maka walaupun tidak memiliki apa-apa, seseorang masih akan mendapatkan wanginya. Lebih dari itu, manfaat yang diperoleh dari persahabatan dapat tersebar luas, luas hingga ke seluruh manusia di sekitar mereka. Tercatat sudah persahabatan Musa dan Harun yang berhasil menyelamatkan Bani Israil dari kezaliman Firaun, tirani terkeji sepanjang masa. Kekuatan persahabatan Mush’ab bin Umair dan As’ad bin Zurarah pun telah terbukti berhasil mengislamkan hampir seluruh penduduk Madinah bahkan sebelum Rasulullah hijrah kesana.

Membina persahabatan dalam kebaikan dan ketaatan tak pernah sia-sia, bahkan hingga di akhirat kelak.

Dalam hadits yang diriwayatkan dari sahabat Rasulullah, Sa’id Al Khudriy radhiyallahu ‘anhu, diceritakan bahwasanya

di akhirat nanti orang-orang yang beriman akan mengadu kepada Allah akan ketiadaan sahabatnya di Surga. Maka Allah pun memerintahkan mereka untuk menemukan sahabat-sahabat mereka lalu diajak masuk ke dalam Surga.

Oleh karena itu, di tahun ini, FSI mencoba untuk hadir bagi semua muslim FKUI secara lebih dekat dan bersahabat.

FSI hadir menemani dinamika kehidupan kampus FKUI

FSI hadir menemani dinamika kehidupan kampus FKUI dengan berbagai program syiar islam yang akan

menambah nuansa Islam di kampus FKUI serta program pembinaan yang dapat mengasah wawasan muslim FKUI. Dengan harapan, muslim FKUI akan mendapatkan kebaikan sebagaimana kisah seseorang yang berteman dengan penjual minyak wangi yang turut mendapatkan

“Dan Allah yang mempersatukan hati orang-orang beriman. Walaupun kamu membelanjakan semua kekayaan yang ada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana.” (QS Al Anfal : 63)

Page 3: Buletin An-Naba' FSI FKUI Maret 2016

keharumannya.

FSI juga hadir dengan membawa budaya–budaya kebaikan yang sarat akan makna.

Dengan menjadi sahabat yang selalu dekat, FSI akan senantiasa mendampingi seluruh muslim FKUI dalam mengejar kebaikan dan menebar kebermanfaatan yang seluas-luasnya. Dan tentunya, bersama FSI, seluruh muslim FKUI dapat saling menasihati dalam kebenaran sehingga dapat bersama-sama menuju keridhaan Allah dan nantinya berkumpul di Surga-Nya.

“Kami akan selalu dekat denganmu, bersamamu mewarnai hari dengan kebaikan, dan terus menjadi sahabatmu hingga ke Surga.”

Harapan Untuk FSI Tahun Ini

FSI : Luarbiasaaa

Harapannya “Semoga acara-aca-ra fsi semakin menarik antusias dari mahasiswa dan semakin

menginspirasi seluruh keluarga dokter muslim fkui di kehidupan

sehari-hari :) Semangat FSI!”

Reza Maulana Sopian - FKUI 2013

FSI : Seruuu.

Harapannya agar “FSI dapat lebih kompak lagi dan seru lagi juga dapat mewujudkan visi dan

misinya. Lalu saya mengharapkan FSI pula untuk terus mengadakan

acara acara yang bermanfaat namun dibalut dengan keseruan”

Valas Aditiar Widodo - FKUI 2015

FSI : Cinta

Harapannya “Semoga fsi kede-pannya tetap mempertahankan

dan mengembangkan inovasi-inovasi proker yang baru dan kece

yang tentunya memberikan positive effect gahanya untuk anggota fsi nya, tetapi jg setiap org yg terpapar fsi atau bahkan bs bermanfaat bagi semua org. semangat terus, FSI!”

Kartika Qonita Putri - FKUI 2014

Page 4: Buletin An-Naba' FSI FKUI Maret 2016

Kunjungan Pasien (Kunpas)

Kunpas merupakan salah satu bentuk peng-abdian sosial FSI dengan menjenguk pasien di RSCM. Ini juga salah satu bentuk dakwah FSI kepada masyarakat, lho. Pasien akan diajak untuk berdoa bersama dan juga diberikan berbagai souvenir islami. Selain itu, peserta kunpas juga akan berlatih cara melakukan anamnesis yang interpretasinya dipandu oleh mahasiswa klinik FKUI.

Kemuslimahan Jum’at (Keju)

Keju atau kajian kemuslimahan jumat merupakan agenda rutin untuk memberikan pencerdasan keislaman mengenai kemus-limahan. Acara keju ini akan selalu men-datangkan pembicara yang inspiratif. Hari jumat merupakan hari yang penuh barakah sehingga isilah waktu luang kalian dengan selalu mengikuti keju!

FKUI QO (Qur’anic Olympiad)

Rangkaian acara yang berisikan lomba-lomba Qur’an diantaranya tahfidz, tilawah, KTI (karya tulis ilmiah), fahmil (cerdas cermat), dan kaligrafi ini hadir untuk kalian pada tanggal 31 Mei- 4 Juni. Pemenang dari masing-masing cabang lomba nantinya akan diikutkan lomba UI QO sebagai perwakilan dari FKUI.

Mentor University (MU)

Berawal dari pentingnya sebuah pem-

binaan bagi muslim FKUI untuk menanamkan nilai-nilai islam yang dekat dan lebih interak-tif. Seorang mentor yang membina haruslah menjadi penyampai materi yang baik, yang dekat, yang menarik. Untuk mewujudkan, Men-tor University diharapkan mampu membentuk mentor-mentor yang siap untuk membimbing KSI (Kelompok Studi Islam) FKUI.

JIMU

Acara ini merupakan acara kombinasi antara seminar kedokteran islam dan beberapa cabang lomba. Acara ini bersifat nasional dan akan mengundang seluruh fakultas kedokteran untuk ikut serta, lho. Seminarnya akan berbicara sepu-tar islam dan kedokteran yang menarik untuk kita ketahui dan tentunya akan sangat dengan mengundang narsum-narsum yang kompeten di bidangnya.

Menarik bukan? Jangan sampai ketingga-

Forum Studi Islam BEM IKM FKUI 2016Dekat Bersahabat

Page 5: Buletin An-Naba' FSI FKUI Maret 2016

Inspirasi Islam Sore (INSIS)

Inspirasi Islam Sore adalah kegiatan yang dapat menginspirasimu di sore hari!

Udah sore? Butuh inspirasi? Dateng aja ke Inspirasi Islam Sore.

Emangnya di Insis bakal dibahas apa sih? Banyaak.. mulai dari masalah klasik yang ditemuin sehari-hari sampai isu-isu yang sedang hangat!

Bedanya apa dong dari kajian lain? Ya bedalah.. kita bakal bahas tema tersebut dari sumber yang sangat terpercaya, sangat mengerti kita, dan bahkan lebih mengerti kita daripada diri kita sendiri.

Waah.. mau dong dapet inspirasi dari sumber sehebat itu? Dari mana lagi kalau bukan dari Al-Qur’an, kitab dari Allah Sang

Pencipta yang terjaga keasliannya.

Yuk dateng Insis! Karena kadang kita perlu lebih banyak belajar agama daripada belajar kedokteran. Karena ujian ikhlas, sabar, dan tawakkal lebih sulit daripada ujian sumatif, anatomi, atau integrasi.

“Karena hidayah tidak datang dengan sendirinya”

An-Naba’

Suka dengan An-Naba’? Ingin terus mengi-kuti setiap edisi An-Naba’? Buka issuu.com/medsosfsifkui aja. Setiap edsisinya akan di upload disana dan ada juga 10 edsisi An-naba tahun lalu, lho.

Forum Studi Islam BEM IKM FKUI 2016Dekat Bersahabat

Page 6: Buletin An-Naba' FSI FKUI Maret 2016

Penulis: Muhammad Aji Muharrom

Science Update

Gerhana Matahari, Bagaimana Terjadi?

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tan-da bagi orang-orang yang berakal.” Q.S. Ali Imran: 190

Rabu, 9 Maret 2016 lalu, kita mendapat-kan kesempatan istimewa untuk bisa menyaksikan peristiwa gerhana matahari. Peristiwa gerhana 9 Maret lalu cukup istimewa, karena inilah kali pertama ter-jadi Gerhana Matahari Total di In-donesia pada abad ke-21!

Bagaimana gerhana dapat ter-jadi?

Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bumi, bulan, dan matahari berada pada satu garis lurus pada saat yang ber-samaan, sehingga bayangan bulan akan menutupi matahari. Fenomena ini hanya dapat terjadi pada fase bulan baru, yaitu ketika posisi bulan berada di antara bumi dan matahari.

Mengapa gerhana tidak terjadi setiap bulan?

Seandainya orbit bulan mengelilingi bumi berada dalam satu bidang yang sama

dengan orbit bumi mengelilingi matahari, maka gerhana matahari akan terjadi se-tiap bulan. Kenyataannya, kemiringan orbit bulan mengelilingi bumi berbeda sekitar 5,1 derajat dari orbit bumi mengelilingi matahari. Karena itu, gerhana matahari hanya dapat terjadi pada waktu konfig-urasi ketiga benda langit ini tepat.

Seberapa sering gerhana terjadi?

Gerhana matahari terjadi antara 2-5 kali setiap tahun, namun tidak semuanya gerhana total, kadang meru-pakan gerhana sebagian atau gerhana cincin.

Tahun ini, akan terjadi gerhana matahari cincin pada bulan September, yang dapat diamati dari Afrika dan sekitarnya. Secara kasar, gerhana matahari total terjadi seki-tar 1,5 tahun sekali, namun kejadiannya teramati dari lokasi yang berbeda-beda.

Rata-rata, gerhana matahari total ter-jadi di suatu daerah yang sama hanya setiap 375 tahun sekali!

Page 7: Buletin An-Naba' FSI FKUI Maret 2016

Penulis: Muhammad Aji Muharrom

Komik

Page 8: Buletin An-Naba' FSI FKUI Maret 2016

TTS