bukutahunan fmipa 2012

41
1 S I N E R G I S Rekam Jejak Lembaga KM FMIPA UGM - 2012 copyright wedar p | 2012

Upload: wweeyy

Post on 09-Aug-2015

225 views

Category:

Documents


14 download

DESCRIPTION

buku tahunan fmipa ugm 2012 | layout by wedar p

TRANSCRIPT

Page 1: bukutahunan fmipa 2012

1

SINERGIS

Rekam JejakLembagaKM FMIPA UGM - 2012

copyright wedar p | 2012

Page 2: bukutahunan fmipa 2012

{ setahun bersama membangun FMIPA }{ setahun bersama membangun FMIPA }

Page 3: bukutahunan fmipa 2012

DAFTAR ISI

sapa redaksi [ 4 ] sejarah FMIPA UGM [ 7 ]

struktur KM FMIPA [ 9 ]BEM KM FMIPA [ 10 ]

departemen BEM [ 17 ] DPM [ 31 ]

HIMAPRODI [ 32 ]KEGIATAN KM FMIPA [ 62 ]

opini warga MIPA [ 74 ]

copyright wedar p | 2012

Page 4: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

4

[ sapa redaksi ]

Ketua Prio Arif Budiman (Medinfo) SekretarisAmy Fatmaya H (RisbangBendahara Yuna Argadewi (Medinfo)Layouter Wedar Pamularsih (Medinfo)Prio Arif Budiman (Medinfo)Puger Permadi B (Medinfo)

Pimpinan Redaksi Syahesti NF (Risbang)Editor Arina Salma R (Risbang)Putri (Risbang)Percetakan Yogi Suryana (Medinfo)

PJ MateriAfifka Fitri N(Risbang) Ayu Dewi (Medinfo)Syahesti (Risbang)Dian (Medinfo) Yogi Suryana (Medinfo)Sekar (Risbang)Susi Adryliana (Medinfo)Winda (Risbang)Abanja (Medinfo)Yogi S (Risbang)Hardi (Risbang)Zahro Ayu K (Risbang)Fadjar Mulya (Risbang)Dimas Andriyanto (Medinfo)

Assalamualaykum.wr.wb

Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Puji Syukur kami tujukan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, taufik dan hidayahnya. Dan tak lupa, kepada junjungan kita Rosulullah Muhammad SAW, sholawat dan salam selalu tertuju padanya.

Waktu berlalu begitu saja, ada kesedihan, kebahagiaan, kekece-waan, kehancuran yang telah terlewati. Bulan dan tahun telah berganti, suasana pun ikut berganti, kualitas kerja kita pun harus ikut berganti, yaitu menjadi yang lebih baik. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan tujuan kami untuk membuat buku tahunan. Buku tahunan lembaga 2012 ini berisikan tentang rekaman tertulis tentang agenda ataupun proker yang sudah terlaksana sepanjang tahun 2012. Rekaman tertulis ini ber-tujuan sebagai referensi dan pembaharuan terhadap program kerja baru yang akan dilaksanakan pada tahun 2013. Jika ada program yang belum maksimal pda tahun 2012, maka dimaksimalkan dan bila program kerja tahun 2012 baik, maka perlu untuk ditingkatkan. Dengan membuat buku tahunan seperti ini diharapkan semua lem-baga di FMIPA UGM mampu untuk bersinergi untuk menuju MIPA yang lebih baik.Semoga penyusunan buku tahunan ini mampu mengintrospeksi apa yang telah kita maupun lembaga lakukan sehingga mampu membawa manfaat kepada kita semua. Amiin .

Akhir kata,Wassalamualaykum.wr.wb

copyright wedar p | 2012

Page 5: bukutahunan fmipa 2012

5

[ sapa dekan ]

Atas nama Fakultas, saya memberikan apresiasi sangat besar kepada rekan-rekan pengurus seluruh

KM di lingkungan FMIPA yang memiliki inisitaif menyusun Buku Tahunan seperti ini. Terwujudnya

Buku Tahunan KM FMIPA 2012 mencerminkan dua hal yaitu niat baik dan keterbukaan. Dalam konteks

ini adalah niat baik dari seluruh pengurus untuk sejak awal berusaha sekuat tenaga memberikan

kontribusi dan layanan bagi kepentingan mahasiswa dan masyarakat luas serta keterbukaan dari

seluruh pengurus untuk menunjukkan capaian dan kekurangan atas amanah yang disandang di pundak

masing-masing.

Manfaat yang jelas dari tersusunnya Buku Tahunan KM FMIPA 2012 ini adalah sebagai dokumen tertulis

yang selalu dapat menjadi rujukan bagi seluruh sivitas akademik di lingkungan FMIPA UGM dan

khususnya bagi kepengurusan KM mendatang dalam penyusunan agenda kegiatan kemahasiswaan.

Saya selaku Dekan FMIPA UGM mengharapkan dan

mengajak seluruh sivitas akademik agar seluruh kerja keras dan capaian yang telah diraih oleh seluruh

Pengurus KM periode 2012 dapat terjaga dan semoga dapat secara berkelanjutan menjadi lebih

baik untuk kepentingan kita semua. Selamat menyelesaikan tugas dan amanah

kepada seluruh Pengurus KM dilingkungan FMIPA UGM dan terimakasih atas seluruh kerja keras,

komitmen dan dedikasinya.

Dekan,

Pekik Nurwantoro

copyright wedar p | 2012

Page 6: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

6

Segores Kontribusi untuk KM FMIPA Bersinergi

(sebuah karya kecil dari para aktivis organisasi mahasiswa Fakultas MIPA)

“Menjadi aktivis adalah pilihan. Menyisihkan sebagian waktu belajar, mengurangi waktu santai dan bermain untuk memikirkan hal yang tidak dipikirkan kebanyakan mahasiswa lainnya. Belajar menebar kebermanfaatan, menjadi insan yang berguna bagi lingkungan”

Mahasiswa, Organisasi dan Kontribusi Kampus adalah sebuah tempat berlangsungnya interaksi beragam karya kecerdasan manusia-manusia berilmu dan berpengetahuan. Berbagai paham, pemikiran, penemuan dan penelitian menghiasi ekosistem intelektualitas kampus. Kampus jelas tak bisa lepas dari peranan mahasiswa. Sebagai entitas terbesar, mahasiswa menjadi aktor utama yang mampu menghidupkan suasana kampus. Melalui organisasilah mahasiswa membangkitkan kehidupan kampus yang penuh keragaman. Ya, organisasi sejauh ini telah menunjang hiruk-pikuk yang terjadi di kampus, tak terkecuali kampus MIPA UGM. Sebagai kampus eksak yang memiliki jadwal kuliah padat, tugas-tugas dan praktikum banyak membuat mahasiswa MIPA dianggap sebagai mahasiswa yang pasif dan anti-organisasi. Karena beban yang harus ditanggung begitu berat, sehingga tak jarang mereka lebih mementingkan urusan perkuliahan ketimbang terjun ke dunia organisasi. Namun setahun lamanya mengoordinasikan Keluarga Mahasiswa FMIPA sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), anggapan buruk terhadap mahasiswa MIPA bisa saya bantah. Tidak sepenuhnya benar jika orang-orang beranggapan seperti itu. Walaupun tidak dipungkiri pula masih banyak mahasiswa yang apatis terhadap organisasi. Namun kesimpulan saya terhadap animo mahasiswa MIPA dalam menyemarakkan kehidupan kampus MIPA itu sendiri begitu tinggi. Didukung sarana beberapa organisasi mahasiswa yang ada di Fakultas MIPA, sudah mampu menjadikan fakultas ini lebih hidup. Ratusan mahasiswa memilih untuk berkecimpung menjadi aktivis organisasi. BEM, DPM, UKM, dan banyak Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) maupun Program Studi (Himaprodi) merupakan organisasi-organisasi yang menjadi media bagi mahasiswa untuk mengakselerasi kapasitas dan softskill diri serta kemampuan berinteraksi sosial. Menjadi aktivis organisasi jelas memiliki nilai lebih. Mendapat pelajaran lain yang tidak didapatkan di ruang kuliah. Belajar bagaimana

berargumentasi dalam forum rapat, mengurusi administrasi birokrasi, bekerjasama dengan orang lain, merancang sebuah program dan masih banyak lagi. Kesemuanya itu akan melengkapi kesiapan kita kelak terjun ke dalam masyarakat. Selain mampu mengembangkan diri kita, kelebihan lain yang bisa didapat ialah menambah relasi. Dengan aktif di organisasi, akan menambah jumlah teman yang kita kenal. Ini jelas berguna kelak bisa sebagai relasi bisnis, rekan kerja, informan lowongan dan masih banyak lagi. Dibalik segala manfaat yang didapat, sudah barang tentu terdapat konsekuensinya. Ketika kita memilih aktif maka waktu yang seyogyanya kita gunakan untuk belajar, jalan-jalan, atau bersantai mau tidak mau harus kita sisihkan sebagian untuk fokus melakukan kontribusi-kontribusi melalui organisasi. Akan tetapi mempertimbangkan benefit yang didapat, maka perlu berpikir ulang lagi untuk menjadi mahasiswa pasif. Berbicara organisasi bukan cuma persoalan

“...organisasi bukan cuma persoalan pengalaman, teman baru ataupun mengisi waktu luang. Lebih dari itu.”

pengalaman, teman baru ataupun mengisi waktu luang. Lebih dari itu. Ada sebuah peluang berkarya untuk kebaikan dan kebermanfaatan secara luas. Sebuah pengabdian untuk kampus tercinta. Menggoreskan tinta-tinta kreasi untuk mahasiswa maupun masyarakat. Ini pun yang dilakukan KM FMIPA selama setahun lalu. Karya-karya kecil yang telah kita lakukan bersama sebagai mahasiswa Fakultas MIPA akan coba kita pahatkan untuk diabadikan dalam tulisan-tulisan sederhana. Buku ini dibuat untuk menjadi saksi sejarah karya-karya aktivis organisasi di Fakultas MIPA. Kontribusi-kontribusi para aktivis MIPA UGM selama satu tahun ini menjadi torehan sejarah bagi kebaikan fakultas tercinta ini. Perjalanan yang penuh lika-liku dalam menyemarakkan suasana KM FMIPA. Sekecil apapun kerja-kerja yang kami lakukan di tahun 2012 ini, tetap berarti untuk membangun kejayaan bangsa Indonesia. Warna-warni kehidupan kemahasiswaan di fakultas MIPA telah kami rangkum secara detil dan komprehensif sebagai gambaran dan pelajaran bagi kepengurusan KM FMIPA ke depannya. Buku ini mencoba mewarnai dan menginspirasi masa depan kampus MIPA.

“Setiap tulisan merupakan dunia tersendiri, yang terapung-apung antara dunia kenyataan dan dunia impian” Pramoedya Ananta Toer.

[ sapa sultan ]

copyright wedar p | 2012

Page 7: bukutahunan fmipa 2012

7

Fakultas yang mengasuh Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Gadjah Mada diresmikan berdirinya pada tanggal 19 September 1955 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 15 September 1955 nomor 53759/Kab. Dalam surat keputusan ini fakultas tersebut masih merupakan fakultas gabungan dengan Fakultas Teknik yang disebut Persatuan Fakultas Ilmu Pasti dan Alam dan Fakultas Teknik. Sejak tanggal 1 September 1956.Fakultas Ilmu Pasti dan Alam (disingkat FIPA) mulai memisahkan diri dari Fakultas Teknik.Pada saat diresmikannya sebagai Fakultas Persatuan, FIPA baru mempunyai satu Jurusan yang waktu itu disebut Bagian Ilmu Pasti. Jurusan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1950 yaitu sebagai jurusan pada Bagian Teknik Sipil Fakultas Teknik.

Pada saat FIPA mulai berdiri sendiri sebagai Fakultas (1 September 1956), mulai dibuka jurusan baru yang waktu itu disebut Bagian Ilmu Alam, kemudian pada tanggal 1 September 1960 ditambah satu jurusan lagi yaitu bagian Ilmu Kimia. Mulai tanggal 28 Desember 1982, nama FIPA diubah menjadi FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dan sampai saat ini memiliki 3 Jurusan yaitu Jurusan Fisika, Jurusan Kimia dan Jurusan Matematika.

Pada saat diresmikannya sebagai Fakultas Persatuan, FIPA baru mempunyai satu Jurusan yang waktu itu disebut Bagian Ilmu Pasti. Jurusan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1950 yaitu sebagai jurusan pada Bagian Teknik Sipil Fakultas Teknik. Pada saat FIPA mulai berdiri sendiri sebagai Fakultas (1 September 1956), mulai dibuka jurusan baru yang waktu itu disebut Bagian Ilmu Alam, kemudian pada tanggal 1 September 1960 ditambah satu jurusan lagi yaitu bagian Ilmu Kimia. Mulai tanggal 28 Desember 1982, nama

FIPA diubah menjadi FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dan sampai saat ini memiliki 3 Jurusan yaitu Jurusan Fisika, Jurusan Kimia dan Jurusan Matematika.

Sejak masih menjadi fakultas gabungan sampai memisahkan diri dari Fakultas Teknik, kantor dan kegiatan perkuliahan masih diselenggarakan di gedung Fakultas Teknik lama yaitu di jalan Jetisharjo no. 1 Yogyakarta. Kegiatan praktikum fisika dasar dan perbengkelan masih diselenggarakan di kompleks Fakultas Kedokteran lama yaitu di Mangkubumen.Mulai bulan November 1960, FIPA menempati gedungnya yang baru di Sekip Unit III. Kuliah-kuliah dan kantor fakultas mulai dipusatkan di gedung ini walaupun sebagian kegiatan masih diselenggarakan di Jetisharjo dan kompleks Mangkubumen. Secara berangsur-angsur dibangun gedung-gedung tambahan, baik di sebelah utara gedung Sekip Unit III maupun di daerah Sendowo. Pada tahun 1967, Laboratorium Fisika Dasar dipindahkan dari Mangkubumen ke gedung sementara disebelah utara Sekip Unit III. Pada tahun 1970, Laboratorium ini dipindahkan lagi dan bersama Laboratorium Elektronika ditempatkan di gedung-gedung semi permanen di Sendowo sebelah selatan Fakultas Biologi. Bangunan bekas Laboratorium Fisika Dasar tersebut sejak itu dipergunakan untuk Laboratorium Kimia Analitik.

Sampai dengan tahun 1986, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam memiliki prasarana fisik bangunan seluas 13.925 m2 dan Perpustakaan dengan jumlah buku sebanyak 10.529 buah dan jumlah judul buku sebanyak 4.297 buah. Dalam tahun 1987, melalui pengembangan dengan bantuan Proyek Bank Dunia IX, sarana perpustakaan telah ditingkatkan menjadi 13.929 buah buku dengan 5.954 buah judul, dan prasarana fisik bangunan juga ditambah dengan 1369 m2 ruangan kantor fakultas dan 3764 m2 gedung laboratorium kimia

[ sejarah fmipa ugm]

copyright wedar p | 2012

Page 8: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

8

sehingga seluruhnya manjadi 19.058 m2.Dengan telah dibangunnya gedung administrasi

fakultas dan laboratorium kimia di Sekip Utara oleh Proyek Bank Dunia IX, maka mulai Februari 1989 Kantor Administrasi FMIPA dan Jurusan Fisika, Jurusan Kimia telah menempati gedung-gedung baru di Sekip Utara tersebut. Pada bulan Februari 1994 terjadi musibah kebakaran di gedung Sekip Unit III. Sepertiga gedung tersebut, yakni seluas kurang lebih 1200 m2 rusak berat dan tidak dapat digunakan lagi. Seluruh ruang laboratorium Kimia Organik, laboratorium Komputasi dan ruang Perpustakaan Program Pasca Sarjana Matematika beserta seluruh isinya berupa peralatan laboratorium, bahan praktikum dan penelitian, buku, majalah, journal dan lain-lain musnah terbakar.

Pada awal tahun ajaran 1995/1996 telah selesai dibangun gedung baru untuk jurusan Fisika, sekalipun baru sebagian dari rencana semula. Sementara itu telah dimulai pula pembangunan gedung baru untuk jurusan Matematika dan jurusan Kimia. Pada awal tahun 1996, sebagian besar pembangunan gedung baru tersebut telah diselesaikan dan semua kegiatan perkantoran dan hampir semua kegiatan akademik sudah berada di Sekip Utara.

Pada awal tahun 2003 telah selesai dibangun sebuah gedung berlantai tiga seluas 1.506,90 m2 sehingga total luas bangunan menjadi 22.552 m2 gedung baru tersebut untuk penyelenggaraan kuliah dan Pusat layanan Internet Mahasiswa (Student Internet Center).

Sejak saat berdirinya sampai tahun 1980, Fakultas menyelenggarakan program pendidikan Sarjana Muda dan program pendidikan Sarjana. Program pendidikan Sarjana Muda memerlukan waktu 3 tahun, diakhiri dengan pemberian gelar Sarjana Muda (Baccalaureat) dan bersifat terminal. Program pendidikan Sarjana memerlukan 5 tahun dan diakhiri dengan pemberian gelar Sarjana. Sejak ditetapkannya stratifikasi pendidikan tinggi dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0124/U/1979, mulai tahun ajaran 1980/1981, Fakultas menyelenggarakan Program Pendidikan S1 yang merupakan program pendidikan 8 sampai 9 semester dengan pencapaian gelar Sarjana S1. Dalam Program Pendidikan S1 ini, Program Pendidikan Program Sarjana Muda tidak lagi bersifat terminal walaupun sampai akhir 1986 gelar Sarjana Muda tetap diberikan kepada para mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan tertentu.

Mulai tahun 1987 tidak lagi diberikan gelar Sarjana Muda. Semenjak tahun 1994, gelar resmi untuk lulusan program S1 FMIPA adalah Sarjana Sains (S.Si.). Khusus untuk Program Studi Ilmu Komputer sejak tahun 2000 memakai gelar S.Kom.

Sampai dengan tahun 1985, fakultas menye-lenggarakan tiga macam program studi yang masing-

masing merupakan kesatuan rencana belajar yang dinyatakan dalam suatu program kurikulum. Program Studi Fisika, Kimia dan Matematika yang masing-masing diselenggarakan di Jurusan Fisika, Kimia dan Matematika.

Pada tahun ajaran 1985/1986, dibuka program khusus D3 Kependidikan MIPA berstrata SO yang bertujuan memberikan kewenangan mengajar di tingkat SMTP dan SMTA, melalui pembentukan kompetensi profesional dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sesuai dengan surat keputusan Direktur Pembinaan Sarana Akademis Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No. 695/D2/1991, mulai tahun ajaran tahun 1991/1992, FMIPA tidak lagi menerima mahasiswa baru untuk program khusus ini. Mulai tahun ajaran 1994/1995 tidak diselenggarakan lagi program D-3 Kependidikan Biologi dan MIPA.

Semenjak tahun kuliah 1987/1988, Jurusan Matematika membuka dua program studi baru yaitu Program Studi Statistika dan Program Studi Ilmu Komputer, begitu pula Jurusan Fisika membuka dua program studi baru yaitu Program Studi Geofisika dan Program Studi Elektronika dan Instrumentasi.

Pada tahun 1998/1999 telah dibuka program D3 Komputer dan Sistem Informasi sesuai dengan keputusan No.:2.305/DIKTI/KEP/1998, Tanggal 19 Agustus 1998 dengan strata S0. Tahun 1999/2000 dibuka pula D3 Elektronika dan Instrumentasi.

Program Magister Science (S2) semula hanya meliputi bidang studi Fisika dan Kimia. Namun mulai tahun ajaran 1992/1993, ditambah dengan bidang studi Matematika sesuai dengan SK. DIKTI No. 128/DIKTI/Kep/1992. Bidang Studi Fisika meliputi pola minat geofisika. Untuk bidang Studi Matematika sejak tanggal 11 April 1992 dibuka pola minat ilmu komputer. Sedangkan pada tahun ajaran 1999 Fakultas MIPA membuka pula Program Magister Ilmu Komputer dengan SK DIKTI No. 259/DIKTI/KEP/1999, tanggal 27 Mei 1999.

Beberapa gedung di FMIPA UGM ikut terkena dampak kerusakan akibat musibah gempa bumi yang melanda kawasan Yogyakarta tanggal 27 Mei 2006. Kerusakan terparah terjadi di Gedung Fisika sayap barat Sekip Utara, sedang gedung-gedung yanglain mengalami tingkat kerusakan ringan hingga sedang. Semua kerusakan tersebut telah diperbaiki dan digunakan lagi pada awal semester I Tahun akademik 2006/2007

Pada tahun 2010, proposal pembentukan Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika (JIKE) yang diajukan fakultas sejak tahun 2006 pada akhirnya disetujui oleh UGM. Dalam struktur organisasi, JIKE menaungi dua program studi yaitu Program Studi Elektronika dan Instrumentasi, yang berpindah dari Jurusan Fisika, serta Program Studi Ilmu Komputer, yang berpindah dari Jurusan Matematika.

Sumber : http://mipa.ugm.ac.id/web/content/sejarah-singkat-berdirinya-fmipa-ugm

copyright wedar p | 2012

Page 9: bukutahunan fmipa 2012

9[ struktur km fmipa ugm ]

copyright wedar p | 2012

Page 10: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

10

copyright wedar p | 2012

Page 11: bukutahunan fmipa 2012

11[ pi bem km fmipa ugm ]

SULTAN Sultan merupakan gelar yang diberikan kepada ketua BEM KM FMIPA UGM. Penggunaan nama Sultan memiliki nilai historis yang menggambarkan simbol independensi (otonomi khusus) dari BEM KM UGM serta digunakan untuk mendobrak tradisi terhadap monopoli gelar. Adapun tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Sultan adalah mengkoordinasikan semua elemen yang ada dalam BEM KM FMIPA UGM, mengkoordinasikan KM FMIPA UGM terutama dalam hal koordinasi lembaga di MIPA, men-jadi representasi dari fakultas ditataran universitas serta menjadi mitra kerja wakil dekan bidang kemahasiswaan. Secara struktural Sultan langsung menaungi Sekretaris Jenderal, Koordinator Internal, Koordinator Eksternal, Bendahara Umum dan Sekretaris Eksekutif. Dalam hal ini, Sultan memiliki kewenangan untuk berkoordinasi dan meminta laporan serta pertanggungjawaban secara langsung mengenai hal yang berhubungan dengan tu-poksi dari kelima pengurus yang dinaunginya. Selain itu, diranah kelembagaan se-MIPA Sultan berperan sebagai koordinator dari forum ketua lembaga yang memiliki pemegang keputusan tertinggi di MIPA. Mengingat pentingnya amanah dan tanggung jawab yang diemban oleh Sultan BEM dalam menjaga stabilitas internal BEM serta KM FMIPA UGM, harapannya Sultan dapat memposisikan diri sebagai sebenar-benarnya pemimpin KM FMIPA UGM yang selalu memiliki sikap dan konsistensi terhadap permasalahan KM FMIPA UGM. Selain itu, Sultan sudah sepatutnya memiliki keteladanan sebagai cerminan dan citra yang baik bagi mahasiswa MIPA namun tetap down to earth dan merangkul semua warga MIPA. Semoga bisa terealisasikan ..

SEKJEND Sekjend atau Sekretaris Jenderal memiliki tugas pokok dan fungsi utama untuk mengurusi kerumah tanggaan BEM KM FMIPA UGM. Secara garis struktural sekjend langsung mengampu biro PSDM (Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa), Artinya sekjend bersama dengan PSDM bertanggung jawab untuk mengontrol, menjaga, membangun kekeluargaan, melakukan upgrade dan update terhadap pengurus BEM serta melaksanakan rangkaian alur kaderisasi dan open recruitment. Selain itu, sekjend masih memiliki peran sebagai perwakilan sultan secara administratif ketika sultan berhalangan.Pada periode ini, kabinet PINISI melakukan banyak pembaruan struktur kabinet, salah satunya adalah dengan pengangkatan koordinator internal dan koordi-nator eksternal (mention: mas zainal dan uda ilham ) yang belum pernah ada di kepengurusan tahun-tahun sebelumnya. Dimana Tupoksi utama koordinator adalah mengurusi dan mengawasi pelaksanaan program kerja departemen. Sehingga fungsi pengawasan proker yang dari tahun ketahun dibebankan kepada sekjend die-liminir dengan kehadiran koordinator. Harapannya, dapat memaksimalkan kinerja dan fungsinya mengurusi rumah tangga BEM. Fungsi sekjend pada periode kabinet PINISI ini pun be-lum dirasakan maksimal baik ditataran PH maupun staf,

masih banyak kekurangan dan pembelajaran yang harus dilakukan untuk menciptakan nuansa kekeluargaan yang harmonis tanpa sekat departemen dan mengembang-kan pemimpin-pemimpin yang berintegritas. Karena itu harapannya sekjend memiliki keteladanan dan integritas yang tinggi, kapasistas yang mumpuni sehingga dapat dijadikan teladan tapi tetap down to earth dan memberi-kan nuansa nyaman serta memiliki hati semua pengurus BEM, semoga bisa terealisasikan untuk sekjend periode-periode selanjutnya .

BENDAHARA UMUMBendum atau Bendahara Umum memiliki tugas utama untuk mengatur dan mengotrol keuangan BEM KM FMIPA. Selain itu bendum juga bertugas untuk men-gaudit keuangan seluruh lembaga di MIPA kemudian melaporkannya kepada Sultan BEM KM FMIPA sebagai bahan laporan yang akan diperiksa lebih lanjut oleh DPM KM FMIPA. Secara spesifik, penurunan dana keuangan lembaga se-MIPA hanya memiliki satu pintu utama yang dipercayakan oleh dekanat kepada BEM KM FMIPA me-lalui Bendahara umum. Artinya, penurunan dana untuk kebutuhan agenda kemahasiswaan terpusat melalui Bendahara umum BEM. Sehingga, dalam melaksanakan tugasnya bendum memiliki peranan untuk selalu berkoordinasi dengan Bendahara lembaga se-MIPA. Adapun dalam menjalankan tugasnya di internal BEM, bendum dibantu oleh Bendin (Bendahara Internal I dan II, mention : Rahma dan Fatimah ). Yang bertugas untuk membantu bendum untuk mengatur dan mengontrol keuangan di departemen. Bendahara umum merupakan jabatan yang strategis dan crucial dalam mengurusi keuangan lembaga se-MIPA. Sehingga harapannya sosok bendum merupakan orang yang tegas dalam mengambil keputusan, merdeka dalam cara berpikir, rapih, teliti serta disiplin dalam mengatur keuangan … SEKRETASIS EKSEKUTIFTugas dari seorang Sekretaris Eksekutif atau sering disebut SE secara teknis adalah mengatur administrasi, inventarisasi, dan internalisasi BEM secara fisik. Proker dari SE sendiri antara lain adalah Kerja Bakti BEM yang berlangsung 2 kali selama satu tahun kepengurusan, Internalisasi yang mencakup pengaturan jadwal piket bersih-bersih sekre dan jadwal jaga sekre, inventarisasi, dokumentasi & back up data surat keluar – surat masuk, serta pembuatan LPJ dan juga sertifikat kepengurusan. Selain itu SE juga bekoordinasi dengan Sekjend dan Ben-dum untuk pendelegasian armada BEM. SE juga punya seorang Asisten SE yaitu Ummi Khaltsum Ary (Kimia’11) yang bertugas membantu kinerja SE.Terkait nama, kenapa Sekretaris BEM tidak dinamai Sekretaris Umum melainkan Sekretaris Eksekutif karena tugasnya hanya di dalam internal BEM saja. Meskipun ti-dak menutup kemungkinan untuk membantu Sekretaris di Lembaga-Lembaga KM FMIPA yang bertanya tentang pembuatan surat, proposal, dan LPJ.

copyright wedar p | 2012

Page 12: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

12

BEM KM FMIPA UGM 2012KABINET PINISI “Progresif, Inspiratif, Sinergis”

MIPA (Harus) Sinergis!

“Sebuah perjalanan penuh perjuangan, lika-liku telah menjadi santapan. Berkelana bersama kawan, menyongsong mimpi. Membuka tabir kejenuhan, menciptakan sebuah perubahan...karena kita Pemuda!”

Tak terasa dengan terbitnya buku tahunan BEM KM Fakultas MIPA ini menjadi muara perjalanan panjang perjuangan kami, segenap pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa KM FMIPA UGM tahun 2012. Tepat setahun lalu kami memulai jalan juang ini hanya dengan bekal mimpi. Mimpi membangun lembaga yang ideal untuk

copyright wedar p | 2012

Page 13: bukutahunan fmipa 2012

13[ bem km fmipa ugm ]

mewujudkan kesinergisan Keluarga Mahasiswa Fakultas MIPA (KM FMIPA). Mimpi itu telah memacu semangat kami bekerja menjadi “pelayan” bagi seluruh mahasiswa di fakultas tercinta ini. Dengan keyakinan dan kebersamaan, hari demi hari kami lewati dan kami jadikan sebagai bentuk pengabdian; menjadi sarana dan fasilitas bagi kebutuhan mahasiswa FMIPA. Baik-buruk kinerja kami selama kurang lebih satu tahun ini akan menjadi pelajaran yang sangat berharga, baik untuk kami pribadi maupun untuk lembaga. Segala hal baik yang mampu kami lakukan, itu semata demi kebaikan KM FMIPA. Hal-hal buruk yang kami lakukan akan menjadi koreksi bagi kami dalam membawa lembaga ini. Berkarya dengan PINISI

“ Membangun BEM KM FMIPA UGM sebagai

wadah pembentukan pemimpin berkarakter atas landasan moral yang kuat untuk bisa

mewujudkan sinergisme Keluarga Mahasiswa FMIPA yang prestatif dan peduli serta

bermanfaat untuk masyarakat.”

Kami menamainya PINISI. Sebuah singkatan kata-kata yang menginspirasi jiwa-jiwa kami. Progresif, Inspiratif dan Sinergis. Tiga kata ini menjadi pedoman kami dalam melangkah. Bekerja secara maksimal melayani mahasiswa, menginspirasi orang lain untuk ikut melakukan kebaikan-kebaikan yang lebih meluas. Serta bersama sebagai satu-kesatuan menciptakan karya nyata bagi mahasiswa dan masyarakat. Coba kami terapkan dalam membawa lembaga ini. Mengarahkan gerak BEM KM FMIPA UGM 2012 menjadi lembaga yang menciptakan pemimpin-pemimpin yang berkarakter dan bermoral. Kami telah berikhtiar mewujudkannya melalui berbagai program seperti; Leadership Camp, Social Generale Politic Camp, Training Managerial Organization, Group Discussion, dan School of Leadership.Guna mewujudkan suasana prestatif di dalam KM FMIPA, kami mengadakan sebuah ajang kompetisi mencari mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi yaitu kompetisi Mapres. Kompetisi ini terbagi menjadi dua, yang pertama yaitu

pemberian penghargaan kepada lima mahasiswa berprestasi dari lima bidang; akademik, olahraga, seni, penalaran dan organisasi. Serta yang kedua adalah pencarian dua mahasiswa terbaik di Fakultas dengan kriteria yang komprehensif. Dari pelaksanaannya diperoleh Mapres MIPA atas nama; Maulana Rizky Aditama (Geofisika’10) dan Phisca Aditya (Elins’10). Selain itu kami juga ingin membentuk mahasiswa MIPA yang peduli, kita lakukan melalui program BAMM, Dorami, Bakti Sosial MIPA dan Desa MIPA. Serta kerja-kerja advokasi mahasiswa, seperti pelayanan beasiswa BOP/BP, pengadvokasian KKN, penampungan suara mahasiswa untuk pemilihan rektor dan dekan.Membangun sinergisme KM FMIPA pun menjadi cita-cita kami dari awal kepengurusan. Kami wujudkan melalui sarasehan lembaga dengan dilantiknya seluruh ketua-ketua baru oleh dekanat. Peringatan hari bumi sebagai bukti nyata kepedulian mahasiswa MIPA terhadap lingkungan. Dilanjutkan dengan penyambutan mahasiswa baru lewat PASCAL dan penjadwalan kegiatan makrab seluruh lembaga. Kemudian ada Komunitas Media, Halal bi Halal MIPA, FLASH dan terakhir Pemira (Pemilihan Mahasiswa Raya) seluruh lembaga.Tak terasa sudah setahun kami berkarya untuk MIPA. Namun kami sadar belum mencapai tataran yang diharapkan seluruh mahasiswa MIPA. Dengan segala keterbatasan yang kami miliki, kami mohon maaf atas segala kesalahan-kesalahan dari kami serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh lembaga yang ada di FMIPA. Kami tidak bisa mencapai prestasi-prestasi itu tanpa bantuan seluruh elemen yang ada di FMIPA. Juga kepada Dekan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaannya, Pak Chairil dan Pak Pekik

copyright wedar p | 2012

Page 14: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

14

Struktur kepengurusan BEM KM FMIPA UGM priode 2011-2012 yang mengusung kabinet PINISI (Progresif, Inspiratif, dan Sinergis), menawar-kan sistem kepengurusan yang berbeda dari sistem kepengurusan pendahulunya. Jika sebel-umnya yang membantu ketua BEM dalam fungsi koordinasi dan pengawasan terhadap progam kerja (proker) seluruh departemen juga dikelola oleh Sekretaris Jendral (Sekjend) selain mengkoordinasi semua pengurus BEM serta memastikan semua administrasi berjalan, serta pengontrolan terhadap proses kaderisasi. Tetapi untuk kepengurusan kali ini, fungsi koordinasi dan pengawasan terhadap kinerja diampu oleh Koordinator. Fungsi kerja Koordinator dibagi kedalam dua bagian koordinasi yakni Koordinator Kebijakan Internal dan Koor-dinator Kebijakan Eksternal, dimana pembagian sub kerja koordinasi dibagi kedalam wilayah kerja tiap-tiap departemen. Untuk koordinator kebijakan internal, membawahi kerja tiga departemen yakni

departemen Riset dan Pengembangan (Risbang), Departemen Medinfo (Media dan Informasi), dan Departemen Apresiasi Mahasiswa (AM) sedangkan koordinator kebijakan eksternal membawahi kerja empat departemen yakni departemen Humas, Departemen Enterpreunership (EP), Departemen Advokasi, dan Departemen Sosial.

Konsep sistem kepengurusan meng-gunakan koordinator berdasarkan sub wilayah kerja ini merupakan konsepan yang diadopsi dari BEM yang ada di tingkat universitas maupun BEM tingkat fakultas dari beberapa fakultas yang ada di UGM, yang telah menggunakan sistem pembagian wilayah kerja ini, atau yang lebih dikenal dengan nama kementrial koordinator internal (Menko Internal ) dan kementrian koordinator eksternal (Menko Eksternal). Konsep ini diambil karena se-bagai bagian evaluasi atas peran yang terlalu luas serta cukup sulit dalam mengampu kerja koordi-nasi dan pengawasan baik secara sub wilayah kerja

Koordinator kebijakan internal, babak baru

sinergisitas KM FMIPA UGMoleh lham Pebrika

Page 15: bukutahunan fmipa 2012

15

maupun secara keseluruhan sehingga hal ini akan sulit dan kurang maksimal. Untuk modelnya sendiri peran koordinasi dan pengawasan berdasarkan sub wilayah kerja ini, belum dibuat dalam bentuk suatu departemen, divisi, atau secara sederhananya dalam format suatu tim tetapi masih diampu oleh personal yakni yang ditunjuk sebagai koordinator tersebut, sehingga dapat dikatakan bahwa untuk pertama, fungsi kerja koordinator masih dalam taraf koordinasi dan pengawasan dari kerja de-partemen sehingga untuk departemen sendiri tidak memiliki proker yang tertulis (formal) yang dilak-sanakan dalam rangka satu tahun kepengurusan.

Selain mengampu fungsi koordinasi dan pengawasan terhadap kerja dari departemen-de-partemen , fungsi koordinator juga mencakup per-timbangan dalam kebijakan-kebijakan yang diambil oleh BEM KM FMIPA UGM baik dalam wilayah internal (FMIPA) maupun wilayah eksternal

“Visi dan Misi besar dari koordinator

Internal saat ini ialah agar kedepan KM MIPA bisa menjadi struktur yang kokoh

yang mampu bergerak dalam satu integritas FMIPA UGM dengan karak-teristiknya sebagai fakultas sains ....”

luar FMIPA). Memberikan pertimbangan ke-pada ketua BEM serta membantu merumuskan kebijakan-kebijakan yang diambil berdasarkan sub wilayah kerja atau bisa dikatakan juga berperan sebagai penasehat, terkait kebijakan-kebijakan atau sikap yang diambil oleh BEM dalam menyikapi suatu permasalahan baik internal maupun ekster-nal MIPA

Selain itu, fungsi dari koordinator inter-nal juga terfokus pada penyelesaian masalah-

masalah yang terjadi khususnya dalam tataran mahasiswa,yang berada dalam ruang lingkup internal FMIPA. Yang menjadi fokusan utama untuk kerja koordinator internal pada kepengu-rusan tahun ini ialah koordinasi lembaga se- KM FMIPA UGM dan koordinasi dengan pihak Dekanat untuk menyikapi berbagai permasalahan yang ada di FMIPA UGM baik ditataran mahasiwa mapun wilayah yang lebih luas, sebagai contoh mengawasi kegiatan rutin fakultas seperti PPSMB (Pascal),Pemira dan Sidang Umum Mahasiswa (SUM), serta momentum pergantian Dekan. Selain itu juga berusaha menjadi media antara maha-siswa dengan pihak dekanat jika diperlukan, bila ada terjadi permasalahan-permasalahan yang harus diselesaikan.

Visi dan Misi besar dari koordinator Inter-nal saat ini ialah agar kedepan KM MIPA bisa men-jadi struktur yang kokoh yang mampu bergerak dalam satu integritas FMIPA UGM dengan karak-teristiknya sebagai fakultas sains tanpa menghilan-gkan karakteristik dan keunikannya sebagai ciri khas yang dimiliki oleh komponen-komponen dari KM-MIPA tersebut, dimana mereka komponen-komponen tersebut bekerja untuk meraih yang terbaik sesuai karakteristik dan khas mereka masing-masing tetapi pada suatu momen yang lain mereka siap saling membantu dan menguatkan satu sama lain dimana mereka dengan bangga dan saling terintegrasi dalam satu payung KM-MIPA, mengusung nama FMIPA Universitas Gadjah Mada. Harapan dan Visi ini diharapkan akan tercipta mungkin tahun ini, tahun selanjutnya atau beberapa tahun selanjutnya dan Koordinator kebi-jakan Internal sebagai bagian terdepan yang selalu mendukung terciptanya kondisi dan iklim yang dicita-citakan untuk KM-MIPA yang lebih baik.

[ koordinator kebijakan internal ]15

Page 16: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

16

Koordinator kebijakan eksternal adalah fungsi baru dalam struktur BEM KM FMIPA UGM. Ia bukanlah sebuah departemen maupun biro, melainkan sebuah fungsi yang diampu oleh satu orang yang ditunjuk langsung oleh sultan. Fungsi ini baru di inisiasi pada Kabinet PINISI yang sekarang sedang menjabat. Ranah kerjanya adalah diluar kampus FMIPA UGM. Seperti namanya, arahan utama dari koordinator kebijakan eksternal, yaitu:

- Bersama dengan sultan, menentukan arah kebijakan eksternal lembaga BEM KM FMIPA UGM.

- Melakukan fungsi kontrol dan monitoring terhadap departemen yang di ampu oleh koordinator kebijakan eksternal (Advo, Sosial, Humas dan Enterpreuner).

- Mengarahkan keempat departemen agar berjalan sesuai dengan arah kebijakan eksternal lembaga.

- Menghandel isu - isu di luar kampus MIPA.

Pada tahun ini arah kebijakan eksternal BEM KM FMIPA UGM adalah “Bergerak dengan siapapun yang ingin bergerak bersama”. Berdasarkan hal ini, BEM KM FMIPA UGM selalu menyambut dengan tangan terbuka tawaran

kerjasama dari berbagai pihak, selama tawaran kerjasama tersebut memungkinkan untuk dilaksanakan. Pihak – pihak yang selama

“Bergerak dengan siapapun yang

ingin bergerak bersama”.

ini telah bekerja sama diantaranya adalah BEM KM FMIPA UGM terkait pemilihan rektor dan koordinasi PPSMB, BEM Fakultas Geografi dan Biologi terkait temu alumni OSIS – MPK Klaster Sains, Aliansi BEM Fakultas dan ILMMIPA dalam pengawalan beberapa isu dan kerjasama dengan pihak – pihak lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.

oleh : Zainal R

Koordinator Kebijakan EksternalBEM KM FMIPA UGM 2012

Page 17: bukutahunan fmipa 2012

17

Biro PSDM berperan dalam membentuk kader BEM agar mempunyai jiwa kepemimpinan, intelek-tualitas, moralitas, dan spiritualitas yang baik. Proker-proker PSDM :

1. Open Recruitment 2Adalah media untuk menerima anggota baru di awal kepengurusan dan pendataan kembali seluruh anggota BEM.

2. Social General and Politic Camp Adalah media pengenalan dan pengakraban seluruh anggota BEM, penanaman ideologi, kepemimpinan, sikap kritis, team work.

3. Focus Group Discussion Adalah suatu media peningkatan mutu kader BEM berupa kelompok diskusi yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap kritis, kecintaan terhadap BEM, manajemen diri dan organisasi.

4. Training Managerial OrganizationAdalah media untuk belajar mengenai manajemen diri, organisasi, dan motivasi

berorganisasi.5. Hearing Sultan

Adalah media untuk menyalurkan aspirasi seluruh anggota BEM ke Sultan BEM secara langsung.

6. BEM AwardAdalah penghargaan untuk anggota BEM yang berprestasi dalam organisasi.

7. Open Recruitment dan Penerimaan Mahasiswa Baru BEMAdalah media untuk mengenalkan BEM kepada mahasiswa baru dan menerima anggota baru BEM dengan serangkaian proses seleksi.

8. Forga BEMAdalah sarana berkumpulnya semua anggota BEM yang bertujuan untuk menjalin kekeluargaan dan kekompakan.

9. BEM’s DiaryAdalah media untuk menyalurkan uneg-uneg tenteng BEM di buku diary BEM.

BIRO PSDM

[ psdm bem km fmipa ugm ]

Page 18: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

18

DepartemenApresiasi dan MinatBEM KM FMIPA UGM

Proker :1. Latihan Rutin Badminton

Proker AM yang satu ini adalah proker yang dijalankan 1 minggu sekali. Pelaksanaanya dilakukan setiap hari sabtu jam 12 siang. Target pesertanya adalah armada BEM. Tujuannya adalah agar armada BEM bisa menyalurkan minat dan bakatnya di bidang ini. Selain itu juga dapat dijadikan sarana refreshing bagi armada BEM

2. Latihan Rutin Futsal Biasanya untuk latihan futsal kita dari BEM mengadakan latihan bareng dengan teman-teman KMFM. Untuk waktunya menyesuaikan situasi dan kondisi dari teman-teman. Pesertanya adalah teman-teman armada BEM.

Tujuan latihan rutin ini hampir sama dengan latihan rutin badminton yaitu agar armada BEM bisa menyalurkan minat dan bakatnya dan juga untuk menjalin silaturahmi dengan teman-teman dari lembaga lain.

3. Komunitas Teater Komunitas teater bertujuan untuk menampung teman-teman MIPA yang memiliki minat dan bakat di bidang teater. Target pesertanya adalah seluruh mahasiswa MIPA. Biasanya komunitas teater ini mengadakan pertemuan dan latihan setiap hari rabu malam.

4. BEM-ers Phoria BEM-ers phoria adalah proker penutupan dari BEM. Bisa dibilang ini adalah pesta perpisahan armada BEM yang tergabung dalam kabinet lama. Di BEM-ers phoria ini tiap-tiap departemen dan juga biro akan menampilkan sebuah pentas seni. Selain itu di BEM-ers phoria ini juga akan diadakan pemilihan-

copyright wedar p | 2012

Page 19: bukutahunan fmipa 2012

19

pemillihan yang terbaik, seperti staff terbaik, kadept/kadiv terbaik. Target pesertanya adalah para armada BEM.

5. BEM League BEM league adalah proker AM yang bertujuan untuk mempersatukan armada BEM. Bentuk pelaksanaannya berupa acara-acara yang bersifat menyenangkan dan sangat membutuhkan kekompakkan. Proker ini dilaksanakan 2 kali selama dalam 1 kali masa kepengurusan.

“Karena Minat butuh untuk

diapresiasikan, dan kami ada untuk itu.”

6. Science Olympic Sport (SOS) Ini merupakan proker dari departemen AM yang bertujuan untuk menyaring bakat-bakat mahasiswa MIPA khusunya di bidang olahraga. SOS ini juga bertujuan untuk menyeleksi atlit-atlit dari MIPA yang nantinya akan berjuang di porsenigama. Bentuk pelaksanaannya berupa lomba-lomba olahraga seperti futsal, bulutangkis, voli, catur dan lain-lain

7. MIPA Fest MIPA festival ini merupakan festivalnya anak-anak MIPA. Di MIPA fest ini akan ada perlombaan-perlombaan bagi mahasiswa MIPA, seperti lomba akustik, musikalisasi puisi, teater monolog dan sebagainya. Proker ini juga bertujuan untuk menyaring bakat teman-teman MIPA di bidang seni dan nantinya akan dikirim ke porsenigama. Di MIPA fest ini juga akan penampilan pentas seni dari tiap-tiap lembaga yang ada di MIPA

[ am bem km fmipa ugm ]

Page 20: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

20

1. Kepala DepartemenNama : Fajar Sidhiq RamdhaniPanggilan : Bang FajarAngkatan : 2010Program Studi : ElinsKontak Person : 0856-9-428-9991Alamat : Jl Raya Lapangan Tembak No 2 Cibubur, Jakarta Timur

2. Kepala Divisi Jaringan dan Kerjasama (JaKa)Nama : Futihatur RahmawatiPanggilan : Tika, Bu JaKaAngkatan : 2010Program Studi : Rekam MedisKontak Person : 08170424864Alamat : Jl. Gejayan gang Guru, Sleman.

Nama-nama DEPUTY HUMAS Rahmawati S (Statistika 2011) Nur Baini Aaliyatin (Kimia 2011) Dwi Rizki Amalia (Kimia 2011) Astri Fitriarti (Kimia 2011) Muhammad Bagus Ramdan (Ilkom 2011) Muhammad Dirwan B. (Geofisika 2011) Risa Jesiliany Tarida (Matematika 2011) Intan Nur Fadlillah (Elins 2011) Laely Nur Baety (Elins 2011)

HUMAS BEM KM FMIPA UGM

Adien Akhmad M. (Geofisika 2011)

Pengertian HUMAS dan Fungsinya = Humas atau singkatan dari Hubungan Masyara-kat. Sekarang nama “beken”nya yang digunakan adalah Public Relations. Dalam Definisinya Public Relations (PR) adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagaalan organisasi tersebut.

“Hampir disetiap organisasi, instansi pemerintah maupun perusahaan

mempunyai “Public Relations” atau Humas. Makin luas aktifitas organisasi atau instansi tersebut makin luas pula

aktivitas Humasnya.

Peran HUMAS di BEM KM FMIPA UGM = Karena Humas dapat membentuk citra atau image yang baik terhadap masyarakat luas. Adanya citra

copyright wedar p | 2012

Page 21: bukutahunan fmipa 2012

21

yang baik terhadap organisasi misalnya Proker-pro-ker, akan mempercepat proses pencapaian tujuan proker menjadi organisasi yang berperan penting dikampus, dilandasi profesionalisme, kejujuran, tanggungjawab dan saling menghargai. Namun bila terjadi sebaliknya, dimana Humas tidak mampu menjalankan peran dan fungsinya maka tujuan organisasi akan terganggu, bahkan tidak mustahil akan mengalami kegagalan. Namun yang harus diingat, humas bukan lagi “Pemadam Kebakaran” jika ada masalah ataupun “Pengharum” bagi aktivi-tas yang busuk. Humas harus dipandang lebih luas yang dimulai dari perencanaan, program, evaluasi dan pengkajian.

Fungsi HUMAS secara spesifik bagian dari BEM FMIPA:

mencakup fungsi-fungsi dasar dengan pendekatan analistik seperti perencanaan, pengorganisasian,

penggerakan, pengawasan. menyusun sasaran dan kerja sama melalui

organisasi lain. Membuat/mengatur/memanfaatkan keg-

iatan internal dan eksternal. menanamkan sense of belonging pada

“publik” dalam upaya untuk mencapai tujuan dari BEM dan

Humas itu sendiri.

Kegiatan Humas menurut AD/ART BEM KM FMIPA UGM adalah setiap Departemen membuat, mer-encanakan, melaksanakan, dan mempertanggung

jawabkan sebuah Program Kerja yang disusun selama satu tahun periode kepengurusan.Program Kerja

1. Sarasehan KM FMIPA UGM2. Sekolah Kehumasan3. Forum BGMT4. Training Public Speaking5. Stand BEM Penyambutan MABA 20126. Studi Banding/Sains Tour7. Kunjungan BEM8. Training Jurnalistik9. Forum Ilmmipa dan Joglo Seto10. Forum UR 11. Halal Bihalal FMIPA UGM12. Kunjungan Lembaga (Internal dan Ekster-

nal)13. Dies Natalis FMIPA (temu Alumni)14. Delegasi BEM Undangan atau acara15. Jalan-jalan, makan-makan, foto-foto,

karaokean.

Eksistensi Departemen HUMAS ILMMIPA SI (Ikatan Lembaga Mahasiswa

MIPA Seluruh Indonesia) Joglo Seto (Jogja, Solo, Semarang, Pur-

wokerto) BGMT (Biologi, Geografi, MIPA, Teknik) UR (UGM Relationship) BEM Fakultas dan Universitas lainnya. BIRO Rumah Tangga Kepresidenan Repub-

lik Indonesia Sekjend MPR-DPR/DPD RI KEMENPORA RI ASEAN’S Organization Student

kunjungan UHAMKA Jakarta sains tour monas workshop public speaking

sarasehan KM FMIPA kunjungan Himaprodi stand up comedy

[ humas bem km fmipa ]

copyright wedar p | 2012

Page 22: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

22

Departemen Advokasi mengampu 2 fungsi utama di BEM KM FMIPA UGM, yaitu fungsi pelay-anan dan sosial mahasiswa dan fungsi pewacanaan isu strategis serta penyikapan eksternalnya. Oleh karena fungsinya yang sangat penting, pembagian kerja di Departemen Advokasi dibagi ke dalam dua divisi yaitu Divisi Kajian Strategis (Kastrat) dan Divisi Aksi Propaganda (Akspro). Divisi Kastrat mempunyai tugas utama mengampu dan mengkaji isu-isu mau-pun kebijakan yang ada dalam tataran kampus dan nasional, dengan spesifikasi sebagai berikut:a. Menumbuhkan kultur membaca dan diskusi di lingkungan BEM dan FMIPAb. Memberikan pewacanaan isu-isu strategis kepada semua pengurus BEM maupun FMIPAc. Bersama dengan Departemen Risbang, meriset dan mengembangkan serta mengkaji isu-isu utama di lingkungan FMIPA UGMd. Bersama Lembaga, dekanat, dan rektorat untuk mengkaji dan mengkawal isu-isu strategis nasionalSedangkan Divisi Aksi Propaganda memiliki tugas khusus untuk:a. Memperkuat sistem dalam advokasi sehingga bisa optimal dirasakan mahasiswa dan masyarakat.

b. Membangun jaringan yang dapat mendukung proses advokasi sehingga bisa dirasakan secara optimalc. Bertanggung jawab dalam pernyataan sikap BEM terhadap isu-isu kontemporer baik melalui aksi maupun propagandad. Bekerja dalam sistem advokasi secara teknis sebagai garis depan dalam hal penyikapan sebuah isu yang telah dikaji oleh kastratTahun ini, Departemen Advokasi mengawal be-berapa isu strategis dalam internal kampus UGM yaitu proses pemilihan dekan dan rektor, gugatan pencabutan pemberlakuan KIK di lingkungan kampus UGM, dan pengawalan WCRU (World Class Research Univercity) tanpa melupakan statusnya sebagai kam-pus kerakyatan. Isu nasional yang dikawal antara lain penerapan energi alternatif dan kajian komprehensif tentang korupsi sumber daya energi dan penolakan liberalisasi pendidikan dalam bentuk RUU PT yang telah disahkan.

PROGRAM KERJA1. Diskusi AdvokasiMelalui diskusi, mahasiswa dapat mengkritisi berbagai hal serta memberikan solusi yang konkrit atas bermacam-macam permasalahan bangsa. Diskusi juga menjadi wadah yang tepat untuk saling berbagi ide dan membuka pikiran, serta mewacanakan isu-isu yang telah dijadikan fokus

DEPARTEMEN ADVOKASI copyright wedar p | 2012

Page 23: bukutahunan fmipa 2012

23

utama untuk dikaji bagi seluruh entitas Fakultas MIPA.Departemen Advokasi memiliki kurikulum khusus untuk merutinkan diskusi sebagai ciri khas BEM, terutama karena baca, tulis, dan diskusi adalah 3 pondasi dasar kegiatan mahasiswa. Diskusi rutin yang dijadwalkan adalah 2 minggu sekali, namun mungkin bisa bertambah intensitasnya seiring dengan menaiknya eskalasi isu-isu tertentu.Diskusi dan kajian besar yang telah diinisiasi oleh Departemen Advokasi diantaranya adalah kajian UU PT (sebelum disahkan), kajian bersama 3 fakultas (Biologi-Geografi-MIPA) atas pemberlakuan KIK khususnya di lingkungan klaster sains, kajian khusus energi alternatif pengganti BBM bersama Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, dll.2. Eksperimen Isu dan Responsi JalananEksperimen isu adalah usaha menginvestigasi data-data yang diperlukan sebelum memutuskan harus melakukan langkah advokasi selanjutnya. Bentuk kegiatan berupa diskusi khusus, wawancara tokoh-tokoh terkait, riset data dari Departemen Risbang, dll. Sedangkan responsi jalanan adalah usaha advokasi yang dilakukan oleh Divisi Akspro biasanya berupa litigasi, diplomasi, atau usaha advokasi dengan tekanan seperti aksi unjuk rasa. Aksi demonstrasi atau unjuk rasa dilakukan setelah menemui jalan buntu lewat advokasi diplomasi. Namun ada beberapa aksi demonstrasi yang dilakukan tanpa melalui diplomasi terlebih dahulu, biasanya lebih karena bersifat seremonial seperti unjuk rasa 8 Tahun Mengkritisi Pemerintahan SBY, Pengawalan Pelantikan Dekan dan Rektor UGM, Aksi Sumpah Pemuda, Aksi 104 Tahun Kebangkitan Nasional, dll. Aksi-aksi demonstrasi lainnya adalah aksi Penolakan UU PT, aksi Gugatan Pemberlakuan KIK, aksi Penolakan Kenaikan BBM, dll.3. Pelayanan Advokasi MahasiswaProgram kerja Pelayanan Advokasi Mahasiswa dilakukan atas kebutuhan meningkatnya potensi ketidakadilan terutama terhadap mahasiswa baru yang belum memahami pemberlakuan aturan-aturan khusus di UGM. Proker ini dikerjakan sebagai bagian dari fungsi utama BEM yaitu pelayanan kepada mahasiswa umum. Pelayanan yang diberikan tidak bertujuan untuk memuaskan semua mahasiswa, namun dilakukan atas dasar prioritas serta pemahaman. 4. Seminar BeasiswaSeminar beasiswa adalah kegiatan yang berisi sosialisasi tentang segala jenis beasiswa yang dapat diakses oleh mahasiswa UGM. informasi yang terdapat dalam website Dirmawa UGM dirasa kurang cukup untuk menginformasikan berbagai macam jenis beasiswa di UGM. Apalagi UUD 1945 menjamin pendidikan bagi setiap warga negara baik kaya maupun miskin, maka segala keterbatasan biaya bagi orang miskin untuk mengenyam pendidikan tinggi

diharapkan dapat dibantu melalui program kerja ini.Seminar beasiswa telah dilaksanakan 3 Oktober 2012 lalu, dengan partisipasi mahasiswa yang mendaftar sekitar 250-an orang.5. Pelayanan Beasiswa BOP-BPPelayanan Beasiswa BOP-BP dilakukan oleh Departemen Advokasi secara khusus diluar proker pelayanan advokasi mahasiswa. Bentuk pelayanannya dilakukan dengan mewawancarai semua mahasiswa yang mengajukan beasiswa ini, tujuannya agar beasiswa ini tepat sasaran karena dekanat menyerahkan sepenuhnya rekomendasi atas mahasiswa-mahasiswa yang berhak kepada BEM KM FMIPA UGM. Pelayanan Beasiswa BOP-BP dilakukan setahun dua kali, biasanya pada Juni dan Desember, dan panitianya adalah semua anggota Departemen Advokasi.6. Sekolah AdvokasiKeberadaan para advokasi di tengah komersialisasi kampus menjadi suatu hal yang penting. Sepak terjangnya selama ini setidaknya telah membuat para birokrat kampus berhati-hati dalam menentukan kebijakannya. Strategi gerak advokasi kampus tidak luput dari bekal sebuah perjuangan dan kesolidan tim advokasi. Salah satu usaha pengkaderan aktivis-aktivis baru adalah melalui Sekolah Advokasi. Sekolah Advokasi dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan kerja advokasi kepada staff baru, serta jaringan kerja yang juga mesti dibentuk. 7. Seminar Nasional EnergiSeminar ini dilaksanakan sebagai bentuk pengkajian khusus terhadap energi alternatif pengganti bahan bakar minyak, bekerja sama dengan Departemen Riset dan Pengembangan. Program kerja ini merupakan turunan dari program kerja Diskusi Advokasi, dengan tema yang lebih spesifik sebagai tanggung jawab dan sekaligus juga identitas Fakultas MIPA yang mengawal isu korupsi energi. Namun, tahun ini bentuk seminar diganti dengan talkshow dengan harapan agar pengkajian berjalan dengan lebih interaktif dan efektif. 8. Hearing DekanatDepartemen Advokasi juga bertanggung jawab sebagai fasilitator bagi kegiatan audiensi antara mahasiswa FMIPA UGM secara umum dan lembaga-lembaga mahasiswa khususnya di lingkungan FMIPA UGM untuk menyampaikan segala kritik, saran, dan perbaikan atas pelayanan yang diberikan pihak dekanat kepada mahasiswa, karena mahasiswa memiliki fungsi pengawasan khusus atas kinerja birokrat terkait. Proker ini juga dijadikan sebagai ajang silaturrahim antara dekanat yang notabene sebagai orang tua dengan anak didiknya. Hearing dekanat tahun ini dilaksanakan akhir november, bertepatan dengan terpilihnya dekan baru FMIPA UGM periode 2012-2016, sekaligus dilaksanakan sebagai ajang pengenalan program kerja dekan baru.

[ advokasi bem km fmipa ugm ]

copyright wedar p | 2012

Page 24: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

24

PROFIL SINGKATDepartemen Media dan Informasi yang lebih dike-nal dengan Medinfo merupakan departemen baru di BEM KM FMIPA UGM. Pada tahun ini Medinfo membawahi divisi Pers dan Media yang sebelum-nya dibawah departemen Humas. Latar belakang adanya departemen ini supaya media dapat lebih fokus untuk menyampaikan informasi serta sebagai pencitraan BEM dan KM FMIPA UGM di dalam maupun luar kampus. Peran Medinfo menjadi strategis karena sebagai ujung tombak penyam-paian informasi dari departemen dan lembaga lain baik melalui media cetak, elektronik maupun dunia maya.

PROGRAM KERJA1. Logo dan Bagan Struktural

Logo dan bagan struktural merupakan program kerja awal dari departemen Media dan Informasi. Logo berbentuk Kapal Pinisi sebagai perwujudan dari Kabinet Pinisi (Progresif Inspiratif, Sinergis) yang mempunyai makna filosofis kepengurusan BEM KM FMIPA UGM tahun ini. Bagan struktural dibuat untuk memperkenalkan pengurus BEM KM FMIPA UGM kepada warga dalam dan luar FMIPA.

2. Koran DindingKoran dinding merupakan evolusi dari mading yang semula dibuat dengan satu tempat khusus, sekarang dibuat simpel pada kertas A3. Pergantian ini supaya mudah untuk ditempatkan di tempat publikasi yang ada di Mipa Utara (MU) dan Mipa Selatan (Milan). Koran dinding bernama KOSMA (KOran Seputar MipA) lebih mengutamakan esensi isi daripada bentuk. KOSMA berorientasi pada in-formasi dan isu yang ada di dalam MIPA dan UGM.

3. BuletinBuletin merupakan media yang umum dimiliki suatu organisasi sebagai salah satu media in-formasi. BEM KM FMIPA mempunyai buletin bernama “Scientica”. Buletin ini membahas isu-isu yang berada di lingkup kampus, nasional maupun internasional.

4. Dunia MayaPerkembangan teknologi informasi sangat pesat setelah adanya jejaring sosial media ex: (facebook, twitter). Informasi pada sosial media lebih cepat sampai daripada lewat blog dan web yang cend-erung statis. Oleh karena itu BEM KM FMIPA UGM selain menggunakan web, juga menggunakan me-dia sosial tersebut untuk menyampaikan informasi-informasi serta untuk berhubungan dengan pihak luar. Bentuk akun dunia maya yaitu:email : [email protected] : BEM KM FMIPA UGMTwitter : @BemfmipaUgmWeb : bem.fmipa.ugm.ac.id

Dept. Media dan Informasi BEM KM FMIPA

“ada untuk me-mediakan informasi, menghapus sekat ketidaktahuan”

Page 25: bukutahunan fmipa 2012

25

5. Training JurnalistikTraining Jurnalistik merupakan agenda bersama yang diadakan oleh Departemen Medinfo bekerja sama dengan Departemen Humas. Training Jurnal-istik ini berisi tentang dasar-dasar keilmuan jurnal-istik yang merupakan jantung dari sebuah media.

6. Kunjungan MediaKunjungan media bertujuan untuk studi banding antara media lembaga mahasiswa di FMIPA UGM dengan instansi media yang ada diluar FMIPA. Dari kunjungan ini diharapkan media lembaga mahasiswa di FMIPA dapat menerapkan hal yang dapat dilakukan untuk menyampaikan media pada lembaga masing-masing.

7. Buku TahunanBuku tahunan merupakan program kerja pada akhir kepengurusan BEM KM FMIPA UGM. Buku ini dibuat sebagai history kegiatan atau program kerja yang telah dilakukan selama satu tahun kepengurusan oleh BEM serta lembaga mahasiswa di FMIPA UGM. Nama “Sinergis!” diberikan dengan harapan semua lembaga menjadi satu kesatuan yaitu KM FMIPA UGM. Pembuatan ini bekerjasama dengan Departemen Riset dan Pengembangan (Risbang).

8. Komunitas MediaVisi Sinergis BEM KM FMIPA UGM salah satunya diwujudkan oleh Departemen Medinfo melalui forum media lembaga mahasiswa. Forum media ini beranggotakan media dari masing-masing lembaga mahasiswa di FMIPA UGM. Meskipun belum semua masuk dalam forum ini, tetapi antusias teman-teman media telah membuat karya bersama yaitu Buletin “Selasar” yang dibuat untuk Gamada saat

Pascal 2012. Sharing yang dilakukan forum ini mencetuskan ide untuk membuat media bersama KM FMIPA yang salah satunya yaitu membuat buletin bersama untuk mengurangi pemborosan kertas dan penataan Mading(media publikasi) di FMIPA supaya teratur. Keinginan Formed untuk berkontribusi untuk FMIPA menjadi inisiasi Komu-nitas Media (Komed). Komed ini diharapkan lanjut berkontribusi sebagai wujud sinergis KM FMIPA untuk pencitraan FMIPA UGM diluar kampus.

9. Sekolah Media UGMDeparteman Medinfo BEM KM FMIPA UGM ter-gabung dalam Forum Media se-UGM yang terdiri dari media BEM/LEM/LM/Dema dari masing-mas-ing fakultas di Universitas Gadjah Mada. Salah satu kegiatan Formed UGM yaitu mengadakan Sekolah Media. Sekolah media ini diadakan untuk penam-bahan skill pengurus BEM khususnya departemen media. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan peran media BEM/LEM/LM/Dema sebagai media pergerakan mahasiswa. Sekolah media yang berisi tentang Kepenulisan, Layouting, Fotografi, Web Desain dan Video Editing ini kedepan diharap-kan dibuka untuk aktivis mahasiswa UGM secara umum.

[ medinfo bem km fmipa ugm ]

Page 26: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

26

Departemen ini yang kemudian disingkat Ris-bang merupakan departemen yang bergerak di internal mipa yang dikoordinasi oleh menko internal yang khusus-nya bergerak dibidang penelitian isu-isu strategis melalui metode survey ataupun metode riset lapangan, selain itu risbang memiliki tugas untuk mengevaluasi kinerja BEM KM FMIPA UGM untuk mengoptimalkan kinerja lembaga dalam mencapai visinya.

Visi Riset Sebagai Basis Data Pergerakan BEM KM FMIPA UGM 2012 untuk mendukung strategi pencapaian visi “PINISI”Misi1. BEM KM FMIPA dapat menjadi panutan dalam mengembangkan organisasi mahasiswa yang berbasis ri-set atau penelitian di lingkungan UGM khususnya FMIPA UGM.2. Menerapkan standar riset berkelas nasional dan inter-nasional3. Memiliki integritas dan komitmen penuh dalam beker-jasama dengan Forum Riset Mipa

TargetStrategi jangka pendek :1. Riset berbasis online2. Penyebaran informasi dan pencitraan bem melalui riset dengan mahasiswa sebagai sasaran utamanya.

3. Basis data pergerakan Bem KM fmipa dalam pernyata-an sikap dan aksi politik lainnya.Strategi jangka panjang :1. Menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pengemban-gan organisasi secara spesifik maupun umum2. Hasil riset dapat menjadi referensi kebijakan dekanat maupun rektorat.3. Berhasil membuat Forum Riset Mipa menjadi BSO di FMIPA UGM

Program KerjaJangka panjang

1 Nama program Seminar Nasional EnergiLatar belakang Adanya Isu nasional energi

yang diampu oleh MIPA, dan adanya keresahan ter-kait energi di Indonesia ini

Tujuan program Memberikan informasi dan kebijakan pemerintah terkait energy yang digu-nakan di Indonesia dengan mengundang orang yang berkompeten di bidangnya.

Nama Program Buku kumpulan riset dan tulisan bem’ers

2 Latar belakang Sebagai pedoman untuk pergerakan BEM selanjut-nya, sebagai kenangan dan perbandingan untuk bem selanjutnya

Uraian singkat program

Berisi kumpulan hasil riset bem , tulisan-tulisan bem’ers dan mungkin uraian tentang departemen kabinet pinisi, profil lem-baga mipa, tulisan2 dll

Tujuan program Sebagai pedoman untuk pergerakan BEM selanjut-nya, sebagai kenangan dan perbandingan untuk bem selanjutnya

Jangka menengah

RISBANGDepartemen Riset dan PengembanganBEM KM FMIPA UGM

Page 27: bukutahunan fmipa 2012

27

1 Nama program Riset dekan dan rektor versi mhsLatar belakang Adanya pemilu dekan dan rektor yang akan diadakan sekitar bulan juli-agustusUraian singkat progam Melakukan survey ke beberapa mahasiswa aktif fmipa ugm dengan membagikan

kuesioner (dikoordinasi oleh kadiv riset)tujuan Untuk mewadahi aspirasi mhs terkait dengan pildek mipa dan pilrek ugm, mem-

bantu dept advo untuk mendukung isu mereka, untuk evaluasi dekanat, mencari kriteria dekan ideal versi mahasiswa

2 Nama program Riset 100 hr kinerja BEM KM FMIPA UGMLatar belakang BEM KM FMIPA UGM membutuhkan kritik dan saran yang membengun dalam men-

capai visinya sehingga dibutuhkan riset iniUraian singkat program Riset ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan angket kuesioner ke

150-an mhs fmipa ugm (dikoordinasi oleh kadiv pengembangan)Tujuan Untuk mengetahui apakah bem sudah efektif dan efisien dalam menjalankan fung-

sinya, menampung kritik dan saran sebagai evaluasi kinerja ke depannyaDPP SPP 200.000

3 Nama program Sekolah riset mipaLatar belakang Mendukung iklim berbasis riset dilingkungan mipa, dan mempelopori lahirnya

kebudayaan riset yang masih kurang masif di lingkungan mipaUraian singkat program Kegiatan semacam workshop ataupun trainning riset dengan mengungdang lsi atau-

pun menteri risbang bem km ugm, dikoordinasi kadept dan forum riset mipatujuan Memperkenalkam riset ke mhs mipa, memberikan training riset, sebagai sarana

untuk melaksanakan proker bersama forset (forum riset mipa)

Jangka pendek1 Nama program Risbang Days

Uraian singkat Jalan-jalan , makan-makan bareng seluruh warga risbang bem km fmipa ugm, dikoordinasi oleh kadept dan kadiv

Tujuan Mengakrabkan para aggota risbang, mengevaluasi kinerja risbang, sarana refreshing anggota risbang

2 Nama program Forset (Forum Riset) se MIPA Latar belakang Mendukung visi sinergisme km mipa, sehingga risbang berinisiatif untuk memben-

tuk forum riset se mipaUraian singkat Mengumpulkan anggota2 departemen riset/ keilmuan dari ukm maupun hima-hima

untuk kumpul bareng, diskusi dll bersama departemen risbang, di koordinasi oleh kadept risbang dan kadept2 riset ukm dan hima

Tujuan Mengkoordinir lembaga yang bergerak dalam riset dan keilmuan, men sinergiskan lembaga di mipa, ajang silahturahmi, membahas proker bersama

3 Nama program Riset standar mutu kader bem km fmipa ugmLatar belakang Bem km fmipa ugm dinilai masih belum menerapkan standar anggota sesuai den-

gan kinerja yang ingin dicapai, sehingga diperlukan riset ini untuk memonitoring potensi dan kapasitas kader bem fmipa ugm

Uraian singkat Riset ini menggunakan metode survey dengan meyebarkan kuesioner ke seluruh staff baru dan lama bem km fmipa ugm, dikoordinasi oleh kadiv pengembangan dengan bekerjasama dengan sekjend dan biro psdm

tujuan Untuk mengevaluasi potensi dan kapasitas kader dan mengkader staf bem, sehingga program2 kaderisasi dan pelatihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kader bem

4 Nama program RisPa (Riset MIPA)Latar belakang Fakultas mipa memiliki berbagai kebijakan didalamnya terkait dengan akademis,

nonakademis, fasilitas dll, yang selama ini belum pernah dikritisi oleh mhsiswa, sehingga diperlukan riset untuk menampung kritik dan saran terkait dengan kebi-jakan2 di mipa

Uraian singkat Riset ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan angket kuesioner ke 150-an mhs fmipa ugm (dikoordinasi oleh kadiv riset)

tujuan Memfasilitasi aspirasi mahasiswa terkait kebijakan, fasilitas apapun yang ada di mipa

5 Nama program Riset PH dan pelaksanaan kegiatan BEM (Performance Evaluation)Latar belakang Membutuhkan kritik dan saran, sarana evaluasi kinerjaUraian singkat Membagikan kuesioner kepada seluruh PH bem km fmipa ugm 3 x selama kepengu-

rusan, dikoordinasi oleh kadiv pengembangantujuan Evaluasi dan inovasi untuk mengoptimalkan kinerja PH, membantu untuk menemu-

kan PH terbaik hhahah6 Nama program Riset Mahasiswa Prestasi MIPA

Latar belakang Banyak sekali mahasiswa mipa yang berprestasi baik akademis maupun non aka-demis, dan belum terekpose sehingga kesannya tidak dihargai ,dll, karena mapres kali ini akan dilaksanakan pertama kali sehingga perlu adanya riset apakah memang mhsiswa mipa antusias, dapat memberi masukan-masukan dll.

Uraian singkat program Dikoordinasi oleh kadiv riset, biro psdm dan departemen AM, dengan menyebarkan kuesioner ke sampel random mahasiswa aktif mipa

tujuan Ingin mengetahui sejauh mana antusias mhsiswa mipa dengan adanya mapres, mengetahui masukan-masukan terkait dengan mapres

[ risbang bem km fmipa ugm ]

Page 28: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

28

Departemen Sosial BEM KM FMIPA UGM

Departemen Sosial memiliki dua fungsi utama di struktural BEM KM FMIPA UGM, yakni memberikan pelayanan sosial bagi mahasiswa FMIPA dan juga sebagai pionir dalam mewujudkan fungsi mahasiwa dalam melakukan pengabdian pada masyarakat umum diluar kampus. Oleh karena itu, dalam departemen sosial dibagi ke dalam dua divisi untuk mengakomodir kedua fungsi tersebut, yaitu Divisi Sosial Mahasiswa (Sosmas) dan Divisi Pengabdian Masyarakat (Pengmas).Secara umum tugas dan fungsi dari departemen sosial BEM KM FMIPA UGM adaalah sebagai berikut:

a. TugasDepartemen Sosial BEM KM FMIPA UGM mem-

punyai tugas pokok membantu ketua dalam bidang pelayanan sosial kepada mahasiswa dan masyarakat.

b. Fungsi 1. Pelaksanaan perumusan kebijakan

teknis di bidang sosial kemaha-siswaan dan kemasyarakatan.

2. Pelaksanaan pelayanan, fasilitasi program, dan pengembangan kes-ejahteraan mahasiswa dan pengab-dian masyarakat di bidang sosial.

3. Pelaksanaan pembinaan peningkatan kepedulian sosial mahasiswa.

4. Pelaksanaan pemenuhan kebutuhan internal di bidang sosial BEM KM

FMIPA UGM.5. Pemberian rekomendasi kegiatan di

bidang Penelitian dan Pengemban-gan untuk kepengurusan selanjutnya.

6. PROGRAM KERJA BAMM (Beasiswa Adik Mahasiswa Mipa)

Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat turut membantu adik-adik dari mahasiswa MIPA yang kurang mampu untuk meringankan beban biaya pendidikannya. Sasaran dari kegiatan ini adalah adik kandung dari mahasiswa MIPA sebagai penerima beasiswa, dan mahasiswa MIPA sebagai donatur. Dengan diadakannya kegiatan ini, selain untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan dari orang tua penerima beasiswa, juga bertujuan untuk memperkuat jiwa sosial dari mahasiswa MIPA sendiri.

SOVA ( social on vacation) Sebuah program yang di tujukan yntuk mengapresiasi Peran serta staff dalam pelaksanaan proker. Jika staff merasa nyaman dengan departemennya, temtu akan lebih mudah dalam memaksimalkan kinerja mereka. Oleh karena itu, departemen social mengadakan SOVA (Sosial on vacation) untuk lebih mengakrabkan intern departemen.SOVA juga bertuuan untuk merefresh, serta

Dept. SOSIAL

Page 29: bukutahunan fmipa 2012

29

mengupgrade pribadi masing-masing individu, dalam hal-hal tertentu.

KASTELASebuah Program kerjasama antar lembaga di MIPA tentu sangat penting dlaam menjaga keharmonisan antar lembaga, khususnya lembaga-lembaga yang berfokus dalam kegiatan social.KASTELA ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar lembaga social di mipa, serta untuk meningkatkan kepekaan social masing-masing lembaga di MIPA.

Kotak SosialSebuah Program yang di tujukan sebagai wadah kepedulian mahasiswa MIPA, khususnya anak-anak BEM KM FMIPA UGM dalam upaya untuk meningkatnkatkan kepekaan rasa untuk membantu sesama.

DoRaMi + Dot.CSuatu kegiatan yang di tujukan sebagai wadah mahasiswa untuk mendonorkan darahnya. Pengadaan DoRaMi ini bertujuan untuk menjembatani serta mempermudah keinginan mahasiswa dalam mendonorkan darahnya. Selain itu, DoRaMi juga bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial mahasiswa MIPA, serta membantu memperbanyak stok darah yang ada di PMI. Kemudian untuk Dot-C merupakan sebuah penginformasian kebutuhan darah kepada mahasiswa MIPA yang ingin melakukan donor diluar acara DoRaMi.

Kunjungan PantiSebuah kegiatan untuk membantu anak-anak yang berada di lingkungan panti asuhan yang masih belum mendapatkan kasih sayang yang mencukupi untuk anak-anak seusia mereka agar mereka dapat merasakan kebahagiaan yang sama.

Desa Mitra BEM KM FMIPA UGMSalah satu program dari BEM Fakultas Matema-tika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam kapa-sitasnya sebagai salah satu lembaga kampus, yakni dengan mengadakan suatu bentuk peng-abdian masayarakat dalam bentuk Desa Mitra MIPA. Diharapkan, dengan kegiatan Desa Mitra MIPA yang dikelola secara optimal dan terorga-nisir dapat mengemas misi pendidikan, seka-

ligus alokasi bantuan materiil bagi masyarakat yang membutuhkan, dimana pada akhirnya akan menuju perbaikan taraf hidup serta pen-ingkatan kesejahteraan jangka panjang yang mandiri dan terarah.

“ ...sebagai pionir dalam mewujudkan

fungsi mahasiwa dalam melakukan pen-gabdian pada masyarakat umum diluar

kampus.”

RKPAJ (Rancangan Komunitas Peduli Anak Jalanan)

Salah satu langkah program dari BEM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam kapasitasnya sebagai salah satu lembaga kampus, yakni dengan mengadakan suatu bentuk pengabdian masayarakat dalam bentuk Pelatihan untuk Pengembangan Diri (Self De-velopment) Anak Jalanan. Diharapkan, dengan kegiatan tersebut yang dikelola secara optimal dan terorganisir dapat memberikan perubahan yang perlu dimunculkan pada diri anak jalanan, yakni perubahan mental ke arah yang lebih baik. Dimana disini bukan hanya memberikan bantuan secara materil yang penting bagi mereka, akan tetapi juga moril, berupa kes-emangatan baru yang dapat membawa anak terdorong menjadi manusia yang mandiri.

Peringatan Hari BumiSebuah program yang dilakukan oleh BEM KM FMIPA sebagai bentuk partisipasi dalam peringatan hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, dimana kegiatan yang dilakukan antara lain adalah Jalan Sehat, Lomba Poster + pameran Foto, dan Lomba kebersihan sekre Lembaga dilingkungan kampus FMIPA UGM.

Bakti Sosial MIPASebuah kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh BEM KM FMIPA UGM di desa mitra sebagai salah satu bagian dari agenda kegiatan desa mitra.

[ sosial bem km fmipa ugm ]

Page 30: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

30

Departemen Enterpreneurship lebih dikenal dengan “EP” merupakan salah satu departemen di BEM KM FMIPA UGM. Departemen ini sebagai fasilitator untuk membangun karakter entrepreneur di kalangan mahasiswa FMIPA juga sebagai suplai pemasukan keuangan BEM. Departemen ini membawahi divisi Dana dan Usaha (Danus) sebagai pergerakan departemen.

PROKER1. Training & Seminar Entrepreneurship

“Entrepreneurship Golden Ways”2 pembicara; owner simply fresh laundry Mas Agung dan owner bakpia joglo Mas Budi. Training ini dimaksudkan untuk melatih mahasiswa dalam pembuatan proposal bisnis plan yg benar serta sharing dgn pemenang lomba bisnis plan wirausaha mandiri, yaitu Mas Agung dan Mas Budi.Tgl pelaksanaan : 13 Mei 2012Peserta : mahasiswa jateng - regional DIY

2. SharentrepreneurshipKegiatan diskusi dan sharing ttg wirausaha dgn nara sumber yg berkompeten di bdgnya.Tgl pelaksanaan : 3 kali ( 10 Maret, 3 Juni dan 17 November 2012) : Peserta : mahasiswa FMIPA UGM

3. Lomba Desain Jaket BEM 2012 Sebagai fasilitator kreativitas teman” FMIPA dalam berkontribusi utk BEM.Tgl pelaksanaan : 19 Maret 2012Sasaran : mahasiswa FMIPA UGM

4. Entrepreneurship On The RoadAcara ini nama lainnya kunjungan industri. Kita mengunjungi beberapa industri dan belajar dari mulai pembuatan produk sampai sistem pemasarannya. Industri yg akan dikunjungi adalah perusahaan Narti’s silver, Pembuatan VCO, Pembuatan fruitanol, Desa wisata Turi, Pusat Bakpia Patuk 25Tgl Pelaksanaan : 24 Desember 2012Peserta : mahasiswa FMIPA UGM

5. Career Development Training (CDT) and Syukuran Wisuda (SW)Tgl pelaksanaan :Periode II : 18 dan 21 Februari 2012Periode III : 19 dan 22 Mei 2012Periode IV : 28 Agustus 2012Periode I : 18 November 2012

NON PROKER DEPT. ENTREPRENEURSHIP• Kantin Kejujuran BEM• Jualan pin, stiker, tas parasut• Diskusi internal departemen setiap sebulan 2

kali• Rapat kerja departemen• Jalan-jalan EP

DEPT. ENTERPRENEURSHIP

[ ep bem km fmipa ugm ]

Page 31: bukutahunan fmipa 2012

31

DPMDewan Perwakilan Mahasiswa

DPM merupakan suatu lembaga legislative tingkat Fakultas. DPM KM FMIPA UGM memiliki tiga fungsi utama yaitu:1. Fungsi pengawasan: mengawasi kinerja lembaga eksekutif tingkat fakultas yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (BEM KM FMIPA UGM).2. Fungsi aspirasi dan jaringan: menghimpun dan menyampaikan aspirasi dari mahasiswa-mahasiswa FMIPA kepada pihak-pihak yang terkait.3. Fungsi hokum dan perundang-undangan: membuat Undang–Undang untuk kepentingan bersama.

VisiSebagai lembaga penyampai aspirasi dan pengawas

kegiatan organsasi di FMIPAMewujudkan sinergisitas dan intelektualitas lembaga

mahasiswa di lingkungan FMIPA UGM

MisiKontributif dalam menjalankan fungsi legislatif fakultas

Membangun hubungan yang harmonis antar lembaga di lingkungan FMIPA UGM

Struktur kepengurusan DPM KM FMIPA UGM 2012serta program kerja yang telah terlaksana yakni:Ketua Muhammad Hafidz Anshari (IlmuKomputer 2010)Sekretaris Yastika Umi Ambar Pertiwi (Matematika 2010)Bendahara Dewi Shintia (IlmuKomputer2010)Komisi I (Hukum dan Perundang-undangan) Izzul Abid (Kimia 2010)Kartika Nur Oktaviani (Matematika 2010)Rahmat Maulizar (Statistka 2011)Lusiana Roulina Sinaga (Statistika 2011)

Program kerja:• Pembuatan dan sosialisasi undang-

undang PEMIRA• Pembuatan dan sosialisasi undang-

undang PASCAL

Komisi II ( AspirasidanJaringan ) Bondan Bhaskara (IlmuKomputer2010)Muh Dimas Pangesti (DIII Elins 2011)Lintang Aulia Putri (Matematika 2011)Rais Mohamad Najib (IlmuKomputer2011)

Program kerja:• Riset DPM (Kuisioner, Aspirasi)• Diskusi Publik terkait isu dan aspirasi yang

ada di MIPA (isu PASCAL)• Kunjungan DPM MIPA Universitas Negeri

Semarang ke DPM KM FMIPA UGM

Komisi III ( Pengawasan ) :Derta Isyajora R (DIII Komsi 2010)Ratri Abdatush Sholihah (DIIIKomsi2010)Dhimas Hardy Putra (Elins 2011)Sheila Era Fatmawati (DIIIRekmed 2011)

Program kerja:• Pengawasan program kerja serta

keuangan BEM• Rapat evaluasi tengah tahun BEM-DPM

Program KerjaUmum:• Audit rancangan keuangan dan Rapat

pembagian dana lembaga se-MIPA• Pembekalan anggota DPM (Sekolah Politik)• Rapat internal bulanan DPM• Rapat pembagian dana lembaga• Rakorwil IKLIM (IKatan Lembaga Legislatif

Mahasiswa) se-Joglosemar di Semarang• Upgrading DPM unsure partai dan DPPS

[ DPM km fmipa ugm ]

Page 32: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

32

HIMATIKAHimpunan Keluarga Mahasiswa Matematika

Himatika adalah Himpunan Keluarga Ma-hasiswa Matematika yang didirikan pada 3 Oktober 2000. Himatika UGM yang beralamat di Sekip Selatan Unit III, Yogyakarta 55281 ini merupakan wadah para mahasiswa S1 prodi Matematika UGM untuk menin-gkatkan skill, agar dapat berkompetisi memberikan yang terbaik bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Peningkatan skill itu terwujud dari kegiatan umum maupun khusus yang dilakukan oleh tiap departemen di Himatika.

Untuk kepengurusan 2012, ketua hima saat ini dijabat oleh Muhammad Nizwa Faikar Syah. Di bawah kepemimpinan ketua terdapat Sekjen (Sekre-taris Jendral), yaitu Arifah Nurhasanah yang memiliki peranan cukup penting dalam menjaga keharmonisan Himatika, contohnya menampung dan menangani ke-luh kesah para anggota departemen dan divisi. Selain sekjen, sekretaris (Novita Atmasari) dan bendahara (Aulia Khifah Futhona) juga memegang peran yang tidak kalah penting dalam Himatika.

Saat ini Himatika UGM mempunyai delapan departemen yaitu PSDM, Biner, Radian, Aksioma,

Apotema, Mediasi, Intan dan satu divisi di bawah naungan Mediasi yaitu MIKA. Himatika rutin men-gadakan kegiatan umum seperti event tahunan contohnya saja LM (Lomba Matematika) yang pada periode ini terbagi menjadi beberapa babak yaitu ba-bak penyisihan (dilaksanakan di masing-masing kota yang telah diagendakan), babak 50 besar, babak 30 besar dan grand final (dilaksanakan di kampus FMIPA UGM), studi ekskursi (kunjungan ke perusahaan atau lembaga yang masih ada hubungannya dengan matematika seperti BPS, Bank, Asuransi, dll), Upgrad-ing pengurus baru, Pemilihan Raya (Pemira) serta Musyawarah Tahunan Himatika (Mustika).

Kegiatan khusus yang dilakukan oleh tiap departemen Himatika UGM khususnya pada periode kepengurusan tahun 2012 antara lain :

PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia). Kadep : Muhammad Umar Sahid- Pra-makrab bagi maba. - Penggunaan database dalam pendataan

maba menggantikan penggunaan angket.

- Mengadakan silaturahim ke departemen PSDM di lembaga kemahasiswaan lain.

- Mengadakan penilaian kinerja staff

Page 33: bukutahunan fmipa 2012

33

untuk kedepannya.- Oprec setengah kepengurusan Himatika

UGM.

BINER (Bidang Entepreneur). Kadep : Vincentia Tri Damayanti - Kunjungan ke perusahaan (pabrik roti

Manna Bakery pada bulan Mei).- Mengelola jaket dan kemeja anggota

Hima.- Bersama RADIAN mengadakan

GAMATIKA (bimbingan belajar untuk SD/SMP/SMA).

- Kantin kejujuran yang bertempat di Sekretariat Himatika UGM.

- Training kewirausahaan (bulan September)

MEDIASI (Media Informasi dan Komunikasi). Kadep : Adrian Wahyu Dewanto- Meningkatkan eksistensi secara internal maupun eksternal.- Lebih menumbuhkan jaringan alumni.- Memajukan media informasi yang dimiliki oleh Himatika.

RADIAN (Penalaran dan Pendidikan). Kadep : Yulius Nuky Canny Widargo.- MSC (Mathematics Study Club).- Seminar KBK (Kelompok Bidang

Keahlian : Analisis, Aljabar, dan Terapan).

- SGTA (Stadium General Tugas Akhir).- Kunjungan ke sekolah (ke SD Blubuk,

Kulon Progo, September lalu).- Test TOEFL gratis (sedang

direncanakan).

APOTEMA (Apresiasi Potensi dan Minat). Kadep : Irwansyah- Hima Cup (pekan olahraganya anak

matematika).- Latihan rutin futsal, badminton, voli,

renang, paduan suara (sedang dalam proses).

AKSIOMA (Aksi Sosial Masyarakat). Kadep : Khaira Ully Mursyida Putri- Pengajian yang akan diadakan sebelum

UTS dan UAS.- Bakti sosial Himatika (bulan Mei lalu ke

Desa Tunggul Arum, Kec.Turi, Sleman).- Donatika (Donor darah Himatika).- Syawalan (seperti Halal bi Halal).- Dana sosial.

INTAN (Inventaris dan Kerumahtanggaan). Kadep : Imaroh Aprilia

- Piket harian bagi setiap pengurus hima.- Perpustakaan Himatika (masih kecil).- Lomba kado untuk Himatika.- Penyaduran ulang soal-soal UTS dan

UAS dalam bentuk softfile, tersedia di website.

MIKA (Media Informasi Matematika). Kadep : Rachmawati Setyani Cahyo UtamiMIKA merupakan divisi dibawah Mediasi- Mathnews (Buletin Anak Matematika).- Mathcorner (Mading Anak

Matematika).- Pelatihan web.- Meliput seluruh kegiatan umum

maupun khusus Himatika.

Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://himatika.mipa.ugm.ac.id/

Page 34: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

34

PASCAL

Aktivasi Intelektual Teladan, Energi Kejayaan Bangsa

Ilham Pebrika (Ketua Pascal 2012)

Aktivasi Intelektual Teladan, Energi Kejayaan Bangsa, merupakan jargon yang diusung oleh kegiatan Pascal (Pengenalan Kampus Science Awal Kuliah) atau yang dikenal dengan istilah PPSMB (Pelatihan Pembela-jar Sukses Mahasiswa Baru). Jargon ini diawali dengan kata aktivasi dimana kata aktivasi merupakan proses pengaktivan suatu benda atau hal untuk menciptakan kondisi yang lebih baik dari yang sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan subjek Intelektual dimana Intelektual lebih luas maknanya dari sebutan Saintist yang mungkin selama ini menjadi sebutan khas khususnya orang-orang MIPA, dimana disana terdapat wawasan yang lebih luas tidak hanya pada keilmuannya sebagai orang sains. Kata sifat yang ditambahkan ialah kata teladan. Penggunaan kata teladan memilki makna dimana intelektual yang telah diaktivasi untuk meningkatkan kualitas yang ada padanya, hendaknya bisa mentransformasikan nilai-nilai kebaikan yang ada pada dirinya agar bisa menjadi contoh bagi lingkungan sekelilingnya agar bisa menularkan

manfaat. Apabila manfaat-manfaat ini terus mengalir bagi sekelilingnya dan ini dilakukan oleh para intelektual-intelektual tadi, amka hal ini akan bisa menjadi suatu en-ergi positif, energi dengan potensial yang besar sebagai bagian dari cita-cita dan visi besar dari Founding Father bangsa ini dan sampai sekarang dimana Indonesia dapat menjadi suatu negara yang lebih baik dari masa kemasa.

Penjabaran diatas merupakan gambaran umum dari pemilihan tema Pascal 2012, dimana dari tema tersebut kita mempunyai mimpi dan harapan besar kepada Gamada (Gadjah Mada Muda) sebutan untuk Maba (Mahasiswa Baru) tahun 2012, agar bisa menjadi energi baru dalam memberikan kebermanfaatan untuk kemajuan bangsa ini. sedangkan untuk tema sendiri di-pilih wayang sebagai bagian dari kebudayaan yang ada di Jawa dimana kampus UGM berada. Hal ini diambil bukan untuk menafikan kampus UGM sebagai kampus nasional tapi disini kita belajar untuk menghargai dan mencitai salah satu warisan budaya bangsa ini sebagai represen-tasi dari kebanggan akan keberagaman kebudayaan yang kita miliki

Perbedaan PPSMB Pascal tahun ini dengan Pascal sebelumnya, yakni didahului dengan kegiatan PPSMB tingkat universitas dengan nama PALAPA yang diambil dari nama sumpah yang digunakan oleh Gadjah Mada untuk menyatukan nusantara. Penekanan kegiatan

66[ ppsmb km fmipa ugm ]

Page 35: bukutahunan fmipa 2012

35

ini yakni kebanggaan pada bangsa Indonesia dengan keanekaragaman kebudayaan yang dimilki serta kebang-gaan kepada UGM sebagai satu kesatuan dari 18 Fakultas dan satu sekolah Vokasi, sebagai komponen-komponen penyusunnya. Dan disini juga tercipta suatu rekor MURI (The Books Of Indonesian Record) baru, yakni tarian daerah dengan penari terbanyak. Ternyata hal ini sangat tepat dimana PPSMB Pasacal MIPA memilih wayang sebagai bagian dari kebudayaan jawa sebagai komponen dari satu kesatuan kenaekaragaman kebudayan Indone-sia

“Jargon ini diawali dengan kata aktivasi dimana

kata aktivasi merupakan proses pengaktivan suatu benda atau hal untuk menciptakan

kondisi yang lebih baik dari yang sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan subjek Intelektu-al dimana Intelektual lebih luas maknanya dari

sebutan Saintist...”

Pelatihan berupa diskusi terkait tema-tema kebangsaan, keyakinan dalam meraih prestasi,, pen-genalan Fakultas, Prodi dan Jurusan serta sistem dan perangkat yang ada didalamnya, Outbond, dan Studi kasus adalah beberepa bentuk dari pelaksanaan dari kegiatan-kegiatan selama PASCAL 2012 berlangsung, ke-

mudian pelatihan akan kedisiplinan terutama peraturan dan waktu, diinterpretasikan dalam bentuk tugas-tugas yang harus dikerjakan serta kehadiran yang harus sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Dan sesi diskusi adalah salah satu hal yang ternayata sangat menarik di-mana para gamada saling mengeluarkan argumen dalam mengkaji masalah Ilmuwan Indonesia yang justru banyak terlantar dinegerinya sendiri, dinegeri yang dikenal memli kekayaan Sumber Daya Alam ini. Pro dan kontra mewarnai sesi diskusi ini dan disana terlihat Gamada mulai telah berani mengeluarkan pendapatnya dan hal ini sangat bagus dalam memulai perjalanannya kurang lebih empat tahun di kampus FMIPA UGM.

Pascal 2012 yang berlangsung selama tiga hari ditambah satu hari sebelumnya ditingkat unversitas, tidak akan langsung dapat membentuk penerus-penerus menjadi Intelektual-intelektual yang diharapkan, tetapi pelaksannaan PASCAL yang selama tiga hari ini dapat menjadi modal dasar dan merubah frame berpkir para Gamada apa perkuliahan itu sendiri, sehingga diharap-kan akan mampu menggerakkan generasi penerus ini agar terus bisa memperbaiki kualitas diri agar bisa bermanfaat bagi orang lain sehingga manfaat-manfaat tersebut bisa menjadi energi kemajuan bangsa ini seperti jargon dari PASCAL tahun 2012 “ Aktivasi Intelektual Teladan, Energi Kejayaan Bangsa”.

Page 36: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

36

{ opini }

Page 37: bukutahunan fmipa 2012

37

MIPA• Farida (2009) – AktifisKegiatan di MIPA udah bagus, entah dari BEM atau UKM lain. Cuma mungkin MIPA kurang bikin acara yang ditujukan umum. MIPA kebanyakan bikin acara cuma untuk interen MIPA aja biasanya. Dan salut banget sama Elins yang kemarin bikin acara yang guest starnya Glen, karena ini pertama kalinya dari MIPA bikin acara musik dengan artis yang cukup hebat dan acaranya untuk umum.• Wiwin (2010) – Non AktifisTaunya poker Hima jurusan, pokernya banyak sebagai eksistensi hima tinggi, soft skill pengurus dan anggota naik. Tapi kadang acara hima kurang maksimal hasilnya karena kurang sponsor dan peserta yang tak memenuhi target. Kurang tau acara di MIPA, mungkin karena sudah sibuk di akademik dan hima masing-masing.

VOKASI (MIPA)• Wenny (2011) – Non AktifisGag pernah tau malahan acara MIPA. UKM di MIPA aja taunya kayak basket trus yang musik musik itu SMC, tau UKM itu juga dari OSPEK. Acaranya di MIPA gag tau mungkin publikasinya kurang, publikasinya lewat jarsos sih yang gencar aja mungkin. Lagian vokasi sama mipa beda kan. Lebih suka kalau acara festival-festival gitu.• Derta (2010) – AktifisKegiatan di MIPA sepi peminat, dan cenderung menjadi blog-blog dalam meramaikan kegiatan. Semisal kegiatan di Himakom kebanyakaan yang datang anak-anak jurusan Komputer, padahal itu boleh buat jurusan lain. Koordinasi BEM sendiri kurang dalam menyatukan antar UKM.

GEOGRAFI• Novita (2010) – Non AktifisCuma tau ramai-ramainya MIPA tapi gag begitu tau banget acarnya apa. Seminarnya MIPA gag begitu tertarik karena biasanya seminarnya tentang MIPA banget.• Adhi (2010) – AktifisDari forum media sendiri gag dikasih info-info dari BEM MIPA, jatuhnya info-info kegiatan MIPA kurang. Kurang kerjasamanya antar BEM MIPA dan Geografi. Acara di MIPA yang tau antara lain Teknik Kepenulisan, Sepedaan, Aksi Social, kebanyakan

tau acara itu dari poster aja soalnya biasanya penempelan poster melalui anak media. Saran aja acara jangan terlalu di dalam soalnya ketutup gedung, boleh juga jalan tengah-tengah Kluser Sains, kayak Biologi dan Geografi.

BIOLOGI• Lusi (2011) – Non aktifisKegiatan MIPA yang tau kemarin dari Elins acara Glend, tau dari FB. Pernah mengikuti seminar MIPA sekitar sethaun lalu. Acara donor darah MIPA aja kemarin gag tau, taunya malah Donor Darah Teknik, itu aja di SMS temen UKM GC UGM. Saran aja buat publikasi kegiatan lewat grup-grup FB, twitter, atau SMS kalau gag capek. Mau partisipasi kegiatan MIPA ya kalau sesuai dengan bidang Biologi, seminar motivasi, atau acara umum seperti bedah buku.• Anti (2010) – Aktifis Gag tau banget, berasa jalan masing-masing, seperti gag ada koordinasi dalam satu kluser. Untuk anak-anak UKM MIPA sebatas kenal aja. Rencana kegiatan satu kluser kemarin tu mau ngadain ospek bareng tapi gag tau kok gag jadi. Sedikit kenal anak MIPA kenal karena semester-semester awal anak MIPA ada yang kuliah di Biologi. Kalau ada kegiatan di MIPA biasanya tau lewat undangan ke UKM Biologi / poster. Kegiatan Elins kemarin tau, tu promosinya bagus ada coming soon nya.

2. Kesimpulan dari hasil wawancara SKK tentang kegiatan MIPA sebagai berikut:a. Mahasiswa MIPA sangat kreatif dan kegiatannya juga sangat menarik karena setiap akhir pekan MIPA tidak pernah sepi dari kegiatan.b. Mahasiswa MIPA dalam melakukan kegiatan dan memakai ruangan juga melalui prosedur yang sudah ada, namun ada sebagian mahasiswa tidak melalui prosedur dan tindakan itu membuat SKK menjadi serba salah karena disatu sisi SKK harus melayani mahasiswa tapi disisi lain jika ada kesalahan maka SKK yang akan disalahkan.c. Mahasiswa MIPA diharapkan lebih tertib dan melalui prosedur yang sudah ada dalam melakukan kegiatan dan memakai ruang kuliah.

OPINION ABOUT MIPA??

Page 38: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

38

{ snapshoot }

copyright wedar p | 2012

Page 39: bukutahunan fmipa 2012

39

copyright wedar p | 2012

Page 40: bukutahunan fmipa 2012

SinergisBuku Tahunan FMIPA UGM

40

copyright wedar p | 2012

Page 41: bukutahunan fmipa 2012

41

REKAM JEJAK

KM FMIPA UGM2012