buku tema 1 kelas 5 kurikulum 2013

32
TEMA 1 KELAS 5 1 TEMA 1 : BENDA – BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR Macam-macam wujud zat Zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Jadi semua benda yang terdapat di sekitar kita merupakan zat atau materi. Misalnya batu, air, atau balon berisi gas. Ketiga benda tersebut memiliki sifat yang sama, yaitu menempati ruang.Zat berdasarkan wujudnya, massa jenis, dan sifatnya dibedakan menjadi tiga .Berdasarkan wujudnya, zat dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu zat padat, zat cair, dan zat gas. Zat Padat . Zat padat itu susunan partikelnya teratur, terus berdekatan, dan gaya tarik menarik antar partikelnya pun sangat kuat, gerak partikelnya juga tidak bebas, sifat zatnya berbentuk tetap dan volumenya pun juga tetap mengikuti zat tersebut. contoh zat padat , yang ada disekitar kita yaitu batu. batu mempunyai semua ciri-ciri benda padat yaitu batu memilki susunana partikel yang sangat rapat dan kuat sehingga tidak mudah ditempa dan berubah bentuk. yang kedua yaitu volumenya tidak dapat berubah sesuai dengan tempatnya. artinya dimanapun tempatnya batu tetap mempunyai bentuk yang tetap. tetapi tidak semua benda padat mempunyai sifat ini, sifat yang satu ini juga dipengaruhi oleh faktor besar kecilnya benda padat dan luasnya tempat. contohnya yaitu serbuk kopi, serbuk kopi merupakan salah satu benda padat yang berukuran sangat kecil. sehingga bila serbuk kopi tersebut dipindah-pindah tempat maka serbuk kopi akan mempunyai bentuk yang sama dengan tempatnya. Zat Cair. Zat cair merupakan suatu benda yang dapat menempati ruang sesuai bentuk ruang yang ditempatinya atau dengan kata lain benda mengikuti ruang yang ada. Zat cair mempunyai ciri-ciri sebagai yaitu :bentuk benda cair mengikuti bentuk wadahnya,bentuk permukaan benda cair selalu tenang dan datar , benda cair mengalir dari tempat tinggi ketempat yang rendah. benda cair menekankesegala arah. benda cair meresap melalui celah-celah kecil. Zat gas. Zat gas merupakan satu – satunya gas yang tidak dapat dilihat ataupun, zat gas hanya bisa dirasakan. Ini disebabkan partikel yang membentuk zat gas tidak memiliki gaya tarik – menarik. Contoh dari zat gas adalah udara yang mengalir di sekitar dan gas yang digunakan untuk memasak. Zat gas terbentuk dari kumpulan materi yang disebut molekul. Masing – masing molekul yang membentuk zat gas memiliki sifat dasar yang dimiliki gas. susunan molekul terbentuk dari materi yang lebih kecil lagi yang dikenal dengan nama atom. Atom tidak memiliki sifat dasar dari zat yang dibentuknya. Sifat dari zat gas adalah :memiliki bentuk yang tidak tetap dan menekan ke segala arah BAHASA

Upload: fara-dhyta

Post on 07-Dec-2015

116 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

buku untuk kelas 5 sd tema 1 kurikulum 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 1

TEMA 1 : BENDA – BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR

Macam-macam wujud zat       Zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Jadi semua benda yang terdapat di sekitar kita merupakan zat atau materi. Misalnya batu, air, atau balon berisi gas. Ketiga benda tersebut memiliki sifat yang sama, yaitu  menempati ruang.Zat berdasarkan wujudnya, massa jenis, dan sifatnya dibedakan menjadi tiga .Berdasarkan wujudnya, zat dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu  zat padat, zat cair, dan zat gas.

Zat Padat . Zat padat itu susunan partikelnya teratur, terus berdekatan, dan gaya tarik menarik antar partikelnya pun sangat kuat, gerak partikelnya juga tidak bebas, sifat zatnya berbentuk tetap dan volumenya pun juga tetap mengikuti zat tersebut. contoh zat padat , yang ada disekitar kita yaitu batu. batu mempunyai semua ciri-ciri benda padat yaitu batu memilki susunana partikel yang sangat rapat dan kuat sehingga tidak mudah ditempa dan berubah bentuk. yang kedua yaitu volumenya tidak dapat berubah sesuai dengan tempatnya.  artinya dimanapun tempatnya batu tetap mempunyai bentuk yang tetap. tetapi tidak semua benda padat mempunyai sifat ini, sifat yang satu ini juga dipengaruhi oleh faktor besar kecilnya benda padat dan luasnya tempat. contohnya yaitu serbuk kopi, serbuk kopi merupakan salah satu benda padat yang berukuran sangat kecil. sehingga bila serbuk kopi tersebut dipindah-pindah tempat maka serbuk kopi akan mempunyai bentuk yang sama dengan tempatnya.

Zat Cair. Zat cair merupakan suatu benda yang dapat menempati ruang sesuai bentuk ruang yang ditempatinya atau dengan kata lain benda mengikuti ruang yang ada.Zat cair mempunyai ciri-ciri sebagai yaitu :bentuk benda cair mengikuti bentuk wadahnya,bentuk permukaan benda cair selalu tenang dan datar , benda cair mengalir dari tempat tinggi ketempat yang rendah. benda cair menekankesegala arah. benda cair meresap melalui celah-celah kecil.

Zat gas. Zat gas merupakan satu – satunya gas yang tidak dapat dilihat ataupun, zat gas hanya bisa dirasakan. Ini disebabkan partikel yang membentuk zat gas tidak memiliki gaya tarik – menarik. Contoh dari zat gas adalah udara yang mengalir di sekitar dan gas yang digunakan untuk memasak. Zat gas terbentuk dari kumpulan materi yang disebut molekul. Masing – masing molekul yang membentuk zat gas memiliki sifat dasar yang dimiliki gas. susunan molekul terbentuk dari materi yang lebih kecil lagi yang dikenal dengan nama atom. Atom tidak memiliki sifat dasar dari zat yang dibentuknya.Sifat dari zat gas adalah :memiliki bentuk yang tidak tetap dan menekan ke segala arah

Ayo Berlatih !1. Carilah kalimat utama paragraf pertama ?2. Apa isi pokok paragraf kedua ?3. Sebutkan 3 zat yang ada di alam ini !4. Apa saja yang termasuk zat gas ?5. Apa saja yang termasuk zat cair ?

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Secara BijaksanaIndonesia adalah Negara kepulauan yang sangat kaya akan sumber daya alamnya.

Perlu pemahaman yang kuat bagi warga agara warga Negara Indonesia mampu

BAHASA INDONESIA

Page 2: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 2

megendalikan emosi atau keinginan untuk mengeruk sebagian harta yang sangat berlimpah agar tidak merugikan nantinya terutama bagi generasi kedepannya.

Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih makmur dan sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Kita juga bias mengelola sumber daya alam dengan catatan pengelolaan harus dengan baik dan tidak merusak ekosistem di sekitarnya.

Sumber daya alam dibagi menjadi dua yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui.

1.         SDA yang dapat diperbaharui meliputi air, tanah, tumbuhan dan hewan. SDA ini harus kita jaga kelestariannya agar tidak merusak keseimbangan ekosistem.2.         SDA yang tidak dapat diperbaharui itu contohnya barang tambang yang ada di dalam perut bumi seperti minyak bumi, batu bara, timah dan nikel. Kita harus menggunakan SDA ini seefisien mungkin. Sebab, seperti batu bara, baru akan terbentuk kembali setelah jutaan tahun kemudian.

Sumber daya alam juga bias dibagi menjadi dua yaitu sumber daya alam hayati dan non-hayati.         1.         SDA hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk hidup (biotik) seperti hasil

pertanian, perkebunan, pertambakan, dan perikanan. Sumber daya hayati adalah salah satu sumber daya dapat pulih atau terbarukan (renewable resources) yang terdiri atas flora dan fauna. Sumber daya hayati secara harfiah dapat diartikan sebagai sumberdaya yang mempunyai kehidupan dan dapat mengalami kematian. Jenis-jenis sumber daya hayati di antaranya adalah pohon, ikan, rumput laut, plankton, zooplankton, fitoplankton, harimau, semut, cacing, rumput laut, terumbu karang,lamun, dan sebagainya.

         2.         SDA non-hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk tak hidup (abiotik). Seperti: air, tanah,

barang-barang tambang.

Ayo Berlatih !1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam ?2. Apa yang kamu ketahui tentang Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui ?3. Apa yang kamu ketahui tentang Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui

?4. Tulsikan contoh kekayaan alam yang dapat diperbarui !5. Tulsikan contoh kekayaan alam yang tidak dapat diperbarui !

Page 3: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 3

Meronce bukan merupakan kegiatan yang asing bagi anak usia dini. Yups benar sekali, kegiatan meronce seringkali digunakan oleh Bunda sebagai kegiatan pembelajaran pada anak usia dini untuk dapat merangsang kreativitas anak. Ternyata, masih banyak lagi loh manfaat dari Meronce. Mau tau apa aja? baca ulasan dibawah ini….

Meronce merupakan suatu kegiatan untuk dapat merangkai manik-manik menjadi kesatuan berdasarkan kriteria tertentu, seperti berdasarkan warna, bentuk manik-manik, atau jumlahnya. Meronce dalam proses pembelajaran anak usia dini dapat melatih anak untuk berkonsentrasi serta menyiapkan anak dalam rangka persiapannya untuk dapat belajar membaca. Lah.. kok malah membaca?

Ya, meronce tak hanya mengajarkan anak bagaimana keindahan serta kreativitas dalam merangkai dengan menggunakan manik-manik, akan tetapi masih banya lainnya manfaat dari kegiatan meronce tersebut. apa saja ya?

Meronce dapat melatih ketelitian anak, dengan adanya kegiatan meronce, anak dapat belajar untuk memasukkan benang dalam jarum serta mulai meronce manik-manik yang disambung satu persatu dengan benang.

Berikut, langkah-langkah yang dapat digunakan dalam kegiatan meronce:1. Meronce berdasarkan warna, ini adalah tahapan yang paling rendah dalam kegiatan meronce.2. Meronce berdasarkan bentuk, ini satu langkah maju yaitu anak dapat mengenal bentuk manik-manik.3. Meronce berdasarkan warna dan bentuk, anak mulai bisa menggabungkan mana yang memiliki bentuk sama atau warna yang sama, berilah jarak 3 manik-manik atau warna untuk memudahkan anak.4. Meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran, tahapan yang cukup sulit bagi anak karena mulai menggabungkan 3 komponen sekaligus.

Kegiatan manusiua yang merusak lingkungan   1.   Polusi Udara   

        Bahan bakar dibutuhkan untuk menjalankan kendaraan bermotor. Bahan bakar dapat berupa bensin dan solar. Pembakaran bahan bakar menyebabkan polusi udara. Pembakaran tersebut antara lain menghasilkan gas karbon dioksida menjadi bertambah. Hal ini mengakibatkan bumi semakin panas. Kondisi ini mengakibatkan beberapa jenis makhluk hidup kesulitan beradaptasi. Beberapa diantaranya ada yang mati, dan keseimbangan ekosistem menjadi terganggu.

Page 4: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 4

2.   Penebangan Dan Pembakaran Hutan           Hutan memiliki banyak fungsi, di antaranya sebagai pengatur suhu lingkungan, pengatur kelembapan, pengatur cadangan air, tempat berlindung dan berkembang biak hewan liar, penyedia oksigen bagi manusia dan hewan, mencegah erosi, menahan angin, dan masih banyak lagi.  Penebangan dan pembakaran hutan dapat membuat hutan menjadi gundul. 

Akibat penebangan dan pembakaran hutan adalah :a)Punahnya berbagai jenis hewan karena tidak mempunyai tempat berlindung.b)Suhu lingkungan meningkat.c)Ketika musim hujan tiba, maka tidak ada akar-akar tumbuhan yang akan menahan jatuhnya air hujan dan menyerapnya di dalam tanah.  Akibatnya lapisan tanah bagian atas yang banyak mengandung humus akan hanyut terbawa air hujan dan menyebabkan tanah menjadi tandus.d)Terjadi banjir dan tanah longsor.

3.   Perburuan Liar        

Manusia sering memburu hewan-hewan di hutan untuk dimanfaatkan bagian-bagian tubuhnya.  Apabila perburuan itu dilakukan secara liar maka akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem, karena hal itu akan memutus jaring-jaring makanan dihutan itu.

4. Pembangunan Industri (Pabrik)      

Manusia membangun pabrik untuk membuat barang-barang yang dibutuhkan.  Namun, pembuatan pabrik juga memiliki sisi negatif karena akan menghasilkan limbah pabrik.  Apabila limbah pabrik itu tidak diolah terlebih dahulu maka akan mengakibatkan polusi, baik polusi tanah, udara maupun polusi air.

Ayo Berlatih !1. Apa saja macam Bahan bakar ? 2. Apa saja fungsi hutan bagi lingkungan ?3. Apa saja akibat dari penebangan dan pembakaran hutan ? 4. Apa melakukan perburuan liar melanggar undang – undang ? mengapa ?5. Apa saja yang ditimbulkan oleh polusi pabrik ? Sebutkan 2 ( dua ) !

Page 5: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 5

A. Macam-macam Pecahan

1. Pecahan biasa

Bilangan disebut pecahan. Dalam pecahan ada pembilang dan penyebut.

Pada bilangan , bilangan 1 dinamakan pembilang dan bilangan 2 dinamakan penyebut.

Pecahan termasuk pecahan biasa.

2. Pecahan campuranPecahan campuran terdiri atas bilangan bulat diikuti bilangan pecahan.

Contoh : 3 3 bilangan bulat bilangan pecahan

3. Pecahan persenPersen dilambangkan dengan % adalah pecahan yang berpenyebut 100.

Contoh : dapat ditulis 20 % dibaca dua puluh persen.

4. Pecahan desimalPecahan desimal tersusun atas angka koma angka.Contoh : 0,2 dibaca nol koma dua atau dua per sepuluh.

0,25 dibaca nol koma dua lima atau dua puluh lima per seratus.

B. Mengubah Pecahan

1. Mengubah pecahan biasa menjadi campuran

2. Mengubah pecahan campuran menjadi biasa

MATEMATIKA

CARA : Membagi pembilang dengan penyebut.

Contoh :

72 artinya 7 dibagi 2 = 3 sisa 1 perpenyebut, maka

72 = 3

12

CARA : Mengalikan penyebut dengan bilangan bulat ditambah pembilang perpenyebut.

Contoh : 512 artinya 2 x 5 + 1 per penyebut, maka 5

12

=

112

Page 6: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 6

UJI KEMAMPUANLENGKAPILAH TABEL BERIKUT!

NO PECAHAN BIASA PECAHAN CAMPURAN

1. 203

2. 375

3.…

4

23

4.…

7

27

5. 406

3. Mengubah pecahan biasa ke pecahan persen

4. Mengubah pecahan persen ke pecahan biasa

UJI KEMAMPUANLENGKAPILAH TABEL BERIKUT!

NO PECAHAN BIASA PERSEN (%)1. 20

5…

2. 375

3. …

Mengubah pecahan biasa ke persen dikerjakan dengan cara mengalikan bilangan tersebut dengan 100% kemudian disederhanakan.

Contoh : 12 = 50% artinya

12 x

100%1 =

100 %2 = 50%

Mengubah pecahan persen ke biasa dikerjakan dengan cara mengubah pecahan persen ke pecahan biasa kemudian disederhanakan.

Contoh : 75% artinya

75100

75 :25100 :25 =

34

Page 7: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 7

25%

4. …40%

5. 450

5. Mengubah pecahan biasa menjadi desimal

UJI KEMAMPUAN

LENGKAPILAH TABEL BERIKUT!NO PECAHAN BIASA DESIMAL1. 3

5…

2. 58

3.… 0,65

4.… 2,05

5. 2725

PERKALIAN PECAHAN

Mengubah pecahan biasa menjadi desimal ditentukan dengan 2 cara, yaitu :

1. Dengan cara datar yaitu mengubah penyebut menjadi bilangan 10 atau 100 atau 1000

CONTOH : 12 = 0,5 maka

12 x

55 =

510 = 0,5

2. Dengan cara susun yaitu membagi pembilang dengan penyebut.

CONTOH : 34 = 0,75 artinya 3 : 4

Langkahnya :

1. Apabila ada pecahan campuran ubahlah menjadi pecahan biasa.

2. Bila perlu mungkin ringkaslah (dengan FPB-nya)3. Mengalikan penyebut dengan penyebut dan

pembiang dengan pembilang .RUMUS : ab

x cd=

a x cb x d

Contoh : 23

x 45=

2 x 43 x 5 =

815

Page 8: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 8

UJI KEMAMPUANHITUNGLAH HASIL DARI PERKALIAN BERIKUT !

1.

23x

611 = ….

2.

34x

15 = ….

3.2

34x

23 = ….

4. 2

38x 1

12 = ….

5.

54x

68 = ….

PERKALIAN PECAHAN DESIMAL

Perkalian pecahan desimal dapat dilakukan dalam dua cara. Cara 1: diubah ke bentuk pecahan biasa, kemudian dikalikan.

CONTOH : 0,5 X 1,2 =

510

x1210

=

5x 12100

=

60100

= 0,60

Cara 2: langsung dikalikan dengan memperhatikan banyak angka di belakang tanda koma.

CONTOH : 0,5 → terdapat 1 angka di belakang tanda koma (,) 1,2 → terdapat 1 angka di belakang tanda koma (,)

Pecahan desimal hasil perkaliannya mempunyai (1 + 1) angka di belakang tanda koma. Perhatikan caranya berikut ini!5 x 12 = 600,5 x 1,2 = 0,60 2 angka

1 angka 1 angka

Page 9: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 9

UJI KEMAMPUAN

UJI KEMAMPUANHITUNGLAH HASIL DARI PERKALIAN PECAHAN DESIMAL BERIKUT !

1. 0,5 X 1,2 = ….2. 2,4 X 2,5 = ….3. 1,23 X 0,3 = ….4. 24,5 X 6,45 = ….5. 3,26 X 4,12 = ….

PEMBAGIAN PECAHAN Bagaimanakah cara mendapatkan hasil pembagian pecahan ?Caranya adalah berikut ini :

1. Jadikanlah pecahan biasa dahulu semua2. Ubahlah menjadi bentuk perkalian, dengan cara bilangan pembagi dibalik3. Kerjakan seperti perkalian.

Contoh :

25

: 13=

25

x 31

= 65= 1

15

UJI KEMAMPUANHITUNGLAH HASIL DARI PEMBAGIAN PECAHAN BERIKUT !

1.

25

:13 = …

2.

415

:34 = …

3.

78

:13 = …

4.3

56

: 312 = …

5.4

45

: 212 = …

PEMBAGIAN PECAHAN DESIMAL

Bagaimanakah menentukan hasil pembagian pecahan desimal ?Berikut ini contoh dan cara menentukan hasil pembagian pecahan desimal.Contoh 1. 3,6 : 4 = ….Jawab :Cara 1. dengan cara mendatar ( Diubah ke bentuk pecahan biasa terlebih dahulu ) :

3,6 : 4 =

3610 : 4 =

3610 x

14 =

3640 = 0,9

Cara 2. dengan cara bersusun :3,6 : 4 = n, agar tanda koma bisa dihilangkan maka kedua bilangan dikalikan 10.Sehingga diperoleh : 36 : 40Dengan cara bersusun proses pembagiannya dilakukan sebagai berikut :

Page 10: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 10

¿Contoh 2. 0,7 : 3,5 = ....Jawab :Cara 1. dengan cara mendatar ( Diubah ke bentuk pecahan biasa terlebih dahulu ):

0,7 : 3,5 =

710 :

3510 =

710 x

1035 =

70350 = 0,2

Cara 2. dengan cara bersusun :

0,7 : 3,5 = n, agar tanda koma bisa dihilangkan maka kedua bilangan dikalikan 10.Diperoleh : 7 : 35Dengan cara bersusun langkah pembagiannya adalah :

¿UJI KEMAMPUAN

HITUNGLAH HASIL DARI PEMBAGIAN PECAHAN DESIMAL BERIKUT !1. 6 : 0,2 = ….2. 3,6 : 0,6 = ….3. 3,12 : 0,4 = ….4. 4,5 : 0,9 = ….5. 0,72 : 3 = ….

I. Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. Bentuk desimal dari

720 adalah ….

2. Bentuk pecahan campuran dari

275 adalah ….

3. Nilai tempat angka 9 pada bilangan 0,589 adalah ….4. Angka yang menunjukkan persepuluhan pada bilangan 134,56 adalah ….5. 500,05 – 410,4 = n , nilai n adalah ….

6. Bentuk persen dari

35 adalah ….

7. 12,7 x 8,2 = n , nilai n adalah ….8. 4,25 x 3,05 = …9. 3,6 : 0,6 = n, nilai n adalah ….10. 3,12 : 0,4 = n, nilai n adalah …II. Selesaikanlah beserta langkah-langkahnya !1. 2,45 x 1,1 – 0,72 : 2,4 = n , berapakah n ?2. 3,7 + 1,69 : 6,5 – 1,98 = n, berapakah n ?3. Arman mengisi bak mandi dengan 50,25 liter air. Aries meneruskan dengan menambah

60 liter air. Jika dari seluruh air di bak tersebut digunakan 18,6 liter, berapakah sisa air dalam bak ?

4. Berat badan 5 orang anak masing-masing adalah 20,4 kg; 22,5 kg; 20 kg; 19,75 kg dan 21,375 kg. Berapakah jumlah berat badan 5 orang anak tersebut ?

Page 11: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 11

5. Ibu Kamadati membeli 2,5 liter minyak goreng. Untuk menggoreng kerupuk diperlukan 0,25 liter dan yang digunakan untuk menggoreng ikan sebanyak 1,5 liter. Berapakah sisa minyak goreng yang belum digunakan untuk menggoreng ?

PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DESIMAL1. Penjumlahan

Contoh : 12,35 + 6,8 = ….

12,35 ¿ 6,8 ¿

19 ,15+Jadi 12,35 + 6,8 = 19,15

2. Pengurangan

Contoh : a) 3,7 – 1,6 = ….Jawab :

2,11,6

3,7

Jadi 3,7 – 1,6 = 2,1

b) 14,25 – 7,1 – 4,08 = ….Jawab :

14,25 ¿ 7,1 ¿

7,15 ¿ 4,08 ¿

3,07−−Jadi nilai n = 3,07

INGAT ! : Dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal dengan cara bersusun, “koma” harus urut.

UJI KEMAMPUANLENGKAPILAH TABEL BERIKUT DENGAN MENULISKAN PENGURANGAN PECAHAN PECAHAN DESIMAL YANG HASILNYA 5,7

5,76,3 ….8,5 ….…. 2,4…. 4,2…. ….

UJI KEMAMPUANLENGKAPILAH TABEL BERIKUT DENGAN MENULISKAN PERKALIAN PECAHAN DESIMAL YANG HASILNYA 8,4

8,41,4 ….2,4 ….…. 4…. 2…. ….

Page 12: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 12

UJI KEMAMPUANLENGKAPILAH TABEL BERIKUT DENGAN MENULISKAN PEMBAGIAN PECAHAN DESIMAL YANG HASILNYA 8,4

8,410,08 ….19,32 ….

…. 11,76…. 4,2…. ….

Page 13: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

BENDA

WUJUD & SIFAT

PADAT CAIR GAS

JENIS PERUBAHAN TINDAKAN MANUSIA

T 13

Peta Konsep :

A. Wujud dan Sifat Benda

Wujud benda di muka bumi dapat dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu :1) Wujud Padat2) Wujud Cair3) Wujud Gas

Perhatikan contoh benda yang terdapat di sekitar kita !

Ketiga wujud benda tersebut memiliki sifat yang berbeda-beda, untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut :

No Wujud Benda Sifat Benda Contoh Benda1. Padat - Bentuknya dan volume selalu tetap

meskipun berpindah tempat- Batu- Almari

IPA

Page 14: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 14

- Buku- dll

2. Cair - Bentuknya berubah ubah sesuai tempatnya

- Volumenya tetap meskipun berpindah tempat

- Air- Bensin- Kecap- dll

3. Gas - Bentuknya dan volume selalu berubah-ubah mengikuti tempatnya

- Udara- Asap- Aroma parfum- dll

Wujud benda tidak selamanya akan tetap, sewaktu-waktu akan mengalami perubahan.

Faktor- faktor yang mempengaruhi perubahan pada benda antara lain :

1. Pemanasan perubahan wujud padat menjadi cair cair menjadi gas2. Pendinginan perubahan wujud cair menjadi padat gas menjadi cair3. Pembakaran perubahan bentuk, warna, kekerasan, kelenturan, bau4. Pencampuran dengan air perubahan bentuk dan kekerasan5. Pembusukan perubahan bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau6. Perkaratan perubahan warna dan kekerasan

Bentuk-bentuk perubahan wujud benda antara lain:1. Penguapan : cair menjadi gas2. Pencairan : padat menjadi cair3. Pembekuan : cair menjadi padat4. Pengembunan : gas menjadi cair5. Menyublim : padat menjadi gas

Page 15: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 15

B. Perubahan Wujud Benda

Perubahan Wujud BendaPerubahan wujud benda adalah suatu proses pada benda yang menyebabkan benda tersebut mengalami perubahan dari bentuknya semula. Perubahan wujud pada benda dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu perubahan wujud yang dapat kembali dan perubahan wujud yang tidak dapat kembali. Berikut penjelasan mengenai kedua jenis perubahan wujud tersebut.1. Perubahan Wujud yang Dapat Kembali ke Bentuk SemulaPada perubahan wujud yang dapat kembali, benda yang mengalami perubahan dapat berubah kembali ke bentuk semula. Contohnya, perubahan wujud pada air. Air dapat berubah wujud menjadi es. Es dapat kembali berubah wujud menjadi air. Bahkan, air yang berubah menjadi benda gas dapat kembali berubah menjadi titik air. Selain air, perubahan wujud yang dapat kembali ke bentuk semula dapat terjadi pada gula dan garam yang larut dalam air. Gula dan garam yang larut dalam air dapat berubah kembali menjadi gula dan garam padat. Caranya adalah dengan menguapkan larutan gula dan garam itu.2. Perubahan Wujud yang Tidak Dapat Kembali ke Bentuk SemulaPada perubahan wujud yang tidak dapat kembali, benda yang mengalami perubahan tidak dapat diubah kembali ke bentuk semula. Perubahan wujud yang terjadi karena pembakaran merupakan perubahan wujud yang tidak dapat kembali, misalnya kertas atau kayu yang dibakar. Kertas yang dibakar akan berubah menjadi abu. Kayu yang dibakar dapat berubah menjadi arang. Dengan cara apapun, abu tidak dapat diubah lagi menjadi kertas. Begitu pula arang tidak dapat berubah menjadi kayu lagi. Beberapa proses alami merupakan proses perubahan wujud yang tidak dapat kembali, misalnya pembusukan yang terjadi pada sayuran dan buah-buahan.Disadur dari: faizalnizbah.blogspot.comAyo Berlatih !1. Sebongkah es batu yang dipanaskan akan berubah menjadi air, peristiwa tersebut

membuktikan perubahan wujud benda yaitu ... .A. Membeku C. MenguapB. Menyublim D. Mencair

2. Dibawah ini yang termasuk contoh perubahan wujud Penyubliman adalah … .A. Ibu menyemprotkan pengharum ruangan di kamar tidurB. Penggunaan Dry Ice/es kering untuk membuat efek asap pada panggungC. Proses pembuatan garam oleh penduduk di daerah pesisir pantaiD. Pengeringan pakaian basah dengan bantuan matahari

3. Dibawah ini adalah kelompok benda yang berwujud cair adalah … .

A. Kecap, minyak goreng, dan lilin C. Bensin, sirup dan mentegaB. Sirup, minyak goreng, dan madu D. Susu, asap pabrik, dan angin

4. Pembuatan gula merah dari nira pohon aren, memanfaatkan perubahan wujud benda

jenis …. .A. Membeku C. Mencair B. Menguap D. Mengembun

5. Perubahan wujud kembali kebentuk semula terjadi pada … .A. Kertas Koran yang dibakar hingga menjadi abuB. Mentega yang dipanaskan di atas loyangC. Pembuatan Arang dari tempurung kelapaD. Sayuran yang mengalami pembusukan

6. Perubahan sifat-sifat benda :1. Bentuk 3. Kelenturan

Page 16: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 16

2. Warna 4. BauPembakaran dapat menyebabkan benda mengalami perubahan … .A. 1 dan 3 C. 1, 2, dan 3B. 2 dan 4 D. 1, 2, 3, dan 4

7. Peristiwa berikut yang merupakan proses pembusukan adalah … .A. kertas berubah menjadi abuB. gula yang melarut dalam airC. warna besi berubah menjadi coklatD. warna buah jeruk berubah menjadi coklat

8. Perhatikan percobaan di bawah ini !Saat Anita meniupkan udara pernafasan pada cermin, tiba-tiba kaca cermin menjadi buram, tak lama kemudian menjadi jernih kembali, hal ini membuktikan bahwa telah terjadi perubahan wujud benda yaitu ... .

A. Menguap dan membekuB. Mencair dan menguapC. Mengembun dan menguapD. Mengembun dan membeku

9. Proses pendinginan mengakibatkan perubahan wujud yaitu … .A. padat menjadi cair dan gas menjadi cairB. cair menjadi padat dan cair menjadi gasC. cair menjadi gas dan gas menjadi cairD. cair manjadi padat dan gas menjadi padat

10. Contoh perubahan wujud yang dapat kembali, adalah … .A. PembakaranB. pembusukanC. perkaratanD. pembekuan

C. Manusia dan Lingkungan

Tanpa kita sadari berbagai macam prilaku kita terkadang dapat menimbulkan berbagai kerusakan di muka bumi ini. Bumi diciptakan oleh Tuhan untuk memenuhi kebutuhan manusia, oleh sebab itu manusia harus dapat memanfaatkannya secara bijaksana. Coba perhatikan tindakan manusia di bawah ini !

Page 17: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 17

Dengan memperhatikan peristiwa di atas coba lengkapi tabel di bawah ini !

No Nama Kegiatan Manusia Akibat yang Ditimbulkan

1..................................................

....................................................................................................

................................................

2..................................................

....................................................................................................

................................................

3..................................................

....................................................................................................

................................................

4..................................................

....................................................................................................

................................................

Beberapa tindakan manusia yang dapat merusak keseimbangan ekosistem / lingkungan antara lain :

1) Penebangan hutan secara liar/Ilegal Loging2) Perladangan berpindah3) Pembangunan perumahan di daerah resapan air4) Perburuan liar terhadap aneka satwa langka5) Penangkapan ikan dengan pukat harimau, peledak, dan racun6) Penggunaan obat pembasmi hama ( insectisida ) secara berlebihan7) Pembangunan rumah kaca di daerah perkotaan8) Penambangan terbuka tanpa melakukan reklamasi/peremajaan dll.

Ayo Berlatih !1. Akibat yang ditimbulkan dari penebangan hutan secara liar ketika musim kemarau tiba

adalah ... .A. Banjir bandang di dataran rendah C. Harga perabot dari kayu mahalB. Erosi / tanah longsor D. Tanah tandus dan gersang

2. Bentuk usaha penangkapan ikan yang tidak dilarang pemerintah adalah… .A. Penggunaan jaring diamB. Penggunaan pukat harimauC. Penangkapan ikan dengan potasiumD. Penggunaan bahan peledak/bondet

3. Tujuan penanaman pohon di sekitar jalan-jalan besar di daerah perkotaan adalah….

A. Menarik kunjungan para wisatawan C. mendapatkan penghargaan AdipuraB. Mengurangi polusi udara D. Melestarikan tumbuhan langka

Page 18: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 18

4. Penanaman pohon bakau/mangrove di daerah pantai bertujuan untuk mencegah terjadinya …. .A. Pencemaran air laut C. kerusakan terumbu karang B. Perburuan telur penyu D. Abrasi pantai

5. Gas yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor dan cerobong pabrik adalah… .A. Karbon dioksidaB. NitrogenC. Karbon monoksidaD. Oksigen

Perhatikan gambar lalu lengkapilah tabel di bawah ini !

Page 19: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 19

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya.[1] Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini.

Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara seperti Indonesia, Brazil, Kongo, Sierra Leone, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam hayati atau nonhayati yang sangat berlimpah. Sebagai contoh, negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas alam sebesar sepertiga dari yang ada di dunia dan Maroko sendiri memiliki persediaan senyawa fosfat sebesar setengah dari yang ada di bumi. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam ini seringkali tidak sejalan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara tersebut.

Indonesia, salah satu negara dengan kekayaan sumber daya alam hayati dan nonhayati terbesar di dunia. Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA tak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan.

Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh SDA terbaharukan. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan. SDA tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis.

Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas., minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, terutama dibentuk dan berasal dari lingkungan perairan.Perubahan tekanan dan suhu panas selama jutaaan tahun ini kemudian mengubah materi dan senyawa organik tersebut menjadi berbagai jenis bahan tambang tersebut.

Sumber daya alam adalah semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat digunakan untuk kepentingan hidupnya. Bagi manusia, hakikat sumber daya alam sangat penting baik sumber daya alam yang berupa benda hidup (hayati) maupun yang berupa benda mati (non hayati). Kedua macam sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Suatu negara yang banyak sumber daya alamnya maka negara tersebut akan menjadi negara yang kaya.Pemanfaatan sumber daya alam ditentukan berdasarkan kegunaan sumber daya alam tersebut bagi manusia. Oleh karena itu, nilai suatu sumber daya alam juga ditentukan oleh nilai kemanfaatannya bagi manusia. Misalnya lahan pertanian yang subur dapat dijadikan daerah pertanian yang potensial.

Ayo Berlatih !

Jawablah dengan singkat dan ejlas ! 1. Sebutkan SDA yang termasuk komponen biotik !

IPS

Page 20: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 20

2 Sebutkan SDA yang termasuk komponen biotik !3. Apa kegunaan dari SDA bagi kebutuhan manusia ?4. Tulislah hasil dari minyak bumi ?5. Apa saja yang termasuk bahan bakar kendaraan darat , laut , dan udara ?

Kebutuhan pokok manusia

Kebutuhan manusia adalah hal yang harus atau sangat ingin dipenuhi untuk dapat bertahan hidup atau untuk memuaskan suatu hasrat yang timbul. Macam-macam kebutuhan manusia dan faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia merupakan dua hal utama dalam kehidupan

B.MACAM-MACAM KEBUTUHAN MANUSIA

1.Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaan (penting atau tidaknya)Kebutuhan menurut intensitas dapat digolongkan sebagai berikut:a.    Kebutuhan MutlakKebutuhan mutlak adalah kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh setiap manusia dan tidak mungkin ditinggalkan. Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka manusia akan mati. Contoh kebutuhan mutlak adalah makan dan minum.b.    Kebutuhan PrimerKebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia yang ingin hidup layak. Contoh Kebutuhan Primer antara lain: makanan, minuman, pakaian, dan rumah.c.    Kebutuhan SekunderKebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi.Kebutuhan ini berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.Misalnya mobil bagi orang berpenghasilan tinggi adalah kebutuhan sekunder, namun bagi orang yang berpenghasilan rendah adalah barang mewah.d.    Kebutuhan TersierKebutuhan tersier adalah kebutuhan yang tingkat pemenuhannya setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.3.   Kebutuhan Menurut SubjeknyaKebutuhan menurut subjeknya dapat digolongkan sebagai berikut.a.    Kebutuhan IndividualKebutuhan individual adalah kebutuhan perseorangan atau individu.Misalnya, seorang sekretaris membutuhkan komputer dan telepon.b.    Kebutuhan KolektifKebutuhan kolektif adalah kebutuhan bersama dalam suatu masyarakat dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.Misalnya, jalan, jembatan, rumah sakit, dan tempat rekreasi.

Ayo Berlatih !Jawablah dengan singkat dan ejlas ! 1. Sebutkan SDA yang termasuk komponen biotik !

2. Sebutkan SDA yang termasuk komponen biotik !3. Apa kegunaan dari SDA bagi kebutuhan manusia ?4. Tulislah hasil dari minyak bumi ?5. Apa saja yang termasuk bahan bakar kendaraan darat , laut , dan udara ?

Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.

Page 21: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 21

Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global.Pencemaran udara di dalam ruangan dapat mempengaruhi kesehatan manusia sama buruknya dengan pencemaran udara di ruang terbuka. 1 . Bagaimana sikapmu jika udara di sekitarmu tercemar ?2 . Mengapa kita harus menjaga kesegaran udara ?

Fungsi Hutan dan Macam-macam HutanHutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Hutan merupakan suatu kumpulan tumbuhan dan juga tanaman, terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain, yang menempati daerah yang cukup luas.

Pohon sendiri adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun. Jadi, tentu berbeda dengan sayur-sayuran atau padi-padian yang hidup semusim saja. Pohon juga berbeda karena secara mencolok memiliki sebatang pokok tegak berkayu yang cukup panjang dan bentuk tajuk (mahkota daun) yang jelas.

Macam-macam Hutan Menurut asal:

Penggolongan lain menurut asal adalah hutan perawan (Hutan Primer) dan hutan sekunder. Hutan perawan  (Hutan Primer) merupakan hutan yang masih asli dan belum pernah dibuka  atau dijamah oleh manusia. Hutan sekunder adalah hutan yang tumbuh kembali secara alami setelah ditebang atau kerusakan yang cukup luas. Akibatnya, pepohonan di hutan sekunder sering terlihat lebih pendek dan kecil. Namun jika dibiarkan tanpa gangguan untuk waktu yang panjang, kita akan sulit membedakan hutan sekunder dari hutan primer. Di bawah kondisi yang sesuai, hutan sekunder akan dapat pulih menjadi hutan primer setelah berusia ratusan tahun.

Berdasarkan Sifat-Sifat Musimannya:1. Hutan hujan (rainforest), dengan banyak musim hujan.2. Hutan selalu hijau (evergreen forest)3. Hutan musim atau hutan gugur daun (deciduous forest)4. Hutan sabana (savannah forest), di tempat-tempat yang musim kemaraunya

panjang. dll.

Berdasarkan Keadaan Tanahnya:1. Hutan rawa air-tawar atau hutan rawa (freshwater swamp forest)2. Hutan rawa gambut (peat swamp forest)3. Hutan rawa bakau, atau Hutan Bakau (mangrove forest)4. Hutan kerangas (heath forest)5. Hutan tanah kapur (limestone forest), dan lainnya

Berdasarkan Jenis Pohon Yang Dominan:1. Hutan jati (teak forest), misalnya di Jawa Timur.2. Hutan pinus (pine forest), di Aceh.

Page 22: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 22

3. Hutan dipterokarpa (dipterocarp forest), di Sumatra dan Kalimantan.4. Hutan ekaliptus (eucalyptus forest) di Nusa Tenggara. Dll.

Berdasarkan Tujuan Pengelolaan Hutan:1. Hutan produksi, yang dikelola untuk menghasilkan kayu ataupun hasil hutan bukan

kayu (non-timber forest product)2. Hutan Lindung, dikelola untuk melindungi tanah dan tata air 3. Taman Nasional merupakan tanah yang dilindungi, biasanya oleh pemerintah pusat,

dari perkembangan manusia dan polusi. Taman nasional merupakan kawasan yang dilindungi (protected area)

4. Hutan suaka alam, dikelola untuk melindungi kekayaan keanekaragaman hayati atau keindahan alam.

5. Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

6. Suaka alam adalah perlindungan suatu kawasan berupa kekayaan alam dan isinya, meliputi pemeliharaan, penelitian, pendidikan, wisata, rehabilitasi kawasan, dan pengamanan segala aset yang berada dalam kawasan perlindungan.

7. Hutan konversi yakni hutan yang dicadangkan untuk penggunaan lain, dapat dikonversi untuk pengelolaan non-kehutanan.

Ayo Berlatih !Jawablah dengan singkat dan ejlas !1.Tulislah jenis hutan menurut sifat musimnya !2.. Tulsilha jenis hutan menurut keadaan tanahnya !3. Apa manfaat hutan homogen ?4. Dimana terdapat hutan pinus ?5. Apa perbedaan hutan produksi dengan hutan lindung ?

Kegiatan Ekonom i

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan orang dalam bidang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan dalam rangka memenuhi kebutukan hidup.Kegiatan ekonomi secara garis besarnya meliputi produksi, distribusi dan konsumsi.1. ProduksiProduksi adalah kegiatan menambah faedah ( kegunaan ) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Produksi di bagi menjadi dua macam yaitu produksi barang dan produksi jasa.2. Distribusi : Kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen

3. Konsumsi : Kegiatan membeli dan memakai hasil dari produksi melewati distributor

1.Tulsilah 3 kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari – hari !

2. Apa perbedaan produksi dengan ditribusi ?

3. Apa perbedaan konsumen dengan ditributor ?

4. Mengapa distribusi diperlukan ?

5. Apa saja syarat menjadi produsen yang baik ?

Page 23: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 23

Mengidentifikasi keperluan hidup angggota keluarga di rumah Setiap daerah tidak dapat memenuhi sendiri kebutuhan untuk masyarakatnya.Kamu juga sering membeli barang atau produk dari daerah lain. Buatlah daftarnama barang kebutuhan rumah tangga yang dibeli dari daerah lain dalam bentuktabel!

Banjir di kampung Lala kali ini adalah yang terparah dibanding dengan banjirbanjiryang terjadi sebelumnya. Hujan deras yang berlangsung selama berhari-hariadalah penyebabnya.

Menurutmu, bisakah perilaku manusia menyebabkan banjir?

Ada sebagian warga menganggap terjadinya banjir karena adanya perubahanmusim yang tidak menentu. Bagaimana pendapatmu terhadap pernyataan sebagianwarga kampung Lala tersebut? Jelaskan!

PPK-n

Page 24: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 24

1. Setiap daerah tidak dapat memenuhi sendiri kebutuhan untuk masyarakatnya.Kamu juga sering membeli barang atau produk dari daerah lain. Buat daftarnama barang-barang daerahmu yang dikirim ke daerah lain!

Page 25: Buku Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013

T 25