buku siswa krh

Download Buku Siswa KRH

Post on 11-Dec-2015

27 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Buku siswa/modul materi Keanekaragaman hayati

TRANSCRIPT

TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI

Kompetensi Dasar Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatanPeserta didik dapat menjelaskan konsep keseragamanPeserta didik dapat menjelaskan konsep keberagamanPeserta didik dapat mengemukakan defenisi keanekaragaman gen, jenis & ekosistemPeserta didik dapat menunjukkan contoh berbagai tingkat keanekaragaman di lingkungan sekitar Tujuan Pembelajaran

KEANEKARAGAMAN HAYATI

Tulislah ide-ide atau hal-hal penting pada bacaan atau yang terkait, untuk diingat!

Catatan Pinggir :Keanekaragaman menggambarkan keadaan bermacam-macam benda, yang dapat terjadi akibat adanya perbedaan dalam hal ukuran, warna, rasa, bentuk, tekstur ataupun jumlah. Sedangkan kata hayati menunjukkan sesuatu yang hidup. Jadi keanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup (organisme) penghuni biosfer.Keanekaragaman hayati disebut juga Biodiversitas. Keanekaragaman atau keberagaman dari makhluk hidup dapat terjadi karena akibat adanya perbedaan warna, ukuran, bentuk, jumlah, tekstur, penampilan dan sifat-sifat lainnya. Keseragaman dapat terlihat dengan adanya persamaan ciri antara makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya. Untuk memahami konsep keseragaman dan keberagaman makhluk hidup, anda dapat mengamati teman dalam kelompok masing-masing. Anda akan menjumpai persamaan dan perbedaannya.

A. TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI

Catatan pinggir:Keanekaragaman hayati tidak saja terjadi antar organisme sesama jenis, tetapi perbedaan itu lebih nampak pada organisme berbeda jenis. Keanekaragaman dalam satu jenis terjadi karena perbedaan susunan gen (keanekaragaman gen). Antara individu berbeda jenis (keanekaragaman jenis/spesies) perbedaannya lebih tampak lagi (lebih mudah dibedakan). Interaksi antar organisme-organisme di permukaan bumi ini termasuk dengan lingkungan abiotik, akan membentuk ekosistem. Antar satu ekosistem dengan ekosistem lainnya tentu terdapat perbedaan (keanekaragaman ekosistem).

1.Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Catatan Pinggir:Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati tingkat gen? Untuk menemukan jawaban ini, silahkan kerjakan LKS-1 (kegiatan-1). Keanekaragaman dapat Anda temukan antara lain pada ukuran buah, rasa, dan warna. Gambar 1. Contoh keanekaragaman gen pada durian(sumber: http://www.google.co.id/search?tbm=isch&client=firefox-&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&hl=id&source=hp&biw=800&bih=417&q=DURIAN&btnG=Telusuri+Gambar&gbv=2&aq=f&aqi=g10&aql=&oq=)

Semua makhluk hidup dalam satu spesies/jenis memiliki perangkat dasar penyusun gen yang sama. Gen merupakan bagian kromosom yang mengendalikan ciri atau sifat suatu organisme yang bersifat diturunkan dari induk/orang tua kepada keturunannya. Susunan perangkat gen inilah yang menentukan ciri atau sifat suatu individu dalam satu spesies.

(sumber: http://www.google.co.id/search?tbm=isch&client=firefox-a&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&hl=id&source=hp&biw=800&bih=417&q=gen&btnG=Telusuri+Gambar&gbv=2&aq=f&aqi=g10&aql=&oq=)

Gambar 2: Gen

Catatan pinggir:Keanekaragaman gen dapat terjadi secara alami maupun buatan. Secara alami terjadi akibat adaptasi atau penyesuaian diri setiap individu dengan lingkungan, seperti pada rambutan, durian, dan kakao (yang tumbuh pada tempat yang berbeda). Sedangkan secara buatan dapat terjadi melalui perkawinan silang (hibridisasi), seperti pada berbagai jenis rambutan, durian, ataupun kakao yang dikawin silangkan.

Pada manusia juga terdapat keanekaragaman gen yang menunjukkan sifat-sifat berbeda, antara lain ukuran tubuh (besar, kecil, sedang); warna kulit (hitam, putih, sawo matang, kuning); mata (sipit, sedang, lebar), serta bentuk rambut (ikal, lurus, keriting). Perhatikan gambar!Gambar 3 Keanekaragaman pada manusia (dua bersaudara)(Doc pribadi Andil)

2. Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis

Catatan Pinggir :Dapatkah Anda membedakan antara kelapa, kelapa sawit, sagu, pinang, dan palem? Atau membedakan jenis kacang-kacangan, seperti kacang buncis, kacang kapri, dan kacang panjang? Kelapa, kelapa sawit, sagu, pinang, dan palem merupakan organisme satu famili.Keanekaragaman hayati tingkat jenis pada tumbuhan, dapat diketahui dengan mengamati, antara lain ciri-ciri fisiknya. Misalnya bentuk/ukuran buah, ukuran batang, warna, dan habitat. Untuk menemukan jawabannya silahkan anda kerjakan LKS-1 kegiatan 2.

Gambar 4 Keanekaragaman pada suku Palmae (Doc. Pribadi Andil)

3. Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem

Catatan Pinggir:Semua makhluk hidup berinteraksi atau berhubungan erat dengan lingkungan tempat hidupnya. Lingkungan hidup meliputi komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik meliputi berbagai jenis makhluk hidup mulai yang bersel satu (uni seluler) sampai makhluk hidup bersel banyak (multi seluler). Komponen abiotik meliputi iklim, cahaya, batuan, air, tanah, dan kelembaban. Ini semua disebut faktor fisik. Selain faktor fisik, ada faktor kimia, seperti kadar garam (salinitas), tingkat keasaman, dan kandungan mineral.Baik komponen biotik maupun komponen abiotik sangat beragam atau bervariasi. Oleh karena itu, ekosistem yang merupakan interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik pun bervariasi pula.Setiap makhluk hidup yang menyusun ekosistem selalu melakukan hubungan timbal balik, baik antar makhluk hidup maupun makhluk hidup dengan lingkungnnya atau komponen abiotiknya. Hubungan timbal balik ini menimbulkan keserasian hidup di dalam suatu ekosistem. Variasi dan jumlah organisme yang mengalami interaksi tidak sama antar satu ekosistem dengan ekosistem lainnya. Perbedaan letak geografis antara lain merupakan faktor yang menimbulkan berbagai bentuk ekosistem.

Gambar 5: Ekosistem sawah; tambak; bakau, padang rumput (Doc. Pribadi Andil)Perbedaan letak geografis menyebabkan perbedaan iklim. Perbedaan iklim menyebabkan terjadinya perbedaan temperatur, curah hujan, intensitas cahaya matahari, dan lamanya penyinaran. Keadaan ini akan berpengaruh terhadap jenis-jenis flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) yang menempati suatu daerah.Pada iklim tropis terdapat hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis memiliki flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) yang sangat kaya dan beraneka ragam. Keanekaragaman jenis-jenis flora dan fauna yang menempati suatu daerah akan membentuk ekosistem yang berbeda. Maka terbentuklah keanekaragaman tingkat ekosistem.Keanekaragaman hayati berkembang dari keanekaragaman tingkat gen, keanekaragaman tingkat jenis dan keanekaragaman tingkat ekosistem. Keanekaragaman hayati perlu dilestarikan karena didalamnya terdapat sejumlah spesies asli sebagai bahan mentah perakitan varietas-varietas unggul. Kelestarian keanekaragaman hayati pada suatu ekosistem akan terganggu bila ada komponen-komponennya yang mengalami gangguan.8

PETA KONSEP

Langkah-langkah1. Identifikasilah ide pokok atau prinsip yang melingkupi sejumlah konsep2. Identifikasilah ide-ide atau konsep-konsep sekunder yang menunjang ide utama tersebut3. Tempatkanlah ide utama di puncak peta tersebut4. Kelompokkanlah ide-ide sekunder disekeliling ide utama yang secara visual menunjukkan hubungan ide-ide tersebut dengan ide utama tersebut

RANGKUMAN

SOAL LATIHAN:

Pilihlah satu jawaban yang Anda anggap paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf di depan jawaban tersebut.

1. Perbedaan ukuran yang ditemukan di antara sesama rambutan dalam satu kebun disebut ..

A.evolusi

B.adaptasi

C. Variasi

D. Keseragaman

E.adaptasi dan variasi

2. Di antara individu sejenis tidak pernah ditemukan yang sama persis untuk semua sifat. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan

A.lingkungan

B.Induknya

C.Jenisnya

D. lingkungan dan gen

E.gen dan plasma nutfah

Alasan: 3.Keanekaragaman ekosistem ditunjukkan oleh adanya perbedaan komponen berikut ini, kecuali ..

A.sumber energi primer

B.jenis produsennya

C.produktifitasnya

D.jenis konsumennya

E.komponen biotiknya

4.Ayam kampung dan ayam hutan dapat dikawinkan, dan dapat melahirkan anak-anak yang fertil karena ayam-ayam tersebut

A.satu genus

B.satu familia

C.satu species

D.satu ordo

E.satu kingdom

Alasan:

5.

Hutan bakau di Malangke, hutan tropis di Balebo, dan padang rumput di Masamba, merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat .

A.genetik

B.species

C.ekosistem

D.populasi

E.individu

6.Keanekaragaman rasa pada buah durian merupakan contoh keanekaragaman tingkat

A.gen

B.genus

C.ekosistem

D.species

E.individu

7.Variasi yang terdapat antara pohon kelapa sawit, sagu, dan kelapa termasuk keanekaragaman tingkat ..

A.Gen

B.jenis

C.Kromosom

D.Ekosistem

E.Populasi

Alasan: 8.

9.Faktor-faktor yang menyebabkan keanekaragaman jenis antara lain:A. Gen dan habitatB. Habitat dan makananC. Gen dan lingkunganD. Tingkah laku dan genE. Lingkungan dan tingkah laku

Berikut ini yang bukan faktor-faktor penyebab terjadinya keaneragaman hayati adalah

A.Keanekaragaman individu

B.keaneragaman jenis

C.keanekaragaman genetik

D.keanekaragaman daur energi

E.

keanekaragaman ekosistem

Alasan: ....

10.Variasi gen dalam tingkat jenis dapat menyebabkan terbentuknya

A.individu

B.varietas

C.species

D.populasi

E.Ekosistem

KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA