buku panduan zahir accounting

Click here to load reader

Post on 27-Oct-2015

687 views

Category:

Documents

32 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Buku ini berisikan panduan software akuntasi Zahir Accounting

TRANSCRIPT

  • Zahir Accounting Versi 5.1PT. Zahir Internasional

    1

    BAB I Pendahuluan

    Zahir Versi 5.1, sebuah software bisnis finansial terbaik dan termudah digunakan, memiliki fasilitas lengkap dan dapat diandalkan.

    1. Zahir dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengusaha, dibuat dari sudut pandang pengusaha, sehingga setiap pengusaha dapat mengelola dan memiliki kendali penuh terhadap usahanya tanpa mengharuskan pengusaha dan manajemen perusahaan untuk memahami teori akuntansi terlebih dahulu.

    2. Zahir memiliki kelebihan-kelebihan serta berbagai perangkat yang mudah digunakan sehingga memungkinkan para pengusaha dan manajemen untuk mengambil keputusan bisnis dengan cepat dan tepat, karena Zahir tidak hanya sebagai perangkat penyedia laporan keuangan semata.

    Oleh karena itulah kami mengembangkan Zahir Versi 5.1, yang secara inovatif telah menggabung-kan software akuntansi finansial dengan software manajemen finansial (sebagai decision support system). Mudah digunakan oleh siapapun tanpa harus mempelajari teori akuntansi dan dapat membantu pengambilan keputusan bisnis dengan cepat dan akurat.

    Zahir Versi 5.1 dilengkapi berbagai fasilitas yang lengkap dan handal, seperti audit trail, edit transaksi, histori perubahan transaksi, klik laporan untuk menampilkan detail dan jurnal transaksi, perbaikan dan backup data, dll. sehingga selain mudah digunakan oleh Non-Akuntan; Zahir Versi 5.1 sangat disenangi oleh para Akuntan Profesional.

    Catatan : Panduan Penggunaan ini dibuat untuk seluruh edisi Zahir, sehingga tidak semua fasilitas yang ditampilkan di panduan ini pasti ada di software yang Anda gunakan.

    Sebagai contoh: formulir transaksi penjualan yang ditampilkan pada panduan ini menggunakan edisi Enterprise (yang memiliki fasilitas multi currency dan multi gudang), sehingga jika Anda menggunakan edisi Standar maka gambar form penjualan yang ada di panduan ini tidak akan sama dengan form penjualan di software yang Anda gunakan.

  • Zahir Accounting Versi 5.1PT. Zahir Internasional

    2

    BAB II Bagaimana Memulai Zahir

    Untuk dapat menggunakan Zahir Versi 5.1 terlebih dahulu Anda harus menginstalnya di komputer PC atau Notebook berbasis Windows (98/2000/XP/Vista).

    2.1. Instalasi ProgramInstaller Zahir tersedia dalam paket program berupa CD atau Anda dapat mendownload versi demonya dari www.zahiraccounting.com

    2.1.1. Instalasi dari CD1. Tutup semua program yang terbuka.2. Masukkan CD Installer ke Drive CD.3. Selanjutnya akan ditampilkan form instalasi (jika form instalasi tidak otomatis terbuka, maka

    jalankan program Setup secara manual melalui Window Explorer, Klik Start > My Computer > Pilih Drive CD > jalankan Setup.exe.

    4. Ikuti petunjuk yang tertera pada form instalasi, klik tombol Next untuk melanjutkan, dan isilah nama user dan nama perusahaan Anda, pilih opsi typical, selanjutnya klik Next hingga tombol Finish tampil.

    2.1.2 . Instalasi Multi UserPenggunaan Multi User dalam Jaringan LAN

    Instalasi Zahir

    Instalasi Zahir tetap harus dilakukan di masing-masing workstation (komputer pengguna / client) dan

    Tips : Setelah menjalankan program Zahir klik tombol Buka Data Sebelumnya untuk

    membuka data demo, selanjutnya klik tombol Cancel jika Anda ditawarkan untuk memasukkan password database server.

    Restart komputer terlebih dahulu jika Anda gagal membuka data setelah instalasi dijalankan.

    Untuk uninstall program, klik Start > Cotrol Panel > Add Remove Program > Pilih Zahir > Klik Remove/Uninstall.

    Selanjutnya Anda dapat segera menggunakan Zahir, ikuti petunjuk Menjalankan Program Zahir.

  • Zahir Accounting Versi 5.1PT. Zahir Internasional

    3

    2.2. Menjalankan Program

    Tips : Bila komputer server akan digunakan juga untuk menjalankan Zahir, maka Zahir harus diinstall secara lengkap di komputer server, namun bila hanya sebagai server (penyimpan data) maka cukup diinstall database server saja (pilih opsi custom pada form instalasi kemudian pilih data base server).

    Catatan :Software Zahir dan Firebird Database Server telah disediakan pada installer Zahir (dijadikan satu).

    Tips : Jika data keuangan belum tersedia maka buatlah terlebih dahulu data keuangan melalui Zahir > menu utama > membuat data baru. Jika komputer server hanya berperan sebagai server (hanya diinstall Firebird Database Server saja), maka proses pembuatan data baru dilakukan di komputer client kemudian copy file data ke server.

    Pada komputer Client : jalankan Zahir kemudian Klik tombol Buka Data untuk membuka data di server. Isilah nama komputer server atau TCP-IP nya, dan isilah lokasi file data secara lengkap beserta struktur direktorinya.

    diperlukan satu komputer yang akan berperan sebagai server, pastikan Firebird Database Server telah terinstall di komputer server (pilih opsi complete pada form instalasi).

  • Zahir Accounting Versi 5.1PT. Zahir Internasional

    4

    Untuk menjalankan Zahir, klik tombol START > All Program > Zahir Enterprise System 5.1 (atau sesuai dengan edisi Zahir yang telah Anda install).

    2.3. Registrasi Zahir AccountingAnda diharuskan melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakan Software Zahir Accounting. Registrasi ini berfungsi untuk mengaktivasi program Zahir Accounting. Ada 3 cara registrasi di Zahir Accounting yaitu :

    1. Registrasi Secara Online dengan Internet.2. Registrasi dengan mengunakan SMS.3. Registrasi dengan mengunakan Website.

    2.3.1. RegistrasiUntuk dapat menggunakan Zahir, Anda diharuskan melakukan registrasi terlebih dahulu. Langkah-langkah registrasi adalah :

    1. Buka form registrasi melalui menu utama > register atau menu aplikasi > petunjuk > register, melalui menu ini Anda dapat mengetahui ID Komputer yang diperlukan saat registrasi (lihat catatan dibawah).

    2. Kirimkan informasi berikut ini kepada kami melalui email ke reg@zahiraccounting.com :

    Nomor Seri : Tertera di Box / CD Zahir

    ID Komputer : Tertera di form registrasi, lihat point 1 diatas untuk mengetahui ID Komputer Anda

    Nama Perusahaan : Nama Perusahaan Anda

    Informasi Pembayaran/Pembelian : Nomor faktur / bukti pembelian / pembayaran / transfer.

    3. Setelah kami verifikasi data diatas, kami akan mengirimkan password registrasi kepada Anda, melalui Fax atau Email.

    4. Buka form registrasi sekali lagi untuk mengisi password yang telah kami berikan.

  • Zahir Accounting Versi 5.1PT. Zahir Internasional

    5

    2.3.2. Instalasi DongleProgram Zahir yang Anda miliki disebut versi dongle jika Anda mendapatkan USB Dongle saat membeli Zahir.

    Dongle adalah alat kecil seukuran flash disk / thumb drive (hardware) yang dipasang di komputer menggunakan koneksi USB, dimana dongle tersebut baru dapat dikenali oleh Window setelah Anda menginstall driver dari dongle tersebut.

    Ikuti langkah - langkah berikut ini :

    1. Menginstall DriverPerhatian : Sebelum menginstall driver dongle, jangan memasang dongle kedalam port USB

    Klik Menu > Petunjuk > Register untuk membuka form Registrasi

    Klik tombol Install the Dongle untuk menginstall driver sehingga tampil pesan bahwa instalasi driver telah sukses.

    Saat pertama kali Anda membuka form registrasi, akan tampil pesan Invalid Dongle or dongle driver is not has been installed, try to install the driver first, hal ini wajar karena dongle belum terpasang atau driver dongle belum diinstall

    Catatan : Form registrasi dan cara registrasi ditentukan oleh versi yang Anda miliki apakah

    menggunakan dongle atau tidak.

    Lihat penjelasan Registrasi Versi Non Dongle jika Anda menggunakan edisi non dongle. Lihat penjelasan tentang Registrasi Versi Dongle jika Zahir yang Anda miliki menggunakan USB Dongle (Dongle adalah alat kecil seukuran flash disk / thumb drive dengan koneksi USB).

    Klik menu utama > register atau menu aplikasi > petunjuk > register untuk menampilkan form registrasi.

    Sebelum proses registrasi dilakukan Anda tidak dapat memanfaatkan seluruh fasilitas program (versi demo).

  • Zahir Accounting Versi 5.1PT. Zahir Internasional

    6

    Lanjutkan ke langkah ke 2. Pasang Dongle Setelah Anda berhasil menginstall driver, langkah berikutnya adalah :

    Pasang dongle ke dalam salah satu port USB yang tersedia di komputer Anda.

    Windows kemudian akan mengenali dongle dengan menampilkan form instalasi hardware seperti gambar diatas. Klik tombol Next.

    Terakhir, ikutilah langkah ke 3. Konfirmasi Driver.

    Catatan : Jika form yang tampil berbeda dengan gambar diatas, seperti tampil tulisan Unknown Hardware, berarti driver dongle belum terinstall. Cabut kembali dongle kemudian ulangi langkah 1. Menginstall Driver.

  • Zahir Accounting Versi 5.1PT. Zahir Internasional

    7

    Klik tombol Continue Anyway untuk menyetujui instalasi driver dan tunggu agar semua proses berjalan hingga ada form yang menyatakan bahwa instalasi telah selesai. Klik tombol Finish untuk mengakhiri.

    Setelah proses instalasi dongle berhasil maka Anda dapat menampilkan form registrasi untuk memperoleh password.

    2. Konfirmasi Driver

    2.3.3. Registrasi Versi Dongle

  • Zahir Accounting Versi 5.1PT. Zahir Internasional

    8

    Ini adalah formulir registrasi untuk program Zahir versi dongle. Kirimkan informasi Nama Perusahaan, Nomor Seri dan ID Komputer kepada kami melalui email ke reg@zahiraccounting.com untuk mendapatkan password registrasi.

    Jika tulisan yang tertera pada Computer ID adalah Invalid Dongle or Dongle Driver Not Installed maka lakukan proses Instalasi Dongle terlebih dahulu.

    1. Instalasi Driver DongleKlik tombol Install Dongle untuk menginstall driver dongle.

    2. Nama Perus