buku panduan pmb unissula 2011

Upload: muhammadfahlevi4

Post on 10-Jul-2015

2.119 views

Category:

Documents


2 download

TRANSCRIPT

PANDUAN CALON MAHASISWA BARU TAHUN 2011/ 2012

UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG (UNISSULA)Jl. Raya Kaligawe Km.4 PO.Box.1054 / SM Telp.6583584 (8 saluran) Semarang 50112 http://www.unissula.ac.id email: [email protected]

ii

Kata

Pengantar

Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillah puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya. Pada Tahun Akademik 2011/2012 Universitas Islam Sultan Agung ( UNISSULA ) membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk 13 Fakultas dan 33 Program Studi pada jenjang Diploma (D3), Sarjana (S1), dan Magister (S2). Penerbitan Buku Panduan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa yang mendaftar sebagai mahasiswa di UNISSULA. Informasi yang disajikan antara lain berupa : I. Profil UNISSULA II. Fakultas dan Program Studi III. Biaya Pendidikan IV. Pendaftaran dan Ujian Seleksi Masuk V. Registrasi dan Taaruf VI. Diagram Alir Pendaftaran dan Registrasi. Sekiranya masih ada hal hal yang belum jelas dapat dilihat pada informasi dan pengumuman melalui web site http://www.unissula.ac.id e-mail : informasi@unissula ac.id atau melalui telp (024) 6583584 pesawat 102 atau langsung datang ke panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Islam Sultan Agung ( UNISSULA ) 2011 di gedung Rektorat Lantai 1 Kampus UNISSULA Jl. Raya Kaligawe KM. 4. Selamat bergabung dengan sivitas akademika UNISSULA, semoga Allah SWT. memberikan rahmat-Nya kepada kita. Wassalamualaikum Wr. Wb. Semarang, 04 Rabiul Awal 1432 H. 08 Februari 2011 M Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNISSULA Tahun 2011 / 2012 Ttd. Prof.DR.H. Laode M. Kamaluddin,M.Sc.M.EngKetua Panitia / Rektor Unissula

iii

DAFTAR

ISIiii iv 1 1 2 2 2 3 4 4 4 7 9 16 23

KATA PENGANTAR......................................................................................................................................... DAFTAR ISI...................................................................................................................................................... I. PROFIL UNISSULA ...................................................................................................................................

1. SEJARAH SINGKAT UNISSULA ....................................................................................................... 2. VISI, MISI DAN TUJUAN UNISSULA .................................................................................................VISI ..................................................................................................................................................... MISI ..................................................................................................................................................... TUJUAN .............................................................................................................................................. 3. PIMPINAN UNIVERSITAS DAN FAKULTAS ...................................................................................... 3.1. PIMPINAN UNIVERSITAS ........................................................................................................ 3.2. PIMPINAN FAKULTAS .............................................................................................................. II. FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI ......................................................................................................... III. BIAYA ........................................................................................................................................................ IV. PENDAFTARAN DAN UJIAN SELEKSI MASUK ....................................................................................... V. REGISTRASI DAN TAARUF .................................................................................................................... LAMPIRAN :

iv

CONTOH PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ....................................................................... DIAGRAM ALIR PENDAFTARAN DAN REGISTRASI ....................................................................... ALIR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU .......................................................................................

27 29 32

I. PROFIL UNISSULA1. SEJARAH SINGKAT UNISSULA

U

niversitas Islam Sultan Agung, disingkat UNISSULA, didirikan sejak tanggal 20 Mei 1962 M ( 16 Dzulhijjah 1381 H.) oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung, disingkat YBWSA. Yayasan ini didirikan di Semarang sejak tanggal 31 Juli 1950 (16 Syawal 1369 H ), bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan kegiatan amal sholeh lainnya. Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung, selain sebagai badan penyenggara UNISSULA juga menyelenggarakan pendidikan dan lembaga lain, yaitu : Taman kanak-kanak, Sekolah Dasar Badan Wakaf Sutan Agung, Sekolah Menengah Tingkat Pertama Badan Wakaf Sultan Agung, Sekolah Menengah Atas Badan Wakaf Sultan Agung, Akademi Keperawatan Islam Sultan Agung (AKPERISA), Rumah Sakit Islam Sultan Agung, Lembaga Pengembangan Dana Ummat Sultan Agung, Lembaga Pengembangan Usaha Sultan Agung dan Lembaga Sosial lainnya. Pada awal berdirinya UNISSULA, Fakultas yang dibuka adalah Fakultas Agama Islam (dalam perkembangan lebih lanjut menjadi Fakultas Syariah ).Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam. Pada tahun ajaran berikutnya, dibuka pula Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat ( dalam perkembangan selanjutnya menjadi Fakultas Hukum ), Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik. Pada tahun 1985 dibuka Fakultas Tarbiyah yang dalam perkembangannya selanjutnya pada tahun 1998 digabung dengan Fakultas Syariah, menjadi Fakultas Agama Islam. Fakultas Teknologi Industri dibuka pada tahun 1993. Fakultas Psikologi dibuka pada tahun 1999 dan mulai tahun 2000 dibuka Program Pasca Sarjana Magister Teknik Sipil , Magister Ilmu Hukum ( tahun 2001), Magister Manajemen ( tahun 2001),dibuka Fakultas Keperawatan dan Fakultas Sastra/Bahasa ( tahun 2007 ), dibuka Fakultas Ilmu Komunikasi, Kedokteran Gigi dan Magister Teknik Elektro ( tahun 2008 ), dibuka Magister Pendidikan Islam, Fakultas Farmasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( tahun 2011 ). Pada saat ini UNISSULA memiliki 13 Fakultas dan 33 Program studi pada jenjang Diploma (D3), Sarjana (S1) dan Magister (S2). Lahan kampus yang dimiliki seluas 35 hektar merupakan kampus terpadu, terletak di Jalan Raya Kaligawe Km. 4 Semarang Jawa Tengah.

1

2. VISI MISI DAN TUJUAN UNISSULAVISI Visi UNISSULA adalah : Sebagai Universitas Islam terkemuka dalam membangun generasi khaira ummah, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi atas dasar nilai - nilai Islam dan membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil alamin. MISI Misi UNISSULA adalah : Menyelenggarakan pendidikan tinggi Islam dalam rangka dakwah Islamiyah yang berorientasi pada kualitas dan kesetaraan universal dengan :

1. 2.

Merekonstruksi dan mengembangkan ilmu pengetahuandan teknologi ( iptek ) atas dasar nilai - nilai Islam. Mendidik dan mengembangkan sumber daya insani yang islami pada semua strata pendidikan pada berbagai bidang ilmu dalam rangka membangun generasi khaira ummah dan kader kader ulama tafaqquh fiddin, dengan mengutamakan kemuliaan akhlak, dengan kualitas kecendekiawanan dan kepakaran standar tertinggi, siap melaksanakan tugas kepemimpinan umat dan dakwah. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirakhmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil alamin. Mengembangkan gagasan, dan kegiatan agar secara dinamik senantiasa siap melakukuan perbaikan kelembagaan sesuai dengan hasil rekonstruksi dan pengembangan iptek dan perkembangan masyarakat.

3. 4.

TUJUAN UNISSULA 1. Terselenggaranya proses rekonstruksi dan pengembangan iptek atas dasar nilai nilai Islam secara konsisten dan berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

2

2.

Terbentuknya jamaah pendidik pejuang muslim yang bertaqwa dan tafaqquh fiddin , dengan kecendekiawanan dan kepakaran dengan kualitas tertinggi dalam kesetaraan universal, menguasai nilainilai dasar Islam dan Islam untuk disiplin ilmu, istiqamah dalam melaksanakan tugas kependidikan, berkarya ilmiah dan mengemban tugas - tugas kepemimpinan dan dakwah. Terselenggaranya pendidikan tinggi di berbagai bidang ilmu dan teknologi yang dibutuhkan masyarakat pada jenjang sarjana, magister, spesialis dan doktor yang Islami dan kegiatan pendidikan tinggi yang lainnya yang sejalan dengan kebutuhan menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT. Menghasilkan generasi khaira ummah dan ulama tafaqquh fiddin lulusan strata pendidikan tinggi pada berbagai bidang ilmu yang berakhlak mulia, menguasai iptek dengan standar tertinggi, menguasai bahasa Inggris dan atau bahasa Arab dan teknologi Informasi, siap melaksanakan tugas kepemimpinan dan dakwah. Terwujudnya partisipasi dan peran aktif UNISSULA dalam membangun kesejahteraan masyarakat dan pengembangan peradaban Islam, melalui studi dan penelitian intensif, bermutu dan relevan, menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT. Terselenggaranya silaturrahim yang intensif dengan pusat - pusat pengembangan iptek dan kebudayaan di seluruh dunia. Terselenggaranya silaturrahim yang intensif dengan pusat - pusat pengembangan iptek dan kebudayaan Islam, Islamic Studies dan Islamic Center di seluruh dunia. Terselenggaranya proses evaluasi diri dan penjaminan mutu secara teratur dan berkelanjutan. Terselenggaranya proses yang konsisten penyempurnaan kelembagaan sejalan dengan hasil - hasil rekonstruksi ilmu dan perkembangan iptek , evaluasi diri dan dinamika perkembangan masyarakat.

3.

4.

5.

6. 7.8.

9.

3

3. PIMPINAN UNIVERSITAS DAN FAKULTASPIMPINAN UNIVERSITAS Rektor Wakil Rektor I Wakil Rektor II Wakil Rektor III Wakil Rektor IV : : : : : Prof. DR. H. Laode M. Kamaluddin, M.Sc, M.Eng Drs. Widiyanto, M.Si, Ph.D H. Gunarto, SH, SE Akt, M Hum dr. H. Muktasim Billah, SpS Drs. H. Ali Bowo Tjahjono, M.Pd

PIMPINAN FAKULTAS : Fakultas Kedokteran Dekan Wakil Dekan I Wakil Dekan II Wakil Dekan III Wakil Dekan Khusus Fakultas Teknik Dekan Wakil Dekan I Wakil Dekan II Wakil Dekan III Fakultas Hukum Dekan Wakil Dekan I Wakil Dekan II Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi

: : : : : : : : : : : : :

Dr. dr. H. Taufiq R.Nasihun, M.Kes, Sp.And dr. H. Iwang Yusuf, M.Si Dra.Eny Widayati,M.Si dr. Hj. Pujiati Abbas, SpA dr. Nur Anna Chalimah Saadah, SpPD Ir. H. Kartono Wibowo, MM Dr. Ir. Antonius, MT Hj. Hermin Poedjiastuti, S.Si, M.Si Ir. Rachmat Mudiyono,MT,Ph.D Dr. H. Mustaqhfirin, SH, M.Hum H. Jawade Hafidz, SH,MH Maryanto,SH, MH Munsyarif Abdul Chalim, SH, MH

4

Dekan Wakil Dekan I Wakil Dekan II Wakil Dekan III Fakultas Agama Islam Dekan Wakil Dekan I Wakil Dekan II Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Industri Dekan Wakil Dekan I Wakil Dekan II Wakil Dekan III Fakultas Psikologi Dekan Sekretaris Dekan Fakultas Bahasa Dekan Sekretaris Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Dekan Wakil Dekan I Wakil Dekan II Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Gigi Dekan Wakil Dekan I

: : : : : : : : : : : :

Dr. Hj. Indri Kartika, Akt, M.Si Sri Hartono, SE, M.Si Dr..Hj. Nunung Ghoniyah, MM Dr.H. Ashari, SE, MM Dr. Ghofar Shidiq, M. Ag Sarjuni, S.Ag, M.Hum Dra. Ita Rosita Zahara Jamila, M.Ag Drs. H. Mustopa Halmar, M. Ag Ir. H. Sukarno Budi utomo, MT Ir. Eka Nuryanto Budisusilo, ST,MT Novi Marliana,ST, MT. Busthanul Arifin, ST, MT

: Dr. H. Amir Asyikin Hasibuan, M.Psi : Ruseno Arjanggi, S.Psi, Psi, MA : Prof. H. Retmono, MA, PhD : Hartono, SS, M.Pd : : : : Iwan Ardian, SKM Retno Setyawati, S.Kep, Ns. M.Kep Drs. H. Israhnanto Isradji, M.Si Emi Sutrisminah, SiT

-

-

-

: Drg. Hj. Siti Chumaeroh, MS : Drg. Djoko Priyanto, Sp.Orth MARS

5

Wakil Dekan II Wakil Dekan III

: Drg. Rahmawati Sri Praptiningsih : Drg. H. Benni Benyamin

Dekan Sekretaris -

Fakultas Ilmu Komunikasi : Dra. Hj. Evi Sofie Moeis Ibrahim : Dedi Rusdi, SE, Akt, M.Si : Prof. Ir. H. Pratikso, MST, Ph.D : Ir. H. Soedarsono, M.Si Dr. H. Djauhari, SH, M.Hum Lathifah Hanim, SH, M.Hum, M.Kn Anis Mashdurohatun, SH, M.Hum H.M.Mawardi Muzammil,SH,SE,MM,SpN :

Program Magister Teknik Sipil Ketua Sekretaris Program

-

Program Magister Ilmu Hukum Ketua : Sekretaris Program Bid.Akademik : Sekretaris Program Bid.Adm-Keuangan : Sekretaris Program Bid.Promosi & Kersa : Program Magister Manajemen Ketua Sekretaris Program

-

: Dr. Mutamimah, SE, M.Si : Dr. Heru Sulistyo, SE, M.Si :

-

Program Magister Teknik Elektro Ketua : Dr. Ir. Suhartono, M.Eng Sekretaris Program : Gunawan, ST, MT Program Magister Pendidikan Islam Ketua Wakil Ketua I Bidang Akademik Wakil Ketua II Bidang Administras dan Keuangan : Prof. Dr.H. Abdul Choliq Dahlan, M.Ag : Drs. Ahmad Rohani, MPd : Sarjuni, S.Ag, M.Hum

*

6

FAKULTAS DAN PROGRAM STUDINo. 1. 2. FAKULTAS Kedokteran Teknik JURUSAN / PROGRAM STUDI JENJANG KETERANGAN Terakreditasi BAN-PT peringkat A Terakreditasi BAN-PT peringkat A Terakreditasi BAN-PT peringkat B SK.Dirjen Dikti No.2883/D/T/K-VI/2009 Terakreditasi BAN-PT peringkat A Terakreditasi BAN-PT peringkat A Pendidikan Dokter dan Program Profesi S1 & PPD Dokter Teknik Sipil Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) Teknik Lingkungan 3. 4. Hukum Ekonomi Ilmu Hukum Manajemen S1 S1 S1 S1 S1

Akuntansi Manajemen Akuntansi 5.Agama Islam Syariah ( Al- Ahwal Asy- Syakhsiyah ) Tarbiyah ( Pendidikan Agama Islam ) Sejarah Peradaban Islam 6. Teknologi Industri Teknik Elektro Teknik Industri

S1 D3 D3S1 S1 S1 S1 S1

Terakreditasi BAN-PT peringkat A SK.Dirjen Dikti No. 4146/D/T/2008 SK.Dirjen Dikti No. 2219/D/T/2008Terakreditasi BAN-PT peringkat B Terakreditasi BAN-PT peringkat A SK Direktur Jendral Pendidikan Islam No : Dj. I / 614 / 2009 Terakreditasi BAN-PT peringkat B Terakreditasi BAN-PT peringkat B

7

Teknik Informatika Teknik Komputer 7. 8. Psikologi Ilmu Keperawatan Psikologi Ilmu Keperawatan Keperawatan Kebidanan 9. 10. 11. 12. 13. Bahasa Ilmu Komunikasi Kedokteran Gigi Farmasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Pasca Sarjana Sastra Inggris Pendidikan Bahasa Inggris Ilmu Komunikasi Pendidikan Dokter Gigi Ilmu Farmasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan Matematika Pendidikan Fisika 14. Magister Teknik Sipil Magister Ilmu Hukum Magister Manajemen Magister Teknik Elektro Magister Pendidikan Islam

S1 D3 S1 S1 D3 D3 S1 S1 S1 S1 & PPD S1 S1 S1 S1 S2 S2 S2 S2 S2

Terakreditasi BAN-PT peringkat C SK.Dirjen Dikti No. 4145/D/T/2008 Terakreditasi BAN-PT peringkat B Terakreditasi BAN-PT peringkat C - SK MENKES RI NO. : HK.00.06.1.1.548.38 - SK DIKNAS NO. : 1312/D/T/K-VI/2010 - Terakreditasi Dinkes Peringkat A Terakreditasi BAN-PT peringkat B SK.Dirjen Dikti No. 3216/D/T/K-VI/2009 SK Dirjen Dikti No. 2884/D/T/K-VI/2009 SK Dirjen Dikti No. 906/D/T/2008 SK Dirjen Dikti No. 1637/D/T/2008 Dalam proses perijinan Dalam proses perijinan Dalam proses perijinan Dalam proses perijinan Terakreditasi BAN-PT peringkat C Terakreditasi BAN-PT peringkat B Terakreditasi BAN-PT peringkat B SK Dirjen Dikti No. 1637/D/T/2008 Sk Dirjen Dikti No. Dj.I/805/2010

8

Keterangan :

Fakultas Teknik, Fakultas Hukum dan Ekonomi memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja dengan Kelas Eksekutif Fakultas Hukum dan Fakultas Agama Islam membuka Program Lintas Jalur ( S.H dan S.HI. )

BIAYA PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2011 / 2012I. Dana Rutin Dan Pengembangan ( DRP )NO. 1. 2. FAKULTAS Kedokteran Teknik JURUSAN / PROGRAM STUDI Pendidikan Dokter Teknik Sipil Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota ( Planologi ) Teknik Lingkungan 3. 4. Hukum Ekonomi Ilmu Hukum Manajemen Akuntansi Manajemen Akuntansi 5. Agama Islam Syariah ( Al- Ahwal Asy- Syakhsiyah ) (S1/PPD) (S1) (S1) (S1) (S1) (S1) (S1) (D3) (D3) (S1) Rp Rp KETERANGAN (*) 6.000.000,4.000.000,-

Rp 1.500.000,Rp 2.500.000,Rp 7.500.000,Rp 7.500.000,Rp 3.000.000,Rp 3.000.000,Rp 1.000.000,-

9

Tarbiyah ( Pendidikan Agama Islam ) Sejarah Peradaban Islam 6. Teknologi Industri Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Informatika Teknik Komputer 7. 8. Psikologi Ilmu Keperawatan Psikologi Ilmu Keperawatan Akper Kebidanan 9. 10. 11. 12. 13. Bahasa Ilmu Komunikasi Kedokteran Gigi Farmasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sastra Inggris Pendidikan Bahasa Inggris Ilmu Komunikasi Pendidikan Dokter Gigi Ilmu Farmasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan Matematika Pendidikan Fisika

(S1) (S1) (S1) (S1) (S1) (D3) (S1) (S1) (D3) (D3) (S1) (S1) (S1) (S1/PPD) (S1) (S1) (S1) (S1)

Rp 1.000.000,Rp 1.000.000,Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 5.500.000,5.500.000,5.500.000,2.500.000,4.000.000,6.500.000,5.500.000,-

Rp 17.000.000,Rp. 2.000.000,Rp. 4.000.000,Rp. 3.000.000,( ** ) ( *** ) Masih dalam proses perhitungan Rp. 2.000.000,Rp. 2.000.000, Rp. 2.000.000,

10

KETERANGAN : DANA RUTIN DAN PENGEMBANGAN ( DRP ) FAKULTAS KEDOKTERAN (*) - DRP FK Program PSB : Rp. 80 Juta

(**)

DRP Jalur test ditentukan berdasarkan hasil Ujian Masuk. Syarat Jalur khusus sebagai berikut : Fakultas Kedokteran ( FK ) a. Mengisi blangko kesediaan DRP minimal sebesar untuk FK : Rp. 175 Juta b. Nilai mata pelajaran Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris pada raport kelas III (XII) Semester I / II atau nilai ijazah SMA / MA* rata rata minimal 8,0 Fakultas Kedokteran Gigi ( FKG ) a. Mengisi blangko kesediaan DRP minimal sebesar Untuk FKG : Rp. 130 Juta b. Nilai mata pelajaran Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris pada raport kelas III (XII) Semester I / II atau nilai ijazah SMA / MA* rata rata minimal 7,5 - Calon Mahasiswa FK & FKG wajib dari jurusan IPA, tidak menerima jurusan IPS/Bahasa dan SMK - Calon mahasiswa FK /FKG yang lulus test ujian masuk dan hafidz Al Quran tidak dikenakan DRP (dengan kursi 1 orang)

-

DRP FK Jalur Test DRP FK Jalur Khusus minimal DRP FKG Program PSB DRP FKG Jalur Test DRP FKG Jalur Khusus minimal

: Rp. 150 Juta : Rp. 175 Juta : Rp. 70 Juta : Rp. 100 Juta : Rp. 130 Juta

DRP Jalur test ditentukan berdasarkan hasil Ujian Masuk.

Dana Rutin Pengembangan (DRP) dikenakan satu kali selama menjadi mahasiswa pada satu Program Studi di UNISSULA. - Pembayaran DRP untuk FK , FKG dan FIK dapat diangsur selama 1 ( satu ) tahun, dengan ketentuan minimal 25% dibayar pada saat registrasi. Sisanya sebesar 75% diangsur : 50% dibayar sebelum Ujian mid semester I ( pertama ) 15% dibayar sebelum Ujian akhir semester I ( pertama )

11

-

5% dibayar sebelum Ujian mid semester II ( dua ) 5% dibayar sebelum Ujian akhir semester II ( dua ) Pembayaran DRP untuk FT, FH, FE, FAI, FTI, F. PSI, F. BAHASA, FIKOM, F Farmasi, FKIP dapat diangsur selama 1 ( satu ) tahun sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UNISSULA

12

13

14

II. III. IV.

UANG PANGKAL PAKET TA ARUF RINCIAN BIAYA FIX COST dan SKS 1. Fakultas Kedokteran Fix Cost Biaya per sks 2. Fakultas Ilmu Keparawatan : - Ilmu Keperawatan (S1) Fix Cost Biaya per sks - Akper ( D3) Fix Cost Biaya Paket - Kebidanan (D3) Fix Cost Biaya Paket 3. Fakultas Kedokteran Gigi Fix Cost Biaya per sks

Rp 600.000,Rp. 400.000,-

Uang Pangkal dikenakan satu kali selama menjadi mahasiswa pada satu Program Studi di UNISSULA Hanya dikenakan 1 (satu) kali selama Studi di UNISSULA, dibayar waktu registrasi semester I

Rp. 1.250.000 Rp. 400.000,-

Rp. 1.000.000 Rp. 150.000 Rp. 750.000 Rp. 2.750.000

Dikenakan tiap semester, dibayar waktu registrasi

Rp. 1.000.000 Rp. 3.250.000

Rp. 1.250.000 Rp. 400.000

METODE PEMBAYARAN MAHASISWA BARU FT, FH, FE, FAI ,FTI, F.PSI, F. BAHASA, FIKOM F. FARMASI, FKIP FAKULTAS/PRODI 4. FAKULTAS TEKNIK - Teknik Sipil (S1) - Planologi (S1) - Teknik Lingkungan (S1) REGISTRASI BIAYA PER BULAN th I Rp. 1.128.000 Rp. 878.000 Rp. 660.000 BIAYA PER BULAN TAHUN II, III, IV s/d LULUS Rp. 628.000 Rp. 543.000 Rp. 535.000

Rp. 2.128.000 Rp. 1.878.000 Rp. 1.660.000

15

VII.

BIAYA PRAKTIKUM PER SKS 1. 2. KEDOKTERAN : Pendidikan dokter TEKNIK : T. SIPIL T. PLANOLOGI 3. 4. 5. T. LINGKUNGAN HUKUM EKONOMI TEKNOLOGI INDUSTRI : T. ELEKTRO T. INDUSTRI T. INFORMATIKA T. KOMPUTER PSIKOLOGI KEPERAWATAN : - Praktikum - Praktikum Klinik KEBIDANAN 8. 9. 10. BAHASA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI : - Pendidikan dokter Gigi : - Praktikum Klinik (S1) (S1) (S1) (S1) (S1) (S1)/(D3) (S1) (S1) (S1) (D3) (S1) (S1) ( D3 ) ( D3 ) (S1) (S1) (S1)/ PPD Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. R p. Rp. Rp. Rp. 425.000 150.000 125.000 125.000 100.000 95.000 125.000 125.000 125.000 125.000 150.000 225.000 Minimal 525.000 Minimal 550.000 200.000 100.000 375.000

Dibayar sesuai dengan jumlah sks praktikum yang diambil di tiap semester

6. 7.

PENYESUAIN BIAYA SPP

16

1. 2.

SPP FKU, FIK, FKG mulai semester II ( dua ) dan seterusnya, minimal dibayar 10 sks pada saat registrasi dan sisanya harus sudah lunas sebelum ujian akhir semester. Kekurangan DRP dan Biaya SPP FT, FH, FE, FAI ,FTI, F.PSI, F. BAHASA, FIKOM, F Farmasi, FKIP di bayar setiap bulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UNISSULA.

KERINGANAN DRPBagi Alumni / Lulusan SMU Sultan Agung mendapat keringanan DRP sesuai dengan Surat Keputusan YBW-SA. Sebesar 50 % dari DRP, kecuali FKU, FIK, FKG dengan langsung dipotong pada saat pembayaran Regestrasi.

PENDAFTARAN DAN UJIAN SELEKSI MASUK4.1. Pendaftaran :No. 1. Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Pendaftaran Tahap I Tahap II 2 Mei 20 Agustus 2011 3 Januari 30 April 2011

*

2.

Teknik, Hukum, Ekonomi, Agama Islam, Teknologi Industri, Psikologi, Ilmu Keperawatan , Bahasa, Ilmu, Komunikasi, Farmasi & FKIP

3 Januari 30 April 2011

2 Mei 20 Agustus 2011

17

* Pendaftaran sewaktu waktu dapat ditutup apabila sudah terpenuhi Kapasitas. 1. Tempat : Kampus UNISSULA Jl. Raya Kaligawe Km. 4PO.BOX.1054/SM Semarang 50112 Phone: 024-6583584 (8 saluran) Fax. (024) 6582455 Homepage http://www.unissula.ac.id, e-mail : [email protected] : Hari Senin s/d Jumat : pukul 08.00 15.00 WIB Hari Sabtu : pukul 08.00 12.00 WIB : Homepage http://www.unissula.ac.id

Waktu

2.

On line melalui

Calon mahasiswa harus datang sendiri untuk mendaftar dengan memenuhi syaratsyarat sebagai berikut : a. Persyaratan Umum :

1)

- Membayar uang Pendaftaran sebesar Rp 200.000,- ( kecuali Fakultas Kedokteran & Fakultas Kedokteran Gigi Rp 300.000,- ) untuk 1 (satu) atau 2 (dua) Pilihan. Pembayaran melalui : Bank Jateng Cabang Pembantu UNISSULA dengan Rekening Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung No.1.052.0000.00 di Kampus UNISSULA. Kantorkantor Cabang Bank Jateng di seluruh Jateng atau bankbank lain untuk transfer ke Bank Jateng Cabang Pembantu UNISSULA dengan nomor Rekening di atas. Bank BNI Syariah Cabang UNISSULA dengan Rekening Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung No. 0114871072 di Kampus UNISSULA

-

Bank Mandiri Syariah Cabang UNISSULA ( Fak. Farmasi dan FKIP )

Membayar Biaya Test Psikiologi Bagi yang diterima di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi sebesar Rp 400.000,- dibayarkan sewaktu pelaksanaan Psikotest kepada panitia Keterangan Lulus yang

2) Menyerahkan : Foto copy ijasah / STTB SMA/SMK dan STK / Nilai UAN yang dilegalisir atau Surat telah dilegalisir. 3) Menyerahkan pas foto 4 lembar ukuran 2 x 3

18

4) b. 1)

Menyerahkan Formulir pendaftaran yang telah diisi.

Persyaratan Khusus : Panitia dapat menetapkan persyaratan khusus bagi calon mahasiswa mengenai : a. Tahun kelulusan SLTA b. Asal jenis sekolah, dsb c. Yang dapat mendaftar di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi adalah dari SMA/MA (bukan SMK) jurusan IPA tahun LULUS 2007/2008 dan sesudahnya. 2) Mahasiswa / Calon mahasiswa Fakultas Kedokteran,Teknik Elektro,Psikologi, Ilmu Keperawatan, Kebidanan dan tidak boleh buta warna. Apabila dikemudian hari ternyata terbukti buta warna , maka kelulusan dibatalkan.

4.2.

Pelaksanaan Ujian Seleksi Masuk :Bagi calon mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan diberikan TANDA PESERTA UJIAN SELEKSI MASUK yang harus dibawa pada saat mengikuti Ujian Seleksi Masuk.No. Fakultas Pengumuman Tahap I Tahap II

1.

Kedokteran dan Kedokteran Gigi

3 Januari 30 April 2011 ( One day servis)

2 Mei 20 Agustus 2011 ( One day servis)

19

2.

Teknik, Hukum, Ekonomi, Agama Islam, Teknologi Industri, Psikologi, Keperawatan,Bahasa, Ilmu Komunikasi,Farmasi, & FKIP

3 Januari 30 April 2011 ( One day servis)

2 Mei 20 Agustus 2011 ( One day servis)

Tempat Pukul

: Kampus UNISSULA Jl. Raya Kaligawe Km.4 PO.Box.1054 / SM PO BOX 1054/SM Telp.6583584 (8 saluran) Semarang 50112 : 08.30 WIB selesai

4.3.

Mata Uji Seleksi Masuk : a.No. 1. Semua Peserta

Ilmu Pengetahuan UmumPeserta Mata Ujian PPkn + Pengetahuan Agama Islam, Bahasa Inggris

b. No. 1. 2. 3. 4.

Ilmu Pengetahuan Khusus ( IPK ) untuk pilihan Pertama Peserta Kedokteran Teknik Hukum Ekonomi Mata Ujian Kimia, Fisika, & Biologi Matematika & Fisika PPkn dan IPS Matematika, IPS/Ekonomi/Akuntansi

20

Agama Islam :

5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13 Psikologi Keperawatan Keperawatan Kebidanan Sastra Inggris Ilmu Komunikasi Kedokteran Gigi Farmasi

Al-AhwalAsy-Syakhshiyah ( Syariah ) Pedidikan Agama Islam ( Tarbiyah ) Sejarah Peradaban Islam

Hukum Islam, Bahasa Arab dan Peng. Agama Islam

Teknologi Industri ( S1 ) ( D3 ) ( D3 )

Matematika, & Fisika Bahasa Inggris, Matematika IPA & Bahasa Inggris Sesuai Jadwal dari Dinkes Sesuai Jadwal dari Dinkes Bahasa Inggris Bahasa Inggris & Matematika Kimia, Fisika, & Biologi Matematika & Fisika PPkn dan IPS

Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan

4.4.

Pengumuman Hasil Ujian Seleksi Masuk :No. Fakultas Pengumuman Gelombang I Gelombang II

1.

Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi

Satu Jam setelah selesai mengikuti TES

Satu Jam setelah selesai mengikuti TES

21

2.

Teknik, Hukum, Ekonomi, Agama Islam, Teknologi Industri, Psikologi, Keperawatan, Sastra Inggris & Ilmu Komunikasi, Farmasi, FKIP

Satu Jam setelah selesai mengikuti TES

Satu Jam setelah selesai mengikuti TES

Tempat

: Kampus UNISSULA Jl. Raya Kaligawe Km.4 PO.Box.1054 / SM Telp.6583584 (8 saluran) Semarang 50112

4.5.

Petunjuk Cara Mengerjakan Ujian Seleksi Masuk Mahasiswa Baru Unissula Tahun Akademik 2011/2012 a. 1. Petunjuk Umum Berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal 2. Sebelum mengerjakan ujian, telitilah terlebih dahulu jumlah soal di monitor komputer saudara, jumlah soal IPU sebanyak 60 dengan waktu 60 menit.

3.4.

Soal IPK adalah 60 soal dengan waktu 60 menit dan khusus untuk Fak. Kedokteran 60 soal dengan waktu 60 menit, dengan ketentuan jika jawaban benar akan dikalikan 4 dan jika salah dikurangi 1. Pikirkanlah sebaik-baiknya sebelum menjawab tiap soal.

5. 6.

Jawablah lebih dahulu soal-soal yang menurut saudara mudah, kemudian lanjutkan dengan menjawab soal-soal yang lebih sukar sehingga semua soal terjawab. Pilihlah jawaban saudara pada pilihan jawaban yang telah disediakan di monitor dengan cara meng-klik jawaban yang anda anggap benar. 22

7.

Untuk keperluan coret-mencoret harap pergunakan kertas yang disediakan petugas.

8. Selama ujian saudara tidak diperkenankan bertanya atau minta penjelasan mengenai soal-soal yang diujikan kepada siapa pun, termasuk pengawas ujian. 9. Isilah semua jawaban terlebih dahulu sebelum anda meng-klik tombol kirim, jika terlanjur di-klik maka ujian anda dianggap selesai dan telah tersimpan.

10.11.

Waktu akan habis secara otomatis apabila anda mengerjakan soal melebihi batas waktu ujian, program akan menutup secara otomatis dan ujian dianggap selesai. Demikian petunjuk soal ujian semoga anda berhasil

b. 1.

Petunjuk Khusus Tulislah alamat URL untuk SPMB UNISSULA 2011 pada Address Internet Explorer dengan http://spmb

2.

Setelah muncul halaman utama, isilah menu login dengan

a. Nomor TEST

: >

23

b. c.

Password : > Login sebagai : >

Klik tombol kirim, tunggu dan masuk ke halaman petunjuk pengerjaan soal ujian masuk SPMB 3.

4.Umum

Baca dengan seksama perintah yang ada dalam petunjuk Klik tombol Test IPU (bagian bawah) untuk memulai mengerjakan soal Pengetahuan Jika sudah menyelesaikan soal IPU, Klik tombol Kirim untuk selanjutnya memulai soal

5.ujian IPK

6.

Soal IPK akan dimunculkan jika meng-klik tombol Test IPK dengan ketentuan sudah menyelesaikan dan mengirim soal IPU 7. Pilihlah (klik) salah satu jawaban yang dianggap betul, jika terjadi kesalahan koreksilah dengan memilih (klik) jawaban lain yang dianggap betul 8. Jawaban dianggap sudah terkirim (tersimpan) jika muncul pesan Jawaban sudah terkirim 4.6. Lain Lain 1. Uang pendaftaran dapat dibayar melalui Bank Jateng Cabang Pembantu UNISSULA Rek. YBW-SA No.1.052.0000.00 di Kampus UNISSULA atau setiap cabang Bank Jateng di seluruh Jawa Tengah dengan menyebutkan rekening YBW-SA di Bank Jateng Cabang Pembantu UNISSULA No.1.052.0000.00. Untuk Fakultas : Kedokteran, Teknik, Hukum, Agama Islam, dan Psikologi dan Bank BNI Syariah Cabang Pembantu UNISSULA dengan Rekening YBW-SA No. 0114871072 di Kampus UNISSULA.Untuk Fakultas : Ekonomi S1 & D3, Teknologi Industri, Bahasa, Ilmu Keperawatan, Ilmu Komunikasi dan Kedokteran Gigi

24

2. 3.

Asrama Mahasiswa : Tahun Akademik 2011 / 2012 menerima mahasiswa baru / lama selama persediaan tempat masih ada. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh pada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNISSULA Tahun Akademik 2011 / 2012 di Kampus Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 PO. Box. 1054 / SM Semarang pada setiap jam kerja. Informasi lebih lanjut pada bagian pendaftaran. Jadwal Pendaftaran Program Pasca Sarjana diatur tersendiri.

REGISTRASI DAN TAARUF5.1. Registrasi Bagi Calon Mahasiswa yang dinyatakan lulus, segera melaksanakan daftar ulang / registrasi sesuai tanggal pengumuman Hasil Ujian Seleksi Masuk dan mengikuti taaruf. Apabila tidak registrasi pada waktu yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.

BATAS WAKTU REGISTRASI SESUAI PENGUMUMAN HASIL TES DITERIMA

YANG TERCANTUM DALAM SEBAGAI MAHASISWA BARU

1. Persyaratan : Untuk registrasi harus melengkapi syarat - syarat sebagai berikut : a. Surat Keterangan Kesehatan Badan dari Rumah Sakit Islam Sultan Agung ( RSISA ). Besarnya biaya ditentukan oleh RSISA. ( untuk FK, FKG, FIK, F.PSI, FTI )

b.c.

Tanda bukti setor Biaya Pendidikan di UNISSULA ke Bank Jateng Cabang Pembantu UNISSULA atau Bank BNI Syariah di kampus UNISSULA. Fotocopy Ijasah STTB SMU/SMK/MA sejumlah 2 (dua) lembar yang telah dilegalisir.

25

d. e.

Pas foto ukuran 4 x 6 warna sebanyak 2 (dua) lembar Pas foto ukuran 2 x 3 warna sebanyak 7 (tujuh) lembar.

f.2.

Mengisi Biodata yang telah disediakan ( forrmulir di loket BAK / Pelayanan administrasi lantai I Biro Rektor ). Prosedur Registrasi Mahasiswa Baru : sesuai Fakultas masing masing di lantai satu gedung Biro Rektor UNISSULA.

a. Calon mahasiswa mengambil berkas / Formulir Registrasi pada loket BAK (Pelayanan Administrasi) b. Membayar Biaya Pendidikan ke Bank Jateng, khusus untuk Fakultas Ekonomi S1,D3, Fakultas IlmuKeparawatan (S1,D3 & Kebidanan ), Fakultas Bahasa, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Ilmu Komunikasi di Bank BNI Syariah dan * Bank Mandiri Syariah cabang UNISSULA untuk Fakultas : Farmasi dan FKIP Biaya Pendidikan yang harus dibayar meliputi : Dana Rutin Dan Pengembangan ( DRP ) yang telah ditentukan minimal (25 %) Uang Pangkal ( 100% ) Biaya Tetap / Fixed Cost semester I ( 100% ) SPP ( 100% ) Paket Taaruf ( 100% ) Biaya Mata Kuliah IT-Literacy ( 100% ) Biaya Kemahasiswaan (100%)

c. Calon mahasiswa menyerahkan berkas yang sudah diisi dan bukti pembayaran Biaya Pendidikan diloket BAK ( Pelayanan Administrasi ) sesuai dengan Fakultas masing masing.

d. Calon mahasiswa memperoleh Kartu Tanda Mahasiswa Sementara (KTMS) sebagai bukti telahregistrasi.

26

5.2. 5.3.

Pelaksanaan Taaruf : Jadwal menyusul Ketentuan Pengembalian Biaya Pendidikan Bagi yang Mengundurkan Diri ( Peserta Ujian Seleksi Masuk Gel. I & II ) Calon mahasiswa baru yang telah melakukan daftar ulang / registrasi dan kemudian mengundurkan diri, dapat dilayani dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Syarat syarat dan prosedur :

a. Diterima di Perguruan Tinggi Negeri ( SPMB-PTN ),b.Membuat surat permohonan pengunduran diri, diajukan secara tertulis ditandatangani oleh Mahasiswa yang bersangkutan dan diketahui oleh orang tua / walinya, ditujukan kepada Rektor UNISSULA disertai alasan pengunduran diri serta dilampiri : Fotocopy bukti pembayaran registrasi dari Bank Fotocopy Kartu Peserta Tes / Ujian Seleksi Masuk di UNISSULA Bukti diterima di Perguruan Tinggi Negeri ( SPMB-PTN ) Diajukan selambat lambatnya 10 ( sepuluh ) hari setelah pengumuman hasil SPMB ( Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ) Perguruan Tinggi Negeri dan batas akhir pengunduran diri 31 Agustus 2011, selewat pada tanggal tersebut tidak dilayani.

2.

Dana yang dapat dikembalikan antara lain : a.Uang SPP Semester I

27

b.Dana Rutin Dan Pengembangan yang telah dibayar c.Biaya tetap semester I ( Fixed Cost ) d.Uang Pangkal e.Biaya Taaruf / Orientasi Ke Unissulaan f. Biaya Kemahasiswaan g.Biaya Matakuliah IT Literacy Masing masing dipotong 10% dari yang telah dibayarkan.

3.

Prosedur Penerimaan uang pengembalian a.Dilaksanakan setelah 1 ( satu ) bulan sejak permohonan diajukan. b.Saat pengambilan uang disyaratkan membawa slip asli dari Bank

4.

Menyimpang dari ketentuan tersebut di atas tidak dilayani.

28

F.01

F MU IRP NDAF AR OR L E T ANNo. Pendaftaran :

0 3 - 0 0 2 3

(Diisi P etugas)

01. DATA CALON MAHASISWA a. Nama b. Jenis kelamin c. Tempat Lahir d. Agama e. Gol. Darah f. Alamat Tinggal :

ABDU L

ROZ A KWanita

: Laki-laki :

K E B U ME NKatholik B Protestan AB Hindu O

Tgl Lahir : 0 4 / 1 0 Budha

/

: Islam : A :

CONTOH PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG 8 9 TAHUN AKADEMIK 2011 / 2012

J L

C E ND R A WA S I H 0 2 / X I IKota/Kab :

9 8

PANJ ER

: Rt/Rw : g. No. Telepon h. Email

K E B U ME N

: 0 2 8 7 - 3 3 8 2 3 4 2 :

02. PILIHAN FAKULTAS / JURUSAN0 Ke okt ra / Pe d ika D kt r (S1 1 d e n n id n o e /PPD ) 1 Ke okt ra Gig / Pe d ika D kt r Gig (S1 1 d e n i n id n o e i /PPD ) 0 Te ik / Sip (S1 2 kn il ) 1 Te ik / Plan g (S1 2 kn olo i ) 2 Te ik / Lin ku g (S1 2 kn g n an ) 0 H ku / Ilm H ku (S1 3 u m u u m ) 0 Eko om / Ma aje e (S1 4 n i n mn ) 1 Eko om / Aku t si (S1 4 n i nan ) 0 5 1 5 0 6 1 6 2 6 0 7 0 8 1 0 Ag a Islam/ Sya h (S1 am ria ) Ag a Islam/ Tarb am iyah (S1 ) Te olo i In u ri / Te ik Ele ro (S1 kn g d st kn kt ) Te olo i In u ri / Te ik In u ri (S1 kn g d st kn d st ) Te olo i In u ri/Te ik Ino aika (S1 kn g d st kn f rm t ) Psikolog / Um m(S1 i u ) Sa ra In g (S1 st g ris ) Ilm Ko u ika u m n si 1 8 0 9 9 9 8 9 8 6 8 4 9 4 Pe d ika B a In g (S1 n id n ah sa g ris ) Ke e waa / Ilm Ke e p ra t n u p rawaan (S1 t ) Ke e waa / Ke id n n (D ) p ra t n b aa 3 Ke e waa / Ilm Ke e p ra t n u p rawaan (D ) t 3 Te o g In u ri / Te ik Ko p t r (D ) kn lo i d st kn m ue 3 Eko o i / M aje e (D ) n m an m n 3 Eko o i / Aku t n (D ) nm na si 3

a. Pilihan I Pilihan IIb. Informasi tentang

: 0 3 Pagi/Sore : : 0 4 Pagi/Sore Surat Kabar Radio Televisi Sekolah Brosur Teman Internet

29

UNISSULA dari

Keluarga

03. ORANG TUA / WALI YANG DAPAT DIHUBUNGI a. Nama b. Alamat : M A S P A R S A D I : J L : Rt/Rw : c. No.Telephon d. Pekerjaan 04. ASAL SLTA a. Nama b. Jenis c. Alamat d. STTB / STK e. UAN / NEM : S MU : Negeri ::

C E N D R A W A S I H

9 8

P A N J E R

0 2

/ X I I

Kota/Kab :

K E B U ME N

0 2 8 7 - 3 3 8 2 3 4 2PNS Wirausaha TNI Polri Pensiunan Swasta

NE G E RISw asta

2

K E B UME N :IPA IPS Kejuruan

Jurusan

: K E B U ME N : Jumlah Mata Pelajaran : : Jumlah Mata Pelajaran : 7 3 Jumlah Nilai : 4 4, 3 Jumlah Nilai : 2 3 , 4Dengan ini saya menyatakan bahwa data yang diisikan dalam formulir ini adalah benar

3x4

Semarang,

03/ 01/2011

30

Pas Photo

( ABDUL ROZAK ) . Tan a Tang / Nam Te g d an a ran