buku panduan krenova tahun 2013

13
BUKU PANDUAN KREATIVITAS DAN INOVASI MASYARAKAT (LOMBA KRENOVA) PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH ( B A P P E D A ) Jl. dr. Soetomo No. 1 Slawi Telp. (0283) 491694 Fax. (0283) 492023, email: [email protected] website : www.bappeda.tegalkab.go.id

Upload: akhmad-solehudin

Post on 12-Jan-2016

12 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

jlhkjhkljh

TRANSCRIPT

Page 1: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

BUKU PANDUAN

KREATIVITAS DAN INOVASI MASYARAKAT (LOMBA KRENOVA)

PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

( B A P P E D A ) Jl. dr. Soetomo No. 1 Slawi Telp. (0283) 491694

Fax. (0283) 492023, email: [email protected] website : www.bappeda.tegalkab.go.id

Page 2: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

1

KATA PENGANTAR

Undang-undang Republik Idonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan kepada Pemerintah Daerah bahwa pelaksanaan pembangunan daerah diarahkan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakatnya serta meningkatkan daya saing daerah. Pemerintah Daerah selaku pengelola pembangunan daerah selalu menetapkan hal tersebut sebagai tujuan yang ingin diwujudkan.

Dalam rangka memotivasi inovasi teknologi dan penerapannya serta membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap manfaat iptek bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam semua segi kehidupan, maka Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tegal akan melaksanakan Kegiatan Pengembangan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat/Krenova).

Buku Panduan Krenova ini menyajikan informasi tentang latar belakang, dasar pelaksanaan kegiatan, maksud dan tujuan, lingkup kegiatan, tata cara pengajuan, proses penilaian dan penghargaan serta jadwal pelaksanaan. Kami mengharapkan Buku Panduan ini dapat dijadikan pedoman dalam pengajuan calon penerima penghargaan Krenova Tahun 2013.

Slawi, Februari 2013

Kepala Bappeda Kabupaten Tegal

Ir. Suharmanto Pembina Utama Muda

NIP. 19600113.198603.1.019

Page 3: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

2

DAFTAR ISI

Halaman Kata Pengantar i Daftar Isi ii A. PENDAHULUAN 1 1. Latar Belakang 1 2. Dasar Pelaksanaan Kegiatan 2 3. Maksud dan Sasaran 3 4. Lingkup Kegiatan 4 B. TATA CARA DAN PROSES PENILAIAN, SERTA

PENGHARGAAN 5

1. Tata Cara Pengajuan 5 2. Proses Penilaian 5 3. Penghargaan 6 4. Batas Waktu 7 5. Lain-lain 7 C PENUTUP 7 LAMPIRAN

Page 4: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

3

A. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah, maka sebagaimana diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tegal Tahun 2009-2014 bahwa Budaya Kreatif Inovatif menjadi salah satu isu strategis yang perlu diwujudkan. Kenyataan menunjukkan bahwa kemajuan dan kesejahteraan suatu negara tidak hanya dipengaruhi oleh kekayaan Sumberdaya Alam, akan tetapi juga ditentukan oleh kapasitas inovasi bangsanya. Untuk itu kampanye memacu pencapaian hasil inovatif perlu dilakukan dengan dibarengi upaya pemberian apresiasi terhadap prestasi keberhasilan. Kreativitas dan kemampuan inovasi masyarakat terus dikembangkan agar menjadi budaya kreasi dan inovasi guna meningkatkan daya saing masyarakat yang ditandai munculnya keunikan lokal sebagai produk unggulan iptek. Hal ini dimaksudkan agar dapat menunjang peningkatan kesejahteraan dan keberdayaan masyarakat dalam menjawab tantangan global.

Kreativitas dan kemampuan inovasi dari masyarakat terbukti telah dapat menghasilkan berbagai produk industri/rekayasa yang cukup potensial, yang sangat berguna bagi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu masyarakat perlu dipacu agar secara nyata dapat lebih kreatif dan inovatif, sehingga bermakna bagi pembangunan ekonomi secara berkelanjutan di tengah terpaan gelombang globalisasi dan perdagangan bebas, regional maupun internasional.

Page 5: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

4

Sebagaimana tahun-tahun lalu, maka Dalam rangka memotivasi kreativitas dan inovasi masyarakat Kabupaten Tegal, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tegal, menyelenggarakan Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Lomba Krenova) Tahun 2013 dengan tema : “ Penguatan Ekonomi Lokal ”

2. Dasar Pelaksanaan Kegiatan

a. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;

b. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;

c. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota;

d. Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 9 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi Inspektorat dan Lembaga Teknis Daerah;

e. Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 17 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tegal Tahun 2009-2014;

f. Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 4 Tahun 2013 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2013;

g. Peraturan Bupati Tegal Nomor 14 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja

Page 6: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

5

Inspektur, Kepala Badan, Direktur, Kepala Kantor, Sekretaris, Inspektur Pembantu, Wakil Direktur, Kepala Bagian, Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian, Kepala Sub Bidang, Kepala Seksi dan Kepala Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Inspektorat, dan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Tegal;

h. Peraturan Daerah Nomor 23 Tahun 2013 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tegal Tahun 2013;

i. Peraturan Bupati Tegal Nomor 56 tahun 2013 tentang Pedoman Penatausahaan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tegal Tahun 2013.

j. Peraturan Bupati Nomor 68 Tahun 2013 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tegal Tahun 2013.

3. Maksud dan Sasaran

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat Kabupaten Tegal baik secara perorangan maupun kelompok yang berkarya dan menghasilkan kreasi dan inovasi bernilai ekonomis.

Adapun sasarannya adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat Kabupaten Tegal agar kreasi dan inovasi yang didasari Iptek menjadi bagian hidup untuk peningkatan daya saing dan kesejahteraan masyarakat.

4. Lingkup Kegiatan

Page 7: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

6

Lomba Krenova dalam kegiatan ini mencakup semua hasil kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh individu atau kelompok masyarakat Kabupaten Tegal di bidang antara lain : 1. Pertanian - Pangan (waralaba makanan ringan) - Perikanan, Kelautan (teknik pemijahan, pendederan,

dan pembesaran) - Peternakan (teknik budidaya, teknik penggemukan) - Teknologi Produksi (kompos) - Pertanian Terpadu (minapadi) - Kehutanan 2. Industri - Energi (Biogas)

- Rekayasa, Manufaktur, Industri/Kerajinan rumah tangga (desain motif batik, furnitur, suku cadang logam)

- Kesehatan, Obat-obatan, Kosmetika (kosmetika herbal)

- Pengembangan TIK (soft ware, desain grafis, aplikasi)

3. Pariwisata - Sosial Budaya (desa wisata,wisata kota/sejarah,

wisata urban legend, wisata setting novel) - Manajemen Transportasi (ojeg argo, becak argo,

delman argo) - Pengobatan Tradisional (wisata herbal, wisata spa)

B. TATA CARA DAN PROSES PENILAIAN SERTA PENGHARGAAN

Page 8: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

7

1. Tata Cara Pengajuan

Pengajuan dilakukan oleh perseorangan maupun kelompok masyarakat Kabupaten Tegal yang dibuktikan dengan KTP atau tanda pengenal lainnya, ditujukan kepada Bupati Tegal c.q. Kepala Bappeda Kabupaten Tegal Jl. dr. Soetomo Nomor 1 Slawi, dengan cara :

a. Mengisi formulir pendaftaran b. Membawa bukti pendukung :

- Bukti produk dan /atau (Produk, Foto, Video, Gambar, dll)

- Deskripsi Produk (Manfaat, Uraian Kreasi dan Inovasi) bisa diisi di lampiran formulir yang tersedia.

c. Surat Pernyataan Keaslian.

2. Proses Penilaian

Penilaian dilaksanakan melalui 2 tahap, yaitu :

a. Verifikasi Karya/produk (penilaian administrasi) oleh Tim Verifikasi ;

b. Sidang Terbuka Penilaian Presentasi Lomba Krenova oleh Tim Juri/Penilai.

Tim Verifikasi terdiri dari unsur : 1. Bappeda Kabupaten Tegal 2. Kelompok Studi IdeA Tim Juri/Penilai terdiri dari unsur : 1. BPPT / Profesional tingkat pusat 2. Balitbang 3. Akademis 4. Bappeda 5. Kelompok Studi IdeA

Page 9: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

8

3. Penilaian meliputi: a. Penilaian Administrasi b. Penilaian Substansi bagi yang masuk dalam nominasi

melalui Sidang Terbuka, dengan Tim Juri/Penilai sebagaimana point 2.b ditambah dari Pakar Teknologi Dari Kementrian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

4. Aspek-aspek penilaian, mencakup: a. Orisinalitas atau pengembangan terbaru b. Kepioniran c. Manfaat d. Keberlangsungan e. Prospek pengembangan.

5. Penghargaan

a. Semua peserta (yang lolos verifikasi) akan menerima sertifikat keikutsertaan Lomba Krenova Tahun 2013 dari Bupati Tegal.

b. Pemenang Lomba Krenova mendapatkan Hadiah berupa Piala, piagam penghargaan dan insentif pembinaan dari Bupati Tegal (total hadiah Rp 50.000.000,00), selanjutnya diusulkan untuk mengikuti Lomba Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2014.

c. Penghargaan tambahan dari para sumberdaya paseduluran (perusahaan sponsor).

3. Batas Waktu

Page 10: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

9

Pendaftaran/Pengajuan dimulai pada tanggal 1 Maret 2013 dan paling lambat hari selasa tanggal 10 September 2013.

4. Lain-lain

a. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan pada Bidang Litbang dan Statistik Bappeda Kabupaten Tegal Jl. dr. Soetomo Nomor 1 Slawi Telepon (0283) 491694 Faksimili (0283) 492023, website : www.bappeda.tegalkab.go.id. email: [email protected], cp: Darmanto, S.Pi, M.Si HP 081542332848

i. Keputusan Tim Penilai tidak dapat diganggu gugat oleh pihak manapun.

5. PENUTUP

Panduan ini disusun sebagai pedoman pengajuan usulan penghargaan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Tahun 2013 melalui Kegiatan Pengembangan Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (Lomba Krenova).

Page 11: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

10

Lampiran JADWAL PELAKSANAAN

NO. KEGIATAN JADWAL

1. Penyiapan dan pencetakan Buku Panduan, Leaflet, Poster, bahan publikasi lainnya Lomba Krenova 2013

1 – 29 Pebruari 2013

2. a.Penyampaian Materi Publikasi Lomba Krenova ke Masyarakat / Pelajar Kabupaten Tegal

b.Sosialisasi/pasang spot Lomba Krenova melalui Radio Pertiwi Slawi , Radar Tegal dan/atau lainnya

a. 1 -31 Maret 2013

b. 1 Maret – 10 September 2013

3.

Pendaftaran Krenova dari masyarakat 1 Maret – 10 September 2013

4. Kompilasi dan seleksi Krenova dari masyarakat

11 September – 24 Oktober 2013

5. Pemberitahuan kepada Peserta Lomba Krenova bagi yang masuk Nominasi

25 – 27 September 2013

6. Camp finalis Lomba Krenova 28 -29 September 2013

7. Sidang Terbuka Presentasi dan Penilaian Pemenang Lomba Krenova oleh Tim Penilai

8 – 9 Oktober 2013

8. Penyerahan Hadiah Peserta Lomba Krenova, Hadiah Pemenang dan Insentif Pembinaan

9 Oktober 2013

9. Penyerahan Piagam Penghargaan Pemenang Lomba Krenova

9 Oktober 2013

10. Studi Banding Finalis Lomba Krenova 2 Nopember 2013

Page 12: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

11

FORMULIR PENDAFTARAN LOMBA KRENOVA TAHUN 2013

Nama : Tempat /tgl.lahir : Alamat/HP : No. KTP : Jenis Produk : Deskripsi Produk : 1. Uraian Kreasi dan Inovasi : 2. Keunggulan Teknologi : 3. Manfaat : 4. Penerapan di masyarakat : 5. Lampiran : a. Surat Pernyataan Keaslian b. Fotokopi Kartu Identitas/Tanda Pengenal

Page 13: Buku Panduan Krenova Tahun 2013

Buku Panduan Lomba Krenova Kabupaten Tegal Tahun 2013

12

SURAT PERNYATAAN Yang bertanda tangan dibawah ini saya : Nama : Tempat /tgl.lahir : Alamat/HP/e-mail : No. KTP : Jenis Produk : Menjamin sepenuhnya usulan karya yang saya daftarkan pada Lomba Krenova tingkat Kabupaten Tegal tahun 2013 merupakan karya orisinil saya dan bukan jiplakan (plagiat) karya orang lain. Apabila dikemudian hari ternyata ada keluhan ataupun pernyataan dari pihak lain mengenai keaslian hasil karya ini, maka hal tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab saya sebagai peneliti/pengembang/inovator. Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya, tanpa paksaan dari pihak manapun. (Nama Kota, Tanggal, Bulan, Tahun) Meterai Rp. 6.000,- (.....nama pengusul...)