buku panduan akademik pps unj 2015

154

Upload: hoanghuong

Post on 19-Dec-2016

314 views

Category:

Documents


36 download

TRANSCRIPT

BAB I PENDAHULUAN

A. SEJARAH PERKEMBANGAN

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) didirikan pada tahun 1978 merupakan Program Pascasarjana terstruktur pertama di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia. Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Program pendidikan yang diselenggarakan meliputi Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3).

Program Magister (S2) yang dibuka pada saat itu adalah program studi Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup dan Pendidikan Kimia. Program Pasca-sarjana IKIP Jakarta mendapat tugas tambahan untuk membina Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) yang diselenggarakan perguruan tinggi lain yaitu Program Studi Pendidikan Sejarah yang diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan Program Studi Pendidikan Teknologi di IKIP Yogyakarta. Demikian juga, ada beberapa program studi yang berada di bawah Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta yang tidak diselenggarakan di IKIP Jakarta, yaitu: Program Studi Administrasi Pendidikan yang diselenggarakan di IKIP Padang dan Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan diselenggarakan di IKIP Yogyakarta.

Mulai tahun 1996 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dan Program Studi Manajemen Pendidikan baik program S2 maupun S3 diselenggarakan di IKIP Jakarta. Sementara program studi di luar IKIP Jakarta yang dibina oleh Program Pascasarjana IKIP Jakarta telah menyelenggarakan perkuliahan secara mandiri. Pada masa itu, IKIP Jakarta juga membuka Program Studi S2 Kelas Awal Sekolah Dasar (SD) dan Pendidikan Pra-Sekolah yang selanjutnya menjadi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.

Kebijakan selanjutnya yaitu pada tahun 1999 pemerintah memberikan perluasan mandat pada IKIP Jakarta dengan berubah nama menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sejak itu, Program Pascasarjana memiliki kewenangan membuka Program Studi non-kependidikan. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat maka pada tahun akademik 2006-2007 dibuka Program studi Linguistik Terapan, Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 1

Manajemen Olahraga, Manajemen Lingkungan, dan Ilmu Manajemen, serta menambah beberapa program studi pendidikan yaitu Program Studi Pendidikan Sejarah, dan Program Studi Pendidikan Dasar (DIKDAS) yang telah mendapatkan mandat.

Berdasarkan sejarah penyelenggaraan program pascasarjana UNJ yang diuraikan di atas, hingga pada saat ini telah memiliki program studi sebagai berikut: 1. Program Magister

(1) Teknologi Pendidikan (2) Pendidikan Bahasa (3) Pendidikan Olahraga (4) Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (5) Manajemen Pendidikan (6) Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (7) Pendidikan Anak Usia Dini (8) Pendidikan Dasar (9) Pendidikan Sejarah (10) Lingusitik Terapan (11) Manajemen Lingkungan (12) Manajemen Olahraga di bawah konsentrasi Pendidikan Olahraga

Program studi Magister (S2) yang bersifat linear dan dibuka di masing-masing Fakultas yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Faklutas Bahasa dan Seni (FBS), Faklultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Pendidikian (FIP), dan Fakultas Teknik (FT).

Program Studi tersebut adalah : (1) Pendidikan Matematika (2) Pendidikan Fisika (3) Pendidikan Kimia (4) Pendidikan Biologi (5) Pendidikan Bahasa Inggris (6) Pendidikan Teknologi Kejurusan (7) Pendidikan Bimbingan Konseling (8) Manajemen

2. Program Doktor

(1) Teknologi Pendidikan (2) Pendidikan Bahasa

2 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

(3) Pendidikan Olahraga (4) Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (5) Manajemen Pendidikan (6) Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (7) Pendidikan Anak Usia Dini di bawah konsentrasi Teknologi

Pendidikan (8) Manajemen Lingkungan di bawah konsentrasi Pendidikan

Kependudukan dan Lingkungan Hidup (9) Ilmu Manajemen (10) Pendidikan Dasar (Mandat) (11) Pendidikan Sejarah (Mandat)

Program Pascasarjana selalu aktif mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, baik pada tataran nasional maupun internasional. Selain itu berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga PPs UNJ terus melakukan pengembangan program studi baru untuk memenuhi tuntutan perkembangan jaman.

B. LANDASAN HUKUM

Penyelenggaraan Pendidikan pada PPs UNJ berlandaskan pada peraturan perundangan yaitu:

1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 Bab VI; tentang Pemerintah Daerah; dan Bab: XIII tentang Pendidikan dan Kebudayaan;

2. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

3. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;

4. Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi;

5. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;

6. Peraturan Pemerintah RI Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen;

7. Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Studi;

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 3

8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;

9. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 212/U/1999 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Doktor;

10. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 234/U/2000 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi;

11. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi;

12. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 129a/U/ 2004 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan;

13. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional, Tahun 2005-2009, menuju Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang 2025;

14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2010 tentang Standar Isi Pendidikan Tinggi.

15. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2010 tentang Standar Dosen Pendidikan Akademis dan Profesional;

16. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 108/DIKTI/Kep/2001 tentang Pedoman Pembukaan Program Studi dan/atau Jurusan Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 234/U/2000 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi.

4 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

C. STRUKTUR ORGANISASI PROGRAM PASCASARJANA UNJ

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 5

BAB II VISI, MISI, NILAI-NILAI AKADEMIK PROGRAM PASCASARJANA DAN

STANDAR PENGELOLAAN

A. VISI

Merujuk pada Visi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang tercantum dalam statuta maka visi Program Pascasarjana dirumuskan sebagai berikut: “menjadi program pascasarjana unggul, terkemuka dan daya saing tinggi di tingkat nasional, regional, dan internasional pada tahun 2020” B. MISI

1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan magister dan doktor yang berorientasi pada keunggulan, kejujuran, integritas, dan kewibawaan akademik yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, profesional, kompetitif dan berakhlak mulia.

2. Mengembangkan kemampuan adaptif, kreatif dan inovatif melalui riset sehingga mampu beradaptasi untuk mengantisipasi perubahan dan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir secara berkelanjutan.

3. Mengembangkan kapasitas kelembagaan program studi yang dapat meningkatkan kualitas kinerja dan keunggulan kompetitif dalam persaingan global.

4. Menyediakan berbagai jenis layanan pendidikan dalam pengembangan keilmuan melalui kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat baik di tingkat nasional, regional, dan internasional.

C. NILAI-NILAI AKADEMIK PROGRAM PASCASARJANA

Nilai-nilai Akademik yang dikembangkan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) dalam melaksanakan kegiatannya Sivitas Akademika wajib menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai sebagai berikut. 1. Ketuhanan. 2. Etika moral, keadilan, kejujuran, kearifan dan pengabdian terbaik.

6 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

3. Keunggulan, kreativitas, inovatif, dinamis serta efisien. 4. Kepeloporan, kemandirian, dan bertanggung jawab. 5. Keterbukaan, manusiawi, berwawasan nasional dan global.

Oleh karena itu nilai-nilai akademik PPs UNJ mencakup keyakinan dan komitmen untuk menerapkan dan mengedepankan:

1. Integritas akademik, yakni kejujuran intelektual dan tanggung jawab terhadap karya akademis yang dikembangkan. Integritas akademik melibatkan komitmen terhadap nilai-nilai kejujuran, kepercayaan, keadilan, rasa hormat, dan tanggung jawab yang dapat diandalkan. Diharapkan mahasiswa akan menghormati nilai-nilai etis dalam semua kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran, penelitian dan pengabdian.

2. Keunggulan, setiap civitas akademik pada PPs UNJ berusaha sekuat tenaga untuk mencapai standar kinerja tertinggi dalam semua aspek dalam melaksanakan tugas. Selalu berusaha untuk melebihi harapan orang yang dilayani, memberi lebih dari yang dijanjikan serasa menetapkan standar yang tinggi pada kerja keras, pengetahuan dan ketertampilan memecahkan masalah.

3. Penghormatan, menghormati hak-hak orang lain dalam rangka mempromosikan lingkungan kampus yang berpikir terbuka. Dosen, mahasiswa, dan staf administrasi diperlakukan dengan rasa hormat dan kesopanan yang tinggi berdasarkan keanekaragaman budaya dan agama serta kewarganegaraan.

4. Layanan, menyadari sebagai organisasi jasa dalam bidang akademik dan pentingnya “hubungan pelanggan (mahasiswa)” untuk memenuhi kebutuhan klien, ketepatan dan kualitas layanan menjadi faktor penting dalam menciptakan budaya yang menghargai layanan yang bernilai dan mendorong saling menghormati. Memproyeksikan sikap ramah dan sopan dalam setiap interaksi pelanggan. Memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Mengatasi hambatan dalam pelayanan kepada mahasiswa. Menanggapi semua permintaan dengan cepat, efektif dan efisien. Mengantisipasi kebutuhan pelanggan, dan menyederhanakan proses layanan.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 7

5. Peningkatan berkelanjutan, melalui evaluasi kebijakan yang terus menerus, semua aspek manajemen, pendidikan, layanan dan aspek non akademik dianalisis secara rutin dan terus menerus sehingga mencapai titik kinerja yang maksimal dan optimal. Hasil evaluasi ini dijadikan dasar penafirsan, penggantian atau penghapusan strategi yang kurang efektif, dalam meningkatkan kepribadian, karakter dan jati diri seluruh sivitas akademika PPs UNJ ( mahasiswa, dosen serta staf administrasi).

D. STANDAR PENGELOLAAN

Standar pengelolaan PPs UNJ mengacu pada struktur organisasi dan tata kelola Universitas Negeri Jakarta. PPs UNJ berkedudukan di bawah universitas dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Dosen PPs UNJ adalah dosen UNJ yang berkualifikasi Profesor dan/atau Doktor dengan jabatan Lektor dan Lektor Kepala dan sesuai dengan bidang keahlian.

Semua program studi di bawah pengelolaan PPs UNJ mengikuti ketentuan sebagai berikut:

1. Pelaksanaan kegiatan akademik diselenggarakan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam buku Panduan PPs UNJ,

2. Ketua Program Studi diangkat oleh Rektor berdasarkan usulan Direktur PPs yang secara struktural bertanggung jawab kepada Direktur PPs

3. Mekanisme pengusulan program studi baru S2 dan S3 adalah sebagai berikut:

a. Usulan program studi baru diusulkan atas pertimbangan kebutuhan dan berdasarkan studi kelayakan.

b. Penyusunan proposal dilakukan oleh Program Studi dan Pengelola PPs

c. Proposal yang telah disetujui dikirim ke senat untuk mendapatkan persetujuan komisi akademik.

d. Proposal yang sudah disusun dipresentasikan dalam rapat pleno PPs dan rapat pimpinan UNJ.

8 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

E. DOSEN

1. PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

NO NAMA STATUS

1 Prof. Dr. Hartati Mukhtar, M.Pd. Dosen Tetap

2 Prof. Dr. Zulfiati, M.Pd. Dosen Tetap

3 Prof. Dr. Bintang Sitepu, M.Pd. Dosen Tetap

4 Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd. Dosen Tetap

5 Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. Dosen Tetap

6 Dr. Rusmono, M.Pd. Dosen Tetap

7 Dr. Moh. Sukarjo, M.Pd. Dosen Tetap

8 Dr. Priyono, M.Pd. Dosen Tetap

9 Dr. Suyitno, M.Pd. Dosen Tetap

10 Dr. Indina Dosen Tetap

11 Dr. Khaerudin Dosen Tetap

12 Prof. Dr. Suriani, M.Pd. Dosen Tidak Tetap

13 Prof. Dr. Atwi Suparman Dosen Tidak Tetap

14 Dr. Hadi Sutopo Dosen Tidak Tetap

2. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA

NO NAMA STATUS

1 Prof. Dr. Emzir, M.Pd. Dosen Tetap

2 Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd. Dosen Tetap

3 Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd Dosen Tetap

4 Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. Dosen Tetap

5 Dr. Asti Purbarini, M.Pd. Dosen Tetap

6 Dr. Zuriyati, M.Pd. Dosen Tetap

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 9

NO NAMA STATUS 7 Dr. Syaifurrahman Dosen Tetap 8 Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd Dosen Tetap

9 Prof. Dr. Sakura Ridwan, M.Pd. Dosen Tidak Tetap 10 Prof. Dr. Achmad HP Dosen Tidak Tetap

11 Prof.Dr. Sabarti Akhadiah Dosen Tidak Tetap

12 Prof. Dr. N. Jenny M.T. Hardjatno Dosen Tidak Tetap

3. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN OLAHRAGA

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd. Dosen Tetap

2 Prof. Dr. James Tangkudung, M.Pd. Dosen Tetap

3 Prof. Dr. Mulyana, M.Pd. Dosen Tetap

4 Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd. Dosen Tetap

5 Dr. Widiastuti, M.Pd Dosen Tetap

6 Dr. Sofyan Hanif, M.Pd. Dosen Tetap

7 Dr. Johansyah Lubis, M.Pd Dosen Tetap

8 Dr. Taufik Rihatno, M.Pd. Dosen Tetap

10 Dr. Abdul Syukur, M.Pd Dosen Tetap

11 Dr. Samsudin, M.Pd Dosen Tetap

12 Prof. Dr. Imam Sujudi, MA Dosen Tidak Tetap

13 Prof. Dr. Abdulkadir Ateng Dosen Tidak Tetap

14 Prof. Dr. Enoch Markum Dosen Tidak Tetap

15 Dr. Taufik Yudi Mulyanto, M.Pd Dosen Tidak Tetap

10 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

4. PROGRAM STUDI MANAJEMEN OLAHRAGA

NO NAMA STATUS 1 Dr. Ir. Fatah Nurdin, M.Si Dosen Tetap

2 Dr. Sukiri, M.Pd Dosen Tetap

3 Dr. Ramdhan Pelana, M.Or Dosen Tetap

4 Dr. Abdul Syukur, M.Si Dosen Tetap

5 Dr. Nuraini, M.Pd Dosen Tetap

6 Dr. Fahmi Fahrezi, M.Pd Dosen Tetap

7 Dr. Hernawan, M.Pd Dosen Tetap

8 Dr. Novi Siregar, M.Pd Dosen Tetap

9 Dr. Ika Novitasari, M.Pd Dosen Tetap

10 Dr. Iman Sulaiman, M.Pd Dosen Tetap

11 Prof. Dr. Harsuki MA Dosen Tidak Tetap

12 Prof. Dr. HM. Yusuf Adisasmita, M.Pd. Dosen Tidak Tetap

13 Dr. Adyaksa Dault Dosen Tidak Tetap

14 Dr. Sugeng Mulyono, MM Dosen Tidak Tetap

15 Dr. Dasril Anwar Dosen Tidak Tetap

5. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP

NO NAMA STATUS

1 Prof. Dr. I Made Putrawan Dosen Tetap

2 Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd. Dosen Tetap

3 Prof. Dr. Hafid Abas Dosen Tetap

4 Prof. Dr. Amos Neolaka, M.Pd. Dosen Tetap

5 Prof. Dr. Nana Sudjana Dosen Tetap

6 Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi. Dosen Tetap

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 11

NO NAMA STATUS

7 Dr. Suwirman Nuryadin, M.Si. Dosen Tetap

8 Dr. Eko Siswono, M.Pd. Dosen Tetap

9 Dr. Eliana Sari, M.Pd. Dosen Tetap

10 Dr. Yossa Istiadi Dosen Tetap

11 Dr. Budiaman Dosen Tetap

12 Dr. Agung Purwanto Dosen Tetap

13 Dr. Sihadi Dosen Tetap

14 Prof. Dr. Gimbal Dosen Tidak Tetap

15 Prof. Dr. Ismail Arianto Dosen Tidak Tetap

16 Dr. Mujito Dosen Tidak Tetap

6. PROGRAM STUDI MANAJEMEN LINGKUNGAN

NO NAMA STATUS

1 Dr. Desy Safitri Dosen Tetap

2 Dr. Sunaryo, M.Si. Dosen Tetap

3 Dr. Achmad Husen, M.Pd. Dosen Tetap

4 Dr. Dwi Atmanto Dosen Tetap

5 Dr. Diana Vivanti Dosen Tetap

6 Dr. Siti Nursetiawati, M.Si Dosen Tetap

7 Prof. Dr. Rukaesih Ahmad, M.Pd. Dosen Tidak Tetap

8 Prof. Dr. Lysna Lubis, M.Pd. Dosen Tidak Tetap

9 Prof. Dr. Setyo Moersidiek Dosen Tidak Tetap

10 Dr. Said Saile, M.Si. Dosen Tidak Tetap

11 Dr. Yusriani Saptadewi, M.Si. Dosen Tidak Tetap

12 Dr. Susy Setiawati Dosen Tidak Tetap

12 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

7. PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Mukhneri Mukhtar, M.Pd Dosen Tetap

2 Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd. Dosen Tetap

3 Prof. Dr. Sutjipto Dosen Tetap

4 Prof. Dr. Madha Komala, M.Pd Dosen Tetap

5 Dr. Dwi Deswary, M.Pd Dosen Tetap

6 Dr. Matin Dosen Tetap

7 Dr. Nurhartati Dosen Tetap

8 Dr. Netty Dosen Tetap

9 Dr. Rugaiyah, M.Pd Dosen Tetap

10 Dr. Suryadi, M.Pd. Dosen Tetap

11 Dr. Fakhrudin Arbah, M.Pd. Dosen Tetap

12 Dr. Mardi, M.Si.. Dosen Tetap

13 Dr. Wukir Ragil, M.Ed. Dosen Tetap

14 Dr. Supadi Dosen Tetap

15 Prof. Dr. Thamrin Abdulah, MM Dosen Tidak Tetap

16 Dr. Sudarsono, SH.,M.Pd. Dosen Tidak Tetap

17 Dr. Basuki Ranto Dosen Tidak Tetap

18 Dr. Muhanto AQ Dosen Tidak Tetap

19 Dr. Sutanto Dosen Tidak Tetap

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 13

8. PROGRAM STUDI PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. H. Djaali Dosen Tetap

2 Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd. Dosen Tetap

3 Prof. Dr. Gaguk Margono, M.Ed. Dosen Tetap

4 Prof. Dr. Geraldus Polla, M.App.Sc Dosen Tetap

5 Dr. Wardani Rahayu, M.Si Dosen Tetap

6 Dr. Yuliatri Sastra Wijaya, M.Pd. Dosen Tetap

7 Dr. Soeprijanto, M.Pd. Dosen Tetap

8 Dr. Burhanuddin Tolla Dosen Tetap

9 Herwindo, Ph.D Dosen Tetap

10 Dr. Nurjannah, M.Pd. Dosen Tetap

11 Dr. Ir. Mahdiah, M.Si. Dosen Tetap

12 Dr. Komarudin Sahid, M.Si Dosen Tetap

13 Dr. Dinny Devi Triana Dosen Tetap

14 Dr. Muhamad Zid Dosen Tetap

15 Dr. Agus Dudung Dosen Tetap

16 Prof. Ir. Dr. Dali Santun Naga Dosen Tidak Tetap

17 Prof. Ir. Dr. Muzayanah Sutikno, M.Pd.

Dosen Tidak Tetap

18 Prof. Dr. Anah Suhaenah Suparno Dosen Tidak Tetap

19 Prof. Dr. R. Santosa Murwani Dosen Tidak Tetap

20 Prof. Dr. I Gusti Ngurah Agung Dosen Tidak Tetap

21 Prof. Dr. Djemari Mardapi Dosen Tidak Tetap

22 Dr. Kadir Dosen Tidak Tetap

14 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

9. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Mirnawati Dosen Tetap

2 Dr. Ellindra Yetti. Dosen Tetap

3 Dr. Asep Supena, M.Si. Dosen Tetap

4 Dr. Yuliani, M.Pd. Dosen Tetap

5 Dr. Sofie Hartati, M.Si. Dosen Tetap

6 Dr. Hapidin, M.Pd Dosen Tetap

7 Dr. Bambang Sujiono, M.Pd. Dosen Tetap

8 Dr. Karnadi, M.Pd. Dosen Tetap

9 Dr. Tuti Tarwiah, M.Si. Dosen Tetap

10 Prof. Dr. Soegeng Santoso Dosen Tidak Tetap

11 Prof.Dr. Mulyono Abdurrahman Dosen Tidak Tetap

12 Prof. Dr. Fasli Djalal Dosen Tidak Tetap

13 Dr. Gunawirta Dosen Tidak Tetap

10. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Tuti Nuriah, M.Pd. Dosen Tetap

2 Dr. Umasih, M. Hum Dosen Tetap

3 Dr. Abdul Syukur, M.Hum, M. Pd Dosen Tetap

4 Prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd Dosen TidakTetap

5 Prof. Dr. Asmaniar Z. Idris, M.Pd. Dosen TidakTetap

6 Prof. Dr. Susanto Zuhdi Dosen TidakTetap

7 Prof. Dr. S. Hamid Hasan, MA Dosen TidakTetap

8 Prof. Dr. Anhar Gonggong Dosen TidakTetap

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 15

11. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Theresia K. Brahim Dosen Tetap

2 Prof. Dr. Zulela Dosen Tetap

3 Dr. Sumantri, M.Pd. Dosen Tetap

4 Dr. Fachrurozi Dosen Tetap

5 Dr. Yurniwati Dosen Tetap

6 Dr. Muchlas Suseno, M.Pd. Dosen Tetap

7 Dr. M. Japar Dosen Tetap

8 Dr. Totok Bintoro Dosen Tetap

9 Banu Pratitis, Ph.D Dosen Tetap

10 Prof. Dr. Mudji Sutrisno Dosen Tidak Tetap

11 Prof. Dr. HAR Tilaar Dosen Tidak Tetap

12 Prof. Dr. Bambang Kaswanti Dosen Tidak Tetap

13 Prof. Dr. Conny Semiawan Dosen Tidak Tetap

14 Dr. Erry Utomo Dosen Tidak Tetap

12. PROGRAM STUDI LINGUISTIK TERAPAN

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd Dosen Tetap

2 Prof. Dr. Endang Kunmariati, M.Pd. Dosen Tetap

3 Dr. Endry Boeriswati, M.Pd Dosen Tetap 4 Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd. Dosen Tetap

5 Dr. Nuruddin, MA Dosen Tetap 6 Prof. Dr. Rahaju S Hidayat Dosen Tidak Tetap

7 Dr. Sumardi, M.Sc. Dosen Tidak Tetap

16 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

13. PROGRAM STUDI ILMU MANAJEMEN

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Ma’ruf Akbar, M.Pd. Dosen Tetap

2 Prof. Dr. Muchlis R. Luddin, MA Dosen Tetap

3 Prof. Dr. Suparno Eko Widodo Dosen Tetap

4 Dr. I Ketut Sudiaritha Dosen Tetap

5 Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. Dosen Tetap

6 Dr. Hamidah, M.Si. Dosen Tetap

7 Dr. Saripudin Idris Dosen Tetap

8 Dr. Mahmudin Yasin Dosen TIdak Tetap

9 Dr. Fahmi Idris Dosen Tidak Tetap

10 Prof. Dr. dr. Aris Pongtuluran Dosen Tidak Tetap

11 Prof. Dr. Soedijarto, M.A. Dosen Tidak Tetap

12 Prof. Dr. Radi Gani Dosen Tidak Tetap

13 Prof. Dr. Kazan Gunawan Dosen Tidak Tetap

14 Prof. Dr. Wibowo Dosen Tidak Tetap

15 Prof. Dr. Billy Tunas Dosen Tidak Tetap

16 Prof. Dr. Thomas Suyatno Dosen Tidak Tetap

17 Dr. Francis Tantri Dosen Tidak Tetap

18 Dr. Ibrahim Musa Dosen Tidak Tetap

19 Dr. Niko Sudibyo Dosen Tidak Tetap

20 Dr. Doedoeng Zenal Arifin Dosen Tidak Tetap

14. PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING

NO NAMA STATUS 1 Dede Rahmat Hidayat, Ph.D. Dosen Tetap

2 Dr. Kartika Hajati, M.Pd. Dosen Tetap

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 17

NO NAMA STATUS 3 Dr. Gantina Komalasari, M.Psi. Dosen Tetap

4 Dr. Awaluddin Tjalla Dosen Tetap

5 Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. Dosen Tetap

6 Sjenny A. Indrawati, Ed.D. Dosen Tetap

7 Prof. Dr. Martini Jamaris, M.Sc.Ed. Dosen Tetap

8 Prof. Furqon, M.A., Ph.D. Dosen TidakTetap

9 Prof. Dr. Rochman Natawijaya Dosen TidakTetap

10 Prof. Dr. Dr. dr. Th. I. Setiawan Dosen TidakTetap

11 Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. Dosen TidakTetap

12 Dr. Fatchiah Kertamuda, M.Sc. Dosen TidakTetap

15. PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

NO NAMA STATUS 1 Dr. Mohamad Rizan, MM Dosen Tetap 2 Dr. Harya Kuncara Dosen Tetap

3 Dr. Mardi Dosen Tetap

4 Dr. Siti Nurjanah Dosen Tetap

5 Prof. Sihol Situngkir, SE.,MBA Dosen Tidak Tetap

6 Prof. Dr. Tumari J, M.Sc.,MA Dosen Tidak Tetap

7 Prof. Dr. Wilson Bangun, MM Dosen Tidak Tetap

8 Prof. Dr. Masyhudzulhaq Dosen Tidak Tetap

9 Ari Waroka, SE., M.Si., MDEM., MCEUE., DEA., Ph.D

Dosen Tidak Tetap

10 Dr. Budi Santoso, MM Dosen Tidak Tetap

11 Dr. Endri, SE., ME Dosen Tidak Tetap

12 Dr. Ir. Edy Herjanto, SE., M.Sc Dosen Tidak Tetap

18 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

NO NAMA STATUS 13 Dr. Ir. Surachman S, MM Dosen Tidak Tetap

14 Dr. Aam Bastaman, M.Si Dosen Tidak Tetap

15 Dr. Waseso Segoro Dosen Tidak Tetap

16 Dr. Kasmir Dosen Tidak Tetap

17 Indra Astrayudha, Ph.D Dosen Tidak Tetap

16. PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN

KEJURUAN

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd Dosen tetap

2 Dr. C. Rudy Prihantoro, M.Pd Dosen tetap 3 Dr. Riza Wirawan Dosen tetap

4 Dr. Catur Setyawan Kusumohadi Dosen tetap 5 Dr. Darwin Rio Budi Syaka Dosen tetap

6 Agung Premono, Ph.D Dosen tetap

7 Dr. Nanang Arief Guntoro, M.Si Dosen tetap 8 Dr. Baso Maruddani Dosen tetap

9 Lipur Sugianta, Ph.D Dosen tetap 10 Dr. Tuti Iriani, M.Si Dosen tetap

11 Dr. Ir. Mochammad Amron, M.Sc Dosen tetap

12 Dr. Gina Bachtiar Dosen tetap 13 Dr. Henita Rahmayanti, M.Si Dosen tetap

14 Dr. Ir. Mahdiyah, M.Kes Dosen tetap 15 Dr. Ir. Ridawati, M.Si Dosen tetap

16 Dr. Ir. Alsuhendra, M.Si Dosen tetap

27 Dr. Ir. Ari Istiany, M.Si Dosen tetap

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 19

NO NAMA STATUS 18 Dr. Ruslianti, M.Si Dosen tetap 19 Dr. Ari Fadiati M.Si Dosen tetap

20 Dr. Wesnina, M.Sn Dosen tetap

21 Dr. Siti Nursetiawati, M.Si Dosen tetap 22 Dr. Sri Suyanti, M.Pd Dosen tetap

23 Dr. Rina Febriana Dosen tetap

24 Dr. Widadi W. Widayat, M.Sc Dosen Luar Biasa 25 Ir. Wahyu Catur Wibowo, M.Sc., Ph.D Dosen Luar Biasa

26 Dr. Ir. Joko Prihatno, MM. Dosen Luar Biasa 27 Dr. Soebijanto, M.Ed Dosen Luar Biasa

28 Prof. Dr. Selamat Triono, Ph.D Dosen Luar Biasa

29 Prof. Dr. Achmad Sulaiman Dosen Luar Biasa 30 Paryono, Ph.D Dosen Luar Biasa

31 Hendarman, Ph.D Dosen Luar Biasa 17. PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BIOLOGI

NO NAMA STATUS 1 Dr. Adisyahputra, MS Dosen Tetap

2 Dr. Rusdi, M.Biomed Dosen Tetap

3 Dr. Rini Puspitaningrum, S.Si, M.Biomed Dosen Tetap

4 Dr. Reni Indrayanti, M.Si Dosen Tetap

5 Dr. Yulia Irnidayanti, M.Si Dosen Tetap

6 Dr. Mike Miarsah, M.Si Dosen Tetap

20 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

18. PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Nurbaity, M.Si Dosen Tetap

2 Dr. Muktiningsih Dosen Tetap

3 Dr. Yuli Rahmawati, M.Sc Dosen Tetap

4 Dr. Erdawati, M.Sc Dosen Tetap

5 Dr. Ucu Cahyana, M.Si Dosen Tetap

6 Dr. Riskiono Slamet, M.Sc, Ph.D Dosen Tidak Tetap

19. PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA

NO NAMA STATUS 1 Dr. Anton Noornia, M.Pd Dosen Tetap

2 Dr. Lukita Ambarwati, S.Pd Dosen Tetap

3 Dr. Lukman El Hakim Dosen Tetap

4 Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si Dosen Tetap

20. PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN FISIKA

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc Dosen Tetap

2 Dr. I Made Astra, M.Si Dosen Tetap

3 Dr. Mangasi Alion Marpaung, M.Si Dosen Tetap

4 Dr. Bambang Heru Iswanto, M.Si Dosen Tetap

5 Dr. Desnita, M.Si Dosen Tetap

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 21

21. PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

NO NAMA STATUS 1 Prof. Dr. Ilza Mayuni, M. App. Ling. Dosen Tetap

2 Banu Pratitis, M.A, Ph.D. Dosen Tetap

3 Siti Wachidah, M.A, Ph.D. Dosen Tetap

4 Dr. Ifan Iskandar, M. Hum. Dosen Tetap

5 Dr. Darmahusni, M.A. Dosen Tetap

6 Dr. Hanny I. Wardono, M.A. Dosen Tetap

7 Dr. Ratna Dewanti, M. Pd. Dosen Tetap

8 Dr. Maximus Renyaan, M.A. Dosen Tetap

9 Dr. Sri Sumarni, M. Pd. Dosen Tetap

10 Dr. Sudarya Permana, M. Hum. Dosen Tetap

11 Prof. Dr. Ratna Sayekti Dosen Tidak Tetap

12 Prof. Dr. Arief Rachman Dosen Tidak Tetap

13 Prof. Bahren Umar Siregar, Ph.D. Dosen Tidak Tetap

14 Prof. Dr. I Wayan Simri Dosen Tidak Tetap

15 Dr. Hananto, M.A. Dosen Tidak Tetap

16 Dr. Teddy Mantoro, M.A. Dosen Tidak Tetap

17 Dr. Media Anugerah Ayu, M. Sc. Dosen Tidak Tetap

22 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

BAB III LANDASAN PENGEMBANGAN DAN

MUATAN KURIKULUM PROGRAM PASCASARJANA A. LANDASAN PENGEMBANGAN

Landasan pengembangan kurikulum Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), (c) Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, serta (e) Standar Nasional Pendididikan Tinggi Tahun 2014.

Mengacu kebijakan Universitas yang tertuang pada SK Rektor Nomor 771/SP/2015 tentang Buku Panduan Program Pascasarjana UNJ. tentang Pengembangan Kurikulum Program Studi dan Pedoman Penyusunan Kurikulum Program Studi menyatakan bahwa kurikulum program studi di UNJ mengacu pada KKNI. Berdasarkan hal tersebut, kurikulum program magister mengimplementasikan KKNI level 8 (delapan) dan Program doktor level 9 (sembilan).

B. MUATAN KURIKULUM

Muatan kurikulum PPs UNJ tertuang dalam capaian pembelajaran yang menggambarkan kompetensi lulusan. Kompetensi lulusan mencakup kompetensi umum, kompetensi utama, dan kompetensi pendukung sesuai Standar Isi Pembelajaran Program Pendidikan Akademik.

1. Komponen Kompetensi

Kurikulum memuat sejumlah mata kuliah untuk mengembangkan kompe-tensi umum, kompetensi utama, dan kompetensi pendukung. a. Kompetensi Umum

Kompetensi umum untuk program magister dan doktor adalah kemampuan berpikir filosofis, metodologis, dan teknis yang melandasi pengembangan keprofesian sesuai dengan bidang ilmu untuk setiap program studi.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 23

b. Kompetensi Utama

1) Kompetensi utama program magister adalah kompetensi keahlian sesuai substansi kajian bidang ilmu, teknologi, dan seni yang men-jadi ciri khas program studi.

2) Kompetensi utama program doktor adalah kompetensi keahlian sesuai substansi kajian bidang ilmu, teknologi, dan seni yang men-jadi ciri khas program studi.

c. Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung adalah kompetensi yang diperlukan untuk mendukung, melengkapi, dan memperkaya kompetensi utama.

2. Standar Kompetensi Lulusan Program Pascasarjana Universitas Negeri

Jakarta a. Program Magister

Kompetensi yang diharapkan dari lulusan program magister di PPs UNJ adalah: 1) Menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau

teknologi di bidang pendidikan dan non-kependidikan melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;

2) Mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah, yang disusun dalam bentuk tesis;

3) Mempublikasikan hasil penelitian bidang keilmuannya pada jurnal ilmiah yang terakreditasi;

4) Menyusun dan mengkomunikasikan ide dan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat terutama masyarakat akademik;

5) Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk keperluan penelitian lanjutan;

6) Meningkatkan kapasitas pembelajaran mandiri; 7) Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega,

sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

24 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

8) Melaksanakan penelitian bidang keilmuannya berbasis peta penelitian, dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan lembaga lain;

9) Mengidentifikasi bidang keilmuan obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian.

b. Program Doktoral

Kompetensi yang diharapkan dari lulusan program doktor di PPs UNJ adalah: 1) Menemukan, dan memberikan kontribusi pada pengembangan, serta

pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang pendidikan dan non kependidikan melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;

2) Menemukan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner, yang disusun dalam bentuk disertasi;

3) Mempublikasikan hasil penelitian di bidang keilmuannya pada jurnal ilmiah yang terakreditasi;

4) Menyusun dan mengkomunikasikan pandangan kritis, argumen, dan solusi terhadap masalah/isu mutakhir di dalam masyarakat yang terkait bidang pendidikan dan non-kependidikan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat;

5) Mengembangkan penelitian bidang keilmuannya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi, serta peningkatan kemaslahatan manusia dengan berbasis peta jalan penelitian, melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan lembaga lain;

6) Memimpin tim kerja atau tim penelitian pada bidang keahlian/ keilmuannya;

7) Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk keperluan penelitian lanjutan atau penelitian lain;

8) Meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi;

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 25

9) Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

10) Meningkatkan kapasitas pembelajaran mandiri dan tim yang berada di bawah tanggungjawabnya;

11) Menyusun peta jalan penelitian bidang pendidikan dan non-kependidikan melalui kajian kritis atas fakta, konsep, prinsip, dan teori.

3. Sistem Pembelajaran pada Program Pascasajana UNJ

Kualifikasi yang diharapkan dari lulusan PPs UNJ adalah keterampilan dalam melakukan penelitian (program magister) dan kemampuan dalam mengelola dan memimpin penelitian (program doktoral) yang didasarkan pada analisis interdisiplin atau multidisiplin atau transdisiplin. Untuk mencapai kualifikasi lulusan tersebut, maka proses pembelajaran pada PPs UNJ menerapkan model Multi Channel Learning (MCL) yang berpusat pada mahasiswa.

Semester merupakan satuan waktu kegiatan pembelajaran efektif 16 minggu (16 kali pertemuan).1 (satu) sks setara dengan 160 menit kegiatan belajar per minggu per semester. Beban belajar mahasiswa adalah 8 - 9 jam per hari, atau 48 – 54 jam per minggu.

Perkuliahan dilakukan dalam bentuk tatap muka, responsi, tutorial, seminar, bentuk pembelajaran lain yang sejenis, yaitu a. Kegiatan pembelajaran yang terdiri atas:

1) Kegiatan belajar tatap muka 100 menit per minggu per semester; 2) Kegiatan belajar mandiri 60 menit per minggu per semester.

b. Praktikum, yaitu kegiatan pembelajaran di laboratorium 3 jam per minggu per semester; Praktek lapangan, yaitu kegiatan pembelajaran dengan praktek di lapangan 4 jam per minggu per semester;

c. Tesis dan disertasi, yaitu kegiatan penelitian 10 jam per minggu per semester.

4. Sistem Penilaian pada Progam Pascasarjana UNJ

Penilaian pembelajaran pada PPs UNJ meliputi penilaian proses dan penilaian hasil belajar mahasiswa untuk mencapaian standar kompetensi

26 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

lulusan. Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi, partisipasi, projek, unjuk kerja, penugasan, tes tertulis, dan tes lisan.

C. BEBAN STUDI

1. Beban Studi Program Magister

Jumlah sks untuk program magister 35 - 59 sks termasuk tesis. Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut:

Tabel 1. Komponen dan Bobot SKS untuk Monodisiplin

Sebidang

Mata Kuliah Bobot SKS Kompetensi Umum 6 – 9 sks Kompetensi Utama 26 – 32 sks* Kompetensi Pendukung 3 – 6 sks Jumlah 35 – 47 sks

* Tesis merupakan bagian dari Kompetensi Utama dengan bobot 8 sks, Mata kuliah pilihan merupakan bagian dari Kompetensi Utama dan Pendukung dengan bobot 6 – 9 sks.

Tabel 2. Komponen dan Sebaran Beban Studi Monodisiplin Tak Sebidang

Mata Kuliah Sebaran Beban SKS Kompetensi Umum 6 – 9 sks Kompetensi Utama 26 – 32 sks* Kompetensi Pendukung 3 – 6 sks Matrikulasi 6 – 12 sks Jumlah 41 – 59 sks

* Tesis merupakan bagian dari Kompetensi Utama dengan bobot 8 sks, Mata kuliah pilihan merupakan bagian dari Kompetensi Utama dan Pendukung dengan bobot 6 – 9 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 27

2. Beban Studi Program Doktor

Jumlah sks untuk program doktor adalah 43 -67 sks termasuk disertasi. Komposisi mata kuliah untuk pengembangan kompetensi lulusan Program Doktor sebagai berikut:

Tabel 3. Komponen dan Sebaran Beban Studi Mono/ Multidisiplin Sebidang

Mata Kulaih Sebaran Beban SKS

Kompetensi Umum 4 – 9 sks Kompetensi Utama 35 – 40 sks Kompetensi Pendukung 4 – 6 sks Jumlah 43 – 55 sks

* Disertasi merupakan bagian dari Kompetensi Utama dengan bobot 15 sks, Mata kuliah pilihan merupakan bagian dari Kompetensi Utama dan Pendukung dengan bobot 6 – 9 sks

Tabel 4. Komponen dan Sebaran Beban Studi mono/ multidisiplin tak sebidang

Komponen Sebaran Beban SKS

Kompetensi Umum 4 – 9 sks Kompetensi Utama 35 – 40 sks* Kompetensi Pendukung 4 – 6 sks Matrikulasi 6 – 12 sks Jumlah 49 – 67 sks

* Disertasi merupakan bagian dari Kompetensi Utama dengan bobot 15 sks, Mata kuliah pilihan merupakan bagian dari Kompetensi Utama dan Pendukung dengan bobot 6 – 9 sks

28 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

BAB IV KURIKULUM PROGRAM STUDI PASCASARJANA

Kurikulum Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) ditujukan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang disusun oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Untuk mencapai standar kompetensi lulusan, disusun deskriptor yang menggambarkan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik program studi sebagai berikut :

1. Penguasaan kompetensi inti akademik dan penguasaan pengetahuan substantif beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.

2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.

3. Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil resiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karir dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karir.

4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.

5. Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.

6. Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 29

A. KURIKULUM PROGRAM MAGISTER

1. Komponen Kurikulum Komponen kurikulum program Magister terdiri atas:

a) Mata kuliah Kompetensi Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Kompetensi umum juga merupakan pengetahuan yang harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.

b) Mata kuliah Kompetensi Utama adalah kelompok bahan kajian yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.

c) Mata kuliah Kompetensi Pendukung adalah kelompok bahan kajian yang bertujuan mendukung penguasaan mata kuliah wajib. Khusus program magister kependidikan kompotensi pendukung merupakan kelompok bidang kajian yang mendukung pembentukan kompetensi profesional bidang pendidikan.

d) Mata kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok mata kuliah kompetensi utama dan pendukung dengan bobot 6 – 9 sks. Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.

e) Mata kuliah Matrikulasi adalah kelompok mata kuliah bagi mahasiswa yang berasal dari program non-kependidikan. Mata kuliah matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.

Mata kuliah Matrikulasi bagi program studi non-kependidikan adalah mata kuliah yang dipersyaratkan harus diambil bagi mahasiswa yang berasal dari program studi yang tidak sebidang dengan program studi.

f) Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasar pada hasil studi penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan metodologi disiplin ilmu yang ada pada program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah, dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

30 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

2. Mata Kuliah Umum

Mata kuliah kompetensi umum adalah mata kuliah yang melandasi pembentukan kemampuan dan keterampilan meneliti yang terdiri atas:

Filsafat Ilmu I (3 SKS)

Mata kuliah Filsafat Ilmu bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memahami hakikat ilmu (the nature of science) dalam hubungan dengan berbagai pengetahuan lain, berbagai cara memperoleh pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan ilmiah dengan menerapkan penalaran filosofis dan kritis logis; dengan tidak mengabaikan keterbatasan ilmu dan metode-metode ilmiah dan batasan-batasan moral dan sosialnya sebagai upaya untuk memperoleh dan memanfaatkan pengetahuan.

Mata kuliah Filsafat Ilmu mencakup pembahasan tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dalam konstelasi berbagai pengetahuan lainnya, serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik (empiricism) seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional (rationalism), serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan serta kegunaannya baik secara internal, eksternal, maupun sosial.

Metodologi Penelitian (3 SKS)

Metodologi Penelitian bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam memilih metode yang sesuai dengan karakteristik masalah yang digunakan untuk menarik kesimpulan, dan menyusun pengetahuan ilmiah melalui kegiatan penelitian.

Mata kuliah Metodologi Penelitian mencakup paradigma penelitian, sistematika dan prosedur ilmiah dalam perumusan masalah, penentuan desain dan metode penelitian yang tepat, teknik pengumpulan data, dan penyajian data yang tepat, andal, dan dapat dipercaya (credibel), pemilihan analisis data, teknik inferensial dan pembahasannya, serta konklusinya

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 31

Statistika I (3 SKS) Mata kuliah statistika bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam memilih formulasi statistika yang sesuai dengan jenis data, baik untuk mendeskripsikan data, maupun melakukan inferensi dan penafsirannya dari hasil analisis data sesuai dengan jenis data melalui analisis bivariat maupun multivariat. Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak untuk analisis data dan dapat memberikan interpretasi yang tepat untuk kepentingan menyusun kesimpulan analisis.

3. Mata Kuliah Pendukung Mata kuliah Pendukung adalah mata kuliah yang membentuk sikap dan perilaku berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai, sebagai dasar pengembangan profesionalisme dalam bidangnya. Mata kuliah kompetensi pendukung terdiri atas:

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan agar mampu mengaplikasikan dan mengembangkan dalam pembelajaran di program studi.

Mata kuliah ini membahas secara komprehensif mengenai perkembangan sistem teknologi media komunikasi dan informasi baik teori, prinsip, model, paradigma, konstruk serta manfaat, dampak dan aplikasinya dalam pendi-dikan dan pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada pengembangan dan penerapan konsep belajar terbuka, termasuk belajar jarak jauh dan belajar berbasis aneka sumber (resource-based learning). Pembahasan meliputi perkembangan dari aspek kerekayasaan, kemasyarakatan, keekonomisan, kepsikologisan, dan dari aspek kependidikan sendiri. Kegiatan perkuliahan termasuk pemberian pengalaman langsung (hands-on experience) dalam memanfaatkan teknologi.

Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa agar dapat memahami dan menjelaskan kedudukan, hakikat, dan pembagian psikologi dan psikologi belajar.

Mata kuliah ini berisi: pengantar, landasan pengertian serta objek psikologi, berbagai aliran baru seperti behavioristik, kognitif, neuroscience, dan

32 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

psikologi belajar serta berbagai perbedaan dan persamaan konsep-konsep psikologi belajar. Isu-isu dan tantangan baru bagi para ahli pendidikan dan ahli psikologi dalam upaya peningkatkan mutu praktik pendidikan atas dasar temuan-temuan mutakhir teori ilmiah di bidang psikologi pendidikan. Pendekatan-pendekatan baru dalam Psikologi Pendidikan yang merupakan paduan antara disiplin ilmu pendidikan, kognitif, neuroscience, berbagai aspek dasar-dasar ilmu, dan teori psikologi serta teori belajar.

4. Mata Kuliah Matrikulasi

Bagi mahasiswa yang berasal dari program studi non-kependidikan (nonIKIP termasuk perubahannya, FKIP, Fakultas Tarbiyah) dan atau non-linier diwajibkan mengikuti mata kuliah Matrikulasi. Mata kuliah Matrikulasi terdiri atas dua kategori, yaitu matrikulasi kependidikan yang diselenggarakan oleh PPs (diselenggarakan pada bulan Agustus) dan mata kuliah matrikulasi program studi yang dilaksanakan pada perkuliahan semester pertama di setiap program studi yang mencirikan dasar keilmuan program studi.

a. Matrikulasi kependidikan dilaksanakan pada bulan Agustus untuk ma-hasiswa yang diterima pada semester gasal dan bulan Februari untuk mahasiswa yang diterima semester genap. Matrikulasi Kependidikan terdiri dari dua matakuliah yaitu Landasan Ilmu Pendidikan (3 sks) dan Psikologi Pendidikan (3 sks)

b. Matrikulasi program studi dilaksanakan pada semester gasal. Matrikulasi program studi terdiri atas satu atau dua mata kuliah masing-masing 3 sks yang ditentukan oleh masing-masing program studi.

5. Tesis

Tesis merupakan bagian dari kompetensi utama dengan bobot 8 sks yang terdiri atas: a. Verifikasi Topik Tesis b. Seminar Proposal c. Ujian Tesis

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 33

B. STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM MAGISTER

1. PROGRAM MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) 1) Mengembangkan lingkungan, proses dan sumber belajar (sistem

pembelajaran) dengan menerapkan prinsip-prinsip, teori, dan hasil penelitian yang berhubungan dengan desain sistem pembelajaran dan teknologi terpadu.

2) Mengelola lingkungan, proses dan sumber belajar (sistem pembelajaran) dengan menerapkan prinsip-prinsip, teori, dan hasil penelitian yang berhubungan dengan sumber, sistem penyampaian (delivery sistem), dan manajemen informasi serta dengan memanfaatkan teknologi terpadu.

3) Meneliti sistem pembelajaran teknologi terpadu dengan menerapkan prinsip-prinsip dan teori evaluasi dan penelitian yang berkualitas pada taraf nasional dan internasional.

4) Memecahkan berbagai permasalahan dalam bidang pengembangan sistem pembelajaran, pemberdayaan sumber-sumber belajar dan pembelajaran, serta peningkatan kinerja di pendidikan formal dan non-formal serta diklat secara profesional dan penuh tanggung jawab.

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks

PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPS 503 Statistika I 3 sks 2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

TP 501 Landasan Teknologi Pendidikan 3 sks

TP 502 Disain Pembelajaran 3 sks

TP 503 Evaluasi Proses dan Hasil Belajar 3 sks

34 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

TP 504 Teknologi Kinerja 3 sks

TP 505 Pengembangan Sumber Belajar dan Media Belajar 3 sks

TP 506 Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan 3 sks

PPS 599 Tesis 8 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 3 sks

PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks PPS 402 Psikologi Pendidikan* 3 sks

TP 401 Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran** 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan ** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

2. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) 1) Mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika

dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 35

2) Memecahkan berbagai masalah dalam mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam ilmu bahasa dan sastra (bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Asing lainnya ).

3) Memecahkan berbagai masalah dalam mengimplementasikan teori pendidikan untuk menghasilkan solusi yang akurat meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan pembelajaran bahasa dengan pendekatan multidisiplin dan interdisiplin.

4) Merancang dan mengimplementasi keilmuan pendidikan, bahasa dalam menangani masalah Pendidikan Bahasa melalui berbagai metode penelitian dan menggunakan pendekatan multidisplin serta interdisplin dalam menemukan solusi terbaru.

5) Mengembangkan model-model pembelajaran terbaru untuk pengajaran bahasa Indonesia, Inggris, dan Asing dengan mengimplementasikan aspek psikologis sesuai dengan karakter peserta didik dan lingkungannya secara fleksibel dan akurat.

6) Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, Inggris, dan Asing sesuai dengan kebutuhan era global.

7) Mengevaluasi dan mengembangkan solusi dalam pemecahan masalah pengajaran bahasa Indonesia, Inggris, dan Asing yang akomodatif dengan memanfaatkan berbagai pendekatakan multidisiplin dan interdisiplin untukpemecahan masalah serta dipublikasikan.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks PPS 503 Statistika I 3 sks

2) Kompetensi Utama KODE MATA KULIAH SKS PB 501 Teori, Apresiasi, dan Pengajaran

Sastra 3 sks

36 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS PB 502 Kurikulum dan Pengembangan

Materi Ajar Bahasa dan Sastra 3 sks

PB 503 Semantik dan Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa

3 sks

PB 504 Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra

3 sks

PB 505 Analisis Kontrastif dan Analisis Kesalahan Berbahasa

3 sks

PB 506 Evaluasi dan Pengukuran dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra

3 sks

PPS 599 Tesis 8 sks

3) Kompetensi Pendukung KODE MATA KULIAH SKS

PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 3 sks

PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

4) Matrikulasi KODE MATA KULIAH SKS

PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

PPS 402 Psikologi Pendidikan* 3 sks

PB 401 Linguistik Umum** 3 sks * Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan ** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 37

3. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN OLAHRAGA a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

Kompetensi yang diharapkan dari lulusan program doktor di PPs UNJ adalah: 1) Menerapkan sistem pembelajaran yang mengacu pada prinsip-

prinsip, konsep-konsep, teori-teori, dan hasil yang berhubungan pengembangan pendidikan secara komprehensif dan transdisplinasitar, baik pada pendidikan formal, informal dan non formal.

2) Mendesain bahan ajar implementatif dengan menerapkan prinsip-prinsip, teori, konsep dan hasil penelitian yang berhubungan dengan karakteristik pendidikan olahraga.

3) Menerapkan model keunggulan yang inovatif dalam pembelajaran transdisiplinaritas pendidikan olahraga, dengan tema terkait dengan permasalahan olahraga.

4) Mengevaluasi isu-isu kritis bidang yang terkait permasalahan dalam olahraga yaitu masalah perkembangan anak, kebugaran jasmani, kesehatan masyarakat serta pembangunan mental (Mental Buildings).

5) Mengelola dan mengembangkan riset serta desiminasi hasil-hasil riset di bidang olahraga yang dapat menghantarkan perolehan hak kekayaan intelektual (Intellectual Property Rights) di bidang olahraga

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks

PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPS 503 Statistika I 3 sks

38 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

POR 501 Sejarah, Azas dan Falsafah, Sistem Penjas dan Keolahragaan

3 sks

POR 502 Fisiologi Gerak 3 sks

POR 503 Pembelajaran Keterampilan Gerak 3 sks

POR 504 Desain dan Pengembangan Kurikulum Penjas

3 sks

POR 505 Biomekanika 3 sks

POR 506 Manajemen Penjas dan Olahraga 3 sks

PPS 599 Tesis 8 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan

3 sks

PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan

3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

PPS 402 Psikologi Pendidikan* 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 39

4. PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN OLAHRAGA

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) 1) Mengembangkan konsep yang tepat dalam manajemen dan

olahraga yang melandasi keilmuan manajemen olahraga. 2) Mengorganisasikan keberbaruan teori dalam menerapkan berbagai

model manajemen olahraga untuk pencapaian prestasi olahraga. 3) Mengembangkan model manajemen olahraga melalui berbagai

penelitian yang mencirikan keberbaruan teori manajemen olahraga. 4) Mengevaluasi program yang menerapkan konsep manajemen

olahraga dengan berbagai pendekatan evaluasi program.

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks

PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPS 503 Statistika I 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

MOR 501 Pemasaran Olahraga 3 sks

MOR 502 Orientasi Baru dalam Manajemen Penjas dan Olahraga

3 sks

MOR 503 Pariwisata Olahraga 3 sks

MOR 504 Hubungan Masyarakat dan Media Massa Olahraga

3 sks

MOR 505 Bisnis dan Industri Olahraga 3 sks

MOR 506 Kebijakan Publik dalam Olahraga 3 sks

PPS 599 Tesis 8 sks

40 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

3) Kompetensi Pendukung KODE MATA KULIAH SKS

MOR 509 Manajemen Sumber Daya 3 sks

MOR 510 Pengantar Manajemen 3 sks

4) Matrikulasi KODE MATA KULIAH SKS

MOR401 Landasan Ilmu Keolahragaan 3 sks

MOR 402 Manajemen Sistem Informasi 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

5. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN

LINGKUNGAN HIDUP

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) 1. Menerapkan sistem pembelajaran yang mengacu pada prinsip-

prinsip, konsep-konsep, teori-teori, dan hasil yang berhubungan dengan ESD (Educational for Sustainable Development) secara komprehensif dan transdisplinasitar, baik pada pendidikan formal, informal dan non formal.

2. Mendesain bahan ajar implementatif dengan menerapkan prinsip-prinsip, teori, konsep dan hasil penelitian yang berhubungan dengan karakteristik lingkungan hidup, penduduk, dan PKLH.

3. Menerapkan model keunggulan yang inovatif dalam pembelajaran transdisiplinaritas PKLH, dengan tema terkait dengan permasalahan pendidikan, kependudukan dan lingkungan hidup.

4. Mengevaluasi isu-isu kritis bidang yang terkait permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup yaitu masalah gender, HAM, multikultural, kesehatan masyarakat, pelestarian lingkungan, pencemaran udara, perubahan iklim, dan mitigasi bencana, baik dalam bentuk pendidikan, penelitian maupun pengabdian pada masyarakat.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 41

5. Mengelola dan mengembangkan riset serta desiminasi hasil-hasil riset di bidang PKLH yang dapat menghantarkan perolehan hak kekayaan intelektual (Intellectual Property Rights) di bidang PKLH.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPS 503 Statistika I 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

PKLH 501 Isu-isu Perubahan Iklim Global 3 sks

PKLH 502 Ekopedagogik Dalam PKLH 3 sks

PKLH 503 Konsep Pembangunan Berkelanjutan 3 sks

PKLH 504 Strategi Inovatif Dalam Pembelajaran PKLH 3 sks

PKLH 505 Studi Kependudukan dan Demografi 3 sks

PKLH 506 Pengembangan Kurikulum Dalam PKLH 3 sks

PKLH 507 Comparative Education in PKLH 3 sks

PPS 599 Tesis 8 sks

42 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi 3 sks

PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

PKLH 500 Ekologi Umum** 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

6. PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN LINGKUNGAN

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) 1. Mengembangkan dan menerapkan pengetahuan dan prinsip-prinsip

manajemen dalam pengelolaan lingkungan dan pemecahan permasalahan lingkungan yang sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan.

2. Melakukan riset dalam bidang manajemen lingkungan dalam upaya memecahkan permasalahan lingkungan.

3. Mengevaluasi implementasi kebijakan pengelolaan lingkungan yang terkait dengan isu-isu lingkungan lokal, nasional, regional, dan global.

4. Memanfaatkan sistem informasi dalam pengelolaan, pemeliharaan, dan pelestarian lingkungan hidup.

5. Mengembangkan strategi pengelolaan yang efektif dan efisien.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 43

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks

PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPS 503 Statistika I 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

ML 503 Perpektif Global Manajemen Lingkungan 3 sks

ML 504 Prinsip Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan 3 sks

ML 505 Manajemen Ekoturisme Dalam Pembangunan Berkelanjutan 3 sks

ML 506 Etika Lingkungan dan Manajemen Lahan 3 sks

ML 507 Analisis kebijakan dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam danLingkungan 3 sks

ML 508 Perilaku Organisasi dan Manajemen Lingkungan 3 sks

PPS 599 Tesis 8 sks

44 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

ML 501 Dasar-Dasar Ekologi Dalam Manajemen Lingkungan 3 sks

ML 502 Isu-isu Perubahan Iklim Global 3 sks 4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

ML 401 Konsep Manajemen Lingkungan* 3 sks

ML 402 Manajemen Lingkungan Strategik* 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

7. PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN a. Standar Kompentensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Mengembangkan konsep perencanaan, perencanaan strategik, pengelolaan sumber daya pendidikan, dan supervisi, evaluasi pendidikan berdasarkan pendekatan multidisipliner.

2) Mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan melalui aktivitas supervisi/pengawasan pendidikan dengan pendekatan multidisipliner.

3) Menjabarkan kebijakan-kebijakan penyelenggaraan pendidikan pada semua jenjang melalui implementasi pemikiran strategis berbasis kajian-kajian hasil penelitian yang relevan.

4) Memecahkan persoalan pembiayaan di dalam penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan pendekatan multidisipliner.

5) Memecahkan masalah dalam perencanaan, pelaksanaan supervisi/ pengawasan dan evaluasi sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan multidispliner.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 45

6) Mengembangkan otonomi/kemandirian dalam penyelenggaraan pendidikan sesuai hasil kajian penelitian yang relevan.

7) Merencanakan, mengimplementasi dan mengendalikan komponen-komponen sistem penyelenggaraan pendidikan dalam menangani masalah Pendidikan berbasis paradigma kebenaran ilmiah (keilmuan).

8) Merencanakan, mengimplementasi dan mengendalikan komponen-komponen sistem penyelenggaraan pendidikan dalam menangani masalah pendidikan berbasis metodologi penelitian.

9) Memecahkan masalah perencanaan, pengelolaan dan supervisi/ pengawasan sumber daya pendidikan dengan menggunakan pendekatan analisis kuantitatif melalui aktivitas penelitian yang dapat dipublikasikan minimal pada taraf nasional, regional dan international.

10) Mengembangkan model-model perencanaan, pengelolaan dan supervisi/pengawasan di bidang pendidikan dengan mengimple-mentasikan aspek psikologis sesuai dengan karakter sumber daya manusia dan lingkungannya.

11) Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam perencanaan, pengelolaan dan supervisi/pengawasan pendidikan.

12) Mengembangkan konsep dan teori fungsi dan prinsip-prinsip manajemen pendidikan untuk diaplikasikan di dalam perencanaan, pengelolaan dan supervisi/pengawasan pendidikan dengan pendekatan multidisipliner.

c. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks

PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPS 503 Statistika I 3 sks

46 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

MP 501 Kebijakan dan Pengambilan Keputusan

3 sks

MP 502 Dasar-dasar Perencanaan Strategik

3 sks

MP 503 Perilaku Organisasi 3 sks

MP 504 Pembiayaan Pendidikan 3 sks

MP 505 Supervisi dan Evaluasi Pendidikan

3 sks

MP 506 Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah

3 sks

PPS 599 Tesis 8 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan

3 sks

PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan

3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

PPS 402 Psikologi Pendidikan* 3 sks

MP 401 Dasar-dasar Manajemen Pendidikan**

3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan ** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 47

8. PROGRAM MAGISTER PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Mengembangkan instrumentasi, dan menerapkan metode interpretasi data untuk menggambarkan fenomena, pengujian hipotesis dan mengadaptasi teori untuk mengembangkan model-model pengukuran, penilaian, dan evaluasi program/kebijakan.

2) Memformulasikankan ide dan argumen ilmiah melalui penelitian ilmiah, pemikiran logis, kritis, dan kreatif dengan pendekatan interdisiplin atau multidisplin melalui analisis statistika, metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, pengukuran, penilaian dan evaluasi yang tepat dalam memecahkan masalah.

3) Mendesain dan menganalisis efektivitas program/kebijakan dalam bentuk penelitian evaluasi program melalui pengembangan instrumen

4) Mengembangkan riset serta desiminasi hasil-hasil penelitian di bidang penelitian dan evaluasi pendidikan yang dapat menghantar perolehan hak kekayaan intelektual (Intelektual Property Rights).

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks

PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPS 503 Statistika I 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

PEP 501 Teori Tes 3 sks

PEP 502 Pengukuran dalam Pendidikan 3 sks

48 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

PEP 503 Asesmen Berbasis Kelas 3 sks

PEP 504 Evaluasi Program 3 sks

PEP 505 Desain Eksperimen 3 sks

PEP 506 Metodologi Penelitian Kualitatif 3 sks

PEP 507 Manajemen Sistem Informasi Pendidikan

3 sks

PPS 599 Tesis 8 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 3 sks

PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

PPS 402 Psikologi Pendidikan* 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

9. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) 1) Mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam

bidang PAUD atau praktek profesional melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 49

2) Mendesain pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini yang implementatif dengan menerapkan prinsip, teori, konsep dan hasil penelitian yang berhubungan dengan karakteristik anak usia dini berbasis multikultural.

3) Menerapkan model pembelajaran unggul dan inovatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini.

4) Memecahkan permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini terkait isu-isu kritis dalam pelaksanaan sistem Pendidikan Anak Usia Dini melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner.

5) Melakukan advokasi dalam penyelenggaraan PAUD baik untuk lembaga penyelenggara maupun pemerintah sesuai dengan hasil riset.

6) Mengelola dan mengembangkan riset serta diseminasi hasil-hasil riset di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang dapat mengantarkan perolehan hak kekayaan intelektual (Intellectual Property Rights) di bidang PAUD

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks

PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPS 503 Statistika I 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

PAUD 501 Pendidikan Bahasa dan Sosial Anak Usia Dini

3 sks

PAUD 502 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

3 sks

PAUD 503 Assessment dan Intervensi 3 sks

50 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS Perkembangan Anak Usia Dini

PAUD 504 Pengembangan Kreativitas Seni dan Gerak Anak Usia Dini

3 sks

PAUD 505 Pendidikan Sains dan Matematika Anak Usia Dini

3 sks

PAUD 506 Perkembangan Anak Usia Dini 3 sks

PPS 599 Tesis 8 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 3 sks

PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

PPS 402 Psikologi Pendidikan* 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

10. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN SEJARAH a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Berperilaku profesional yang dilakukan dengan mengimple-mentasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 51

2) Mengembangkan pendidikan sejarah yang berbasis sikap masyarakat Indonesia multietnis agar dapat melestarikan budaya dan karakter bangsa Indonesia

3) Mengembangkan pendidikan sejarah melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan handal.

4) Melaksanakan pembelajaran sejarah di perguruan tinggi dengan menggunakan berbagai model dengan memanfaatkan perkembangan teknologi

5) Menemukan teori/konsep, metode, dan strategi baru untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan sejarah dengan menggunakan pendekatan inter dan multidisipliner

6) Mengimplementasikan pengetahuan yang dikuasai untuk memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran sejarah di Indonesia

7) Melakukan riset pendidikan sejarah yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan yang mendapat pengakuan nasional dan internasional

8) Mengelola hasil riset dan pengembangan pendidikan sejarah serta mempublikasikanya agar bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks

PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPS 503 Statistika I 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

PS 501 Evaluasi, Proses dan Hasil 3 sks

52 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS Belajar Sejarah

PS 502 Disain Pembelajaran Sejarah 3 sks

PS 503 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sejarah

3 sks

PS 504 Sejarah Lokal 3 sks

PS 505 Sejarah Kontemporer 3 sks

PS 506 Filsafat dan Metodologi Sejarah 3 sks

PPS 599 Tesis 8 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 3 sks

PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

PPS 402 Psikologi Pendidikan* 3 sks

PS 401 Sejarah Indonesia** 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 53

11. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN DASAR a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan negara, bangsa serta masyarakat luas.

2) Memecahkan berbagai masalah dengan mengimplementasikan teori pendidikan, manajemen, bahasa, matematika, IPS, dan IPA untuk menghasilkan solusi yang akurat dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan pembelajaran di pendidikan dasar menggunakan pendekatan multidisiplin dan interdisiplin.

3) Merancang dan mengimplementasi keilmuan pendidikan, pendidikan, manajemen, bahasa, matematika, IPS dan IPA dalam menangani masalah Pendidikan Dasar melalui berbagai metode penelitian dan menggunakan pendekatan multidisiplin serta interdisiplin dalam menemukan solusi terbaru.

4) Mengembangkan model-model pembelajaran terbaru untuk pengajaran di pendidikan dasar dengan mengimplementasikan aspek psikologis dan sosial sesuai dengan karakter peserta didik dan lingkungannya secara fleksibel dan akurat.

5) Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran di pendidikan dasar sesuai dengan kebutuhan era global.

6) Mengevaluasi dan mengembangkan solusi dalam pemecahan masalah pengajaran di pendidikan dasar yang akomodatif dengan memanfaatkan berbagai pendekatan multidisiplin dan interdisiplin untuk pemecahan masalah serta dipublikasikan.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPs 501 Filsafat Ilmu I 3 sks

54 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

PPs 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPs 503 Statistika I 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

DIKDAS 501 Manajemen Pendidikan Dasar 3 sks

DIKDAS 502 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar

3 sks

DIKDAS 503 Pembelajaran IPA dan Matematika Pendidikan Dasar

3 sks

DIKDAS 504 Pembelajaran Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar

3 sks

DIKDAS 505 Pembelajaran IPS dan PKN Pendidikan Dasar

3 sks

DIKDAS 506 Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Dasar

3 sks

PPs 599 Tesis 8 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPs 504 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 3 sks

PPs 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPs 401 Psikologi Pendidikan* 3 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 55

KODE MATA KULIAH SKS

PPs 402 Landasan Kependidikan* 3 sks

DIKDAS 401 Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar**

3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi 12. PROGRAM MAGISTER LINGUISTIK TERAPAN

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) 1) Mengembangkan ilmu pengetahuan penterjemahan dalam

menghasilkan karya inovatif yang teruji, dengan tetap menjujung tinggi norma agama, sosial dan kode etik profesi, bertanggung jawab, serta jujur yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

2) Mengembangkan berbagai konsep, metode, paradigma Penterjemahan, dan analisis bahasa melalui penelitian di bidang penterjemah untuk optimalisasi terjemahan.

3) Pengembangan metode penelitian dan peralatan analisis kuantitatif dan kualitatif yang relevan dengan optimalisasi kinerja penterjemah secara efektif dan efisien.

4) Kemampuan menganalisis kebutuhan penterjemahan bahasa dalam rangka disain perencanaan sumber daya yang efektif bagi untuk meningkatkan kualitas, produktivitas.

5) Kemampuan menganalisis dan mendisain perencanan kebutuhan sumberdaya penterjemahan yang berkualitas, melalui berbagai metode pendekatan multidisiplin untuk mencapai efektivitas kinerja setingkat nasional maupun multinasional.

6) Kemampuan menguasai berbagai pendekatan konsep hubungan penterjemahan dalam rangka pengambilan keputusan tentang tenaga penterjemah yang akomodatif, transparan dalam organisasi profesi, dan pemerintah.

56 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

7) Kemampuan menerapkan metode dan/atau teknik inovatif dalam rangka meminimalisir permasalahan penterjemahan untuk meningkatkan daya saing berkelanjutan pada tataran nasional, regional serta global.

8) Penguasaan konsep, teori, metode evaluasi perencanaan penterjemahan untuk menghasilkan terjemahan yang efektif profesional.

9) Kemampuan mengkoordinir, peneliti dan bekerjasama dalam team work secara solid untuk mengelola aktivitas penterjemahan pada lingkungan kerja yang uncertainty, kompleks, dan dinamis.

10) Kemampuan untuk mengelola konflik melalui kualitas manajerial yang baik dalam menghadapi dinamika perubahan dan tantangan penyelenggaran profesi penterjemah pada skala nasional dan global.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks

PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks

PPS 503 Statistika I 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

LT 501 Teori dan Masalah Terjemahan 3 sks

LT 502 Semantik dan Pragmatik 3 sks

LT 503 Kritik Terjemahan 3 sks

LT 504 Penyuntingan dan Penerbitan 3 sks

LT 505 Analisis Kontrastif 3 sks

LT 506 Praktik Terjemahan 3 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 57

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 599 Tesis 8 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

LT 507 Psikologi Komunikasi 3 sks

LT 508 Kajian Lintas Budaya 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

LT 401 Bahasa Indonesia untuk Terjemahan

3 sks

LT 402 Linguistik Terapan 3 sks

13. PROGRAM MAGISTER BIMBINGAN KONSELING a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Memanfaatkan penemuan-penemuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan, psikologi, sosiologi, dan bimbingan konseling, sebagai dasar penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling.

2) Menerapkan keterampilan konsultasi, kolaborasi, mediasi, advokasi dan resolusi konflik yang adaptif dan transformatif dalam penyelesaian masalah.

3) Memiliki perspektif multikultur sebagai upaya aktif untuk mendorong terjadinya transformasi sosial.

4) Menguasai landasan filosofis, pendidikan, psikologi, sosiologi yang mendasari praksis bimbingan dan konseling.

58 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

5) Menguasai kerangka teori dan praktik bimbingan dan konseling.

6) Mampu merancang program BK berdasarkan hasil asesmen.

7) Mempraktikkan kemahiran berbahasa dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis.

8) Mampu mengaplikasikan pendekatan-pendekatan dalam layanan konseling individu pada bidang pribadi-sosial, akademik, dan karir.

9) Mampu mengaplikasikan keterampilan-keterampilan dan dinamika kelompok dalam layanan konseling kelompok pada bidang pribadi-sosial, akademik, dan karir.

10) Mampu mengaplikasikan metode-metode psiko-edukasi yang berpusat pada siswa (student centered learning) dalam layanan bimbingan kelompok dan klasikal pada bidang pribadi-sosial, akademik, dan karir.

11) Mampu berpikir secara sistematis dalam mencari dan mengevaluasi pengetahuan melalui kemampuan berpikir kritis, inkuiri dan penelitian.

12) Mampu mengevaluasi pelaksanaan program sebagai dasar pengembangan program bimbingan dan konseling.

13) Memperlihatkan kesadaran etis dan legal dalam bekerja.

14) Membina hubungan antar pribadi dalam bekerja.

15) Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling.

16) Mengimplementasikan kolaborasi antarprofesi.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

17260002 Filsafat Ilmu 2 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 59

KODE MATA KULIAH SKS

17260013 Metodologi Penelitian dalam Bimbingan Konseling 3 sks

17260022 Statistika 2 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

17260042 Isu-isu Multikultural dalam Bimbingan Konseling 2 sks

17260053 Teori-teori Konseling 3 sks

17260062 Asesmen dalam Bimbingan Konseling 2 sks

17260072 Pengembangan Sistem Manajemen dalam Bimbingan Konseling 2 sks

17260092 Bimbingan Kelompok 2 sks

17260113 Evaluasi dan Supervisi Bimbingan Konseling 3 sks

17260123 Konseling Multikultur 3 sks

17260132 Pengembangan Karir 2 sks

17260083 Konseling Kelompok 3 sks

17260142 Etika dan Pengembangan Identitas Profesional Konselor 2 sks

10064000 Ujian Komprehensif 0 sks

10063001 Seminar Usulan 1 sks

10063013 Program Pengalaman Lapangan 3 sks

10064016 Tesis 6 sks

60 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

17260033 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 3 sks

17260103 Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

17150012 Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling

2 sks

11250802 Model-Model Konseling 2 sks

11250982 Psikologi Kepribadian 2 sks

00030022 Bahasa Inggris 2 sks

14. PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) :

1) Memiliki jiwa kepemimpinan managerial yang visioner, profesional, dan responsif terhadap dinamika lingkungan bisnis global.

2) Memiliki rasa percaya diri, kemampuan membina hubungan, memimpin kelompok, memiliki keinginan dan kemampuan untuk terus berkembang.

3) Memiliki keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan managerial dalam lingkup strategis dan fungsional secara sistematis.

4) Memiliki keterampilan berkarya berdasarkan ilmu manajemen global mutakhir dengan adaptasi praktek bisnis lokal dan dilandasi dengan nilai-nilai etika bisnis.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 61

5) Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah manajemen strategik, divisional atau unit bisnis, dan fungsional pada bisnis praktis dalam rangka meningkatkan daya saing dan kinerja perusahan.

6) Mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu-ilmu manajemen sains secara terintegrasi dibidang keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan operasional, manajemen strategik, bisnis internasional dan kewirausahaan dengan pendekatan metode ilmiah secara kuantitatif maupun kualitatif.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

MKD-607 Kepemimpinan 3 sks

MKF-604 Manajemen Strategik 3 sks

MKD-605 Metode Penelitian Bisnis 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS MKD-608 Manajemen Keuangan 3 sks

MKF-604 Manajemen Pemasaran 3 sks

MKD-605 Manajemen Sumber Daya Manusia 3 sks

MKK-60A** Mata Kuliah Konsentrasi 1 3 sks

MKK-60B** Mata Kuliah Konsentrasi 2 3 sks

MKK-60C** Mata Kuliah Konsentrasi 3 3 sks

MMT-627 Tesis/Topik Khusus* 10 sks

MKD-608 Manajemen Keuangan 3 sks

MKF-604 Manajemen Pemasaran 3 sks

62 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

MKD-605 Manajemen Sumber Daya Manusia 3 sks

MKK-60A** Mata Kuliah Konsentrasi 1 3 sks

MKK-60B** Mata Kuliah Konsentrasi 2 3 sks

MKK-60C** Mata Kuliah Konsentrasi 3 3 sks

MMT-627 Tesis/Topik Khusus* 10 sks

* Tesis dapat bersifat kuantitatif, dan bagi Tesis yang bersifat kualitatif (business project) harus malakukan topik khusus terlebih dahulu.

** Kode dan nama mata kuliah sesuai konsentrasi yang di pilih (lihat tabel mata kuliah konsentrasi)

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

MKF-601 Manajemen Operasional 3 sks

MKD-606 Metode Kuantitatif 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PRA-601 Ekonomi Mikro & Makro 3 sks

PRA-602 Bisnis & Manajemen 3 sks

PRA-603 Akuntansi Keuangan 3 sks

PRA-604 Statistik Induktif & Aplikasi Komputer

3 sks

* Kepribadian Managerial & Table Manner merupakan mata kuliah soft skils 0 SKS yang wajib di ikuti (table manner, managerial behaviour, style & performance).

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 63

15. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) :

1) Menerapkan konsep dan teori pendidikan teknologi dan kejuruan untuk mengembangkan proses dan model pembelajaran yang inovatif dan produktif.

2) Mengaplikasikan pendekatan dan evaluasi pembelajaran yang sesuai untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan.

3) Mengelola penelitian dan menyusun laporan hasil penelitian berdasarkan analisis data dan informasi serta mengkomu-nikasikannya secara efektif dan akuntabel.

4) Menganalisis berbagai implementasi kebijakan di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan untuk menemukan kendala dan mencari alternatif pemecahannya.

5) Merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan pengelolaan pendidikan teknologi dan kejuruan berdasarkan prinsip-prinsip manajemen profesional untuk mendapatkan hasil yang optimal.

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

50061003 Filsafat Ilmu 3 sks

50061013 Metodologi Penelitian Pendidikan dan Statistika

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

50061023 Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan 3 sks

64 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

50061033 Orientasi baru dalam Psikologi Pendidikan Vokasi 3 sks

50061043 Landasan Pendidikan Vokasi 3 sks

50061053 Pengembangan Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Kejuruan dan Vokasi

3 sks

50062003 Kebijakan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi 3 sks

50063000 Bahasa Inggris 0 sks

50061023 Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan 3 sks

50061033 Orientasi baru dalam Psikologi Pendidikan Vokasi 3 sks

50061043 Landasan Pendidikan Vokasi 3 sks

50061053 Pengembangan Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Kejuruan dan Vokasi

3 sks

50062003 Kebijakan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi 3 sks

50063000 Bahasa Inggris 0 sks

50061023 Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan 3 sks

50061033 Orientasi baru dalam Psikologi Pendidikan Vokasi 3 sks

* Tesis dapat bersifat kuantitatif, dan bagi Tesis yang bersifat kualitatif (business project) harus malakukan topik khusus terlebih dahulu.

** Kode dan nama mata kuliah sesuai konsentrasi yang di pilih (lihat tabel mata kuliah konsentrasi)

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 65

3) Kompetensi Peminatan/ Keahlian a) Teknik Elektro

KODE MATAKULIAH SKS

51262003 Komputasi Numerik 3 sks

51262013 Energi Baru dan Terbarukan 3 sks

51262023 Sistem Kontrol Penggerak Listrik 3 sks

51262033 Aplikasi Multimedia Pendidikan Kejuruan 3 sks

51263003 Aplikasi Elektronika Daya* 3 sks

51263013 Ekonomi Manajemen Energi* 3 sks

61263023 Aplikasi dan Simulasi Sistem Penguat Operasional* 3 sks

b) Teknik Elektronika dan Telekomunikasi

KODE MATAKULIAH SKS

52562003 Sistem Telekomunikasi 3 sks

52562013 Sistem Mikroprosesor dan Robotika 3 sks

52562023 Perancangan Jaringan Komunikasi 3 sks

52562033 Pengolahan Sinyal Digital 3 sks

52563003 Sistem Opto Elektronik* 3 sks

52563013 Sistem Antena dan Propagasi Gelombang* 3 sks

52563023 Komunikasi Nirkabel* 3 sks

c) Teknik Mesin

KODE MATAKULIAH SKS

53662003 Struktur dan Sifat Material 3 sks 66 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATAKULIAH SKS

53662013 Teknologi Manufaktur 3 sks

53662023 Teknologi Konversi energi 3 sks

53662033 Perancangan Sistem Mekanik 3 sks

53663003 Komputasi dan Pemodelan* 3 sks

53663013 Otomasi Manufaktur* 3 sks

53663023 Motor Bakar* 3 sks

d) Teknik Sipil

KODE MATAKULIAH SKS

54462003 Manajemen Aset Infrastruktur 3 sks

54462013 Forensik Struktur 3 sks

54462023 Sistem Pengelolaan Bangunan 3 sks

54662033 Analisa dan Rekayasa Bahan bangunan 3 sks

54663003 Manajemen Bangunan ramah Lingkungan* 3 sks

54463013 Rekayasa Nilai* 3 sks

54463023 Analisa Teknoekonomi* 3 sks

e) Teknologi Informasi dan Komunikasi

KODE MATAKULIAH SKS

52462003 Perencanaan Strategis Sistem Informasi 3 sks

52462013 Perancangan dan Implementasi Inftrastruktur Teknologi Informasi 3 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 67

KODE MATAKULIAH SKS

52462023 Sistem Informasi Basis Data Berorientasi Objek 3 sks

52462033 Pengembangan Web Interprise 3 sks

52463003 Perancangan Sistem informasi Berbasis Institusi* 3 sks

52463013 Interaksi Manusia dan Komputer* 3 sks

52463023 Multimedia Indexing dan Retrieval* 3 sks f) Tata Boga dan Hospitality

KODE MATAKULIAH SKS

55562003 Kebudayaan dan Pengolahan Makanan 3 sks

55562013 Manajemen Hospitality 3 sks

55562023 Manajemen Jasa Boga 3 sks

55562033 Gizi Institusi 3 sks

55563003 Makanan Sehat* 3 sks

55563013 Pengembangan Kuliner* 3 sks

55563033 Pengelolaan Jasa Boga untuk Kebutuhan Khusus* 3 sks

g) Teknologi Rias dan Kosmetika

KODE MATAKULIAH SKS

55762003 Teknologi Kosmetika 3 sks

55762013 Analisis Kosmetika 3 sks

55762023 Teknologi Perawatan dan 3 sks

68 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATAKULIAH SKS Kecantikan

55762033 Sosio Budaya Tata Rias 3 sks

55762003 Farmakognosa 3 sks

55762013 Teknologi Spa dan Terapi 3 sks

55762023 Teknologi Make-up Khusus 3 sks

h) Manajemen Fesyen

KODE MATAKULIAH SKS

55662003 Sosio dan Budaya Fesyen 3 sks

55662013 Kebijakan dan Pengembangan Industri Fesyen 3 sks

55662023 Marketing Fesyen 3 sks

55662033 Psikologi Fesyen dan Perilaku Konsumen 3 sks

55663003 Manajemen Industri Fesyen 3 sks

55663013 Desain Produk Fesyen 3 sks

55663023 Rekayasa Busana Khusus 3 sks

i) Technopreneurship dan inovasi

KODE MATAKULIAH SKS

56162003 Model, Perencanaan Bisnis dan Technopreneurship 3 sks

56162013 Teknologi dan Inovasi Bisnis 3 sks

56162023 Manajemen Keuangan 3 sks

56162033 Manajemen Strategik 3 sks

56163003 Manajemen Sumber Daya 3 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 69

KODE MATAKULIAH SKS Manusia*

56163013 Penelitian Pemasaran* 3 sks

56163023 Kepemimpinan Berkelanjutan* 3 sks

16. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN BIOLOGI a. Standar Konpetensi Lulusan (Program Learning Outcome-PLO)

1) Mampu menguasai konsep-konsep psikologi belajar. 2) Mampu menguasai teknologi pembelajaran biologi. 3) Mampu menguasai metode evaluasi pembelajaran biologi. 4) Mampu menguasai Konsep Biologi Sel sebagai struktur dan fungsi

dasar kehidupan. 5) Mampu menguasai konsep dasar molekuler dan penerapannya

dalam Bioteknologi. 6) Mampu menguasai konsep-konsep biokimia adaptasi. 7) Mampu menguasai konsep-konsep biodiversitas. 8) Mampu menguasai materi psikologi biologi (biological psychology) 9) Mampu menguasai materi “neuro sciences”. 10) Mampu melaksanakan praktikum laboratorium untuk materi biologi. 11) Mampu mengimplementasikan semua kemampuan di atas dalam

suatu penelitian ilmiah yang dituangkan dalam bentuk tesis pendidikan biologi.

12) Mampu melakukan penelitian dan mempresentasikannya di tingkat nasional.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

30082013 Statistika 3 sks

70 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

30081013 Filsafat Ilmu 3 sks

30082023 Metodologi Penelitian 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

34181024 Desain Sistem Instruksional 4 sks

34182014 Genetika Molekuler dan Bioteknologi

4 sks

34182024 Pengukuran dan Evaluasi dalam Pembelajaran Biologi

2 sks

34181014 Fisiologi dan Perkembangan 4 sks

341831042 Media Pembelajaran 2 sks

34182033 Ekologi, Lingkungan dan Konservasi

3 sks

Pilihan 1 *) 2 sks

Pilihan 2 *) 2 sks

30083042 Seminar Pra Tesis 2 sks

30084024 Tesis 4 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

34182042 Isu-Isu Kontemporer Biologi dan Pembelajaran Biologi

2 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 71

4) Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS

34183022 Neuroscience 2 sks

34183032 Biodiversitas 2 sks

34183042 Mikroba Patogen Tumbuhan 2 sks

34183012 Teknologi Informatika dalam Pembelajaran Biologi

2 sks

34181052 Neuropsikologi Pendidikan 2 sks

17. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA

a. Standar Konpetensi Lulusan (Program Learning Outcome-PLO)

1) Memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang mendalam tentang pendidikan kimia.

2) Mampu melakukan penelitian akademis dengan perspektif global yang sesuai dengan bidang pendidikan kimia melalui metode, teknik dan alat yang tepat.

3) Mampu menunjukkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking) berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam pemecahan masalah-masalah pendidikan.

4) Memiliki pemahaman dan ketrampilan yang kreatif dan inovatif dalam melakukan kegiatan berbasis masalah yang terdapat di masyarakat.

5) Mampu mengkomunikasikan informasi, ketrampilan dan pengetahuan sehubungan dengan penelitian kimia dan pendidikan kimia kepada masyarakat luas.

6) Mampu mengintegrasikan teknologi informasi dalam pembelajaran kimia.

7) Memiliki tanggung jawab dan kepekaan sosial terhadap masalah-masalah yang timbul dimasyarakat.

8) Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah penelitian secara profesional dengan integritas intelektual, etik dan ilmu pengetahuan.

72 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

9) Memiliki kemampuan untuk melakukan kajian secara mandiri, dan mendesiminasikan pengetahuan dan ketrampilan yang baru.

10) Mampu mengelola kegiatan, memiliki jiwa kewirausahaan 11) Memiliki jiwa kepemimpinan, dan menghargai keputusan bersama.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

30082013 Statistika Pendidikan 3 sks

30081013 Filsafat Ilmu 3 sks

30082023 Metodologi Penelitian 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

33181023 Analisis Pembelajaran Kimia dan Penerapannya

3 sks

33181023 Eksplorasi Konsep-Konsep Penting dalam Kimia

4 sks

33181043 Orientasi Baru dalam Pendidikan 2 sks

33183013 Isu-isu terkini dalam Pendidikan Kimia

4 sks

33182023 Pengukuran dan Evaluasi dalam Pendidikan Kimia

3 sks

33182013 Desain Sistem Intruksional 3 sks

33182033 Miskonsepsi dalam Pembelajaran Kimia

3 sks

30083012 Seminar Pra Tesis 2 sks

30084024 Tesis 4 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 73

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS 33181033 Teknologi Informasi dalam

Pembelajaran Kimia 2 sks

30081013 Filsafat Ilmu 3 sks

30082023 Metodologi Penelitian 3 sks

4) Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS

33183022 Perkembangan ilmu-ilmu hayati*) 2 sks

34183032 Sistem Dinamis dalam Ilmu Kimia*)

2 sks

33183022 Perkembangan ilmu-ilmu hayati*) 2 sks

18. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Mampu menjadi pendidik yang mengembangkan Pembelajaran Matematika yang lebih kreatif dan inovatif di berbagai jenjang pendidikan.

2) Mampu melaksanakan penelitian di bidang Pendidikan Matematika. 3) Mampu mempresentasikan karya ilmiah yang dibuat pada tingkat

nasional maupun internasional. 4) Mampu bekerjasama secara multi disiplin dalam memecahkan

permasalahan di bidang Pendidikan sesuai bidang keilmuannya. 5) Fleksibel dalam menyikapi, mengadaptasi dan menerapkan

pembelajaran mengikuti perkembangan Kurikulum Pendidikan Matematika.

6) Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran sebagai guru atau dosen Pendidikan Matematika.

7) Mampu menguasai dan menerapkan beragam tehnik evaluasi dan assesmen dalam proses Pendidikan Matematika.

74 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

8) Mampu menguasai dan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses Pendidikan Matematika.

b. Mata Kuliah 1) Kompetesi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

30081033 Sejarah dan Filsafat Matematika 3 sks

30081053 Statistik Penelitian 3 sks

30082033 Metode Penelitian 3 sks

2) Kompetensi Utama KODE MATA KULIAH SKS

31382033 Desain Pembelajaran Matematika 3 sks

31382013 Perkembangan dan Problematika Pendidikan Matematika

3 sks

31382052 Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran 2 sks

31381023 Analisis Real 3 sks

31382073 Struktur Aljabar 3 sks

31382093 Statistik Matematika 3 sks

31383012 Berpikir Matematika Tingkat Tinggi*) 2 sks

31383022 Matematika Diskret*) 2 sks

31382062 Pemodelan Matematika*) 2 sks

31382022 Pembelajaran Matematika Realistik*) 2 sks

31382042 Pembelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris*)

2 sks

30083042 Seminar Proposal Tesis 2 sks

30084024 Tesis 4 sks

*) memilih 2 mata kuliah dari 5 mata kuliah tersedia

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 75

3) Kompetensi Pendukung KODE MATA KULIAH SKS

31381012 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 2 sks

31383032 Media dan TIK dalam Pembelajaran Matematika 2 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS 00052141 Landasan Kependidikan* 2 sks

00052142 Sistem Pendidikan*) 2 sks

00052143 Perkembangan Peserta Didik*)

* Mata kuliah Landasan Kependidikan wajib diambil, *) Memilih 1 dari 2 alternatif mata kuliah yang tersedia

19. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN FISIKA

a. Standar Kompetensi Lulusan ( Program Learning Outcomes-PLO) 1) Mampu melaksanakan penelitian bidang pendidikan Fisika dan

praktek yang inovatif. 2) Mampu memecahkan permasalahan di bidang pendidikan Fisika

melalui pendekatan multi disipliner. 3) Menulis dan mempresentasikan karya ilmiah ditingkat nasional dan

internasional. 4) Menguasai kurikulum pendidikan Fisika. 5) Mengembangkan perangkat pembelajaran sebagai dosen Pendidikan

Fisika. 6) Melaksaanakan pembelajaran yang menduduk di SMA dan PT. 7) Menguasai isu-isu Pendidikan Fisika di masyarakat. 8) Memberi informasi dan komunikasi tentang layanan Pendidikan Fisika

dalam masyarakat dan penentu kebijakan

76 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

30081013 Filsafat Ilmu 3 sks

32181033 Statistika Terapan Dalam Pendidikan

3 sks

30082023 Metodologi Penelitian Pendidikan 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

32182013 Desain dan Implementasi kurikulum Pendidikan fisika

3 sks

32181043 Model-model Pembelajaran 3 sks

32181013 Evaluasi Dalam Pendidikan Fisika 3 sks

32181024 Mekanika Lanjut 3 sks

32183013 Isu-Isu Terkini Dalam Pendidikan Fisika

2 sks

32182043 Elektrodinamika 3 sks

32181053 Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Fisika

3 sks

32181024 Mekanika Lanjut 4 sks

30083032 Pra Tesis 2 sks

30084924 Tesis 4 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

32181062 Pengembangan Media Pembelajaran 2 sks

32183022 Instrumentasi Dalam Pendidikan Fisika 2 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 77

20. PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes):

1) Lulusan Program studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (PM-PBI)

2) Menguasai dan mengembangkan teori dan kajian tentang pendidikan bahasa Inggris.

3) Memiliki keterampilan sebagai pengembang kurikulum, materi, evaluasi, serta kebijakan dalam bidang pendidikan bahasa Inggris atau bidang-bidang lain yang relevan.

4) Memiliki keterampilan merencanakan dan mengelola program pelatihan/pendidikan bahasa Inggris di berbagai jenjang dan jenis pendidikan serta kelompok usia termasuk untuk homeschooling;

5) Memiliki keterampilan meneliti dan menerapkan hasil karya ilmiahnya untuk memberikan layanan penddikan bahasa Inggris bermutu dan berpartisipasi aktif dalam publikasi karya ilmiah pada tingkat nasional dan internasional

6) Memiliki kemampuan mengembangkan profesionalismenya secara mandiri dan berkelanjutan

7) Memiliki kemampuan bekerjasama di bidang pendidikan bahasa Inggris dengan instansi lain

b. Mata Kuliah

1. Kompetensi Umum KODE MATA KULIAH SKS

ING-2101 Philosophy of Science 3 SKS

ING-2302 English Language Education Management

3 SKS

2. Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

ING-2102 Critical Literacy 3 SKS

ING-2301 Evaluation and Assessment 3 SKS

ING-2103 Language Acquisition and Foreign Language Teaching

3 SKS

78 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

ING-2203 Discourse Analysis 3 SKS

ING-2204 Curriculum and Materials Development

3 SKS

ING-2303 Thesis 8 SKS

3. Kompetensi Pendukung KODE MATA KULIAH SKS

ING-2104 ICT and TEFL Methodology 3 SKS

ING-2201 Research Methodology in English Language Education

3 SKS

ING-2202 Statistics in English Language Education

3 SKS

4. Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PS 701 English Language Teaching Methodology

3 SKS

PS 702 Assessment and Evaluation 3 SKS

5. Mata Kuliah Pilihan KODE MATA KULIAH SKS

ING-2304 Approaches to Grammar for Language Educators

3 SKS

ING-2305 Academic Writing 3 SKS

ING-2306 Translation for Language Teaching and Learning

3 SKS

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 79

C. KURIKULUM PROGRAM DOKTOR 1. Komponen Kurikulum

Komponen kurikulum program Doktor terdiri atas:

a. Mata kuliah Kompetensi Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum merupakan pengetahuan yang harus dikuasai oleh setiap peserta Program Doktor dari seluruh program studi.

b. Mata kuliah Kompetensi Utama adalah kelompok bahan kajian yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.

c. Mata kuliah Kompetensi Pendukung adalah kelompok bahan kajian yang bertujuan mendukung penguasaan kompetensi utama. Khusus Program Doktor kependidikan kompotensi pendukung merupakan kelompok bidang kajian yang mendukung pembentukan kompetensi profesional bidang pendidikan.

d. Mata kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok mata kuliah kompetensi utama dan pendukung dengan bobot 6 – 9 sks. Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.

e. Mata kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program non-kependidikan. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan selanjutnya. Mata kuliah matrikulasi bagi program studi non-kependidikan adalah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program studi yang tidak sebidang dengan program studi tersebut.

f. Disertasi adalah hasil karya ilmiah berdasar pada hasil studi penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan dengan persyaratan metodologi disiplin ilmu yang ada pada program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah, dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

80 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

2. Mata Kuliah Umum

a. Mata Kuliah Umum, sebagaimana telah disinggung sebelumnya, merupakan kegiatan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang epistemologi keilmuan, prosedur, dan substansi penulisan disertasi, serta wacana untuk pengembangan gagasan dan penyusunan usulan disertasi.

b. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melak-sanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor.

c. Mata kuliah umum merupakan pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.

d. Mata kuliah umum adalah:

Filsafat Ilmu II (3 sks) Mata kuliah ini merupakan pendalaman dari Filsafat Ilmu I yang ber-tujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan sejarah perkembangan ilmu, hakikat ilmu,dan hakikat kebenaran, implementasi berpikir ilmiah, melalui pengembangan metode-metode dalam memperkaya khasanah penalaran, ekstrapolasi berpikir, psikodelik (extension of the mind), memperluas wawasan ilmu, dan menumbuhkan “pelatuk” spirit inovasi (to trigger the spririt of innovation).

Mata kuliah ini berisi landasan sejarah dan perkembangan serta hakikat ilmu; perluasan wawasan tentang epistemologi, ontologi, dan aksiologi serta kaitannya dengan teknologi, kebudayaan, dan pendidikan; pengembangan ilmu dalam peradaban manusia; pengembangan ilmu sebagai titik puncak perkembangan manusia (the ascent of man). Mata kuliah ini bertujuan memberi landasan filosofi dan teori dalam penyusunan disertasi.

Metodologi Penelitian Lanjutan (3 sks)

Metodologi Penelitian Lanjutan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam memilih metode yang sesuai dengan karakteristik masalah yang digunakan untuk menarik kesimpulan, dan mengembangkan pengetahuan ilmiah melalui kegiatan penelitian.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 81

Mata kuliah ini membahas konsep secara mendalam dan aplikasinya tentang berbagai jenis penelitian, desain penelitian, langkah-langkah penelitian kuantitatif dan kualitatif, populasi dan sampel, instrumentasi beserta validasinya. Aplikasi berbagai teknik analisis statistika seperti analisis jalur, korelasi multipel, analisis varians dan analisis kovarians, analisis diskriminan, korelasi kanonikal, dan manova, serta analisis faktor. Konsep penelitian kualitatif yang mencakup prosedur action research, research & development steps, dan teknik penulisan ilmiah, sehingga melalui penguasaan materi tersebut mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data kualitatif, pemeriksaan keabsahan data serta pengumpulan data disertasi secara efektif dan variatif yang relevan dengan kekhususan di bidang program studinya.

Statistika II

Mata kuliah Statistika II bertujuan membekali mahasiswa agar dapat mengolah data secara deskripstif dan inferensial; menyajikan data dan menyimpulkan hasil pengujian hipotesis yang digunakan sebagai metode penelitian dalam disertasi.

Mata kuliah ini membahas pengertian data dan sumber data; pengolahan data melalui statistika inferensial untuk pengujian hipotesis serta pengambilan kesimpulan dari pengujian hipotesis, analisis path, korelasi multipel, analisis diskriminan, analisis varians dan analisis kovarians, serta penggunaan paket program statistika untuk analisis melalui komputer termasuk SPSS, BILOG-M, LISREL, M-PLUS, WINSTEP dan FACETS.

3. Mata Kuliah Pendukung

Mata Kuliah Pendukung adalah pengetahuan dasar yang mem-bentuk kemampuan lulusan dalam profesi kependidikan yang sesuai dengan program doktor yakni:

1) Membentuk kemampuan dasar mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu atau profesinya melalui penelitian.

2) Membentuk kemampuan melakukan pendekatan interdisipliner bagi penerap-an keahliannya secara profesional.

82 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

3) Mata kuliah Kompetensi Pendukung adalah mata kuliah yang merupa-kan pengetahuan yang mendukung kompetensi utama dan harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor kependidikan dari seluruh program studi kependidikan.

Isu-isu Kritis dalam Pendidikan ( 3 SKS)

Mata kuliah Isu-isu Kritis dalam Pendidiakan bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dinamika perkembangan pendidikan dalam proses perkembangan masyarakat negara dan bangsa, terutama negara dan bangsa Indonesia.

Mata kuliah ini membahas tentang isu-isu sentral pendidikan baik isu-isu masa lalu (old issues), sekarang (current issues), dan isu masa depan (future issues) pada tingkat mikro dan makro serta nasional dan internasional, memahami kedudukan strategis hal-hal tentang isu-isu yang bertentangan (controversial issues), dalam masyarakat pendidikan seperti isu-isu tentang kurikulum dan isu-isu tentang peranan dan kedudukan tenaga kependidikan dalam menjamin terlaksananya sistem kurikulum dan peningkatan mutu pendidikan.

Orientasi Baru dalam Pedagogik (3 SKS)

Mata kuliah Orientasi Baru dalam Pedagogik bertujuan agar mahasiswa dapat memahami perkembangan konsep pedagogik kontemporer karena dampak globalisasi, demokratisasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi. Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan konsep pedagogik kontemporer, kajian kaitan pedagogik dan filsafat manusia posmo-dernisme, teori kritik sosial, humanisme pembebasan, perjumpaan kon-sep pedagogik kontinental dengan pragmatisme Amerika Utara, penga-ruh psikologi modern, dan pedagogik serta andragogik, pengaruh globalisasi dalam pendidikan dengan munculnya comparative educa-tion, multiculturalisme. Selanjutnya, sebagai ilmu praksis, kaitan peda-gogik dengan ilmu-ilmu kognitif, antropologi, dan ilmu politik.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 83

4. Mata Kuliah Matrikulasi Bagi mahasiswa yang berasal dari program nonkependidikan diwajibkan mengikuti mata kuliah matrikulasi. Mata kuliah matrikulasi terdiri atas dua jenis, yaitu matrikulasi kependidikan yang diselenggarakan oleh PPs dan mata kuliah matrikulasi Program Studi yang dilaksanakan oleh setiap program studi yang mencirikan dasar keilmuan program studi.Matrikulasi program studi diselenggarakan oleh Program Studi pada semester gasal.

5. Disertasi

Disertasi merupakan bagian dari kompetensi utama dengan bobot 15 sks yang terdiri dari:

a. Verifikasi Topik Disertasi

b. Seminar Proposal

c. Seminar Kelayakan Disertasi

d. Ujian Tertutup

e. Ujian Terbuka (Promosi Doktor)

D. STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM DOKTOR

1. PROGRAM DOKTOR TEKNOLOGI PENDIDIKAN

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) 1) Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni

baru di dalam bidang Teknologi Pendidikan atau praktik professional melalui riset, hingga menghasilkan karya, kreatif, original, teruji.

2) Mampu mengembangkan sistem atau model pembelajaran dan pelatihan untuk digunakan pada lembaga pemerintah dan dunia bisnis industri.

3) Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni dalam Teknologi Pendidikan melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner dan transdisipliner.

4) Mampu memimpin, mengelola dan mengevaluasi pengembangan Teknologi Pendidikan secara profesional.

84 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

PPS 703 Statistika II 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

TP 701 Kecederungan dalam Teknologi Pendidikan 3 sks

TP 702 Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar 3 sks

TP 703 Difusi dan Inovasi Pendidikan 3 sks

TP 704 Teori, Model dan Keputusan dalam Teknologi Pendidikan 3 sks

TP 705 Evaluasi Program 3 sks

TP 706 Pengembangan Sistem Pembelajaran 3 sks

TP 707 Sistem Informasi Manajemen 3 sks

PPS 799 Disertasi 14 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 85

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan* 3 sks

PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks

TP 601 Disain Pembelajaran** 3 sks

TP 602 Manajemen dalam Teknologi Pendidikan** 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

2. PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN BAHASA a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

2) Memecahkan berbagai masalah dalam mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam ilmu bahasa dan sastra (Indonesia, Inggris, dan Asing).

3) Memcahkan berbagai masalah dalam mengimplementasikan teori pendidikan untuk menghasilkan solusi yang akurat meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan pembelajaran bahasa dengan pendekatan multidisiplin dan interdisiplin.

86 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

4) Merancang dan mengimplementasi keilmuan pendidikan, bahasa dalam menangani masalah Pendidikan Bahasa melalui berbagai metode penelitian dan menggunakan pendekatan multidisplin serta interdisplin dalam menemukan solusi terbaru

5) Mengembangkan model-model pembelajaran terbaru untuk pengajaran bahasa Indonesia, Inggris, dan Asing dengan mengimplementasikan aspek psikologis sesuai dengan karakter peserta didik dan lingkungannya secara fleksibel dan akurat.

6) Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, Inggris, dan Asing sesuai dengan kebutuhan era global.

7) Mengevaluasi dan mengembangkan solusi dalam pemecahan masalah pengajaran bahasa Indonesia, Inggris, dan Asing yang akomodatif dengan memanfaatkan berbagai pendekatakan multidisiplin dan interdisiplin untukpemecahan masalah serta dipublikasikan.

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

PPS 703 Statistika II

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS PB 701 Perkembangan Mutakhir Metodologi

Pengajaran Bahasa 3 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 87

KODE MATA KULIAH SKS B 702 Psikolinguistik dan Pengajaran

Bahasa

3 sks

PB 703 Sosiolinguistik dan Pengajaran Bahasa

3 sks

PB 704 Analisis Wacana dan Pengajaran Bahasa

3 sks

PB 705 Telaah dan Pengajaran Sastra 3 sks

PB 706 Kawasan Penelitian dalam Pendidikan Bahasa

3 sks

PB 607 Penerjemah dalam Pengajaran Bahasa

3 sks

PPS 799 Disertasi 14 sks

4) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks

PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

5) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan* 3 sks

PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks

PB 601 Kurikulum dan Pengembangan Materi Ajar Bahasa**

3 sks

88 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

PB 602 Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra**

3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

3. PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN OLAHRAGA a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Inovasi konsep, teori di bidang pendidikan olahraga melalui penalaran, penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, praktis dan kreatif..

2) Menemukan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan atau teknologi dibidang pendidikan olahraga melalui penelitian ilmiah dengan pendekatan interdisipliner, multidispliner atau transdisipliner yang disusun dalam bentuk disertasi.

3) Mempublikasikan hasil penelitian dibidang pendidikan olahraga pada jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional dan internasional.

4) Mengkomunikasikan pandangan kritis, argumen dan solusi terhadap masalah/isu mutakhir didalam masyarakat yang terkait dengan pendidikan olahraga, yang dapat dipertang-gungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat.

5) Mengembangkan jaringan kerja dengan kolega, sejawat didalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.

6) Menemukan kebaharuan (novelty) yang terkait isu-isu kritis permasalahan pendidikan olahraga yang dapat menghantar-kan perolehan hak kekayaan intelektual (Intellectual Property Right) dibidang pendidikan olahraga.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 89

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

PPS 703 Statistika II 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS POR 701 Pengembangan Metodologi

Latihan 3 sks

POR 702 Analisis Pengembangan Sistem Penjas dan Olahraga

3 sks

POR 703 Mental Training 3 sks POR 704 Perbandingan Sistem Penjas dan

Olahraga 3 sks

POR 705 Pengembangan Profesi Penjas dan Olahraga

3 sks

POR 706 Isu-isu Kritis dalam Manajemen Olahraga

3 sks

POR 707 Dimensi Sosiologis dalam penjas Olahraga

3 sks

PPS 799 Disertasi 14 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

90 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi

Pendidikann* 3 sks

PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan*

3 sks

POR 601 Manajemen Penjas dan Olahraga** 3 sks

POR 602 Azas, Falsafah, Sejarah Penjas dan Olahraga** 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan ** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

4. PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN

LINGKUNGAN HIDUP a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Mengembangkan sistem pembelajaran yang mengacu pada prinsip-prinsip, teori, konsep dan hasil penelitian yang berhubungan dengan ESD secara komprehensif dan transdisiplinnaritas, baik pada pendidikan formal, informal, dan non formal.

2) Mendesain inovasi pembelajaran ESD dengan menerapkan prinsip-prinsip teori dan konsep dan hasil penelitian yang berhubungan dengan karakteristik lingkungan hidup, penduduk, dan PKLH.

3) Menemukan model keunggulan dalam pembelajaran trans-disiplinaritas PKLH dengan tema terkait dengan permasalahan pendidikan, kependudukan, dan lingkungan.

4) Menemukan kebaharuan (novelty) yang terkait isu-isu kritis permasalahn kependiukan dan lingkungan hidup yaitu masalah gender, HAM, multikultural, kesehatan masyarakat, kelestarian lingkungan, pencemaran udara, perubahan iklim, dan mitigasi bencana, serta mengarahkan pada hak kekayaan intelektual (Intelectual Property Rights) baik dalam bentuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 91

5) Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset serta desiminasi hasil-hasil riset di bidang PKLH yang dapat menghantarkan perolehan hak kekayaan intelektual (Intelectual Property Rights) di bidang PKLH.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum KODE MATA KULIAH SKS

PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

PPS 703 Statistika II 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS PKLH 701 Teori-teori Belajar dan Penyusunan

RPP dalam PKLH 3 sks

PKLH 702 Psikologi Lingkungan 3 sks PKLH 703 Manajemen Pendidikan Dalam PKLH 3 sks PKLH 704 Kapita Selekta Dalam PKLH 3 sks PKLH 705 Kependudukan dan Lingkungan

Dalam Sustainable Development 3 sks

PKLH 706 Ekologi Manusia Dalam Transisi Demografi

3 sks

PKLH 707 Sistem Evaluasi Pembelajaran PKLH 3 sks PPS 799 Disertasi 14 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks

92 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan* 3 sks

PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks

PKLH 500 Ekologi Umum** 3 sks

PKLH 501 Isu-isu Perubahan Iklim Global** 3 sks * Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan ** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

5. PROGRAM DOKTOR PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) 1) memilih dan mengembangkan prosedur, instrumentasi, dan metode

interpretasi data untuk menggambarkan fenomena, membangun teori, pengujian hipotesis, dan mengadaptasi teori untuk mengembangkan model-model penilaian, pengukuran, evaluasi program, dan penelitian;

2) memformulasikan ide dan argumen ilmiah melalui penalaran dan penelitian ilmiah dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin atau transdisiplin melalui psikometrika, metode penelitian kualitatif, dan kuantitatif, pengukuran, penilaian, dan evaluasi yang tepat dalam memecahkan masalah, dan atau menemukan kebaharuan (novelty) ilmu pengetahuan;

3) mendesain, mengimplementasi, menganalisis dampak serta efektivitas program untuk mengembangkan model-model evaluasi program/kebijakan; dan

4) mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset yang bermanfat bagi ilmu pengetahuan dan kemasalahan umat manusia yang dapat menghantarkan perolehan kekayaan intelektual (Intelectual Property Rights).

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 93

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

PPS 703 Statistika II 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

PEP 701 Pengembangan Instrumen Baku 3 sks

PEP 702 Psikometrika 3 sks

PEP 703 Metode Kuantitatif 3 sks

PEP 704 Evaluasi Program Lanjutan 3 sks

PEP 705 Statistika Multivariat 3 sks

PEP 706 Kawasan Penelitian dalam PEP 3 sks

PEP 707 Metode Penelitian Kualitatif Lanjutan

3 sks

PPS 799 Disertasi 14 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks

PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

4) Matrikulasi

94 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan*

3 sks

PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan*

3 sks

PEP 601 Desain Eksperimen* * 3 sks

PEP 602 Teori Tes** 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

6. PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Mengembangkan sistem pembelajaran yang mengacu pada prinsip-prinsip, teori, konsep dan hasil penelitian yang berhubungan dengan Pendidikan Anak Usia Dini.

2) Mendesain inovasi pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini dengan menerapkan prinsip-prinsip teori dan konsep, serta hasil penelitian yang berhubungan dengan karakteristik Pendidikan Anak Usia Dini.

3) Menemukan model keunggulan dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini yang terkait isu-isu kritis permasalahan anak usia dini melalui pendekatan multidisiplin, interdisiplin, dan transdisiplinnaritas.

4) Melakukan analisis kebijakan program PAUD dari berbagai perspektif (Pendidikan, ekonomi, sosial, dan politik).

5) Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset serta diseminasi hasil-hasil riset di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang dapat mengantarkan perolehan hak kekayaan intelektual (Intellectual Property Rights) di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 95

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

PPS 703 Statistika II 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

PAUD 701 Neuro Psikolinguistik AUD 3 sks

PAUD 702 Teori Bermain anak Usia Dini 3 sks

PAUD 703 Pendidikan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus 3 sks

PAUD 704 Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

3 sks

PAUD 705 Komparasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

3 sks

PAUD 706 Teori, Model dan Keputusan dalam Teknologi Pendidikan

3 sks

PAUD 707 Difusi dan Inovasi Pendidikan 3 sks

PPS 799 Disertasi 14 sks

3) Kompetensi Pendukung KODE MATA KULIAH SKS

PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks

PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

96 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan*

3 sks

PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks

PAUD 601 Perkembangan Anak Usia Dini** 3 sks

PAUD 602 Pembelajaran Terpadu** 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi 7. PROGRAM DOKTOR MANAJEMEN PENDIDIKAN

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) 1) Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan manajemen sumberdaya

manusia dalam rangka menghasilkan karya kreatif, original dan teruji, dengan tetap menjunjung tinggi falsafah Pancasila, mampu berinteraksi dalam masyarakat yang plural dan multikultural, bersikap jujur, bertanggung jawab, dan memiliki etika moral yang tinggi bersikap adaptif, kreatif, serta inovatif dalam lingkungan plural dan multikultural yang berkaitan dengan praktik manajemen pendidikan di organisasi pendidikan.

2) Mampu menguasai berbagai konsep, metode, paradigma Manajemen. Dalam pengembangan metode dan analisis ilmu pengetahuan baik secara kuantitatif, kualitatif maupun mix-method dan menganalisis, memetakan issue-issue kontemporer manajemen pendidikan yang dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah pendidikan yang sedang berkembang.

3) Mampu mengembangkan paradigma baru dengan menerapkan dan mengembangkan berbagai konsep, pendekatan model manajemen dalam bidang pendidikan yang dapat digunakan sebagai rujukan permasalahan pendidikan dengan menggunakanpendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 97

4) Mampu melaksanakan dan mengembangkan alat evaluasi untuk pemecahan masalah yang kritis dengan pendekatan model, metode, dan teknik pemecahan masalah.

5) Mampu melaksanakan dan mengembangkan hasil penelitian dengan paradigma baru yang bermanfaat bagi masyarakat dan menghasilkan karya ilmiah dan mempublikasikannya di jurnal terakreditasi serta mendapat perlindungan HAKI di tingkat nasional atau internasional.

6) Mengembangkan model-model manajemen terbaru untuk pemecahan masalah pendidikan serta mengimplementasikan aspek psikologis dan sosiologis sesuai dengan karakter lembaga/organisasi pendidikan dan lingkungannya secara fleksibel dan akurat.

7) Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam model manajemen pendidikan sesuai dengan kebutuhan era global.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum KODE MATA KULIAH SKS

PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

PPS 703 Statistika II 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

MP 701 Perencanaan Stratejik Pendidikan 3 sks

MP 702 Pengambilan Keputusan 3 sks

MP 703 Manajemen Pendidikan Tinggi 3 sks

MP 704 Aspek-aspek Politis, Ekonomi, Sosial, dan Budaya dalam Pendidikan

3 sks

MP 705 Manajemen Sistem Pendidikan 3 sks

98 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

MP 706 Ekonomi Pendidikan 3 sks

MP 707 Kawasan Penelitian Manajemen Pendidikan

3 sks

PPS 706 Disertasi 14 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks

PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan* 3 sks

PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks

MP 601 Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan** 3 sks

MP 602 Inovasi dalam Manajemen Pendidikan** 3 sks

* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan ** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

8. PROGRAM DOKTOR MANAJEMEN LINGKUNGAN

a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO) b. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan manajemen sumberdaya

manusia dalam rangka menghasilkan karya kreatif, original dan teruji, dengan tetap menjunjung tinggi falsafah Pancasila, mampu berinteraksi

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 99

dalam masyarakat yang plural dan multikultural, bersikap jujur, bertanggung jawab, dan memiliki etika moral yang tinggi bersikap adaptif, kreatif, serta inovatif dalam lingkungan plural dan multikultural yang berkaitan dengan praktik manajemen pendidikan di organisasi pendidikan.

c. Mampu menguasai berbagai konsep, metode, paradigma Manajemen.Dalam pengembangan metode dan analisis ilmu pengetahuan baik secara kuantitatif, kualitatif maupun mix-method dan menganalisis, memetakanissue-issue kontemporer manajemen pendidikanyang dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah pendidikan yang sedang berkembang.

d. Mampu mengembangkan paradigma baru dengan menerapkan dan mengembangkan berbagai konsep, pendekatan model manajemen dalam bidang pendidikan yang dapat digunakan sebagai rujukan permasalahan pendidikan dengan menggunakanpendekatan interdisiplin, multidisiplin,dan transdisiplin

e. Mampu melaksanakan dan mengembangkan alat evaluasi untuk pemecahan masalah yang kritis dengan pendekatan model, metode, dan teknik pemecahan masalah.

f. Mampu melaksanakan dan mengembangkan hasil penelitian dengan paradigma baru yang bermanfaat bagi masyarakat dan menghasilkan karya ilmiah dan mempublikasikannya di jurnal terakreditasi serta mendapat perlindungan HAKI di tingkat nasional atau internasional.

g. Mengembangkan model-model manajemen terbaru untuk pemecahan masalah pendidikan serta mengimplementasikan aspek psikologis dan sosiologis sesuai dengan karakter lembaga/organisasi pendidikan dan lingkungannya secara fleksibel dan akurat.

h. Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam model manajemen pendidikan sesuai dengan kebutuhan era global.

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

100 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

PPS 703 Statistika II 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

ML 701 Ekonomi Lingkungan 3 sks

ML 702 Manajemen Konflik dalam Sustainable Development

3 sks

ML 703 Kepemimpinan dalam Sustainable Development 3 sks

ML 704 Manajemen Risiko 3 sks

ML 705 Analisis Kebijakan Lingkungan 3 sks

ML 706 Isu-isu Perubahan Iklim 3 sks

ML 707 Manajemen Perkotaan dan Limbah 3 sks

PPS 799 Disertasi 14 sks

3) Kompetensi Pendukung KODE MATA KULIAH SKS

ML 401 Konsep Manajemen Lingkungan 3 sks

ML 402 Manajemen Strategik 3 sks

4) Matrikulasi KODE MATA KULIAH SKS

ML601 Dasar-dasar Ekologi Dalam Ilmu Lingkungan** 3 sks

ML602 Ilmu Lingkungan** 3 sks * Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan ** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 101

9. PROGRAM DOKTOR ILMU MANAJEMEN a. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

1) Mengembangkan ilmu pengetahuan manajemen sumberdaya manusia dalam rangka menghasilkan karya kreatif, original dan teruji, dengan tetap menjunjung tinggi falsafah Pancasila, mampu berinteraksi dalam masyarakat yang plural dan multikultural, bersikap jujur, bertanggung jawab, dan memiliki etika moral yang tinggi.

2) Mengembangkan berbagai konsep, metode, paradigma Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia menggunakan pendekatan baik secara kuantitatif, kualitatif maupun mix-method dan menganalisis, memetakan issue-issue kontemporer manajemen sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah SDM yang sedang berkembang.

3) Mengembangkan paradigma baru bersifat adaptif, kreatif, dan inovatif dalam lingkungan plural dan multikultur dalam bidang manajemen sumberdaya manusia yang dapat digunakan sebagai rujukan dalam menyelesaikan masalah sumberdaya manusia dengan berbagai alternatif melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.

4) Mengembangkan berbagai konsep, pendekatan model ilmu manajemen sumberdaya manusia dengan menggunakan alat evluasi yang dikembangkan melalui pendekatan model, metode, dan teknik pemecahan masalah yang akurat untuk menangani permasalahan sumberdaya manusia di tengah masyarakat.

5) Bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan permasalahan organisasi yang bersifat kompleks, dinamis, dan uncertainty (Ketidakpastian) dalam mengembangkan hasil penelitian dengan paradigma baru yang bermanfaat bagi masyarakat melalui publikasi ilmiah di tingkat nasional dan internasional.

c. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

102 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 703 Statistika II 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

MSDM 701 Manajemen Antarbudaya 3 sks

MSDM 702 Manajemen Kinerja 3 sks

MSDM 703 Kepemimpinan dalam SDM 3 sks

MSDM 704 Hubungan Industrial 3 sks

MSDM 705 Manajemen Modal Insani 3 sks

MSDM 706 Stratejik dalam MSDM 3 sks

MSDM 707 Teori dan Pengembangan Organisasi 3 sks

PPS 799 Disertasi 14 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

MSDM 708 Orientasi Baru dalam Human Resources Management

3 sks

MSDM 709 Isu-isu Kritis dalam Human Resources Management

3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

MSDM 601 Manajemen Pengetahuan dan Perubahan**

3 sks

MSDM 602 Manajemen Sumber Daya Manusia** 3 sks

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 103

10. PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN DASAR a. Program Learning Outcomes (PLO)

1) Mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika dan kepribadian yang baik dalam mengimplementasikan konsep dan teori terkini yang melandasi pendidikan dasar dan peka, peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya, serta memiliki semangat mendahulukan kepentingan masyarakat dan bangsa.

2) Merancang dan mengimplementasi ilmu pendidikan, ekonomi, Kepemimpinan dan Enterpreneurship, Pluralisme dan Multikulturalisme, Neuropsychology, Kecerdasan dan Manusia Utuh, psikolinguistik, budaya untuk memecahkan masalah di Pendidikan Dasar melalui berbagai metode penelitian yang menggunakan pendekatan multidisplin, interdisplin, dan transdisiplin dalam menemukan solusi terbaru.

3) Melakukan inovasi terhadap model-model pembelajaran di pendidikan dasar dengan mengimplementasikan aspek psikologis, kinestetik, budaya sesuai dengan karakter peserta didik dan lingkungan yang bersifat pluralis dan multikultural secara fleksibel dan akurat.

4) Mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengajaran di pendidikan dasar sesuai dengan kebutuhan era global.

5) Mengevaluasi dan mengembangkan solusi dalam mengkritisi isu-isu terkini yang akomodatif dengan memanfaatkan berbagai pendekatakan multidisiplin, interdisiplin dan transdisiplin untuk dipublikasikan secara lisan dan tertulis di tingkat nasional dan. Internasional.

b. Mata Kuliah

1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPs 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

PPs 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

104 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

KODE MATA KULIAH SKS

PPs 703 Statistika II 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS

DIKDAS 701 Neuro Psikolinguistik 3 sks

DIKDAS 702 Filsafat Kebudayaan dan Pendidikan

3 sks

DIKDAS 703 Pengembangan Sistem Pembelajaran

3 sks

DIKDAS 704 Pluralisme dan Mutukulturalisme 3 sks

DIKDAS 705 Dampak Neuro Psikologi terhadap Pembelajaran

3 sks

DIKDAS 706 Manajemen Pembiayaan Pendidikan

3 sks

DIKDAS 707 Difusi Inovasi Pendidikan Dasar 3 sks

DIKDAS 708 Kepemimpinan dan Enterpreneurship

3 sks

DIKDAS 709 Kecerdasan dan Manusia Utuh 3 sks

PPs 799 Disertasi 14 sks

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

DIKDAS 708 Filsafat Kebudayaan dan Pendidikan

3 sks

DIKDAS 709 Pengembangan Sistem Pembelajaran: Teori, Praktek, Trend dan Isu

3 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 105

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan*

3 sks

PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan*

3 sks

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi 11. PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN SEJARAH

a. Program Learning Outcomes (PLO)

1) Berperilaku profesional yang dilakukan dengan mengimplemen-tasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

2) Mengembangkan pendidikan sejarah yang berbasis sikap masyarakat Indonesia multietnis agar dapat melestarikan budaya dan karakter bangsa Indonesia

3) Mengembangkan pendidikan sejarah melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan handal.

4) Melaksanakan pembelajaran sejarah di perguruan tinggi dengan dengan memanfaatkan hasil karya riset yang kreatif, original dan teruji.

5) Menemukan teori/konsep, metode, dan strategi baru untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan sejarah dengan menggunakan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner.

6) Mengimplementasikan pengetahuan yang dikuasai untuk memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran sejarah di Indonesia melalui interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner.

106 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

7) Memimpin dan mengembangkan riset pendidikan sejarah yang bagi keilmuan dan kemaslahatan umat manusia serta mendapat pengakuan nasional dan internasional

8) Mengelola hasil riset dan pengembangan pendidikan sejarah serta mempublikasikanya agar bermanfaat bagi masyarakat bagi keilmuandan kemaslahatan umat manusia serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

b. Mata Kuliah 1) Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS

PPs 701 Filsafat Ilmu II 3 sks

PPs 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks

PPs 703 Statistika II 3 sks

2) Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS PS 701 Isu-isu Baru Dalam Pendidikan

Sejarah 3 sks

PS 702 Pengembangan Sistem Pendidikan Sejarah

3 sks

PS 703 Studi Perbandingan Kurikulum 3 sks PS 704 Konsep dan Teori Pendidikan 3 sks PS 705 Kajian Sejarah Pemikiran

Pendidikan Indonesia 3 sks

PS 706 Sejarah Pendidikan Indonesia 3 sks PS 707 Pengembangan Instrumen

Penilaian Hasil Belajar Sejarah 3 sks

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 107

3) Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS

PPs 704 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks

PPs 705 Orientasi Baru Dalam Pedagogik 3 sks

4) Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS

PPs 707 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan

3 sks

PPs 708 Sejarah Kawasan 3 sks

PPs 709 Sumber dan Media Pembelajaran Sejarah

3 sks

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

.

108 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

BAB V SISTEM PERKULIAHAN

A. ALUR PENYELESAIAN STUDI PROGRAM MAGISTER

Lulus

Tidak

Ya

Tidak

Mendaftar Sebagai Mahasiswa Baru Registrasi Seleksi

M

Orientasi Studi & Kuliah Perdana

Kuliah tatap Muka (3 semester)

Lulus Semua MK

Ujian Komprehensif Lulus

Tidak

Seminar Proposal

Ujian Tesis

WISUDA Penetapan Yudisium

Pengusulan Pembimbing

SK Pembimbing

Pengajuan Judul Proposal

Verifikasi Judul oleh Kaprodi

TidakLulus Lulus

Ya

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 109

B. ALUR PENYELESAIAN STUDI PROGRAM DOKTOR

C. PENERIMAAN MAHASISWA 1. Pelaksanaan Seleksi

a. Seleksi calon mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) dilakukan dua kali satu tahun yaitu; 1) Penerimaan semester gasal untuk program reguler dan non-

reguler. 2) Penerimaan semester genap untuk program nonreguler.

Tidak

Lulus

Tidak

Mendaftar Sebagai Mahasiswa Baru Registrasi Seleksi

M

Lulus

Tidak

Orientasi Studi & Kuliah Perdana

Kuliah tatap Muka (3 semester)

Lulus Semua MK

Ujian Komprehensif

Lulus/ Tidak

Seminar Proposal

Seminar Kelayakan

Ujian Terbuka WISUDA Ujian Tertutup

Pengusulan Promotor

SK Promotor

Pengajuan Judul Proposal

Verifikasi Judul oleh Kaprodi

Tidak Lulus Lulus

Lulus

Tidak Lulus

Ya

110 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

b. Penerimaan semester gasal dilakukan bulan Mei sampai dengan Juli dan penerimaan semester genap dilakukan bulan November sampai dengan Januari.

2. Persyaratan

a. Calon mahasiswa program S2 memiliki IPK S1 minimal 2,75 dan untuk program S3 memiliki IPK S2 minimal 3,25 dari program studi terakreditasi.

b. Bagi calon mahasiswa yang memiliki IPK 2,25 ≤ IPK < 2,75 untuk S2 dan 3,00 ≤ IPK < 3,25 untuk S3 dapat mengikuti seleksi dengan persyaratan telah bekerja minimal tiga tahun atau mendapatkan rekomendasi dari guru besar yang bidang keahliannya relevan dengan program studi yang dipilih.

c. Mengikuti seleksi yang diadakan oleh PPs dengan mata uji Tes Pontensi Akademik dan Bahasa Inggris (TOEFL).

d. Calon mahasiswa yang dapat diterima sebagai mahasiswa PPs adalah calon mahasiswa yang lulus TPA dengan skor minimal 450 untuk S2 dan 500 untuk S3; serta lulus TOEFL dengan skor minimal 450 untuk S2 dan skor minimal 500 untuk S3.

e. Calon mahasiswa yang lulus Tes Potensi Akademik (TPA) namun belum memperoleh 400 ≤ skor TOEFL < 450 untuk S2 dan 450 ≤ skor TOEFL < 500 untuk S3 dapat diterima dengan syarat pada saat mendaftar ujian formatif Tesis dan ujian tertutup Disertasi telah mencapai skor TOEFL tersebut.

f. Calon mahasiswa memiliki dua pilihan program studi. Penentuan kelulusan pada program studi yang dipilih berdasarkan kriteria skor TPA yang disesuaikan dengan karakteristik program studi.

g. Apabila karena sesuatu hal, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus tidak mendaftar sesuai waktu yang ditentukan maka diberikan kesempatan untuk mendaftar tahun berikutnya tanpa mengikuti seleksi ulang dengan melapor secara tertulis kepada Direktur.

h. Lulusan program S1 dari Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi dengan yudisium cum laude (IPK > 3,50) dapat diterima sebagai mahasiswa S2 tanpa seleksi.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 111

i. Lulusan program S2 dari Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi dengan yudisium cum laude (IPK > 3,75) dapat diterima sebagai mahasiswa S3 tanpa seleksi;

j. Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi diwajibkan mendaftar ulang dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PPs UNJ.

D. MATRIKULASI

Mata kuliah matrikulasi ada dua macam yaitu matrikulasi kependidikan dan matrikulasi program studi. Matrikulasi kependidikan dilaksanakan sebelum perkuliahan semester pertama yaitu tanggal 1 – 31 Agustus untuk mahasiswa yang diterima pada semester gasal dan tanggal 1 – 28 Februari untuk mahasiswa yang diterima pada semester genap, sedangkan mata kuliah matrikulasi program studi dilaksanakan pada semester gasal.

E. PERKULIAHAN

Perkuliahan PPs UNJ dilakukan secara terstruktur dengan mekanisme sebagai berikut.

1. Setiap awal semester perkuliahan, mahasiswa wajib mendaftar dengan mengisi Kartu Rencana Studi.

2. Perkuliahan menggunakan sistem kredit semester dengan bobot sebagai berikut. Satu sks pada Program Magister untuk mata kuliah:

tatap muka 50 menit terstruktur 50 menit mandiri 60 menit

Satu sks pada Program Doktor untuk mata kuliah:

Teori: tatap muka 50 menit terstruktur 50 menit mandiri 60 menit 3. Satu semester terdiri dari 16 kali pertemuan sudah termasuk 2 kali ujian

yaitu ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). 4. Dosen pengampu mata kuliah wajib memenuhi jumlah tatap muka minimal

12 kali, tidak termasuk ujian.

112 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

5. Kehadiran mahasiswa dalam bentuk tatap muka minimal 75% dari 16 kali kegiatan tatap muka yang dilakukan oleh dosen.

6. Penetapan nilai akhir juga memperhitungkan tugas-tugas yang diberikan dosen, sesuai dengan kontrak perkuliahan.

7. Satu tahun akademik terdiri dari semester gasal, semester antara, dan se-mester genap. a. Semester gasal berlangsung dari bulan September sampai dengan bulan

Desember; b. Semester antara berlangsung dari bulan Januari sampai dengan bulan

Februari. c. Semester genap berlangsung dari bulan Maret sampai dengan bulan Juni;

8. Pelaksanaan Perkuliahan a. Perkuliahan Matrikulasi dilaksanakan tanggal 1 – 31 Agustus untuk

mahasiswa yang diterima pada semester gasal dan tanggal 1 – 28 Februari untuk mahasiswa yang diterima pada semester genap.

b. Semester gasal digunakan untuk kegiatan perkuliahan empat sampai lima mata kuliah yang terdiri atas tiga mata kuliah kompetensi umum, dua mata kuliah matrikulasi program studi atau satu mata kuliah matrikulasi program studi ditambah satu mata kuliah kompetensi utama bagi mahasiswa tak sebidang.

c. Semeseter antara digunakan untuk kegiatan perkuliahan dua mata kuliah dari kelompok mata kuliah Kompetensi Pendukung,

d. Semester genap digunakan untuk kegiatan perkuliahan lima sampai enam mata kuliah dari kelompok mata kuliah Kompetensi Utama.

F. UJIAN KOMPREHENSIF

Ujian komprehensif bertujuan menilai kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi perkuliahan secara utuh dan menyeluruh. Ujian komprehensif adalah nonkredit dan diberi predikat lulus atau tidak lulus (non graded).

Pelaksanaan ujian komprehensif di bawah tanggung jawab Direktur PPs. Ketua pelaksana ujian dijabat oleh ketua program studi dengan tim penilai sekretaris program studi dan dosen lain di Universitas Negeri Jakarta. Surat keterangan kelulusan ujian komprehensif ditandantangani oleh Ketua Program

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 113

Studi dan Direktur PPs. Mahasiswa yang tidak lulus ujian komprehensif diberikan kesempatan mengulang satu kali.

Pelaksanaan ujian komprehensif dilaksanakan setelah mahasiswa lulus semua mata kuliah.

G. PENYELESAIAN TESIS PROGRAM MAGISTER

Penulisan tesis dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

1. Penetapan Pembimbing

Penentuan pembimbing dilakukan paling lambat tiga bulan sejak semester genap berjalan. Mahasiswa mengajukan tiga nama calon pembimbing pertama dan tiga calon pembimbing kedua dengan nama yang berbeda. Jika mahasiswa mengusulkan nama yang sama maka pembimbing tesis akan ditetapkan oleh Direktur PPs dalam bentuk surat keputusan tanpa terikat dengan pilihan mahasiswa.

2. Verifikasi Topik

Verifikasi topik digunakan untuk menetapkan topik yang akan diajukan sebagai tesis agar tidak terjadi duplikasi dan plagiarisme. Topik yang diajukan pada verifikasi topik harus telah disetujui oleh kedua pembimbing. Verifikasi topik dapat dilakukan setiap saat berdasarkan pengajuan mahasiswa dan penjadwalan oleh ketua program studi, yang dilaksanakan oleh ketua dan sekretaris program studi. Verifikasi topik dapat dilakukan melalui laman http://pilnas.ristek.go.id Kelayakan topik tesis yang telah disetujui ketua program studi dalam verifikasi topik menjadi syarat bagi mahasiswa untuk meneruskan penulisan proposal tesis.Topik tesis yang telah ditetapkan tidak dapat diganti. Apabila dilakukan penggantian topik tesis secara subtansial, maka harus diverifikasi kembali dan disetujui oleh Ketua Program Studi.

3. Seminar Proposal

Seminar proposal dilakukan setelah mendapatkan verifikasi topik oleh program studi dan lulus ujian komprehensif yang dibuktikan dengan surat keterangan lulus. Seminar proposal dapat dilakukan setiap saat oleh program studi berdasarkan pengajuan mahasiswa dan penjadwalan oleh ketua program studi. Untuk dapat mengajukan seminar proposal, mahasiswa mengajukan permohonan kepada ketua program studi dengan

114 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

melampirkan proposal tesis yang telah disetujui oleh kedua pembimbing dan berisi konsep/kajian teoretik minimal 50%, serta draf instrumen yang telah disetujui oleh kedua pembimbing untuk kuantitatif dan informasi tentang latar penelitian untuk kualitatif. Format proposal dapat dilihat pada Buku Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi.

a. Susunan panitia seminar proposal terdiri atas: 1) Direktur PPs 2) Ketua Program Studi 3) Sekretaris Program Studi 4) Kedua pembimbing 5) Dalam hal Ketua Program Studi dan/atau Sekretaris Progam Studi

merangkap sebagai pembimbing, maka panitia seminar proposal ditambah satu orang dosen penguji.

b. Seminar proposal dapat dilaksanakan jika dihadiri oleh minimal tiga orang secara fisik termasuk minimal satu orang pembimbing.

c. Kelulusan proposal tesis yang telah diseminarkan dinyatakan dengan surat keterangan dari Ketua Program Studi setelah diperbaiki sebagai syarat untuk meneruskan penulisan tesis.

4. Ujian Tesis Ujian tesis dapat dijadwalkan setiap saat oleh Direktur PPs berdasarkan

usulan mahasiswa. a) Penjadwalan ujian tesis berdasarkan permohonan mahasiswa dengan

melampirkan:

1) Tesis yang sudah disetujui oleh kedua pembimbing dan diketahui oleh Ketua Program Studi;

2) Surat keterangan skor TOEFL minimal ≥ 475 dari lembaga Bahasa Inggris yang tersertifikasi;

3) Menyerahkan artikel ilmiah yang telah dinyatakan layak dimuat pada jurnal terakreditasi nasional yang telah disetujui oleh Pembimbing I, Pembimbing II, dan Ketua Program Studi.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 115

4) Artikel yang telah disetujui oleh Pembimbing I, Pembimbing II dan Ketua Program Studi;

5) Surat keterangan lulus ujian komprehensif;

6) Surat keterangan bebas perpustakaan;

7) Surat keterangan telah menyelesaikan kewajiban administrasi

b. Panitia Ujian Tesis: 1) Direktur PPs sebagai ketua penguji 2) Ketua Program Studi sebagai sekretaris penguji 3) Sekretaris Program Studi sebagai penguji 4) Kedua pembimbing 5) Penguji dari dosen 6) Dalam hal Direktur PPs, Ketua Program Studi dan/atau Sekretaris

Progam Studi merangkap sebagai pembimbing, maka panitia ujian tesis dapat ditambah satu atau dua orang penguji dari dosen.

c. Ujian dapat dilaksanakan jika dihadiri oleh minimal tiga orang penguji secara fisik termasuk minimal satu orang pembimbing.

d. Pada saat ujian mahasiswa diwajibkan membawa: 1) Fotocopy halaman judul dan halaman yang dikutip dari buku

rujukan/referensi. 2) Contoh instrumen yang sudah terisi 3) Foto-foto kegiatan penelitian untuk penelitian kualitatif.

e. Pada saat ujian tesis mahasiswa berpakaian rapi dengan mengenakan jaket almamater.

f. Prosedur persetujuan terhadap tesis yang telah diperbaiki berdasarkan masukan panitia ujian tesis, dibuktikan dengan membubuhkan tanda tangan persetujuan yang dimulai dari Penguji, Pembimbing, Ketua Program Studi, dan Direktur PPs.

g. Kelulusan ujian tesis ditetapkan oleh panitia ujian yang disertai berita acara ujian.

116 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

5. Penetapan Yudisium

Yudisium ditetapkan oleh Direktur PPs setelah mahasiswa yang bersangkutan memperbaiki tesis sesuai dengan masukan panitia ujian dengan prosedur persetujuan atas perbaikan tesis dimulai dari persetujuan penguji, pembimbing, ketua program studi, dan direktur. Tanggal yudisium dijadikan dasar penetapan kelulusan dari program magister yang selanjutnya akan tercantum dalam ijazah.

H. PENYELESAIAN DISERTASI PROGRAM DOKTOR

Penulisan disertasi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

1. Penetapan Promotor

Penentuan promotor dilakukan paling lambat tiga bulan sejak semester genap berjalan. Mahasiswa mengajukan tiga nama calon promotor pertama dan tiga calon co-promotor kedua dengan nama yang berbeda. Jika mahasiswa mengusulkan nama yang sama maka pembimbing tesis akan ditetapkan oleh Direktur PPs dalam bentuk surat keputusan tanpa terikat dengan pilihan mahasiswa.

2. Verifikasi Topik

Verifikasi Topik digunakan untuk menetapkan topik yang akan diajukan sebagai disertasi. Topik yang diajukan pada validasi topik telah disetujui oleh promotor dan co-promotor. Verifikasi topik dapat dilakukan setiap saat berdasarkan pengajuan dari mahasiswa dan penjadwalan oleh program studi. Verifikasi topik dapat dilakukan melalui laman http://pilnas.ristek.go.id

a. Verifikasi topik dilaksanakan oleh: 1) Ketua Program Studi 2) Sekretaris Program Studi 3) Promotor dan Co-promotor 4) Dalam hal ketua program studi dan/atau sekretaris progam studi

merangkap sebagai promotor dan/atau co-promotor, maka verifikasi topik dapat ditambah satu orang dosen.

b. Kelayakan topik disertasi yang telah divalidasi dinyatakan dengan surat keterangan dari ketua program studi sebagai syarat untuk menulis proposal disertasi.Topik disertasi yang telah ditetapkan tidak dapat di-

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 117

ganti. Apabila dilakukan penggantian topik disertasi secara subtansial, maka harus mengulang verifikasi topik.

3. Seminar Proposal

Seminar proposal dapat dilakukan setelah mahasiswa lulus ujian komprehensif. Seminar proposal dapat dijadwal setiap saat oleh ketua program studi berdasarkan usulan mahasiswa. Untuk dapat dijadwalkan mahasiswa mengajukan permohonan kepada ketua program studi dengan melampirkan proposal disertasi yang telah disetujui oleh promotor dan co-promotor yang berisi konsep/kajian teoretik minimal 50%, serta draf instrumen yang telah disetujui oleh promotor dan co-promotor untuk kuantitatif dan informasi tentang latar penelitian untuk kualitatif.

a. Susunan panitia seminar proposal disertasi terdiri atas: 1) Direktur PPs 2) Ketua Program Studi 3) Sekretaris Program Studi 4) Promotor dan Co-promotor 5) Dalam hal ketua program studi dan/atau sekretaris progam studi

merangkap sebagai promotor dan/atau co-promotor, maka panitia seminar proposal dapat ditambah satu atau dua orang dosen penguji.

b. Seminar proposal dapat dilaksanakan jika dihadiri oleh minimal tiga orang penguji secara fisik termasuk minimal satu orang promotor/co-promotor.

c. Kelulusan proposal disertasi yang telah diseminarkan dinyatakan dengan surat keterangan dari ketua program studi sebagai syarat untuk meneruskan penulisan disertasi.

4. Seminar Kelayakan Disertasi

a. Seminar kelayakan disertasi dapat dilaksanakan setiap saat oleh ketua program studi berdasarkan usulan mahasiswa. Mahasiswa mengajukan permohonan seminar kelayakan disertasi kepada ketua program studi dengan melampirkan hasil penelitian yang telah berbentuk disertasi

118 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

sesuai dengan format dan sistematika yang telah ditetapkan dan telah disetujui oleh promotor dan co-promotor.

b. Seminar kelayakan disertasi menilai kelayakan secara teoretis dan metodologis draft disertasi yang diajukan;

c. Disertasi dapat dinyatakan tidak layak apabila tidak memenuhi standar kelayakan teoretis dan metodologis atau promovendus tidak mampu mempertahankan aspek teoretis dan metodologis di depan panitia seminar;

d. Mahasiswa yang disertasinya dinyatakan tidak layak diberi kesempatan untuk mengulang seminar kelayakan disertasi maksimal dua kali.

e. Bagi mereka yang telah mengulang sebanyak dua kali tetap dinyatakan tidak layak, maka yang bersangkutan diberi surat keterangan pernah kuliah di PPs UNJ.

f. Panitia seminar kelayakan disertasi terdiri atas: 1) Direktur PPs 2) Asisten Direktur I 3) Ketua Program Studi 4) Sekretaris Program Studi 5) Promotor dan Co-promotor 6) Penguji Senat 7) Dalam hal Ketua program studi dan/atau sekretaris progam studi

merangkap sebagai promotor dan/atau co-promotor, maka panitia seminar kelayakan disertasi dapat ditambah satu atau dua orang penguji ahli.

g. Seminar kelayakan disertasi dapat dilaksanakan jika dihadiri oleh minimal tiga orang penguji secara fisik dan minimal satu orang promotor/co-promotor.

h. Kelayakan disertasi dinyatakan dengan surat keterangan dari ketua program studi sebagai syarat untuk ujian tertutup.

5. UjianTertutup Disertasi

Ujian tertutup disertasi dapat dijadwalkan setiap saat oleh Direktur PPs berdasarkan usulan mahasiswa.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 119

a. Penjadwalan ujian tertutup disertasi berdasarkan permohonan mahasiswa dengan melampirkan: 1) Disertasi hasil perbaikan yang telah disetujui oleh panitia seminar

kelayakan disertasi, sebanyak 9 eksemplar; 2) Surat keterangan skor TOEFL minimal ≥ 500 dari lembaga

Bahasa Inggris yang tersertifikasi;

3) Menyerahkan artikel ilmiah yang telah dinyatakan layak dimuat pada jurnal yang telah disetujui oleh Promotor, Co-Promotor, Ketua Program Studi dan dua Reviewer;

4) Surat keterangan lulus ujian komprehensif; 5) Surat keterangan kelayakan disertasi; 6) Surat keterangan bebas perpustakaan; 7) Surat keterangan telah menyelesaikan kewajiban administrasi

b. Panitia ujian tertutup disertasi terdiri atas; 1) Rektor sebagai ketua panitia ujian; 2) Direktur PPs sebagai sekretaris panitia ujian; 3) Asisten Direktur I; 4) Ketua Program Studi sebagai penguji; 5) Promotor dan Co-promotor sebagai penguji 6) Penguji Senat UNJ; 7) Penguji Luar Universitas Negeri Jakarta. Penguji luar harus

bergelar doktor dan memiliki keahlian yang sesuai dengan subtansi dan metodologis disertasi yang diuji.

8) Dalam hal Direktur, Asdir I, dan/atau ketua program studi merangkap sebagai promotor dan/atau co-promotor, maka anggota panitia ujian disertasi dapat ditambah satu atau dua orang penguji ahli.

9) Dalam hal Direktur, Asisten Direktur I, Ketua Program Studi, tidak berfungsi sebagai promotor maka Ketua Program Studi menjadi penguji senat

c. Ujian dapat dilaksanakan jika dihadiri secara fisik oleh minimal tiga orang penguji, dan minimal satu orang promotor/co-Promotor.

120 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

d. Pada saat ujian tertutup, mahasiswa diwajibkan membawa:

1) Fotocopy halaman judul dan halaman yang dikutip dari buku rujukan/referensi.

2) Contoh instrumen yang sudah terisi

3) Foto-foto kegiatan penelitian untuk penelitian kualitatif.

e. Pada saat ujian tertutup mahasiswa berpakaian rapi dengan mengenakan jaket almamater.

f. Persetujuan disertasi yang telah diperbaiki berdasarkan masukan panitia ujian tertutup disertasi yang dibuktikan dengan tanda tangan, dimulai dari penguji, promotor/co-promotor, dan direktur PPs.

g. Batas waktu penyempurnaan disertasi hasil ujian tertutup paling lama 6 bulan. Apabila dalam batas waktu tersebut tidak selesai atau belum mendaftar promosi doktor, maka akan dianggap gagal dan harus mengulang ujian tertutup disertasi.

h. Kelulusan ujian tertutup disertasi ditetapkan oleh panitia ujian yang disertai berita acara.

6. Promosi Doktor

Mahasiswa dapat mengajukan promosi doktor setelah melakukan perbaikan disertasi hasil ujian tertutup. Jarak waktu ujian tertutup dengan mendaftar promosi doktor minimal satu bulan dan maksimal enam bulan.

a. Persyaratan pendaftaran promosi doktor

1) Mengajukan permohonan promosi doktor kepada Direktur PPs melalui bagian akademik;

2) Menyerahkan disertasi sebanyak 11 eksemplar yang sudah mendapat persetujuan panitia ujian tertutup dan Rektor UNJ;

3) Menyerahkan sinopsis yang sudah mendapat persetujuan panitia ujian tertutup dan dicetak dalam bentuk buku tersendiri minimal 80 eksemplar;

4) Menyerahkan CD yang berisi sinopsis dan artikel ilmiah sebanyak 3 keping;

5) Menyerahkan surat bebas perpustakaan PPs dan UNJ;

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 121

6) Menyerahkan bukti pelunasan biaya perkuliahan dan sumbangan promosi.

b. Panitia promosi doktor terdiri atas: 1) Rektor sebagai ketua panitia ujian promosi doktor; 2) Direktur PPs sebagai sekretaris panitia ujian promosi doktor; 3) Promotor dan Co-promotor; 4) Ketua Program Studi sebagai penguji; 5) Penguji Senat UNJ; 6) Penguji ahli bukan dosen tetap UNJ.

c. Penetapan yudisium dilakukan pada saat promosi doktor.

I. MAHASISWA

1. Mahasiswa aktif adalah mahasiswa yang terdaftar di PPs dengan memenuhi persyaratan akademik yaitu :

a. Membayar SPP dan DPP / UKT pada semester berjalan,

b. Memiliki kartu mahasiswa yang diterbitkan oleh UNJ,

c. Mengisi Rencana Studi Semester pada Buku Konsultasi Akademik yang disahkan oleh Ketua Program studi untuk penyelesaian mata kuliah dan penyelesaian tesis/disertasi,

2. Masa studi Program Magister

a. Masa studi Program Magister sebidang minimal empat semester dan maksimal sepuluh semester.

b. Masa studi Program Magister tidak sebidang minimal empat semester dan maksimal sepuluh semester.

c. Mahasiswa Program Magister sebidang yang tidak dapat menye-lesaikan studi dalam empat tahun dinyatakan Habis Masa Studi (HMS).

d. Mahasiswa Program Magister tidak sebidang yang tidak dapat menyelesaikan studi dalam sepuluh semester dinyatakan HMS.

122 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

e. Mahasiswa Program Magister yang sudah dinyatakan HMS tetapi tetap ingin menyelesaikan pendidikannya di PPs UNJ dapat diberi kesempatan dengan cara mendaftar ulang untuk memperoleh nomor registrasi baru dengan kewajiban menyelesaikan biaya perkuliahan sampai dengan tanggal HMS, selanjutnya dikenakan kewajiban membayar SPP dan DPP / UKT sesuai dengan kategori ketentuan yang sedang berlaku.

f. Mahasiswa Program Magister yang memperbaharui nomor regis-trasi, mata kuliah yang telah ditempuh dapat diakui sepanjang tidak ada perubahan kurikulum

3. Masa Studi Program Doktor

a. Masa studi Program Doktor sebidang minimal enam semester dan maksimal empat belas semester.

b. Masa studi Program Doktor tidak sebidang minimal enam semester dan maksimal empat belas semester.

4. Cuti akademik tidak dihitung sebagai masa studi. Cuti akademik diizinkan pada masa perkuliahan berjalan.

J. PERPINDAHAN PROGRAM STUDI

Mahasiswa diterima di program studi tertentu berdasarkan daya tampung yang tersedia. Kepindahan ke program studi lain hanya dimungkinkan apabila daya tampung program studi tersebut masih memungkinkan. Kepindahan dapat dilakukan apabila:

1. Diajukan oleh mahasiswa paling lambat satu bulan sejak perkuliahan semester pertama dimulai dan lewat batas waktu tersebut mahasiswa harus mengikuti seleksi tahun depan jika ingin pindah ke prodi studi lain.

2. Berdasarkan izin tertulis Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

3. Mahasiswa pindahan dari PTN atau PTS yang memiliki izin DIKTI dan terakreditasi BAN PT dapat diterima PPs UNJ dengan pengakuan terhadap mata kuliah yang relevan dengan program studi yang dituju

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 123

setelah melalui verifikasi Ketua Program Studi dan pengakuan tersebut ditetapkan oleh Direktur PPs UNJ.

K. BAHASA PENGANTAR

Bahasa pengantar dalam perkuliahan, penulisan tesis, dan disertasi menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa Inggris dapat digunakan sebagai suplemen dalam penulisan tesis dan disertasi.

L. WISUDA

Lulusan PPs wajib mengikuti wisuda UNJ yang dilakukan pada akhir semester gasal dan akhir semester genap.

124 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

BAB VI

SISTEM EVALUASI

A. PENILAIAN PERKULIAHAN

1. Sistem Penilaian

Penilaian perkuliahan mempergunakan kriteria A, B. C, D, dan E dengan tanda (+) dan (-) sebagaimana tampak dalam tabel berikut:

Tabel 1. Kriteria Penilaian

Nilai Nilai Tengah Skor

Persentase A 4,0 91 – 100

A- 3,7 81 – 90 B+ 3,3 76 – 80

B 3,0 71 – 75 TL < 3,0 ≤ 70

2. Ketentuan Pemberian Nilai

a. Mahasiswa yang belum melengkapi semua tugas dapat diberi nilai BL (belum lengkap). Nilai BL yang tidak dilengkapi dalam waktu dua bulan dinyatakan tidak lulus.

b. Apabila mahasiswa memperoleh nilai di bawah B dinyatakan tidak lulus dan yang bersangkutan wajib mengambil/menempuh mata kuliah tersebut pada semester yang sama tahun berikutnya. Apabila mata kuliah tersebut tidak dibuka lagi, maka dapat diganti dengan mata kuliah lain. Penggantian mata kuliah harus sepengetahuan dan seizin Ketua Program Studi.

c. Batas waktu penyerahan nilai adalah satu bulan setelah batas akhir jadwal ujian semester. Apabila enam bulan setelah batas akhir penyerahan nilai dosen belum memberikan nilai, maka nilai matakuliah tersebut secara otomatis akan diberi nilai B.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 125

d. Indeks prestasi semester (IPS) adalah rata-rata nilai prestasi hasil belajar dengan mempertimbangkan beban SKS pada akhir semester.

e. Indeks prestasi kumulatif (IPK) adalah rata-rata nilai prestasi hasil belajar dengan mempertimbangkan beban SKS. IPK dihitung pada akhir perkuliahan, dengan mempergunakan rumus:

f. Ambang kelulusan setiap mata kuliah adalah B

B. PENILAIAN UJIAN KOMPREHENSIF Ujian komprehensif bertujuan menilai kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi perkuliahan secara utuh dan menyeluruh. Ujian komprehensif meliputi materi mata kuliah kompetensi utama dan metodologi penelitian. Penilaian ujian komprehensif mencakup aspek substansi yang meliputi konsep, teori dan aplikasi serta aspek metodologis. Kelulusan ujian komprehensif dinyatakan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh ketua program studi dan direktur Program Pascasarjana (PPs).

C. PENILAIAN UJIAN TESIS DAN DISERTASI Aspek/Komponen yang dinilai dalam penyelesaian tesis dan disertasi yang terdiri atas penilaian seminar proposal, seminar kelayakan hasil, dan ujian tesis dan disertasi. a. Penilaian dalam seminar proposal

Aspek yang dinilai dalam seminar proposal adalah kelogisan masalah dan metodologi penelitian yang mencakup: 1) Relevansi topik dengan program studi 2) Konstelasi permasalahan 3) Konsep dan landasan teori yang relevan 4) Metodologi penelitian

kuliahmataseluruhsksJumlahsksbebanxkuliahmatanilaiJumlahIPK )(

=

126 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

5) Instrumen

b. Penilaian dalam seminar kelayakan disertasi Penilaian kelayakan disertasi dilakukan oleh panitia seminar kelayakan disertasi dengan menilai komponen berikut:

1) Relevansi topik dengan program studi 2) Originalitas permasalahan 3) Kedalaman dan keluasan konsep teori keilmuan yang dibahas 4) Sistematika, bahasa dan teknik penulisan 5) Ketepatan metode dan sampling 6) Instrumen dan prosedur pengumpulan data 7) Teknik analisis data 8) Hasil penelitian dan pembahasan 9) Ke simpulan, implikasi, dan saran.

c. Penilaian Ujian Tesis/Disertasi Penilaian ujian tesis/disertasi dilakukan oleh panitia ujian tesis/disertasi dengan menilai komponen berikut:

1) Relevansi topik dengan bidang studi 2) Kedalaman dan keluasan konsep dan teori keilmuan yang dibahas 3) Argumentasi teoretis dalam membangun kerangka berpikir dan

menarik kesimpulan 4) Originalitas dan relevansi konsep dan teori dengan bidang

penelitian 5) Ketepatan metode penelitian dan sampling 6) Kualitas instrumen dan teknik pengumpulan data 7) Sistematika penyajian hasil penelitian 8) Kualitas hasil penelitian dan pembahasan 9) Implikasi hasil penelitian 10) Kebaruan temuan 11) Sistematika, bahasa dan teknik penulisan

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 127

12) Kemampuan mempertahankan disertasi

d. Penentuan Nilai Ujian Tesis Nilai ujian tesis diperoleh dari rata-rata nilai komponen dengan memperhitungkan bobot komponen yang dinilai. Nilai ujian tesis diberikan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama diberikan pada saat ujian tesis dengan bobot 60 % dan tahap kedua diberikan pada saat menyetujui hasil perbaikan tesis dengan bobot 40 %.

Penentuan nilai akhir ujian tesis menggunakan formula berikut:

NUT = 0,6 x N1 + 0,4 N2

Keterangan : NUT : Nilai ujian tesis N1 : Nilai pada saat ujian tesis N2 : Nilai setelah perbaikan tesis berdasarkan hasil ujian

D. PENETAPAN KELULUSAN/YUDISIUM

1. Penetapan kelulusan/yudisium berdasarkan nilai IPK

2. Proporsi penilaian untuk penentuan kelulusan Program Magister sebagai berikut:

a. 50% IPK b. 30% ujian tesis c. 20% perbaikan dari ujian tesis

3. Ketentuan penilaian ujian tesis perbaikan:

a. Perbaikan/penyempurnaan yang ditetapkan oleh panitia ujian tesis bersifat mengikat baik bagi mahasiswa maupun pembimbing dan dituangkan dalam surat resmi yang ditandatangani Direktur dan dikirimkan kepada mahasiswa yang diuji beserta seluruh panitia ujian.

b. Penilaian hasil perbaikan tesis setelah ujian dilakukan terhadap aspek-aspek logika penulisan, teori, metodologi penelitian, instrumen penelitian, orisinalitas, pembahasan, dan implikasi serta

128 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

IPA = 0,5 IPK + 0,3 NUT + 0,2 NPT

teknik notasi ilmiah berdasarkan saran-saran yang disampaikan pada waktu ujian tesis.

c. Menetapkan nilai atas tesis yang telah disempurnakan berdasarkan penilaian penguji tesis terhadap aspek-aspek dalam butir di atas. Penilaian tersebut dituangkan dalam bentuk format dengan menilai komponen-komponen seperti pada penilaian ujian tesis/disertasi.

d. Penetapan Indeks Prestasi Akhir (IPA) untuk yudisium dilakukan setelah perbaikan tesis pasca ujian. Penetapan IPA menggunakan formula:

Keterangan: IPA : Indeks Prestasi Akhir IPK : Indeks Prestasi Kumulatif NUT : Nilai ujian tesis NPT : Nilai perbaikan setelah ujian tesis

e. Berdasarkan indeks prestasi akhir (IPA) ditetapkan yudisium sebagai berikut:

Tabel 6. Yudisium Program Magister PPs UNJ

Yudisium* Rentang Nilai*

Memuaskan 3,00 – 3,50 Sangat Memuaskan 3,51 – 3,75 Cum Laude > 3,75

Keterangan: Ketentuan ini didasarkan Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan

No. 49 Tahun 2014 Pasal 24 ayat 4

f. Persyaratan memperoleh Yudisium Cum Laude:

1) Mahasiswa program magister yang berhak mendapatkan predikat Cum Laude adalah mahasiswa yang memiliki masa

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 129

studi maksimum enam semester, dengan tidak memperhitungkan cuti akademik;

2) Memenuhi kriteria tabel 6 di atas;

3) Lulusan program magister PPs UNJ yang lulus dengan yudisium Cum Laude maka yang bersangkutan dapat langsung melanjutkan studinya ke program doktor tanpa tes masuk dengan mengirim surat langsung ke Direktur PPs UNJ dengan tembusan ke Ketua Program Studi.

E. UJIAN TERTUTUP DISERTASI

1. Tujuan Ujian tertutup disertasi:

a. Ujian tertutup disertasi bertujuan untuk menilai disertasi mahasiswa, baik dari segi substansi teoretik dan metodologi penelitian serta penulisan dan kemampuan mempertahankan disertasi.

b. Menetapkan penyempurnaan disertasi berdasarkan penilaian panitia ujian tertutup disertasi;

c. Penyempurnaan yang ditetapkan oleh panitia ujian tertutup disertasi bersifat mengikat baik bagi mahasiswa maupun promotor dan dituangkan dalam surat resmi yang ditandatangani Direktur PPs dan dikirimkan kepada mahasiswa yang diuji beserta seluruh personalia panitia ujian tertutup disertasi;

d. Nilai Ujian Tertutup Disertasi (NUT) adalah rata-rata dari nilai setiap penguji.

Keterangan : NUT : Nilai Ujian Tertutup Disertasi ∑ Xt : Jumlah nilai penguji disertasi n : Jumlah penguji

tXNUT=

n∑

130 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

e. Penilaian menggunaan skor sebagaimana tercantum dalam

diktum A Bab IV.

f. Apabila terjadi skor ekstrim di antara para penguji, maka keputusan untuk menentukan nilai akhir akan ditentukan berdasarkan nilai rata-rata, namun apabila ada 3 orang penguji yang memberikan skor di bawah passing grade (3,0) maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus.

g. Nilai untuk masing-masing penguji tidak perlu diketahui oleh para penguji lain maupun mahasiswa yang bersangkutan kecuali Direktur dan Asisten Direktur I untuk menghindarkan hal-hal yang negatif.

F. PENILAIAN PROMOSI DOKTOR

1. Promosi doktor ditempuh oleh mahasiswa yang telah memperbaiki disertasi dan perbaikan tersebut sudah mendapat persetujuan panitia ujian tertutup dan ditandatangani oleh panitia ujian tertutup dan Rektor UNJ.

2. Promosi Doktor bertujuan untuk menilai: a. Kemampuan presentasi meliputi kemampuan menyajikan

dan mempertahankan disertasi dengan berbagai argumen ilmiah dan dengan menggunakan logika berpikir yang tepat dan sistematis;

b. Kedalaman, keluasan pengetahuan, kreativitas, dan keinovatifan. Dengan kata lain memiliki wawasan pengetahuan yang luas dan mendalam dalam disiplin ilmu yang sesuai dengan variabel atau fokus penelitian;

c. Penampilan dan penggunaan bahasa, mencakup sikap, dan perilaku positif dalam menjawab pertanyaan dari penguji serta penggunaan bahasa Indonesia yang benar dan baik.

3. Bobot penulisan disertasi adalah: a. Kemampuan presentasi diberikan bobot sebesar satu; b. Kedalaman, keluasan pengetahuan, kreativitas, dan keino-

vatifan diberi bobot sebesar dua; c. Penampilan dan penggunaan bahasa diberi bobot satu.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 131

IPA = 0,4 IPK + 0,4 NUT + 0,2 NPD

4. Penilaian menggunakan skor sebagaimana tercantum dalam diktum A Bab IV

a. Nilai Promosi Doktor (NPD) adalah rata-rata dari nilai setiap penguji.

Keterangan : NPD : Nilai Promosi Doktor ∑ Xt : Jumlah nilai penguji disertasi n : Jumlah penguji

b. Nilai promosi doktor boleh kurang dari nilai ujian tertutup disertasi.

c. Indeks Prestasi Akhir (IPA) ditetapkan dengan formula sebagai berikut :

Keterangan : IPA = Indeks Prestasi Akhir IPK = Indeks Prestasi Kumulatif 40% NUT = Nilai Ujian tertutup disertasi 40% NPD = Nilai Promosi doktor 20% Berdasarkan indeks prestasi akhir ditetapkan yudisium sebagai berikut:

Tabel 7. Yudisium Program Doktor PPs UNJ

Yudisium Rentang Nilai Memuaskan 3,00 – 3,50 Sangat Memuaskan 3,51 – 3,75 Cum Laude > 3,75

Keterangan:

tXNPD=

n∑

132 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

Ketentuan ini didasarkan Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 Tahun 2014 Pasal 24 ayat 4

5. Persyaratan memperoleh Yudisium Cum Laude:

a. Mahasiswa program doktor yang berhak mendapatkan predikat Cum Laude adalah mahasiswa yang memiliki masa studi maksimum 4 tahun atau 8 semester, dan cuti akademik tidak diperhitungkan;

b. Memenuhi kriteria tabel 7 di atas;

c. Tidak pernah mengulang seminar hasil penelitian dan ujian tertutup disertasi;

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 133

BAB VII SISTEM PENJAMINAN MUTU TESIS DAN DISERTASI

A. PROSES PENULISAN TESIS DAN DISERTASI

Tesis dan disertasi merupakan tugas akhir mahasiswa dalam memperoleh gelar magister dan doktor. Bimbingan tesis dan disertasi dilaksanakan melalui suatu sistem yang terdiri atas berbagai komponen yang berinteraksi secara sinergis. Dalam penulisan tesis dan disertasi terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui, yakni:

1. Verifikasi Topik

Mahasiswa program magister atau doktor wajib mengikuti verifikasi topik setelah SK pembimbing atau promotor ditetapkan oleh direktur. Verifikasi topik ini merupakan salah satu bentuk layanan akademik kepada mahasiswa dalam percepatan penulisan proposal penelitian yang digunakan sebagai penelitian tesis atau disertasi. Verifikasi topik bertujuan untuk mencermati topik tesis/disertasi dari aspek kesamaan dan perbedaan dengan topik-topik tesis/disertasi lainnya. Topik tesis/disertasi dinyatakan layak dan disetujui untuk dilanjutkan apabila tidak memiliki “kesamaan” dengan topik tesis/disertasi yang sudah ada pada jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional. Artinya topik tesis/disertasi yang akan disetujui harus memiliki kebaruan (novelty).

2. Penyusunan Proposal Tesis dan Disertasi

Proposal tesis/disertasi dikembangkan berdasarkan paradigma keilmuan yang mencakup perumusan masalah, pengkajian konsep dan teori, hipotesis, dan justifikasi pengajuan hipotesis, serta metodologi penelitian tesis/disertasi. Struktur, sistematika, dan substansi proposal tesis/disertasi disusun sesuai dengan sistematika masing-masing jenis penelitian tesis/disertasi yang dipilih.

Mahasiswa dalam menyusun proposal tesis/disertasi harus di bawah bimbingan pembimbing atau promotor. Perkembangan proses pembimbingan tercatat dalam buku konsultasi yang berisi tanggapan dan saran dari pembimbing atau promotor dengan disertai tanda tangan dan tanggal pembimbingan.

134 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

3. Seminar Proposal Tesis/Disertasi

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) menyelenggarakan seminar proposal tesis/disertasi untuk menjamin originalitas masalah dan keutuhan berpikir, serta wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Seminar proposal tesis/disertasi dilaksanakan setelah lulus ujian kompre-hensif dan topik tesis/disertasinya dinyatakan layak melalui seminar prapro-posal. Seminar proposal tesis/disertasi menilai aspek substansi teoretik dan metodologis tetapi penilaian tersebut lebih bersifat memberi masukan untuk perbaikan.

4. Penyempurnaan Proposal Tesis/Disertasi

Proposal tesis/disertasi yang telah diseminarkan wajib disempurnakan di bawah bimbingan pembimbing atau promotor dengan memperhatikan saran-saran pada saat seminar proposal. Proposal tesis/disertasi yang sudah disempurnakan harus disetujui oleh pembimbing atau promotor. Batas waktu penyempurnaan tesis/disertasi minimal satu bulan dan maksimal tiga bulan. Jika dalam batas waktu tersebut mahasiswa tidak melakukan perbaikan, maka mahasiswa harus mengulang seminar.

5. Penggunaan Rujukan dalam Penyusunan Tesis/Disertasi

Sumber rujukan yang digunakan sebagai landasan atau acuan teoretik harus berasal dari sumber pertama yang dibuktikan dengan fotocopy cover dan halaman yang dikutip/rujuk. Sumber rujukan dapat berupa buku dan jurnal atau sumber lain yang relevan. Tahun terbit sumber rujukan bersifat mutakhir dan khusus untuk jurnalminimal lima tahun terakhir. Penggunaan acuan teoretik untuk setiap variabel pada tesis atau disertasi minimal lima konsep untuk tesis dan tujuh konsep untuk disertasi.

6. Instrumen Penelitian

Instrumen penelitian yang disusun mengacu pada konstruk yang dibangun dari kajian konsep-konsep yang relevan melalui proses analisis komparasi dan sintesis. Untuk program magister dipersyaratkan minimal salah satu instrumen observasi atau pengukuran wajib dikembangkan oleh mahasiswa sendiri. Untuk program doktor dipersyaratkan minimal dua instrumen observasi atau pengukuran wajib dikembangkan sendiri. Instrumen pihak lain yang dipergunakan harus instrumen yang baku dan dalam hal-hal tertentu perlu diadaptasi. Instrumen yang telah disetujui pembimbing/pro-

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 135

motor wajib melalui proses ujicoba secara empiris untuk menguji validitas dan reliabilitasnya.

7. Pengumpulan Data

Data dikumpulkan dengan mempergunakan instrumen yang disusun melalui proses pembimbingan dan disetujui oleh pembimbing/promotor serta mendapat surat permohonan izin ke instansi/lembaga tempat penelitian dari Direktur PPs. Pengumpulan data harus seizin pembimbing/promotor. Data yang telah dikumpulkan dilaporkan kepada pembimbing/promotor disertai surat keterangan telah melaksanakan penelitian dari instansi terkait.

8. Seminar Kelayakan Disertasi

Seminar kelayakan disertasi dilaksanakan sebelum mahasiswa mengikuti ujian tertutup disertasi. Seminar bertujuan untuk menilai kelayakan disertasi seorang kandidat doktor. Seminar kelayakan disertasi terfokus pada substansi teoretis dan metodologis serta logika penulisan sesuai dengan bidang keilmuannya.

Hasil evaluasi ini menentukan kelayakan untuk maju ke ujian tertutup disertasi. Apabila panitia evaluasi kelayakan disertasi menetapkan mahasiswa tidak lulus seminar kelayakan disertasi, maka yang bersangkutan harus mengulang seminar dan diberi kesempatan maksimum dua kali.

B. PENELITIAN

1. Semua bentuk penelitian yang mengacu pada epistemologi keilmuan dapat dipilih untuk penelitian tesis/disertasi.

2. Semua penelitian ditinjau dari aspek pendekatannya seperti kuantitatif dan kualitatif dapat dipilih untuk penelitian tesis/disertasi mahasiswa

3. Semua penelitian ditinjau dari aspek metodenya seperti survey (korelasional, komparatif), eksperimen, expost facto, penelitian evaluatif (evaluasi program, evaluasi kebijakan), penelitian pengembangan,penelitian tindakan (action research), naturalistik, dan fenomenologi dapat dipilih untuk penelitian tesis/disertasi.

4. Semua penelitian ditinjau dari aspek analisisnya seperti analisis kuantitatif dan kualitatitf dapat dipilih untuk penelitian tesis/disertasi.

136 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

5. Pemaparan lingkup penelitian yang tercakup dalam butir (1) sampai dengan (4) pada hakikatnya mencerminkan kebebasan mahasiswa untuk menunjukkan kreativitasnya dalam menentukan tujuan penelitian, metode penelitian, dan teknik analisis yang digunakan.

6. Kebebasan mahasiswa untuk menentukan tujuan penelitian dan teknik analisis ini dijamin dalam standar perilaku akademik (Standards of Academic Conduct).

7. Fungsi pembimbing/promotor adalah mengarahkan mahasiswa agar dapat melaksanakan pilihan tersebut sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan dalam wacana intelektual (intellectual discourse) yang santun dan edukatif sesuai dengan etika ilmiah.

8. Penelitian dilaksanakan setelah menyelesaikan : a. Proposal penelitian; b. Ujian komprehensif; c. Penyusunan dan ujicoba instrumen atau setelah prasurvai.

9. Jangka waktu penelitian di lapangan diatur dengan ketentuan berikut. a. Eksperimen dilaksanakan minimal satu unit kegiatan akademik (umpa-

manya catur wulan atau semester) bagi pendidikan reguler atau 16 kali pertemuan bagi penataran, kursus, atau kegiatan sejenis.

b. Penelitian lapangan lainnya (seperti penelitian kualitatif dan action research) minimal 4 bulan di lapangan.

c. Penelitian lainnya (umpama penelitian teoretik) akan ditentukan tersen-diri sesuai dengan lingkup permasalahan.

C. PEMBIMBING PROGRAM MAGISTER

1. Pembimbing program magister terdiri atas dua orang yang ditetapkan berdasarkan pilihan mahasiswa.

2. Kualifikasi pembimbing :

a. Pembimbing I adalah ahli di bidangnya dan minimal bergelar doktor, dengan jabatan Lektor. Pembimbing II minimal bergelar doktor. Jabatan akademik pembimbing l lebih tinggi atau sama dengan pembimbing II

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 137

b. Pembimbing yang diutamakan adalah dosen tetap UNJ yang aktif, urutan berikutnya adalah guru besar tidak tetap, dosen dan praktisi dari luar UNJ selama memiliki keahlian yang relevan dengan topik tesis mahasiswa.

3. Pembimbing bertugas mengarahkan penyusunan usulan penelitian, penyu-sunan dan ujicoba instrumen (untuk penelitian kuantitatif), pengumpulan dan analisis data, serta penulisan tesis agar sesuai dengan kaidah keilmuan.

4. Dalam rangka bimbingan tersebut seorang mahasiswa berhak menentukan variabel yang diteliti secara metodologis (untuk penelitian kuantitatif), menentukan fokus penelitian (untuk penelitian kualitatif), dan teknis analisis data yang digunakan selama dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Komisi pembimbing dalam konteks ini bertugas secara “tut wuri handayani” untuk membantu mahasiswa melakukan penelitian yang diminatinya secara benar.

5. Sekiranya timbul konflik antara mahasiswa dan pembimbing maka Pimpinan PPs akan melakukan arbitrase untuk menemukan solusi permasalahan berdasarkan kaidah keilmuan.

6. Pembimbing mendampingi mahasiswa dalam mempertahankan proposal tesis pada seminar proposal tesis. Saran yang disampaikan dalam seminar digunakan sebagai masukan perbaikan proposal sepanjang disetujui oleh pembimbing.

7. Content dan metodologi tesis yang digunakan dalam tesis merupakan kewenangan dan tanggungjawab mahasiswa di bawah bimbingan pem-bimbing.

8. Otoritas untuk memberikan persetujuan terhadap isi tesis, aspek substansi keilmuan, metodologi, teknis, dan fraksis ada pada pembimbing. Khusus aspek metodologi, teknis, dan fraksis, Pimpinan Program Studi dan Pimpinan PPs UNJ dapat memberikan masukan dan/atau perbaikan sebelum memberikan persetujuan.

9. Pembimbing membimbing mahasiswa sampai ke ujian formatif maupun ujian sumatif. Semua keputusan panitia ujian tesis program magister bersifat mengikat dan harus ditaati oleh semua pihak termasuk mahasiswa dan pembimbing.

138 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

10. Pembimbing dapat diganti bila :

a. Pembimbing dan mahasiswa selama dua semester sejak surat keputus-an pembimbing diterbitkan belum berhasil mencapai kesepakatan mengenai proposal tesis yang dibuktikan dengan buku konsultasi.

b. Apabila terdapat konflik antara mahasiswa dan pembimbing mengenai pendekatan dalam penyusunan proposal dan penulisan tesis yang tidak dapat diselesaikan melalui arbitrase sebagaimana termaksud dalam diktum (5).

c. Pembimbing meninggalkan Jakarta lebih dari 6 bulan.

d. Pembimbing tidak dapat melakukan kegiatan karena sakit.

D. PROMOTOR PROGRAM DOKTOR

1. Promotor program doktor terdiri atas dua orang yakni promotor dan co-promotor yang ditetapkan berdasarkan pilihan mahasiswa.

2. Kualifikasi promotor :

a. Promotor adalah ahli di bidangnya bergelar doktor dengan jabatan guru besar.

b. Co-promotor adalah ahli di bidangnya bergelar doktor dengan jabatan minimal Lektor Kepala

c. Promotor yang diutamakan adalah dosen tetap UNJ yang aktif, sedang guru besar tidak tetap UNJ, dosen dari luar UNJ dapat dipertimbangkan menjadi co-promotor sepanjang memiliki keahlian yang relevan dengan disertasi yang dibimbing.

3. Promotor bertugas mengarahkan pemilihan topik, penyusunan proposal, penyusunan dan ujicoba instrumen (khusus kuantitatif), pengumpulan dan analisis data, serta penulisan disertasi agar sesuai dengan kaidah keilmuan.

4. Dalam rangka bimbingan tersebut seorang mahasiswa berhak menentukan variabel yang diteliti secara metodologis (untuk penelitian kuantitatif), menentukan fokus penelitian (untuk penelitian kualitatif), dan teknis analisis data yang digunakan selama dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Komisi promotor dalam konteks ini bertugas secara “tut wuri

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 139

handayani” untuk membantu mahasiswa melakukan penelitian yang diminatinya secara benar.

5. Sekiranya timbul konflik antara mahasiswa dan promotor maka pimpinan PPs UNJ akan melakukan arbitrase untuk menemukan solusi permasalahan berdasarkan kaidah keilmuan.

6. Promotor mendampingi mahasiswa dalam mempertahankan proposal disertasi pada validasi topik, seminar proposal dan seminar kelayakan disertasi. Saran yang disampaikan dalam seminar digunakan sebagai masukan oleh mahasiswa sepanjang disetujui oleh promotor/co-promotor.

7. Promotor mengantar mahasiswa ke ujian tertutup disertasi dan promosi doktor. Semua keputusan Panitia Ujian tertutup disertasi bersifat mengikat dan harus ditaati oleh semua pihak termasuk mahasiswa dan promotor.

8. Otoritas untuk memberikan persetujuan terhadap isi tesis, aspek substansi keilmuan, metodologi, teknis, dan fraksis ada pada promotor. Khusus aspek metodologi, teknis, dan praksis, Pimpinan Program Studi dan Pimpinan PPs UNJ dapat memberikan masukan dan atau perbaikan sebelum memberikan persetujuan.

9. Promotor dapat diganti apabila:

a. Promotor dan mahasiswa selama dua semester sejak surat keputusan diterbitkan belum berhasil mencapai kesepakatan mengenai topik disertasi yang dibuktikan dengan buku konsultasi;

b. Promotor meninggalkan Jakarta lebih dari 6 bulan;

c. Ada masalah antara mahasiswa dan promotor yang tidak menemukan solusi yang terbaik;

d. Promotor tidak dapat melakukan kegiatan karena sakit;

10. Prosedur Penggantian Pembimbing/Promotor Apabila ada mahasiswa yang sudah memenuhi persyaratan untuk mengganti pembimbing/promotor seperti tercantum pada butir 10 untuk pembimbing dan butir 9 untuk promotor, maka mahasiswa yang bersangkutan dapat mengajukan penggantian pembimbing/promotor dengan prosedur sebagai berikut: a. Mahasiswa mengajukan permohonan penggantian pembimbing/pro-

motor kepada Direktur PPs dengan menuliskan nama pembimbing/

140 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

promotor yang diganti dan yang diusulkan serta alasan penggantian pembimbing/promotor.

b. Permohonan tersebut dikonsultasikan kepada Ketua/Sekretaris Program Studi untuk memperoleh pertimbangan dan persetujuan.

c. Permohonan penggantian pembimbing/promotor yang telah disetujui dan ditandatangani oleh Ketua Program Studi disampaikan kepada Direktur PPs untuk proses lebih lanjut.

d. Direktur PPs mempelajari permohonan tersebut dan jika diperlukan akan berkonsultasi dengan Ketua Program Studi dan membicarakan dengan mahasiswa yang bersangkutan.

e. Direktur PPs menerbitkan Surat Keputusan Pembimbing/Promotor Pengganti yang tembusannya disampaikan kepada pembimbing/ promotor lama dan pembimbing/promotor baru serta kepada Rektor UNJ.

f. Penerbitan SK seperti pada point e) tidak mempersyaratkan persetujuan pembimbing/promotor lama.

g. Mengingat pembimbing/promotor lama telah menerima honor pembim-bing/promotor sebesar 50%, maka pembimbing/promotor baru hanya berhak menerima honor pembimbing/promotor sebesar 50%.

E. KELENGKAPAN TEKNIS PENYELESAIAN

1. Tesis Komponen teknis yang dipersyaratkan untuk tesis pada dasarnya memuat: a. Ringkasan yang didalamnya termasuk nama, judul, abstrak dan

ringkasan tesis; b. Lembar persetujuan, pernyataan mahasiswa, kata pengantar, daf-

tar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran; c. Isi tesis (sistematika isi tesis dapat dilihat pada Buku Pedoman

Penulisan Tesis dan Disertasi); d. Lampiran (termasuk instrumen untuk ujian tesis, data mentah, hasil

ujicoba instrumen, analisis data dan daftar riwayat hidup);

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 141

2. Disertasi

Komponen teknis yang dipersyaratkan untuk disertasi pada dasarnya terdiri atas: a. Ringkasan yang didalamnya termasuk nama, judul, abstrak dan

ringkasan disertasi; b. Lembar persetujuan, pernyataan mahasiswa, kata pengantar, daf-

tar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran; c. Isi disertasi (sistematika isi disertasi dapat dilihat pada Buku Pe-

doman Penulisan Tesis dan Disertasi); d. Lampiran (termasuk instrumen untuk ujian tertutup, data mentah,

hasil ujicoba instrumen, analisis data dan daftar riwayat hidup);

e. Sinopsis disertasi dalam bentuk artikel ilmiah yang layak dimuat dalam jurnal terakreditasi nasional, yang dibuat secara terpisah dari disertasi.

F. KELENGKAPAN ADMINISTRATIF AKADEMIK UNTUK UJIAN TESIS/ DISERTASI

1. Kelengkapan administratif berupa : a. Surat permohonan ujian yang ditandatangani oleh Kasubag TU dan

Ketua Program Studi, disertai lampiran berupa bukti pelunasan SPP/DPP, surat keterangan bebas perpustakaan.

b. Transkrip akademik sementara yang ditandatangani oleh Ketua Pro-gram Studi dan Direktur PPs.

c. Surat keterangan lulus tes bahasa Inggris dari Asisten Direktur I PPs. d. Surat permohonan untuk melakukan ujicoba di tempatpenelitian

tesis/disertasi yang dikeluarkan oleh Asisten Direktur I PPs UNJ dan jawaban surat tersebut;

e. Surat permohonan untuk melakukan pengumpulan data di tempat penelitiantesis/disertasi yang dikeluarkan oleh pimpinan PPs UNJ dan jawaban surat tersebut dalam bentuk surat keterangan telah melakukan pengumpulan data dari instansi/lembaga tempat penelitian.

f. Semua kelengkapan administratif sebagaimana tercantum seperti terse-but di atas wajib dilampirkan dalam tesis/disertasi yang diajukan untuk ujian tesis/ujian tertutup disertasi.

142 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

2. Bukti Rujukan dan Surat Pernyataan a. Untuk menghindari plagiat maka semua rujukan dari sumber

kepustakaan harus disertai fotokopi yang berupa: 1) halaman yang dirujuk; 2) cover buku/majalah yang dirujuk.

b. Bukti tersebut harus diperlihatkan kepada pembimbing, ketua program studi (waktu mengajukan permohonan ujian) dan panitia ujian tesis/disertasi (sewaktu ujian). Di samping itu, melampirkan surat pernyataan di atas materai dalam tesis atau disertasi yang menyatakan bahwa tesis atau disertasi ini secara jujur adalah hasil karya mahasiswa yang bersangkutan, bukan hasil plagiat baik sebagian apalagi seluruhnya.

G. BUKU KONSULTASI AKADEMIK

1. Buku konsultasi akademik dikeluarkan oleh PPs UNJ untuk memonitor perkembangan studi terutama penulisan tesis/disertasi mahasiswa. Buku Konsultasi Akademik diberikan kepada mahasiswa pada permulaan perkuliahan setelah mahasiswa memenuhi persyaratan administrasi akademik termasuk pembayaran SPP/DPP.

2. Buku Konsultasi Akademik merupakan tanda bukti bahwa mahasiswa yang bersangkutan merupakan mahasiswa yang terdaftar dalam semester yang sedang berjalan.

3. Buku Konsultasi Akademik memungkinkan pimpinan PPs memonitor perkembangan studi dan persyaratan administratif mahasiswa secara sekaligus. Tanpa memenuhi persyaratan administratif mahasiswa tidak dapat mengikuti kegiatan akademik dalam semester tersebut, termasuk melakukan konsultasi dengan Pembimbing/Promotor.

4. Buku Konsultasi Akademik harus dibawa setiap berkonsultasi dengan Pembimbing/Promotor karena persetujuan pembimbing/promotor baik substansi maupun waktunya harus tercatat di dalam buku konsultasi akademik dan ditandatangani oleh pembimbing/promotor.

5. Buku konsultasi akademik digunakan selama mahasiswa mengikuti pendidikan di PPs UNJ.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 143

BAB VIII ATURAN DAN ETIKA AKADEMIK

Dalam upaya mencapai tujuan pendidikan tinggi dan menghasilkan

lulusan yang bermutu tinggi, maka perlu ditentukan aturan dan etika akademik bagi civitas akademika Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) sebagai berikut.

A. ATURAN AKADEMIK

Ketentuan yang diatur dalam aturan akademik ini meliputi hak dan kewajiban mahasiswa, hak dan kewajiban dosen dan pembimbing, serta hal-hal lain yang terkait dengan perselisihan antara mahasiswa dan pembimbing.

1. Hak dan Kewajiban Mahasiswa

Sebagai subjek utama dalam pendidikan tinggi, mahasiswa PPs UNJ mempunyai hak yang dapat digunakan dan kewajiban yang harus dipenuhi untuk dapat mengembangkan sikap keilmuan, baik di kampus, dalam forum ilmiah maupun di masyarakat. Hak dan kewajiban mahasiswa tersebut ditentukan sebagai berikut.

a. Hak Mahasiswa 1) Mengemukakan pendapat dalam kegiatan perkuliahan, diskusi, dan

bimbingan tesis/disertasi yang dilandasi argumentasi teoretis dan kaidah keilmuan;

2) Menentukan tujuan dan metode penelitian tesis/disertasi serta teknik analisis yang relevan selama sesuai dengan kaidah keilmuan;

3) Mendapatkan pelayanan akademik dari dosen (sesuai jadwal yang ditentukan) dan pembimbing/promotor secara teratur dan intensif melakukan interaksi langsung dalam suasana santun, tidak merendahkan martabat seseorang, dan dalam suasana akademis yang berlandaskan etika keilmuan;

4) Mendapatkan pelayanan administratif sesuai dengan peraturan yang berlaku secara santun dan tidak merendahkan martabat seseorang;

5) Mengajukan penggantian pembimbing/promotor apabila memenuhi persyaratan.

144 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

b. Kewajiban Mahasiswa 1) Mendaftar ulang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 2) Wajib mengikuti peraturan dan segala ketentuan akademik dan

administratif yang berlaku. 3) Bertindak sesuai dengan norma-norma kesusilaan dan hukum. 4) Bersikap hormat dan santun terhadap dosen, pembimbing/promotor,

dan pengelola. 5) Melakukan kegiatan akademik sesuai etika akademik yang ditentukan. 6) Bertanggung jawab secara pribadi atas segala ucapan dan tulisan yang

bersifat keilmuan sesuai dengan kematangan intelektual. Artinya, semua pendapat dari dosen, pembimbing, dan pimpinan pascasarjana dalam bidang keilmuan merupakan masukan yang harus dicerna menjadi keyakinan pribadi. Sebagai contoh tidak diperkenankan untuk menyatakan “saya memilih X karena disarankan oleh dosen pembimbing atau pimpinan” melainkan “saya memilih X karena argumentasi yang saya yakini”.

7) Wajib menjunjung nama baik PPs UNJ dalam perkataan dan perbuatan di dalam dan di luar kampus.

8) Dilarang menyebarkan dusta, fitnah, pencemaran nama baik terha-dap mahasiswa, dosen, pembimbing/promotor dan pengelola PPs UNJ atau pihak lainnya.

2. Hak dan Kewajiban Dosen dan Pembimbing/Promotor

Sebagai pendidik profesional di perguruan tinggi, dosen dan pembimbing diharapkan senantiasa menampilkan perilaku akademik dan profesionalitas yang tinggi. Untuk itu, dosen dan pembimbing juga senantiasa menjunjung tinggi hak dan kewajiban sebagai berikut

a. Hak Dosen dan Pembimbing/Promotor

1) Mempunyai kebebasan akademik yaitu kebebasan untuk mempel-ajari dan mengembangkan ilmu sesuai kaidah keilmuan.

2) Mempunyai kebebasan mimbar, yaitu kebebasan untuk meng-ungkapkan dan mempublikasikan gagasan dan temuan ilmiah di ranah publik sesuai kaidah keilmuan.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 145

3) Melaksanakan kegiatan dan tugas-tugas akademik yang diperca-yakan kepadanya selama tidak bertentangan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

4) Mendapatkan perlakuan hormat dan santun dari mahasiswa, se-sama dosen, dan pengelola.

5) Mendapatkan insentif dan kehormatan atas pekerjaan dan usaha yang dilakukannya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

6) Mengundurkan diri sebagai pembimbing/promotor apabila : a) Terdapat perbedaan pandangan dengan mahasiswa menge-

nai pelaksanaan tesis/disertasi yang tidak dapat dipertemu-kan/diselesaikan;

b) Mahasiswa melakukan perilaku akademik tercela; 7) Bagi pembimbing/promotor yang mengundurkan diri, tetap berhak

atas insentif sebagai pembimbing/promotor yang sudah diterima.

b. Kewajiban Dosen dan Pembimbing/Promotor 1) Sebagai pengampu mata kuliah berkewajiban melaksanakan tugas

mengajar minimal 12 kali per mata kuliah per semester. 2) Memberikan bimbingan tatap muka secara teratur, intensif, dan ber-

kelanjutan. 3) Menghormati kebebasan dan kreativitas mahasiswa dalam memilih

tujuan dan metode penelitian tesis/disertasi serta teknik analisis yang relevan selama hal itu dapat dipertanggungjawabkan sesuai kaidah keilmuan.

4) Mengarahkan pilihan mahasiswa agar lebih rasional, elegan, akurat, dan teruji, ditinjau dari segi keilmuan dan operasionalisasinya dalam penulisan tesis dan disertasi.

5) Bertindak dengan prinsip “tut wuri handayani” dalam membimbing mahasiswa dengan wacana intelektual yang santun dan tidak merendahkan martabat seseorang.

6) Mematuhi peraturan yang ditetapkan pimpinan PPs UNJ mengenai kegiatan akademik.

7) Menjaga martabat PPs UNJ di dalam dan di luar kampus.

146 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

B. ETIKA AKADEMIK Penyelenggaraan pendidikan pada PPs UNJ sebagai pendidikan tinggi

harus menjunjung tinggi kaidah keilmuan, moral, dan etika ilmu pengetahuan. Untuk itu diperlukan standar perilaku akademik (standards of academic conduct) berupa seperangkat nilai dan norma yang dipakai sebagai acuan dalam bersikap dan berperilaku baik bagi mahasiswa, dosen, pembimbing/promotor, maupun pengelola PPs dalam setiap kegiatan akademik seperti pembelajaran (perkuliahan), penelitian, penulisan dan publikasi, penggunaan gelar akademis dan sebagainya. 1. Etika akademik mengandung nilai-nilai universal yang berkaitan dengan

kejujuran, keterbukaan, objektifitas, saling menghormati dan tidak berlaku diskriminatif. Kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik yang dimiliki civitas akademika sebagai wujud keinginan untuk belajar dan berkembang juga harus menjunjung tinggi etika akademik yang dianut oleh masyarakat akademik. Warga kampus sebagai bagian dari masyarakat akademik wajib memiliki integritas akademik yaitu sikap dan perilaku menjunjung tinggi etika akademik secara konsisten dalam setiap kegiatan dan perilaku akademik.

2. Setiap warga PPs UNJ sebagai bagian masyarakat akademik harus terikat dan patuh terhadap etika akademik. Tindakan yang tidak sesuai dengan etika akademik dapat dikategorikan sebagai tindakan tidak etis atau academic conduct dan merupakan pelanggaran akademik, yang dapat berakibat pada pemberian hukuman secara akademik.

3. Ada beberapa tindakan tidak etis atau pelanggaran etika akademik yang diatur di PPs UNJ, yaitu plagiat, karya ilmiah dibuatkan orang lain, penyontekan/kecurangan dalam ujian (cheating), perjokian, pemalsuan, penyuapan, dan tindakan diskriminatif. a. Plagiat

Plagiat adalah tindakan mengambil gagasan/pendapat/ terminologi/hasil temuan orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa seizin pemiliknya atau tanpa mencantumkan sumber-sumber yang diacunya secara jujur dan tanpa mengikuti kaidah ilmiah. Aturan lengkap mengacu Permen Diknas No. 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan di Perguruan Tinggi

b. Karya Ilmiah Dibuatkan Orang Lain

Dibuatkan orang lain artinya karya ilmiah berupa makalah, paper, tesis, disertasi dan/atau sejenisnya dibuatkan orang lain atas dasar

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 147

kesukarelaan atau pemberian imbalan tertentu yang digunakan untuk kepentingan akademik mahasiswa yang bersangkutan. Ada perbedaan antara karya buatan orang lain dengan plagiat. Pada plagiat masih ada bagian dari karya ilmiah yang dibuatnya sendiri namun tidak mencantumkan rujukannya, sedangkan karya buatan orang lain seluruhnya dibuatkan orang lain dengan atau tanpa imbalan tertentu.

c. Penyontekan/Kecurangan dalam Ujian (Cheating)

Penyontekan adalah kegiatan sadar yang dilakukan peserta ujian untuk memperoleh hasil terbaik yang dicapai bukan karena usaha atau kemampuannya sendiri. Contoh: (1) mencontoh hasil kerja milik peserta ujian lain, dan (2) menggunakan atau mencoba menggunakan bahan-bahan, informasi atau alat bantuan studi lainnya yang tidak diizinkan dalam ujian atau tanpa izin dari Dosen yang bersangkutan.

d. Perjokian

Tindakan menggantikan kedudukan atau melakukan tugas atau kegiatan akademik lain untuk kepentingan orang lain, atas permintaan orang lain atau kehendak sendiri yang dilakukan secara sengaja dalam ujian atau kegiatan akademik lain.

e. Pemalsuan

Pemalsuan adalah tindakan mengganti, meniru atau mengubah/ memalsukan sesuatu untuk mendapatkan pengakuan sebagai sesuatu yang asli yang dilakukan dengan sengaja dan tanpa ijin yang berwenang. Bentuk-bentuk tindakan pemalsuan, di antaranya mengganti, meniru atau mengubah/memalsukan nama, tanda tangan, nilai atau tugas-tugas, praktikum, transkrip akademik, ijasah, stempel, kartu tanda mahasiswa, gelar akademik, dan keterangan atau laporan dalam lingkup kegiatan akademik maupun non akademik, serta memberikan keterangan atau kesaksian palsu.

f. Tindakan Suap Menyuap

Tindakan memberi atau menerima imbalan uang, barang atau bentuk lainnya yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan akademik dan administratif tertentu. Tindakan lain yang termasuk dalam kategori ini adalah usaha untuk mempengaruhi atau mencoba mempengaruhi orang lain baik dengan cara membujuk, memberi hadiah atau berupa ancaman dengan maksud mempengaruhi penilaian terhadap prestasi akademik.

148 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

g. Tindakan Diskriminatif Tindakan membeda-bedakan perlakuan terhadap individu atau kelompok yang berkepentingan dalam kegiatan akademik yang didasarkan pada pertimbangan faktor gender, agama, suku, ras, status sosial, dan fisik seseorang atau atas dasar perasaan suka dan tidak suka (like and dislike) sehingga menimbulkan keuntungan pada pihak (individu dan kelompok) tertentu dan kerugian pada pihak lainnya.

h. Lainnya

Berbagai tindakan lain yang merupakan perbuatan terlarang dan dapat memiliki implikasi pada sanksi akademik antara lain (1) Menyobek halaman buku perpustakaan atau mengambil tanpa hak buku atau peralatan pembelajaran, merusak atau menghilangkan alat atau bahan laboratorium dan sarana-sarana pendidikan lainnya, dan (2) Tindakan-tindakan lain yang merendahkan martabat masyarakat akademik, misalnya: mengkonsumsi narkoba dan miras, melakukan tindakan asusila, dan sejenisnya. Untuk tindakan kedua ini penanganannya dilakukan menurut hukum pidana atau hukum positif lain yang berlaku.

C. SANKSI DAN PEMBERIAN SANKSI ATAS PELANGGARAN ETIKA

AKADEMIK Pelanggaran atas etika akademik akan berdampak pada penerapan sanksi

bertingkat sesuai dengan tingkat pelanggaran atas etika akademik dalam rangka penegakan integritas akademik di lingkungan PPs UNJ. Jika terbukti terjadi pelanggaran etika akademik, sanksi akademik dapat dilakukan secara bertingkat mulai dari sanksi yang ringan hingga berat dan dapat lebih dari satu sanksi. 1. Bentuk-bentuk Sanksi

a. Sanksi akademik bagi mahasiswa 1) Teguran lisan 2) Teguran tertulis 3) Penundaan Ujian Tesis/Disertasi 4) Pemutusan hubungan studi

b. Sanksi akademik bagi dosen dan pembimbing/promotor 1) Teguran lisan 2) Teguran tertulis

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 149

3) Pembebasan dari kewenangan mengajar atau membimbing mahasiswa PPs UNJ

c. Sanksi akademik bagi pengelola 1) Teguran lisan 2) Teguran tertulis 3) Usulan pembebasan dari kewenangan mengelola PPs UNJ kepada

atasan yang berwenang.

2. Pemberi Sanksi

Sanksi terhadap pelanggaran etika akademik dapat diberikan oleh: a. Pengawas Ujian/Dosen

Pengawas ujian/dosen dapat memberikan peringatan lisan dan atau perintah untuk meninggalkan ruang ujian jika peserta ujian tidak mengindahkan peringatan yang diberikan. Bentuk-bentuk pelanggaran yang terjadi dan tingkat penerapan sanksi akan direkam dalam bentuk catatan tertulis pada Berita Acara Ujian oleh pengawas ujian/dosen dan dilaporkan kepada asisten direktur bidang akademik, yang selanjutnya akan ditentukan tingkat sanksi yang akan diterapkan.

b. Dosen Pengampu Matakuliah

1) Dosen pengampu dapat memberikan sanksi berupa pengurangan nilai ujian pada pelanggar etika akademik untuk mata kuliah yang diampunya.

2) Dosen pengampu dapat menyatakan ketidaklulusan ujian (digugurkan) untuk matakuliah atau kegiatan akademik yang bersangkutan.

c. Program Studi/Program Pascasarjana/Universitas 1) Untuk pelanggaran akademik berat, pelanggar dapat dikenakan sanksi

digugurkan seluruh matakuliah yang ditempuh pada semester yang bersangkutan.

2) Pemberian skorsing (dicabut status kemahasiswaannya untuk semen-tara) dari pascasarjana dapat dilakukan apabila sanksi yang diberikan tidak menimbulkan efek jera dan merupakan pelanggaran etika aka-

150 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015

demik berulang dan atau kegiatan yang dapat disebutkan sebagai tindak pidana, hingga kasusnya selesai secara hukum positif.

3) Pemecatan atau dikeluarkan (dicabut status kemahasiswaannya) dari pascasarjana (misalnya untuk kasus plagiat, dibuatkan orang lain, pemalsuan, suap-menyuap, dan tindakan kriminal).

4) Pencabutan gelar akademik yang telah diperoleh dari Universitas dapat dilakukan jika pelanggaran etika akademik terbukti menurut hukum positif yang ada di Indonesia atau KUHP (misalnya untuk kasus plagiat dan karya akademik dibuatkan orang lain, pemalsuan dan suap-menyuap).

D. PROSEDUR PEMBERIAN SANKSI 1. Setiap pelanggaran terhadap Etika Akademik dianggap sebagai peri-

laku akademik tercela (academic misconduct), 2. Setiap perilaku akademik tercela atau pelanggaran etika akademik

akan diproses sesuai dengan prosedur dan dikenakan sanksi. 3. Setiap temuan pelanggaran etika akademik atau perilaku akademik

tercela dilaporkan kepada pimpinan PPs. 4. Seluruh anggota sivitas akademika yang menemukan adanya pelang-

garan etika akademik/perilaku akademik tercela mempunyai hak untuk melaporkan kepada pimpinan PPs.

5. Pimpinan PPs akan mengadakan klarifikasi atas laporan tersebut kepada pihak yang bersangkutan untuk menemukan kebenaran dari kedua belah pihak.

6. Pimpinan PPs akan mengambil keputusan berda-sarkan kesimpulan dalam butir 5 tersebut dan memberikan sanksi yang sesuai.

7. Untuk pelanggaran berat Pimpinan PPs/Universitas dapat membentuk Komisi Khusus atau menyerahkan pada Komisi Etik Senat Universitas untuk memeriksa dan merekomendasikan sanksi terhadap pelanggar.

8. Pimpinan Universitas memberikan sanksi terhadap pelanggar sesuai rekomendasi yang diberikan Komisi Khusus atau Komisi Etik Senat Universitas.

9. Setiap pemberian sanksi dilakukan secara tertulis dan didokumentasi-kan dalam bentuk surat pernyataan bermaterai disertai berita acara yang menjelaskan hasil pemeriksaan terhadap pelanggaran yang dilakukan.

Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015 151

E. ARBITRASE

Arbitrase dilakukan apabila terjadi kebuntuan dalam proses bimbingan tesis/disertasi antara mahasiswa dan pembimbing. Arbitrase dilakukan oleh PPs. Pelaksanaan arbitrase atau penyelesaian perselisihan harus didasarkan pada: a. argumentasi keilmuan; b. standar perilaku akademik; c. bukti otentik.

F. HAK KEPEMILIKAN INTELEKTUAL (INTELLECTUAL PROPERTY RIGHT)

Setiap karya akademik bersifat intelektual. Hak kepemilikan intelektual bagi civitas akademika PPs UNJ diatur sebagai berikut: a. Mahasiswa mempunyai hak kepemilikan intelektual atas tesis/disertasi-

nya. b. Dosen dan pengelola mempunyai hak kepemilikan intelektual atas

tesis/disertasi, pengembangan, dan kajian yang dibiayai PPs dengan catatan bahwa penyandang dana mempunyai hak untuk mempergunakan penemuan tersebut untuk kegiatan pendidikan.

152 Buku Panduan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2015