buku panduan akademik 2015

124

Upload: hoangkien

Post on 16-Dec-2016

249 views

Category:

Documents


3 download

TRANSCRIPT

Page 1: Buku Panduan Akademik 2015
Page 2: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 1

Institut Seni Indonesia Surakarta

PANDUAN AKADEMIKProgram Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)

Tahun Akademik 2015/2016

INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA

Kampus I:Jl. Ki Hadjar Dewantara No. 19, Kentingan, Jebres, Surakarta 57126

Kampus II:Jl. Ringroad Km 5,5 Mojosongo, Surakarta 57127

Telp. (0271) 647658, Fax. (0271) 646175Web: www.isi-ska.ac.id, email: [email protected]

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI

Page 3: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)2

Institut Seni Indonesia Surakarta

ii

@2015 INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA

Kampus I:Jl. Ki Hadjar Dewantara No. 19, Kentingan, Jebres, Surakarta 57126

Kampus II:Jl. Ringroad km 5,5 Mojosongo, Surakarta 57127

Telp. (0271) 647658, Fax. (0271) 646175http://www.isi-ska.ac.id, email: [email protected]

Page 4: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 3

Institut Seni Indonesia Surakarta

KATA PENGANTAR

Puji sukur senantiasa dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa berkatkarunia-Nya, Buku Panduan Akademik Institut Seni Indonesia SurakartaTahun Akademik 2015/2016 telah selesai disusun. Buku ini memuat SebaranMata Kuliah Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1) yang diterbitkandengan tujuan sebagai panduan mahasiswa dalam mencermati mata kuliahselama studi.

Buku Panduan Akademik ini diharapkan dapat dipahami dandilaksanakan oleh seluruh sivitas akademika mahasiswa, dosen, dan tenagakependidikan serta masyarakat luar tentang penyelenggaraan sistempendidikan Institut Seni Indonesia Surakarta. Penerbitan buku ini sangatpenting demi tercapainya proses pembelajaran yang optimal.

Berkaitan dengan itu, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaankepada Dekan, Pembantu Dekan I, Ketua Program Studi, maupun StafAkademik di Institut Seni Indonesia Surakarta yang telah menyumbangkantenaga, saran, masukan, dan koreksi selama proses revisinya. Pendapat,saran, dan koreksi dari berbagai pihak masih diharapkan sebagai bahan untukmenyempurnakan Buku Panduan Akademik di masa mendatang. Semogabermanfaat bagi kita semua.

Surakarta, Oktober 2015

Rektor,

iii

Page 5: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)4

Institut Seni Indonesia Surakarta

DAFTAR ISI

iv

Sambutan Rektor......................................................................................Daftar Isi...................................................................................................Sejarah ISI Surakarta................................................................................Hymne ISI Surakarta................................................................................Mars ISI Surakarta....................................................................................Bendera dan Duaja ISI Surakarta.............................................................Lambang ISI Surakarta.............................................................................Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran ISI Surakarta..........................................Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengajaran...............................................

A. Penyelenggaraan Pendidikan...........................................................B. Penyelenggaraan Pengajaran..........................................................C. Tugas Akhir....................................................................................D. Wisuda.........................................................................................E. Kelulusan, Predikat, dan Gelar Kelulusan.....................................

Administrasi AkademikA. Registrasi dan Heregistrasi...........................................................B. Cuti Kuliah...................................................................................C. Pindah Kuliah Antar Perguruan Tinggi..........................................D. Pindah Program Studi di Lingkungan ISI Surakarta.....................E. Putus Studi.......................................................................................F. Surat Keterangan Masih Kuliah dan Surat Keterangan Lulus.....

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Fakultas Seni Pertunjukan.....................Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Fakultas Seni Rupa dan Desain.............Sebaran Mata Kuliah Program Diploma D-4 dan Program Sarjana S-1....

iiiiv145668

11111217171719192021232424263854

Page 6: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 1

Institut Seni Indonesia Surakarta

SEJARAH ISI SURAKARTA

Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta adalah salah satu Perguruan TinggiSeni Negeri di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan TinggiKementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Institut Seni Indone-sia (ISI) Surakarta pada mulanya adalah sebuah perguruan tinggi setingkatakademi dengan nama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta,yang didirikan sebagai salah satu wadah untuk melestarikan (melindungi,mengembangkan, dan memanfaatkan) perkembangan seni tradisional.

Lembaga pendidikan tinggi seni dapat hidup subur jika didirikan ditengah-tengah lingkungan yang mendukungnya, yang secara wajar dapatmemberikan umpan balik. Pertumbuhan dan laju pengembangan seni itu dapatterwujud dengan adanya inovator/tenaga kreatif seperti pendidik, seniman,kritikus, dan penghayat seni yang memiliki kemampuan serta sikap terbuka.

Melihat sumber serta potensi seni tradisional yang ada, Surakarta sebagaikota budaya memenuhi syarat menjadi tempat untuk berdirinya suatu lembagapendidikan tinggi seni tradisional. Surakarta memiliki kedudukan yang kuatserta wilayah pendukung budaya yang cukup luas.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, sekelompok senimanmuda dengan mendapat dukungan serta restu dari para ahli budaya serta empu,melalui lembaga-lembaga resmi di pusat dan daerah, berupaya agar diSurakarta didirikan lembaga pendidikan tinggi kesenian. Dari hasil upayaitu, maka terbitlah Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia Nomor 068/1964 tertanggal 15 Juli 1964, yang membuka AkademiSeni Karawitan Indonesia (ASKI) di Surakarta di bawah naungan DirektoratJenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan Dasar dan Kebudayaan.

Selanjutnya pada tanggal 19 Mei 1973 terbit Keputusan MenteriPendidikan dan Kebudayaan Nomor 039/O/1973 tentang Pedoman mengenaiStatus, Kurikulum, Staf Pengajar, dan Perlengkapan Material di AkademiSeni Karawitan Indonesia di Surakarta, di antaranya berisi tentang:1. Lulusan ASKI berhak mempergunakan sebutan Sarjana Muda Karawitan

bagi yang lulus ujian negara Sarjana Muda ASKI, dan Seniman Karawitan

Page 7: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)2

Institut Seni Indonesia Surakarta

(S.Kar), bagi yang lulus ujian negara tingkat Seniman ASKI (Bab II, Pasal3, Ayat a.b.).

2. Ijazah Seniman Karawitan di nilai setingkat Ijazah Sarjana (Bab V, Pasal15, Ayat 1-2).

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 160/ M/1974 dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 02/O/1975tanggal 20 Maret 1976 dilaksanakan pemindahan pengelolaan ASKI Surakartadari Direktorat Jenderal Kebudayaan kepada Direktorat Jenderal PendidikanTinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sejak ASKI Surakarta berdiri menggunakan fasilitas milik KonservatoriKarawitan Indonesia (sekarang SMK Negeri 8 Surakarta). Sejak tahun 1972Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Tengah (PKJT) di Surakarta yangmenempati bangunan milik Keraton Surakarta. Pihak Keraton Surakartamemberikan tempat untuk kegiatan ASKI Surakarta berupa bangunan diPagelaran, Sitihinggil, dan Sasonomulyo.

Perubahan peningkatan status Akademi Seni Karawitan Indonesia(ASKI) Surakarta menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakartaditandai dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan danKebudayaan Nomor 0446/O/1988 tanggal 12 September 1988 tentangPeningkatan Status ASKI Surakarta menjadi STSI Surakarta. Pada tahun 2006Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta berubah status menjadi Institut SeniIndonesia (ISI) Surakarta, ditandai dengan terbitnya Peraturan PresidenRepublik Indonesia Nomor 77 Tahun 2006 tanggal 20 Juli 2006. Diresmikanoleh Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Bambang Sudibyo pada tanggal11 September 2006.

Mulai tahun 1985 kegiatan akademik dan administrasi perguruan tinggiini menempati kampus baru di Kentingan, Jebres, Surakarta. Institut SeniIndonesia Surakarta memiliki dua kampus, yaitu Kampus I di Kentingan untukFakultas Seni Pertunjukan dan Program Pascasarjana; dan Kampus II diMojosongo untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain serta untuk pengembanganke depannya direncanakan adanya Fakultas Seni Media Rekam.

Page 8: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 3

Institut Seni Indonesia Surakarta

Bertitik tolak dari sejarah singkat ISI Surakarta, Upacara Dies NatalisISI Surakarta ditetapkan jatuh setiap tanggal 15 Juli, bertepatan denganterbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia Nomor 068/1964 tertanggal 15 Juli 1964 tentang PembukaanAkademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta yang merupakan “cikalbakal” ISI Surakarta.

Organisasi dan Tata Kerja (OTK) ISI Surakarta telah mendapatpengesahan Menteri Pendidikan Nasional dengan terbitnya PeraturanMendiknas Nomor 45 Tahun 2007 tanggal 5 Desember 2007. ISI Surakartasaat ini memiliki 2 (dua) Fakultas, yaitu Fakultas Seni Pertunjukan danFakultas Seni Rupa dan Desain.

Fakultas Seni Pertunjukan terdiri dari lima Program Studi Strata 1diantaranya sebagai berikut.1. Seni Karawitan2. Seni Pedalangan3. Seni Tari4. Etnomusikologi5. Seni Teater

Fakultas Seni Rupa dan Desain terdiri dari delapan Program Studi (enamProgram Studi Strata 1 dan dua Program Studi Diploma IV).

Program Studi Strata 1 di antaranya sebagai berikut.1. Kriya Seni2. Seni Rupa Murni3. Desain Interior4. Televisi dan Film5. Fotografi6. Desain Komunikasi Visual

Program Studi Diploma IV:1. Batik2. Keris & Senjata Tradisional

Page 9: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)4

Institut Seni Indonesia Surakarta

HYMNE ISI SURAKARTA

Lagu: B. SubonoSyair: R. Supanggah

Page 10: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 5

Institut Seni Indonesia Surakarta

MARS ISI SURAKARTA

Lagu: B. SubonoSyair: R. Supanggah

Page 11: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)6

Institut Seni Indonesia Surakarta

Bendera dan DuajaInstitut Seni Indonesia Surakarta

Bendera ISI Surakarta berbentuk segi empat, dengan perbandingan 3 :2, berwarna dasar merah hati, ditengah-tengahnya terdapat lambang ISISurakarta.

Duaja ISI Surakarta berbentuk perisai dengan ukuran tinggi dan lebarberbanding 4 : 3, berwarna dasar merah hati, yang di dalamnya terdapatlambang ISI Surakarta di tengah tulisan Institut Seni Indonesia dan tulisanSURAKARTA pada bagian bawah lambang berwarna kuning.

Lambang Institut Seni Indonesia Surakarta

Page 12: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 7

Institut Seni Indonesia Surakarta

Arti Lambang

1. ISI Surakarta mempunyai lambang berupa Angsa Kutub Lumba-Lumbaberwarna putih berparuh dan berkaki warna emas, mengepakan sayapterbang menuju angkasa, melanglang buana, dengan mencengkeramsetangkai daun hijau berbunga cempaka dan berbuah manggis. Angsamemiliki mata urna di tengah dahi dengan telinga patra berwarna hijau.

2. Angsa Kutub Lumba-lumba bermakna peraih ketinggian dan kedalaman,penjelajah dunia, serta penuntun jalan. Warna putih dan kuning keemasanpada bentuk Angsa Kutub Lumba-Lumba bermakna kemuliaan dankejayaan.

3. Angsa Kutub Lumba-Lumba mengepakan sayap terbang menuju angkasabermakna keseimbangan antara kecerdasan intelektual, spiritual, danemosional.

4. Urna bermakna religius yang mewarnai ketajaman cipta, rasa, dan karsa5. Telinga Patra berwarna hijau bermakna tanggap terhadap informasi dari

berbagai penjuru.6. Setangkai daun warna hijau bermakna kesuburan dan kesejukan, berbunga

cempaka warna kuning keemasan sebagai simbol keharuman dankejayaan, berbuah manggis warna ungu yang merupakan simbol darikematangan, keluhuran, kejujuran, dan kebenaran hakiki.

7. Bola dunia warna biru bermakna keluasan teba jelajah yang mendunia.

Page 13: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)8

Institut Seni Indonesia Surakarta

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARANISI SURAKARTA

Visi

Institut Seni Indonesia Surakarta berperan sebagai pusat unggulankreativitas dan keilmuan Seni-Budaya untuk membentuk insan Indonesiacerdas, kompetitif, dan berkarakter.

Misi

Untuk mencapai visi tersebut, ISI Surakarta mengemban misi.1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan kekaryaan seni, dan

pengabdian kepada masyarakat di bidang Seni Budaya yang bermutu ditingkat nasional dan internasional;

2. Mendinamisasikan kehidupan seni budaya masyarakat;3. Mewujudkan tata kelola institusi yang profesional dan akuntabel; dan4. Mengembangkan pusat informasi seni budaya yang akurat dan terpercaya

Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai ISI Surakarta sesuai dengan visi dan misisebagai berikut.1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, berkarakter, dan berdaya saing;2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan kekaryaan seni;3. Mendinamisasi kehidupan seni-budaya masyarakat melalui penggalian,

pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan kekaryaanseni; dan

4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, sarana danprasarana, dan sumber dana guna mendukung sistem tata kelola yangbaik dan bersih sebagai pusat informasi seni budaya yang akurat danterpercaya.

Page 14: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 9

Institut Seni Indonesia Surakarta

Sasaran

Tujuan strategis sebagaimana dimaksud dijabarkan ke dalam sasaranstrategis yang dijadikan prioritas program pengembangan guna mengatasimasalah dalam jangka pendek. RENSTRA ISI Surakarta 2012-2014 memuatdua puluh tiga sasaran strategis yang diformulasikan sebagai berikut.1. Meningkatnya kualitas pembelajaran berbasis kompetensi, pendidikan

karakter, dan kewirausahaan;2. Meningkatnya akses dan kualitas calon mahasiswa baru;3. Meningkatnya kualitas dan kuanititas lulusan;4. Meningkatnya kualitas dan kuantitas pendidikan dan keterampilan

aktivitas instruksional dosen;5. Optimalnya peran organisasi kemahasiswaan guna menumbuhkembangkan

jiwa kewirausahaan seni mahasiswa;6. Implementasi sistem penjaminan mutu dan audit penjaminan mutu;7. Meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian;8. Meningkatnya kualitas dan kuantitas kekaryaan seni;9. Berkembangnya kelompok-kelompok minat penelitian;10. Meningkatnya kerjasama bidang penelitian dan kekaryaan seni di tingkat

nasional dan internasional;11. Meningkatnya kualitas dan kuantitas desiminasi hasil penelitian dan

kekaryaan seni pada masyarakat;12. Berkembangnya pusat informasi seni budaya untuk kepentingan

masyarakat;13. Menggali, membina, dan mengembangkan potensi seni budaya yang

dimiliki masyarakat;14. Tata kelola penyelenggaraan pendidikan yang akuntabel;15. Tersedianya sumber daya manusia yang kompeten dan memadai guna

mendukung program pendidikan, riset, dan pengabdian pada masyarakat;16. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai;17. Tersedianya sistem perencanaan berbasis kinerja dan pengalokasian yang

efektif;

Page 15: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)10

Institut Seni Indonesia Surakarta

18. Terwujudnya sistem informasi manajemen yang mendukung operasionaldan pengambilan keputusan;

19. Terselenggaranya kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkandengan berbagai instansi di dalam dan luar negeri;

20. Tersedianya sumber pendanaan dari masyarakat (PNBP) yangberkelanjutan untuk mendukung program dan kegiatan yang akandilaksanakan;

21. Berkembangnya Sistem Informasi Terpadu (SIPADU) pendukung layananadministrasi akademik dan pengambilan kebijakan;

22. Berkembangnya kerjasama dan kemitraaan dengan lembaga/institusi didalam dan luar negeri; dan

23. Tersedianya sumber dana masyarakat dan pengalokasian yang efektivitas.

Page 16: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 11

Institut Seni Indonesia Surakarta

PENYELENGGARAANPENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

A. Penyelenggaraan Pendidikan

1. Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah perangkat pengaturan tentang satukesatuan materi pembelajaran yang diberlakukan pada suatu program studidalam kurun waktu tertentu di lingkungan perguruan tinggi.

Kurikulum yang diberlakukan di lingkungan Institut Seni IndonesiaSurakarta adalah Kurikulum 2013 sesuai dengan Surat Keputusan RektorInstitut Seni Indonesia Surakarta Nomor 7180/IT6.1/PP/2013.

2. Sistem Kredit Semester

Sistem penyelenggaraan pendidikan di Institut Seni Indonesia Surakartamenggunakan Sistem Kredit Semester (SKS). Sistem Kredit Semester adalahsuatu sistem penghargaan terhadap beban studi mahasiswa, beban kerja dosen,dan penyelenggaraan program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikandengan menggunakan satuan terkecil yang disebut kredit dalam tiapsemester yang setara dengan 14-16 minggu sesuai dengan ketentuan dalamPP Nomor 19 tahun 2005 dan PP Nomor 17 tahun 2010, Kemendiknas Nomor232/U/2000, Kemendiknas Nomor 045/U/2002, Peraturan Menteri Pendidikandan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 tahun 2014. Sistem inimemiliki ciri-ciri sebagai berikut.a. Setiap mata kuliah diberi harga yang dinamakan nilai kredit.b. Nilai kredit setiap mata kuliah dapat berlainan.c. Nilai kredit untuk masing-masing mata kuliah ditentukan atas dasar usaha

untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dinyatakan dalam prosesperkuliahan, praktikum, kerja lapangan, maupun tugas lainnya.

Page 17: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)12

Institut Seni Indonesia Surakarta

Penetapan nilai kredit setiap mata kuliah didasarkan atas perhitungankegiatan akademik tatap muka, kegiatan akademik terstruktur, dan kegiatanakademik mandiri. Satu Satuan Kredit Semester (1 SKS) untuk mata kuliahteori setara dengan 50 menit kegiatan tatap muka, 50 menit kegiatanterstruktur, dan 60 menit kegiatan belajar mandiri per minggu. Untuk matakuliah praktik, 1 SKS ekuivalen dengan 100 menit kegiatan tatap muka dan100 menit kegiatan terstruktur per minggu sedangkan untuk praktik kerjalapangan dan sejenisnya, nilai 1 SKS adalah beban tugas di lapangan sebanyak4–5 jam per minggu selama satu semester.

Tujuan penerapan sistem ini agar mahasiswa dapat merencanakanstudinya sesuai dengan minat dan prioritas dalam rangka mencapai kompetensiyang diharapkan.

B. Penyelenggaraan Pengajaran

1. Ketentuan Umum

Mahasiswa diwajibkan mengikuti perkuliahan sesuai dengan rencanastudi secara tertib dan teratur menurut ketentuan yang berlaku. Perkuliahandiselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester untuk program Diploma IV(D-4) dan Strata 1 (S-1) adalah 144–160 SKS dijadwalkan untuk 8 semester,dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selama-lamanya 10semester. Evaluasi keberhasilan studi dilaksanakan dalam rentang dua tahunanselama masa studi. Dua tahunan pertama mahasiswa minimal telah menempuh70 SKS dan dua tahunan kedua mahasiswa telah menempuh minimal 130SKS IPK minimal 2. Perkuliahan dilaksanakan pada semester ganjil dan se-mester genap yang terdiri atas 14 sampai 16 kali tatap muka atau kegiatanterjadwal lainnya untuk setiap semester dan diantara dapat diselenggarakanremidi, pengayaan, dan percepatan.

Page 18: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 13

Institut Seni Indonesia Surakarta

2. Persiapan Perkuliahan

a. Pelaksanaan pemrograman rencana studi secara online.b. Pencetakan Kartu Rencana Studi (KRS) yang disetujui dan ditandatangani

oleh dosen Pembimbing Akademik (PA).c. Perubahan rencana studi dapat dilakukan pada waktu yang telah ditentukan

sesuai dengan kalender akademik.

3. Kegiatan Perkuliahan

a. Kegiatan perkuliahan adalah Proses Belajar Mengajar (PBM) yangmeliputi; tatap muka perkuliahan, ujian tengah semester, dan ujian akhirsemester sesuai dengan kalender akademik.

b. Kegiatan perkuliahan dapat dibedakan menjadi perkuliahan teori, praktik,dan kerja lapangan.

c. Perkuliahan Teori adalah perkuliahan yang sifatnya mengkaji danmenguasai dan memahami teori, konsep, dan prinsip suatu bidang studiseni.

d. Perkuliahan Praktik adalah perkuliahan yang sifatnya mengaplikasikanteori, konsep, dan ketrampilan dalam menciptakan karya seni.

e. Kuliah Kerja Lapangan adalah perkuliahan yang sifatnyamengaplikasikan teori dalam bentuk praktik kerja di lapangan.

f. Perkuliahan terdiri dari kegiatan tatap muka, kegiatan terstruktur, dankegiatan mandiri.

g. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan perkuliahan terjadwal, dosen danmahasiswa saling berkomunikasi secara langsung berupa ceramah,diskusi, tanya jawab, seminar, atau kegiatan akademik lainnya.

h. Kegiatan terstruktur adalah kegiatan belajar di luar jam terjadwal,mahasiswa melaksanakan tugas dari dan dalam pengawasan dosen yangberupa tugas-tugas pekerjaan rumah, penulisan laporan, penulisanmakalah, penelitian, atau kegiatan lain yang sejenis.

i. Kegiatan mandiri adalah kegiatan belajar yang diatur oleh mahasiswasendiri untuk memperkaya pengetahuannya dalam rangka menunjang

Page 19: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)14

Institut Seni Indonesia Surakarta

kegiatan terstruktur yang berupa belajar di perpustakaan, wawancaradengan narasumber, atau kegiatan lainnya yang sejenis.

4. Waktu Perkuliahan

Pembagian Sesi Perkuliahan

5. Tata Tertib Perkuliahan

a. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan teori, praktik, dan kegiatanakademik lain yang diselenggarakan oleh fakultas sesuai dengan kalenderakademik.

b. Mahasiswa yang tidak hadir pada suatu kegiatan akademik atauperkuliahan wajib menyampaikan surat pemberitahuan tentang alasanketidakhadirannya.

c. Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan tatap muka perkuliahan sedikitnya75% (tujuh puluh lima persen) dari total tatap muka.

d. Jika kegiatan perkuliahan tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwalyang telah ditentukan, dosen wajib memberitahu mahasiswa danmengusahakan waktu lain sebagai pengganti.

e. Setiap mengikuti kegiatan akademik mahasiswa diwajibkan membawaKartu Rencana Studi (KRS).

6. Ujian Semester

Ujian semester sebagai bagian dari evaluasi pembelajaran. Untuk matakuliah teori, selama satu semester minimal terselenggara dua kali ujian yang

Jam Waktu Jam Waktu I II III IV V

07.30 - 08.20 08.20 - 09.10 09.20 - 10.10 10.10 - 11.00 11.10 - 12.00

VI VII VIII IX X

12.00 - 12.50 13.30 - 14.20 14.20 - 15.10 15.20 - 16.10 16.10 - 17.00

Page 20: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 15

Institut Seni Indonesia Surakarta

bersifat reguler yaitu Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semes-ter (UAS). Sedangkan untuk mata kuliah praktik diselenggarakan satu kaliujian yaitu Ujian Akhir Semester (UAS). UAS terjadwal oleh Institusi dandilaksanakan sesuai dengan jenis mata kuliah dan jenis serta tingkatkompetensi dalam kurikulum, pada setiap semester dilakukan penilaianterhadap mahasiswa dengan sistem berikut:a. Penilaian berdasarkan kehadiran mahasiswa dalam mengikuti Proses

Belajar Mengajar (PBM) yang terjadwal dengan minimal kehadiranditetapkan 75% dari keseluruhan kegiatan yang terjadwal untuk satu matakuliah sebagai syarat mengikuti ujian akhir semester. Hasil kegiatanterstruktur sebagai nilai harian, hasil ujian tengah semester sebagai nilaiUTS, dan hasil ujian akhir semester sebagai nilai UAS.

b. Ketentuan penilaian sebagai berikut.

c. Ketentuan komposisi penilaian akhir sebagai berikut.

d. Tanggal yudisium merupakan batas pengisian nilai dalam SIPADU.Pemberian nilai T hanya berlaku hingga tanggal yudisium, selanjutnyanilai T akan otomatis berubah menjadi E.

Matakuliah Nilai Harian Nilai UTS Nilai UAS Teori 20% 30% 50%

Praktik 40% 0% 60%

Nilai Angka Nilai Huruf Keterangan 0 E Gagal 0,5 E+ Gagal 1 D Kurang 1,5 D+ Kurang 2 C Cukup 2,5 C+ Cukup 3 B Baik 3,5 B+ Baik 4 A Amat Baik

Page 21: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)16

Institut Seni Indonesia Surakarta

7. Evaluasi Keberhasilan Studi Semesteran

Evaluasi keberhasilan studi tiap semester dilakukan pada akhirsemester terhadap mata kuliah yang direncanakan mahasiswa pada awal se-mester. Hasil evaluasi ini terutama digunakan untuk menentukan perencanaanbeban studi pada semester berikutnya. Ketentuan perencanaan beban studiberdasarkan capaian Indeks Prestasi Sementara (IPS) semester sebelumnyasebagai berikut.

Catatan:Persentasi tersebut di dasarkan pada jumlah SKS sebaran mata kuliah se-mester tersebut

8. Kuliah Kerja Nyata

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah wajib bagimahasiswa program D-4 dan S-1 yang bertujuan untuk mendorong empatidan memberikan sumbangan bagi penyelesaian persoalan yang ada dimasyarakat. Masyarakat akan belajar dari mahasiswa dan begitupulasebaliknya mahasiswa akan banyak memperoleh pengetahuan dari masyarakat.Interaksi yang bermanfaat bagi mahasiswa, institusi dan masyarakat sebagaistakeholder. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis risetmendapatkan bentuknya yang nyata dalam kegiatan KKN. Program ini jugamerupakan wujud kemitraan institusi dengan pemerintah daerah maupunindustri dalam membantu menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat.

IPK Semester Beban studi yang boleh direncanakan

> 3,00 110% 2,00 – 2,99 100% 1,50 – 1,99 80%

< 1,50 50%

Page 22: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 17

Institut Seni Indonesia Surakarta

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata mewujudkan konstribusi nyata InstitutSeni Indonesia Surakarta bagi masyarakat, industri, pemerintah daerah, dankelompok masyarakat yang ingin mandiri secara ekonomi maupun sosial.Kegiatan KKN mensyaratkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) danmahasiswa berperan aktif dalam mengetahui permasalahan yang ada, sertamampu bersinergi dengan masyarakat dalam mensolusikan permasalahantersebut.

Syarat, ketentuan, dan pelaksanaan KKN diatur tersendiri di bawahkewenangan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat danPengembangan Pendidikan (LPPMPP).

C. Tugas Akhir

Tugas Akhir adalah karya tulis akhir formal dalam bentuk skripsi ataukekaryaan seni yang merupakan hasil dari sebuah penelitian atau kekaryaanilmiah oleh mahasiswa yang ditempuh dengan tata cara dan prosedur sesuaipanduan Tugas Akhir (TA) yang ditentukan oleh masing-masing fakultas.

D. Wisuda

Wisuda adalah upacara seremonial setelah mahasiswa menyelesaikantugas akademik dan memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan.Wisuda dilaksanakan 2 (dua) kali dalam setahun sebagaimana tercantumdalam kalender akademik.

E. Kelulusan, Predikat, dan Gelar Kelulusan

Mahasiswa dinyatakan lulus studi apabila telah menyelesaikan seluruhbeban studi yang diberlakukan pada masing-masing program studi.

Predikat kelulusan dinyatakan pada Transkrip Akademik sesuai denganStandar Penilaian Pembelajaran, untuk program Diploma IV (D-4) dan Strata1 (S-1) mendapat predikat kelulusan atas dasar prestasi yang dicapai, denganketentuan sebagai berikut.

Page 23: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)18

Institut Seni Indonesia Surakarta

1. IPK 2,75 – 3,00 : memuaskan2. IPK 3,01 – 3.50 : sangat memuaskan3. IPK 3.51 – 4.00 : dengan pujian/ cumlaude

Predikat kelulusan “Dengan Pujian” ditentukan dengan memperhatikanmasa studi maksimal yaitu 10 semester.

Gelar akademik untuk lulusan program Diploma IV ( D-4) dan Strata 1(S-1) diatur sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Ijazah, gelar,dan sebutan, diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan studidan dinyatakan lulus. Pemberian gelar dan sebutan lulusan ISI Surakartadidasarkan atas UU Nomor 12/2012, Keputusan Menteri Pendidikan danKebudayaan Nomor 036/U/1993 dan Nomenklatur Dikti 0404/E3.2/2014sebagai berikut.1. Gelar akademik lulusan Diploma IV (D-4) adalah Sarjana Terapan Seni

(S.Tr.Sn.)2. Gelar akademik lulusan Stata 1 (S-1) adalah Sarjana Seni (S.Sn.)

Page 24: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 19

Institut Seni Indonesia Surakarta

ADMINISTRASI AKADEMIK

Pelaksanaan administrasi akademik diatur secara terpadu melalui sistemonline agar pelaksanaan perkuliahan dengan sistem kredit dapat berjalanlancar. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman dan kerjasama yang baik darisegenap komponen perguruan tinggi yang terlibat di dalamnya; terutama antarapara Dosen, Pembimbing Akademik, Mahasiswa, serta Staf Kependidikanterutama unit pelayanan bidang akademik.

A. Registrasi dan Heregistrasi

Registrasi adalah proses pendaftaran calon mahasiswa yang telahdinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru. Heregistrasi adalah prosespendaftaran kembali mahasiswa yang akan aktif pada setiap semester.1. Prosedur Registrasi dan Heregistrasi

a. Melunasi biaya SPP dan biaya wajib lainnya melalui Bank Mandiridengan terlebih dahulu mengisi blangko yang telah disediakan di Sub.Bag. Akademik maupun di kantor Bank Mandiri sesuai jadwal yangtelah ditentukan.

b. Mengisi dan mencetak Kartu Rencana Studi (KRS) secara onlinemelalui konsultasi dengan dosen Pembimbing Akademik (PA), denganurutan sebagai berikut.1). mahasiswa mengakses http://sipadu.isi-ska.ac.id/mhsw dan login

dengan nama dan sandi awal adalah NIM, selanjutnya melakukanpergantian sandi;

2). mahasiswa dapat login menggunakan sandi baru danmengunggah paspoto ukuran 300X400 pixel;

3). mahasiswa dapat mengisikan mata kuliah yang direncanakan;4). mahasiswa meminta validasi kepada dosen Pembimbing

Akademik dan mencetak KRS;5). mahasiswa meminta tanda tangan Dosen Pembimbing Akademik.

Page 25: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)20

Institut Seni Indonesia Surakarta

c. Apabila diperlukan mahasiswa dapat melakukan perubahan dalampengisian rancangan studi guna menambah dan menghapus yangsudah diprogramkan serta selanjutnya mencetak Kartu PerubahanRancangan Studi (KPRS) pada jadwal yang telah ditentukan.

2. Mahasiswa yang terlambat Registrasi dan HeregistrasiCalon mahasiswa yang terlambat atau tidak melakukan regestrasi

dianggap mengundurkan diri dan dinyatakan gugur sebagai mahasiswa baru.Sedangkan untuk mahasiswa yang terlambat atau tidak melakukan heregistrasilebih dari 30 hari sejak hari pertama perkuliahan dinyatakan mangkir denganketentuan:

a. Mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti seluruh kegiatan akademikdan menggunakan fasilitas lembaga.

b. Semester dimana mahasiswa mangkir tetap diperhitungkan dalammasa studi.

c. Mahasiswa tetap diwajibkan membayar SPP dan biaya lainnya secarapenuh untuk semester berjalan yang dibayarkan pada semesterberikutnya.

d. Mahasiswa yang tidak membayar SPP dan biaya lainnya dalam duasemester berturut-turut, dianggap mengundurkan diri.

B. Cuti Kuliah

Prosedur bagi mahasiswa yang akan mengajukan cuti akademik denganketentuan sebagai berikut.1. Mahasiswa telah menempuh minimal dua semester.2. Pengajuan permohonan cuti akademik dapat dilakukan selambat-

lambatnya dua minggu sebelum hari pertama masa heregistrasi denganurutan sebagai berikut.a. Mahasiswa mengunduh, mencetak, dan mengisi formulir permohonan

cuti akademik melalui SIAMA.b. Mahasiswa meminta persetujuan kepada dosen Pembimbing

Akademik, Ketua Program Studi, dan Pembantu Dekan I.

Page 26: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 21

Institut Seni Indonesia Surakarta

c. Mahasiswa menyerahkan formulir kepada Sub.Bag. Akademik BiroAAKPKS untuk diajukan ke PR I, selambat-lambat dua hari setelahpenyerahan dari mahasiswa.

d. Sub.Bag. Akademik Biro AAKPKS menyerahkan berkas hasil ajuanke Sub.Bag. Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas terkait jawabanpermohonan serta segera dibuatkan jawaban atas permohonan cutiakademik ke mahasiswa.

e. Jika disetujui permohonannya maka mahasiswa membayar SPP danbiaya lainnya sesuai dengan ketentuan ke Bank.

f. Mahasiswa menyerahkan bukti pembayaran ke Sub.Bag. AkademikBiro AAKPKS.

3. Mahasiswa yang disetujui melakukan cuti akademik diwajibkanmembayar SPP dan biaya lainnya sebesar 50%.

4. Mahasiswa hanya diperbolehkan mengambil cuti akademik sebanyak-banyaknya 4 semester.

5. Pengambilan cuti akademik dapat dilakukan pada semester yang berbedaatau berturut-turut dengan melakukan perpanjangan setiap semesternyasesuai dengan prosedur pengajuan cuti.

6. Mahasiswa yang sedang menjalani cuti akademik, tidak berhak mengikutisemua kegiatan akademik.

7. Waktu cuti akademik tidak diperhitungkan sebagai perhitungan masa studi.

C. Pindah Kuliah Antar Perguruan Tinggi

Pindah kuliah adalah perpindahan mahasiswa dari atau ke perguruantinggi lain dengan jenjang sejenis. Mahasiswa dapat mengajukan permohonanpindah kuliah antar perguruan tinggi, apabila memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut.1. Tidak pernah melanggar tata tertib pada perguruan tinggi asal.2. Bukan mahasiswa putus kuliah karena tidak dapat memenuhi ketentuan

akademik.3. Daya tampung program studi penerima masih tersedia.

Page 27: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)22

Institut Seni Indonesia Surakarta

4. Menempuh tes khusus yang diselenggarakan oleh program studi penerimasesuai dengan ketentuan yang disyaratkan.

5. Masih terdaftar sebagai mahasiswa.

Mahasiswa dapat mengajukan permohonan pindah kuliah ke ISISurakarta melalui prosedur sebagai berikut.1. Mahasiswa yang akan pindah membuat surat permohonan mutasi secara

tertulis ditujukan ke Rektor selambat-lambatnya dua minggu sebelumjadwal seleksi mahasiswa baru.

2. Mahasiswa menyerahkan surat permohonan tersebut sebanyak 4 rangkapkepada Bag. Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Biro AAKPKS ISISurakarta, dengan syarat masing-masing dilampiri:a. fotokopi transkrip nilai terakhir; danb. fotokopi kartu mahasiswa.

3. Bagian Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Biro AAKPKSmenyerahkan surat permohonan beserta lampirannya kepada Ka.Prodiyang dituju dengan tembusan pada Dekan, dan Ka.Biro AAKPKS untukselanjutnya melaporkan kepada Rektor dan PR I.

4. Ka.Prodi yang dituju dapat menyelenggarakan ujian khusus gunamemberikan pertimbangan penolakan atau persetujuan atas permohonanpindah tersebut serta melaksanakan proses akreditasi transkrip nilaimahasiswa yang bersangkutan dan hasilnya dikirimkan kepada BagianAkademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Biro AAKPKS, dan ditembuskankepada Sub.Bag. Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas.

5. Jawaban Rektor terhadap permohonan pindah atas pertimbangan dariKa.Prodi yang dituju, disampaikan oleh Ka.Bag. Akademik,Kemahasiswaan, dan Alumni Biro AAKPKS kepada mahasiswa yangbersangkutan.

6. Mahasiswa yang diterima melakukan registrasi sebagai mahasiswa baru.7. Biro AAKPKS mengeluarkan Nomor Induk Mahasiswa dan Kartu

Mahasiswa yang ditembuskan kepada Sub.Bag Akademik danKemahasiswaan Fakultas, selanjutnya Sub.Bag Akademik danKemahasiswaan Fakultas mengentri nilai hasil akreditasi transkrip kedalam SIPADU.

Page 28: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 23

Institut Seni Indonesia Surakarta

D. Pindah Program Studi di Lingkungan ISI Surakarta

Pindah program studi adalah proses perpindahan dari satu prodi ke prodiyang lain dalam jenjang yang sama maupun alih jenjang namun dilarangmemiliki status ganda atau merangkap pada program studi yang berada dilingkungan ISI Surakarta. Permohonan pindah diajukan paling lambat duaminggu sebelum hari pertama heregistrasi. Permohonan pindah tidakdipertimbangkan apabila melebihi batas waktu yang telah ditentukan.Mahasiswa dapat mengajukan permohonan pindah kuliah antar prodi dilingkungan ISI Surakarta melalui prosedur sebagai berikut.1. Mahasiswa membuat surat permohonan mutasi secara tertulis ditujukan

ke PR I, yang disetujui oleh dosen Pembimbing Akademik dan KetuaProgram Studi (asal), serta disahkan oleh Pembantu Dekan I.

2. Mahasiswa menyerahkan surat permohonan tersebut sebanyak 4 rangkapkepada Bag. Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Biro AAKPKS,dengan syarat masing-masing dilampiri:a. fotokopi transkrip nilai terakhir; danb. fotokopi kartu mahasiswa.

3. Bagian Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Biro AAKPKSmenyerahkan surat permohonan beserta lampirannya kepada Ka.Prodiyang dituju dengan tembusan pada Dekan, dan Ka.Biro AAKPKS untukselanjutnya melaporkan kepada PR I.

4. Ka.Prodi yang dituju memberikan pertimbangan penolakan ataupersetujuan atas permohonan pindah serta melaksanakan proses akreditasitranskrip nilai mahasiswa yang bersangkutan dan hasilnya dikirimkankepada Bagian Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Biro AAKPKSdan ditembuskan kepada Sub.Bag. Akademik dan KemahasiswaanFakultas.

5. Jawaban PR I terhadap permohonan pindah atas pertimbangan dariKa.Prodi yang dituju, disampaikan oleh Ka. Bag. Akademik,Kemahasiswaan, dan Alumni Biro AAKPKS kepada mahasiswa yangbersangkutan.

Page 29: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)24

Institut Seni Indonesia Surakarta

6. Biro AAKPKS mengeluarkan Nomor Induk Mahasiswa Baru dan KartuMahasiswa baru yang ditembuskan kepada Sub.Bag Akademik danKemahasiswaan Fakultas, selanjutnya Sub.Bag Akademik danKemahasiswaan Fakultas mengentri nilai hasil akreditasi transkrip kedalam SIPADU.

E. Putus Studi

Mahasiswa yang pada akhir semester keempat tidak dapat mencapaikelulusan 70 SKS dengan IPK< 2,0 atau semester kedelapan tidak dapatmencapai kelulusan 130 SKS dengan IPK< 2,0 atau mahasiswa tidak mampumenyelesaikan studinya dalam waktu 10 semester maka mahasiswabersangkutan berstatus Putus Studi/Drop Out (DO). Prosedur pemutusan studisebagai berikut.1. Surat Peringatan Pertama (SP1) dikirim oleh Pembantu Dekan I kepada

mahasiswa pada akhir semester 2 untuk evaluasi dua tahunan I dan padaakhir semester 6 untuk evaluasi dua tahunan II.

2. Surat Peringatan Kedua (SP2) dikirim oleh Pembantu Dekan I kepadamahasiswa pada akhir semester 3 untuk evaluasi dua tahunan I dan padaakhir semester 7 untuk evaluasi dua tahunan II.

3. Surat Pemutusan Studi dikirim oleh Pembantu Rektor I kepada mahasiswapada akhir semester 4 untuk evaluasi dua tahunan I dan pada akhirsemester 8 untuk evaluasi dua tahunan II.

F. Surat Keterangan Masih Kuliahdan Surat Keterangan Lulus

Surat Keterangan Masih Aktif Kuliah dan Surat Keterangan Lulusmerupakan kelengkapan administratif bagi mahasiswa untuk kepentingandalam rangka memperoleh haknya dan melaksanakan kewajiban. Mahasiswadapat mengajukan permohonan melalui prosedur sebagai berikut.

Page 30: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 25

Institut Seni Indonesia Surakarta

1. Mahasiswa mengisi form permohonan Surat Keterangan Masih AktifKuliah yang dapat diperoleh dan diserahkan kembali kepada Sub.Bag.Akademik Biro AAKPKS.

2. Sub.Bag. Akademik Biro AAKPKS membuatkan Surat Keterangan Lulusyang ditandatangani oleh Ka.Biro AAKPKS dengan tembusan Rektordan Pembantu Rektor I sebagai laporan.

Page 31: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)26

Institut Seni Indonesia Surakarta

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARANFAKULTAS SENI PERTUNJUKAN

Visi

Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Surakarta berperan sebagai pusatpendidikan, kreativitas, dan keilmuan Seni-Budaya di bidang seni pertunjukanuntuk membentuk insan Indonesia cerdas, kompetitif, dan berkarakter.

Misi

Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakartamempunyai misi sebagai berikut.1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan kekaryaan seni

pertunjukan, serta pengabdian kepada masyarakat di bidang Seni-Budayayang bermutu, bertaraf nasional, dan regional;

2. Mendinamisasikan kehidupan seni pertunjukan di masyarakat;3. Mewujudkan tata kelola fakultas yang profesional dan akuntabel; dan4. Menyediakan informasi seni pertunjukan yang akurat dan terpercaya.

Tujuan

Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakartamempunyai tujuan sebagai berikut.1. Menjadi penyelenggara pendidikan berbasis riset dan kekaryaan seni yang

unggul bertaraf regional;2. Mewujudkan kehidupan seni pertunjukan masyarakat yang dinamis;3. Menjadi fakultas seni yang bertata kelola baik; dan4. Menjadi penyedia data informasi Seni-Budaya yang akurat dan terpercaya.

Page 32: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 27

Institut Seni Indonesia Surakarta

Sasaran

1. Menjadikan Fakultas Seni Pertunjukan berbasis riset dan kekaryaan seniyang unggul bertaraf regional.a) terwujudnya proses pembelajaran berbasis penelitian dan kekaryaan

seni;b) tercapainya peningkatan reputasi Fakultas Seni Pertunjukan yang

diakui keunggulannya secara nasional; danc) terlaksananya kerjasama nasional dan regional.

2. Mewujudkan kehidupan Seni-Budaya masyarakat yang dinamis.a) tercapainya peran Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta dalam

mendinamisasikan kehidupan seni budaya masyarakat Indonesia, danb) tercapainya Fakultas Seni Pertunjukan sebagai rujukan masyarakat

dalam kegiatan seni pertunjukan.

3. Menjadi fakultas seni yang bertata kelola baik.a) tersusunnya laporan sesuai standar mutu Fakultas Seni Pertunjukan;b) tersusunnya laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah

(LAKIP) dan evaluasi program studi berbasis evaluasi diri (EPSBED)/Pangakalan Data Perguruan Tinggi (PDPT); dan

c) tersedianya data untuk menunjang manajemen dan tahapan menujupengelolaan perguruan tinggi seni bertaraf Internasional.

4. Menjadi penyedia data informasi Seni-Budaya yang akurat dan terpercaya.a) tersedianya bahan-bahan informasi Seni-Budaya;b) tersedianya sumber daya manusia yang kompeten dalam observasi

Seni-Budaya di lapangan;c) tersedianya data informasi Seni-Budaya berbasis teknologi informasi

yang assesabel; dand) tersedianya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi

operasional teknologi informasi.

Page 33: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)28

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Seni Karawitan

Deskripsi Prodi

Program Studi Karawitan Institut Seni Indonesia Surakarta berdiri sejaktahun 1964 menyelenggarakan pendidikan dengan jenjang S-1 (Sarjana).Program studi ini dikembangkan berdasarkan pada tradisi nusantara baikdalam bentuk konsep ataupun praktik yang dijabarkan dalam rumusanpembelajaran. Untuk mewujudkan kerangka dasar tersebut, Program StudiKarawitan selalu berpijak pada research baik dalam konservasi, kreativitaskekaryaan dan keilmuan ataupun kajian karya karawitan.

Profil Lulusan

Sarjana Seni Karawitan dapat berperan sebagai: a) Pengrawit yangmemiliki seperangkat pengetahuan dan kemampuan untuk menafsir danmenyajikan berbagai ragam dan garap musik karawitan (gamelan) dalamberbagai keperluan, b) Komposer yang memiliki seperangkat pengetahuandan kemampuan untuk menggubah/ menyusun komposisi musik ‘baru’ yangberbasis pada musik tradisi karawitan (Nusantara), c) Pengkaji/Peneliti yangmemiliki seperangkat pengetahuan dan kemampuan untuk meneliti/ mengkajiberbagai fenomena musik nusantara baik secara tekstual maupun kontekstual,dan d) Pengajar Seni Karawitan yang memiliki seperangkat pengetahuandan kemampuan untuk mentrasfer pengetahuan dan praktik musik karawitan(gamelan) kepada orang atau sekelompok orang.

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan antara lain:1) menerapkan ilmu secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif, pengetahuanseni umumnya dan karawitan khususnya, serta memperhatikan dan

Page 34: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 29

Institut Seni Indonesia Surakarta

menerapkan nilai-nilai humaniora dalam seni karawitan Jawa, 2) menguasaisecara mendalam teori-teori dan konsep-konsep karawitan Jawa, danmenggunakannya untuk menganalisis permasalahan yang berkenaan dengankomposisi (gending), garap musikalitas, pertunjukan (konser, dan lain-lain),pendokumentasian, serta pelestarian dan pengembangan, 3) menguasai secaramendalam repertoar garap, teknik, dan gaya karawitan Jawa, serta mampumenyajikannya secara baik dan bermutu (profesional), 4) mampumengorganisasikan dan mengadakan recital gending-gending karawitan Jawaklasik secara professional; menyusun deskripsi dan analisis bentuk dangarapnya dalam bentuk “Laporan Penyajian” tugas akhir.

Page 35: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)30

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Seni Pedalangan

Deskripsi Prodi

Program Studi Seni Pedalangan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakartaadalah program pendidikan jenjang S-1 (Sarjana). Program Studi ini berperansebagai pusat kreativitas kekaryaan dan keilmuan seni pedalangan yangberkarakter dan kompetitif.

Profil Lulusan

Sarjana Seni Pedalangan dapat berperan sebagai: a) Pencipta yangmemiliki kemampuan menciptakan karya seni pedalangan secara profesional,menelaah dan merumuskan gagasan-gagasan ke dalam konsep karya senipedalangan, menterjemahkan gagasan-gagasan ke dalam teknik (kekaryaanseni pedalangan), memahami proses kreatif menerapkan berbagai teknik garapdan vokabuler pakeliran, memahami berbagai paradigma seni pertunjukanyang terkait dengan seni pedalangan, mengelola proses kekaryaan senipedalangan, menyajikan karya seni pedalangan, memahami permasalahanpengelolaan produksi dan promosi karya seni pedalangan,mempertanggungjawabkan karyanya secara komprehensip, b) Pengkaji yangmemiliki mampu menguasai teknik penelitian, menganalisis, menginterpretasi,dan mengevaluasi beragam fenomena seni pedalangan yang diwujudkan dalambentuk karya ilmiah berdasarkan sistem dan kaidah keilmuan, memahamimetodologi penelitian ilmiah, memahami berbagai paradigma dalam filsafatilmu, estetika, dan keberagaman sosial budaya, memahami beragam teknologidokumentasi dan presentasi, menelaah dan merumuskan permasalahan kedalam proposal penelitian, mampu melakukan penelitian, menyusun penelitiandalam berbagai bentuk penulisan dan mempertanggungjawabkan hasilpenulisan secara komprehensip, c) Pengelola Seni Pertunjukan yangmenguasai seluk beluk produksi berbagai bentuk seni pertunjukan secara

Page 36: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 31

Institut Seni Indonesia Surakarta

profesional serta menguasai manajemen seni pertunjukan, dan d) Kritikus/Pengamat Pedalangan yang mampu menjadikan seseorang berpikir secarakritis dan analitis dalam memformulasikan pikirannya secara lisan maupuntulisan ilmiah dengan sistematis dan baik, mampu membaca fenomenapertumbuhan dan gejolak kehidupan seni budaya ditengah masyarakatsehingga mampu menjembatani dunia seni budaya dengan masyarakat secaraluas, dan menguasai ilmu pengetahuan seni budaya sebagai bekal pengamatansecara kritis dan analitis.

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan antara lain: 1)menyajikan secara kreatif, inovatif pedalangan tradisi, etnik daneksperimental, 2) menyusun naskah lakon pedalangan secara ekspresifberdasarkan konsep-konsep pedalangan dan menguasai garap pakeliran secaramantap, 3) memahami nilai-nilai budaya dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara, 4) mampu menggelarkan karya seni tradisi danetnik nusantara, 5) mampu mengaplikasikan kemampuan berbahasapedalangan untuk kepentingan sosial kemasyarakatan, 6) mampu mengelolapergelaran seni pertunjukan, 7) menguasai teknik dasar garap karawitanpakeliran, 8) mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, 9)memahami ragam budaya nusantara, dan 10) memahami perkembangan senipertunjukan dan seni rupa.

Page 37: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)32

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Seni Tari

Deskripsi Prodi

Program studi Seni Tari Institut Seni Indonesia di Surakarta memberikankesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh kemampuan kesenimanandan pengetahuan seni budaya yang berkualitas dan learning experience yangterbaik dalam jenjang pendidikan S-1 (Sarjana Seni).

Perkembangan IPTEKS, dinamika kehidupan masyarakat dan hegemonikultural dari berbagai budaya asing perlu disikapi secara positip gunamendorong kreatifitas tari yang mencakup kolaborasi, multikultural, crossculture, diversitas-pluralitas, dan post modern guna memperkuat nilai-nilaibudaya bangsa. Kondisi yang berkembang di era globalisasi perlu mendapattanggapan dan kajian yang serius, baik dari sisi kekaryaan seni maupunkeilmuan.

Profil Lulusan

Lulusan yang mampu mengaplikasikan pengetahuan seni budaya,ketrampilan seni dan penalaran serta transferable skills dalam rangkamengidentifikasi, menginterpretasi, dan menganalisis berbagai fenomena senibudaya (tari) lokal global sebagai: a) Pencipta, b) Pengkaji, dan c) Penyaji.

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan antara lain:1) mengkaji/menganalis berbagai isu/fenomena kehidupan tari, 2) mampumendayagunakan tubuh sebagai alat dan sumber ekspresi dalam berbagaiteknik dan gaya tari, 3) mampu dan menguasai proses kreatif kekaryaan tari,4) mampu menguasai teori dan konsep-konsep tari dan kepenarian, 5) mampumenguasai dan peka terhadap berbagai isu, perkembangan, dan karakteristiktari, 6) mampu mengaplikasikan ketrampilan kualitatif dalam analisis tari,

Page 38: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 33

Institut Seni Indonesia Surakarta

7) mampu mengkomunikasikan hasil karyanya (Ilmiah/Seni) kepada stake-holders, 8) mampu memahami dasar-dasar dan berbagai paradigma budayatari, 9) memiliki kemampuan manajerial dan leadership, dan 10) mampumengembangkan kerjasama dan enterpreneurship.

Page 39: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)34

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Etnomusikologi

Deskripsi Prodi

Program Studi Etnomusikologi Institut Seni Indonesia Surakartamenyelenggarakan pendidikan dengan jenjang S-1 (Sarjana). Program StudiEtnomusikologi berdiri sejak tahun 1988. Program Studi ini dikembangkanberbasis pada tradisi musik etnik nusantara, baik dalam bentuk konsep maupunpraktik yang dijabarkan dalam rumusan pembelajaran. Untuk mewujudkankerangka dasar tersebut, Program Studi Etnomusikologi mengeksplorasi,mengomunikasikan karya musik etnik nusantara secara etik, estetik danakademik melalui kajian karya musik etnik nusantara dengan berpijak padakaidah metodologi penelitian.

Profil Lulusan

Lulusan sebagai: a) Asisten Peneliti dan b) Jurnalis Musik.

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan antara lain:1) memainkan instrumen musik nusantara, 2) menguasai teknik analisismusikal, sastra musik (lirik), dan ekstra musikal, 3) menguasai landasankeilmuan dalam penelitian Etnomusikologi, 4) menguasai prinsip, kaidah,prosedur, dan pelaporan penelitian etnomusikologi, 5) mampu merencanakan,melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan penelitian Etnomusikologi,6) mampu menerapkan teknik dokumentasi audio dan audio-visual, 7) mampumenuliskan informasi tentang peristiwa budaya musik dalam bentuk berita,feature dan opini, 8) menguasai teknik perancangan desain informasi budayamusik, 9) mampu menerapkan teknik fotografi, perekaman audio dan audiovisual, 10) mampu menuliskan informasi tentang peristiwa budaya musik

Page 40: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 35

Institut Seni Indonesia Surakarta

dalam bentuk berita, feature dan opini, 11) mampu malakukan wawancarainvestigatif dan 12) mampu melakukan teknik announcing dan presentingtentang peristiwa budaya musik.

Page 41: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)36

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Seni Teater

Deskripsi Prodi

Program Studi Teater Institut Seni Indonesia Surakartamenyelenggarakan pendidikan dengan jenjang S-1 (Sarjana), program studiini berdiri sejak tahun 2011. Program studi ini dikembangkan berdasar padatradisi nusantara baik dalam bentuk konsep ataupun praktik yang dijabarkandalam rumusan pembelajaran. Untuk mewujudkan kerangka dasar tersebut,Program Studi Teater selalu berpijak pada research baik dalam prosespenciptaan ataupun kajian karya seni teater.

Profil Lulusan

Lulusan yang berperan sebagai: a) pengkaji atau peneliti seni danbudaya, b) pemeran (aktor), dan c) Sutradara.

Capaian Pembelajaran

Pembelajaan ditujukan untuk mencapai kemampuan antara lain:1) penguasaan kaidah-kaidah penulisan ilmiah dan pengaplikasiannya dalamkarya tulis, 2) penguasaan paradigma penelitian seni dan penerapan metodepenelitian secara langsung di masyarakat, 3) menganalisis fenomena senimenggunakan teori sosial & budaya, dan 4) menganalisis naskah drama &pertunjukan teater, 5) mengaplikasikan konsep Hasta Sawanda dalampemeranan, 6) mengaplikasikan pertunjukan teater realis, 7) mengaplikasikanpertunjukan teater non-realis, 8) mengaplikasikan salah satu bentukpertunjukan teater tradisi, 9) melakukan eksplorasi kreatif untuk menyusun,merancang dan menyajikan karya Teater secara kreatif, inovatif dan prospektif,10) menganalisis dan mewujudkan karakter/sosok peran ke dalam pertunjukanteater secara kreatif dan profesional, 11) membuat desain penataan Artistikyang meliputi tata pentas, rias, busana, cahaya, properti dalam pertunjukan

Page 42: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 37

Institut Seni Indonesia Surakarta

Teater, dan 12) menuangkan ide/gagasan dalam bentuk naskah lakon teater secaraprofesional, etis dan estetis serta tidak bertentangan dengan nilai moral bangsa.

Page 43: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)38

Institut Seni Indonesia Surakarta

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARANFAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN

Visi

Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta berperan sebagai pusatpenyeleggara pendidikan unggulan dalam bidang kehidupan kreativitas dankeilmuan seni-budaya bagi kemaslahatan manusia.

Misi

1. Membangun pendidikan, penelitian dan kekaryaan, pengabdian kepadamasyarakat di bidang seni rupa dan desain yang bermutu, bertaraf nasionaldan regional;

2. Mendinamisasikan kehidupan seni rupa dan desain di masyarakat;3. Mewujudkan tata kelola fakultas yang profesional dan akuntabel;4. Mengembangkan pusat informasi seni rupa dan desain yang akurat dan

terpercaya.

Tujuan

1. Menjadi fakultas pengembang riset dan kekaryaan seni rupa dan desainyang unggul dan bertaraf nasional dan regional;

2. Menjadi motor penggerak bagi kehidupan seni rupa dan desain dimasyarakat;

3. Menjadi fakultas seni rupa dan desain yang bertata kelola baik;4. Menjadi sumber layanan informasi seni rupa dan desain yang akurat dan

terpercaya.

Page 44: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 39

Institut Seni Indonesia Surakarta

Sasaran

Untuk mewujudkan tujuan “menjadi pengembang riset dan kekaryaanseni rupa dan desain yang unggul dan bertaraf nasional dan regional” dengansasaran:1. Terwujudnya pembelajaran berbasis penelitian dan kekaryaan seni;2. Tercapainya peningkatan reputasi dan akreditasi fakultas seni tingkat

nasional;3. Tercapainya peningkatan jejaring kerjasama nasional dan regional;

Untuk mewujudkan tujuan “mendinamisasikan kehidupan seni rupa dandesain masyarakat” dengan sasaran:1. Tercapainya peran fakultas seni rupa dan desain ISI Surakarta yang selalu

meningkat dalam mendinamisasikan kehidupan seni rupa dan desainmasyarakat Indoesia;

2. Tercapainya citra positif fakultas seni rupa dan desain ISI Surakarta.

Untuk mewujudkan tujuan “menjadi fakultas seni rupa dan desain yangbetata kelola baik” dengan sasaran:1. Tersusunnya tata kelola sistem pengelolaan keuangan sesuai standar

akuntansi yang berlaku;2. Tersusunnya tata kelola sistem pengelolaan aset sesuai standar SIMAK

BMN;3. Tersusunnya laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP)

dan EPSBED;4. Terlaksananya sistem manajemen yang akuntabel;5. Tercapainya peningkatan reputasi dan akreditasi perguruan tinggi seni

tingkat nasional.

Untuk mewujudkan tujuan “menjadi sumber dan layanan informasi senirupa dan desain yang akurat dan terpercaya” dengan sasaran:1. Tersediannya pusat informasi seni rupa dan desain berbasis teknologi

informasi yang mudah diakses (accessable);

Page 45: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)40

Institut Seni Indonesia Surakarta

2. Tersediannya SDM yang memiliki kapasitas operasionalisasi teknologiinformasi;

3. Tersediannya bahan-bahan informasi seni rupa dan desain.

Page 46: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 41

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Kriya Seni

Deskripsi Prodi

Program Studi S-1(Sarjana) Kriya Seni diselenggarakan berdasarkansurat dari DIKTI, Departemen Pendidikan Nasional nomor: 253/DIKTI/Kep/1996 mengenai izin Penyelenggaraan Program-program Studi baru padaSekolah Tinggi Seni Indonesia di Surakarta. Visi, Misi dan Tujuandidirikannya Program Studi S-1 Kriya Seni Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupadan Desain ISI Surakarta berhubungan erat dengan potensi budaya tradisinusantara sebagai sumber ide untuk pengkajian maupun penciptaan karyakriya yang dapat bermanfaat bagi kemaslahatan manusia. Hal tersebut pentinguntuk dikembangkan guna menjawab tantangan perubahan jaman yangsemakin mengglobal, sehingga ketahanan nilai-nilai budaya nusantara tetapterjaga sebagai sebuah aset bangsa yang berharga.

Profil Lulusan

Lulusan Prodi Kriya Seni memiliki kemampuan sebagai: a) Pengkajiseni kriya yang profesional dalam menganalisis, mengevaluasi danmenginterpretasikan perkembangan seni budaya nusantara yang diwujudkandalam karya ilmiah sesuai kaidah yang berlaku dibidang seni, serta mampumemahami metodologi ilmiah dalam karya ilmiah. b) Pencipta (Seniman/kreator seni kriya) yang profesional dalam mencipta/mewujudkan karya senikriya berdasarkan gagasan dan konsep (estetika, etika dan logika), dalamkarya fungsional maupun non fungsional yang bersumber pada nilai-nilainusantara serta mengekspresikannya secara profesional, dan c) Desainer senikriya yang profesional dalam mencipta/mewujudkan gagasan dalam bentukdetail desain dan pembuatan prototype produk kriya yang bersumber dari nilaibudaya nusantara secara professional sesuai dengan perkembangan IPTEKS.

Page 47: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)42

Institut Seni Indonesia Surakarta

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan antara lain:1) menguasai berbagai pendekatan ilmiah baik displiner maupuninterdispliner, 2) mampu mewujudkan karya seni kriya yang kreatif daninovatif berdasar pada keanekaragaman budaya Nusantara, menguasai me-dia penciptaan, baik media utama maupun media pendukung dalam penciptaankarya kriya; 3) mampu melakukan eksplorasi, perancangan, dan mewujudkankarya seni kriya secara etis, estetis, kreatif, dan inovatif, 4) mampumempresentasikan hasil karya kriya dalam bentuk pameran dan, laporanilmiah, serta mampu mempublikasikan pada media ilmiah baik secara mandirimaupun kelompok, 5) mampu menggali dan menerapkan konsep budaya In-donesia dalam proses penciptaan karya kriya secara kreatif dan inovatif, 6)mampu mengaplikasikan semangat kemandirian dan kewirausahaan;menguasai konsep manajemen dan pemasaran produk kriya secara global,menguasai teknik tradisional seni kriya nusantara; dan 7) mampu menciptakankarya seni kriya yang mencerminkan nilai-nilai budaya lokal; mampumerancang produk seni kriya dengan mempertimbangkan aspek ergonomi.

Page 48: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 43

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Seni Rupa Murni

Deskripsi Prodi

Program Studi Seni Rupa Murni S-1 (Strata 1) didirikan untuk memenuhikebutuhan dalam menjawab tantangan membentuk seni rupa modern yangmencerminkan jati diri Indonesia, citra budaya dan kepribadian bangsa.Program Studi Seni Rupa Murni merupakan unit pelaksana akademik FakultasSeni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta yang memiliki tugasuntuk melaksanakan pendidikan dan pembelajaran akademis secaraprofesional dalam cabang ilmu seni rupa murni sesuai dengan sistempengelolaan yang ada di direktorat jendral pendidikan tinggi.

Profil Lulusan

Lulusan Prodi Seni Rupa Murni memiliki kemampuan sebagai SarjanaSeni yang berpola pikir akademis dan mampu berperan aktif secara profesionalbaik dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat sebagai: a) penciptaseni rupa murni yang mampu menciptakan karya seni rupa murni berdasarriset dan ekspresi personal, bersumber dari nilai-nilai kearifan budayanusantara secara kreatif dan inovatif serta mampu menjelaskan metodepenciptaannya dalam bentuk tulisan secara ilmiah, b) peneliti seni yangmampu mendeskripsikan, menganalisis fenomena perkembangan seni rupamurni pada kontek sosial budaya dan melaksanakan penelitian lapangan dibidang seni rupa murni serta mewujudkan dan mengkomunikasikannya dalambentuk karya ilmiah, c) kritikus seni yang mampu mendeskripsi,menginterpretasi, mengevaluasi karya seni rupa murni, danmengkomunikasikannya secara lisan maupun tulisan ilmiah, dan d) kuratorseni yang mampu mengurus, merawat, menjaga, mencatat, mengatalogkan,mensahihkan dan menafsirkan dan mengelola dalam bentuk kegiatan pameranterkait kekaryaan seni rupa murni, secara profesional.

Page 49: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)44

Institut Seni Indonesia Surakarta

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan Sarjana Senibidang seni rupa murni yang berpola pikir akademis dan memiliki antaralain: 1) aspek sikap; religius, beretika, berkontribusi untuk negara sesuaipancasila, nasionalis, bertanggung jawab, toleransi, bekerjasama, taat hukum,disiplin, mandiri, terbuka dan peduli, 2) aspek pengetahuan; menguasai teoridasar dan konsep seni rupa, menguasai pengetahuan dan keterampilan senirupa, menguasai konsep dan metodologi penelitian dan penciptaan seni,menguasai ilmu pengetahuan alat dan bahan seni rupa, menguasai ilmu estetikabudaya nusantara, 3) ketampilan umum; mampu berfikir kritis, logis,sistematis, mampu mendeskripsikan ilmu, mampu mengembangkan ilmu,mampu mengambil keputusan, mampu melakukan proses evaluasi diri, mampumendokumentasi dan tidak plagiasi, dan 4) ketrampilan khusus; mampumengimplementasikan keterampilan, mampu memanfaatkan IPTEKS, kreatif,mampu mempresentasikan karya secara tertulis dan verbal, mampu mengelolapameran, mampu mengkurasi karya mewujudkan gagasan estetik, kreatif daninovatif di bidang seni rupa murni yang menempatkan nilai-nilai kearifanbudaya nusantara sebagai pijakan atau landasan dalam mengkaji dan menciptaseni secara profesional baik dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat.

Page 50: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 45

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Desain Interior

Deskripsi Prodi

Program Studi S-1 (Strata 1) Desain Interior Fakultas Seni Rupa danDesain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memiliki perananpenting dalam menjawab kebutuhan bidang desain interior yang berkembangpesat di masyarakat. Untuk itu, kurikulum disusun dengan mempertimbangkanperubahan pola pikir dalam kemajuan pembangunan menuju masyarakatglobal dengan tidak mengesampingkan aspek pengembangan kebudayaannusantara. Dengan demikian, akan dihasilkan lulusan yang memilikipengetahuan dan keahlian di bidang desain interior serta berwawasan luassebagai modal profesionalitas dalalam pekerjaannya.

Profil Lulusan

Lulusan Prodi Desain Interior memiliki kemampuan sebagai DesainerInterior yang memiliki: a) pengetahuan dan ketrampilan dasar kesenirupaandan desain, b) kemampuan mengidentifikasi bentuk-bentuk budaya nusantarasebagai sumber ide perencanaan, dan c) kemampuan menerapkan jiwaintrepreuner dalam pengelolaan desain interior, dan Pengkaji yang memilikikemampuan: a) memahami berbagai paradigma dalam filsafat ilmu, estetikadesain dan keragaman desain interior, b) mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk budaya Nusantara sebagai sumber kajian, dan c) mampu memberikanlayanan jasa konsultasi pengkajian interior.

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan antara lain: 1)memiliki kemampuan dalam merancang interior rumah tinggal dan interiorpublik berwawasan budaya nusantara secara profesional, etis, dan estetis,dan 2) mampu mengamati, menginterpretasi, mendiskripsikan menganalisis,

Page 51: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)46

Institut Seni Indonesia Surakarta

dan mengevaluasi beragam fenomena desain interior yang diwujudkan dalambentuk karya ilmiah berdasarkan sistem dan kaidah ilmiah.

Page 52: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 47

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Televisi dan Film

Deskripsi Prodi

Program Studi S-1 (Strata 1) Televisi dan Film merupakan satu unitpelaksana akademik Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni IndonesiaSurakarta yang mempunyai tugas utama melaksanakan pendidikan danpembelajaran akademis dan/atau profesional dalam cabang ilmu pertelevisiandan perfilman.

Profil Lulusan

Lulusan yang siap berperan sebagai: a) Pengkaji Budaya Televisidan Film terkait permasalahan budaya pada ranah televisi dan film sebagaiinstitusi, media, teks dan khalayak, b) Profesional sebagai PenciptaProgram Televisi dan Film berbasis pengkajian yang intensif.

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan mahasiswa yangmemiliki kemampuan dan penguasaan dalam hal pengkajian dan penciptaanprogram-program televisi dan film yang bersumber pada kekayaan khasanahseni budaya nusantara yang responsif dan adaptif terhadap perkembanganfenomena budaya di masyarakat dengan tetap menggunakan pendekatan-pendekatan ilmiah yang intensif berbasis artistik (artistic research).

Page 53: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)48

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Fotografi

Deskripsi Prodi

Program Studi S-1 (Strata 1) Fotografi Fakultas Seni Rupa dan DesainInstitut Seni Indonesia Surakarta merupakan pusat unggulan kreativitas dankeilmuan dalam bidang fotografi yang bertujuan untuk membentuk InsanIndonesia yang mandiri, cerdas, kompetitif, dan berkarakter dalam bidangfotografi. Selain itu, Program Studi S-1 Fotografi juga bertujuan untukmenghasilkan sarjana strata satu di bidang pengkajian dan penciptaan senifotografi, Melaksanakan tata kelola yang professional dan akuntabel danmenghasilkan mahasiswa memiliki jiwa kewirausahaan dan profesionalismeyang mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan mampu meresponsperkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni fotografi.

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi S-1 Fotografi Institut Seni Indonesia Surakartadiproyeksikan sebagai: a) Pengkaji Seni Fotografi, b) Pencipta Fotografi Senidan Budaya (Seniman Foto), c) Pencipta Fotografi Komersial (FotograferProfesional), dan d) Pencipta Fotografi Jurnalistik (Wartawan Foto).

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan antara lain:1) Capaian Pembelajaran Umum yaitu mahasiswa memiliki kepribadian yangbaik dalam menyelesaikan tugasnya, bertanggung jawab serta berbudi pekertiluhur sesuai nilai luhur Trisakti (taqwa, tekun, trampil; asah asih asuh; satriasetia sportif), 2) mahasiswa menguasai metode penelitian dan penciptaandalam bidang ilmu fotografi, dan 3) Mahasiswa mampu bekerjasama dalamtim, manajerial, leadership dan kewirausahaan dalam pengembangan industrikreatif di bidang fotografi.

Page 54: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 49

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Desain Komunikasi Visual

Deskripsi Prodi

Program Studi S-1 (Strata 1) Desain Komunikasi Visual Fakultas SeniRupa dan Desain ISI Surakarta sebagai pusat unggulan kreativitas dankeilmuan untuk membentuk insan yang mandiri, cerdas, kreatif, kompetitif,dan berkarakter melalui tahapan pembelajaran yang mengkolaborasikanproses perancangan dan pengkajian desain serta aplikasinya dalam berbagaimedia baik melalui perangkat teknologi digital maupun manual untukmewujudkan produk industri kreatif di bidang desain komunikasi visualdengan mendasarkan pada karakter budaya visual nusantara.

Profil Lulusan

Lulusan yang dapat berperan sebagai: a) Desainer Iklan adalah tenagaperancang iklan yang memiliki kemampuan menuangkan ide dan konsepdesain dengan menyusun strategi perancangan (memilih, mengatur,menciptakan) bentuk komunikasi persuasif melalui media komunikasi visual(cetak, audio, audio visual) secara kreatif baik manual maupun digital sertamampu mengembangkan kemampuan dari sisi konseptual, praktis, maupunpengembangan kewirausahaan, b) Peneliti (Pengkaji) Iklan sebagai penelitiyang akan mencakup pengamatan, diskripsi, interpretasi, analisis, dan evaluasiberagam fenomena desain komunikasi visual yang diwujudkan dalam bentukkarya ilmiah berdasarkan kaidah keilmiahan, c) Perancang Grafis adalahtenaga kreatif yang memiliki kemampuan untuk menjalankan strategiperancangan (memilih, mengatur, menciptakan) elemen rupa (ilustrasi, foto,tulisan, bentuk dan garis) melalui media komunikasi visual (cetak, audio,audio visual) sesuai dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikansebagai pesan serta mampu mengembangkan kemampuan dari sisi konseptual,praktis, maupun pengembangan kewirausahaan, dan d) Perancang Multi-

Page 55: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)50

Institut Seni Indonesia Surakarta

media Interaktif (Animasi) adalah tenaga kreatif yang memiliki kemampuanuntuk menyusun strategi kreatif dalam produksi Multimedia Interaktif(Animasi) melalui proses perancangan (memilih, mengatur, menciptakan)gambar bergerak melalui teknik gambar tangan (manual) ataupun digital(computerized)untuk mendukung karya tertentu (film, iklan, game, danmedia interaktif) serta mampu mengembangkan kemampuan dari sisikonseptual, praktis, maupun pengembangan kewirausahaan.

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan antara lainmahasiswa mampu mengaplikasikan bidang desain komunikasi visual danmemanfaatkan ipteks dalam penyelesaian masalah melalui teori media dankomunikasi visual secara umum, menguasai prinsip manajemen proyek,penyusunan dokumen, dan tahapan perancangan desain serta aplikasinyadalam berbagai media baik melalui perangkat teknologi digital maupun manualuntuk mendukung karya yang mendasarkan pada karakter budaya visualnusantara dalam mewujudkan produk industri kreatif di bidang desainkomunikasi visual.

Page 56: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 51

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi D-4 Batik

Deskripsi Prodi

Program Studi Diploma IV Batik merupakan lembaga pendidikanformal di bawah naungan Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa dan DesainInstitut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. memfokuskan pada bidang kajian danpenciptaan karya batik, serta fesyen. Adapun sebagai Program Studi DiplomaIV Batik proporsi materi praktikum yang diajarkan lebih banyak dibandingkanteori dan jumlah sks yang ditempuh setara dengan Program Studi Strata-1.Lulusan Program Studi Diploma IV Batik Institut Seni Indonesia (ISI)Surakarta bergelar Sarjana Terapan Seni (S.Tr. Sn.).

Profil Lulusan

Profil Lulusan Program Studi Diploma IV Batik sebagai: a) Perancangdan pembuat karya seni batik dan fesyen, b) Perekayasa teknik batik danfesyen, c) Pengawas industri batik dan garmen, dan d) Interprenuer di bidangbatik dan fesyen.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran Program Studi Diploma IV Batik sebagai berikut.1) perancang dan pembuat karya seni batik dan fesyen, memiliki capaianpembelajaran yaitu: menguasai teknologi, bahan dan alat batik dan fesyen;menguasai proses perancangan batik dan fesyen; menguasai proses kreasibatik tradisional dan kontemporer; menguasai proses kreasi fesyen; 2)perekayasa teknik batik dan fesyen memiliki capaian pembelajaran yaitu:Memahami karakteritik batik dan fesyen; memahami permasalahanmetodologi dan pemciptaan seni; memahami managemen produksi, 3)pengawas industri batik dan garment memiliki capaian pembelajaran yaitu:memahami mekanisme dan tata kerja industri garmen; memiliki kemampuan

Page 57: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)52

Institut Seni Indonesia Surakarta

quality control produk batik dan fesyen; memahami nilai-nilai bangsa, danmampu bekerjasama, 4) interprenuer di bidang batik dan fesyen memilikicapaian pembelajaran yaitu: memahami kewirausahaan; menguasai teknikpresentasi; menguasai teknik gelar karya seni batik dan fesyen; memahamimetode kuratorial.

Page 58: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 53

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi D-4Keris dan Senjata Tradisional

Deskripsi Prodi

Prodi Keris dan Senjata Tradisional merupakan salah satu lembagapendidikan formal yang berada di Fakultas Seni Rupa dan Desain InstitutSeni Indonesia Surakarta. Penyelenggaraan Prodi didasarkan atas KeputusanMenteri Pendidikan dan Kebudayaan tersurat pada SK. No. 147/E/O/2012.Program Studi ini memfokuskan diri pada ranah penciptaan seni keris dansenjata tradisional beserta kajian estetik maupun filosofisnya. Landasan yangdigunakan dalam proses pendidikan adalah nilai-nilai luhur budaya bangsaIndonesia, dengan disertai wawasan terhadap dinamika zaman. Program StudiKeris dan Senjata Tradisional ISI Surakarta saat ini telah berstatus terakreditasioleh BAN PT.

Lulusan program studi D-IV Keris dan Senjata Tradisional bergelarSarjana Terapan Seni (S.Tr. Sn.).

Profil Lulusan

Lulusan Prodi Keris dan Senjata Tradisional mampu berperan sebagai:a) fasilitator, b) kurator, c) konservator, d) asisten peneliti, maupun e)wirausaha di bidang keris dan senjata tradisional (empu, mranggi, art/craftdealer, dan sebagainya).

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran Program Studi Diploma IV Prodi Keris danSenjata Tradisional telah dirancang sedemikan rupa guna menghasilkanlulusan yang mampu mengidentifikasi, mencipta dan mempublikasikan karyakeris maupun senjata tradisional melalui proses kerja ilmiah terstruktur,diiringi sikap managerial dan leadership.

Page 59: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)54

Institut Seni Indonesia Surakarta

SEBARAN MATA KULIAHPROGRAM DIPLOMA IV (D-4)

PROGRAM SARJANA (S-1)

Page 60: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 55

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Karawitan

Semester I

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-01102 Pendidikan Agama 2 Pendidikan Agama

Islam

Pendidikan Agama Kristen

Pendidikan Agama Katolik

Pendidikan Agama Hindu

Pendidikan Agama Budha

2. MPK-01104 Pendidikan Pancasila 2 3. MPK-01105 Bahasa Inggris I 2 4. MKK-01101 Filsafat Ilmu 3 5. MKK-01103 Seni Pertunjukan

Indonesia 2

6. MKK-01110 Dasar Dasar Musik Barat I

2

7. MKB-01101 Karawitan Surakarta I 5 8. MKB-01105 Notasi Karawitan 3

Jumlah 21

FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN

Page 61: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)56

Institut Seni Indonesia Surakarta

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-01101 Pendidikan

Kewarganegaraan 2

2. MPK-01103 Bahasa Indonesia 2 3. MBB-01105 Antropologi Seni 2 4. MPB-01104 Pengetahuan HAKI 2 5. MKK-01107 Sejarah Karawitan 3 6. MKK-01210 Dasar Dasar Musik

Barat II 2

7. MKB-01106 Tembang I 2 8. MKB-01201 Karawitan Surakarta II 4

Mata Kuliah Pilihan 9. MKP-01102 Komunikasi Seni 2 10. MKP-01112 Multimedia I (Teknologi

Komputer) 2

Jumlah 21

Semester II

Semester III

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-01102 Manajemen Seni

Pertunjukan I 2

2. MBB-01104 Sosiologi Seni 2 3. MPB-01105 Apresiasi Musik Dunia 2 4. MKK-01109 Teori Karawitan I 3 5. MKB-01103 Karawitan Tari I 1 6. MKB-01104 Karawitan Pakeliran I 1

Page 62: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 57

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester IV

7. MKB-01107 Karawitan Gaya Yogyakarta

1

8. MKB-01108 Karawitan Gaya Minang 1 9. MKB-01206 Tembang II 2 10. MKB-01301 Karawitan Surakarta III 4

Mata Kuliah Pilihan 11. MKP-01113 Multimedia II

(Audio System) 2

Jumlah 21

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-01101 Estetika Nusantara 3 2. MKK-01106 Literatur Karawitan I 2 3. MKK-01209 Teori Karawitan II 3 4. MKB-01203 Karawitan Tari II 1 5. MKB-01204 Karawitan Pakeliran II 1 6. MKB-01109 Karawitan Gaya

Banyumas 1

7. MKB-01110 Karawitan Gaya Sunda 1 8. MKB-01306 Tembang III 2 9. MKB-01401 Karawitan Surakarta IV 4

Mata Kuliah Pilihan 10. MKP-01105 Kapita Selekta

Karawitan 2

11. MKP-01114 Multimedia III (Fotografi)

2

Jumlah 20

Page 63: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)58

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester V

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-01104 Metodologi Penelitian I 2 2. MKK-01309 Teori Karawitan III 3 3. MKB-01102 Komposisi Karawitan I 2 4. MKB-01111 Pembawaan Karawitan 4 5. MKB-01303 Karawitan Tari III 1 6. MKB-01304 Karawitan Pakeliran III 1 7. MKB-01111 Karawitan Gaya Bali 1 8. MKB-01112 Karawitan Gaya Jawa

Timur 1

9. MKB-01406 Tembang IV 2 10. MKB-01501 Karawitan Surakarta V 4

Mata Kuliah Pilihan 11. MKP-01103 Karawitan Pakurmatan 2 12. MKP-01104 Manajemen Seni

Pertunjukan II 2

Jumlah 23

No. Kode Mata Kuliah SKS Kaji Cipta Saji

1. MBB-01106 KKN 4 4 4 2. MKK-01102 Wawasan Budaya

Nusantara 3 3 3

3. MKK-01105 Seminar Karawitan I 2 2 2 4. MKK-01108 Akustika Instrumen I - 2 -

Semester VI

Page 64: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 59

Institut Seni Indonesia Surakarta

5. MKK-01204 Metode Penelitian II 2 2 2 6. MKK-01206 Literatur Karawitan II 2 - - 7. MKB-01108 Analisa Karawitan 2 2 2 8. MKB-01110 Metode Pelatihan

Karawitan 2 2 2

9. MKB-01202 Komposisi Karawitan II - 2 - 10. MKB-01601 Karawitan Surakarta VI - - 4 11. MPK-01205 Bahasa Inggris II 2 - -

Mata Kuliah Pilihan

12. MKP-01107 Miji Ricikan Gd Penerus 1 1 1 13. MKP-01108 Miji Ricikan Gambang 1 1 1 14. MKP-01111 Teknik Penulisan Ilmiah 2 2 2

Jumlah 21 21 21

No. Kode Mata Kuliah SKS Kaji Cipta Saji

1. MBB-01103 Bimbingan Penulisan Skripsi

4 - -

2. MPB-01103 Sastra Karawitan - 2 2 3. MKK-01111 Bahasa Sumber 2 - - 4. MKK-01205 Seminar Karawitan II 2 2 2 5. MKK-01208 Akustika Instrumen II - 2 - 6. MKK-01304 Metode Penelitian III 2 - - 7. MKB-01109 Kritik Karawitan 3 3 3 8. MKB-01302 Komposisi Karawitan

III - 4 -

9. MKB-01403 Karawitan Tari IV - - 1

Semester VII

Page 65: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)60

Institut Seni Indonesia Surakarta

9. MKB-01403 Karawitan Tari IV - - 1 10. MKB-01404 Karawitan Pakeliran IV - - 1 11. MKB-01701 Karawitan Surakarta VII - - 4

Mata Kuliah Pilihan 12. MKP-01109 Miji Ricikan Suling 1 1 1 13. MKP-01110 Miji Ricikan Siter 1 1 1

Jumlah 14 14 14

Semester VIII

No. Kode Mata Kuliah SKS Kaji Cipta Saji

1. MKB-01112 Tugas Akhir 6 6 6 Jumlah 6 6 6

Keterangan:MK. Wajib = 138 SKSMK. Pilihan = 16 SKSWajib Lulus = 144 SKS

Page 66: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 61

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Seni Pedalangan

Semester I

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-02101 Pendidikan Agama 2 Pendidikan Agama

Islam

Pendidikan Agama Kristen

Pendidikan Agama Katolik

Pendidikan Agama Hindu

Pendidikan Agama Budha

2. MPK-02104 Bahasa Indonesia 2 3. MKK-02106 Wawasan Budaya

Nusantara 3

4. MKK-02101 Teori Pedalangan I 3 5. MKK-02104 Multimedia 3 6. MKK-02112 Sejarah Pedalangan 3 7. MKB-02101 Praktik Pedalangan

Gaya Pokok I 4

8. MKB-02104 Karawitan Pakeliran I 3 Jumlah 23

Page 67: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)62

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-02102 Pendidikan Pancasila 2 2. MPK-02103 Pendidikan

Kewarganegaraan 2

3. MPK-02105 Bahasa Inggris 2 4. MBB-02102 Pengetahuan HaKI 3 5. MKK-02105 Seni Pertunjukan

Indonesia 3

6. MKK-02201 Teori Pedalangan II 3 7. MKB-02201 Praktik Pedalangan

Gaya Pokok II 4

8. MKB-02204 Karawitan Pakeliran II 3 Jumlah 22

Semester III

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-02103 Manajemen Seni

Pertunjukan 3

2. MKK-02102 Filsafat Ilmu 2 3. MKK-02107 Psikologi Dalam 3 4. MKK-02108 Bahasa dan Sastra

Pedalangan 3

5. MKK-02301 Teori Pedalangan III 3 6. MKB-02301 Praktik Pedalangan

Gaya Pokok III 4

7. MKB-02304 Karawitan Pakeliran III 4 Jumlah 22

Page 68: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 63

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester IV

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-02103 Sosiologi Seni 3 2. MPB-02101 Estetika Nusantara 3 3. MKK-02109 Literatur Pedalangan 3 4. MKK-02401 Teori Pedalangan IV 3 5. MKB-02102 Praktik Pedalangan

Gaya Lain I (Yogya) 2

6. MKB-02401 Praktik Pedalangan Gaya Pokok IV

4

Mata Kuliah Pilihan 7. MPB-02102 Kewirausahaan 3

Jumlah 21

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-02103 Estetika Pedalangan 3 2. MKB-02106 Garap Pakeliran I 3 3. MKB-02105 Penulisan Lakon I 3 4. MKB-02107 Metode Penelitian I 3 5. MKB-02202 Praktik Pedalangan

Gaya Lain II (Golek) 2

6. MKB-02501 Praktik Pedalangan Gaya Pokok V

4

Mata Kuliah Pilihan 7. MKB-02108 Teori Teater 3

Jumlah 21

Semester V

Page 69: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)64

Institut Seni Indonesia Surakarta

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket Kaji Cipta

1. MBB-02101 Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4 4

2. MKK-02111 Kritik Pedalangan 3 3 3. MKB-02103 Pembawaan Pakeliran 4 4 4. MKB-02109 Antropologi Seni 3 - 5. MKB-02205 Penulisan Lakon II - 3 6. MKB-02206 Garap Pakeliran II - 3 7. MKB-02207 Metode Penelitian II 3 - 8. MKB-02302 Praktik Pedalangan

Gaya Lain III (Jatim) 2 2

9. MKB-02601 Praktik Pedalangan Gaya Pokok VI

4 4

Jumlah 23 23

Semester VI

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket Kaji Cipta

1. MKK-02110 Seminar Pedalangan 3 3 2. MKB-02306 Garap Pakeliran III - 3 3. MKB-02307 Metode Penelitian III 3 -

Mata Kuliah Pilihan 4. MKK-02113 Bimbingan Tugas Akhir 3 3 5. MKB-02111 Tata Suara dan Tata

Cahaya 3 3

Jumlah 9 9

Semester VII

Page 70: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 65

Institut Seni Indonesia Surakarta

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1 MKB-02110 Tugas Akhir 6

Jumlah 6

Semester VIII

Keterangan:MK. Wajib = 138 SKSMK. Pilihan = 12 SKSWajib Lulus = 144 SKS

Page 71: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)66

Institut Seni Indonesia Surakarta

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-03101 Pendidikan Pancasila 2 2. MPK-03102 Pendidikan Agama 2 Pendidikan Agama

Islam

Pendidikan Agama Kristen

Pendidikan Agama Katolik

Pendidikan Agama Hindu

Pendidikan Agama Budha

3. MBB-03103 Wawasan Budaya Nusantara

3

4. MKK-03104 Pengetahuan Tari 3 5. MKB-03102 Tari Surakarta Alus I 2 6. MKB-03103 Tari Surakarta Gagah I 2 7. MKB-03104 Tari Surakarta Putri I 2 8. MKB-03105 Olah Tubuh I 2

Jumlah 18

Program Studi S-1 Seni Tari

Semester I

Page 72: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 67

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester III

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-03103 Bahasa Indonesia 2 2. MPK-03104 Kewarganegaraan 2 3. MPK-03105 Bahasa Inggris 2 4. MBB-03104 Tari Bali I 1 5. MBB-03107 Tari Sunda I 1 6. MBB-03109 Tari Non Tradisi

Nusantara I 1

7. MKK-03107 Pengetahuan Seni 2 8. MKB-03106 Koreografi I 2 9. MKB-03202 Tari Surakarta Alus II 2

10. MKB-03203 Tari Surakarta Gagah II 2 11. MKB-03204 Tari Surakarta Putri II 2 12. MKB-03205 Olah Tubuh II 2

Jumlah 21

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-03105 Tari Jatim I 1 2. MBB-03106 Tari Jogja I 1 3. MBB-03108 Tari Sumatra I 1 4. MKK-03106 Seni Pertunjukan

Indonesia 3

5. MKK-03108 Filsafat Ilmu 2 6. MKB-03107 Musik Tari I 3 7. MKB-03108 Rias Busana I 3 8. MKB-03206 Koreografi II 3

Page 73: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)68

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester IV

9. MKB-03302 Tari Surakarta Alus III 1 10. MKB-03303 Tari Surakarta Gagah III 1 11. MKB-03304 Tari Surakarta Putri III 1

Mata Kuliah Pilihan (Pilih Satu) 12. MKP-03101 Sosiologi Seni

3

13. MKP-03103 Notasi Tari Jumlah 23

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-03101 Manajemen Seni

Pertunjukan 3

2. MPB-03103 Estetika Nusantara 3 3. MKB-03109 Teknik Vokal I 2 4. MKB-03306 Koreografi III 3 5. MKB-03402 Tari Surakarta Alus IV 1 6. MKB-03403 Tari Surakarta Gagah IV 1 7. MKB-03404 Tari Surakarta Putri IV 1

Pilih 3 Repertoar Tari 8. MBB-03204 Tari Bali II

1 Pilih 3 mata kuliah dari 6 mata kuliah

9. MBB-03205 Tari Jatim II 10. MBB-03206 Tari Jogja II 11. MBB-03207 Tari Sunda II 12. MBB-03208 Tari Sumatra II 13. MBB-03209 Tari Non Tradisi

Nusantara II Mata Kuliah Pilihan (Pilih Satu)

Page 74: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 69

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester V

Mata Kuliah Pilihan (Pilih Satu) 14. MPB-03106 Kapita Selekta Tari

3

15. MKP-03112 Musik Tari II Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-03101 Pengetahuan HaKI 2 2. MKK-03101 Sejarah Tari 3 3. MKK-03102 Kritik Tari 2 4. MKK-03105 Metode Penelitian I 3 5. MKB-03112 Analisa Tari I 3 6. MKB-03406 Koreografi IV 3 7. MKB-03502 Tari Surakarta Alus V 1 8. MKB-03503 Tari Surakarta Gagah V 1 9. MKB-03504 Tari Surakarta Putri V 1

Pilih 3 Repertoar Tari 10. MBB-03304 Tari Bali III

1 Pilih 3 mata kuliah dari 6 mata kuliah

11. MBB-03305 Tari Jatim III 12. MBB-03306 Tari Jogja III 13. MBB-03307 Tari Sunda III 14. MBB-03308 Tari Sumatra III 15. MBB-03309 Tari Non Tradisi

Nusantara III Mata Kuliah Pilihan (Pilih Satu)

16. MKP-03104 Teknik Vokal II 2

17. MKP-03113 Rias Busana II Jumlah 24

Page 75: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)70

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VI

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-03102 KKN 4 2. MPB-03105 Field Work 3 3. MKK-03103 Seminar Tari I 3 4. MKK-03110 Etnokoreologi 3 5. MKB-03101 Skenografi Tari 3 6. MKB-03110 Pembawaan Tari 4 7. MKB-03506 Koreografi V 3

Mata Kuliah Pilihan (Pilih Satu) 8. MPB-03102 Dasar-dasar Kepelatihan

Tari 2

9. MKP-03114 Analisa Tari II Pilih 1 Repertoar Tari

10. MKP-03106 Tari Bali IV

1

11. MKP-03107 Tari Jatim IV 12. MKP-03108 Tari Jogja IV 13. MKP-03109 Tari Sunda IV 14. MKP-03110 Tari Sumatra IV 15. MKP-03111 Tari Non Tradisi

Nusantara IV

16. MKP-03201 Sejarah Tari II 3 Jumlah 29

Page 76: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 71

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VII

No. Kode Mata Kuliah SKS Kaji Cipta Saji

1. MKB-03111 Tugas Akhir 6 6 6 Jumlah 6 6 6

Semester VIII

Keterangan:MK. Wajib = 135 SKSMK. Pilihan = 25 SKSWajib Lulus = 144 SKS

No. Kode Mata Kuliah SKS Kaji Cipta Saji

1. MPB-03104 Bimbingan Karya Tari - - 3 2. MPB-03107 Bimbingan Kepenarian - 3 - 3. MKK-03109 Estetika Tari 3 - - 4. MKK-03203 Seminar Tari II 2 - - 5. MKK-03205 Metode Penelitian II 3 - - 6. MKK-03111 Teori Penciptaan - 3 3 7. MKB-03201 Skenografi II - 2 2

Pilih 1 Gaya Tari 8. MKB-03604 Tari Surakarta Putri VI

3 9. MKB-03602 Tari Surakarta Alus VI 10. MKB-03603 Tari Surakarta Gagah VI

Jumlah 11 11 11

Page 77: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)72

Institut Seni Indonesia Surakarta

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-04101 Bahasa Indonesia 2 2. MPK-04102 Pendidikan Agama 2 Pendidikan Agama

Islam

Pendidikan Agama Kristen

Pendidikan Agama Katolik

Pendidikan Agama Hindu

Pendidikan Agama Budha

3. MPK-04104 Pancasila 2 4. MKK-04103 Musikologi Barat I 3 5. MKK-04104 Pengantar

Etnomusikologi 3

6. MKK-04106 Teknologi Komputer 2 7. MKK-04105 Pengantar Antropologi

(Musik) 3

8. MKB-04101 Praktik Musik Nusantara I

3

Jumlah 20

Program Studi S-1 Etnomusikologi

Semester I

Page 78: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 73

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-04101 Bahasa Inggris 3 2. MKK-04101 Pengantar

Karawitanologi 3

3. MKK-04107 Teknologi Audio 2 4. MKK-04109 Literatur Musik

Nusantara 3

5. MKK-04110 Filsafat Ilmu 3 6. MKK-04203 Musikologi Barat II 3 7. MKB-04201 Praktik Musik

Nusantara II 3

Jumlah 20

Semester III

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-04102 Karawitanologi 3 2. MKK-04108 Teknologi Audio-Visual 2 3. MKK-04111 Metodologi Penelitian 3 4. MKK-04113 Budaya Musik I 3 5. MKK-04116 Notasi dan Transkripsi

Musik I 2

6. MKK-04117 Etnografi 3 7. MKB-04301 Praktik Musik

Nusantara III 3

Mata Kuliah Pilihan 8. MKP-04103 Bimbingan Penulisan 2

Page 79: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)74

Institut Seni Indonesia Surakarta

9. MKP-04102 Sosiologi Musik 3 Jumlah 22

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-04213 Budaya Musik II 3 2. MKK-04112 Teori dan Metode

Etnomusikologi 3

3. MKK-04114 Estetika Musik 3 4. MKK-04115 Organologi dan

Akustika 3

5. MKK-04118 Seni Pertunjukan Indonesia

3

6. MKK-04216 Notasi dan Transkripsi Musik II

2

7. MKB-04401 Praktik Musik Nusantara IV

3

Mata Kuliah Pilihan 8. MKP-04105 Komunikasi Musik 3

Jumlah 23

Semester IV

Semester V

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-04119 Sejarah Musik

Nusantara 3

2. MKK-04120 Kapita Selekta Etnomusikologi

3

Page 80: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 75

Institut Seni Indonesia Surakarta

3. MKK-04313 Budaya Musik III 3 4. MKB-04102 Praktik Instrumen

Tunggal I 3

5. MKB-04103 Studi Lapangan I 3 6. MKB-04104 Analisis Musik 3

Mata Kuliah Pilihan 7. MKB-04108 Editing 2 8. MKP-04104 Musik dan Pendidikan

Masyarakat 3

Jumlah 21

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-04102 KKN 4 2. MPB-04101 Estetika Nusantara 3 3. MKK-04102 Teori-Teori Kebudayaan 3 4. MPK-04103 Pendidikan

Kewarganegaraan 2

5. MKB-04202 Praktik Instrumen Tunggal II

3

6. MKB-04203 Studi Lapangan II 3 Mata Kuliah Pilihan

7. MKP-04106 Komposisi Musik 3 8. MKB-04109 Musik dan Etnografi

Visual 3

Jumlah 21

Semester VI

Page 81: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)76

Institut Seni Indonesia Surakarta

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-04103 Wawasan Budaya

Nusantara 3

2. MPB-04104 Kewirausahaan dan HKI 3 3. MKB-04105 Kritik Musik 3 4. MKB-04106 Seminar Etnomusikologi 3 5. MKB-04107 Kerja Feature 4

Jumlah 16

SemesterVII

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-04110 Tugas Akhir 6

Jumlah 6

Semester VIII

Mata Kuliah Pilihan:

Semester Ganjil

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-04108 Editing 2 2. MKP-04102 Sosisologi Musik 3 3. MKP-04103 Bimbingan Penulisan 2 4. MKP-04104 Musik dan Pendidikan

Masyarakat 3

Jumlah 10

Page 82: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 77

Institut Seni Indonesia Surakarta

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKP-04105 Komunikasi Musik 3 2. MKP-04106 Komposisi Musik 3 3. MKB-04109 Musik dan Etnografi

Visual 3

Jumlah 9

Semester Genap

Catatan:Syarat mengajukan proposal TA harus sudah menempuh:- TA Skripsi: MK Metodologi Penelitian dengan nilai 3,0/B; Studi Lapangan

II (3,0/B); MK Bimbingan Penulisan (P-3,0/B).- TA Karya Audio-Visual: MK Editing; Kerja Feature; Studi Lapangan II

dengan nilai 3,0/B.- MK pilihan itu MK profesi yang memperkuat MK Wajib. MK Pilihan

dapat kita tambah dan ubah sesuai kepentingan.

Keterangan:MK. Wajib = 127 SKSMK. Pilihan = 33 SKSWajib Lulus = 144 SKS

Page 83: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)78

Institut Seni Indonesia Surakarta

No. Kode Mata Kuliah SKS

Peng kajian

Pemeranan

Penyu Trada raan

1. MPK-05101 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2

2. MPK-05102 Pendidikan Pancasila 2 2 2 3.

MPK-05103 Pendidikan Agama 2 2 2 Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Kristen

Pendidikan Agama Katolik

Pendidikan Agama Hindu

Pendidikan Agama Budha

4. MKK-05101 Pengetahuan Teater 3 3 3 5. MKK-05102 Seni Pertunjukan

Indonesia 3 3 3

6. MKB-05101 Olah Vokal 4 4 4 7. MKB-05102 Olah Tubuh 4 4 4 8. MKB-05103 Tata Musik Teater

Nusantara I 3 3 3

Jumlah 23 23 23

Program Studi S-1 Seni Teater

Semester I

Page 84: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 79

Institut Seni Indonesia Surakarta

No. Kode Mata Kuliah SKS

Peng kajian

Pemeranan

Penyu Trada raan

1. MKK-05104 Metode Penelitian Dasar 3 3 3 2. MKK-05107 Antropologi Teater 3 3 3 3. MKK-05113 Pengetahuan Seni

Pedalangan 2 2 2

4. MKK-05117 Teknik Dasar

Semester III

No. Kode Mata Kuliah SKS

Peng kajian

Pemeranan

Penyu Trada raan

1. MKK-05103 Literatur teater 3 3 3 2. MPK-05104 Bahasa Indonesia 2 2 2 3. MPK-05105 Bahasa Inggris 2 2 2 4. MKK-00102 Wawasan Budaya

Nusantara 3 3 3

5. MKK-05115 Teknik Dasar Pengkajian

3 3 3

6. MKK-05116 Teknik Dasar Pemeranan 3 3 3

7. MKB-05105 Tata Pentas & Cahaya 3 3 3 8. MKB-05203 Tata Musik Teater

Nusantara II 3 3 3

Jumlah 22 22 22

Semester II

Page 85: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)80

Institut Seni Indonesia Surakarta

4. MKK-05117 Teknik Dasar Penyutradaraan

3 3 3

5. MKB-05104 Tata Rias & Kostum 3 3 3 6. MKB-05106 Pemeranan Realis 3 3 3 7. MKB-05113 Teater

Daerah/Nusantara 3 3 3

Jumlah 20 20 20

No. Kode Mata Kuliah SKS

Peng kajian

Pemeranan

Penyu Trada raan

1. MBB-05102 Sosiologi Teater 3 3 3 2. MBB-05103 Ilmu Komunikasi 4 4 4 3. MKK-05204 Metode Penelitian

Terapan 3 3 3

4. MKK-05105 Filsafat Ilmu 2 2 2 5. MKB-05107 Penyutradaraan Realis 4 4 4 6. MKB-05108 Kajian Drama 3 3 3

Mata Kuliah Pilihan 7. MKP-05102 Seni Tari 3 3 3

Jumlah 22 22 22

Semester IV

Page 86: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 81

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VI

No. Kode Mata Kuliah SKS

Peng kajian

Pemeranan

Penyu Trada raan

1. MBB-05104 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 4 4 4

2. MPB-05102 Estetika Nusantara 3 3 3 3. MKK-05106 Penulisan Naskah

Drama 3 3 3

Semester V

No. Kode Mata Kuliah SKS

Peng kajian

Pemeranan

Penyu Trada raan

1. MBB-05101 Pengetahuan HaKI 3 3 3 2. MPB-05101 Manajemen Seni

Pertunjukan 3 3 3

3. MKK-05108 Psikologi Teater 3 3 3 4. MKK-05110 Kritik Teater 3 3 3 5. MKK-05114 Folklor 2 2 2 6. MKB-05111 Penyutradaraan Non

Realis - - 4

7. MKB-05118 Pemeranan Non Realis - 4 - 8. MKB-05122 Kajian Pertunjukan 4 - -

Mata Kuliah Pilihan 9. MKP-05104 Multimedia 3 3 3

Jumlah 21 21 21

Page 87: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)82

Institut Seni Indonesia Surakarta

4. MKK-05109 Semiotika Teater 3 3 3 5. MKB-05119 Kajian Teater Modern 4 - - 6. MKB-05120 Pemeranan Sendratasik - 4 - 7. MKB-05121 Penyutradaraan Klasik - - 4

Mata Kuliah Pilihan 8. MKP-05103 Seni Rupa 3 3 3

Jumlah 20 20 20

Semester VII

No. Kode Mata Kuliah SKS

Peng kajian

Pemeranan

Penyu Trada raan

1. MKK-05111 Seminar 2 2 2 2. MKB-05112 Drama Televisi 3 3 3 3. MKB-05114 Pergelaran Teater 4 4 4 4. MKB-05123 Kajian Teater

Postmodern 4 - -

5. MKB-05124 Monolog - 4 - 6. MKB-05125 Penyutradaraan

Kontemporer - - 4

Mata Kuliah Pilihan 7. MKP-05101 Kesusastraan Jawa 3 3 3 8. MKP-05105 Apresiasi Pedalangan 3 3 3

Jumlah 16 16 16

Page 88: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 83

Institut Seni Indonesia Surakarta

Mata Kuliah Pilihan:

Semester Ganjil

Semester Genap

No. Kode Mata Kuliah SKS

Peng kajian

Pemeranan

Penyu Trada raan

1. MKP-05101 Kesusastraan Jawa 3 - - 2. MKP-05102 Seni Tari - 3 - 3. MKP-05103 Seni Rupa - - 3

Jumlah 3 3 3

No. Kode Mata Kuliah SKS

Peng kajian

Pemeranan

Penyu Trada raan

1. MKP-05104 Multimedia 3 3 3 Jumlah 3 3 3

No. Kode Mata Kuliah SKS

Peng kajian

Pemeranan

Penyu Trada raan

1. MKB-05115 Skripsi / TA Karya Seni 6 6 6 Jumlah 6 6 6

Semester VIII

Page 89: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)84

Institut Seni Indonesia Surakarta

Keterangan:MK. Wajib = 138 SKSMK. Pilihan = 12 SKSWajib Lulus = 144 SKS

Page 90: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 85

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Kriya Seni

Semester I

FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-06101 Pendidikan Agama 2 Teori 2. MPK-06104 Bahasa Indonesia 2 Teori 3. MPK-06105 Bahasa Inggris 3 Teori 4. MKK-06106 Sejarah Seni Rupa

Timur 3 Teori

5. MKK-06101 Ornamen I 3 Praktik 6. MKK-06105 Nirmana 3 Praktik 7. MKK-06109 Menggambar 3 Praktik

Jumlah 19

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-06102 Pendidikan Pancasila 2 Teori 2. MKK-06104 Sosiologi 3 Teori 3. MKK-00102 Wawasan Budaya

Nusantara 3 Teori

4. MKK-06107 Sejarah Seni Rupa Barat 3 Teori 5. MKK-06201 Ornamen II 3 Praktik 6. MKK-06102 Bagan Teknik 3 Praktik 7. MKB-06101 Kriya Kayu I 4 Praktik

Jumlah 21

Page 91: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)86

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester III

Semester IV

Semester V

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-06104 Manajemen Produksi 3 Teori 2. MPK-06103 Pendidikan

Kewarganegaraan 2 Teori

3. MKK-06108 Tinjauan Kriya 3 Teori 4. MKB-06112 Komputer Desain 3 Praktik 5. MKK-06103 Desain Kriya 3 Praktik 6. MKB-06103 Kriya Kulit I 4 Praktik 7. MKB-06201 Kriya kayu II 4 Praktik Jumlah 22

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-00101 Estetika Nusantara 3 Teori 2. MKK-06110 Dokumentasi

Multimedia 3 Praktik

3. MPB-06105 Kewirausahaan 3 Teori 4. MKB-06102 Kriya Logam I 4 Praktik 5. MKB-06203 Kriya Kulit II 4 Praktik 6. MKB-06301 Kriya Kayu III 4 Praktik

Jumlah 21

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-06102 Kritik Seni 3 Teori 2. MKK-06111 Metode Penelitian I 3 Teori 3. MKB-06107 Lukis Kaca 3 Praktik

Page 92: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 87

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VI

Semester VII

3. MKB-06107 Lukis Kaca 3 Praktik 4. MKB-06105 Batik 3 Praktik 5. MKB-06202 Kriya Logam II 4 Praktik 6. MKB-06303 Kriya Kulit III 4 Praktik

Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-06108 Eksperimen Kreatif 3 Praktik 2. MKB-06106 Sungging Wayang

Beber 3 Praktik

3. MKB-06104 Keramik 3 Praktik 4. MKB-06302 Kriya Logam III 4 Praktik 5. MKK-06211 Metode Penelitian II *)

3

Teori (TA. Skripsi)

MKK-06112 Metode Penciptaan **) Teori (TA. Karya)

MKK-06113 Metode Desain ***) Teori (TA. Karya)

6. MBB-06102 KKN 4 Praktik Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-06103 Kuratorial 3 Teori 2. MPB-06101 Etika Profesi dan HaKI 3 Teori 3. MKB-06111 Seminar *) Teori

Page 93: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)88

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VIII

Keterangan:*) Mata kuliah untuk mahasiswa Tugas Akhir Skipsi**) Mata kuliah untuk mahasiswa Tugas Akhir Karya (Karya Seni)***) Mata kuliah untuk mahasiswa Tugas Akhir Karya (Desain Kriya)

3. MKB-06111 Seminar *)

4

Teori (TA. Skripsi)

MKB-06109 Kriya Kreatif **) Praktik (TA. Karya)

MKB-06110 Desain Kreatif Kriya ***)

Praktik (TA. Karya)

4.

MKP-06101 Seni Patung 3 Pilih salah satu MKP-06102 Desain Lanskap

MKP-06103 Tosan Aji MKP-06104 Tenun

5. MBB-06101 Kerja Profesi 4 Praktik Jumlah 17

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-06113 Tugas Akhir 6 Skripsi/Karya

Jumlah 6

Page 94: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 89

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Seni Rupa Murni

Semester I

Semester II

* Mata Kuliah Minat Dasar

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-07101 Pendidikan Agama 2 Teori 2. MPK-07102 Bahasa Indonesia 2 Teori 3. MPK-07103 Pendidikan Pancasila 2 Teori 4. MKK-07104 Pengetahuan Seni Rupa 3 Teori 5. MKK-07103 Sejarah Seni Rupa Barat

dan Timur 3 Teori

6. MKK-07107 Nirmana Dwimatra 3 Praktik 7. MKB-07101 Sketsa Dasar 4 Praktik 8. MKB-07103 Gambar Alam Benda 4 Praktik

Jumlah 23

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-07104 Pendidikan

Kewarganegaraan 2 Teori

2. MKB-07102 Sketsa Murni 4 Praktik 3. MKK-07102 Nirmana Trimatra 3 Praktik 4. MKB-07104 Gambar Flora dan Fauna 4 Praktik 5. MKB-07106 Seni Lukis Dasar* 3 Praktik 6. MKB-07107 Seni Grafis Dasar* 3 Praktik 7. MKB-07108 Seni Patung Dasar* 3 Praktik

Jumlah 22

Page 95: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)90

Institut Seni Indonesia Surakarta

Syarat pemilihan minat utama di Semester III :

1. Nilai 3,5-4 untuk mata kuliah minat dasar maka mahasiswa berhakmemilih minat utama secara mandiri.

2. Nilai 2,5-3 untuk mata kuliah minat dasar maka pemilihan minat utamaditentukan oleh Tim Program Studi.

3. Apabila mahasiswa berkeinginan memilih minat yang diharapkan namunnilai kurang dari 2,5 maka mahasiswa harus mengulang mata kuliah minatmurni dasar yang diinginkan dengan hasil minimal 3,5.

Semester III

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-07101 Sosiologi Seni 3 Teori 2. MKK-07106 Filsafat Seni 3 Teori 3. MPK-07105 Bahasa Inggris 3 Teori 4. MKK-00102 Wawasan Budaya

Nusantara 3 Teori

5. MKB-07105 Gambar Manusia 4 Praktik 6. MINAT MINAT UTAMA I*

5 *Wajib

diambil sesuai dengan minat utamanya

MKB-07114 Seni Lukis I MKB-07115 Seni Grafis I MKB-07116 Seni Patung I

Jumlah 21

Page 96: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 91

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester IV

Semester V

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-07104 Kewirausahaan 3 Teori 2. MKB-07111 Metodologi Penelitian I 3 Teori 3. MKK-07105 Teknologi Media 4 Praktik 4. MKP MK. PILIHAN ** 3 **Wajib

diambil minimal 1 mata kuliah wajib pilihan dan diselenggarakan dengan syarat peserta minimal 3 mahasiswa

MKP-07101 Seni Keramik MKP-07103 Seni Batik MKP-07105 Seni Animasi MKP-07106 Seni Multimedia MKP-07102 Tosan Aji MKP-07104 Seni Ilustrasi

5. MKB MINAT UTAMA II * 5 *Wajib diambil sesuai dengan minat utamanya

MKB-07214 Seni Lukis II MKB-07215 Seni Grafis II MKB-07216 Seni Patung II

Jumlah 18

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-07105 Manajemen Seni 4 Teori 2. MPB-00101 Estetika Nusantara 3 Teori 3. MPB-07103 Seni Rupa

Eksperimental 4 Praktik

4. MKB-07109 Teknik Seni Rupa Etnik 4 Praktik

Page 97: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)92

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VII

Semester VI

5. MKB MINAT UTAMA III * 5 *Wajib diambil sesuai dengan minat utamanya

MKB-07314 Seni Lukis III MKB-07315 Seni Grafis III MKB-07316 Seni Patung III

Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-07112 Seminar 4 Teori 2. MPB-07102 Semiotika 3 Teori 3. MKB-07110 Seni Lukis Dinding 4 Praktik 4. MBB-07103 KKN 4 Telah

menempuh 110 SKS

5. MKB MINAT UTAMA IV* 5 *Wajib diambil sesuai dengan minat utamanya

MKB-07414 Seni Lukis IV MKB-07415 Seni Grafis IV MKB-07416 Seni Patung IV

Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-07102 Antropologi Seni 3 Teori 2. MKB-07113 Kritik Seni 3 Teori 3. MKB-07211 Metodologi Penelitian II 3 Teori

Page 98: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 93

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VIII

4. MKB MINAT UTAMA V * 5 * Wajib diambil sesuai dengan minat utamanya

MKB-07514 Seni Lukis V MKB-07515 Seni Grafis V MKB-07516 Seni Patung V

Jumlah 14

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-07117 Tugas Akhir 6 Skripsi/Karya

Jumlah 6

Page 99: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)94

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Desain Interior

Semester I

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-08101 Pendidikan Agama 2 Teori 2. MPK-08103 Bahasa Indonesia 2 Teori 3. MKK-08105

Sejarah Seni Rupa dan Kebudayaan Indonesia

3 Teori

4. MKK-08102 Nirmana 3 Praktik 5. MKK-08103 Menggambar 3 Praktik 6. MKK-08109 Interior Nusantara 4 Teori 7. MKK-00102 Wawasan Budaya

Nusantara 3 Teori

Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-08105 Pendidikan Pancasila 2 Teori 2. MPK-08104 Bahasa Inggris 3 Teori 3. MKK-08115 Pengetahuan Bahan dan

Alat 3 Teori

4. MKK-08113 Ergonomi 3 Teori 5. MKK-08112 Gambar Teknik 4 Praktik 6. MKK-08114 Konstruksi 3 Praktik 7. MKK-08111 Estetika 3 Teori

Jumlah 21

Page 100: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 95

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester III

Semester IV

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-08101 Teori Budaya 3 Teori 2. MKK-08106 Sejarah Seni Rupa 3 Teori 3. MKK-08108 Interior Pertunjukan 3 Teori 4. MKB-08104 Metode Desain 3 Teori 5. MKK-08116 Fisika Bangunan 3 Teori 6. MKB-08106 Desain Interior I 4 Praktik 7. MPB-00101 Estetika Nusantara 3 Teori

Jumlah 22

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-08107 Tata Cahaya 3 Praktik 2. MKK-08117 Komputer Desain I 3 Praktik 3. MBB-08102

Kapita Selekta Budaya Nusantara

2 Teori

4. MPK-08102

Pendidikan Kewarganegaraan

2 Teori

5. MKB-08101 Metodologi Penelitian I 3 Teori 6. MKB-08206 Desain Interior II 4 Praktik 7. MKB-08105 Mebel I 3 Praktik 8. MKP MK. PILIHAN * 2 MKP-08102 Pertamanan * Wajib

mengambil minimal 1 mata kuliah dengan bobot

MKP-08103 Elektronika MKP-08112 Fotografi MKP-08108 Kriya Kayu

Page 101: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)96

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester V

dengan bobot 2 sks

MKP-08109 Kriya Logam MKP-08110 Kriya Kulit MKP-08111 Kriya Keramik MKP-08105 Lukis Kaca MKP-08104 Lukis Wayang Beber MKP-08106 Keris MKP-08107 Batik

Jumlah 22

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-08201 Metodologi Penelitian II 3 Teori 2. MKK-08110 Dramaturgi 3 Teori 3. MKK-08217 Komputer Desain II 3 Praktik 4. MKK-08118 Tata Laksana Proyek

& Teknik Presentasi 3 Teori

5. MKB-08205 Mebel II 3 Praktik 6. MKB-08306 Desain Interior III 4 Praktik 7. MKP MK. PILIHAN * 2 MKP-08101 Asesoris Interior * Wajib

mengambil minimal 1 mata kuliah dengan bobot 2 sks

MKP-08103 Elektronika MKP-08112 Fotografi MKP-08108 Kriya Kayu MKP-08109 Kriya Logam MKP-08110 Kriya Kulit MKP-08111 Kriya Keramik MKP-08105 Lukis Kaca Lukis Wayang Beber

Page 102: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 97

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VI

Semester VII

MKP-08104 Lukis Wayang Beber MKP-08106 Keris MKP-08107 Batik

Jumlah 21

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-08103 Kerja Profesi 4 Praktik 2. MPB-08102 Kewirausahaan 3 Teori 3. MKB-08103 Bimbingan Penulisan 3 Teori

Jumlah 10

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-08305 Mebel III 3 Praktik 2. MPB-08103 Etika Profesi dan HaKI 3 Teori 3. MBB-08104 KKN 4 Praktik 4. MKB-08406 Desain Interior IV 4 Praktik 5. MKB-08102 Seminar 3 Teori 6. MKK-08104 Tata Artistik 3 Praktik

Jumlah 20

Page 103: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)98

Institut Seni Indonesia Surakarta

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-08107 Tugas Akhir 6

Jumlah 6 TOTAL SKS 144

Semester VIII

Page 104: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 99

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Televisi dan Film

Semester I

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-09104 Pendidikan Pancasila 2 Teori 2. MPK-09105 Bahasa Inggris 2 Teori 3. MPK-09101 Pendidikan Agama 2 Teori 4. MPK-09102 Pendidikan

Kewarganegaraan 2 Teori

5. MPK-09103 Bahasa Indonesia 3 Teori 6. MKK-09102 Matravisual 3 Praktik 7. MKK-09103 Pengetahuan

Pertelevisian 3 Teori

8. MKK-09107 Dramaturgi 3 Teori 9. MKB-09102 Videografi I 3 Praktik

Jumlah 23

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-09105 Sejarah Media Televisi 3 Teori 2. MKK-09106 Tata Cahaya 3 Praktik 3. MPB-00101 Estetika Nusantara 3 Teori 4. MKK-09104 Manajemen Penyiaran

Televisi 3 Teori

5. MKB-09101 Penulisan Naskah Televisi I

3 Praktik

6. MKB-09202 Videografi II 3 Praktik

Page 105: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)100

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester IV

Semester III

7. MKB-09103 Penyuntingan Digital I 3 Praktik 8. MKB-09104 Penyutradaraan I 3 Praktik

Jumlah 24

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-09109 Desain Produksi

Program Televisi 3 Praktik

2. MKK-09110 Metode Penelitian 3 Teori 3. MKK-09108 Tata Suara 3 Praktik 4. MKB-09201 Penulisan Naskah

Televisi II 3 Praktik

5. MKB-09203 Penyuntingan Digital II 3 Praktik 6. MBB-09101 Antropologi Visual 3 Teori 7. MKB-09204 Penyutradaraan II 3 Praktik

Jumlah 21

No Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-09303 Penyuntingan Digital III 3 Praktik 2. MKB-09304 Penyutradaraan III 3 Praktik 3. MKK-09111 Tata Artistik 4 Praktik 4. MKK-09112 Riset Dokumenter 4 Praktik 5. MKB-09105 Bimbingan Penulisan

Karya Imiah 4 Teori

6. MKB-09106 Produksi Program Non Drama Televisi

4 Praktik

Jumlah 22

Page 106: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 101

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester V

Semester VI

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-09114 Kritik Televisi dan Film 3 Teori 2. MKK-09115 Jurnalistik Televisi dan

HaKI 3 Praktik

3. MKK-00102 Wawasan Budaya Nusantara

3 Teori

4. MKK-09113 Media dan Budaya 4 Teori 5. MKK-09116 Riset Kreatif 4 Praktik 6. MKB-09107 Produksi Program

Dokumenter Televisi 4 Praktik

Jumlah 21

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-09117 Studi Khalayak Televisi 3 Teori 2. MKK-09118 Seminar 3 Teori 3. MKB-09109 Animasi Digital 3 Praktik 4. MPB-09102 Kewirausahaan 3 Teori 5. MBB-09102 Semiotika Visual 3 Teori 6. MBB-09103 Kuliah Kerja Nyata 4 Praktik 7. MKB-09108 Produksi Program

Drama Televisi 4 Praktik

Jumlah 23

Page 107: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)102

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VII

Semester VIII

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-09104 Kuliah Kerja Profesi 4 Praktik

Jumlah 4

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-09110 Tugas Akhir 6 Skripsi/Karya

Jumlah 6

Page 108: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 103

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Fotografi

Semester I

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-11101 Sejarah Fotografi 3 Teori 2. MKK-11102 Matra Visual 4 Praktik 3. MKK-11103 Komputer Grafis 3 Praktik 4. MKK-11108 Wawasan Budaya

Nusantara 3 Teori

5. MPK-11103 Bahasa Indonesia 2 Teori 6. MKB-11101 Fotografi Dasar 4 Praktik

Jumlah 19

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-11105 Fotografi Arsitektur 4 Praktik 2. MPK-11102 Pendidikan

Kewarganegaraan 2 Teori

3. MKK-11105 Teori Komunikasi 3 Teori 4. MKK-11115 Komposisi 3 Praktik 5. MKB-11102 Fotografi Fesyen 4 Praktik 6. MPB-11103 Bahasa Inggris 3 Teori 7. MPK-11104 Pendidikan Pancasila 2 Teori

Jumlah 21

Page 109: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)104

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester III

Semester IV

Semester V

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKP-11101 Pendidikan Agama 2 Teori 2. MKK-11109 Estetika Nusantara 3 Teori 3. MKK-11112 Fotografi Desain 3 Praktik 4. MKK-11111 Digital Imaging 4 Praktik 5. MKK-11104 Motion Photography 4 Praktik 6. MKK-11107 Psikologi Persepsi 3 Teori

Jumlah 19

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-11111 Fotografi Feature 4 Praktik 2. MKK-11110 Kritik Fotografi 3 Teori 3. MKK-11113 Manajemen Seni 3 Teori

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-11105 Fotografi Still Life 4 Praktik 2. MBB-11101 Antropologi Seni 3 Teori 3. MKK-11106 Semiotika Visual 3 Teori 4. MKB-11104 Fotografi Pertunjukan 4 Praktik 5. MPB-11101 Etika Jurnalistik dan

HaKI 3 Teori

6. MKB-11110 Fotografi Jurnalistik 4 Teori Jumlah 21

Page 110: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 105

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VII

Semester VI

4. MKB-11112 Fotografi Komersial 4 Praktik 5. MKK-11114 Metode Penelitian I 3 Teori 6. MKB-11113 Etno Fotografi 3 Praktik

Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-11104 Kuliah Kerja Nyata 4 Praktik 2. MKB-11109 Fotografi Ekspresi 4 Praktik 3. MPB-11102 Kewirausahaan 3 Teori 4. MBB-11102 Sosiologi Seni 3 Teori 5. MKP-11101 Tata Artistik * 3 Praktik 6. MKB-11201 Metodologi Penelitian II

** Teori

7. MKK-11116 Seminar 3 Teori Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-11107 Fotografi Under Water 4 Praktik 2. MKP-11102 Periklanan * 3 Teori 3. MKP-11202 Folklore ** Teori 4. MKB-11108 Portofolio dan

Presentasi 3 Praktik

5. MKB-11106 Fotografi Virtual 4 Praktik 6. MBB-11103 Kerja Profesi 4 Praktik

Jumlah 18

Page 111: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)106

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VIII

Keterangan:* Mata kuliah pilihan dengan minat penciptaan (karya)** Mata kuliah pilihan dengan minat pengkajian (skripsi)

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-11114 Tugas Akhir 6 Skripsi/Karya

Jumlah 6

Page 112: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 107

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi S-1 Desain Komunikasi Visual

Semester I

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-11101 Bahasa Indonesia 2 Teori 2. MKK-11102 Sejarah Seni Rupa

dan Keb. Indonesia 2 Teori

3. MKK-11104 Teori Dasar DKV 3 Teori 4. MKK-11108 Fotografi Dasar 3 Praktik 5. MKK-11105 Menggambar Etnis 4 Praktik 6. MKK-11107 Dasar Matra Visual 4 Praktik

Jumlah 18

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-11101

Wawasan Budaya Nusantara

3 Teori

2. MPK-11105 Bahasa Inggris 3 Teori 3. MPK-11102 Pendidikan Agama 2 Teori 4. MPK-11104 Pendidikan Pancasila 2 Teori 5. MKK-11109 Fotografi Periklanan 4 Praktik 6. MKK-11106 Komputer Grafis 4 Praktik 7. MKK-11110 Reproduksi Grafika 4 Praktik

Jumlah 22

Page 113: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)108

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester III

Semester IV

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPB-11101 Estetika 3 Teori 2. MKB-11111 Metodologi Penelitian 3 Teori 3. MKK11113 Psikologi Komunikasi 3 Teori 4. MKB11104 Ilustrasi Terapan 4 Praktik 5. MKB-11106

Desain Piktogram dan Identitas Korporat

4 Praktik

6. MKB-11105 Tipografi Nusantara 4 Praktik Jumlah 21

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-11115 Tinjauan DKV 3 Teori 2. MPB-00101 Estetika Nusantara 3 Teori 3. MKB-11103 Perancangan Media 3 Teori 4. MKK-11114 Semiotika Komunikasi

Visual 3 Teori

5. MKB-11108 Animasi 4 Praktik 6. MKB-11107 Desain Grafis Periklanan 4 Praktik

Jumlah 20

Page 114: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 109

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester V

Semester VI

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-11103

Pendidikan Kewarganegaraan

2 Teori

2. MKK-11112

Manajemen dan Riset Periklanan

3 Teori

3. MKK-11116

Kapita Selekta Budaya Nusantara

3 Teori

4. MKK-11111 Videografi Iklan 4 Praktik 5. MKB-11110 Desain Web Periklanan 4 Praktik 6. MKB-11101 Desain Periklanan Cetak 4 Praktik

Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-11112 Metodologi Penelitian II *

4 Teori

MKB-11113 Metodologi DKV ** Praktik 2. MPB-11103 Kewirausahaan 3 Teori 3. MPB-11104

Etika Profesi dan HaKI Periklanan

3 Teori

4. MBB-11101 Sosiologi Desain 3 Teori 5. MKB-11102 Desain Periklanan TV 4 Praktik 6. MBB-11102 Kuliah Kerja Nyata 4 Praktik

Jumlah 21

Page 115: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)110

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VII

Semester VIII

Mata Kuliah Pilihan Wajib

Keterangan:* Mata Kuliah Tugas Akhir Jalur Skripsi** Mata Kuliah Tugas Akhir Jalur Karya*** Mata Kuliah Pilihan Wajib

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-11118 Kritik Periklanan *

4 Teori

MKB-11109 Animasi Periklanan ** Praktik 2. MKK-11117 Seminar DKV 3 Teori 3. MPB-11102 Portofolio 3 Teori 4. MBB-11103 Kerja Profesi 4 Praktik 5. MK Pilihan Wajib*** 3 Praktik

Jumlah 17

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-11114 Tugas Akhir 6 Skripsi/Karya

Jumlah 6 TOTAL SKS 144

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKP-11101 Visual Merchandising 3 Praktik 2. MKP-11102 Media dan Budaya 3 Praktik

Jumlah 6

Page 116: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 111

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi D-4 Batik

Semester I

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-12101 Pendidikan Agama 2 Teori 2. MPK-12105 Bahasa Inggris 3 Teori 3. MKK-12104 Sejarah Seni Rupa

Indonesia 3 Teori

4. MKK-12114 Nirmana 4 Praktik 5. MKK-12102 Gambar Model 3 Praktik 6. MKK-12103 Ornamen Nusantara 3 Praktik

Jumlah 18

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-12102 Pendidikan Pancasila 2 Teori 2. MPK-12104 Bahasa Indonesia 2 Teori 3. MKK-12105 Sejarah Batik 3 Teori 4. MKK-12106 Ilustrasi Fesyen 3 Praktik 5. MPB-00101 Estetika Nusantara 3 Teori 6. MKB-12101 Studio Desain & Batik

Dasar 5 Praktik

Jumlah 18

Page 117: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)112

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester III

Semester IV

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-12103 Pendidikan

Kewarganegaraan 2 Teori

2. MKK-12107 Rias Busana 3 Praktik 3. MKK-12108 Peng. Desain Busana 3 Teori 4. MKB-12102 Fesyen Dasar 3 Praktik 5. MKB-12103 Teknik Jahit Dasar 3 Praktik 6. MKK-12109 Teknologi Tekstil 3 Teori 7. MKB-12104 Studio Desain & Batik

Tulis 5 Praktik

Jumlah 22

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-12110 Komputer Desain 3 Praktik 2. MKB-12105 Struktural Desain 3 Praktik 3. MKB-12106 Fesyen Industri 3 Praktik 4. MKB-12107 Teknik Jahit Lanjut 3 Praktik 5. MPB-12103 Etika Profesi dan HaKI 3 Teori 6. MKB-12108 Studio Desain & Batik

Cap 5 Praktik

7. MKK-00102 Wawasan Budaya Nusantara

3 Teori

Jumlah 23

Page 118: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 113

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester V

Semester VI

Semester VII

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-12109 Metode Penciptaan 3 Teori 2. MKK-12111 Industri Kreatif 3 Praktik 3. MPB-12102 Kewirausahaan 3 Teori 4. MKB-12110 Fesyen Adi Busana 3 Praktik 5. MKK-12112 Budaya Konsumen 3 Teori 6. MKB-12111 Studio Batik Lukis 5 Praktik

Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-12113 Modeling 3 Praktik 2. MKB-12112 Eksperimen Kreatif 3 Praktik 3. MPB -12104 Teknik Presentasi 3 Teori 4. MBB-12102 KKN 4 Praktik 5. MK Pilihan I * 2 6. MKB-12113 Studio Eksplorasi Batik 5 Praktik

Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-12101 Kerja Profesi 4 Praktik 2. MKB-12114 Bimbingan Penulisan 4 Teori 3. MKK-12115 Studi Pasar 3 Teori 4. MBB-12103 Manajemen Pameran 3 Teori

Page 119: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)114

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VIII

Mata Kuliah Pilihan

5. MK Pilihan II * 2 6. MKB-12115 Kuratorial 3 Teori

Jumlah 19

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-12116 Tugas Akhir 6 Karya

Jumlah 6

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKP-12101 Tata Artistik dan

Cahaya 2 Praktik

2. MKP-12102 Jewellery 2 Praktik 3. MKP-12103 Koreografi 2 Praktik 4. MKP-12104 Fotografi Desain 2 Praktik

Page 120: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 115

Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi D-4Keris dan Senjata Tradisional

Semester I

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-13101 Pendidikan Agama 2 Teori 2. MPK-13105 Bahasa Inggris 3 Teori 3. MKK-13102 Ornamen I 3 Praktik 4. MKK-13104 Nirmana I 3 Praktik 5. MKK-13105 Ilmu dan Teknologi

Bahan 3 Teori

6. MKK-13107 Tinjauan Kriya 3 Teori 7. MKK-13113 Museologi 3 Teori

Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-13102 Menggambar Bentuk 3 Praktik 2. MPK-13102 Bahasa Indonesia 2 Teori 3. MKK-13202 Ornamen II 3 Praktik 4. MKK-13204 Nirmana II 3 Praktik 5. MKK-13106 Tangguh Keris 3 Teori 6. MPK-13104 Pend. Kewarganegaraan 2 Teori 7. MKB-13101 Studio Keris I 4 Praktik

Jumlah 20

Page 121: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)116

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester III

Semester IV

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MPK-13103 Pendidikan Pancasila 2 Teori 2. MPK-13106 Ilmu Alamiah Dasar 3 Teori 3. MKB-13104 Desain Grafis 3 Praktik 4. MKK-13108 Kapita Selekta Senjata

Tradisional Indonesia 3 Teori

5. MKK-00102 Wawasan Budaya Nusantara

3 Teori

6. MKB-13103 Warangka dan Hulu Keris

4 Praktik

7. MKB-13201 Studio Keris II 4 Praktik Jumlah 22

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-13106 Pendok Keris 3 Praktik 2. MKP-13101 Fotografi 2 MK. Pilihan/

Praktik 3. MPB-13103 Kritik Seni 3 Teori 4. MKK-13109 Kapita Selekta Senjata

Tradisional Dunia 3 Teori

5. MPB-13104 Manajemen Seni 3 Teori 6. MPB-13102 Etika Profesi dan HaKI 3 Teori 7. MKB-13301 Studio Keris III 4 Praktik

Jumlah 21

Page 122: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 117

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester V

Semester VI

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-13110 Metode Penelitian Seni 3 Teori 2. MPB-13106 Kewirausahaan 3 Teori 3. MPB-00101 Estetika Nusantara 3 Teori 4. MKB-13105 Dokumentasi dan

Multimedia 3 Praktik

5. MKP-13105 Aksesori dan Busana 2 MK. Pilihan/ Teori

6. MKK-13112 Seminar 3 Teori 7. MKB-13401 Studio Keris IV 4 Praktik

Jumlah 21

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKK-13111 Metode Penciptaan Seni 3 Teori 2. MKB-13108 Konservasi Keris 3 Teori 3. MKK-13103 Filsafat Jawa 3 Teori 4. MBB-13101 Kerja Profesi 4 Praktik 5. MKP-13103 Desain Mebel 3 MK. Pilihan/

Praktik 6. MKB-13501 Studio Keris V 4 Praktik

Jumlah 20

Page 123: Buku Panduan Akademik 2015

Program Diploma IV (D-4) dan Sarjana (S-1)118

Institut Seni Indonesia Surakarta

Semester VIII

Semester VII

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MBB-13102 KKN 4 Praktik 2. MKP-13102 Visual Merchandising 3 MK. Pilihan/

Teori 3. MKP-13104 Wayang Beber 3 MK. Pilihan/

Praktik 4. MKB-13107 Eksperimen Kreatif/

Aplikasi Pamor 3 Praktik

5. MPB-13105 Kuratorial 3 Teori 6. MKB-13601 Studio Keris VI 4 Praktik

Jumlah 20

No. Kode Mata Kuliah SKS Ket 1. MKB-13109 Tugas Akhir 6 Karya

Jumlah 6

Page 124: Buku Panduan Akademik 2015

Panduan Akademik 2015/2016 119

Institut Seni Indonesia Surakarta

Lampiran