buku kurikulum 2009

46
KATA PENGANTAR Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pimpinan Jurusan Teknik Elektro dan Ketua prodi Teknik Elektro S1 serta dosen-dosen Program Studi Teknik Elektro S1 dalam membantu menyelesaikan bahan- bahan yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan buku ini. Kurikulum Program Studi Teknik Elektro S1 ini berdasarkan dari SK Rektor UR No.454/H19/AK/2009. Dalam rangka meningkatkan kwalitas pendidikan di Universitas Riau, maka perlu adanya pemutakhiran kurikulum berkelanjutan pada kelas dan laboratorium. Untuk mendukung pemutakhiran kurikulum ini, pada setiap program studi yang ada di Universitas Riau (UR). Salah satu cara untuk mewujudkan ini adalah melengkapi kurikulum dan silabus untuk setiap program studi. Dalam buku ini tercantum sebaran mata kuliah prodi S1 Teknik Elektro per semester dan silabus mata kuliah setiap mata kuliah. Akhirnya kami berharap Buku ini dapat diterima dan bermanfaat sebagai panduan kita dalam menjalankan proses belajar mengajar bagi mahasiswa kita. Pekanbaru, November 2009 Penyusun, Azriyenni,ST,M.Eng Anhar,ST,MT Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 1

Upload: awal9311

Post on 29-Dec-2015

63 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Buku Kurikulum 2009

KATA PENGANTAR

Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pimpinan Jurusan Teknik

Elektro dan Ketua prodi Teknik Elektro S1 serta dosen-dosen Program Studi

Teknik Elektro S1 dalam membantu menyelesaikan bahan-bahan yang sangat

dibutuhkan dalam pembuatan buku ini. Kurikulum Program Studi Teknik Elektro

S1 ini berdasarkan dari SK Rektor UR No.454/H19/AK/2009.

Dalam rangka meningkatkan kwalitas pendidikan di Universitas Riau,

maka perlu adanya pemutakhiran kurikulum berkelanjutan pada kelas dan

laboratorium. Untuk mendukung pemutakhiran kurikulum ini, pada setiap

program studi yang ada di Universitas Riau (UR). Salah satu cara untuk

mewujudkan ini adalah melengkapi kurikulum dan silabus untuk setiap program

studi. Dalam buku ini tercantum sebaran mata kuliah prodi S1 Teknik Elektro per

semester dan silabus mata kuliah setiap mata kuliah.

Akhirnya kami berharap Buku ini dapat diterima dan bermanfaat sebagai

panduan kita dalam menjalankan proses belajar mengajar bagi mahasiswa kita.

Pekanbaru, November 2009

Penyusun,Azriyenni,ST,M.EngAnhar,ST,MTAmir Hamzah,ST,MTEry Safrianti,ST,MT

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 1

Page 2: Buku Kurikulum 2009

1 Latar BelakangKurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi. Kurikulum merupakan suatu pembimbing agar proses belajar-mengajar mendapatkan standar kopetensi lulusan seperti yang diharapkan.

Program Studi S1 Teknik Elektro didirikan pada tahun 2008. Pengaturan dan rencana proses pembelajaran dituangkan dalam kurikulum Program Studi S1 Teknik Elektro 2008. Karena kurikulum merupakan dasar acuan yang dapat menentukan keberhasilan lulusan maka perlu dilakukan evaluasi.

Kurukulum 2008 ini menimbulkan permasalahan yang cukup beragam. Permasalahan yang pertama adalah kurikulum tidak disusun berdasarkan proses pembentukan suatu kurikulum dan adanya standar kopetensi seperti yang diamanatkan pada Undang Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232 tahun 2000 dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 045 tahun 2002.

Permasalahan yang kedua adalah peletakan beberapa Mata Kuliah yang tidak mempertimbangkan prasyarat dalam mengambil Mata Kuliah tersebut. Sebagai contoh, Mata Kuliah TES 1108 Pengukuran Listrik diberikan pada semester 1, sedangkan mahasiswa tersebut belum mengambil Mata Kuliah prasyaratnya. Sehingga terjadi kerumitan sewaktu memberikan perkuliahan. Contoh lain adalah Mata Kuliah Kalkulus II dan Matematika Teknik I diberikan pada semester yang sama, padahal prasyarat untuk mengambil Matematika Teknik I adalah Lulus Mata Kuliah Kalkulus II.

Permasalahan lain adalah tidak adanya beberapa Mata Kuliah yang merupakan muatan lokal yang diharuskan oleh Universitas untuk diberikan pada Program Sarjana, seperti Mata Kuliah UXN 4203 Kuliah Kerja Nyata. Jumlah SKS yang dibebankan untuk Mata Kuliah ini sebesar 4 SKS cukup besar, sehingga perlu perbaikan dalam Kurikulum 2008 yang dapat berakibat dikuranginya SKS beberapa Mata Kuliah lain atau bahkan penghapusan Mata Kuliah tersebut.

Walaupun pada dasarnya perubahan Kurikulum dapat dilakukan satu kali dalam lima tahun, namun mengingat kompleksnya permasalahan tersebut, maka dipandang perlu untuk melakukan perubahan Kurikulum 2008 agar proses belajar-mengajar menjadi lebih efektif dan efisien sehingga profil lulusan S1 Teknik Elektro Universitas Riau dapat tercapai.

2 Metode Penyusunan Kurikulum 2009Untuk dapat menyusun kurikulum sesuai dengan amanat yang ditetapkan Undang-undang, ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh tim. Tahapan-tahapan tersebut adalah :

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 2

Page 3: Buku Kurikulum 2009

1. Menentukan Profil Lulusan S1 Teknik Elektro.Profil lulusan adalah suatu deskripsi singkat yang menggambarkan tentang peran lulusan suatu program studi misalnya sebagai manajer, designer, food technologist, food engineer, akuntan, dsb.

2. Menentukan Standar Kopetensi Lulusan Program Studi S1 Teknik Elektro.Standar Kopetensi Lulusan harus dirancang berdasarkan visi keilmuan dan permintaan pengguna. Program Studi menjaring masukan dari stakeholder internal (dosen, karyawan dan mahasiswa) dan eksternal (masyarakat, industri, pemerintah dan asosiasi profesi) melalui serangkaian lokakarya, seminar, tracer study dan evaluasi diri. Pada saat penyusunan kurikulum 2009 Program S1 Teknik Elektro ini, Tim tidak melakukan penjaringan masukan dari stakeholder internal dan eksternal mengingat keterbatan sumber dana dan alokasi waktu yang dimiliki.Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang Standar Kopetensi Lulusan, yaitu :

a. Standar Kopetensi Lulusan merupakan kopetensi untuk seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran dan mata kuliah atau kelompok mata kuliah.

b. Kopetensi lulusan untuk mata pelajaran bahasa menekankan pada kemampuan membaca dan menulis yang sesuai dengan jenjang pendidikan.

c. Standar Kopetensi Lulusan bukan saja merupakan kopetensi mata pelajaran yang telah dirancang oleh program studi belaka tetapi juga mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan (soft skill).

d. Standar Kopetensi Lulusan perguruan tinggi ditentukan oleh perguruan tinggi masing-masing.

e. Dalam merancang Standar Kopetensi Lulusan, Tim merujuk kepada Standar Kopetensi Lulusan Program Studi S1 Teknik Elektro yang berlaku secara nasional.

3. Menentukan Distribusi Mata Kuliah berdasarkan Standar Kopetensi tersebut. Mata Kuliah yang muncul pada Kurikulum 2009 berdasarkan kepada Standar Kopetensi Lulusan yang diberikan. Bila suatu mata kuliah tidak ada dalam Standar Kopetensinya, Tim dapat meniadakan mata kuliah tersebut.

4. Membuat jejaring Mata Kuliah yang menggambarkan Keterkaitan antara Mata Kuliah yang satu dengan Mata Kuliah yang lain.

5. Menentukan prosedur yang digunakan untuk peralihan Kurikulum 2008 menuju Kurikulum 2009.

Metode penyusunan kurikulum 2009 yang dilakukan oleh Tim masih terdapat banyak kekurangan. Perbaikan yang diharapkan dapat dilakukan adalah :

1. Perlunya penjaringan masukan dari stakeholder internal dan eksternal2. Perlunya melakukan benchmarking ke program studi S1 Teknik Elektro

yang lain namun tetap memperhatikan visi dan misi program studi.3. Perlunya review dari market yang memiliki kepentingan terhadap program

studi ini.

3 Profil Lulusan S1 Teknik ElektroProfil lulusan Program Studi S1 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau adalah :

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 3

Page 4: Buku Kurikulum 2009

“Menghasilkan seorang engineer yang ahli di bidang Teknik Tenaga Listrik dan Telekomunikasi, memiliki kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris yang baik serta dapat bekerja sama dalam sebuah tim.”

4 Standar Kopetensi Lulusan S1 Teknik ElektroStandar Kopetensi Lulusan S1 Teknik Elektro, sesuai dengan SK. Mendiknas No. 045/U/2002, terbagi menjadi :

a. Kopetensi utamab. Kopetensi pendukungc. Kopetensi lainnya

Kopetensi Utama merupakan kemampuan untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan sesuai dengan penciri program studi, ditetapkan oleh kalangan Perguruan Tinggi, masyarakat profesi dan pengguna lulusan. Kopetensi pendukung adalah kemampuan yang gayut dan dapat mendukung kopetensi utama serta merupakan ciri khas Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Sedangkan kopetensi lainnya adalah kemampuan yang ditambahkan yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup, dan ditetapkan berdasarkan keadaan serta kebutuhan lingkungan PT. Kopetensi Pendukung dan Kopetensi lainnya ditetapkan oleh Institusi penyelenggara program studi.

Standar Kopetensi Lulusan juga harus mencerminkan elemen kopetensi yang dipersyaratkan agar seperangkat standar tersebut memiliki dasar kemampuan. Elemen kopetensi tersebut yaitu :

a. Landasan kepribadian,b. Penguasaan ilmu dan keterampilan,c. Kemampuan berkarya,d. Sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkane. ilmu dan keterampilan yang dikuasai, sertaf. Pemahaman kaidah kehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan

keahlian dalam berkarya.

Tabel berikut memperlihatkan korelasi antara Elemen kopetensi dan Jenis Kopetensi serta distribusi presentasinya yang diatur pada SK. Mendikans No. 045/U/2002.

Untuk Program Studi Teknik Elektro S1 Universitas Riau, Standar Kopetensinya dapat dilihat pada tabel berikut. Program Studi ini memiliki konsentrasi Teknik Tenaga Listrik dan Teknik Telekomunikasi, yang kopetensinya dapat dijabarkan dalam kopetensi pendukungnya.

5 Kurikulum 2009 Program Studi S1 Teknik Elektro

SEMESTER 1 SEMESTER 2

No. KODE MK MATA KULIAH SKS No. KODE MK MATA KULIAH SKS

1 UXN 1101 AGAMA 2 1 TES 1202 FISIKA II 3

2 UXN 1102 PANCASILA 2 2 TES 1203 KALKULUS II 3

3 UXN 1103 BAHASA INGGRIS 2 3 TES 1204 BAHAN-BAHAN LISTRIK 2

4 UXN 1201 KEWARGANEGARAAN 2 4 TES 1205 RANGKAIAN LISTRIK I 2

5 TES 1104 FISIKA I 3 5 TES 1206 MANAJEMEN DAN EKONOMI TEKNIK 2

6 TES 1105 KALKULUS I 3 6 TES 1207 DASAR TELEKOMUNIKASI 2

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 4

Page 5: Buku Kurikulum 2009

7 TES 1106 DASAR TEKNIK ELEKTRO 3 7 TES 1208 DASAR ELEKTRONIKA 3

8 TES 1107 DASAR KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN 3 8 TES 1209 PRAK. DASAR ELEKTRONIKA 1

9 TES 1108 PRAK. DASAR KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN 1 9 TES 1210 PRAK. DASAR TELEKOMUNIKASI 1

21 19

SEMESTER 3 SEMESTER 4

No. KODE MK MATA KULIAH SKS No. KODE MK MATA KULIAH SKS

1 TES 2101 MATEMATIKA TEKNIK I 3 1 TES 2201 MATEMATIKA TEKNIK II 3

2 TES 2102 RANGKAIAN LISTRIK II 3 2 TES 2202 METODE PENELITIAN 2

3 TES 2103 PROBABILITAS DAN STATISTIK 3 3 TES 2203 MEDAN ELEKTROMAGENTIK 3

4 TES 2104 PENGUKURAN LISTRIK 3 4 TES 2204 SISTEM LINIER 3

5 TES 2105 SISTEM DAN RANGKAIAN DIGITAL 3 5 TES 2205 METODE NUMERIK 3

6 TES 2106 PRAK. RANGKAIAN LISTRIK 1 6 TES 2206 MIKROPROSESSOR 2

7 TES 2107 PRAK. PENGUKURAN LISTRIK 1 7 TES 2207 DASAR SISTEM KENDALI 3

8 TES 2108 PRAK. SISTEM DAN RANGK DIGITAL 1 8 TES 2208 PRAK. MIKROPROSESOR 1

9 TES 2209 PRAK. DASAR SISTEM KENDALI 1

18 21

KONSENTRASI TEKNIK KETENAGALISTRIKAN

SEMESTER 5 SEMESTER 6

NO. KODE MK MATA KULIAH SKS NO. KODE MK MATA KULIAH SKS

1 TES 3101 MESIN LISTRIK I 3 1 TES 3201 SISTEM DISTRIBUSI 2

2 TES 3102 TRANSMISI TENAGA LISTRIK 2 2 TES 3202 MESIN LISTRIK II 3

3 TES 3103 THERMODINAMIKA 2 3 TES 3203 PEMBANGKIT NON KONVENSIONAL 2

4 TES 3104 ANALISA SISTEM TENAGA 3 4 TES 3204 TEKNIK TEGANGAN TINGGI 3

5 TES 3105 TEKNIK INSTALASI LISTRIK 2 5 TES 3205 PRAK. TEKNIK TEGANGAN TINGGI 1

6 TES 3106 PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK 3 6 TES 3206 PRAK. MESIN LISTRIK 1

7 TES 3107 GEJALA MEDAN TINGGI 2 7 MK. PILIHAN I 2

8 TES 3108 ELEKTRONIKA DAYA 2 8 MK. PILIHAN II 2

9 TES 3109 PRAK. ELEKTRONIKA DAYA 1

20 16

SEMESTER 7 SEMESTER 8

NO. KODE MK MATA KULIAH SKS NO. KODE MK MATA KULIAH SKS

1 TES 4101 PROTEKSI SISTEM TENAGA LISTRIK 3 1 TES 4201 INDUSTRI DAN KEWIRAUSAHAAN 2

2 TES 4102 KENDALI MESIN LISTRIK 3 2 TES 4202 MANAJEMEN LINGKUNGAN 2

3 TES 4103 PERANCANGAN MESIN LISTRIK 2 3 UXN 4203 KULIAH KERJA NYATA 4

4 TES 4104 PEMBUMIAN SISTEM TENAGA LIST. 2 4 TES 4204 KERJA PRAKTEK 2

5 TES 4105 PRAK. PROTEKSI SISTEM TENAGA LISTRIK 1 5 TES 0001 SEMINAR 1

6 MK. PILIHAN III 2 6 TES 4206 SKRIPSI 3

7 MK. PILIHAN IV 2

15 14

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 5

Page 6: Buku Kurikulum 2009

KONSENTRASI TEKNIK TELEKOMUNIKASI

SEMESTER 5 SEMESTER 6

NO. KODE MK MATA KULIAH SKS NO. KODE MK MATA KULIAH SKS

1 TES 3110 ELEKTRONIKA ANALOG 3 1 TES 3211 KOMUNIKASI DATA 2

2 TES 3111 REGULASI DAN STANDAR TELEKOMUNIKASI 2 2 TES 3212 SISTEM KOMUNIKASI II 3

3 TES 3112 SISTEM KOMUNIKASI I 3 3 TES 3213 ELEKTRONIKA KOMUNIKASI 3

4 TES 3113 JARINGAN TELEKOMUNIKASI 3 4 TES 3214 ANTENA DAN PROPAGASI 3

5 TES 3114 REKAYASA TRAFIK 3 5 TES 3215 PRAK. SISTEM KOMUNIKASI II 1

6 TES 3115 PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL 3 6 TES 3216 PRAK. ANTENA DAN PROPAGASI 1

7 TES 3116 PRAK. SISTEM KOMUNIKASI I 1 7 TES 3217 PRAK. ELEKTRONIKA KOMUNIKASI 1

8 TES 3117 PRAK. JARINGAN TELEKOMUNIKASI 1 8 MK. PILIHAN I 2

9 MK. PILIHAN II 2

19 18

SEMESTER 7 SEMESTER 8

NO. KODE MK MATA KULIAH SKS NO. KODE MK MATA KULIAH SKS

1 TES 4110 SISTEM TRANSMISI 2 1 TES 4201 INDUSTRI DAN KEWIRAUSAHAAN 2

2 TES 4111 SISTEM KOMUNIKASI OPTIK 2 2 TES 4202 MANAJEMEN LINGKUNGAN 2

3 TES 4112 SISTEM KOMUNIKASI BERGERAK 2 3 UXN 4203 KULIAH KERJA NYATA 4

4 TES 4113 SALURAN TRANSMISI DAN GELOMBANG MIKRO 3 4 TES 4204 KERJA PRAKTEK 2

5 TES 4114PRAK. SALURAN TRANSMISI DAN GELOMBANG MIKRO 1 5 TES 0001 SEMINAR 1

6 MK. PILIHAN III 2 6 TES 4206 SKRIPSI 3

7 MK. PILIHAN IV 2

14 14

MK PILIHAN TEKNIK TENAGA LISTRIK   MK PILIHAN TEKNIK TELEKOMUNIKASI  NO KODE MK MATA KULIAH SKS

NO KODE MK MATA KULIAH SKS

1 TES 3207PERANCANGAN SISTEM TENAGA LISTRIK 2 1 TES 3218

SISTEM KOMUNIKASI SATELIT 2

2 TES 3208TRAKSI DAN SISTEM TRANSPORTASI LIST. 2 2 TES 3219 KAPITA SELEKTA 2

3 TES 3209 PROTEKSI TEGANGAN LEBIH 2 3 TES 3220TEKNIK JARINGAN PITA LEBAR 2

4 TES 3210 ELEKTRONIKA DAYA LANJUT 2 4 TES 3221 TEKNIK JARINGAN AKSES 2

5 TES 4106 PLTMH 2 5 TES 4156PENGKODEAN CITRA DAN VIDEO 2

6 TES 4107PENGGUNAAN KOMPUTER DLM SISTEM TENAGA 2 6 TES 4157 JARINGAN KOMPUTER 2

7 TES 4108OPERASI DAN KENDALI SISTEM TENAGA 2 7 TES 4158

TEKNIK INFORMASI DAN PENGKODEAN 2

8 TES 4109 PENGGERAK LISTRIK 2 8 TES 4159 ANTENA LANJUT 2

9 TES 4110 KWALITAS DAYA LISTRIK 2        

      18       16

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 6

Page 7: Buku Kurikulum 2009

6 Peralihan Kurikulum 2008 Menuju Kurikulum 2009

KURIKULUM 2009 KURIKULUM 2008

NO MATA KULIAHKode Mata

Kuliah

SKS MATA KULIAH

Kode Mata

Kuliah

SKS

1 AGAMA UXN 1101

2 PANCASILA UXN1102

3 BAHASA INGGRIS UXN1103

4 FISIKA I TES 1104

3 FISIKA I TES 1101

3

5 KALKULUS I TES 1105

3 KALKULUS I TES 1102

3

6 DASAR TEKNIK ELEKTRO TES 1106

3 DASAR TEKNIK ELEKTRO TES 1104

2

7DASAR KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN

TES 1107 3

DASAR KOMPUTER TES 1105

2

DASAR PEMOGRMAN TES 1203

2

8 PRAKT DASAR KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN

TES 1108

1 PRAKT PEMOGRAMAN TES 1207

1

9 DASAR SISTEM INFORMASI TES 1106

2

10 GAMBAR TEKNIK TES 1103

2

11 KEWARGANEGARAAN UXN 1101

2 KEWIRAAN UXN 1006

2

12 FISIKA II UXN1102

3 FISIKA II TES 1201

3

13 KALKULUS II UXN1103

3 KALKULUS II TES 1202

3

14 BAHAN-BAHAN LISTRIK TES 1104

2 BAHAN-BAHAN LISTRIK TES 3101

2

15 RANGKAIAN LISTRIK I TES 1105

2 RANGKAIAN LISTRIK I TES 1204

3

16 MANAJEMEN DAN EKONOMI TEKNIK

TES 1106

3 MANAJEMEN DAN EKONOMI TEKNIK

TES 2206

2

17 DASAR ELEKTRONIKA TES 1107

3 DASAR ELEKTRONIKA TES 1206

3

18 PRAKT DASAR ELEKTRONIKA TES 1108

1 PRAKT DASAR ELEKTRONIKA TES 1208

1

19 MATEMATIKA TEKNIK I TES 2101

3 MATEMATIKA TEKNIK I TES 1205

2

20 RANGKAIAN LISTRIK II TES 2102

2 RANGKAIAN LISTRIK II TES 1202

3

21 STATISTIK DAN PROBABILITAS

TES 2103

3 PROBABILITAS DAN STATISTIK

TES 2107

2

22 PENGUKURAN LISTRIK TES 2104

3 PENGUKURAN LISTRIK TES 1107

2

23 SISTEM DAN RANGKAIAN DIGITAL

TES 2105

3 SISTEM DIGITAL TES 2105

2

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 7

Page 8: Buku Kurikulum 2009

24 DASAR TELEKOMUNIKASI TES 2106

2 DASAR TELEKOMUNIKASI TES 2205

2

25 PRAKT RANGKAIAN LISTRIK TES 2107

1 PRAKT RANGKAIAN LISTRIK TES 2108

1

26 PRAKT PENGUKURAN LISTRIK TES 2108

1 PRAKT PENGUKURAN LISTRIK

TES 1108

1

27 PRAKT SISTEM DAN RANGKAIAN DIGITAL

TES 2109

1 PRAKT SISTEM DIGITAL TES 2111

1

28 DASAR TENAGA LISTRIK TES 2103

2

29 RANGKAIAN ELEKTRONIKA TES 2104

2

30 DASAR SISTEM ENERGI TES 2106

2

31 PRAKT RANGKAIAN ELEKTRONIKA

TES 2110

1

32 PRAKT DASAR TENAGA LISTRIK

TES 2109

1

33 PRAKT DASAR TELEKOMUNIKASI

TES 2110

1 PRAKT DASAR TELEKOMUNIKASI

TES 2209

1

34 MATEMATIKA TEKNIK II TES 2201

3 MATEMATIKA TEKNIK II TES 2101

2

35 METODE PENELITIAN TES 2202

2 METODOLOGI PENELITIAN TES 3202

2

36 MEDAN ELEKTROMAGNETIK TES 2203

3 MEDAN ELEKTROMAGNETIK TES 2201

3

37 SISTEM LINIER TES 2204

3 SINYAL DAN SISTEM LINIER TES 2202

3

38 METODE NUMERIK TES 2205

2

39 MIKROPROSESSOR TES2206

2 MIKROPROSESSOR TES 2204

3

40 DASAR SISTEM KENDALI TES 2207

3 DASAR SISTEM KENDALI TES 2203

3

41 PRAKT MIKROPROSESSOR TES2208

1 PRAKT MIKROPROSESSOR TES 2208

1

42 PRAKT DASAR SISTEM KENDALI

TES2209

1 PRAKT DASAR SISTEM KENDALI

TES 2207

1

43 MESIN LISTRIK I TES 3101

3 MESIN LISTRIK I TES 3102

2

44 TRANSMISI TENAGA LISTRIK TES 3102

2 TRANSMISI DAYA LISTRIK TES 3104

2

45 THERMODINAMIKA TES 3103

2 THERMODINAMIKA TES 3106

2

46 ANALISA SISTEM TENAGA TES 3104

3 ANALISA SISTEM TENAGA TES 3107

3

47 TEKNIK INSTALASI LISTRIK TES 3105

2 TEKNIK INSTALASI LISTRIK TES 3205

2

48 GEJALA MEDAN TINGGI TES 3107

2 GEJALA MEDAN TINGGI TES 3105

2

49 ELEKTRONIKA DAYA TES 3108

1 ELEKTRONIKA DAYA TES 3103

2

50 PRAKT ELEKTRONIKA DAYA TES 3109

2 PRAKT ELEKTRONIKA DAYA TES 3108

1

51 SISTEM DISTRIBUSI TES 3201

2 DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK TES 3203

2

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 8

Page 9: Buku Kurikulum 2009

52 MESIN LISTRIK II TES 3202

3 MESIN LISTRIK II TES 3204

2

53 PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK TES 3203

2 PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK

TES 3207

2

54 TEKNIK TEGANGAN TINGGI TES3204

3 TEKNIK TEGANGAN TINGGI TES 4102

2

55 PRAKT TEGANGAN TINGGI TES 3205

1 PRAKT TEGANGAN TINGGI TES 4107

1

56 PRAKT MESIN LISTRIK TES3206

1 PRAKT MESIN LISTRIK TES 3208

1

57 PROTEKSI SISTEM TENAGA LISTRIK

TES 4101

3 PROTEKSI SISTEM TENAGA TES 4101

2

58 KENDALI MESIN LISTRIK TES 4102

3 PENGATURAN MESIN LISTRIK TES 3206

2

59 PERANCANGAN MESIN LISTRIK

TES 4103

2 PERENCANAAN MESIN LISTRIK

TES 4105

2

60 PEMBUMIAN SISTEM TENAGA LISTRIK

TES 4104

2 PEMBUMIAN SISTEM TENAGA TES 4106

2

61 PRAKT PROTEKSI TENAGA LISTRIK

TES 4105

1 PRAKT PROTEKSI SISTEM TENAGA

TES 4108

1

62 ELEKTRONIKA ANALOG TES 3110

3 ELEKTRONIKA LANJUT TES 3109

2

63 REGULASI DAN STANDAR TELEKOMUNIKASI

TES 3111

2

64 SISTEM KOMUNIKASI 1 TES 3112

3 SISTEM KOMUNIKASI 1 TES 3111

3

65 JARINGAN TELEKOMUNIKASITES

3113 3JARINGAN TELEKOMUNIKASI TES

31133

TEKNIK PENYAMBUNGAN TES 3112

3

66 REKAYASA TRAFIK TES 3114

3 REKAYASA TRAFIK TES 3211

3

67 PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL

TES 3115

3 PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL

TES 4112

3

68 PRAK SISTEM KOMUNIKASI 1 TES 3116

1 PRAK SISTEM KOMUNIKASI 1 TES 3115

1

69 PRAK JARINGAN TELEKOMUNIKASI

TES 3117

1

70 KOMUNIKASI DATA TES 3211

2 JARINGAN KOMUNIKASI DAN KOMPUTER

TES 4118

2

71 SISTEM KOMUNIKASI II TES 3212

3 SISTEM KOMUNIKASI II TES 3209

3

72 ELEKTRONIKA KOMUNIKASI TES 3213

3 ELEKTRONIKA TELEKOMUNIKASI

TES 3210

2

73 ANTENA DAN PROPAGASI TES 3214

3 ANTENA DAN PROPAGASI TES 3212

3

74 PRAK SISTEM KOMUNIKASI II TES 3215

1 PRAK SISTEM KOMUNIKASI II TES 3213

1

75 PRAK ANTENA DAN PROPAGASI

TES 3216

1 PRAK ANTENA DAN PROPAGASI

TES 3215

1

76 PRAK ELEKTRONIKA KOMUNIKASI

TES 3217

1 PRAK ELEKTRONIKA TELEKOMUNIKASI

TES 3214

1

77 SISTEM TRANSMISI TES 4110

2 SISTEM TRANSMISI TES 4113

3

78 SISTEM KOMUNIKASI OPTIK TES 4111

2 SISTEM KOMUNIKASI OPTIK TES 4114

2

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 9

Page 10: Buku Kurikulum 2009

79 SISTEM KOMUNIKASI BERGERAK

TES 4112

2 SISTEM KOMUNIKASI BERGERAK

TES 4115

2

80 SALURAN TRANSMISI DAN GELOMBANG MIKRO

TES 4113

3 SALURAN TRANSMISI TES 3110

2

81 PRAK SALURAN TRANSMISI DAN GEL MIKRO

TES 4114

1 PRAK SALURAN TRANSMISI DAN GEL MIKRO

TES 3114

1

82 PERANCANGAN SISTEM TENAGA LISTRIK

TES 3207

2 TES

83 TRAKSI DAN SISTEM TRANSPORTASI LISTRIK

TES3208

2 TRAKSI LISTRIK TES 4111

2

84 PEMBANGKIT NON KONVENSIONAL

TES3209

2 PEMBANGKIT NON KONVENSIONAL

TES 4201

2

85 ELEKTRONIKA DAYA LANJUT TES 3210

2 TES

86 PLTMH TES 4106

2 TES

87 PENGGUNAAN KOMP DALAM SISTEM TENAGA

TES 4107

2 PENGGUNAAN KOMP DALAM SISTEM TENAGA

TES 4202

2

88OPERASI DAN KENDALI SISTEM TENAGA

TES 4108 2

STABILITAS DAN KEANDALAN SISTEM TENAGA

TES 4110 2

89 PENGGERAK LISTRIK TES 4109

2

90 SISTEM KOMUNIKASI SATELIT TES 3218

2 SISTEM KOMUNIKASI SATELIT

TES 2

91 KAPITA SELEKTA TES 3219

2 TEKNIK GEL MIKRO TES 2

92 TEKNIK JARINGAN PITA LEBAR

TES 3220

2

93 TEKNIK JARINGAN AKSES TES 3221

2 TEKNIK AKSES JAMAK TES 2

94 PENGKODEAN CITRA DAN VIDEO

TES 4156

2 PENGKODEAN CITRA DAN VIDEO

TES 2

95 JARINGAN KOMPUTER TES 4157

2 JARINGAN KOMPUTER TES 2

96 TEKNIK INFORMASI DAN PENGKODEAN

TES 4158

2 JARINGAN DIGITAL PELAYANAN TERPADU

TES 2

97 ANTENA LANJUT TES 4159

2 RADAR DAN NAVIGASI TES 2

S I L A B U SPROGRAM STUDI STRATA 1 TEKNIK ELEKTRO

SEMESTER 1Mata Kuliah AGAMA

Kode MK : UXN 11012 sks

Tujuan

Silabus

Agar mahasiswa mengetahui, memahami dan menghayati aspek-aspek yang berhubungan dengan keadaan makhluk dan meningkatkan keimanannya terhadap pencipta dan hal-hal yang ghaib lainnya. Memahami, menghayati dan melaksanakan ajaran agama.

Keimananan kepada Tuhan yang Maha Esa, Norma-norma ajaran agama, hubungan manusia dengan Pencipta, dengan sesama manusia dan alam lingkungan sekitarnya. Islam dan kaitannya dengan berbagai displin ilmu pengetahuan dan kehidupan masyarakat

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 10

Page 11: Buku Kurikulum 2009

Pra Syarat

Pustaka

-

1. Bu Caille, Maurice, “ Asal-usul Manusia menurut Al-Qur’an, Bigel dan Sain, Pustaka Jakarta.

2. Derajat Zakiyah dan A. Sadali, “ Dasar-dasar Agama Islam, “Proyek pembinaan agama pada perguruan tinggi umum, Jakarta, 1979.

3. Nasution, Harun, “ Islam ditinjau dari berbagai aspeknya, UI Press, Jakarta, 1979.

4. Theologi Islam, Jakarta, 1979.5. Syaifullah, A, Endang.”Wawasan Islam” Pustaka ,1985.

Mata Kuliah PANCASILAKode MK : UXN 1102

2 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Menghayati dan mengamalkan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan dasar negara.

Mendalami sejarah perjuangan nasional dengan kaitannya lahir dan perkembangan Pancasila sebagai dasar negara . Dasar-dasar hukum falsafah negara, pengertian pokok isi makna Pancasila serta fungsi pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan hak azasi manusia dalam Pancasila. Mukadimah, pengertian dan isi pokok UUD 1945, hubungan antar lembaga-lembaga negara berdasarkan UUD 1945

-Mata Kuliah BAHASA INGGRIS

Kode MK : UXN 11033 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Mahasiswa mampu memahami isi wacana dalam bahasa Inggris, terutama yang menyangkut t bidang sain dan teknologi serta dapat memahami bahasa Inggris lisan untuk bidang yang sama.

Pengenalan dan pemakaian kosakata terutama yang menyangkut bidang sain dan teknologi struktur dan gramatika yang mendukung pemahaman bahasa Inggris untuk sain dan teknologi, pemahaman isi wacana serta praktikum di laboratorium bahasa untuk latihan listening comprehension dan reproduction.

-

1. Baliton, AR & Sandler, Pl, Study English for Science.2. Brassnett, Clive, English for Engineers.3. Ditto, The Language of Electrical and Electronic Engineering.

Mata Kuliah FISIKA I Kode MK : TES 1104

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberi pengetahuan dasar mekanika dan ketrampilan memanfaatkan hukum-hukum mekanika dan masalah fisik.

Kinematika partikel, dinamika partikel, gerak harmonik, kerja dan energi, momentum linier, momentum sudut dan benda tegar, statika fluida, dinamika fluida, teori kinetika gas, hukum thermodinamika I & II, entropi dan statistic, pengantar optic.

-

1. Halliday, D.R. Resmick, Fisika I, Terjemahan P. silaban, Penerbit Erlangga, 1986.

2. Alonso and Finn, Fundamentals University Physics, Vol.I dan Vol. II,

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 11

Page 12: Buku Kurikulum 2009

1983.Mata Kuliah KALKULUS I

Kode MK : TES 11053 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan konsep dan cara penyelesaian turuna dan integral.

Konsep fungsi, kontinuitas dan diskontinuitas fungsi, grafik fungsi, limit fungsi,Konsep turunan, metode penurunan, interpretasi turunan, penggunaan turunan, harga ekstrim, konsep integral tak tentu dan tentu, Integral trigonometri.

-

1. Purcel, E.J., Kalkulus dan Geometri Analis Jilid I, Erlangga, Edisi 4, 1986.

2. Purcel, L., The Calculus With Analytical Geometry, Harper and Row Pub.. 5th Edition, New York, 1986

3. Salas, S.L., Calculus One and Several Variables. John Wiley, 4th

Edition, 1982.4. Weber, J.E., Mathematical Analysis : Business and Economic

Application.5. Stein, S.K., Calculus and Analytic Geometry, John Wiley, 3th Edition.

Mata Kuliah DASAR TEKNIK ELEKTRO Kode MK : TES 1106

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Mampu mengenal dan memahami aturan dan dasar perkembangan keilmuan dalam konsentrasi bidang kelektroteknikan.

Pengenalan umum aturan, bidang peminatan/konsentrasi di jurusan teknik elektro. Peranan ilmu-ilmu dasar elektroteknik dalam memahami kuliah lanjut di jurusan elektro Pengenalan lanjut konsentrasi teknik tenaga listrik, kontrol, elektronika telekomunikasi, dan komputer informatika. Pemahaman konsep teknologi, aplikasi dan lapangan kerja bidang ilmu elektroteknik di dunia pertanian, perikanan, peternakan, kesehatan dan industri .

-

1. Jujun Suria Sumantri : Pengantar Filsafat ilmu.2. A. E. Fitzgerald, dkk, Dasar-dasar Elektroteknik, Terjemahan Pantur

Silaban, Erlangga, 1981, Jakarta.Zuhal, Dasar Tenaga Listrik, Penerbit ITB, 1991.

Mata Kuliah DASAR KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN Kode MK : TES 1107

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pengenalan komputer, diagram alir, ,perangkat lunak komputer, pengenalan aplikasi komputer, internet dan multimedia. Pengembangan perangkat lunak, pengenalan pada struktur data dan tipe data abstrak, pemograman moduler, proses penyimpanan dan pengambilan data, pengurutan dan pencairan data, algoritma tumpukan dan antriaan, linked list dan algoritma rekursi.

Konsep arsitektur computer, dasar-dasar system operasi, tinjauan software dan bahasa tingkat tinggi, manajemen memori, PC DOS dan UNIX, dasar-dasar basis data, Pengertian dasar algoritma, Konsep dasar pemograman Pascal dan C/C++, Iterasi, Top down design, Array satu dimensi, Pointer, Matrik, Table searching, Algoritma konsolidasi, Algoritma pemrosesan 2 buah file, Pengantar list berkait.

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 12

Page 13: Buku Kurikulum 2009

Pustaka -

1. Wirth, Niklaus, Algorithms Data Structure Program, Prentice Hall, 1991.

2. Wirth, Systematic Programming Introduction, Prentice Hall, 1976.3. Turbo Pascal, Borland International, 1989.4. Jogiyanto, H.M., Turbo Pascal, Andi Offset Yogyakarta, 1991.5. Donald sander, Computer today, McGraw Hill, 1991.6. Silverman Tarkey, Computer & computer language, McGraw Hill,

1988.SEMESTER 2 Mata Kuliah KEWARGANEGARAAN

Kode MK : UXN 12012 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mahasiswa mampu memahami dan mengahayati mengenai wawasan nusantara, ketahanan nasional, kebijakan dan strategi nasional khususnya dalam bidang ketahanan dan keamanan nasional dan system pertahanan dan keamanan rakyat semesta untuk mempertebal semangat yang dalam untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Dasar kepribadian kewiraan, konsepsi wawasan nusantara, konsepsi ketahanan nasional, pola strategi Hankamnas, konsep bela negara dan dwi fungsi ABRI, sistem Hankambrata.

Pancasila

1. Lembaga Pertahanan Nasional, Naskah Wawasan Nusantara, Jakarta: Lemhanas

2. Lembaga Pertahanan Nasional, Ketahanan Nasional, Jakarta: Lemhanas, 1978

3. Lembaga Pertahanan Nasional , Politik dan Strategi Nasional, Jakarta: Lemhanas, 1978.

4. Lembaga Pertahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Jakarta: Lemhanas

5. Lembaga Pertahanan Nasional, Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, Jakarta.

Mata Kuliah FISIKA IIKode MK : TES 1202

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan pemahaman tentang hukum-hukum listrik, magnet dan thermo serta penerapan dalam hukum-hukum tersebut yang merupakan landasan ilmu rekayasa yang berkembang hingga saat ini.

Listrik/Magnet : Muatan listrik, hukum Coulomb, medan listrik, hukum Gauss, energi potensial dan potensial listrik, dielektrik, kapasitansi dan kapasitor, arus listrik, induktansi, induksi dan fluksi magnet, kumparan berarus dalam medan listrik, ggl induksi, arus bolak-balik. Optik : Perambatan, pembiasan dan pemantulan, penguraian sinar, lensa dan prisma.

Fisika I

1. Halliday, D.R. Resmick, Fisika I, Terjemahan P. silaban, Penerbit Erlangga, 1986.

2. Alonso and Finn, Fundamentals University Physics, Vol.I dan Vol. II, 1983.

Mata Kuliah KALKULUS IIKode MK : TES 1203

3 sks

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 13

Page 14: Buku Kurikulum 2009

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan pengetahuan matematis serta kemampuan berfikir sistematis dengan matematika sehingga mahasiswa mengenal dan mengerti maupun melakukan penerapan analisis matematika, serta terlatih daya nalar dalam pemecahan masalah kalkulus, juga mahasiswa terlatih dalam membuat model matematika sederhana serta memiliki ketrampilan dalam teknis matematika yang baku dengan didukung oleh penalaran rumus dan metode yang benar.

Aplikasi integral (untuk luas, volume, panjang busur, momen pusat massa, usaha akar kuadrat, rata-rata). Diferensial parsial, barisan dan deret tak hingga, fungsi dua peubah, integral ganda, persamaan diferensial orde satu dan dua yang sederhana.

Kalkulus I

1. Purcel, E.J., Kalkulus dan Geometri Analis Jilid I, Erlangga, Edisi 4, 1986

2. Leithold, L., The Calculus With Analytical Geometry, Harper and Row Pub., 5th Edition, New York, 1986

3. Salas, S.L., Calculus One and Several Variables. John Wiley, 4th

Edition, 19824. Weber, J.E., Mathematical Analysis : Business and Economic

Application.5. Stein, S.K., Calculus and Analytic Geometry, John Wiley, 3th

Edition.Mata Kuliah BAHAN-BAHAN LISTRIK

Kode MK : TES 12042 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan pengetahuan tentang sifat dan karakteristik bahan listrik.

Struktur atom, benda dan bahan listrik, polaritas dan pengaruhnya pada bahan listrik, bahan penghantar padat, isolasi padat, cair dan gas, bahan keramik, semi konduktor, kerusakan bahan isolasi.

-

1. Foundations of Material Science and engineering, McGraw Hill, 1988.

2. Iloritsky, Electrical Engineering Materials.Mata Kuliah RANGKAIAN LISTRIK I

Kode MK : TES 12052 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan pengertian tentang metode-metode analisis rangkaian DC dan AC dalam keadaan mantap.

Besaran-besaran rangkaian, model matematik komponen-komponen rangkaian, hukum-hukum rangkaian, transformasi beban, transformasi sumber, teorema thevenin dan Norton, teorema superposisi, sistem persamaan arus mesh, sistem persamaan tegangan node, rangkaian arus bolak balik.

Dasar Teknik Elektro

1. Irwin, J.D., Basic Engineering Circuit Analisysi, 5th Ed. Upper Saddle River : Prentice Hall International Inc., 1996.

2. Johnson, D.E. et.al., Electric Circuits Analysis, 3th Ed. Upper Saddle River, Prentice Hall International, Inc., 1997.

3. Mismail, Budiono, Rangkaian Listrik Jilid Pertama, Bandung, Penerbit ITB, 1995.

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 14

Page 15: Buku Kurikulum 2009

Mata Kuliah MANAJEMEN DAN EKONOMI TEKNIKKode MK : TES 1206

2 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan pemahaman nilai waktu dari uang serta pemanfaatannya dalam metode perhitunganbunga untuk melakukanpenilaian dan perbandingan terhadap beberapa alternatif pilihan investasi berupa peralatan investasi-investasi yang lain sehingga dapat dilakukan pengambilan keputusan investasi yang terbaik.

Permasalahan dalam pengalokasian modal, relevansi biaya dan factor-faktor ekonomi, binga majemuk. Nilai sekarang dan nilai mendatang, pemilihan investasi,berdasarkan analisa tahunan, criteria nilai sekarang maupun nilai mendatang. Pengertian dan perhitungan tingkat pengembangan suatu investasi, analisis sensitivitas.

-

1. Grant E.L & Ireson, G.W, “Principle of Engineering Economy”, The Roland Press Co, New York, 1970

2. Newman, D.G, “engineering Economic Analysis”3. Thuesen, H.G, et, al,” Engineering Economy, Prentice Hall.

Mata Kuliah DASAR ELEKTRONIKAKode MK : TES 1207

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan pengetahuan dan konsep komponen elektronika dan aplikasinya pada rangkaian

Teori semikonduktor, dioda, rangkaina dioda, transistor, transistor bipolar, pembiasan transistor, Model AC, Penguat Tegangan, Penguat Daya, Pengikut Emiter, JFET, MOSFET, berbagai konfigurasi pencatuan, penguat transistor, analisis matematis penguat transistor, penguat dengan umpan balik sederhana, penguat operasional.

Fisika 2, Rangkaian Listrik 1

1. Adel Sedra and Kenneth Smith, Microelectronics Circuits, 4th Ed., Oxford University Press, New York, 1998.

2. Electronic Devices, Seventh Edition, Thomas L. Floyd, Prentese Hall, 2005.

3. Prinsip-prinsip Elektronika, Buku 1, Malvino, Salemba Teknika, 2003.

4. Electronic Devices and Circuits, Schaum’s Outline series, McGraw-hill, 1989.

SEMESTER 3Mata Kuliah MATEMATIKA TEKNIK 1

Kode MK : TES 21013 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Memberikan konsep vector, matrik, dan Transformasi laplace serta aplikasinya pada bidang teknik elektro.

Operasi vector dan matriks, determinan, invers, system persamaa linier, akar dan vector karakteristik, kalkulus differensial vector, kalkulus integral vector. penyelesaian dengan transformasi laplace; Transformasi Laplace: Definisi, eksistensi TL, kelinieran, TL bagi turunan, TL bagi integral, fungsi tangga satuan, pergeseran dalam sumbu t dan s, konvolusi persamaan integral, pecahan parsial-sistem persamaan differensial, fungsi periodik, Aplikasi TL untuk menyelesaikan analisis rangkaian

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 15

Page 16: Buku Kurikulum 2009

PustakaKalkulus II

1. Erwin Kreyszig, Advanced Engineering Mathematics2. Birkhoff, G. , and G-C. Rota, Ordinary Differential Equations3. Robinson, P.D., Fouriei ang Laplace Transforms4. Spiegel, M.R., Advanced Mathematics Engineers and Scientist.

Mata Kuliah STATISTIK DAN PROBABILITASKode MK : TES 2103

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Mengetahui variable acak, distribusi peluang, harapan matematik orde I dan II, permutasi, kombinasi, distribusi peluang 2 variabel, parameter statistic dari selisih dan jumlah 2 variabel, estimasi nilai, testing hypotese dan penggambaran data statistic.

Permutasi, Kombinasi, Teori Peluang penerapannya pada Elektro teknik, peubah acak, nilai harapan, mean, varian dan penyimpangan standard, beberapa distribusi probabilitas, binomial poisson, student (t), Normal, fungsi peubah acak, dasar teori pendugaan, pengetesan hipotesa serta regresi dan korelasi linear.

-

1. Athanasios Papoulis, Probability, Random Variables & Stochastic Processe,. Mc.Graw-Hill, 1989.

2. Emanuel Parzen, Stochastic Processes. Holel-Day Inc. San Francisco. Cal., 1962.

3. Walpole, Meffyrs, Ilmu Peluang dan Statistik Untuk Insinyur dan Ilmuwan, Penerbit ITB, 1986.

4. Peebles P.Z., Probability: Random Variables and Stochastic Processes. McGraw-Hill, Singapore (3nd Edition), 1994.

5. S Sanmogan, Breipol, Random Signal, Willey, 1992.Mata Kuliah RANGKAIAN LISTRIK II

Kode MK : TES 21023 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memahami tentang tanggapan rangkaian terhadap berbagai bentuk gelombang sumber, baik dalam kawasan waktu, maupun kawasan frekuensi.Pedoman PendidikanMenganalisis persoalan yang berkaitan dengan pengaruh (respon) bentuk gelombang sumber terhadap rangkaian (R, L dan C), Impedansi dan Admitansi suatu rangkaian, rangkaian dengan sumber tak berubah menurut waktu, Rangkaian dengan sumber yang berubah menurut waktu, Konstanta waktu, Keadaan mantap dan keadaan sentara, Tanggapan alamiah dan diagram tiang nol, Metoda kembaran, Bentuk umum fungsi impedansi, Redaman kritis, Persamaan system orde satu, Persamaan system orde dua, Sentara pada resonansi, Fungsi jala-jala untuk kutub dua dan kutub empat, Parameter impedansi rangkaian terbuka, Parameter admitansi rangkaian hubung singkat, Parameter transmisi, Parameter hibrida, Jala-jala kutub empat dalam hubungan seri dan parallel, Tanggapan amplituda dan tanggapan fasa, Penyaring, Resonansi, Fungsi pelewat jalur dan faktor mutu, Rangkaian resonansi praktis, Penggunaa n diagram tiang-nol.

Rangkaian Listrik 1

1. Mismail, Budiono, Rangkaian Listrik Jilid I, Bandung, Penerbit ITB, 1995.

2. Mismail, Budiono, Rangkaian Listrik Jilid II, Bandung, Penerbit ITB,

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 16

Page 17: Buku Kurikulum 2009

1995.3. D.E. Scot, An Intruduction to Circuit Analysis, Singapore, McGraw

Hill Book Company, 1987.Mata Kuliah PENGUKURAN LISTRIK

Kode MK : TES 21043 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan konsep dan prinsip kerja alat-alat ukur listrik.

Konsep-konsep pengukuran, Kesalahan dalam pengukuran, Instrumen penunjuk arus searah, Instrumen penunjuk arus bolak-balik, Prinsip dan pemakaian potensiometer, Jembatan arus searah dan pemakaiannya, Jembatan arus bolak-balik dan pemakaiannya, Osiloskop, Instrumen elektronik utk pengukuran tegangan, arus, hambatan dan parameter rangkaian lainnya, Instrumen utk pembangkitan dan analisis bentuk2 gelombang, Pencacah elektronik dan pemakaiannya, Sistem arus isi data analog dan digital

Rangkaian Listrik 1 , Dasar elektronika

1. Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran, William D. Cooper, Erlangga, 1994.

2. Instrumentation for Engineering Measurements, James W. Dally, John Wiley & Sons Inc, 1993.

3. Electrical Engineer’s Reference Book, M.A. Laughton, Newnes, 2003.

4. The Measurement, Instrumentation and Sensor Handbook, CRC Press, 2000.

Mata Kuliah SISTEM DAN RANGKAIAN DIGITALKode MK : TES 2105

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan pengetahuan teknik digital serta aplikasinya dalam rangkaian.

Sistem bilangan, Aljabar Boolean, penyederhaan fungsi Boolean, logika kombinasi, implementasi gerbang, logika kombinasi dengan MSI dan LSI., Logika sekuensial, perancangan logika kombinasi dan sequensial,deteksi kesalahan pada rangkaian kombinasi dan sequensial, register, penghitungan dan memori semikonduktor.

Rangkaian Listrik 1

1. Manno,M., Digital Logic and Computer design, Prentice Hall, 19912. Malvino, A., Digital principle and Apllications, Mc GrawHill.3. S. Brown and Z. Vranesic: Fundamentals of Digital Logic and VHDL

Design, McGraw-Hill,2000.4. M. Zwolinski: Digital System Design with VHDL, Prentice Hall, 20005. R.K. Dueck: Digital Design with CPLD Applications and VHDL,

Delmar Learning, 2000 (ISBN 0766811603)6. D.D. Gajski: Principles of Digital Design, Prentice Hall 1997

Mata Kuliah DASAR TELEKOMUNIKASIKode MK : TES 2105

2 sks

Tujuan

Silabus

Memberikan konsep dasar teknik telekomunikasi.

Konsep dasar telekomunikasi, macam-macam terminal, macam-macam cara penyambungan, fungsi dan konsep penyambungan, pengendalian system, konsep penomoran, pensinyalan, parameter transmisi, konsep dasar modulasi dan demodulasi, dan multiplexing.,saluran transmisi, media transmisi, antenna.

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 17

Page 18: Buku Kurikulum 2009

Pra Syarat

Pustaka-

1. Freman, Telecommunication Transmision Handbook, McGrow Hill, 1980.

2. Freeman, Fundamentals of Telecommunication, John Wiley & Sons, 2005.

SEMESTER 4Mata Kuliah MATEMATIKA TEKNIK II

Kode MK : TES 22013 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan konsep dan teknik penyelesaian fungsi kompleks, deret bilangan, dan transformasi Z.

Bilangan dan fungsi kompleks, fungsi analitis, persamaan Cauchy-Riemann, pemetaan conform, teori integral couchy, deret bilangan kompleks, deret taylor, deret Mclaurin, integral residu. Transformasi Fourier: deret trigonometrik, deret Fourier, fungsi dengan periode 2L, fungsi genap-ganjil, penguraian setengah kisaran, integral foruier, transformasi kosinus-sinus Fourier, transformasi foruier. Transformasi Z: definisi, konvergensi, sifat-sifat, invers, penerapan transformasi-Z pada fungsi diskrit dan analisis respon sistem. Fungsi-fungsi khusus: fungsi Gamma, Beta, Error, Bessel.

Matematika Teknik I

1. Erwin Kreyszig, Matematika Teknik Lanjutan.2. Murray, Matematika Lanjutan.3. K.A. Stroud, Matematika Untuk Teknik.

Mata Kuliah METODE PENELITIANKode MK : TES 2203

2 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mampu membuat proposal penelitian untuk tugas akhir dan penelitian mandiri sesuai kaidah metodologi penelitian untuk insinyur.

Pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, alur penyusunan proposal penelitian, alur penyusunan tugas akhir, aturan aturan dalam penyusunan proposal tugas akhir dan penelitian, aturan dalam penulisan laporan tugas akhir dan hasil penelitian, pemakaian statistik dan matematik dalam penelitian serta pemakaian komputer dalam penelitian; teknik presentasi hasil penelitian, pembuatan proposal tugas akhir, pembuatan proposal dan laporan penelitian mandiri, presentasi proposal tugas akhir sesuai konsentrasi keilmuan, presentasi hasil penelitian.

-

1. Metodologi Penelitian untuk Insinyur, Prof. DR. Ir. Faraz Umar.3. Handbook of Research Method Muhammad cs., Metodologi

Penelitian Teknologi.4. Leedy, Paul D, Practical Research: Planning and Design, McMillan

1974.Mata Kuliah MEDAN

ELEKTROMAGNETIKKode MK : TES 2203

3 sks

Tujuan

Silabus

Menerapkan persamaan Maxwell dalam persoalan medan magnet statis dan Dinamis.

Elektrostatis : Hukum Coulomb dan intensitas medan listrik . Hukum

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 18

Page 19: Buku Kurikulum 2009

Pra Syarat

Pustaka

Gauss dan aplikasinya. Potensial elektrik, hubungan antara E dan V, energi tersimpan dalam medan elektrostatik. Persamaan Poisson dan Laplace. Resistansi dan kapasitansi. Magnetstatis : Hukum Biot Savart, hukum Integral Ampere, Potensial Skalar magnetic dan potensial vector magnetic, induktansi, rangkaian magnet. Elektromagnetik : Medan berubah waktu dan persamaan Maxwell, kondisi-kondisi batas. Persamaan gelombang. Gelombang bidang uniform, polarisasi gelombang,Vektor Poynting.

Kalkulus II

1. W. H. Hyat., Engineering Electromagnetics, 5 th ed, McGraw Hill, 1989.

2. D. K. Cheng., Fundamentals of Engineering Electromagnetics, Addition-Wesly,1993.

3. J. D. Kraus., Electromagnetics, 4 th edition, McGraw Hill, 1992.4. Matthew N. O. Sadiku., Electromagnetics, second edition, Saunders

college publishing, 1989.5. J. A. Ediminister., Theory and Problem of Electromagnetics, 2 nd

edition, Schaum’s Ouline Series, McGraw Hill, 1993.6. Clayton R. Paul, Syed A. Nasar., Introduction Electromagnetics

Field, second edition, McGraw Hill, 1997.7. S. V. Marshall, G. G. Skitek., Electromagnetics Concepts and

Aplikations, second edition, Prentice-Hall, 1987.Mata Kuliah SISTEM LINEAR

Kode MK : TES 22043 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan konsep dan sifat sinyal dalam kawasan waktu dan frekuensi serta system secara diskrit.

Representasi sinyal dan sistem secara deklaratif dan imperatif , State machines dan komposisinya, Sistem linier, Sistem hybrid, Domain frekuensi dan respon frekuensi,Analisis Fourier, sampling dan rekonstruksi; transformasi Laplace dan Z, aplikasi : filtering, modulasi, feedback control.

Matematika Teknik 1

1. Oppenheim A.V., et al., Signals and Systems, Prentice Hall, 2000.2. Edward A. Lee, Pravin Varaiya, Structure and Interpretation of

Signals and Systems, Addison Wesley, 2003.3. Kwakernaak H., Ravel Sivan, Modern Signals and Systems, Prentice

Hall, 1991.4. Strum R.D., Kirk D.E., Contemporary Linear Systems, PWS

Publishing, 1996.5. Kalouptsidis N., Signal Processing Systems, John Wiley & Sons,

1997.Mata Kuliah METODE NUMERIK

Kode MK : TES 22053 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Memberikan pengertian tentang cara-cara penyelesaian perhitungan matematik secara numerik dan dapat menganalisa gejala fisik serta merumuskan dan memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam bidang teknik.

Pengetahuan dasar metode numerik; pengertian algoritma iterasi, teori set, aljabar struktur, solusi persamaan linier dan non linier; diferensiasi dan integrasi numerik; konvergensi dan error dalam komputasi.

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 19

Page 20: Buku Kurikulum 2009

Pustaka Dasar Pemograman Komputer, Matematika Teknik I

1. Erwin Kreyszig, Advanced Engineering Mathematics2. Comte, Samuel D. and Boor, Carl. DE, Elementary Numerical

Analysis-An Algoritmic Approach, 3rd Edition, Singapore, McGraw-Hill Book Company, 1981.

3. Tremblay J.P. & Manohar R., Discrete Mathematical Structures with Application to Computer Science, McGraw-Hill New York, 1988.

4. Stephen C. Chapra, Numerical Method for Engineering, Mc Graw Hill.

Mata Kuliah MIKROPROSESORKode MK : TES 2206

2 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memahami pengetahuan dasar mikroprosesor , menganalisa dan merancang sistem digital berbasis mikroprosesor dan mikrokontroller.

Pengantar , pengertian dan filosofi, aplikasi, konsep data bus dan address bus, sistem kontrol, peta memori, teknologi mikroprosesor dan mikrokontroller, perangkat keras dasar, teknik, konsep address decoding, teknik antar muka, perencanaan perangkat keras dasar, perangkat lunak bahasa Assembler, bahasa mesin, komunikasi data antar perangkat keras, perencanaan aplikasi dengan mikroprosessor & mikrokontroller.

Dasar Pemograman Komputer, Sistem Rangkaian Digital

1. Harry Garland , Introduction to Microprossesor and System Design.2. Ricard H Barnett, PhD, Purdue university, The 8051 Family of

Microcontroller, Prentice Hall3. Scott Mackenzie, university of Gulp Ontario The 8051

Microcontroller, Prentice Hall4. Handbook of Microcontroller 8 bit & 16 bit , Intel Corporation.5. John Uffenbeck , 8086/8088 Family , Prentice Hall 1987.

Mata Kuliah DASAR SISTEM KENDALIKode MK : TES 2207

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Mampu memodelkan sistem, mengkarakteristikan dan menganalisis sistem pengaturan serta merancang suatu sistem pengendalian berdasarkan spesifikasi respons waktu, dan mekanisme kontroler.

Sistem kontrol open-loop, closed-loop; Model matematis sistem dinamis, transducer dan aktuator, transformasi laplace, fungsi transfer; Diagram sistem: diagram blok, signal flow graphs; Analisis domain waktu sistem linear: sistem orde-satu, sistem orde-dua, analisis error steady-state, kriteria Routh-Hurwitz stability; Analisis domain frekuensi sistem linear: respon frekuensi, stabilitas domain frekuensi, diagram bode, gain margin dan phase margin, polar plots, kriteria nyquist stability, nichols plot, kompensator, kontrol PID; State-space analysis: Model state-space.

Matematika Teknik I, Rangkaian Listrik II

1. K. Ogata, Modern Control Engineering, 4th Edition, Prentice-Hall, 2002.

2. B. C. Kuo, Automatic Control Systems, 7th Edition, Prentice-Hall, 1995.

3. R. C. Dorf and R. H. Bishop, Modern Control Systems, 10th Edition, Prentice-Hall, 2004.

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 20

Page 21: Buku Kurikulum 2009

4. N. S. Nise, Control Systems Engineering, 4th Edition, Wiley, 2003.KONSENTRASI TEKNIK KETENAGALISTRIKAN

SEMESTER 5Mata Kuliah MESIN LISTRIK I

Kode MK : TES 31013 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Memberikan pengertian tentang prinsip kerja dan penggunaan serta mampu menganalisis dari transformator dan mesin dc.

Kerja transformator, transformator ideal, transformator tiga fasa, paralel transformator, Autotransformator, dasar desain generator. Konstruksi mesin dc, persamaan emf, persamaan torka, eksitasi generator dc, komutasi mesin dc, reaksi jangkar, rangkaian ekivalen generator dc, karakteristik generator dc, operasi dan karakteristik motor dc, efisiensi motor dc, starting, pengaturan kecepatan dan pengereman motor dc.

Dasar Teknik Elektro

1. IJ. Nagrath, D.P. Kotari, Electric Machines, Mc Graw Hill, 1989.2. Fitgerald, Electric Machinery, New York, Mc Graw Hill, 1983.3. Langsdorf, Theory of Alternating Current Machinery, New York, Mc

Graw Hill, 1980.4. PC Sen, Principles of Electric Machines and Power Elektronics, New

Delhi, John Wiley and Sons, 1989.5. Stigant and Franklin, J & P Transformer, London, 1986.

Mata Kuliah TRANSMISI TENAGA LISTRIK Kode MK : TES 3101

2 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mampu menganalisa persoalan-persoalan yang berkaitan dengan sistem penyaluran tenaga listrik arusbolak-balik, serta mampu mengaplikasikan konsep dan persoalan tegangan tinggi dalam perencanaan saluran transmisi tenaga listrik.

Pandangan umum sistem kelistrikan dan transmisi, Karateristik listrik dari saluran transmisi & kapasitas, hantar arus, Konstanta umum saluran transmisi, Diagram lingkaran dan aliran daya pada saluran, Transmisi, Desain isolasi dan koordinasi isolasi, Perencanaan saluran udara tegangan tinggi, Andongan & tekanan, Persoalan gelombang berjalan pada saluran transmisi, Kompensasi saluran transmisi, Proteksi surya, Kabel bawah tanah, Distribusi AC: jenis-jenis distribusi AC, voltage drop, rugi daya dan effisiensi, Dasar perencanaan distribusi AC primer, Regulasi tegangan pada saluran distribusi primer.

Medan Elektromagnetik

1. Arismunandar, Saluran Transmisi Teknik TenagaListrik, jilid 2, Jakarta: Pradnya Paramitha, 1970.

2. Gonen, Turan, Electric Power Transmisssion System Engineering Analysis and Design, John Wiley & Sons, 1988.

3. Gonen, Turan, Electric Power Distribution Systems Engineering, Mc Graw-Hill, 1986.

4. Hutauruk, T.S, Transmisi Daya Listrik, Jakarta: Penerbit Erlangga, 1990.

5. Pabla, A.S., Sistem Distribusi Daya Listrik, Erlangga,1986.Mata Kuliah THERMODINAMIKA

Kode MK : TES 31032 sks

Tujuan menguasai teori thermodinamika untuk pemecahan masalah

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 21

Page 22: Buku Kurikulum 2009

Silabus

Prasyarat

Pustaka

thermodinamika dalam teknik listrik, menguasai konsep dan hukum perpindahan panas untuk menghitung perpindahan panas.

Hukum-hukum thermodinamika I, II dan III; entropi; proses reversibel dan irreversibel; fungsi karakteristik; pemakaian thermodinamika dalam persoalan; produksi uap dan ketel uap; perpindahan panas secara konveksi, radiasi konduksi; heat exchanger, siklus tenaga tipe rankine, brayton, otto, diesel, tekanan campuran, carnot, refrigasi. Sifat fluida, pada persoalan pembangkit listrik turbin (turbin air, turbin uap). -

1. WC Reynolds, Henry, Termodinamika Teknik, Edisi Kedua, 1982.2. Schaum Series, Fluid mechanics.

Mata Kuliah ANALISA SISTEM TENAGA Kode MK : TES 3102

3 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mampu memberikan pengetahuan dan kemampuan berpikir sistematis sehingga mahasiswa mengenal dan mengerti serta mampu melakukan analisis system tenaga listrik.

Komponen sistem tenaga, diagram rangkaian, gangguan hubungan singkat 3 phasa simetris, komponen sismetris, study operasi, teori aliran beban, studi operasi ekonomis system pembangkit, Studi tentang kondisi kestabilan dan kondisi peralihan, keandalan system, system pelepasan beban, frekuensi dan daya reaktif tegangan, kestabilan peralihan gangguan tidak simetris, hubungan jaringan, sistem kriteria sama luas, penggunaan komputer pada sistem tenaga.

Sistem Linear

1. W.D Stevenson, Jr; “ Analysis Sistem Tenaga Listrik”’ Erlangga, 1985.

2. Turan Gonen; “ Modern Power system Analysis”, John Wiley and Sons, 1988.

3. W. D Stevenson, Jr; “ Analysis Sistem Tenaga Listrik”, Erlangga 1985.

4. Hutauruk, T.S; “ Analisa Tenaga Elektrik”, cetakan ketiga , Institut Teknologi Bandung, 1988.

Mata Kuliah TEKNIK INSTALASI LISTRIKKode MK : TES 3105

2 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Memahami dan mampu merancang instalasi listrik sesuai dengan peraturan kelistrikan.

Definisi, istilah, simbol komponen dalam instalasi listrik, hantaran dan pemasangannya, perencanaan dan penggambaran rancangan instalasi rumah sederhana, rumah tingkat, gedung & bangunan luas, perencanaan dan pemilihan saklar, ukuran penghantar, peralatan hubung, pengaman, meter, dan keselamatan manusia dan peralatan terhadap gangguan bocor arus ke tanah.

-

1. PUIL 2000.2. Gupta & P. Van Harten, Electrical Installation.

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 22

Page 23: Buku Kurikulum 2009

Mata Kuliah ELEKTRONIKA DAYAKode MK : TES 3108

2 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Memberikan pengertian kemampuan untuk merancang dan menganalisis sistem konverter daya serta aplikasinya dalam sistem keteknikan.

Karakteristik komponen semikonduktor daya, Penyearah setengah gelombang, Penyearah gelombang penuh dan tiga fasa, Pengaturan tegangan ac, Konverter dc-ke-dc (Chopper), Konverter dc-ke-ac (Inverter).

Dasar Elektronika

1. Mohan, Underlind and Robbins, Power Electronics : Converter, Application and Design, John Wiley and Sons Inc, 2nd edition, 1995.

2. Ramshaw R.S., Power Electronics Semiconductor Switches, Chapman and Hall, 1st edition, 1993.

3. Rashid H. Muhammad, Power Electronics : Circuits, Devices and Control, New Jersey, Prentice Hall, 2nd edition, 2004.

Mata Kuliah GEJALA MEDAN TINGGIKode MK : TES 3107

2 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mengidentifikasi gejala medan (listrik) tinggi dan dampak yang ditimbulkan pada peralatan listrik dan elektronik, mendeskripsikan mekanisme tembus listrik dalam dielektrik gas, cair dan padat, mengkomputasi dan menganalisis medan tinggi dari berbagai bentuk susunan elektroda serta mengendalikan medan tinggi tersebut.

Fenomena medan tinggi pada peralatan tegangan rendah dan peralatan tegangan tinggi, susunan elektroda dan distribusi medan listrik, tekanan elektrik dan kekuatan dielektrik, pengontrolan medan, refraksi dielektrik, hukum gas klasik, ionisasi dan rekombinasi pada gas, mekanisme tembus Townsend, mekanisme tembus streamer, hukum Paschen, Korona, efek polaritas, kelambatan waktu tembus, mekanisme tembus dielektrik cair, mekanisme tembus pada dielektrik padat, tembus parsial pada dielektrik cair dan padat, teknik-teknik komputasi intensitas medan listrik dan pengendalian medan tinggi.

Medan Elektromagnetik

1. Beyer, M., dkk, Hochspannungstechnik, Theoretische und praktische Grundlagen, Berlin, SpringerVerlag, 1986.

2. Kupfmuller,K., Einfuhrung in die theoretische Elektrotecknik, Berlin Springer-Verlag, 1973.

3. Kind, D. & Karner, H., High-Voltage Insulation Technology, 1985. Textbook for Electrical Engineers, Translated from German by Y. Narayana Rao, Braunschweig, Friedr, Vieweg & Sohn.

4. Kuffel & Zaengel, High Voltage Engeenering, Oxford New York, Pergamon Press, 1984.

SEMESTER 6Mata Kuliah SISTEM DISTRIBUSI

Kode MK : TES 32012 sks

Tujuan

Silabus

Memahami, menganalisa dan merencanakan suatu saluran pada pendistribusian daya listrik.

Pengertian umum, karakteristik beban, Pengertian umum, karakteristik

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 23

Page 24: Buku Kurikulum 2009

Prasyarat

Pustaka

beban, perencanaan sistem distribusi, gardu induk dan gardu distribusi, jenis distribusi, trafo distribusi, optimasi sistem distribusi, jatuh tegangan dan rugi daya, penggunaan kapasitor pada sistem distribusi, perhitungan hubung singkat, sistem proteksi pada sistem distribusi.

Transmisi Daya Listrik

1. Turan Gonen : Electric Power Distribution System Engineering, Mc Graw Hill, New York, 1986.

2. As. Pabla : Sistem Distribusi Daya Elektrik, Erlangga, 1986.3. Ponsini A.J : Electrical Distribution Engineering, Mc Graw Hill, New

York, 1986.Mata Kuliah MESIN LISTRIK II

Kode MK : TES 32023 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mengetahui dasar rancang bangun mesin-mesin elektrik konvensional baik mesin arus searah maupun mesin arus bolak-balik. Memberikan pengetahuan dasar perancangan mesin elektrik, mengetahui hubungan antara daya dengan dimensi dan putaran, dapat menghitung arus yang mengalir baik pada belitan stator dan rotor serta dapat menentukan jumlah kutub magnit maupun jumlah lilitan kumparan termasuk menentukan ukuran konduktor untuk berbagai tegangan kerja.

Daya jangkar mesin arus bolak-balik, daya jangkar mesin arus searah, beberapa faktor yang berhubungan dengan dimensi mesin, kerapatan fluksi spisifik, arus dan tegangan kerja; Dimensi linier: hubungan daya keluaran dan rugi-rugi terhadap dimensi linier, diameter dan panjang inti mesin, hubungan diameter, dan panjang untuk mesin induksi, hubungan diameter dan panjang untuk mesin sinkron, kerangka standar; Mesin arus searah:kerapatan fluksi digigi alur, frekuensi yang diijinkan, dimensi mesin, pemilihan konduktor arus spisifik, batasan jumlah kutub; Motor induksi tiga phasa: inti stator, jarak celah, udara, tipe kumparan stator, perhitungan jumlah lilit kumparan stator; Rotor: diameter rotor, konstruksi rotor sangkar, bentuk alur rotor, perhitungan dimensi konduktor rotor, konstruksi rotor kumparan; Motor induksi satu phasa: tipe motor satu phasa, alat bantu starting, stator motor satu phasa, daya keluaran, jumlah alur stator, kumparan utama dan kumparan bantu, rotor motor induksi satu phasa.

Mesin Listrik I

1. IJ. Nagrath, D.P. Kotari, Electric Machines, Mc Graw Hill, 1989.2. Fitgerald, Electric Machinery, New York, Mc Graw Hill, 1983.3. Langsdorf, Theory of Alternating Current Machinery, New York, Mc

Graw Hill, 1980.4. Chee-Mun Ong, Dynamic Simulation of Electric Machinery,

Prentice Hall PTR 1998.Mata Kuliah PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK

Kode MK : 32022 sks

Tujuan

Silabus

Memahami Sistem-sistem konversi energi dan teknologi pembangkitan tenaga listrik dan berbagai jenis pusat-pusat tenaga listrik.

Pembahasan umum tentang konversi energi, sifat-sifat pembangkit dan sifat-sifat beban, sifat-sifat termodinamis “working sub stances” Bahan bakar : Proses pembakaran, perlengkapan pembakaran. Pembangkitan dengan tenaga uap, tenaga air, tenaga gas dan tenaga

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 24

Page 25: Buku Kurikulum 2009

Prasyarat

Pustaka

diesel. Karakteristik beban : berbagai kurva beban, pemilihan jenis dan lokasi pembangkit, koordinasi hidrotermis. Biaya pembangkitan, biaya investasi, dan biaya operasi dasar-dasar tarif listrik. Pembangkit khusus : Panas bumi, MHD, pembangkit tenaga surya, mikrohidro.

Dasar Teknik Elektro

1. Sherly, A ef al :”Modern power station practice vol 1 and vol 3” pergaman press oxford, New York, 1971.

2. Poher “Power plant theory and Design “ Ronald press, 1959.Mata Kuliah TEKNIK TEGANGAN TINGGI

Kode MK : TES 32043 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mengenal peralatan tegangan tinggi, mengerti teknik-teknik pembangkitan tegangan tinggi, teknik-teknik pengukurannya dan penerapan teganan tinggi dalam pengujian isolasi penyaluran tenaga listrik

Peralatan tegangan tinggi mulai dari sisi pembangkit hingga sisi distribusi, teknik pembangkitan dan pengukuran tegangan tinggi arus bolak-balik (ac), teknik pembagkitan dan pengukuran tegangan tinggi arus searah (ac), teknik pembangkitan dan pengukuran tegangan tinggi impuls, standar-standar pengujian menggunakan tegangan tinggi, aplikasi tegangan tinggi dalam pengujian isolasi (merusak dan tidak merusak) dan penyaluran tenaga listrik, koordinasi isolasi.

Gejala Medan Tinggi

1. Beyer, M., dkk, Hochspannungstechnik, Theoretische und praktische Grundlagen, Berlin, SpringerVerlag, 1986.

2. Kind, D., An Introduction to High Voltage Experimental Technique, New Delhi, Wiley Eastern Limited, 1979,

3. Kind, D. & Karner, H., High Voltage Insulation Technology, Textbook for Electrical Engineers, Translated from German by Y. Narayar Rao , Braunschweig, Friedr. Vieweg & Sohn, 1985.

4. Kuffel dan Zaengel , High Voltage Engineering, Oxford New York, Pergamon Press, 1984,

5. Arismunandar, Teknik Tegangan Tinggi, Jakarta, Penerbit Pradnya Paramita, 1979.

SEMESTER 7Mata Kuliah PROTEKSI SISTEM TENAGA

LISTRIK Kode MK : TES 4101

3 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mengenal dan memahami peralatan-peralatanproteksi, bagian-bagiannya, cara kerjanya dan mampu menerapkannyapada suatu sistem tenaga listrik.

Pemutus daya, recloser, saklar pemisah, pengaman lebur, jenis-jenis relay : rele jarak, rele arus lebih, rele tegangan lebih dan kurang, buchols reley, deferensial rele, under and over frequency reley, rele daya balik, pnyetrelan dan koordinasi reley, peredam surya, pengaman motor listrik.

Analisa Sistem Tenaga

1. Uthal R.T : J & P, Switchgear book, 7th edition, News Butterworth, 1972

2. Gupta. S.L :”A Course in Electrical Power”, Khanna Publisher, New

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 25

Page 26: Buku Kurikulum 2009

Delhi, India, 1979.3. Electrical Distribution System Protection Course, Bandung, 1995.

Mata Kuliah KENDALI MESIN LISTRIKKode MK : TES 4102

3 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mengetahui cara pengasutan, pengaturan kecepatan dan pengereman motor listrik dalam keadaan berbeban, penggunaan dan pemakaian motor listrik sesuai karakteristik bebannya.

Karakteristik kerja motor listrik arus bolak-balik dan searah, fungsi dan karakteristik beban, pemilihan dan kesesuaian karakteristik motor listrik dan beban, metode pengasutan, pengaturan kecepatan dan pengereman motor listrik dengan relai-kontaktor, elektronika daya-microprosessor, programmable logical control (PLC), metode transformasi park dalam motor listrik, model dan simulasi kinerja motor listrik dalam sumbu dqn dengan transformasi park.

Mesin Listrik II

1. Mohan, Underlind and Robbins, Power Electronics : Converter, Application and Design, John Wiley and Sons Inc, 2nd edition, 1995.

2. Ion Boldea, S.A. Nasar, Electric Drive, CRC Press 1999.3. Rashid H. Muhammad, Power Electronics : Circuits, Devices and

Control, New Jersey, Prentice Hall, 2nd edition, 2004.Mata Kuliah PERANCANGAN MESIN LISTRIK

Kode MK : TES 41042 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mengetahui dasar rancang bangun mesin-mesin elektrik konvensional baik mesin arus searah maupun mesin arus bolak-balik. Memberikan pengetahuan dasar perancangan mesin elektrik, mengetahui hubungan antara daya dengan dimensi dan putaran, dapat menghitung arus yang mengalir baik pada belitan stator dan rotor serta dapat menentukan jumlah kutub magnit maupun jumlah lilitan kumparan termasuk menentukan ukuran konduktor untuk berbagai tegangan kerja.

Pendahuluan: daya jangkar mesin arus bolak-balik, daya jangkar mesin arus searah, beberapa faktor yang berhubungan dengan dimensi mesin, kerapatan fluksi spisifik, arus dan tegangan kerja; Dimensi linier: hubungan daya keluaran dan rugi-rugi terhadap dimensi linier, diameter dan panjang inti mesin, hubungan diameter, dan panjang untuk mesin induksi, hubungan diameter dan panjang untuk mesin sinkron, kerangka standar; Mesin arus searah:kerapatan fluksi digigi alur, frekuensi yang diijinkan, dimensi mesin, pemilihan konduktor arus spisifik, batasan jumlah kutub; Motor induksi tiga phasa: inti stator, jarak celah, udara, tipe kumparan stator, perhitungan jumlah lilit kumparan stator; Rotor: diameter rotor, konstruksi rotor sangkar, bentuk alur rotor, perhitungan dimensi konduktor rotor, konstruksi rotor kumparan; Motor induksi satu phasa: tipe motor satu phasa, alat bantu starting, stator motor satu phasa, daya keluaran, jumlah alur stator, kumparan utama dan kumparan bantu, rotor motor induksi satu phasa.

Mesin Listrik II

1. IJ. Nagrath, D.P. Kotari, Electric Machines, Mc Graw Hill, 1989.2. Fitgerald, Electric Machinery, New York, Mc Graw Hill, 1983.

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 26

Page 27: Buku Kurikulum 2009

3. Langsdorf, Theory of Alternating Current Machinery, New York, Mc Graw Hill, 1980.

4. Chee-Mun Ong, Dynamic Simulation of Electric Machinery, Prentice Hall PTR 1998

Mata Kuliah PEMBUMIAN SISTEM TENAGA LISTRIKKode MK : TES 4104

2 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Memberikan pengetahuan tentang pengetanahan, agar dapat memahami secara sistematis efek yang timbulbila sistemm terjadi ganguan terhadap tanahserta mampu menganalisa secara sistematis akibat-akibat gangguan tersebut sehingga mahasiswa mapu dan dapat menerapkan metode-metode pentanahan yang efektif digunakan.

Pengetanahan pada sistem yang netralnya tidak ditanahkan, pentanahan pada sistem yang netralnya ditanahkan, besar arus dan tegangan yang diakibatkan oleh gangguan pada gardu induk, elektroda p[engetanahan dan pengukuran tahanan jenis tanah, perencanaan pengetanahan gardu induk, pengetanahan menara transmisi.

-

1. Hutauruk T.S : Pengetanahan Netral Sistem Tenaga dan Pengetanahan Peralatan, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1987

2. Turan Gonem : Modern Power System Analysis, John Wiley & Sons, New York, 1988

3. Hutauruk T.S : Pentanahan Sistem-sistem Tegangan Tinggi, Departemen Elektronik, ITB, 1978.

SEMESTER 8Mata Kuliah INDUSTRI DAN KEWIRAUSAHAAN

Kode MK : TES 42012 sks

Tujuan

Silabus

Prasyarat

Pustaka

Mampu menerapkan jiwa kewirausahaan dengan menggunakan pengetahuan keterampilan dan kemampuan kreatifitas dan inovatif untuk menghasilkan barang dan jasa.

Kemampuan dan prilaku mahasiswa menghadapi tantangan hidup dalam meningkatkan ekonomi sumber daya manusianya yang didasari oleh teori dasar ekonomi serta human capital teori dalam memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapi. Penerapan kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, untuk meningkatkan ekonomi sumber daya alam dan manusia dalam mencari peluang untuk menuju sukses didunia bisnis.

-

1. Suryana, Kewirausahaan, Pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses, penerbit Salemba Empat,2004.

2. Elfindri, Ekonomi Sumber Daya Manusia, yang holistic, Unand Press, 2002.

3. Becker, Cary S, Human Capital : A theorical and Emperical Analysis 2 and, ed New York, National Bereau of Economic Research, 1975.

Mata Kuliah MANAJEMEN LINGKUNGANKode MK : TES 4202

2 sks

Tujuan Mahasiswa dapat menjelaskan dan menguraikan dampak kegiatan manusia terhadap lingkungan, isu lingkungan, dan prinsip manajemen l;ingkungan (air, udara, dan limbah padat).

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 27

Page 28: Buku Kurikulum 2009

Silabus

PrasyaratPustaka

Interaksi manusia dan lingkungan, isu lingkungan, aturan perundangan lingkungan, standar kualitas lingkungan, manajemen lingkungan udara, manajemen kualitas air, manajemen limbah padat dan B3, kebisingan, kesehatan dan keselamatan, analisis dampak lingkungan, pertimbangan ekonomi, dan audit lingkungan.

--

MATA KULIAH PILIHAN TEKNIK KETENAGALISTRIKANMata Kuliah PERANCANGAN SISTEM TENAGA LISTRIK

Kode MK : TES 3207 (2 SKS)Tujuan

Silabus

Pustaka

Memahami mekanisme kerja dan perancangan bermacam-macam penggerak mulauntuk pembangkitan tenaga listrik, memahami mekanisme kerja dan perancangan pembangkit tenaga listrik antara lain PLTU, PLTN, PLTG, PLTD.

Motor pembakaran dalam; bahan bakar dan pelumas motor bakar; turbin gas, turbin uap; cara kerja, pengaturan kecepatan, siklis kombinasi gas dan uap; ketel uap, produksi uap, turbian air, cara kerja dan pengaturan kecepatan; Instalasi dan komponen-komponen pembangkit tenaga listrik: PLTU, PLTN, PLTD, PLTG.

1. Arismunandar, Turbin Penggerak Mula2. Djiteng marsudi, Pembangkit Energi Listrik, penerbit Erlanggga, 2005.

Mata Kuliah TRAKSI DAN SISTEM TRANSPORTASI LISTRIKKode MK : TES 3208 (2 SKS)

Tujuan

Silabus

Pustaka

Memahami berbagai sistem motor traksi, perilaku dan penggunaannya dalam sistem transportasi

lengkung kecepatan terhadap waktu, konsumsi energi motor traksi arus searah, motor traksi fasa tunggal, motor traksi fasa tiga, pengujian motor traksi, kendali motor traksi.Partab, Modern Electric Traction

Mata Kuliah PEMBANGKIT NON KONVENSIONALKode MK : TES 3209 (2 SKS)

Tujuan

Silabus

Pustaka

Mengetahui pembangkitan daya elektrik mikro, khususnya pemanfaatan energi alternatif/terbarukan ditinjau dari aspek teknis, ekonomis, finansial, sosial-budaya, lingkungan dan prospek bisnisnya dalam rangka penyedaiaan energi listrik secara desentralisasi dan berkesinambungan

Sumber daya energi, energi dan lingkungan, aspek sosial ekonomi dan finansial pengembangan sumber daya energi alternatif/terbarukan, pembangkitan daya elektrik mikro melalui: konversi energi biomassa, konversi energi biogas, konversi energi matahari, konversi energi angin, konversi energi air, dan konversi energi hibrid.

1.Ramani KV., Rural Electrification and Rural Development, Rural Electrification Guidebook for Asia & Pacific, Bangkok, 2002.2.Chris Rayment, Scott Sherwin Introduction to Fuel Cell Technology Notre Dame, U.S.A. 2003

Mata Kuliah ELEKTRONIKA DAYA LANJUT

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 28

Page 29: Buku Kurikulum 2009

Kode MK : TES 3210 (2 SKS)Tujuan

Silabus

Pustaka

Mampu merancang dan menganalisis sistem konverter daya serta aplikasinya dalam sistem keteknikan.

Karakteristik komponen semikonduktor daya, Penyearah setengah gelombang, Penyearah gelombang penuh dan tiga fasa, Pengaturan tegangan ac, Konverter dc-ke-dc (Chopper), Konverter dc-ke-ac (Inverter).

1.Mohan, Underlind and Robbins, Power Electronics : Converter, Application and Design, John Wiley and Sons Inc, 2nd edition, 1995.2.Ramshaw R.S., Power Electronics Semiconductor Switches, Chapman and Hall, 1st edition, 1993.3.Rashid H. Muhammad, Power Electronics : Circuits, Devices and Control, New Jersey, Prentice Hall, 2nd edition, 2004.

Mata Kuliah PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM SISTEM TENAGAKode MK : TES 4107 (2 SKS)

Tujuan

Silabus

Pustaka

Memahami penggunaan program komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam sistem tenaga listrik

Pemrograman dan penggunaan perangkat lunak komputer dalam review operasi matriks dan matriks jarang dalam sistem tenaga, optimasi dan program linier, transformasi persamaan Park Kompleks, solusi persamaan diferensial dan penanganan masalah non linier, interaksi antara model mesin, jaringan dan peralatan kontrol, analisis aliran daya dengan restriksi (sistem loop dan radial), masalah security, hubung singkat, stabilitas, reliability dan kontingensi

1. Stagg El Abiad, Computer Methods in Power System Analysis, McGraw-Hill 19682. George L Kusic, Computer Aided Power System Analysis

Mata Kuliah PENGGERAK LISTRIKKode MK : TES 4109 (2 SKS)

Tujuan

Silabus

Pustaka

Konverter elektronika daya sebagai penggerak listrik, penggerak motor dc, kontrol loop tertutup penggerak listrik, penggerak listrik motor induksi, penggerak listrik motor sinkron, penggerak listrik daya besar..

Konverter elektronika daya sebagai penggerak listrik, penggerak listrik motor dc, kontrol loop tertutup penggerak listrik, penggerak listrik motor induksi, penggerak listrik motor sinkron, penggerak listrik daya besar.

1.Ion Boldea, S.A. Nasar, Electric Drive, CRC Press 1999.2.Vedam Subrahmanyam, Electric Drive; Concepts and Applcations. Tata McGraw-Hill 1994.

KONSENTRASI TEKNIK TELEKOMUNIKASISEMESTER 5

Mata Kuliah ELEKTRONIKA ANALOGKode MK : TES 3110

3 SKS

Tujuan

Silabus

Memperkenalkan dan memberikan pengertian tentang karakteristik, analisis, dan teknik perancangan rangkaian penguat transistor.

Penguat diferensial: operasi dan analisis sinyal kecil, catu tegangan,

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 29

Page 30: Buku Kurikulum 2009

Pra Syarat

Pustaka

beban aktif; Penguat bertahap; Respons frekuensi: analisis domain frekuensi, penguat respons dengan frekuensi rendah dan tinggi, penguat pita lebar; Umpan balik: struktur umum dan sifatnya, topologi, stabilitas; Penguat daya dan tahap keluaran: pengelompokan, Kleas A, B, dan AB, rangkaian catu tegangan; Osilator, pembangkit dan pembentuk sinyal; Regulasi tegangan.

Dasar Elektronika

1. Millman & Halkias, Integrated Electronic Analog and Digital Circuits and System, Tokyo, McGrawhill, 1982.

2. Bogart, Electronic Devices and Circuits, Prentice Hall, 1989.3. Cathey, Electronic Devices and Circuits (Theory and Problems),

McGraw Hill, 1989.Mata Kuliah REGULASI & STANDAR

TELEKOMUNIKASIKode MK :TES 3111

2 SKS

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan pengetahuan tentang hukum-hukum dan standar telekomunikasi yang berlaku secara internasional beserta organisasi standarisasi telekomunikasi intenasional.

Regulasi telekomunikasi di dunia dan di Indonesia (UU36/1999 dan KEPMEN), Trend reformasi global di market, isu-isu penting dari regulasi, interkoneksi, teknis dan ekonomis, network unbundling, interkoneksi antar operator (mobile, Internet, internasional). Badan regulasi yang efektif, isu-isu struktur organisasi dan finansial, institusional framework dari regulasi, fungsi umum dan khusus dari regulasi, cara praktis terbaik dalam mencapai regulasi yang efektif dan transparan. Metoda-metoda penentuan tarif interkoneksi: sender keep all, retail with discount, revenue sharing, cost-based (top-down & bottom-up), benchmarking. Contoh-contoh kasus di beberapa negara maju dan berkembang.

Jaringan Telekomunikasi

1. ITU publication, “Trend in Telecommunication Reform 2000-2001: Interconnection Regulation”

2. ITU publication, “Trend in Telecommunication Reform 2002: Effective Regulation”

3. Dephubtel, UU Telekomunikasi No. 36 tahun 1999.4. Keputusan-Keputusan Menteri di bidang telekomunikasi.

Mata Kuliah SISTEM KOMUNIKASI IKode MK : TES 3112

3 SKS

Tujuan

Silabus

Memberikan konsep sistem dan kinerja komunikasi analog.

Pendahuluan : Proses komunikasi, Sumber informasi, Kanal komunikasi, Proses modulasi, Komunikasi analog dan dijital; Proses Acak : Proses stasioner, Rata-rata, Korelasi, Fungsi Kovarians, Proses Ergodik, Transmisi proses acak melalui filter linier, Rapat spektral daya, Proses Gaussian, Derau, Derau pita sempit. Modulasi Gelombang Kontinu (CW) : Modulasi amplituda, Skema modulasi linier, Translasi frekuensi, FDM, Modulasi sudut, Penerima superheterodyne, Derau pada sistem modulasi CW, Derau pada penerima linier dengan deteksi koheren, Derau pada penerima AM dengan deteksi selubung, Derau pada penerima FM. Modulasi Pulsa : Proses sampling, PAM, Bentuk-bentuk lain modulasi pulsa, Trade off antara lebar pita dan derau, Proses kuantisasi, PCM, TDM, Multiplexer

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 30

Page 31: Buku Kurikulum 2009

Pra Syarat

Pustaka

dijital, Modulasi delta, Modulasi kode pulsa differensial, Modulasi kode pulsa differensial adaptif.

Probabilitas & Statistik Dasar TelekomunikasiSistem Linier

1. Simon Haykin, “Communication Systems”, John Wiley & Sons, 2001.2. B.P.Lathi, “Modern Digital and Analog Communication Systems”,

Holt-Saunders.Mata Kuliah JARINGAN TELEKOMUNIKASI

Kode MK : TES 31133 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Mampu memahami konsep dasar jaringan telekomunikasi dan data serta dapat memahami dan menganalisis konfigurasi dan parameter performasi jaringan telekomunikasi dan data.

Konsep dasar jaringan; pembagian jaringan telekomunikasi, jaringan Circuit Switching (PSTN/ISDN): teknologi switching, dasar perencanaan jaringan akses, dasar perencanaan national / international network, User access, Dasar Intelligent Network; Jaringan Packet Switching: lapisan physic, lapisan data link, Local Area Network, lapisan network dan lapisan transport.

Dasar Telekomunikasi

1. Roger L Freeman ; Telecommunication System Engineering, edisi terbaru.

2. L. Garcia, I. Widjaja, Communication Networks, Prentice Hall International, 2000.

3. Misha Schartz, Telecomunications network and Protocols, modeling and analysis, Addison Wesley publishing company, 1994.

Mata Kuliah REKAYASA TRAFIK TELEKOMUNIKASIKode MK : TES 3114

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep dasar trafik telepon dan menganalisis parameter trafik telepon dalam jaringan telepon.

Volume & intensitas trafik, dasar probabilitas, dasar teori trafik, distribusi Poisson, distribusi Erlang, distribusi Engset & Binomial, formula recursive Erlang, mean values, tafik luap, interkoneksi, konversi ‘carried to offered traffic’, pendimensian jaringan, sistem delay, model trafik, peramalan dan pengukuran trafik.

Probabilitas & StatistikJaringan telekomunikasi

1. Course on Traffic Engineering and Network Planning (H. Leijon cs.)2. Principles of Telecommunication-Traffic Engineering (D. Bears)3. Elementary Telephone Traffic Theory (A. Elldin & G. Lind)4. Teletraffic, Theory and Applications (H. Akimaru & K. Kawashima)5. Routing & Dimensioning in Circuit Switched Networks (A. Girard)

Mata Kuliah PENGOLAHAN SINYAL DIGITALKode MK : TES 3117

3 sks

Tujuan Memberikan konsep dasar proses, merancang ,simulasi dan aplikasi pemrosesan sinyal secara digital didalam permasalahan bidang teknik

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 31

Page 32: Buku Kurikulum 2009

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

elektro.

Sistem dan sinyal waktu diskrit, Tranformasi Z dan aplikasinya untuk sistem LTI, Frekuensi analisis dari sinyal dan sistem, Transformasi Fourier diskrit, Algoritma transformasi fast fourier, Implementasi sistem waktu diskrit, perancangan filter digital, Sampling dan rekontruksi sinyal, Pemprosesan sinyal digital multirate, dan prediksi linier serta filter linier yang optimum.

Sistem Linier

1. John G. Proakis dan Dimitris G. Manolakis, Digital Signal Processing : Principles, Algorithms, and Applications, Prentice Hall, 1996.

2. Lonnie C. Ludeman, Fundamentals of Digital Signal Processing, Harper & Row Publisher, 1986.

SEMESTER 6 Mata Kuliah KOMUNIKASI DATA

Kode MK : TES 32112 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan wawasan tentang prinsip / alasan-alasan dasar mengapa jaringan data mempunyai struktur seperti yang ada pada saat ini.

Definisi dan terminology dasar dalam komunikasi data,model OSI, karakteristik media transmisi, pengkodean dan transmisi data, interface komunikasi data (physical layer), data link layer dan protocol data link.

Jaringan Telekomunikasi

1. Stalling, William, Data and Computer Communication, Prentice Hall International, Inc., 2000.

2. Forouzn, Behrouz A, Data Communication and Networking, McGraw- Hill, 2001.

3. Halsall, Fred, Data Communication, Computer Networks, and Open System, Addison- Wesley, 1996.

Mata Kuliah SISTEM KOMUNIKASI IIKode MK : TES 3212

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan konsep sistem dan kinerja komunikasi digital.

Transmisi sinyal baseband : Diagram blok system transmisi baseband , teori Matched Filter, peluang kesalahan, transmisi melalui kanal dengan lebar pita terbatas, interferensi antar symbol, pola mata, Kriteria Nyquist untuk transmisi bebas distorsi, proses ekualisasi. Sistem transmisi multi-level (PAM signalling); Analisis ruang sinyal (signal space) : interpretasi geometris sebuah sinyal, fungsi likelihood, prinsip Maximum Likelihood Decoding, proses penerima dengan korelasi, perhitungan kinerja; Transmisi sinyal dengan modulasi : Model system transmisi dengan modulasi, modulasi Phase Shift Keying dengan deteksi koheren, modulasi hybrid Amplitude/Phase Shift Keying, modulasi Frequency Shift Keying, modulasi dengan pengkodean diferensial, sinkronisasi gelombang pembawa dan sinkronisasi simbol. Modulasi multitone diskrit.

Sistem Komunikasi 1

1. Simon Haykin, “Communication Systems”, John Wiley & Sons, 2001.

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 32

Page 33: Buku Kurikulum 2009

2. B.P.Lathi, “Modern Digital and Analog Communication Systems”, Holt-Saunders.

Mata Kuliah ELEKTRONIKA KOMUNIKASIKode MK : TES 3213

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Mata kuliah ini memberikan pengertian tentang parameter listrik dan pembangkitannya untuk frekuensi radio, cara kerja dan fungsi modul-modul dalam sistem pemancar dan penerima RF analog dan digital. Kemampuan menganalisa rangkaian modul yang diberikan. Kemampuan merancang rangkaian pasif dan aktif dalam RF.

Pendahuluan, Penguat Frekuensi Tinggi : parameter S, penguatan, kemantapan, derau rendah, catu tegangan, penguat daya, kelas penguat, Rangkaian Penyesuai Impedansi : Smith Chart, macam-macam rangkaian penyesuai impedansi, Voltage Standing Wave Ratio (VSWR), Pencampur (Mixer) : karakteristik, jenis-jenis mixer dioda, jenis-jenis mixer transistor, Filter Frekuensi Tinggi : jenis-jenis filter, filter Butterworth, filter Tchebyscheff, Osilator Frekuensi Tinggi : kondisi osilasi, macam-macam rangkaian osilator, osilator tahanan negatif, Frequency Synthesizer : phase locked loop, fractional N division PLL synthesis, direct digital syntesis.

Elektronika Analog

1. Jack R.Smith,"Modern Communication Circuits", McGraw-Hill, 1998.

2. Guillermo G.,"Microwave Transistor Amplifiers", Prentice Hall, 1997.

3. Pozar,"Microwave Engineering", Addison Wesley, 1990.4. Tomasi,W, Advanced Electronic Communication Systems, New

Jersey Prentice Hall, 1987.5. Tomasi, W., Fundamental Systems of Electronic Communication

Systems, New Jersey, Prentice-Hall, 1988.Mata Kuliah ANTENA DAN PROPAGASI

Kode MK : TES 32143 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memahami konsep dasar, macam, cara kerja dan pengukuran antena serta memahami proses perambatan gelombang elektromagnetik.

Elemen system komunikasi radio; konsep, karakteristik, serta pengukuran antenna dansusunannya; pengenalan berbagai perambatan gelombang, serta perhitungan redamanlintasan.

Medan Elektromagnetik

1. Kraus, Antennas, McGraw Hill, 1988, ISBN 0-07-035422-72. R.E. Collin, Antennas & Radiowave Propagation, Mc Graw Hill,

1985. ISBN 0-0711808-6.3. Picquenard, Radiowave Propagation, Priman Press, 1973.

SEMESTER 7Mata Kuliah SISTEM TRANSMISI

Kode MK : TES 41102 sks

Tujuan

Silabus

Memberikan konsep dan mampu merancang komunikasi radio.

Konsep dasar komunikasi radio, redaman propagasi, factor kelengkungan bumi, jarak horizon radio, geometri hubungan, daerah fresnel, fading dan fading margin, diversitas, keandalan, desain

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 33

Page 34: Buku Kurikulum 2009

Pra Syarat

Pustaka

komunikasi line of sight, desain komunikasi melalui horizon bumi, komunikasi tropo.

Antena dan Propagasi

1. Roger L. Freeman, “Radio System Design for Telecommunication (1-100) GHz, John Wiley & Sons Inc., ISBN 0-471-81236-6, 1987.

2. Phillip F. ponter, “Communication System Design”, Mc Graw-Hill, 1995.

3. Roger L. Freeman, Telecommunication Transmission Handbook, John Wiley & Sons, 1991.

Mata Kuliah SALURAN TRANSMISI DAN GELOMBANG MIKROKode MK : TES 4114

3 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan pengertian tentang perambatan sinyal elektrik pada penghantar dan mampu melakukan analisis terhadap perameter saluran transmisi.

Karakteristik Saluran Transmisi Standar, Keadaan Transien saluran transmisi tanpa rugirugi, Kondisi keadaan tunak saluran transmisi, Konstanta terdistribusi dan Perambatan Sinyal pada Saluran Transmisi Tersesuaikan dan tak tersesuaikan, Peta Smith (Smith Chart), Penyesuaian Impedansi, Pengukuran parameter saluran Transmisi, Pembangkitan dan Penguatan Sinyal Gelombang Mikro, Gelombang mikro.

Medan Elektromagentik

1. Johnson, Transmisi Line and Networks, McGrow Hill, 1950.2. Roger L. Freeman, Telecommunication Transmission Handbook,

John Wiley & Sons, 1991.3. Liao, Samuel Y., Microwave Circuit Analysis and Amplifier Design,

Prentice-Hall International, Inc., 1987.4. Hund, Edgar, Microwave Communications: Componen and

Circuits, Singapore, McGraw-Hill Book Co., 1989.Mata Kuliah SISTEM KOMUNIKASI OPTIK

Kode MK : TES 41112 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memahami prinsip-prinsip dasar dan perencanaan dalam komunikasi serat optik.

Komponen sistem komunikasi fiber optik, struktur fiber optik, penurunan sinyal pada fiber optik, optical sources, coupling daya, photodetector, optical receiver, analisa link transmisi, dan pengukuran fiber optik.

Medan Elektromagentik

1. G. Keiser, Optical Fiber Communication, McGraw-Hill 19992. J. Palais, Fiber Optics Communications, Prentice-Hall, 3rd ed.

Mata Kuliah SISTEM KOMUNIKASI BERGERAKKode MK : TES 4114

2 sks

Tujuan

Silabus

Memberikan kemampuan mengidentifikasi, memformulasi dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan sistem komunikasi bergerak.

Tipe-tipe komunikasi bergerak, struktur dan perencanaan sellular, alokasi frekuensi, propagasi, antenna, signaling, aksesn dan

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 34

Page 35: Buku Kurikulum 2009

Pra Syarat

Pustaka

authentification, selular analog dan digital, portable radio telephone, radio sellular untuk data dan untuk daerah rural.

Dasar telekomunikasi

1. WCY. Lee, Mobile Cellular Telecommunication Systems, McGraw Hill, 1990.

2. RG. Winch, Telecommunication Transmission Systems, McGraw Hill, 1993.

Mata Kuliah SISTEM KOMUNIKASI SATELITKode MK : TES 3218

2 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memahami konsep dasar sistem komunikasi satelit serta mampu merencanakan suatu sistem link/ hubungan komunikasi satelit untuk memenuhi kebutuhan saran telekomunikasi di Indonesia.

Pendahuluan, karakteristik link satelit, link budget, pemprosesan baseband dan multiplexing, teknik modulasi, teknik akses jamak, space segment, earth segment, sistem antena satelit, low noise amplifier, power amplifier.

Saluran Transmisi

1. Timothy P, C.W. Bostian, Satellite Communication, Jhon Wiley & Sons, 1986.

2. Tri TH., Digital Satelliete Communications, McGraw Hill, 1990.3. CCIR, Handbook Satellite Communications, Geneva, 1988.

Mata Kuliah ANTENA LANJUTKode MK : TES 4159

2 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan pemahaman dan analisis antena lanjut dan teknik perancangan antena.

Karakteristik antenna, struktur peradiasi, pengelompokan dan perencanaan untuk macam-macam antenna dan susunan antenna.

Antena dan Propagasi Gelombang

1. A.Balanis, Antenna Theory: Analysis and Design, Willey & Sons (Asia), 1996. ISBN0471-59268-4Kraus, Antennas, McGraw Hill, 1988, ISBN 0-07-035422-7.

Mata Kuliah PENGKODEAN CITRA DAN VIDEOKode MK : TES 4156

2 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memahami prinsip dasar pengkodean dan kompresi sinyal citra dan video serta mengenal berbagai standar pengkodean citra dan video dalam bidang telekomunikasi.

Pendahuluan, Dasar & Elemen Kompresi: Informasi & Coding, Huffman Coding, Arithmeic Coding, Sampling & Kuantisasi, Vector Quantization, Predictive Coding, Transform Coding, SubBand Coding; Video Fundamentals: sistem visual manusia, scanning, komponen warna, video digital, format-format citra; Standard Coding: JPEG, H.261, MPEG-1, MPEG-2, H.263, MPEG-4; Transmisi Video: Karakteristik Sumber Video, Pemodelan Sinyal Video, Packet Video

Pengolahan Sinyal Digital

1. Adam Drozdek, Elements of Data Compression, Thomson

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 35

Page 36: Buku Kurikulum 2009

Brooks/Cole, 2002.2. Mohammed Ghanbari, Video Coding an Introduction to Standard

Codecs, IEETelecommunications Series, 1999.

3. Yao Wang, Jorn Ostermann, Ya-Qin Zhang, Video Processing and Communications, Prentice Hall, 2001.

Mata Kuliah TEKNIK JARINGAN PITA LEBARKode MK : TES 3220

2 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan konsep dan implementasi jaringan Broadband seperti TCP/IP, ATM dan frame relay.

Gambaran perkembangan teknologi telekomunikasi yang mendorong lahirnya konsep Broadband ISDN, konsep-konsep dasar B-ISDN, LAN kecepatan tinggi, MAN, Frame Relaying, Cell Switching (ATM), Arsitektur broadband, switching dan transmisi ATM, Service multimedia, TCP/IP untuk multimedia, Jaringan akses broadband, konsep Next Generation Network

Jaringan TelekomunikasiKomunikasi Data

1. Martin de Prycer, Asynchronous Transfer Mode: Solution for Broadband ISDN, 3rd Edition, Prentice Hall, 1995

2. Balaji Kumar, Broadband Communication, McGraw Hill, 1998.3. R.G. Bates, Broadband Telecommunications Handbook, McGraw

Hill, 2002. Mata Kuliah TEKNIK JARINGAN AKSES

Kode MK : TES 32212 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Memberikan konsep dan struktur berbagai jaringan akses dan dasar perancangan jaringan tersebut.

Definisi cakupan jaringan akses : Media transmisi (copper, fiber, radio dan kombinasi) Jaringan akses berbasis ATM Protokol dan interface pada jaringan akses (V5.1 , V5.2, VB5, format, pengaturan protokol, link control, PSTN protokol, ISDN signalling), Teknologi jaringan akses pelanggan (ADSL, SDSL, HDSL, VDSL, HFC) Koding transmisi jaringan akses, Jaringan akses dengan serat optik (PON, AND, ONU, splitters, couplers, transmitters, receovers, amplifiers, ATM PON, protokol), Jaringan akses berbasis radio (cellular dan cordless, 1G, 2G, 3G, remote multiplexer).

Sistem Komunikasi 1Sistem Komunikasi 2

1. A. Gillespie, Access Network Technology, Artech House Tech., 1997.

2. R. L. Freeman ,Telecom System Enggineering, John Wiley & Sons Inc, 1996.

Mata Kuliah JARINGAN KOMPUTERKode MK : TES 4157

2 sks

Tujuan

Silabus

Mahasiswa diharapkan mampu untuk memahami konsep dan prinsip kerja jaringankomputer dan mampu merancang dan menganalisis suatu sistem jaringan komputer.

Overview Model Referensi OSI, Network layer, Transport layer, Session layer, Presentation layer, LAN : isu-isu pemilihan, tipe LAN, protokol

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 36

Page 37: Buku Kurikulum 2009

Pra Syarat

Pustaka

LAN, isu-isu performance.

Jaringan Telekomunikasi

1. L. Garcia, I. Widjaja, Communication Networks, Prentice Hall International, 2000.

2. Fred Halsall, Data Communications, Computer Networks and Open Systems, Addison Wesley, edisi terbaru.

Mata Kuliah TEKNIK INFORMASI DAN PENGKODEANKode MK : TES 4158

2 sks

Tujuan

Silabus

Pra Syarat

Pustaka

Mengenalkan kepada mahasiswa konsep informasi dan pengkodean dalam sistem transmisi komunikasi digital, yaitu konsep-konsep tentang : jumlah informasi, entropy, kapasitas kanal, kode deteksi dan koreksi error, kode blok dan kode konvolusi.

Teori informasi : informasi, entrophy, ketidakpastian, Source Coding : Teorema source coding, kompresi data, Huffman Coding, Channel Coding : kapasitas kanal, kapasitas informasi, kode deteksi error, kode koreksi error.

Komunikasi Data

1. Haykin, Simon, Communication Systems, Data and Computer Communication, John Wiley & Sons, 1994.

2. Hamming, Richard W., 2nd edition, Coding and Information Theory, Prentice-Hall Inc., 1986.

3. T. S. Rappaport, Wireless Communication : Principles and Practice, Prentice Hall, 2002.

Buku Panduan Kurikulum & Silabus Teknik Elektro S1 37