body mekanik dan body alignment

Download BODY MEKANIK Dan Body Alignment

Post on 21-Nov-2015

586 views

Category:

Documents

69 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

BODY MEKANIK Dan Body Alignment

TRANSCRIPT

  • Nama : Nur Umi Aminatus Solikha, S.Kep, NsAlamat : Perum Griya Praja Jl. Cemara Blok. C No.31Pasarbatang BrebesPekerjaan : Manajer Keperawatan RS. Bhakti Asih Brebes

  • Mata Kuliah : Kebutuhan Dasar ManusiaPengampu : Nur Umi Aminatus Solikha, S.Kep, Ns

  • Pengertian Body Mekanik Body Mekanik adalah suatu usaha mengkoordinasikan sistem muskuloskeletal dan sistem syaraf dalam mempertahankan keseimbangan, postur dan kesejajaran tubuh selama mengangkat, membungkuk, bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari.

    Pengertian Body AlignmentBody alignment adalah susunan geometric bagian-bagian tubuh dalam hubungannya dengan bagian-bagian tubuh yang lain. Body alignmen baik akan meningkatkan keseimbangan yang optimal dan fungsi tubuh yang maksimal, baik dalam posisi berdiri, duduk, maupun tidur.

  • Prinsip body mekanik :

    1.GravityMerupakan prinsip pertama yang harus diperhatikan dalam melakukann mekanika tubuh dengan benar, yaitu memandang gravitasi sebagai sumbu dalam pergerakan tubuh. Terdapat tiga faktor yang perlu diperhatikan dalam gravitasi:a. Pusat gravitasi ( center of gravitasi ), titik yang berada dipertengahan tubuhb. Garis gravitasi ( Line Of gravitasi ), merupakan garis imaginer vertikal melalui pusat gravitasi.c. Dasar tumpuan ( base of suport ), merupakan dasar tempat seseorang dalam keadaan istirahat untuk menopang atau menahan tubuh

  • 2.Balance (Keseimbangan)Keseimbangan dalam penggunaan mekanika tubuh dicapai dengan cara mempertahankan posisi garis gravitasi diantara pusat gravitasi dan dasar tumpuan.

    3.Weight (berat)Dalam menggunakan mekanika tubuh yang sangat dipehatikan adalah berat atau bobot benda yang akan diangkat karena berat benda akan mempengaruhi mekanika tubuh

  • Prinsip body alignment : Keseimbangan dapat dipertahankan jika line of gravity melewati dan base of support.The base of support lebih luas dan pusat gravity lebih rendah kestabilan dan keseimbangan lebih besar.Jika line gravity berada diluar pusat dari base of support, energi lebih banyak digunakan untuk mempertahankan keseimbangan.The base of support yang luas dan bagian-bagian dari body alignment baik akan menghemat energi dan mencegah kelelahan otot.Perubaan dalam posisi tubuh membantu mencegah ketidaknyamanan otot-otot.Body alignment yang jelek dalam waktu yang lama dapat menimbulkan rasa nyeri kelelahan otot dan kontraktur.Karena struktur enatomi individu berbeda maka intervensi keperawatan harus secara individual dan sesuai dengan kebutuhan individu tersebut.Memperkuat otot-otot yang lemah, membantu mencegah kekakuan otot dan ligament ketika body alignment jelek baik secara temporal maupun penggunaan yang kurang hati-hati.

  • Faktor Yang Mempengaruhi Body Mekanik

    A. Status kesehatan Perubahan status kesehatan dapat mempengaruhi sistem muskuloskeletal dan sistem saraf berupa penurunan koordinasi. Perubahan tersebut dapat disebabkan oleh penyakit, berkurangnya kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari hari dan lain lainnya.

    B. Nutrisi Salah satu fungsi nutrisi bagi tubuh adalah membantu proses pertumbuhan tulang dan perbaikan sel. Kekurangan nutrisi bagi tubuh dapat menyebabkan kelemahan otot dan memudahkan terjadinya penyakit. sebagai contoh tubuh yang kekurangan kalsium akan lebih mudah mengalami fraktur.

  • C. Emosi Kondisi psikologis seseorang dapat menurunkan kemampuan mekanika tubuh dan ambulansi yang baik, seseorang yang mengalami perasaan tidak aman, tidak bersemangat, dan harga diri rendah. Akan mudah mengalami perubahan dalam mekanika tubuh dan ambulasi.

    D. Situasi dan Kebiasaan Situasi dan kebiasaan yang dilakukan seseoarang misalnya, sering mengankat benda-benda berat, akan menyebabkan perubahan mekanika tubuh dan ambulasi.

    E. Gaya HidupGaya hidup, perubahan pola hidup seseorang dapat menyebabkan stress dan kemungkinan besar akan menimbulkan kecerobohan dalam beraktivitas, sehingga dapat menganggu koordinasi antara sistem muskulusletal dan neurologi, yang akhirnya akan mengakibatkan perubahan mekanika tubuh.

    F. PengetahuanPengetahuan yang baik terhadap penggunaan mekanika tubuh akan mendorong seseorang untuk mempergunakannya dengan benar, sehingga mengurangi tenaga yang dikeluarkan. Sebaliknya, pengetahuan yang kurang memadai dalam penggunaan mekanika tubuh akan menjadikan seseorang beresiko mengalami gangguan koordinasi sistem neurologi dan muskulusletal.

  • Faktor-faktor yang mempengaruhi Body Alignment : Gravity Gravity adalah atraksi timbal balik antara tubuh dan bumi.Pusat gravity: titik pusat seluruh massa dari suatu objek.The line of gravity: imaginary garis vertical melalui pusat gravity suatu.Postural reflek dan Apposing Muscles Group. Action dari otot postural yang terus menerus menyokong seseorang pada posisi tegak melawan gravity.

    Adapun factor- factor lain yang mempengaruhi body alignment, diantaranya : a. Status kesehatan b. Nutrisi c. Emosi d. Faktor social e. Gaya hidup (life style) f. Perilaku dan nilai-nilai g. Hidrasi pasien

  • *