body alignment

Download Body Alignment

Post on 24-Jun-2015

2.159 views

Category:

Documents

44 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

belajar terus pantang mundur....

TRANSCRIPT

y Body Alignment, merupakan susunan geometrik bagian-bagian tubuh dalam hubungannya dengan bagian bagian tubuh yang lain. Dan dalam bhs Inggris berarti Penjajaran. y Body Alignment yg baik dpt meningkat kan keseimbangan yg optimal & fungsi tubuh yg maksimal, baik dalam posisi berdiri, duduk, maupun tidur.

y Body Alignment dikatakan baik jika terdapat

keseimbangan diantara : persendian, otot, tendo, dan ligamen. beban pada tiap bagian tubuh / salah satu bagian tubuh menjadi tumpuan dari berat badan tubuh, sehingga fungsi dari bagian tubuh berlebihan. harus dikaji untuk melihat : Status kesehatan, fisical fitness, dan daya tarik seseorang.

y Keseimbangan yg dimaksud adalah tidak adanya

y Postur tubuh seseorang adalah salah satu hal yg

y Selain itu postur tubuh juga dpt menunjukkan :

perasaan hati, harga diri, dan kepribadian.

Body Alignment yang baik dapat : y Meningkatkan fungsi tubuh, terutama pada sistem muskuloskeletal. y Mengurangi jml energi yg dipergunakan untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. y Mengurangi kelelahan. y Memperluas expansi paru. y Meningkatkan sistem sirkulasi darah serta fungsi tubuh yang lain.

y y y

Keseimbangan dpt dipertahankan jika line of gravity melewati pusat gravitasi dan base of support. The base of support lebih luas dan pusat gravity lebih rendah maka kestabilan dan keseimbangan lebih besar. Jika line gravity berada di luar pusat dari base of support, energi lebih banyak digunakan untuk mempertahankan keseimbangan. The base of support yang luas dan bagian-bagian dari body alignment yang baik akan menghemat energi dan mencegah kelelahan otot.

y

y y y

Perubahan dalam posisi tubuh membantu mencegah ketidak-nyamanan otot-otot. Body alignment yang buruk dalam waktu yang lama dapat menimbulkan rasa nyeri, kelelahan otot dan kontraktur. Karena struktur anatomi individu berbeda, maka intervensi keperawatan yg diberikan juga harus secara individual dan sesuai dg kebutuhan individu tersebut. Memperkuat otot-otot yg lemah, membantu mencegah kekakuan otot &ligamen, ketika body alignment jelek (baik secara temporal maupun penggunaan yang kurang hati-hati).

y

yy

FAKTOR LANGSUNG.Gravity. Gravity adalah atraksi timbal balik antara tubuh dengan bumi. Postur tubuh seseorang dikatakan seimbang bila line of gravity melewati center of gravity dan base of support yang lebih luas. Postural reflexes dan opposing muscler group. Merupakan aksi dari otot postural (extensor) yang terus menahan seseorang pd posisi tegak melawan gaya tarik bumi.

y

Continued...y

Perubahan postur. Beberapa posisi benar maupun tidak benar jika berlangsung lama akan menyebabkan masalah, antara lain : Kerusakan syaraf syaraf superfascialis, kerusakan pembuluh darah, serta kontraktur. Struktur anatomi individu yang berbeda. Setiap orang mempunyai anatomi yang berbeda, perbedaan ini akan membawa pengaruh pada postur tubuh seseorang, meskipun hanya sedikit.

y

yy

FAKTOR TIDAK LANGSUNG.Status kesehatan.Status kesehatan yg kurang baik, seperti : sakit, ketidakmampuan mobilisasi, terbatasnya aktifitas, kelelahan yang terlalu lama dapat mempengaruhi fungsi tubuh, terutama sistem muskuloskeletal dan body alignment (postur tubuh).y

Nutrisi.Nutrisi yang kurang baik dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan otot, intake Kalsium yang tidak adekuat terutama pada wanita lansia dapat mengakibatkan terjadinya resiko postural akibat dari Osteophorosis.

y

Emosi.Kondisi emosional yang tidak stabil dapat mempengaruhi postur tubuh seseorang, namun penyebab dari perilaku ini harus dikaji dahulu sebelum memperbaiki postur tubuh yg kurang baik.

y

Situasional.Postur tubuh seseorang dapat berkembang menjadi buruk karena : y Tempat tidur yang lembut dan yang dapat mengganggu distribusi yang sesuai. y Letak meja, bangku, dan alat kerja lain yang tidak sesuai sehingga seseorang harus bekerja secara kaku. y Pakaian ketat dapat membatasi pergerakan dan mengganggu fungsi tubuh yang normal. y Sepatu yang sempit dan hak tinggi dapat mempengaruhi garis gravitasi keluar dari postur tubuh.

y

Gaya hidup.Gaya hidup seseorang dapat mempengaruhi postur tubuh, biasanya perubahan tersebut berlangsung selama bekerja & dpt mengakibatkan penyimpangan postural.

y

Sikap penampilan.Penilaian seseorang tentang postur tubuh memmempunyai pengaruh yang penting, pada remaja yang penting, tubuhnya tinggi dapat menjadi bungkuk sebab tubuhtubuhnya lebih tinggi dari temannya. temannya.

y

Tingkat pengetahuan seseorang.Perlu disayangkan banyak individu yang tidak memmempunyai banyak kesempatan untuk pelajari postur tubuh yang baik. baik.

y

Kerusakan Neuromuskuler.Proses penyelenggaraan yang mempengaruhi sistem ini dapat mengakibatkan gangguan postur tubuh dan dapat mengganggu fungsinya. fungsinya.

JIKA TA ADA QUESTION MAKA KITA LANJUTIN KE MATERI BERIKUT OKEY...??