biosentesis asam lemak

Download Biosentesis asam lemak

Post on 13-Jul-2015

4.076 views

Category:

Education

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

ANABOLISME ASAM LEMAK

ANABOLISME ASAM LEMAKDisusun oleh :Mentari Setiawati Elita Anggraini Setyobudi

JURUSAN BIOLOGIFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2013

Anabolisme Asam lemakTerutama terjadi di sitoplasma sel hati, sel lemak dan kelenjar susuAsetil KoA (prekursor asam lemak) dibentuk dalam mitokondriaAgar Asetil KoA dapat menembus membran mitokondria diperlukan sistem pembawa Citrat Shuttle.

Asam palmitat salah satu senyawa asam lemak yang banyak diketahui metabolismenya.Pada biosintesis asam palmitat: asetil KoA tunggal di perlukan sebagai atom C15 dan C16.Malonil KoA sebagai senyawa antara.Di katalisis oleh enzim asam lemak sintas

Perbedaan mekanisme sintesis dan oksidasi asam lemakBIOSINTESIS ASAM LEMAKOKSIDASI ASAM LEMAKTempat berlangsungSitoplasma MitokondriaSistem pembawaACPKoAPemanjangan rantai/ pemutusan rantaiMalonil KoAHasil: Asetil KoAKoenzimNADPHNAD+ dan FADTahap mekanisme reaksi biosintesis asam lemak:

Pembentukan malonil KoA dari asetil KoAPemanjangan rantai asam lemak hingga terbentuk asam palmitatPemanjangan rantai asam palmitatPembentukan malonil KoA dari asetil KoA

Enzim sitrat sintasekondensasipenguraian+ KoADIREDUKSIDIOKSIDASIMATRIKSkarboksilasi

SitoplasmakarboksilasiCO2Pemanjangan rantai secara bertahap demi tahap

V

1REAKSI KONDENSASI22. Reaksi Reduksi

3. Reaksi Dehidrasi

4. Reduksi 2

PENGULANGAN SIKLUS LIPOGENESIS

Lanjutan sintesis asam lemak:

Malonil-ACP bergabung dengan empat karbon butiril-ACP untuk membentuk enam-karbon-ACP.Rantai karbon diperpanjang oleh dua karbon setiap siklusTahap Akhir

Sintesis asam lemak selesai ketika palmitoil ACP bereaksi dengan air menghasilkan palmitat (C16) dan ACP bebas.

Biosintesis Asam Lemak Tidak Jenuh

Biosintesis Triasilgliserol Triasilgliserol merupakan lipida cadangan yang di sintesis di sel lemak dan sel hati.

Biosintesis trigliserida

hidrolisisasilasiMetabolisme Benda KetonDi dalam jaringan hati mamalia terdapat kemungkinan untuk mengubah kelebihan asetil KoA hasil perombakan asam lemak, menjadi asam asetoasetat, aseton dan asam -hidroksibutirat.Hati memilikisistem enzim yanglengkapuntukmensintesis benda-benda keton, tetapi aktivitas enzim untuk mengoksidasi senyawa yang dihasilkan tersebut rendahsekali,sehinggabenda bendatersebutdilepaskankedalamplasmadan proses oksidasinya diserahkan ke jaringan ekstrahepatik. Enzim untuk ketogenesis terdapat di dalam mitokondria. Bahan dasar untuk membentuk benda-benda keton adalah asetoasetil KoA .

Metabolisme KolesterolPada umumnya kolesterol terdapat di jaringan hewan dan manusia. Biosintesis kolesterol paling giat terjadi di jaringan hati, kulit, kelenjar anak ginjal dan kelenjar kelamin. Bahan dasar biosintesis kolesterol adalah asetat. Dari 27 atom karbon yang membentuk kolesterol, 15 atom berasal dari gugus metil dan 12 dari gugus karboksil molekul asetat.Jalur biosintesis kolesterol terdiri atas 3 tahapanPembentukan asam mevalonat dari asetatPembentukan skualin dari asam mevalonatPembentukan kolesterol dari skualin

Metabolisme LipoproteinMetabolisme lipoprotein dapat dibagi atas tiga jalur yaitu jalur metabolisme eksogen, jalur metabolisme endogen, dan jalur reverse cholesterol transport. Kedua jalur pertama berhubungan dengan metabolisme kolesterol-LDL dan trigliserid, sedang jalur reverse cholesterol transport khusus mengenai metabolisme kolesterol-HDL.

Gangguan pada Metabolisme Lipid1. Wolman Penyakit Wolman adalah gangguan yang dihasilkan ketika jenis spesifik pada kolesterol dan gliserida menumpuk di jaringan, gangguan ini disebabkan pembesaran limpa dan hati.

2. Cerebrotendinous xanthomatosis Cerebrotendinous xanthomatosis terjadi ketika cholestanol, produk pada metabolisme kolesterol, menumpuk pada jaringan. Gangguan ini segera megakibatkan gerakan yang tidak terkoordinasi, dementia, katarak, dan perkembangan lemak (xanthomas) pada tendon.

3. Sitosterolemia Pada sitosterolemia, lemak dari buah-buahan dan sayuran menumpuk di darah dan jaringan. Pembentukan lemak menyebabkan atherosclerosis, sel darah merah yang tidak normal, dan penyimpanan lemak pada tendon (xanthomas)

4. Gauchers Pada penyakit gaucher, glucocerebroside, yang menghasilkan metabolisme lemak, menumpuk di jaringan. Penyakit gaucher menyebabkan pembesaran hati dan limpa dan pewarnaan coklat pada kulit. Penumpukan glucocerebroside pada mata menyebabkan bercak kuning . Penumpukan pada tulang rawan bisa menyebabkan nyeri dan menghancurkan tulang.

5. Refsun Pada penyakit Refsun, asam phytanic, yang menghasilkan metabolisme lemak, menumpuk di jaringan. Pembentukan asam phytanic menyebabkan kerusakan syaraf dan retina, gerakan kejang, dan perubahan pada tulang dan kulit.

6. Tay-Sachs Pada penyakit tay-sach, ganglioside, yang menghasilkan metabolisme lemak, menumpuk pada jaringan. Pada usia yang sangat dini, anak dengan penyakit ini menjadi semakin lambat dan tampak mengalami sifat otot yang terkulai. Terbentuk kejang diikuti kelumpuhan, dementia, dan kebutaan. 7. Niemann-Pick Pada penyakit Niemann-Pick, kekurangan enzim khusus mengakibatkan penumpukan sphingomyelin (produk metabolisme lemak) atau kolesterol. Penyakit Niemann-Pick mempunya beberapa bentuk, bergantung pada beratnya enzim yang berkurang dan dengan demikian penumpukan sphingomyelin atau kolesterol. Tidak satupun jenis pada penyakit Niemann-Pick ini bisa disembuhkan, dan anak cenderung meninggal karena infeksi atau gangguan progresif pada sistem syaraf pusat.

8. Fabry Pada penyakit Fabry, glycolipid, yang merupakan hasil metabolisme lemak, menumpuk pada jaringan. Karena gen tidak sempurna untuk gangguan langka ini dibawa pada kromosom X, penyakit full-blown terjadi hanya pada pria. Penumpukan glycolipid menyebabkan kornea menjadi berawan, mengakibatkan pandangan buruk. Rasa terbakar bisa terjadi pada lengan dan kaki, dan orang tersebut bisa mengalami peristiwa demam.