biology cell pu3

Click here to load reader

Post on 19-Jul-2015

702 views

Category:

Health & Medicine

4 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Slide 1

SEL

Jacob Schleiden dan Theodor SchwanMathias Schleiden (1804-1881) seorang ahli botani, dan Theodor Schwann (1810-1822) seorang ahli zoologi, menyatakan bahwa semua kehidupan baik hewan maupun tumbuhan tersusun atas sel.

2. TEORI TENTANG SELTeori sel menurut Schleiden (1804-1881) dan T.Schwann (1810-1882)

Schleiden berpendapat bahwa setiap tubuh tumbuhan tersusun atas sel. Schwann berpendapat bahwa setiap tubuh hewan tersusun atas sel. Berdasarkan pendapat tersebut disimpulkan bahwa sel merupakan unit struktural (penyusun) tubuh organisme

Teori sel menurut Rudolf Virchow (1858)

Virchow berpendapat bahwa setiap sel berasal dari sel sebelumnya (omnis cellulae cellula). Akibatnya berkembanglah teori sel baru yang menyatakan bahwa sel merupakan unit kesatuan pertumbuhan.

Teori sel akibat ditemukannya alat bantu canggih

Pada akhir abad ke-19 dengan ditemukan berbagai alat bantu canggih, dapat diketahui bahwa di dalam protoplasma ditemukan berbagai organel, misalnya kromosom. Di dalam kromosom ditemukan faktor pembawa sifat yang disebut gen. Maka muncullah teori baru yang menyatakan bahwa sel merupakan kesatuan unit hereditas.

3. Perbedaan sel Prokariotik& EukariotikPerbedaan sel Prokariotik &Eukariotik

Sel Prokariotik adalah sel yang tidak memiliki selaput inti. Maka materi genetik sel Prokariotik tidak dibungkus oleh selaput. Kebanyakan sel prokariotik adalah uniselulerSel Eukariotik adalah sel yang memiliki selaput inti. Maka, materi genetiknya tidak tersebar melainkan dibungkus selaput. Jenis-jenis sel Eukariotik meliputi: sel protista, sel hewan, sel tumbuhan, dan sel fungi.

Gambar sel eukariotik & prokariotik

PERBEDAAN PROKARIOTIK DENGAN EUKARIOTIK

OrganellaEUKARIOTIKPROKARIOTIKAdaTidak AdaEndomembranMembran intiTidak AdaAdaMitokondriaTidak AdaTidak AdaTidak AdaAdaAdaAdaBadan GolgiR.EndoplasmaCARILAH PERBEDAAN YANG LAIN ..4. STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN-BAGIAN SEL

Sel hidup mempunyai 3 bagian pokok :1. Selaput pasma (membran sel)2. Sitoplasma3. Organel-organel

1. Membran Sel (Selaput Pasma)

Membran sel merupakan bagian terluar dari sel. Fungsinya yaitu :Mengontrol/mengendalikan pertukaran zat antara sitoplasma dengan lingkungannya.Menjadi tempat reaksi seperti reaksi terhadap cahaya matahari dan reaksi oksidasi dalam respirasiSebagai reseptor/penerima rangsang dari luar seperti hormon & bahan kimia lainnya,Sebagai pelindung sel agar isi sel tidak keluar meninggalkan selMengontrol zat-zat yang akan masuk maupun yang akan keluar meninggalkan sitoplasma.

2. SitoplasmaSitoplasma adalah protoplasma yang mengisi ruangan diantara selaput plasma dengan inti sel atau nukeleus. Sitoplasma merupakan sistem koloid yang amat dinamis, senantiasa bergerak dan tidak pernah diam.Sitoplasma tersusun atas bahan dasar cair disebut sitosol.

B. Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma merupakan sistem membran kompleks yang tersusun tidak beraturan membentuk jaring-jaring kerja (retikulum), yang terdapat dalam sitoplasma eukariotik.Retikulum Endoplasma dibedakan menjadi 2, yaitu RE kasar dan RE halus. Keduanya berperan besar dalam sintesis & transportasi serta transpor senyawa kimia lainnya.

C. RibosomRibosom merupakan organel kecil di dalam sel dengan diameter lebih kurang 20 nm. Ribosom tersusun atas protein dan ARN ribosom dengan perbandingan sama banyak. Fungsi ribosom sebagai tempat menyintesis protein dari asam amino.

Gambar RibosomD. Sentriol

Organel ini terdiri dari sepasang badan berbentuk tabung (silinder) dan merupakan suatu kesatuan yang disebut sentrosonz. Sentriol berperan besar dalam proses pembelahan sel.

E. Golgi Kompleks

Organel ini ditemukan oleh Camillo Golgi tahun 1898. Jumlahnya menonjol pada sel kelenjar. Organel ini membentuk struktur seperti jala yang kompleks.

Golgi kompleks berfungsi untuk :1). Mengangkat & mengubah secara kimia materi-materi yang terdapat didalamnya2). Menghasilkan lendir, lilin pada tanaman perca, & sekresi yang bersifat lengket3). Kadang-kadang transpor lemak4). Sekresi protein, glikoprotein, karbohidrat & lemak5). Membentuk lisosomPada sel tumbuhan badan golgi disebut Diktiosom

F. Lisosom

Lisosom adalah organel kecil yang terbungkus oleh selapis membran. Organel ini terdapat pada hampir semua sel eukariotik, terutama pada sel-sel hewan yang memiliki kegiatan fagositik.Fungsi Lisosom yaitu :Mencerna materi yang diambil secara endositosisAutofagi, yaitu penyingkiran struktur-struktur yang tidak dikehendaki dalam selEksositosis, yaitu pembebasan enzim diluar sel, misalnya ini terjadi pada penggantian tulang rawan pada perkembangan tulang kerasAutolisis, yaitu penghancuran diri sel dengan cara membebaskan semua isi lisosom dalam sel, misalnya terjadi pada berudu yang menginjak dewasa dengan menyerap kembali ekornya.

G. Mitokondria

Mitokondria merupakan organel berbentuk seperti sosis yang strukturnya sangat kompleks. Organel ini merupakan tempat berlangsungnya respirasi aerobik dalam sel. Setiap mitokondria terlindung oleh membran ganda. Membran yang berlekuk-lekuk disebut krista, berfungsi untuk memperluas permukaan.

H. Kloroplas

Kloroplas tersebar didalam sitoplasma adalah plastida yang mengandung pigmen hijau, kuning atau merah. Fungsinya sebagai penyelenggara fotosintesis.Di dalam kloroflas terdapat klorofil dalam pigmen-pigmen fotosintetik lainnya, yang terletak pada sistem membran & bertebaran pada seluruh bahan dasar yang disebut stroma.

I. Badan Mikro (Peroksisom & Glioksisom)

Organel ini berukuran sebesar lisosom. Peroksisom senantiasa berasosiasi dengan organel lain, & banyak mengandung enzim katalase & oksidase. Peroksisom juga berperan dalam metabolisme lemak menjadi karbohidrat serta perubahan purin.

5. Perbedaan seL Hewan & SeL Tumbuhan

Gambar sel HewanGambar sel tumbuhanPerbedaan sel hewan & sel tumbuhan

Daftar pustakaPrawirohartono, slamet. 2005. Sains Biologi 2a. Jakarta : Bumi Aksarahttp://lengkapbiologi.blogspot.com/2013/04/perbedaan-sel-prokariotik-dan-eukariotik.htmlhttp://oret-oteranmasbiolovers.blogspot.com/2013/03/perbedaan-sel-prokariotik-dan-sel.htmlhttp://www.biologi-sel.com/2012/11/perbedaan-sel-prokariotik-dan-sel.html

THANK YOU