biologi-organ tumbuhan

Click here to load reader

Post on 19-Jul-2015

7.924 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Slide 1

AssalamualaikumDisusun oleh :Anastasya Risye Linda Lia Citra XI.IPA.1ORGAN TUMBUHAN(Akar, Batang, Daun, dan Bunga)

AKAR ITU APA SIH ????

AKAR

Akar merupakan bagian dari tumbuhan yang ada di dalam tanah sebagai tempat masuknya air dan garam mineral dari tanah menuju seluruh bagian tumbuhan. Akar juga berfungsi untuk melekatkan dan menopang tubuh agar kokoh. Pada beberapa tumbuhan, akar juga menjadi tempat menyimpan cadangan makanan, misalnya pada ketela pohon.

Pada tumbuhan tingkat tinggi sistem perakaran dapat dibedakan menjadi dua, yakni akar serabut dan akar tunggang. Sistem akar serabut terdapat pada golongan tumbuhan tanaman monokotil, seperti padi, jagung dan bambu. Sistem akar tunggang terdapat pada kelompok tumbuhan dikotil, seperti mangga, jambu dan pepaya.

Akar berasal dari calon akar yang terdapat pada embrio atau lembaga dari biji. Calon akar yang tumbuh menjadi akar disebut akar primer, sedangkan pertumbuhan akar akibat aktifitas kambium akan mebentuk akar sekunder.STRUKTUR ANATOMI AKAR

1.EpidermisEpidermis akar berkembang dari protoderma. Sel epidermis akar hanya terdiri dari selapis sel, berbentuk pipih dan berdinding tipis. Pada daerah dekat ujung akar, sel-sel epidermis ini termodifikasi menjadi bulu akar, lapisan kutikulanya sangat tipis. Hal itu sesuai dengan fungsinya sebagai penyerap air.2.KorteksKorteks terdiri dari beberapa lapis sel parenkima yang tersusun melingkar. Pada beberapa tumbuhan air, sel-sel parenkima korteks tersusun teratur dan banyak dijumpai ruang-ruang udara, parenkima seperti ini disebutaerenkim. Pada tumbuhan monokotil korteks biasanya mengandung sklerenkima. Letak korteks pada akar lebih luar daripada letak korteks pada batang.3.EndodermisLapisan terdalam dari korteks akar berdeferensiasi menjadi endodermis. Endodermis terdiri dari selapis sel yang tebal, yang menandai batas korteks. Pada sel endodermis muda terdapat penebalan dinding oleh zat suberin atau lignin mengelilingi dinding radial. Penebalan tersebut membentuk rangkaian berbentuk pita. Penebalan seperti pita ini disebutPita Kaspari. Pita Kaspari mencegah air masuk melintasi dinding sel. Untuk masuk ke silinder pusat, air melalui endodermis yang dindingnya tidak menebal, yang disebutsel penerus air.4.Silinder Pusat (Stele)Stele terletak di sebelah dalam lapisan endodermis. Stele pada akar tersusun oleh jaringan-jaringan pengangkut xilem, floem, dan perisikel. Perisikel terdiri dari sel bertipe parenkima yang berada di antara endodermis dan jaringan pembuluh. Perisikel berkembang dari prokambium. Kambium dan jari-jari empulur dibentuk dari perisikel.

BATANG Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang amat penting yang berada di atas permukaan tanah. Batang tumbuh dari batang lembaga yang tumbuh dari dalam biji. Selanjutnya pertumbuhan berasal dari titik tumbuh berupa meristem apical yang terdapat dalam batang. Mengingat tempat dan kedudukannya bagi tubuh tumbuhan, batang dapat disamakan dengan sumbu tubuh tumbuhan. Pada umumnya batang terdiri dari sumbu tegak dengan daun-daun yang melekat padanya.Batang berfungsi untuk pengangkutan (transportasi) zat-zat makanan. Selain itu batang juga berfungsi sebagai alat pembentuk dan pembawa daun. Pada beberapa jenis tanaman, batang ada juga yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan maupun sebagai alat perkembangbiakan vegetatif.PERBEDAAN BATANG MONOKOTIL DAN DIKOTILPada tumbuhan Dikotil, berkayu keras dan hidupnya menahun, pertumbuhan menebal sekunder tidak berlangsung terus-menerus, tetapi hanya pada saat air dan zat hara tersedia cukup, sedang pada musim kering tidak terjadi pertumbuhan sehingga pertumbuhan menebalnya pada batang tampak berlapis-lapis, setiap lapis menunjukkan aktivitas pertumbuhan selama satu tahun, lapis-lapis lingkaran tersebut dinamakan Lingkaran Tahun.Batang Monokotil, pada batang Monokotil, epidermis terdiri dari satu lapis sel, batas antara korteks dan stele umumnya tidak jelas. Pada stele monokotil terdapat ikatan pembuluh yang menyebar dan bertipe kolateral tertutup yang artinya di antara xilem dan floem tidak ditemukan kambium. Tidak adanya kambium pada Monokotil menyebabkan batang Monokotil tidak dapat tumbuh membesar, dengan perkataan lain tidak terjadi pertumbuhan menebal sekunder. Meskipun demikian, ada Monokotil yang dapat mengadakan pertumbuhan menebal sekunder, misalnya pada pohon Hanjuang (Cordyline sp) dan pohon Nenas seberang (Agave sp).13SUSUNAN ANATOMI BATANGEpidermisTerdiri atas selaput sel yang tersusun rapat, tidak mempunyai ruang antar sel dan terdiri dari selapis sel. Fungsi epidermis untuk melindungi jaringan di bawahnya. Pada batang yang mengalami pertumbuhan sekunder, lapisan epidermis digantikan oleh lapisan gabus yang dibentuk dari kambium gabus.KorteksKorteks batang disebut juga kulit pertama, terdiri dari beberapa lapis sel, yang dekat dengan lapisan epidermis tersusun atas jaringan kolenkim, makin ke dalam tersusun atas jaringan parenkim.EndodermisEndodermis batang disebut juga kulit dalam, tersusun atas selapis sel, merupakan lapisan pemisah antara korteks dengan stele. Endodermis tumbuhan Angiospermae mengandung zat tepung, tetapi tidak terdapat pada endodermis tumbuhan Gymnospermae.Stele/ Silinder PusatMerupakan lapisan terdalam dari batang. Lapisan terluar dari stele disebut perisikel atau perikambium. lkatan pembuluh pada stele disebut tipe kolateral yang artinya xilem dan floem. Letak saling bersisian, xilem di sebelah dalam dan floem di sebelah luar.

Letak berkas pembuluh batang monokotil dan dikotil

Proses pembentukan lingkaran tahun akibat aktivitas kambium pada batang kecil

3.DAUNPengertian daunDaunmerupakan salah satuorgantumbuhanyang tumbuh dari batang, umumnya berwarna hijau dan terutama berfungsi sebagai penangkapenergidari cahayamataharimelaluifotosintesis. Daun merupakan organ terpenting bagi tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya karena tumbuhan adalah organismeautotrofobligat, ia harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi energi cahaya menjadi energikimia.Bentuk daun sangat beragam, namun biasanya berupa helaian, bisa tipis atau tebal. Gambaran dua dimensi daun digunakan sebagai pembeda bagi bentuk-bentuk daun. Bentuk dasar daun membulat, dengan variasi cuping menjari atau menjadi elips dan memanjang. Bentuk ekstremnya bisa meruncing panjang.Daun juga bisa bermodifikasi menjadiduri(misalnya padakaktus), dan berakibat daun kehilangan fungsinya sebagai organfotosintetik. Daun tumbuhansukulenatauxerofitjuga dapat mengalami peralihan fungsi menjadi organ penyimpan air.

Struktur Daun

Susunan anatomi daun dari luar ke dalama. EpidermisEpidermis merupakan lapisan terluar yang menutup permukaan dan bawah daun. Jaringan ini berfungsi melindungi jaringan daun di bawahnya. Biasanya dilapisi kutikula untuk mencegah terjadinya penguapan air yang terlalu besar.

b. MesofilMesofil disebut juga jaringan dasar, terletak di antara epidermis atas dan bawah. Mesofil terdiri atas jaringan palisade dan jaringan bunga karang (jaringan spons). Keduajaringan ini banyak mengandung kloroplas yang berperan sebagai tempat fotosintesis.

c. Jaringan Pembuluh/PengangkutJaringan pembuluh atau pengangkut daun terdapat pada tulang daun. Pada tulang daun terdapat urat-urat halus yang berperan sebagai pembuluh nadi dan sebagai kerangka daun sehingga daun menjadi kuat.

BUNGABunga merupakan alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan Angiospermae. Bunga merupakan alat perkembangbiakan karena di dalam bunga terdapat alat-alat reproduksi, seperti benang sari.Tumbuhan monokotil dan dikotil mempunyai bagian yang sama, yaitu kelopak bunga (kaliks), mahkota bunga (corolla), benang sari (stamen), putik, dan lembaga (ovarium).Kelopak bunga adalah bagian bunga terluar, terletak pada dasar bunga. Kelopak ini berwarna hijau dan merupakan modifikasi dari daun. Bagian atau lembaran kelopak bunga disebut juga daun kelopak (sepal).Mahkota bunga terletak di sebelah dalam atau di atas kelopak bunga. Lembaran mahkota disebut juga daun mahkota (petal). Mahkota dan kelopak bunga sering disebut perhiasan bunga. Ukuran mahkota biasanya besar dan berwarna-warni. Tumbuhan dikotil umumnya empat atau lima helai. Sedangkan, pada tumbuhan monokotil tiga atau enam helai.Benang sari adalah serbuk sari yang merupakan gamet jantan pada tumbuhan. Benang sari terletak di tengah mahkota, memiliki bagian-bagian, yaitu tangkai (filamen), kepala sari, dan serbuk sari (polen). Sedangkan, putik terletak di pusat bunga. Lembaran penyusun putik disebut karpel. Setiap karpel memiliki ovarium yang menghasilkan satu sel telur. Ovarium berhubungan dengan putik yang terdiri atas tangkai putik (stilus) yang mendukung kepala putik (stigma). Stigma merupakan tempat melekatnya serbuk sari saat penyerbukan.Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan DikotilPerbedaan Monokotil DikotilBentuk akarSerabut Tunggang Bentuk tulang daun Melengkung atau sejajarMenyirip atau menjariJumlah keping biji (kotiledon)1 buah keping biji 2 buah keping bijiKandungan kambiumTidak memilikiMemiliki kambium pada akar dan batangJumlah kelopak bungaKelipatan 3Kelipatan 4 atau 5Pertumbuhan akar dan batangTidak bisa tumbuh menjadi besarBisa tumbuh menjadi besarContoh tumbuhan monokotil: kelapa, jagung, padi, sirih dll Contoh tumbuhan dikotil: mangga, rambutan, jambu dllTIPE BUNGATipe BungaKelopak Mahkota Benang SariPutik Bunga lengkapBunga sempurna / - / -Bunga betina-Bunga jantan -Bunga telanjang--