bersinar jan 2013

12
Edisi 129 / XII / Januari 2013 Diterbitkan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung Bagian Humas. Web site: www.tulungagung.go.id Email: [email protected]

Upload: ary-de-batara

Post on 12-Aug-2015

74 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Tabloid bersinas tulungagung edisi januari 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku

Edisi 129 / XII / Januari 2013

Diterbitkan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung Bagian Humas. Web site: www.tulungagung.go.id Email: [email protected]

Page 2: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku

Redaksi membuka rubrik surat pembaca untuk masyarakat yang ingin menyampaikan pandangan, komentar, kritik, saran dan sumbangan naskah artikel atau berita yang sesuai dengan misi membangun terhadap keadaan yangterjadi didaerah Kabupaten Tulungagung. Isi tulisan tidak boleh mengandung iklan pemasaran produk atau jasa serta provokasi yang mengundang terjadinya konflik. Dalam mengirim surat pembaca harap menyertakan fotocopy(KTP, SIM dll). Untuk Persyaratan penulisan naskah, panjang tulisan 4 halaman folio atas 4 Cm, kiri 4 Cm, kanan 2 Cm dan bawah 3 Cm dan harus disertakan foto 10x15. * Redaksi berhak mengoreksi dan mengedit naskah yangditerima untuk disesuaikan dengan kolom yang tersedia.

Diterbitkan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung BagianHubungan Masyarakat (Humas) *Kep. Bupati Tulungagung No. 436 Th.2002 tgl.23-5-2003

Alamat Redaksi: Jl A. Yani Timur 1 Telp/fax (0355) 321201 Tulungagung-66212.web site: www.tulungagung.go.id Email: [email protected]

Pelindung: Bupati Tulungagung Ir. Heru Tjahjono, MM. Penanggung Jawab: Kepala Bagian Humas: Drs.Suyanto, MM. Pemimpin Redaksi: Kasubag Pemberdayaan Informasi: Nanang Budi Utomo. RedaksiPelaksana: Sri Novita Andriani. Redaktur: Imam Puryanto. Reporter: Nursidin, Nugroho, Heri Yuwono.Tata Letak: M.A. Guvron.

2

Daftar isi

Daftar Isi

67 Pejabat Eselon IV Dilantik Hal 3

Dirjen PU Bangga pada PPIP Tulungagung Hal 3

Kampanye Damai Pemilukada Hal 4

Penyampaian Visi Misi Pasangan

Cabub Cawabub Hal 4

Deklarasi Empat Pasang Calon Hal 5

Debat Publik Pasangan Cabub dan

Cawabub Tulungagung Hal 5

Siap Amankan Pelaksaan Pemilukada Hal 6

Kodim 0807 Siap Sukseskan Pemilukada Hal 6

Tulungagung Memilih Hal 7

Kerja bakti Bareng Warga Hal 7

Tanaman Obat Keluarga Hal 8

Geti Tulungagung Rambah Pasar

Luar Daerah Hal 9

Hasil Panen Bagus, banyak Permintaan Hal 9

Rakon PKK Mantapkan Kinerja Hal 9

IPHI Tulungagung Peringati Maulid Nabi

Muhammad SAW Hal 10

Tanjung Perak Tepi Laut Seri ke 27 Hal 11

Cover

Peserta Pemilihan Putri & Ratu Yamaha pada

Penutupan Pengunduian TSF

Mlaku Bareng Cabub/CawabubRIBUAN peserta gerak jalan Mlaku

Bareng Calon Bupati dan Wakil BupatiTulungagung tahun 2013. Memadati garisstart sebelum diberangkatkan, Sabtu 12januari 2013.gerak jalan didahului denganpenandatanganan deklarasi kampanyedamai para calon Bupati dan Calon wakilBupati tahun 2013.

Gerak jalan menempuh jarak sekitar 5Km, diberangkatkan oleh Bupati HeruTjahjono. Untuk peserta gerak jalan telahdisediakan hadiah utama dan puluhuandoorprise oleh panitia.

Bupati Heru Tjahjono berharap kepadaseluruh warga masyarakat Tulungagunguntuk mensukseskan PemilukadaTulungagung, dengan mendatangi tempatpemungutan suara yang ada di lingkung-an masing masing dan menggunakan hakpilihnya. “Bapak–bapak dan ibu-ibuwarga Tulungagung kami mengharapkanagar datang ke TPS dan pilihlah calonbupati dan calon wakil sesuai hati nuranimasing - masing pada tanggal 31 Januarimendatang.“ ujar Bupati dihadapanpeserta gerak jalan. (nug)

Banyak Koleksi Banyak DisukaiIKAN hias hasil budidaya para petani

ikan Tulungagung ternyata banyakdiminati para penghobi di seluruhNusantara. Di Tulungagung petani yangmembudidayakan ikan hias menyebarhampir disetiap kecamatan ada.

Menurut Adi Santoso penghobi ikan hiasasal Kelurahan Kepatihan dirinyamemelihara dan mengkoleksi ikan hiasdirumahnya karena ikan hias inidisamping warnanya menarik bentuknyadan gerakanya juga lucu. “Ikan hias yangsaya koleksi diantaranya adalah ikan kokidan berbagai jenis ikan emas seperti jeniskaliko. Karena ikan ini selain warnanyamenarik juga lucu bila bergerak“. Ujarnya.

Seorang pedagang ikan asal dusunRingin Putih Desa Ringin Pitu KecamatanKedungwaru Yulius menuturkan bahwaikan di Tulungagung sudah banyakdipasarkan di seluru wilayah nusantara.“Asalkan ada bandara, disitu ada ikanmilik petani asal Tulungagung siap

dijual“. Ujar Yulius. Karena Yulius banyakmengirimkan ikan hias melaluitransportasi udara.

“Untuk ikan dari petani Tulungagungyang saya jual ada beberapa jenis,diantaranya Oranda, Riokin atau Tosa,Teleskop atau Black More, Mutiara,Mutiara Jambul, Koi dll”. Imbuhnya.

Di Tulungagung berbagai jenis ikan hiasbanyak dibudidayakan oleh para petaniikan hias petani ikan, mulai dari Koi, Koki,Oranda, Tosa, Mutiara, Ranchu, Tekim,Marbel, Malti, Cupang, dll. “Untuk jenisikan yang saya jual dari petaniTulungagung ada beberapa diantaranyakoi, koki , oranda, Tosa, mutiara, Ranchu,Tekim, Marbel, Cupang, dll. Ikan inibanyak dipelihara oleh para patanihampir diseluruh wilayah Tulungagung,untuk nominal produksinya lebih dari 100milyar, dari seluruh jenis ikan hias yangada didalam satu tahunnya“. Imbuhnya.(nug)

Page 3: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku 3

Laporan Khusus

BERTEMPAT di Pendopo Ko-ngas Arum Kusumaning Bang-sa, Rabu (02/01), Bupati Tulung-agung yang diwakili Sekda Ir.Indra Fauzi MM melantik 67Pejabat eselon IV di LingkupPemkab Tulungagung. Pelan-tikan disaksikan anggota komisiA DPRD Kabupaten Tulung-agung serta Pimpinan SKPDlingkup Pemkab Tulungagung.

Pelantikan berdasarkan SuratKeputusan Bupati Tulung-agung Nomor 821.2/137/407.-205/2012 tanggal 28 Desember2012. Penandatanganan naskahsumpah secara simbolis diwa-kili oleh Endang SaifudinAshari, SSTP mewakili agamaIslam, Ir. Jusak Sony mewakili

67 Pejabat Eselon IV Dilantikagama Kristen dan R.A.Mandarpaes Hendradjatining-sih, SE, mewakili agama Katolik.

Bupati Tulungagung dalamsambutan tertulisnya yangdibacakan Sekretaris Daerah Ir.Indra Fauzi MM diantaranyameminta kepada pejabat yangbaru dilantik agar memilikiloyalitas, dedikasi dan tang-gungjawab terhadap tugasyang diberikan serta mening-katkan pelayanan kepadamasyarakat.

Selain itu Bupati juga berpesanagar kepada pejabat yang barudilantik segera menempati posbaru dan semoga dapat men-jalankan tugas sesuai dengantupoksinya masing-masing. (her)

DIREKTUR Jenderal CiptaKarya Kementerian PekerjaanUmum Republik Indonesia,Budi Yuwono merasa banggadengan hasil Program Pemba-ngunan Insfrastruktur Pedesa-an (PPIP) yang berada diTulungagung, karena selaincara penggarapannnya dila-kukan dengan baik juga seringmendapatkan prestasi. Haltersebut disampaikan ketikaDirjen PU, Budi Yuwono menin-jau beberapa tempat PPIP yangada di wilayah KabupatenTulungagung, Selasa (22/01).

“Selain itu yang lebih mem-banggakan, khususnya untukPPIP Kabupaten Tulungagungtak pernah ada berita miringatau berita penyimpangan,namun yang ada adalahprestasi yang diraih. Hal yangseperti inilah yang diharapkan

Dirjen PU Bangga Kepada PPIP Tulungagungoleh pemerintah atau lebih te-patnya kepercayaan terhadappemerintah harus selalu dija-ga.” Ucap Budi Yuwono, usaimeninjau PPIP di Desa Pelem,Kecamatan Campurdarat.

Dalam kesempatan tersebut,Bupati Tulungagung Ir. HeruTjahjono MM, berterima kasihkepada Direktur Jenderal CiptaKarya Kementerian PekerjaanUmum yang telah memberikanbantuannya. Sedangkan kepa-da para penerima bantuan,kepala SKPD, Camat, Kades,Organisasi Masyarakat (Or-mas), Bupati mengharapkanagar bantuan dari Dirjen PUbenar-benar dimanfaatkansesuai dengan tujuannya.

Dalam kunjungan di DesaPelem, Kecamatan Campur-darat, Dirjen PU berdialogdengan Ormas. Ditempat yang

sama Kadin PU BM & CKTulungagung, Agus Wahyudiselaku ketua panitia, menje-laskan tentang PPIP di Tulung-agung mulai tahun 2008 hingga2012 telah berhasil membangunjalan sepanjang 168,6 Km dan 8jembatan. Pelaksanaan PPIPtersebut tersebar di 124 Desaterdiri tahun 2008 (10 Desa),tahun 2009 (24 Desa), tahun2010 (30 Desa), tahun 2011 (31Desa) dan tahun 2012 (35 Desa).

Usai mengunjungi desaPelem, Dirjen PU, Budi Yuwonodidampingi Bupati Heru Tjah-jono meninjau PPIP yang bera-da di Dusun Telan Desa Tang-gulwelahan, Kecamatan Besuki.Ditempat tersebut, Dirjen PU,Budi Yuwono maupun BupatiHeru Tjahjono merasa puasdengan hasil yang dilaksanakanoleh PPIP setempat. (her)

Pengambilan sumpah janji pelantikan pejabat eselon IV di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

R.A.MandarpaesHendradjati-ningsih, SE,menanda-tanganiberitaacarapelantikanpejabateselon IV.

Dirjen PU Budi Yuwono bersama Bupati Heru tinjau lokasi.

Page 4: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku 4

Pemilukada

TPS Terbaik Mendapat Hadiah,Terbaik I Mendapat Sapi

BUPATI Tulungagung, Ir.Heru Tjahjono, MM, mengata-kan dalam pelaksanaan Pemi-lukada Tulungagung yang dige-lar 31 Januari 2013, bagiTempat Pemungutan Suara(TPS) terbaik akanmendapatkan hadiah, mulaidari Sapi hingga ayam. Haltersebut dikatakan oleh BuaptiHeru Tjahjono ketikamemberikan sambutan dalamsosialisasi Pemilukada tahun2013 kepada ketua RT/RW danKades/Kakel se-KabupatenTulungagung, di PendopoKongas Arum KusumaningBongso, Rabu 16 Januari 2013.

Bupati Heru Tjahjono jugamenjelaskan kalau jumlah TPSyang ada di Tulungagungselama pelaksanaan Pemiluka-da sebanyak 1.921 TPS yangtersebar disetiap desa. TPS-TPSini akan dilomba dan dipilih

Penyampaian Visi MisiPasangan Cabup dan Cawabup

tiga TPS terbaik. Untuk terbaikI mendapatkan hadiah berupa1 (satu) ekor sapi, terbaik IImendapatkan 3 ekor kambingterdiri 1 ekor kambing jantan

dan 2 ekor kambing betina danterbaik III mendapatkan 100pasang ayam atau 200 ekor

Bersambung Hal........11

BUPATI Tulungagung, Ir.Heru Tjahjono, MM, mengha-rapkan agar pelaksanaan kam-panye pemilihan Bupati danwakil Bupati Tulungagungberjalan damai. Harapan itudisampaikan Bupati Tulung-agung pada empat pasanganCabup/Cawabup, Selasa (15/1),sebelum memberangkatkan pa-wai kampanye damai menge-lilingi Kota Tulungagung didepan Stadion RejoagungTulungagung.

Bupati mengingatkan padaempat pasangan calon yaitu:pasangan Syahri Mulyo-Mar-yoto Bhirowo (Sahto), M.Athiyah-Budi Setijahadi (Abdi),Isman-Tatang Suhartono (Ma-tang) dan Bambang Adyaksa-Anna Luthfie (Bangsa) untukmelakukan kampanye secaradamai selama masa kampanye.Seperti diketahui kemarin masakampanye pasangan calonsudah memasuki hari keduadari 14 hari masa kampanyeyang sudah ditentukan KPUDTulungagung.

“Selama pelaksanaan kam-panye diharapkan agar kondisiTulungagung selalu dalamkeadaan kondusif, aman dan

KampanyeDamaiPemilukada

terkendali. Itu harapannya,”ucap Bupati

Pelepasan kampanye damaidilaksanakan oleh Bupati Herudidampingi oleh Ketua KPUTulungagung, Suyitno Armandan Kapolres Tulungagung.

Suyitno Arman berharapselama masa kampanye Pemi-lukada Tulungagung berjalanlancar, tertib dan kondusif.“Situasi yang kondusif selamamasa kampanye itu harapankita semua,” katanya.

Kampanye damai diwarnaidengan arak-arakan mobil, yai-tu mobil dari pasangan calon,mobil dari KPUD Tulungagung,mobil keamanan dari PolresTulungagung dan arak-arakanmotor dari pendukung calon.

Adapun rute kampanyedamai dimulai dari stadionRejoagung menuju Desa SerutKecamatan Boyolangu belok kekanan menuju Jl. Ki MangunSarkoro kemudian ke utarasampai di perempatan Tama-nan ke kiri menuju KecamatanKauman melalui Jl SoekarnoHatta, melewati depan pasarKliwon Kalangbret, pasarNgemplak dan dan berakhir diStadion Rejoagung. (din)

SENIN, 14 Januari 2013, di gedung DPRDTulungagung digelar Rapat ParipurnaDPRD dalam rangka penyampaian visi misidan program dari pasangan calon Bupati(Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup)Kabupaten Tulungagung Periode Tahun2013–2018.

Rapat Paripurna dihadiri BupatiTulungagung, Muspida, KPUD, Panwaslu,para Pimpinan SKPD lingkup PemkabTulungagung, anggota DPRD Tulungagung,pimpinan Parpol dan tim kampanyemasing–masing calon, pimpinan Bank,Ormas, LSM, berlangsung lancar.

Rapat Paripurna dipimpin Wakil KetuaDPRD Tulungagung, Drs. H. Alvin Halim,MM. Alvin menjelaskan rapat Paripurnasesuai dengan pasal 55 ayat (4) PeraturanPemerintah Republik Indonesia No. 6 tahun2005 disebutkan bahwa hari pertamakampanye dilakukan dalam Paripurna

DPRD dengan acara penyampaian. Visi Misidan Program dari Pasangan Calon Bupati(Cabup) dan Calon Wakil Bupati(Cawabup) secara berurutan denganwaktu yang sama tanpa dilakukan dialog,dihadiri oleh wakil masyarakat danterbuka untuk umum.

Selanjutnya diisi dengan penyampaianvisi misi dan program dari pasangan calonbupati (Cabup) dan calon wakil bupati(Cawabup) Kabupaten TulungagungPeriode Tahun 2013 – 2018, secara berurutandan masing–masing pasangan calon diberiwaktu 15 menit. Penyampaian secaraberurutan tersebut dimulai dari pasangancalon nomor urut: 1 yaitu pasangan SyahriMulyo dan Maryoto Birowo. 2, PasanganMuhammad Athiyah dan Budi Setyahadi.3, Pasangan Isman dan Tatang Suhartono.4, Pasangan Bambang Adyaksa Utomo danAnna Lutfie. (her)

Empat pasang calon Cabub dan Cawabub menyampaikan visi misi.

Bupati Heru Tjahjono memberangkan pelaksanaan kampanyedamai Pemilukada.

Bupati Heru Tjahjono meninjau TPS di Sendang.

Page 5: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku 5

Pemilukada

MINGGU 27 Januari 2013, diHotel Istana Tulungagung,digelar Debat Publik PasanganCalon Bupati dan Wakil BupatiTulungagung tahun 2013. da-lam debatnya keempat pasa-ngan calon ini adu argumentasitentang penyampaian visi misidan program dari dari masing-masing pasangan Calon Bupati(Cabup) dan Calon WakilBupati (Cawabup) KabupatenTulungagung Periode Tahun2013–2018.

Ketua KPUD Tulungagung,Suyitno Arman mengucapkanterimakasih kepada empatpasangan calon dan seluruhmasyarakat sehingga dalam

Deklarasi Empat Pasang CalonEMPAT pasang calon Bupati dan

Wakil Bupati Tulungagung mende-klarasikan siap terpilih dan siap tidakterpilih dalam Pemilukada Tulung-agung tahun 2013, di Pendopo KongasArum Kusumaning Bongso KabupatenTulungagung. Selasa, 29 Januari 2013,malam.

Semua Cabup dan Cawabup untukperiode 2013–2018 hadir ditempattersebut, yaiyu: pasangan nomor urutsatu, Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo(Sahto), pasangan nomor urut dua,pasangan Muhammad Athiyah danBudi Setyahadi (Abdi), pasangan nomorurut tiga, pasangan Isman dan TatangSuhartono (Matang) dan pasangannomor urut empat, pasangan BambangAdyaksa Utomo dan Anna Lutfie(Bangsa).

Deklarasi dihadiri Bupati Tulung-agung, Muspida, Komisioner KPUD,Panwaslu, para Pimpinan SKPD ling-kup Pemkab, anggota DPRD Tulung-agung, Pimpinan Parpol dan tim kam-panye masing–masing calon.

Bupati Tulungagung, Ir. Heru Tjah-jono, MM, mengharap kepada semuawarga Tulungagung agar tidak menyia-nyiakan pada Kamis, 31 Januari 2013,untuk ikut mensukseskan jalannyaPemilukada Tulungagung dengan da-tang ke TPS dan mencoblos sesuai de-ngan hati nurani masing-masing.“Selain itu, hendaknya Pemilukadadapat berlangsung aman, lancar dankondusif.” harap Bupati Tulungagung.

Selanjutnya, semua pasangan Cabupdan Cawabup mengikuti deklarasi siapterpilih dan siap tidak terpilih dalamPemilukada Tulungagung Tahun 2013.Masing-masing pasangan calon me-nanda tangani berita acara yang diikutioleh tim kampanye dan saksi-saksi.

Setelah deklarasi, acara dilanjuatkandengan doa bersama lintas agama, dariHindu, Budha, Kristen, Katolik, danIslam. Kemudian dilaksankan pemoto-ngan empat tumpeng oleh Bupati HeruTjahjono, yang selanjutnya diberikankepada masing–masing pasangan Ca-bup dan Cawabup Tulungagung. (her)

Debat Publik Pasangan Cabupdan Cawabup Tulungagung

masa kampanye yang diawalitanggal 14 hingga 27 Januari2013 berjalan dengan aman dantertip sehingga Tulungagungtetap kondusif. “Pelaksaan de-bat publik kalinya ini adalahmemenuhi peraturan KPU no-mer 69 tahun 2009 dan nomer14 tahun 2010. “ ujar Arman.

Menurut Arman, tujuankegiatan tersebut adalah inginmengetahui kembali visi misiprogram dari masing–masingpasangan calon melalui panelis.“Kita ingin mengeksplor ataumengetahui kembali pemikiranvisi misi dari masing-masingpasangan calon melalui panelis.Panelis yang hadir adalah para

pakar dari berbagai perguruantinggi ternama dan merekasudah kompeten dibidangnya,”Imbuhnya.

Debat Publik disaksikan olehmasyarakat, tim sukses ma-sing-masing pasangan Calon.Adapun keempat calon adalah1. pasangan Cabub dan Cawa-bub Syahri Mulyo dan MaryotoBirowo (Sahto) 2. PasanganCabub dan Cawabub Muham-mad Athiyah dan Budi Setya-hadi (Abdi) 3. Pasangan Cabubdan Cawabub Isman danTatang Suhartono (Matang) 4.Pasangan Cabub dan CawabubBambang Adyaksa Utomo danAnna Lutfie (Bangsa). (nug)

BUPATI Tulungagung, Ir.Heru Tjahjono, MM, melaksana-kan impeksi mendadak (Sidak)di Kantor KPUD Tulungagung,Selasa (22/1), guna memantaukesiapan logistik PemilukadaBupati dan Wakil BupatiTulungagung 2013.

Sidak diawali dengan menin-jau gudang tempat penyim-panan logistik PemilukadaTulungagung 2013. Bupati HeruTjahjono meminta pada komi-sioner KPUD untuk teliti dalammengecek formulir-formulir diPPK, PPS dan TPS. “Jangan sam-pai di formulir TPS tercantumsaksi tertentu tapi di formulirPPK tidak tercantum saksitertentu itu. Maka harus teliti.Kekeliruan atau ketidaktelitianbisa berakibat fatal pada saatada gugatan,” paparnya.

Pada kesempatan itu, BupatiHeru Tjahjono sempat berdialog

Pantau KesiapanLogistik Pemilukada

dengan Ketua dan SekretarisPPK yang sedang mengadakanrapat dengan Komisioner KPU.Dalam dialog ini mengemuka-kan soal anggaran uang makanpetugas KPPS dan dana ban-tuan pendirian TPS yang dinilaimasih kurang. Bupati Herusangat terkesan dengan keluhantersebut. Dia langsung meres-pon positif dan berkomitmenuntuk merealisasikannya.

Tentang kesiapan logistikPemilukada, Bupati memberi-kan apresiasi kepada KPUTulungagung yang berkerjaoptimal, sehingga sampai saatini semua tahapan Pemilukadatermasuk kesiapan logistikPemilukada sudah baik danberada dalam keadaan lengkapserta telah siap untuk didistri-busikan ke 1.921 TPS yang adadalam Kabupaten Tulung-agung. (her)

Deklarasi empat pasangan Cabub dan Cawabub di Pendopo Kabupaten.

Suasana Debat Publik di Hotel Istana Tulungagung.

Bupati meninjau kesiapan KPUD Tulungagung.

Page 6: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku 6

Pemilukada

KAMIS 10 Januari 2013 dihalaman Kantor Pemkab Tulu-ngagung digelar Apel SiagaGelar Pasukan PengamananPemilukada 2013. Gelar pasu-kan dengan tema Mantap PrajaMarmer Tahun 2012/2013dipimpin oleh Bupati Tulung-agung Ir. Heru Tjahjono, MM.

Gelar pasukan disaksikanoleh Muspida, Wakil BupatiTulungagung, Pimpinan SKPDdan Muspika se-Tulungagung,ditandai dengan pemeriksaanpasukan dan penyematan pitatiga orang perwakilan.

Gelar pasukan diikuti sekitar1000 orang dari jajaran PolresTulungagung, Kodim 0807, Ko-dim 511 Blitar, Satpol PP, Dis-hub Kominfo, Linmas, Satpam,Pramuka.

Siap Amankan Pelaksanaan PemilukadaBupati Tulungagung Ir. Heru

Tjahjono, MM mengatakanGelar Pasukan ini dilaksanakansebagai bentuk kesiapan dantanggung jawab atas keperca-yaan yang diberikan oleh Ne-gara dan masyarakat Kabupa-ten Tulungagung untuk menja-min keamanan dan ketertiban,demi suksesnya penyelengga-raan Pemilukada TulungagungTahun 2013.

“Kami ucapkan terimakasihkepada Kepolisian, TNI dansegenap unsur terkait lainyadengan kesungguhan hati ber-tekad mengawal dan menga-mankan pelaksanaan Pemilu-kada Tulungagung, saya meng-himbau dan mengajak seluruhwarga masyarakat, untuk turutserta berpartisipasi aktif dalam

upaya mewujudkan dan me-melihara konduksifitas dengansemangat Guyub Rukun.“ UjarBupati Heru Tjahjono.

“Kepada tim kampanye danpara pendukung dari masingmasing pasangan calon, untukmengembangkan dan menjalan-kan kampanye damai sehinggaterbangun suasana yang penuhkedamaian dengan senantiasamengedepankan sikap salingmenghargai dan menghormatiserta berupaya menghindariterjadinya konflik. kamimenghimbau kepada seluruhwarga masyarakat agar dapatmenggunakan hak pilihnya danturut serta berpartisipasi dalamupaya mewujudkan situasikamptimas yang aman dantertip.“ imbuh Bupati. (nug)

Sampai saat ini situasi Kabu-paten Tulungagung dalamkeadaan baik dan kondusif, halini perlu terus kita jaga dan kitatingkatkan, utamanya dalammenjelang maupun sesudahpelaksanaan Pemilukada. Kon-disi demikian ini tidak terlepasdari peran dari semua pihak,termasuk masyarakat, apabilaada kekurangan mari kita per-baiki bersama. Demikian antaralain disampaikan KomandanKodim 0807 Tulungagung,Letkol Inf. Eko Hariyanto,Jum’at pagi (18/1) di Makodim.

Dikatakan, menjelang pelak-sanaan pemilihan umum kepa-la daerah (Pemilukada) Tulung-agung 2013, jajaran TNI Ko-mando Distrik Militer (Kodim)0807 Tulungagung siap untukmengamankan berlangsung-nya pemilihan calon Bupati danWakil Bupati Tulungagung.

Menurut pria asal Jember ini,

pengamanan proses Pilkadamerupakan tugas langsungpihak Kepolisian, sedangkananggota TNI hanya bersifatmemback-up tugas kepolisian.Kodim sudah menyiapkan 459personil, terdiri dari 1 SSK atau100 prajurit dari Batalyon 511Blitar dan 359 Personil Kodim0807 Tulungagung untuk meng-amankan Pemilukada Kabupa-ten Tulungagung yang dise-lenggarakan 31 Januari 2013.

Menjawab Pertanyaan war-tawan mengenai daerah rawan,Letkol Inf. Eko Hariyanto meng-atakan bersama pihak Kepoli-sian pihaknya terus mengawasidan mencermati semua daerahdi Tulungagung, dengan hara-pan sekecil apapun gangguandapat kita antisipasi, demi suk-sesnya pelaksanaan Pemiluka-da pada khususnya dan pem-bangunan Kabupaten Tulung-agung pada umumnya. (humas)

Kodim 0807 Siap Sukseskan Pemilukada

Simulasi pengamanan Pemilukada di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Bupati Heru Tjahjono menyematkan pita.

Komandan Kodim 0807 Tulungagung, Letkol Inf. Eko Hariyanto saat jumpa Pers.

Page 7: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku 7

Sosial

Tulungagung MemilihKAMIS (31/1), mulai pukul 07.00-13.00

WIB, warga Tulungagung menggunakanhak pilihnya untuk memilih Bupati danWakil Bupati Tulungagung periode 2013-2018.

Bupati Tulungagung Ir. Heru Tjahjono,MM, beserta keluarga memberikan hakpilihnya di TPS 1 Kelurahan Kapungda-lem Kecamatan Tulungagung.

KPU Tulungagung, Panwaslu Tulung-agung dan Pemkab Tulungagung sertaaparat keamanan menyatakan kesia-pannya dalam pelaksanaan hari H pen-coblosan yang jatuh pada Kamis 31Januari 2013. Kesiapan tersebut dipa-parkan dihadapan Sekdaprov Jatim, DrRasiyo, di Pendopo Kongas ArumKusumaning Bongso.

Dalam pemilihan Bupati dan wakilBupati Tulungagung, Sekertaris DaerahPrpovinsi Jawa Timur, Rasiyo datang keTulungagung untuk melihat kesiapanpelaksanaan hari H Pemilukada Tulung-agung. Dengan melihat langsung kesia-pan tempat pemungutan suara (TPS) dibeberapa Kecamatan di Tulungagung.

Mantan Kepala Dinas PendidikanPemprov Jatim ini optimis pelaksanaanPemilukada Tulungagung 2013 dapatberjalan lancar, aman dan terkendali.“Sejauh ini keadaan masih tetap amanterkendali, ini karena peran BupatiTulungagung.“ ujarnya.

Sebelumnya, Rasiyo menyebut sesuaipesan Gubernur Jawa Timur, kunci darikeberhasilan atau kesuksesan Pemilu-kada di antaranya adalah keamanan danwaktu pelaksanaan di TPS. “Salah satu

kunci sukses pelaksanaan Pemilukadaadalah keamanan dan perhitungan diTPS benar dan lancar.” jelasnya.

Rasiyo sempat terkesan dengan pema-paran keamanan yang disampaikan olehKapolres Tulungagung, AKBP WhisnuHermawan Februanto, SIK.MH, yangmenggunakan IT (informasi teknologi)

dalam menghadapai PemilukadaTulungagung 2013. Perwira denganpangkat dua melati di pundaknya itumengungkapkan telah menyiapkanaparat kepolisian yang jumlahnyamencapai 1.571 personel dan ditambahpersonel dari TNI yang berjumlah 459personel.

Kapolres Whisnu telah menempatkananggotanya untuk bertugas di setiapdesa maupun TPS. Anggota yangbertugas di data nomor teleponnyauntuk pelaksanaan quickcount yangterpampang di website milik PolresTulungagung, yang khusus disiapkanuntuk pelakanaan jalannya Pemilukada.Perhitungan ini hanya untuk kalangankepolisian sendiri.

Sementara itu, Ketua KPU Tulung-agung, Suyitno Arman mengatakanpelaksanaan Pemilukada Tulungagung2013 melibatkan tidak kurang dari16.660 penyelenggara. Mereka semuasudah siap pula dalam melaksanakanpencoblosan surat suara pada hari ini.

Semua logistik Pemilukada Tulung-agung 2013 sudah didistribusikan ketingkat desa/kelurahan. Dan pagi hari inisudah berada di 1.921 TPS yang beradadi seluruh wilayah KabupatenTulungagung.

Sedang untuk jumlah pemilih sesuaidengan DPT H-3 jumlahnya mencapai843.111 pemilih. Arman berharap parapemilih tersebut dapat menggunakanhak pilihnya dengan mendatangi TPSmasing-masing dan mencoblos.

“Partisipasi pemilih yang tinggisangat kami harapkan. Apalagi adadukungan dari Pemkab Tulungagunguntuk meningkatkan partisipasi pemilihuntuk mendatangi TPS dengan stimulan.Stimulan itu beruapa hadiah bagi TPSyang dapat menghadirkan pemilihterbanyak. Hadiahnya ada sapi, kambingdan ayam.” Paparnya. (nug/tok)

WAKIL Bupati TulungagungMoch. Athiyah SH, Sabtu ma-lam (05/01), menutup Tulung-agung Shopping Festival 2012(TSF) dan Grand Final Pemi-lihan Putri Ratu Yamaha (PRY)2012 di Hall Yudistira BarataCafe & Resto. Dikatakan olehWakil Bupati, bahwa acarayang berlangsung selama sebu-lan penuh, berjalan lancar,semarak dan lebih meriah

Pengundian Kupon TSFdibanding tahun sebelumnya.

Selain itu, Moch. Athiyah jugamenyampaikan terima kasihdan apresiasi kepada seluruhpeserta, panitia dan segenapwarga Tulungagung serta Ra-dar Tulungagung, atas bantuandan kerjasamanya sehinggaTulungagung Shopping Festival2012 berjalan dengan sukses

Bersambung Hal........11

SABTU pagi, 19 Januari 2013,75 personel Kodim 0807 dari 19Koramil ikut kerja bakti mere-novasi masjid Baitus Salamyang berada di Jl. Supriadi GangIV Kelurahan Bago KecamatanTulungagung.

Tak kurang dari 200 orang dariwarga sekitar dan dibantuanggota 75 orang personel dariKodim 0807 memperbaiki ba-

Kerja Bakti Bereng Wargangunan yang terletak di baratjalan. Mereka secara bergotang-royong merenovasi masjid hing-ga sore. Kerja bakti dilaksanakandengan pembagian 3 sif kerja .

Masjid yang direnovasidengan dana swadaya ma-syarakat tersebut diperkirakanselesasi pembangunanya sela-ma enam bulan, renovasi de-ngan menambah bangunan

menjadi tiga tingkat.Menurut Pasiter (Perwira

Seksi Teritorial) Kodim 0807Tulungagung, Kapten Sunarto,kerja bakti yang dilaksanakanKodim 0807 merupakan salahsatu bentuk wujud kema-nunggalan TNI kepada ma-syarakat, diharapkan kegiatandi Kelurahan Bago ini bisadirasakan warga sekitar. (nug)

Bupati Heru Tjahjono bersama Ny. Gardjati Heru Tjahjono mencoblos di TPS1 Kelurahan Kampungdalem.

Anggota Kodim 0807 Tulungagung bersama warga bergotong royong membangun masjid.

Suasana pengundian Tulungagung Shoping Festival.

Page 8: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku 8

Toga

Tanaman Obat KeluargaCara membuat: buah kelapa dilubangi

ujungnya, telur ayam kampong yangmasih mentah dipecah dan dibuangkulitnya, kemudian dimasukan kedalam buah kelapa tersebut.

Cara menggunakan: diminum 2 kalisehari, pagi dan sore.

Mengurangi sakit waktu haidBahan: 1 gelas air kelapa hijau dan 1

potong gula arenCara membuat: Kedua bahan tersebut

dicampur dan diaduk sampai merataCara menggunakan: diminum 2 kali

sehari 1 gelas, pagi dan sore, selama 3hari berturut-turut.

InfluenzaBahan: 1/4 butir buah kelapa dan 1

rimpang kencur sebesar ibu jariCara membuat: buah kelapa dan

kencur diparut, kemudian kedua bahantersebut dicampur merata, ditambah 1gelas air masak dan diperas untukdiambil airnya.

Cara menggunakan: diminum 1 kalisehari.

MorbiliBahan: 2 helai daun kelapa kering, 1/2

genggam daun korokot, ½ rimpangdringo bengle, ½ genggam daun petaicina, adas pulawaras secukupnya.

Cara membuat: semua bahan tersebutditumbuk bersama sampai halus

Cara mengunakan: digunakan sebagaibedak untuk seluruh tubuh si penderita.

Mengusir cacing kremiBahan: 1/4 butir buah kelapa dan 1

buah wortelCara membuat: buah kelapa dan

wortel diparut, kemudian kedua bahantersebut dicampur, ditambah 1 gelas air,diperas dan disaring

Cara menggunakan: diminum malamhari menjelang tidur.

Sakit gigi berlubangBahan: tempurung (batok)Cara membuat: tempurung kelapa

dibakar dan minyak yang keluar dipinggir api diambil dengan kapas dandigulung sebesar lubang gigi

Cara menggunakan : dimasukan kedalam lubang gigi yang sakit.

UbananBahan: 1/2 butir buah kelapa tua , air

buah kelapa itu sendiriCara membuat: buah kelapa diparut

dan diperas dengan air kelapa itusendiri untuk diambil santannya;kemudian air santan tersebut diberigaram secukupnya dan diaduk sampaimerata, kemudian diembunkansemalam di luar rumah.

Cara menggunakan: Sebagian darisantan tersebut dipergunakan untukmengurut bagian yang beruban dandibiarkan 10 -15 menit, sebagian santanlagi dipergunakan untuk keramas secarateratur 3 hari sekali.

KetombeBahan: 1/2 butir buah kelapa tua dan

1/4 buah nanas, 1 butir jeruk nipis, 11/2gelas air kelapa itu sendiri

Cara membuat: buah kelapa dannenas diparut untuk diambil airnya,kemudian semua bahan tersebutdicampur sampai merata dan disaring

Cara menggunakan: dipergunakanuntuk keramas 5 hari sekali.

*) internet

hamil beberapa saat sebelummelahirkan.

Menurunkan kadar kolesterol darahyang tinggi:

Cuci 1/4 bagian kubis segar berukuransedang sampai bersih, bilas dengan airmatang, lalu potong-potong seperlunya.Jus kubis tersebut, lalu minum sarinyasekaligus, lakukan setiap hari.

CatatanTapal dari kubis dapat menyebabkan

lepuh jika digunakan selama beberapajam.

Jika jus kubis dikonsumsi terus-menerus, dapat mengurangi jumlahyodium di dalam tubuh. Akibatnya,kelenjar gondok (tiroid) kekuranganyodium. Untuk mencegahnya,perbanyak mengonsumsi makanansumber yodium, seperti rumput laut.

KELAPA

Kelapa termasuk jenis tanaman palmayang mempunyai buah berukurancukup besar. Batang pohon kelapaumumnya berdiri tegak dan tidakbercabang dan dapat mencapai 10-14meter lebih. Daunnya berpelepah,panjangnya dapat mencapai 3-4 meterlebih dengan sirip-sirip lidi yangmenopang tiap helaian. Buahnyaterbungkus dengan serabut dan batokyang cukup kuat sehingga untukmemperoleh buah kelapa harus dikulititerlebih dahulu. Kelapa yang sudahbesar dan subur dapat menghasilkan 2- 10 buah kelapa setiap tangkainya.

KASIAT:KeracunanBahan: 1 butir kelapa hijau,Cara membuat: dilubangi ujungnya,Cara menggunakan: Airnya diminum

sampai habis.Sakit panas dalamBahan: 1 butir buah kelapa hijau dan

1 butir telor ayam kampong mentah.Cara membuat: buah kelapa dilubangi

ujungnya, telur ayam kampong yangmasih mentah dipecah dan dibuangkulitnya, kemudian dimasukan kedalam buah kelapa tersebut.

Cara menggunakan: diminum padasiang hari.

Sakit panasBahan: 1 gelas air kelapa muda dan 1

sendok maduCara membuat: kedua bahan tersebut

dicampur dan diaduk sampai rataCara menggunakan:Untuk dewasa: diminum 2 kali sehari,

pagi dan sore.Untuk balita: 2 kali sehari, 1/2 cangkir

tehDemam berdarahBahan: 1 butir buah kelapa dan 1 butir

jeruk nipisCara membuat: buah kelapa dilubangi

ujungnya, jeruk nipis diperas untukdiambil airnya, kemudian air jeruk nipisdimasukan ke dalam buah kelapa dandiaduk sampai merata,

Cara menggunakan: diminum 2 kalisehari, pagi dan sore.

Kencing batuBahan: 1 butir buah kelapa hijau dan

1 butir telur ayam kampong mentah

dikukus, dimakan sebagai lalab matang. b. Bunga dari turi putih dimasak,

makan.10. Pegal linu:Akar dari pohon turi berbunga merah

secukupnya digiling halus, tambahkansedikit air sampai menjadi adonanseperti bubur. Gosokkan kebagianbadan yang sakit.

11. Cacar air, demam dengan erupsikulit:

Kulit batang sebesar ibu jari direbusdengan air secukupnya. Setelah dingindisaring, minum.

12. Hidung berlendir, sakit kepala:Segenggam daun dan bunga digiling

halus, tambahkan 1/2 cangkir air masak.Aduk merata, lalu diperas dan disaring.Minum.

13. Demam nifas:Daun turi 1/3 genggam dicuci bersih

lalu digiling sampai halus. Tambahkan3/4 cangkir air minum dan sedikitgaram. Diperas dan disaring, laludiminum.

KUBIS

Keluarga kubis-kubisan memiliki jenisyang cukup banyak. Yang lazim ditanamdi Indonesia, antara lain kubis, kubisbunga, brokoli, kubis tunas, kubis rabi,dan kale. Kubis yang telahdibudidayakan dibuat menjaditanaman annual. Untuk memperolehbijinya, kubis tersebut dibiarkantumbuh sebagai tanaman biennial.Sayuran ini dapat ditanam di dataranrendah maupun di dataran tinggi.Daunnya bulat, oval, sampai lonjong,membentuk roset akar yang besar dantebal, warna daun bermacam-macam,antara lain putih, hijau, dan merahkeunguan. Awalnya, daunnya yangberlapis lilin tumbuh lurus, daun-daunberikutnya tumbuh membengkok,menutupi daun-daun muda yangterakhir tumbuh. Pertumbuhan daunterhenti ditandai dengan terbentuknyakrop atau telur (kepala) dan kropsamping pada kubis tunas. Selanjutnya,krop akan pecah dan keluar malai bungayang bertangkai panjang, bercabang-cabang, berdaun kecil-kecil, mahkotategak, berwarna kuning. Buahnya buahpolong berbentuk silindris, panjang 5-10 cm, berbiji banyak. Biji berdiameter2-4 mm, berwarna cokelat kelabu. Umurpanennya berbeda-beda, berkisar dari90 hari sampai 150 hari. Daun kubissegar rasanya renyah dan garingsehingga dapat dimakan sebagai lalapmentah dan matang, campuran salad,disayur, atau dibuat urap. Kubis dapatdiperbanyak dengan biji atau setektunas.

KASIATSembelit:Makan lalap kubis setiap hari, baik

yang mentah atau matang.Ulcus pada saluran cerna:Minum 1/2 gelas jus kubis segar,

lakukan dua kali sehari.Melindungi tubuh dari sinar radiasi:Makan kubis segar setiap hari sebagai

lalap atau minum jus kubis.Meningkatkan produksi ASI:Jus kubis dapat diberikan kepada ibu

TURI

TURI umumnya ditanam di peka-rangan sebagai tanaman hias, di tepijalan sebagai pohon pelindung, atauditanam sebagai tanaman pembataspekarangan. Daun, bunga dan polongmuda dapat dimakan sebagai sayur ataudipecel. Daun muda setelah dikukuskadang dimakan oleh ibu yang sedangmenyusui anaknya untuk menambahproduksi asi, walaupun baunya tidakenak dan berlendir. Bunganya gurih danmanis, biasanya bunga berwarna putihyang dikukus dan dimakan sebagaipecel. Daun dan ranting muda jugamerupakan makanan ternak yang kayaprotein. Turi juga dipakai sebagai pupukhijau. Daunnya mengandung saponinsehingga dapat digunakan sebagaipengganti sabun setelah diremas-remasdalam air untuk mencuci pakaian. Turiberbunga merah lebih banyak dipakaidalam pengobatan, karena memanglebih berkhasiat.

KASIAT:1. Sariawana. Kulit batang segar secukupnya

diremas-remas dalam air, untuk kumur-kumur. Lakukan 3 kali sehari.

b. Kulit batang sebesar ibu jaridirebus, minum. Lakukan beberapa kali.

2. Sariawan, sakit tenggorokan :Daun secukupnya dicuci bersih lalu

diremas-remas dalam air matang.Digunakan untuk kumur-kumur padatenggorokan (gargle).

3. Radang tenggorokan :Segenggam daun turi merah direbus

dengan air bersih secukupnya. Setelahdingin disaring, airnya dipakai untukkumur-kumur. Lakukan kumur-kumursebanyak 4 kali sehari.

4. Disentri berak darah:Kulit batang sebesar ibu jari dari

pohon turi yang bunganya merahdirebus dengan 2 gelas air bersih sampaitersisa 1 gelas, setelah dingin disaring,lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari.

5. Kuku jari bengkak akibattersandung atau terpukul:

Daun secukupnya dicuci bersih laluditumbuk halus. Taruh diatas kuku yangsakit dan kulit sekitarnya, lalu dibalut.Ganti 2-3 kali sehari. Bekukan darahdibawah kuku akan hilang dan sakitnyaakan berkurang.

6. Keputihan:Segenggam daun turi putih dan

kunyit sebesar ibu jari dicuci bersih laludigiling halus. Tambahkan 3/4 cangkirair minum, diaduk merata lalu diperasdan disaring, minum. Lakukan 2 kalisehari.

7. Batuk:Daun turi merah dan daun inggu

masing-masing 1 genggam dicuci laluditumbuk halus, tambahkan air perasansebuah jeruk pecel. Aduk merata, laludiperas dan disaring, minum.

8. Batuk berdahak:Akar turi sebesar jari telunjuk dicuci

bersih lalu digiling halus, tambahkan 1/2 cangkir air masak dan 1 sendok madu.Aduk sampai merata, lalu diperas dandisaring dengan sepotong kain. Minum.

9. Penambah ASI:a. Daun turi yang masih muda

Page 9: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku 9

Produk Unggulan

BILA berkunjung ke Tulungagung kurangkomplit rasanya bila belum merasakanwisata kuliner khas Tulungagung. Berbagaimacam jenis makanan dan jajanan khasTulungagung tersaji. Seperti Geti, jajananyang terbuat dari kacang tanah bercampurwijen dan gula merah ini memberikansensasi rasa yang sedikit berbeda. Gurih,renyah, manis rasa jajanan yang sekarangmulai ekspor keluar daerah.

Tak sulit untuk menemukan jajanan Getiini, sebab di Tulungagung banyak toko dankios yang menjual jajanan tersebut. Getimudah didapat, dikarenakan diTulungagung merupakan basis jajananyang berbentuk kotak-kotak kecil danberwarna putih kecoklatan khas warnaGeti.

Ada tiga macam rasa Geti, yaitu Geti rasawijen, Geti rasa kacang tanah dan rasagabungan dari keduanya. Ketiga rasatersebut mempunyai kenikmatan rasa yangberbeda.

Bila anda ingin merasakan kenikmatanGeti yang baru dibuat, anda bisa langsungdatang ke Desa Jabalsari, KecamatanSumbergempol. Karena di Desa Jabalsarimerupakan sentral home industripembuatan Geti. Mayoritas wargaJabalsari mengembangkan usaha ini.

Untuk mendapatkan bahan dasarnyatidak terlalu sulit, karena bahan dasartersebut mudah didapat di Tulungagungdan sekitarnya. Dan kini Geti produksiTulungagung mulai menembus pasar Jawa,Bali, Kalimantan dan Sumatera. (din)

Geti Tulungagung Rambah Pasar Luar Daerah

SALAH satu potensi pertani-an yang ada di wilayah Tulung-agung adalah hasil pertanianbuah Belimbing. Salah satupertanian buah Belimbing ter-besar di Tulungagung adalahpertanian buah Belimbing dariDesa Moyoketen Kec. Boyo-langu.

Hasil Belimbing dari Moyo-keten bermutu bagus dan bera-sa manis. Oleh sebab itu, hasilpertanian Belimbing Moyo-keten berhasil diekspor keluardaerah.

Warga Moyoketen yang me-nanam Belimbing sekarangmeningkat 50% dalam kurunwaktu tiga tahun. Denganbertanam Belimbing perekono-mian desa Moyoketen mening-kat. Perlu diketahui, luas desaMoyoketen seluas 40 hektar danarea pertanian Belimbing seluas8 hektar ditanami pohonBelimbing.

Selain Desa Moyoketen, kiniDesa Bono Kecamatan Boyola-ngu juga mulai mengembang-kan usaha pertanian Belimbing.Sebagian warga banyak me-nanam Belimbing dikarenakanBelimbing mempunyai prospekyang bagus untuk bisnis. Takkalah rasa manis Belimbing

Hasil Panen Bagus,Banyak Permintaan

dari Moyoketen, Belimbing dariBono pun kian diminati olehberbagai daerah di Jawa Timur.Seperti Trenggalek, Blitar,Kediri, Surabaya dan masihbanyak daerah yang lain.

Banyak kasiat yang terkan-dung dalam Belimbing, dian-taranya kaya akan pektin yaitu

zat yang mampu menjeratkolesterol, mencegah hepatitisatau penyakit pengerasan hati,dan asam empedu yang ter-dapat dalam usus dan mem-bantu pembuangannya. Serat-nya juga bermanfaat memper-lancar proses pencernaan.(humas)

MUSIM Durian memberikanberkah tersendiri bagi parapetani maupun pedagang buahyang berkulit tebal dan berduriini. Betapa tidak, banyak orangyang suka akan buah tersebut.

Di Tulungagung, banyakpenjual yang menjajakanDurian dagangannya di Pasar,kios bahkan di ruas-ruas jalan.Bahkan sekarang ini lebih dariratusan penjual yang menjualDurian diatas kendaraannya.Beraneka cara untuk mema-sarkan buah yang mempunyairasa khas tersebut, ada yangkeliling keluar masuk kampungdan ada yang menawarkandari rumah-kerumah.

Seperti penjual yang berada

Penjual Durian RaihUntung

di area pasar Ngemplak danpenjual yang berada diemperantoko di sepanjang jalan KH.Abdul Fatah dan jalan KaptenKasihin. Rata-rata mereka men-jual Durian dagangannya de-ngan harga dikisaran Rp. 10.000,- Rp. 50. 000,- tergantung besarkecilnya Durian.

Meski bisa dibilangharganya mahal untukstandar harga buah, namunbuah durian yang kononhanya dipanen satu kalidalam satu tahun ini banyakdicari masyarakat, hal inidibuktikan dengan masing-masing pedagang durian bisamenjual sekitar 150 buahdurian perharinya. (nug/din)

Geti yang sudah dikemas siap dipasarkan baik pasar lokal maupun pasar diluar daerah.

Pembeli saat meilih durian di pasar Ngemplak.

Petani Belimbing mengemas hasil panennya untukdipasarkan.

Page 10: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku 10

Info Publik

BERTEMPAT di PendopoKongas Arum KusumaningBongso, Kabupaten Tulung-agung, Kamis 10 Januari 2013berlangsung Rapat Konsultasi(Rakon) PKK. Rapat Konsultasiberlangsung selama sehari,dibuka oleh Ny. Gardjati HeruTjahjono selaku Ketua TimPenggerak PKK KabupatenTulungagung.

Dalam sambutannya Ny.Gardjati berharap agar melaluiRakon PKK ini dapat meman-tapkan kinerja jajaran TimPenggerak PKK dan apa yangkita lakukan di tahun 2013 iniakan lebih baik dan berhasildari tahun-tahun sebelumnya.

Ny. Gardjati menjelaskan,Gerak PKK merupakan gerakanyang dinamis artinya geraklangkahnya selalu disesuaikandengan perkembangan situasi,kondisi serta kebutuhan ma-syarakat. Salah satu landasanoperasional gerakan PKK saat

Rakon PKK Mantapkan Kinerjaini adalah hasil Rakernas VIIPKK tahun 2010 yang berlakuhingga nanti tahun 2015.

Dijelaskan Rakon ini selainuntuk mengevaluasi pelaksanaankegiatan selama tahun se-belumnya, juga untuk menen-tukan program-program yangmenjadi prioritas yang harusdilaksanakan tahun berikutnya.Sedangkan Rakon PKK inidilaksanakan secara berjenjangdari Tim Penggerak PKK Pusat.Adapun pelaksanaan Rakontingkat Kabupaten ini merupakantingkat lanjut Rakon PKK tingkatPropinsi Jawa Timur.

Rapat Konsultasi PKK diikutidari anggota Tim penggerakPKK Kabupaten, Tim PenggerakPKK Kecamatan se-Tulung-agung serta Ketua Tim Peng-gerak PKK Desa serta Kelurahanse-Kabupaten Tulungagung.Usai pembukaan dilanjutkanpembinaan oleh masing–ma-sing Pokja. (her)

IKATAN Persaudaraan HajiIndonesia (IPHI) KabupatenTulungagung, Kamis pagi (24/01), menggelar kegiatan MaulidNabi Muhammad SAW di Pen-dopo Kongas Arum Kusuma-ning Bongso. Peringatan maulidNabi Muhammad SAW ikuti7000 anggota haji se-KabupatenTulungagung.

Ketua IPHI Kabupaten Tu-lungagung, Mohammad Athi-yah berharap kepada seluruhanggota IPHI di KabupatenTulungagung untuk mensuk-seskan jalannya PemilukadaKabupaten Tulungagung, agarmenggunakan hak pilihnyadengan mendatangi tempatpemungutan suara yang sudahdi tentukan serta memilihsesuai dengan pilihanya. Selain

IPHI TulungagungPeringati Maulud Nabi

Muhammad SAWitu Mohammad Athiyah jugaberharap anggota IPHI ikutmenjaga ketertiban sehinggaPemilukada berjalan tertib danaman sesuai dengan motoGuyub Rukun.

Asisten Perekonomian danPembangunan, Drs. AhmadPitoyo membacakan sambutantertulis Bupati Tulungagaung,mengatakan penyelenggaraanperingatan Maulid Nabi Mu-hammad SAW bertujuan untukmengenang hari lahirnya NabiMuhammad sebagai Nabi tera-khir yang mengemban tugasmenyebarkan atau menyam-paikan wahyu Allah SWTberupa Al-Qur’an. PerayaanMaulid Nabi adalah sebagai

DPRD Tulungagung meng-gelar sidang Paripurna, denganagenda penyampaian reko-mendasi DPRD Tulungagungterhadap LKPJ tahun Anggaran2012 dan LKPJ Akhir MasaJabatan Bupati Periode Tahun2008–2013. Bertempat di GrahaWicaksana DPRD Tulung-agung. Senin (21/1).

Rapat dipimpin oleh WakilKetua DPRD Tulungagung, Drs.Alfin Halim, MM, dengan su-sunan acara penyampaianrekomendasi hasil pembahasanLKPJ tahun anggaran 2012 danLKPJ akhir masa jabatan Bupatioleh masing–masing Fraksi,pengambilan keputusan, pe-nyerahan surat keputusanrekomendasi kepada Bupati.

Rapat Paripurna Penyampaian LKPJAda tujuh fraksi menyam-

paikan pandangannya masing-masing, yaitu Fraksi PartaiDemokrasi Indonesia Perjua-ngan (F-PDIP), Fraksi HatiNurani Rakyat (F-HANURA),Fraksi Amanat Nasional (F-PAN), Fraksi Golongan Karya(F-Golkar), Fraksi Demokrat (F-Demokrat), Fraksi PartaiKebangkitan Nasional Ulama(F-PKNU) dan Fraksi PartaiKebangkitan Bangsa (F-PKB).

Bupati Tulungagung, Ir. HeruTjahjono, MM, mengucapkanterimakasih kepada ketua dananggota DPRD atas segala per-hatian dan dukungan kepadapemerintah sehingga programpembangunan dapat terlaksa-na, bahkan Kabupaten Tulung-

agung dapat meraih prestasiditingkat Provinsi maupunNasional.

Bupati juga mengucapkanterimakasih atas kontribusikalangan legislatif dalam men-dukung setiap program kerjapemerintah, baik selama kuruntahun anggaran 2012 maupunselama lima tahun periodekepemimpinannya yang keduadi Kabupaten Tulungagung.

“Kami sepenuhnya bisa mene-rima pandangan teman-temanfraksi dan untuk sejumlahcatatan yang disampaikan,pemerintah daerah berkomit-men untuk memaksimalkannyamelalui prioritas pembangunanpada APBD 2013 ini.” jawabBupati Heru Tjahjono. (din)

Bersambung Hal........11

SuasanaRakon PKKuntukmemantapkankinerjajajaran TimPenggerakPKK. RakonPKK dibukaoleh Ny.Gardjati HeruTjahjonoselaku KetuaTimPenggerakPKKKabupatenTulungagung.

Bupati Heru Tjahjono menyampaikan LKPJ tahun anggaran 2012.

Ketua IPHI Tulungagung Moch. Athiyah saat memberikansambutan.

Page 11: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku

Olah Raga

11

SUASANA meriah penuhkeguyub rukunan nampak ter-lihat oleh peserta MTB TanjungPerak Tepi Laut Siapa SukaBoleh Ikut, seri ke 27. MTB Tan-jung Perak Tepi Laut Siapa SukaBoleh Ikut Acara diadakan padaMinggu pagi (13/01). Ketua ISITulungagung mengatakan kegi-atan ini diikuti 3.800 pesertayang berasal dari kota-kota diJawa Timur seperti Pasuruan,Bangkalan, Lamongan, Treng-galek, Jombang, Tuban, Tulung-agung dan kota-kota lain.

Start dan finish MTB TanjungPerak Tepi Laut di PendopoKongas Arum KusumaningBongso. Start dilaksanakan pukul

Tanjung Perak TepiLaut Seri ke 27

06.30 WIB, diberangkatkan olehBupati Tulungagung HeruTjahjono. MTB Tanjung PerakTepi Laut merupakan event rutinISI Tulungagung dalam rangkamemfasilitasi hoby para bikers diTulungagung khususnya danpara bikers Kabupaten/kota seki-tarnya.

Bupati Heru Tjahjono meng-harapkan agar para pesertatidak memaksakan diri, biladirasa tidak mampu karenajalan yang dilalui cukup berat,disarankan untuk singgah diposko yang telah disediakan.Ada dua posko yang dapatdisinggahi oleh para biker danuntuk mencapai tiap posko

TIM Persatuan Sepakbola(PS) Pemkab Tulungagung ber-hasil mengungguli PS. PemkabBlitar dalam laga silaturahmi,Jumat (04/01) di lapangan Rejo-agung, Tulungagung denganskor 2:1. Pertandingan persa-habatan berlangsung menarikdan meriah lantaran PS. Pem-kab Tulungagung diperkuatoleh Bupati Tulungagung HeruTjahjono dan Wakil BupatiBupati Tulungagung Moch.Athiyah dan Dandim 0807Tulungagung sedangkan PS.Pemkab Blitar diperkuat olehBupati Blitar Heri Nugroho.

Pertandingan persahabatanyang digelar pada sore haritersebut berlangsung sangatseru. Pada babak pertama, PSPemkab. Blitar berhasil men-

PS. Pemkab Tulungagung UngguliPS Pemkab Blitar

curi gol lewat tendangan BupatiBlitar Heri Nugroho. Selanjut-nya pertandingan semakinketat dan tambah seru, umpan-umpan pendek dari PS Pemkab.Tulungagung belum bisa me-nembus gawang PS. PemkabBlitar. Sehingga skor 1:0 tetapmenghiasi papan skor padababak pertama.

Pada babak kedua, PS. PemkabTulungagung yang diperkuatoleh Bupati Heru Tjahjono danWakil Bupati Bupati Moch.Athiyah terus melakukan sera-ngan lewat umpan-umpan can-tik. Akhirnya, PS Pemkab.Tulungagung berhasil menya-makan kedudukan lewat kakiKurnia. Papan skor menjadi 1:1.Jual beli serangan pun terus ter-jadi, menambah seru per-

tandingan.Tidak puas dengan hasil

imbang, PS Pemkab. Tulung-agung terus melakukan sera-ngan. Tak berselang lama, ak-hirnya Kawit dari PS. PemkabTulungagung berhasil merobekgawang PS Pemkab Blitaruntuk kali kedua. Skor punberubah 2:1 untuk kemenenganPs Pemkab. Tulungagung.

Tak mau kalah, PS Pemkab.Blitar kembali menyerang me-lalui sisi kiri, namun lagi-lagiusahanya gagal menembusgawang. Hingga pluit panjangdibunyikan skor 2:1 tidakberubah. Pertandingan per-sahatan akhirnya dime-nangkan oleh PS Pemkab.Tulungagung dengan skor 2:1.(her)

ayam. Diharapkan kepadawarga Tulungagung agar tidakgolput dan ikut menjaga situasiyang kondusif, aman, tertib danlancar.

Syamsul Laily, selaku ketuapanitia menjelaskan tujuandiadakan sosialisasi ini adalahuntuk membangun pemaha-man tentang PemilukadaTulungagung tahun 2013, sertamendukung dan mensukseskanpelaksanaan Pemilukada dalamsituasi yang guyub rukun.Ditambahkan, sosialisasi Pemi-lukada tahun 2013 diikuti 2.961orang dari ketua RT/RW dan

Kades/Kakel se-KabupatenTulungagung.

Sosialisasi menghadirkannarasumber dari KapolresTulungagung, AKBP. WhisnuHermawan Februanto, yangmemaparkan tentang kesiga-pan pengamanan PemilukadaTulungagung serta Pemilu Gu-bernur Jawa Timur. KetuaKPUD Tulungagung, SuyitnoArman mengisi Pemilukadatahun 2013 dan Mukti Ali, KetuaPanwaslu mengulas tentangrambu-rambu atau aturan-aturan yang diterapkan dalamPemilukada Tulungagung. (her)

TPS...Sambungan hal...4

dan manfaatnya langsung bisadirasakan baik oleh pesertamasupun masyarakat. Wabubberharap agar TulungagungShopping Festival ini dapatdijadikan event tahunan yangdapat dibanggakan dan selaluditunggu kehadirannya olehpara pelaku dunia usaha, mau-pun masyarakat Tulungagungdan sekitarnya.

Pimpinan Radar Tulung-agung Wahyudi Noviantodalam sambutannya menjelas-kan bahwa Tulungagung Shop-ping Festival berhasil mena-rik pengunjung dan perhatianmasyarakat. Pada tahun men-datang, menurut WahyudiNovianto, Tulungagung Shop-ping Festival ini diupayakanuntuk semakin bertambah

semarak. Toko–toko pesertasemakin variatif dengan desaindan tampilan lebih menarik,sehingga makin meningkatkanminat dan jumlah pengunjungserta transaksi bisnis.

Pada kesempatan itu, WabubAthiyah mengundi kupon TSFdengan hadiah utama satu unitsepeda motor, yang diraih olehkonsumen dari Toko Murni 22Nain Bandung.

Acara penutupan TSF yangdihadiri tidak kurang dari 250undangan ini, diisi pula denganGrand Final Putri RatuYamaha, yang diikuti 24 finalisserta fashion yang diikuti 13peserta, dengan 3 katagoriyaitu katagori anak, katagoripraremaja dan karagoriremaja. (her)

Pengundian...Sambungan hal...7

bentuk upaya untuk mengenalakan keteladanan Muhammadsebagai pembawa ajaran agamaIslam. Tercatat dalam sepanjangsejarah kehidupan, bahwa nabiMuhammad adalah pemimipnbesar yang sangat luar biasa

dalam memberikan teladanagung bagi umatnya.

Peringatan maulid NabiMuhammad SAW di PendopoKongas Arum KusumaningBongso diisi tausiah oleh KH.Mudjayyid dari Malang. (nug)

IPHI...Sambungan hal...10

jalan yang dilalui memilikitantangan yang berbeda.

MTB Tanjung Perak Tepi Lautyang digelar ISI Tulungagungsampai dengan seri ke 27,berjalan dengan sukses amandan lancar, ini berkat dukungandan partisipasi aktif para biker.Hal ini terbukti dengan jumlahpeserta di tiap seri semakinmeningkat dan diikuti oleh parabiker luar kota Tulungagung.

MTB Tanjung Perak TepiLaut menempuh rute denganmedan adventure off road,yaitu jalan makadam, jalursungai , tanjakan danturunan menyusuri pegu-nungan. (din)Bupati Heru Tjahjono mengangkat sepedanya saat melewati

jalan menanjak.

Bupati Heru Tjahjono menggiring bola saat melawan PS Pemkab Blitar.

Page 12: Bersinar Jan 2013

EDISI 129 / XII / JANUARI 2013 Guyub Rukun Sifatku, Mbangun Tulungagung Tujuanku 12

Wisata

LAWEHAN adalah air terjunyang merupakan salah satupotensi wisata KabupatenTulungagung. Berada di DusunTuri, Desa Geger, KecamatanSendang. Kurang lebih 25 Kmarah barat dari pusat kotaTulungagung, yang merupakanbagian dari Lereng Wilisdengan ketinggian kurang lebih1.200 m di atas permukaan airlaut.

Untuk menuju lokasi harusberjalan kaki kurang lebih 3 Kmmelewati indahnya panoramaperbukitan dan sembilan kali

Wisata Lereng Wilismenyeberangi sungai di hutanyang masih perawan. Karenakhasnya jalan menuju obyekini, yang naik turun, licin,curam dan menerobos semakbelukar, maka sangat cocok bagimereka yang suka tantangandan pecinta alam. Apalagi disekitar air terjun banyaktumbuh tanaman anggrek yangmasih langka.

Menurut kepercayaan pendu-duk setempat, daerah ini diku-asai oleh Mbok Roro Dewi Gang-ga, Mbok Roro Cemethi, MbokRoro Wilis, dan Mbok Roro

PANTAI Popoh di tahun baru2013 banyak kedatangan wisa-tawan dari berbagai daerah,tepat pada 1 Januari 2013 mulaipagi hingga sore hari, sepanjangjalan Tulungagung-Campurda-rat dipadati kendaraan teruta-ma roda dua. Berdasarkan pan-tauan tabloid Bersinar jumlahkendaraan naik 10 kali lipat jikadibandingkan dengan hari-haribiasa.

Menurut Heri, warga DesaBago Kec. Tulungagung yangdatang ke Popoh bersama ke-luarganya, sangat menikmatikeindahan alam pantai Popoh,apalagi pada perayaan tahunbaru di pendopo pantai Popohada hiburan orkes musik.

Heri masih ingat pada tahun80-an pantai popoh sangatterkenal. Seluruh masyarakatTulungagung tentu sudahbanyak yang mengenal tentangpantai Popoh, Pantai yangudaranya sejuk ini banyakditumbuhi pohon–pohon be-sar. Pantai yang berbentukteluk ini bila musim liburantiba selalu banyak dukunjungipara wisatawan baik lokalmaupun dari luar daerah.

Masih disekitar pantai Popoh,ada lagi pantai yang cukup

RamaiWisatawan

indah untuk dikunjungi, yaitupantai Sidem. Pantai Sidemletaknya tak jauh dari pantaiPopoh. Dengan deburan ombakyang tak begitu besar danlembutnya butiran pasir putihsangat cocok bagi wisatawanyang suka mandi dilaut.

Tak kalah ramai dengan pan-tai Popoh, pada perayaan tahun

Endang Sampur. Penduduksetempat meyakini, Barang sia-pa yang mandi di air terjun iniakan sembuh dari penyakitnya.

Tidak jauh dari air terjunLawehan terdapat Candi Pe-nampehan yang berada di DesaGeger. Untuk sampai ke candi,bisa menggunakan kendaraanroda empat. Bangunan candidilindungi oleh pohon Kalpata-ru. Selain itu juga terdapat GoaTan Tek Sue dan perkebunandurian “Bajul” yang meleng-kapi daya tarik Kawasan La-wehan Penampehan. (humas)

baru kali ini, pantai Sidem jugadipadati oleh wisatawan baiklokal maupun luar daerah.Banyak wisatawan yang ber-libur di pantai ini bersamakeluarga maupun bersamateman-temannya. (humas)

Suasana tempat wisata Penampehan. Pembangunan saluranair disebalah candi Penampehan.

Suasana berwista di pantaiindah Popoh.

Wisata