bali study tour

Click here to load reader

Post on 13-Jul-2015

155 views

Category:

Education

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

MUSEUM BAJRA SANDI

Sikap diri yang mencerminkan MANUSIA YANG BERBUDAYA DAN MENCINTAI BUDAYA BANGSANEXTMuseum Bajra Sandi terletak di Renon,Denpasar,Pulau Bali.Tepatnya di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Provinsi Bali (Lapangan Puputan)Museum Bajra Sandi adalah salah satu objek wisata yang paling digemari oleh para turis asing maupun turis dalam negeri.Selain karena tempatnya yang unik dan indah juga dilengkapi dengan udara yang sejuk.NEXTMuseum Bajra Sandi merupakan monumen perjuangan rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman.NEXTMuseum Bajra Sandi terdiri dari 3 lantai. Di bagian luar terdapat serambi/teras terbuka.Pada lantai 3 berfungsi sebagai ruang ketenangan,tempat hening-hening menikmati suasana kejauhan di sekeliling monumen.Lantai ke 2 berfungsi sebagai tempat diorama yang berjumlah 33 unit.Lantai pertama terdapat ruang informasi, ruang perpustakaan, ruang pameran,ruang pertemuan,ruang administrasi,gedung dan toilet.NEXTMuseum Bajra Sandi memiliki keunikan pada arsitekturnya. Yaitu mengambil bentuk Bajra atau Genta peralatan yang digunakan oleh Pandita Hindu selama upacara keagamaan.NEXTSelain keunikan yang tersebut diluar ruang Diorama juga terdapat pemandangan yang lebih Indah, dimana anda dapat menikmati pemandangan sambil menikmati angin yang bertiup.BACKSeperti yang telah kita ketahui selama ini, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang tumbuh dengan keanekaragaman budayanya.Maka dari itu penting bagi kita untuk senantiasa melestarikan budaya sebagai aset bangsa dan warisan para leluhur bangsa kita. NEXTJadi tidak hanya kita yang bisa menikmati ini semua, tetapi anak cucu kita nanti juga masih bisa merasakan keanekaragaman budaya kita ini.NEXT Contoh sederhana yang bisa kita lakukan sebagai sikap diri yang mencerminkan MANUSIA YANG BERBUDAYA DAN MENCINTAI BUDAYA BANGSA seperti yang orang-orang bali lakukan berikut ini:NEXTTARI PENDETAdalah tarian khas bali. Di bali tarian ini wajib dipelajari oleh semua masyarakat bali. Umumnya mereka diajarkan sejak usia dini.Ini semua adalah salah satu contoh pengenalan dan cara melestarikan budaya daerah mereka.

NEXTContoh sederhana lain adalah :

Menonton setiap ada acara kebudaan untuk memperluas wawasan tentang budaya kita.Mempertahankan budaya setempat , seperti:Sebelum bepergian salam kepada orang tuaAcara silaturahmi saat hari hari besar agama.Memakai batik saat acara-acara tertentu atau bahkan untuk sehari hari.

NEXTDalam bidang kesenian misalnya, kita dapat mengkreasikan budaya tradisional kita dengan budaya modern.contohnya :Tarian tradisional yang di gabungkan dengan modern banyak dipertontonkan diberbagai pertunjukan besar.Orcestra yang melibatkan alat musik tradisional beserta pertunjukan seni lainnya.

BackTARI BARONGNEXTJalan Cerita BARONGCerita Barong berawal ketika Barong dan kera bertemu dengan 3 orang bertopeng yang membuat keributan di hutan. Kemudian terjadi perkelahian dimana sang kera berhasil memotong hidung salah satu dari berandalan itu.

NEXT16Tiba-tiba muncul 2 orang penari yang merupakan pengikut dari Rangda yang sedang mencari para pengikut Dewi Kunti yang sedang dalam perjalanan untuk menemui sang patih

NEXT17Begitu para pengikut Dewi Kunti sampai di tempat tujuan, mereka dirasuki oleh roh jahat yang berasal dari ilmu jahat Rangda. Akibatnya, mereka lupa ingatan. Tanpa menyadari hal buruk yang telah terjadi, mereka dan sang Patih pergi menghadap dewi Kunti.

NEXT18Munculah Dewi Kunti dan anaknya, Sahadewa. Dewi Kunti telah berjanji dengan Rangda untuk menyerahkan anaknya sebagai korban, walaupun sebenarnya Dewi Kunti tidak rela. Tetapi, karena bujukan para pengikutnya yang telak terpengaruh oleh roh jahat, tiba-tiba Dewi Kunti menjadi sangat benci kepada anaknya, Sahadewa.NEXT19Dewi kunti yang telah terpengaruh oleh ilmu jahat Ranga, memerintah Sang Patih untuk membuang Sahadewa ke hutan. Sang Patih tidak membantah karena dirinyapun sudah terpengaruhi oleh ilmu jahat RangdaNEXT20Sahadewa diikat di bawah pohon di hutan dan ditinggal sendirian. Kemudian turunlah Batara Siwa yang merasa iba kepada Sahadewa. Kemudian Batara Siwa menganugerahkan ilmu kesaktian dan kekebalan kepada SahadewaNEXT21Kemudian datanglah Rangda yang akan mencabut nyawa Sahadewa. Namun karena kekuatan yang dimiliki Sahadewa, Rangda tidak dapat membunuhnya. Rangda pun menyerah kemudian memohon ampun kepada Sahadewa dan Sang Rangda pun mendapat ampunan.NEXT22Kalika, murid tersakti Rangda pun menemui Sahadewa untuk memohon pengampunan yang sama. Akan tetapi permohonannya ditolak dan murkalah Kalika. Kemudian Kalika dan Sahadewa mengadakan duel.NEXT23Dalam duel ini Kalika beberapa kali berubah wujud, akan tetapi selalu dapat dikalahkan oleh Sahadewa. Hingga akhirnya Kalika berubah wujud menjadi Barong. Diikuti Sahadewa yang berubah menjadi Barong.NEXT24Karena keduanya sangat kuat, pertempuran ini berlangsung abadi dan dimana ada kejahatan disitu pula akan ada kebaikan yang akan terus bertempur melawan kejahatan.NEXT25Diujung cerita munculah para pengikut Barong yang hendak menolong Barong. Namun sihir Rangda yang kuat berhasil merasuki diri mereka. Sehingga mereka menusuk diri mereka sendiri menggunakan keris. Namun Barong dengan kebaikannya, menolong para pengikutnya dengan mengusir roh jahat yang merasuki tubuh pengikutnya.Click Here26SelesaiTerima kasih

Disusun Oleh : M.Subagya P.S.AXI IPA 3/23Adiar Hafidh NXI IPS 3/ 01Leghal AXI IPS 3/ 19Yan Rigid WXI IPS 4

View more