bahasa indonesia makalah

Download Bahasa Indonesia Makalah

Post on 14-Oct-2015

111 views

Category:

Documents

7 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

globalisasi

TRANSCRIPT

21

BAB IPENDAHULUAN

A. Latar BelakangEra globalisasi yang begitu marak terjadi di masa sekarang menyentuh semua aspek kehidupan, termasuk bahasa. Bahasa merupakan media untuk menyampaikanpesan atauinformasi baik secara lisan maupun tulisan dari individu satu ke individu lainnya.Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan bahasa hampir di semua aktifitas, baik menggunakan bahasa lisan, bahasa tulisan, maupun bahasa tubuh. Sebuah bangsa pasti memiliki bahasanya sendiri, di Indonesia sendiri kita memiliki bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa kita.Selain sebagai pemersatu bangsa, kedudukan bahasa Indonesia dalam sosial, sejarah, dan politik juga sangat penting. Apalagi di era globalisasi ini, bangsa Indonesia dituntut harus ikut berperan di dalam dunia persaingan bebas, baik di bidang politik, ekonomi, maupun komunikasi. Dalam situasi demikian,bahasamenjadi piranti maha penting dalam konteks pergaulan global. Hampir bisa dipastikan,bahasa-lah yang menjadi kuncikomunikasiuntuk membuka sekat-sekat geografis ketika dunia terus bergerak ke dalam pusaran dan arus global.Globalisasi sebagai wujud kemodernitasan suatu bangsa dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif terhadap perkembangan bahasa Indonesia. Meningkatnya kosakata, dikenalnya bahasa Indonesia oleh masyarakat dunia lainnya, dan semakin kayanya karya sastra yang dihasilkan adalah beberapa sisi positif dari globalisasi. Sebaliknya, globalisasi juga menyebabkan adanya hierarki kebahasaan dan meluruhkan kesadaran berbahasa masyarakat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka makalah ini akan mencoba membahas beberapa persoalan kebahasaan yang muncul karena globalisasi beserta strategi kebahasaan yang mungkin diterapkan untuk menghambat ancaman di era globalisasi.

B. Rumusan MasalahPermasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:1. Apa yang dimaksud dengan globalisasi?2. Bagaimana perkembangan bahasa Indonesia di era globalisasi?3. Apa saja pengaruh globalisasi terhadap perkembangan bahasa Indonesia?4. Bagaimana solusi yang mungkin diterapkan untuk menghambat ancaman keterpinggiran bahasa Indonesia di era globalisasi?

C. Tujuan Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan makalah ini adalah:1. Untuk memenuhi tugas akhir Mata Kuliah Bahasa Indonesia Semester 6 Universitas Budi Luhur Tahun Akademik 2013-20142. Untuk mengetahui pengertian dari globalisasi.3. Untuk mengetahui perkembangan bahasa Indonesia di era globalisasi.4. Untuk mengetahui pengaruh dari globalisasi terhadap perkembangan bahasa Indonesia.5. Untuk mengetahui solusi yang mungkin diterapkan untuk menghambat ancaman keterpinggiran bahasa Indonesia di era globalisasi

D. Manfaat Adapun manfaat dari makalah ini adalah:1. Dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan bahasa Indonesia di era Globalisasi.2. Dapat mengetahui pentingnya berbahasa Indonesia secara baik dan benar di era globalisasi.3. Dapat mengetahui pengaruh negatif dan positif dari globalisasi terhadap bahasa Indonesia.4. Makalah ini dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dalam mengkaji masalah yang sama sehingga sehingga segala kekurangan yang ada pada makalah ini dapat diperbaiki dan disempurnakan oleh penulis selanjutnya.5. Makalah ini dapat dijadikan sebagai masukan sekaligus acuan untuk menghadapi arus globalisasi agar bahasa Indonesia tidak terpinggirkan.

E. Batasan MasalahDalam memfokuskan penulisan makalah ini agar memiliki ruang lingkup dan arah yang jelas, maka penulis memberikan pembatasan masalah bahwa penulisan makalah ini hanya membahas masalah perkembangan bahasa Indonesia di Era globalisasi serta menjelaskan solusi-solusi yang berkaitan dengan hal tersebut.

BAB IIPEMBAHASAN

A. Pengertian BahasaMenurut Gorys Keraf (2004: 1), bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Ketika anggota masyarakat menginginkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya, maka orang tersebut akan menggunakan suatu bahasa yang sudah biasa digunakannya untuk menyampaikan sesuatu informasi.Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbiter, yang dipergunakan oleh sekelompok masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. Dilihat dari pengertian yang ada dalam kamus tersebut, dapat dipahami bahwa bahasa juga dapat berfungsi sebagai lambang bunyi sebagai mana not yang ada pada nada, akan tetapi fungsi atau manfaat yang diberikan sangatlah berbeda antara keduanya. Bunyi yang dihasilkan oleh bahasa diprioritaskan untuk menyampaikan suatu informasi serta lebih menitik beratkan pada kepadatan isinya bukan pada fungsi estetika yang dihasilkannya.Bahasa adalah sistem simbol dan tanda. Yang dimaksud dengan sistem simbol adalah hubungan simbol dengan makna yang bersifat konvensional. Sedangkan yang dimaksud dengan sistem tanda adalah bahwa hubungan tanda dan makna bukan konvensional tetapi ditentukan oleh sifat atau ciri tertentu yang dimiliki benda atau situasi yang dimaksud.Dari beberapa definisi yang telah dipaparkan di atas maka dapat disimpulkan bahwa bahasa adalah alat untuk berkomunikasi yang dapat disampaikan melalui lisan, tulisan maupun media lain yang sudah disepakati oleh pihak yang berkomunikasi. Bahasa yang disampaikan melalui lisan dapat disebut dengan bahasa primer sedangkan bahasa yang diutarakan dengan menggunakan selain lisan disebut dengan bahasa sekunder.

B. Pengertian GlobalisasiIstilah globalisasi tentunya bukan hal yang asing bagi hampir seluruh masyarakat di dunia. Meskipun tidak asing, makna dari globalisasi sendiri belum dipahami betul oleh sebagian masyarakat. Dalam beberapa literatur, istilah globalisasi saja masih berbeda beda. Menurut asal katanya kata "globalisasi" diambil dari kataglobal yang maknanya ialahuniversal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, globalisasi berarti proses masuknya sesuatu ke ruang lingkup dunia. Globalisasi merupakan suatu proses hubungan sosial secara relatif yang menemukan tidak adanya batasan jarak dan menghilangnya batas-batasan secara nyata, jadi ruang lingkup hidup manusia lebih bertambah dengan memainkan peranan yang lebih luas dalam dunia sebagai suatu kesatuan tunggal (Rudy, 2003: 5). Selain itu, globalisasi dapat didefinisikan sebagai intensifikasi hubungan sosial seluruh dunia yang menghubungkan daerah yang jauh sedemikian rupa sehingga kejadian lokal dibentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya dan sebaliknya (Giddens, 1990: 64). Dari perbedaan penjelasan tentang arti yang telah disebutkan, globalisasi intinya adalah proses mendunia dalam berbagai aspek kehidupan.

C. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa NegaraSuatu negara yang sudah merdeka dan tengah menjalankan kepemerintahannya pastilah memerlukan suatu bahasa untuk berkomunikasi dengan pihak dalam maupun pihak luar. Negara juga pasti memiliki bahasa yang wajib digunakan oleh masyarakatnya untuk berkomunikasi. Sehingga walaupun orang yang berkomunikasi tersebut berasal dari daerah atau suku yang berbeda, akan tetapi mereka tetap dapat dipersatukan dalam hal tukar informasi. Dan biasanya bahasa yang digunakan sebagai bahasa pemersatu ini disebut sebagai bahasa negara ataupun bahasa nasional.Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasanya bahasa nasional dan bahasa negara di Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Kedua kedudukan tersebut sangatlah penting dan harus terpenuhi fungsinya. Jika ada salah satu yang tidak terpenuhi maka fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu akan pudar dan akan sirna. Hal yang demikian inilah yang sangat mengkhawatirkan bangsa ini karena akan timbul perpecahan dimana-mana dan benteng pertahanan terkuat Negara Indonesia akan mudah diruntuhkan oleh lawan.Walaupun bahasa negara dan bahasa nasional Negara Indonesia sama yaitu bahasa Indonesia, namun kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan sebagai bahasa nasional memiliki fungsi yangberbeda.Menurut Arifin (2008: 13), di dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, Bahasa Indonesia berfungsi sebagai:1. Bahasa resmi kenegaraan.2. Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.3. Alat perhubungan di tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.4. Alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagaimana fungsi pertama bahasa indonesia sebagai bahasa negara yaitu berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, Bahasa Indonesia sangat berperan aktif dalamevent-eventpenting yang diadakan oleh bangsa ini baikeventupacara, perjanjian atau pembaiatan, pidato serta acara-acara lain yang lebih bersifat resmi dan formal.Dalam pembelajaran yang ada di Indonesia, tidak diperbolehkan bagi para tenaga pendidik maupun peserta didik untuk menggunakan bahasa selain Bahasa Indonesia kecuali pada materi-materi kebahasaan yang memang ada tuntutan untuk memakai bahasa asing atau bahasa daerah. Terdapat manfaat yang dapat di ambil dari ketetapan ini, ketika ada tenaga pengajar maupun peserta didik dari luar daerah dimana mereka melangsungkan proses belajar mengajar mereka akan dapat memahami materi yang disampaikan ketika materi tersebut disanpaikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia.Dalam fungsinya sebagaialat perhubungan di tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelksanaan pembangunan, Bahasa Indonesia bukan hanya mempunyai fungsi sebagai penghubung antar suku ataupun ras. Akan tetapi, dalam hal ini lebih difokuskan sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan pihak pemerintahan. Dengan terciptanya komunikasi yang sehat dan baik, maka pembangunan negeri ini akan mudah terealisasikan sebagaimana yang telah direncanakan.Alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara berpengertian bahwasanya Bahasa Indonesia adalah bahasa yang dapat menciptakan jati diri bangsa yang akan membedakan dengan bangsa lain. Budaya Indonesia yang berkembang berdampingan dengan bahasa Indonesia pu