bahan ajar.2sd.atr.penjas

Click here to load reader

Post on 05-Aug-2015

128 views

Category:

Documents

4 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

BAB I PERMAINAN DAN OLAHRAGA

A. Standar Kompetensi Mempraktikkan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

B. Jenis Permainan 1. Permainan Kelinci Putar 2. Permainan Sentuh Bumi 3. Permainan Zig Zag Bola

1

1. PERMAINAN KELINCI PUTAR Kompetensi Dasar Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri. Indikator Mampu melakukan kombinasi jalan, lari dan lompat secara bervariasi. Mampu melaksanakan kerjasama. Mampu menghargai lawan dan diri sendiri. Uraian Materi a. Pengertian Permainan Kelinci Putar adalah suatu aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara berjalan dan lari secara berkelompok mengelilingi lingkaran yang telah ditentukan oleh satu siswa yang berada di dalam lingkarang, setelah itu siswa yang ada di luar lingkaran berputar melompat secara berkelompok mengelilingi lingkaran. b. Sarana dan Prasarana Lapangan Kapur untuk membut lingkaran dalam dan lingkaran luar c. Cara bermainnya Siswa membuat dua lingkaran yaitu lingkaran luar dan lingkaran dalam, kemudian membentuk menjadi dua kelompok siswa kemudian kelompok yang menang berada di lingkaran luar dan main terlebih dahulu, kelompok yang kalah masuk di lingkaran dalam. Kelompok siswa yang menang kemudian berjalan mengelilingi lingkaran setelah itu berlari mengelilingi lingkaran. Kelompok yang menang kemudian berputar melompat secara berkelompok mengelilingi lingkaran. Siswa yang berada di dalam lingkaran berusaha menyentuh badan siswa yang ada di luar lingkaran, kalau ada yang tersentuh maka kelompok tersebut dinyatakan kalah, kemudian kelompok yang menang masuk pada lingkaran luar dan kelompok yang kalah masuk pada lingkaran dalam begitu seterusnya.

2

d. Aturan Main Tidak boleh mendorong teman ketika berjalan, berlari dan melompat. Tidak boleh saling mendahului ketika berjalan, berlari dan melompat. e. Evaluasi 1.Alat apa yang di gunakan untuk bermain kelinci putar ? 2.Aturan apa saja yang yang diterapkan pada permainan kelinci putar ?

2. PERMAINAN SENTUH BUMI Kompetensi Dasar Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri. Indikator o Mampu melakukan kombinasi memutar, mengayun dan menekuk lutut. o Mampu melaksanakan kerjasama. o Mampu menghargai lawan dan diri sendiri. Uraian Materi Pengertian Permainan Sentuh Bumi adalah suatu aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara memutar, mengayun dan menekuk lutut kemudian membungkukkan badan dengan kedua kaki kangkang dan usahakan lutut tetap lurus kemudian kedua tangan menyentuh tanah atau bumi sampai hitungan kesepuluh.

3

Sarana dan Prasarana Lapangan

Cara bermainnya Siswa berderet membentuk setengah lingkaran, ambil jarak sehingga tidak saling bersenggolan. Sikap badan siswa berdiri tegak dengan kaki rapat. Angkat kedua lengan secara bersamaan. Putar kedua lengan secara bersamaan. Lakukan gerakan ini secara berirama. Gerakan lutut mengikuti irama putaran lengan. Posisi badan tegak dengan pandangan ke depan. Bungkukkan badan perlahan lahan. Usahakan lutut tetap lurus. Luruskan kedua tangan ke bawah sampai menyentuh tanah atau bumi. Pertahankan sikap ini sampai hitungan kesepuluh.

Aturan Main Tidak boleh mendorong teman. Tidak boleh saling bersinggungan. Usahakan ketika badan membungkuk lutut tetap lurus Evaluasi 1. Aturan apa saja yang yang diterapkan pada permainan sentuh bumi ? 2. Lakukan permainan sentuh bumi !

4

3. PERMAINAN ZIG ZAG BOLA Kompetensi Dasar Mempraktikkan gerak dasar melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri. Indikator Mampu melakukan kombinasi melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola. Mampu melaksanakan kerjasama. Mampu menghargai lawan dan diri sendiri. Uraian Materi Pengertian Permainan Zig Zag Bola adalah suatu aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola secara zig zag mengelilingi lingkaran. Permainan ini dilakukan secara bergantian. Sarana dan Prasarana Lapangan Bola sepak Gawang Kapur Garis star Garis finish Cara bermainnya Siswa membentuk dua regu kemudian saling berhadapan dan secara bergantian melempar dan menangkap bola. Siswa berderet ke belakang sesuai dengan regunya dan bergantian untuk menendang bola memasukkan pada gawang lawan, setelah itu secara bergantian menggiring bola secara zig zag dan mengelilingi lingkaran yang telah di sediakan. Permainan ini dilakukan secara bergantian.

5

Aturan Main Tidak boleh mendorong teman. Tidak boleh saling menendang kaki teman. Tidak boleh mengganggu jalannya permainan. Disipilin Evaluasi 1. Aturan apa saja yang yang diterapkan pada permainan zig zag bola ? 2. Lakukan permainan zig zag bola!

6

BAB II AKTIVITAS PENGEMBANGAN

Standar Kompetensi Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Jenis Permainan a. Permainan Gendong Raja b. Permainan Sepeda tidur

7

1.

PERMAINAN GENDONG RAJA Kompetensi Dasar Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti aturan. Indikator Mampu melakukan gerakkan kekuatan otot lengan. Mampu melakukan gerakkan otot tungkai dengan mengikuti aturan. Berdisipilin Uraian Materi Pengertian Permainan Gendong Raja adalah aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti aturan. Permainan ini dalam satu regu terdiri dari tiga siswa. Posisi dua siswa menggendong dan posisi satu siswa berada di tengan yang digendong. Permainan ini dilakukan secara bergantian.

Sarana dan Prasarana Lapangan Garis star Garis finish Cara bermainnya Siswa disiapkan untuk membentuk sebuah beregu, satu regu terdiri dari tiga siswa. Posisi dua siswa menggendong dan posisi satu siswa berada di tengan yang digendong. Posisi siswa yang ada di tengah melingkarkan kedua tangannya pada pundak dua siswa yang berada di samping kanan dan kirinya. Beri aba-aba siap segeralah siswa yang ditengah bergantung pada pundak kedua temannya, sambil menekuk kedua lututnya ke depan. Mintalah kedua siswa yang menggendong dan berjalan perlahan-lahan sambil mengangkat tubuh siswa yang di tengah sejauh lima meter dalam irama langkah yang sama. Setelah sampai lima meter berilah aba-aba stop, mintalah berhenti dan bergantian posisi. Lakukan hal yang sama dan permainan ini dilakukan secara bergantian.

8

Aturan Main Tidak boleh melepas gendongan saat menggendong. Jaga keseimbangan saat menggendong Berdisiplin

Evaluasi 1. Lakukan permainan gendong raja ?

2. PERMAINAN SEPEDA TIDUR Kompetensi Dasar Mempraktikkan berbagai aktivitas untuk melatih keseimbangan statis dan dinamis serta nilai disiplin dan estetika. Indikator Mampu mengangkat kedua kaki hingga pantat. Mampu menggerakkan kedua kaki seperti gerakan mengayuh sepeda. Mampu melakukan keseimbangan. Berdisipilin. Uraian Materi Pengertian Permainan Sepeda Tidur adalah aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara keseimbangan kaki dan pantat saat berbaring. Permainan ini dilakukan dengan cara berbaring. Permainan ini dilakukan9

secara individu dan biasa juga dibuat pertandingan yang bisa kuat mengayuh kaki sambil berbaring paling lama, maka siswa itulah yang menang. Sarana dan Prasarana Matras Cara bermainnya Siswa disiapkan untuk berbaring pada matras atau kasur busa. Berbaringlah pada posisi terlentang di atas matras, sikap tangan lurus di samping badan. Siswa mengangkat kedua kaki hingga posisi pantat dalam keadaan menahan. Gerakkan kedua kaki seperti gerakan mengayun sepeda. Lakukan latihan ini hingga hitungan kesepuluh. Latihan ini dilakukan berkalikali.

Aturan Main Tidak boleh bersinggungan dengan teman. Jaga keseimbangan. Berdisiplin

Evaluasi 1. Alat apa saja yang digunakan dalam permainan sepeda tidur ? 2. Lakukan permainan sepeda tidur ?

10

BAB III AKTIVITAS SENAM

Standar Kompetensi Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Jenis Permainan a. Permainan Loncat Pesawat b. Permainan Guling Depan

11

1.

PERMAINAN LONCAT PESAWAT Kompetensi Dasar Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat : melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah. Indikator Mampu melakukan gerakkan kombinasi melompat dan meloncat. Mampu menjaga keseimbangan. Mampu melakukan koordinasi. Uraian Materi Pengertian Permainan Loncat Pesawat adalah aktivitas permainan yang dilakukan secara kombinasi antara gerakkan melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah. Gerakan ini meloncat dan posisi tangan merantang lurus ke samping sejajar bahu seperti pesawat terbang. Sarana dan Prasarana Lapangan

Cara bermainnya Siswa disiapkan berderet ke belakang. Siswa satu persatu melakukan kombinasi antara gerakkan melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah. Posisi berdiri dengan sikap badan tegak pandangan mata ke depan kaki rapat. Rentangkan kedua tanganmu lurus ke samping sejajar dengan bahu. Lakukan gerakan meloncat loncat ke atas sebanyak tiga loncatan. Pada loncatan ketiga saat badanmu berada di udara putar tubuhmu ke samping kanan. Lakukan gerakan mendarat setelah meloncat dan berputar dalam keadaan lentur, cara mendarat dengan sedikit menekuk kedua lutut. Ulangi latihan tersebut dengan berputar kearah kiri.

12