bab - 14 c a h a y a

Download BAB - 14 C A H A Y A

Post on 18-Jan-2017

218 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • BAB - 14

    C A H A Y A C A H A Y A

  • Sifat gelombang dari cahaya

    Gelombang elektromagnetik

    Kecepatan cahaya

    Panjang gelombang 10-17

    sampai 104 m dan yang dapat dideteksi oleh mata manusia dideteksi oleh mata manusia 4.10-4 m sampai 7. 10-4 m yang disebut cahaya tampak

  • Interferensi dan difraksi

    Interferensi adalah perpaduan dua gelombang yang memiliki beda fase yang konstan dan amplitudonya hampir sama.

    Interferensi konstruktif Interferensi konstruktif

    d sin=(2n)1/2 n=0,1,2

    Interfernsi destruktif

    d sin=(2n-1)1/2 n=1,2,3..

  • Xn =D tan karena maka tan =sin

    Xn = D sin = D.n./d

    = Xn.d/n.D

  • Difraksi : pelenturancahaya ketika melalui celahsempit yang seorde denganpanjang gelombangnya.

    a sin = n

  • Pemantulan dan pembiasan

    Ketika sebuah cahaya datangpada bidang batas pemisahsutu medium dari medium lainnya maka sebagiangelombang itu akandipantulkan.dipantulkan.

    Hukum pemantulan Sinar datang, garis normal,

    sinar pantul berada pada satutitik

    Sudut datang=sudut pantul.

  • Pembiasan : perubahan arah gerak cahaya ketikamelalui dua medium yang berbeda kerapatannya.

    Hukum snelliuss

    Sudut datang yang menyebabkan sudut bias 90menyebabkan sudut bias 90disebut sudut kritis.

    Untuk sudut datang yang lebihbesar dari sudut kritis makaseluruh energi akandipantulkan inilah yang disebut pemantulaninternal total

  • Polarisasi (pemilihan bidang getar)

    Sumber cahaya memancarkan cahaya yang tidakterpolarisasi yaitu kuat medan listrik dititik manasaja selalu tegak lurus terhadap arah rambat cahayatetapi arahnya berubah secara sembarang.

    Dengan adanya polarisator maka arah getaran darimedan listrik ini tidak lagi sembarang tetapi berarahmedan listrik ini tidak lagi sembarang tetapi berarahtertentu sesuai dengan polarisatornya.

  • Aplikasi cahaya dalam biologi

    1 mata seranggaDifraksi memiliki peranan yang pentingpada evolusi mata serangga.susunanmata serangga terdiri dari omatidia. Setiap omatidium hanya dapatmenerima cahaya datang yang sudutnyamenerima cahaya datang yang sudutnyalebih kecil dari pada yaitu sudut yang dibentuk omatidium dengan pusatnya. Cahaya yang sesuai dengan sudut iniakan masuk ke omatidium danmemberikan rangsangan berupa getaranpada dasar.

  • 2. fotosintesis

    Tumbuhan bersifat autotrof artinya dapat mensintesis makanan sendiri dari senyawa anorganik. Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. Perhatikan persamaan reaksi yang menghasilkan glukosa berikut ini:

    12H2O + 6CO2 + cahaya --> C6H12O6 (glukosa) + 6O2 + 6H2O 12H2O + 6CO2 + cahaya --> C6H12O6 (glukosa) + 6O2 + 6H2O Di dalam daun, cahaya akan diserap oleh molekul klorofil

    untuk dikumpulkan pada pusat-pusat reaksi. Tumbuhan memiliki dua jenis pigmen yang berfungsi aktif sebagai pusat reaksi atau fotosistem yaitu fotosistem I dan fotosistem II. Fotosistem I terdiri dari molekul klorofil yang menyerap cahaya dengan panjang gelombang 700 nanometer, sedangkan fotosistem II 680 nanometer. Kedua fotosistem ini akan bekerja secara simultan dalam fotosintesis, seperti dua baterai dalam senter yang bekerja saling memperkuat.

  • Proses terbentuknya warna

    Cahaya menembus atmosfer dengankecepatan luar biasa dan mencapai bumidengan menumbuk berbagai objek. Ketikamenumbuk suatu objek dengan kecepatanseperti ini, cahaya berinteraksi dengan atom-atom objek tersebut dan memantul denganpanjang gelombang berbeda, yang sesuaidengan warna-warna.

    Molekul yang memungkinkan warna Molekul yang memungkinkan warnadipantulkan adalah molekul pigmen. Warnayang dipantulkan suatu objek tergantungpada molekul pigmen yang terkandung dalamobjek tersebut. Setiap molekul pigmenmempunyai struktur atom yang berbeda

    Kita dapat mengibaratkan molekul pigmensebagai ayakan yang mempunyai tingkatselektivitas tergantung pada lubang-lubangnya. Seperti pada ayakan panjanggelombang yang di pilih pigmen menurutstrukturnya yang berarti warna bervarisasi.

  • Proses melihatSinar yang datang ke matamula-mula melewati kornea, lalu pupil dan lensa-lensa, danakhirnya mencapai retina. Pengindraan warna dimulaipada sel kerucut dalamretinaSel kerucut mengubahinformasi yang berhubungandengan warna ini menjadiimpuls saraf melalui pigmen-impuls saraf melalui pigmen-pigmen yang terkandung didalamnya. Selanjutnya, selsaraf yang terhubung dengansel kerucut ini mengirimkanimpuls saraf ke suatu daerahtertentu dalam otak

  • Pembentukan vitamin DPada waktu berkas sinar ultraviolet menganaikulit maka sinar ini akan disaring di kulit, dibawah kulit terdapat sejumlah besar simpanankolesterol. Sinar ultraviolet mengubah simpanankolesterol ini menjadi vitamin D. Denganbertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuhbertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuhkarena terkena sinar matahari, bisa meningkatkanpenyerapan kalsium. Ini menolong pembentukandan perbaikan tulang dan mencegah penyakitseperti rakitis dan osteomalacia (pelembutantulang tidak normal).

  • Wassalam

Recommended

View more >