bab- 1. pendahuluan

Download Bab- 1. Pendahuluan

Post on 04-Dec-2015

3 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Bab A

EVALUASI JARINGAN TRAYEK PENUMPANG UMUM

WILAYAH KABUPATEN TASIKMALAYA PROVINSI JAWA BARAT

1.1 LATAR BELAKANGAngkutan penumpang umum memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan suatu kota. Hal ini berkaitan dengan sifat manusia yang selalu bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Namun, tidak semua pergerakan selamanya dapat dilakukan dengan hanya berjalan kaki. Adakalanya seseorang akan melakukan pergerakan yang jauh dari tempat asalnya sehingga diperlukan suatu mediator dalam pencapaian tujuan tersebut

Angkutan perdesaan merupakan salah satu jenis pelayanan angkutan penumpang umum yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Pengaturan pelayanan angkutan ini ditetapkan dalam peraturan Bupati Tasikmalaya Nomor : 2 tahun 2005 tentang Penetapan Jaringan Trayek angkutan umum diwilayah Kabupaten Tasikmalaya sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Semenjak diterbitkannya Surat Keputusan mengenai penetapan jaringan trayek ini, realisasi pelaksanaan di lapangan ternyata terjadi beberapa penyimpangan-penyimpangan rute trayek. Hal ini sebagian disebabkan karena adanya pertumbuhan kegiatan masyarakat di beberapa wilayah yang menyebabkan permintaan akan pelayanan angkutan umum meningkat dan antisipasi dari pihak pemerintah cukup lambat.

Akibat lambatnya antisipasi ini, operator pelayanan angkutan perdesaan terpancing untuk membuka rute trayek sendiri-sendiri sehingga kerap terjadi konflik antar operator akibat persinggungan rute trayek.

Melihat kondisi demikian, sudah saatnya Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan evaluasi dan penataan jaringan trayek sehingga optimalisasi pelayanan angkutan bisa diwujudkan dengan mempertimbangkan kepentingan operator angkutan serta kebutuhan pelayanan angkutan yang akhirnya menciptakan sistem pelayanan angkutan umum yang terpadu dan handal yang akan mendorong dan mendukung pembangunan Kabupaten Tasikmalaya.1.2 MAKSUD, TUJUAN DAN SASARAN.Sebagaimana tercantum dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK), terkait maksud, tujuan dan sasaran, secara garis besar dari kegiatan ini dapat menghasilkan output dan outcome pekerjaan sesuai dengan kebutuhan sehingga pengguna jasa akan mendapatkan hasil pekerjaan yang optimal.1.2.1 MaksudDengan latar belakang sebagaimana disebutkan sebelumnya, maka maksud dari kegiatan evaluasi jaringan trayek penumpang umum di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan objektif mengenai kondisi kinerja jaringan trayek yang ada saat ini sehingga bisa dilakukan penataan kembali jaringan trayek tersebut.1.2.2 TujuanTujuan akhir dari evaluasi jaringan trayek penumpang umum di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya ini adalah adanya kajian secara teknis dan ilmiah yang mampu menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan kebijakan terutama mengenai keputusan penetapan jaringan trayek angkutan kota angkutan perdesaan di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya sebagai pengganti landasan legal penyelenggaraan jaringan trayek yang ada saat ini.1.2.3 SasaranKegiatan evaluasi jaringan trayek penumpang umum di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat mempunyai sasaran :

1. Ditemukenalinya permasalahan pelayanan angkutan umum penumpang di Kabupaten Tasikmalaya;

2. Terinventarisirnya potensi pelayanan jasa angkutan umum di Kabupaten Tasikmalaya, khususnya angkutan umum penumpang berupa/dalam Angkutan Jalan. Terinventarisirnya kebutuhan pelayanan angkutan umum perdesaan di Kabupaten Tasikmalaya dan angkutan umum perkotaan di Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya;

3. Terhitungnya perkiraan volume kendaraan datang ke terminal, jumlah dan durasi kendaraan parkir di terminal, serta jumlah dan frekuensi kendaraan keluar terminal, untuk setiap trayek baik angkutan umum perdesaan dan angkutan umumperkotaan dalam harian (24 jam), bulanan dan tahunan.

4. Terindentifikasinya luas area pelayanan, route directness, dan overlapping, trayek angkutan umum penumpang di Kabupaten Tasikmalaya.

5. Teridentifikasinya kebutuhan perubahan rute, perpanjangan rute, serta penambahan rute angkutan umum penumpang di Kabupaten Tasikmalaya

6. Terbuatnya peta jaringan pelayanan rute trayek angkutan umum penumpang di Kabupaten Tasikmalaya sebagai bagian dari sistem informasi layanan jasa transportasi

7. Tersimpulkannya dan tersusunnya rekomendasi terkait dengan pengembangan sistem jaringan pelayanan jasa angkutan umum penumpang di Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

1.3 RUANG LINGKUPDalam Kerangka Acuan Kerja (KAK) telah menjelaskan lingkup kegiatan Evaluasi Jaringan Trayek Penumpang Umum di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2015, yang harus dilakukan agar didapatkan produk sesuai dengan maksud dan tujuan diatas.1.3.1 Lingkup Wilayah

Lingkup wilayah sebagai batas kajian untuk pelaksanaan kegiatan ini dibatasi hanya untuk jaringan trayek angkutan umum perdesaan dan angkutan umumperkotaanyang berada di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya.1.3.2 Lingkup Kegiatan

Adapun lingkup kegiatan pekerjaan Evaluasi Jaringan Trayek Penumpang Umumadalah sebagai berikut :a. Pengumpulan data primer maupun sekunder yang yang dilakukan melalui :

Survai Wawancara dalam Kendaraan

Survai Pencacahan Angkutan Umum

Survai Kedatangan dan Keberangkatan

Pengumpulan data pendukung dari instansi terkait serta studi literatur.b. Analisis dan Evaluasi

Analisis hasil pengamatan untuk mendapatkan data-data umum seperti : Karakteristik pergerakan orang, pola distribusi angkutan penumpang umum, tingkat pelayanan angkutan kota (indeks aksesibilitas), kinerja trayek pada jaringan trayek (Load Factor, Travel Time, Terminal Time, Perbandingan Jarak Lurus dengan Jarak Sebenarnya (JS/JL), analisis kebutuhan armada, evaluasi terhadap hasil analisis yang telah dilaksanakan sekaligus penyusunan identifikasi permasalahan untuk dijadikan rekomendasi dalam penyusunan alternatif rencana penataan jaringan trayek.

c. Penyusunan Alternatif Penataan

Pemilihan ruas jalan yang akan digunakan untuk rute trayek

Pemilihan asal dan tujuan trayek

Penyusunan rute tiap trayek

Alternatif rencana jaringan trayek

d. Sosialisasi

Penampungan aspirasi dan partisipasi masyarakat dan operator

Uji Publik

1.4 KELUARAN PEKERJAANKeluaran yang dihasilkan dari pelaksanaan kegiatan Evaluasi Jaringan Trayek Penumpang Umum di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2015ini adalah sebagai berikut:

a. Terumuskannya dokumen evaluasi jaringan trayek penumpang umum di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat sebagai dasar bagi pengembangan sistem jaringan pelayanan jasa angkutan umum penumpang dalam rangka peningkatan aksesibilitas dan mobilitas warga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah Kabupaten Tasikmalaya;

b. Terdapatnya data dan informasi yang akurat dan terkini tentang Sistem Jaringan Pelayanan Jasa Angkutan Umum Penumpang.

21.1LATAR BELAKANG

31.2MAKSUD, TUJUAN DAN SASARAN.

31.2.1Maksud

31.2.2Tujuan

31.2.3Sasaran

41.3RUANG LINGKUP

41.3.1Lingkup Wilayah

41.3.2Lingkup Kegiatan

51.4KELUARAN PEKERJAAN

No table of figures entries found.

Pada bab ini menguraikan mengenai landasan evaluasi jaringan trayek penumpang umum di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya, terdiri dari:

Latar belakang .

Maksud, tujuan dan sasaran.

Ruang lingkup:

Lingkup kegiatan,

Lingkup wilayah kajian.

Keluaran hasil kegiatan evaluasi jaringan trayek penumpang umum di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

BAB -1

PENDAHULUAN

PAGE |1-6