bab 1 kelangkaan

Click here to load reader

Post on 21-Jul-2015

68 views

Category:

Education

5 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • PETA KONSEP

  • MateriPendahuluanKebutuhan dan KeinginanBenda Pemuas KebutuhanAlokasi Sumber DayaKelangkaanKelangkaan dan Biaya Peluang

  • Manusia dan ekonomi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Cobalah perhatikan lingkungan sekitar kamu. Setiap pagi banyak orang yang melakukan berbagai aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya.Sebagai contoh, penurunan tingkat suku bunga, perdagangan bebas, inflasi dan sebagainya. Tentu saja tidak semua masalah yang dihadapi adalah masalah ekonomi.Jadi sebenarnya apakah pengertian dari ekonomi dan apakah yang menyebabkan munculnya ekonomi ?

  • Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Setiap manusia membutuhkan makanan, minuman, pakaian, hiburan dan lain sebagainya.Semua kebutuhan ini digunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Namun tidak semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi, karena sumber daya yang ada tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan manusia tersebut dan sifat manusia yang tidak puas akan segala sesuatu yang dimilikinya

  • Keterbatasan sumber daya inilah yang kemudian kita kenal sebagai kelangkaan, dan menuntut manusia untuk mengatasi masalah tersebut agar segala kebutuhannya dapat terpenuhi.Cara-cara manusia dalam mengatasi masalah pemenuhan kebutuhan inilah yang akhirnya memunculkan sebuah ilmu baru, yang bernama ilmu ekonomi.

  • PENGERTIAN KEBUTUHANKebutuhan kita artikan sebagai hal yang sangat kita butuhkan dan tanpanya, aktivitas hidup kita akan terganggu bahkan mungkin kita takkan bisa hidup.Contoh dari kehidupan adalah makanan, pakaian dan tempat tinggal.Kita tidak bisa hidup tanpa makanan dan tempat tinggal. Kebutuhan berbeda dengan keinginan, meskipun kadangkala orang mencampuradukkan keduanya.

  • Bila kebutuhan merupakan sesuatu yang harus dipenuhi, keinginan belum tentu demikian. Keinginan tidak harus dimiliki.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keinginan merupakan suatu hal yang kita ingin miliki, namun bila kita tidak berhasil mendapatkannya, kelangsungan hidup kita sebagai manusia tidak akan terancam.Dengan kata lain, kita tidak akan meninggal bila tidak memiliki barang tersebut.

  • Mengapa kebutuhan dan keinginan manusia selalu bertambah ?Ada kebutuhan yang akan selalu muncul secara berulang-ulang (seperti kebutuhan makanan, bahan bakar, dan lain-lain).Kecenderungan manusia untuk selalu ingin mencoba hal yang lain.Dengan semakin bertambahnya populasi, maka permintaan akan kebutuhan dan keinginan juga bertambah.Gencarnya iklan mampu membuat orang menginginkan barang yang awalnya mungkin kurang diperlukan.Diterimanya materialisme sebagai gaya hidup sebagian orang.

  • Berbagai Macam KebutuhanKebutuhan diungkapkan bukan dengan minat atau angan-angan saja. Tolak ukur suatu kebutuhan sifatnya konkret, yakni kemampuan untuk benar-benar membeli barang ataupun jasa yang dibutuhkan.Kebutuhan manusia yang banyak pada dasarnya dapat digolongkan ke dalam empat kelompok menurut tolok ukur sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini.

  • Macam-macam Kebutuhan Manusia

  • Intensitas KegunaanKebutuhan Mutlak. Makan, minum dan udara adalah kebutuhan mutlak, mau tidak mau harus dipenuhi oleh setiap manusia dan tidak mungkin ditinggalkan.Kebutuhan Primer. Kebutuhan ini harus dipenuhi oleh manusia yang menginginkan hidup layak. Kata primer berasal dari Bahasa Latin Primus yang berarti pertama.Macam-macam kebutuhan primer antara lain : makanan, minuman, pakaian, rumah, kesehatan dan pendidikan.

  • Kebutuhan Sekunder. Kata sekunder berasal dari Bahasa Latin secundus, yang artinya kedua. Kebutuhan ini timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lain.Kebutuhan Tersier. Tersier berasal dari Bahasa Latin tertius, yang artinya ketiga. Jadi, tingkat pemenuhannya adalah setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

  • Kebutuhan Relatif. Bagi seorang manajer sebuah perusahaan, laptop mungkin menjadi kebutuhan primer. Tetapi bagaimana dengan ibu rumah tangga ? Mungkinkah laptop menjadi kebutuhan primer ?

  • SifatKebutuhan Jasmani. Kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik antara lain menjaga kesehatan dan penampilan. Misalnya dengan berolahraga, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.Kebutuhan Rohani. Kebutuhan yang bersifat rohani, yang berhubungan dengan kesehatan jiwa antara lain beribadah menurut agama, bersosialisasi, rekreasi dan hiburan, dsbnya.

  • Jasmani dan Rohani. Makan merupakan kebutuhan jasmani sementara belajar merupakan kebutuhan rohani.

  • WaktuKebutuhan Sekarang. Kebutuhan ini harus dipenuhi sekarang juga dan tidak dapat ditunda. Contoh kebutuhan sekarang antara lain obat bagi orang sakit,makanan bagi orang kelaparan, dan minuman bagi orang kehausan.Kebutuhan Masa Yang Akan Datang. Kebutuhan ini dapat dilakukan dikemudian hari dan dapat ditunda karena tidak mendesak. Contohnya menabung, membeli payung di musim panas, dsbnya.

  • SubyekKebutuhan Individual. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan perseorangan atau individu. Kebutuhan ini berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lain.Kebutuhan Kolektif. Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan bersama dalam satu masyarakat yang dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Misalnya jalan, rumah sakit, tempat rekreasi dan sebagainya.

  • Pribadi atau Kolektif ? Telepon adalah kebutuhan pribadi, namun telepon umum adalah kebutuhan kolektif.

  • Berbagai Faktor yang Memepengaruhi KebutuhanKondisi AlamPeradabanAgama dan KepercayaanAdat-Istiadat

  • Kondisi AlamPeradaban kondisi alam yang terdapat diberbagai daerah atau wilayah menyebabkan kebutuhan masyarakatnya juga berbeda.Kebutuhan masyarakat yang hidup di daerah tropis misalnya, berbeda dengan kebutuhan orang yang tinggal di daerah yang memiliki berbagai macam musim.

  • Beda alam beda baju. Di tenpat bersalju, orang akan mengenakan pakaian tebal sementara di tempat tropis akan mengenakan pakaian dari kain katun.

  • PeradabanKebutuhan manusia meningkat seiring dengan meningkatnya peradaban. Pada zaman purba, manusia tidak mengenal kebutuhan akan komunikasi jarak jauh atau transportasi cepat, karena hal terpenting bagi mereka adalah bertahan hidup, maka kebutuhan pada saat itu hanya terfokus pada masalah pemenuhan makan, minum, tempat tinggal dan pakaian.

  • Peradaban. Kemajuan peradaban meningkatkan kebutuhan manusia akan barang seperti komputer.

  • Agama dan KepercayaanBerbagai macam agama dan kepercayaan yang berbeda mengakibatkan timbulnya perbedaan kebutuhan. Sebagai contoh, orang beragama Hindu tidak akan memakan daging sapi karena mereka menganggap sapi itu binatang suci. Sementara kaum muslimin tidak akan makan babi karena babi dianggap haram untuk dimakan.

  • Adanya perayaan keagamaan juga menimbulkan adanya kebutuhan khusus. Menjelang hari raya Idul Fitri, kebutuhan akan ketupat meningkat tajam, melebihi hari-hari biasa. Sementara saat Natal semakin dekat, permintaan pohon Natal akan semakin meningkat.

  • Kita telah tahu bahwa manusia mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas, dan manusia melakukan segala macam kegiatan yang dianggap perlu untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.Untuk itu manusia mencari, mendapatkan dan membuat atau memproduksi berbagai benda untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhannya.

  • Pengertian Benda Pemuas KebutuhanBenda pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan manusia.Kalau kita berbicara mengenai benda pemuas kebutuhan, maka pada dasarnya kita berbicara tentang dua hal, yaitu barang (goods) dan jasa (services).

  • Barang dan jasa sama-sama merupakan benda pemuas kebutuhan, tetapi keduanya merupakan hal yang berbeda.Contoh benda berupa barang adalah meja, kursi, mobil, roti, kopi dan lain-lain.Contoh jasa antara lain guru, dokter, arsitek, tukang cukur, sopir taksi, mekanik dan sebagainya.Jadi dapat disimpulkan bahwa barang adalah benda pemuas kebutuhan yang berwujud, sementara jasa adalah benda tak berwujud.

  • Jenis Benda Pemuas KebutuhanCara mendapatkannyaKegunaan (Utility)Proses ProduksiHubungan dengan Benda Lain

  • Cara MendapatkannyaBenda Ekonomi. Benda ekonomi adalah benda pemuas kebutuhan yang untuk mendapatkannya memerlukan sejumlah pengorbanan tertentu. Pengorbanan ini biasanya berupa uang. Sebagai contoh : untuk memperoleh makanan kita harus membayar. Kesediaan kita mengeluarkan uang adalah pengorbanan. Kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan barang yang kita inginkan.

  • Benda Bebas.Benda bebas adalah benda pemuas kebutuhan yang tersedia dalam jumlah banyak (kalau tidak dapat dikatakan tidak terbatas) di alam.Karena tersedia dalam jumlah yang sangat banyak, maka kita dapat mengambilnya begitu saja. Sebagai contoh : udara untuk bernafas, air laut, es di kutub atau salju di musim dingin, pasir di padang pasir, dan sebagainya.

  • ES. Es krim adalah benda ekonomi namun es di alam merupakan benda bebas.

  • Kegunaan (Utility)Benda KonsumsiBenda konsumsi adalah benda yang dapat langsung dipakai untuk memuaskan kebutuhan. Contoh benda konsumsi adalah : makanan, minuman, pakaian, buku dan pensil. Benda konsumsi juga disebut benda siap pakai karena manfaatnya dapat langsung diambil.

  • Benda Produksi.Benda produksi adalah benda yang digunakan untuk melaksanakan proses produksi, guna menghasilkan benda lainnya. Benda produksi adalah istilah lain untuk barang modal. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, benda produksi antara lain adalah pabrik, mesin, truk, komputer dan sebagainya.

  • Proses ProduksiBarang Mentah (Bahan Baku)Bahan mentah adalah bahan dasar atau bahan pembuat benda pemuas ke